KASKUS

[Keren gan !] TELUR + CUKA = Liat ajah sendiri



Mohon Di rate dan jikalau berkenan ...

Sederhana ajah gan,
rendam telur mentah kedalam cuka dengan waktu kira-kira 2 harian gan,
selama itu cuka nya bakal larutin cakang telur tersebut.

Mengapa ?
karena cakang telur hampir semuanya terkandung Kalsium Karbonat (CaCO3)
yang karena nya itu membuat cakang nya itu keras dan cuka mengandung
asam asetat (CH3COOH).

Jadi ketika cuka bercampur dengan telur maka asam asetat cuka akan
melarutkan cakang telur dan telur akan menjadi elastik.
Telur akan berubah menjadi kenyal seperti jelly.

Dapat dicoba ke telur rebus juga gan,

Cekidot gan :

Quote:

pada bagian ini Telur di rendam ke dalam wadah yang berisi cuka gan


Quote:

terjadi reaksi gan, telur di dalam wadah berbuih , n itu adalah karbondioksida gan


Quote:

/* Penjelasan nya gan
90 % dari cakang telur adalah kalsium karbonat (CaCO3) dan ketika berinteraksi dengan asam asetat (CH3CO2H), cakang akan mulai melepas mengeluarkan karbondioksida (CO2)

Hal pertama yang terjadi adalah Karbon (CO3--) yang merupakan bagian dari kalsium karbonat di protonisasi ( ane gak tau maksudnya ) akan membentuk asam karbonat (H2CO3).

dari situ kemudian didapat kalsium dan asetat dari kalsium asetat

2 CH3COOH + CaCO3 = H2CO3 + Ca(CH3COO)2.

pada tahap berikut nya asam karbonat akan melepaskan diri untuk membentuk karbondioksida dan air, yakni :H2CO3 = H2O + CO2.

keseluruhan reaksi hanya kesimpulan dari dua reaksi .
2 CH3COOH + CaCO3 = H2O + CO2 + Ca(CH3COO)2.
CaCO3(s) + 2CH3COOH(l) Ca(CH3COO)2(s) + H2O(l) + CO2(g)

*/ Akhir dari penjelasan

// Komentar Gambar
setelah 12 - 15 jam, agan dapat melihat kalsium karbonat di permukaan si
telur menghilang dan yang ada tinggal membran telur ( kulit lembut nya ) dan isi nya gan


Quote:

setelah itu bilas telur nya dengan keran air yang mengalir


Quote:

nah kalo sudah agan coba bandingkan telur nya ...
lebih gede & unik


Quote:

kenyal gann ,ati2 pas dimainin, membran telur nya mudah rusak


Quote:

penampakan lainnya gan







semoga terhibur


Sumber : Google

WARNING ! TELUR PADA PERCOBAAN DIATAS TIDAK UNTUK DIMAKAN ! TS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

AGAR Telur di atas bisa digunakan Untuk pengobatan dan kesehatan , MAKA KITA DAPAT Memakai CUKA APEL ( BACA ! HANYA CUKA APEL) Untuk resep nya Dapat DI BACA di SPOILER DI BAWAH INI :

Spoiler for Masukan Kaskuser lainnya:


Silahkan dicoba buat para agan2, Bisa di pake dengan cuka Apel Menurut Kaskuser tubi dan turonggo , Thx masukkan nya gan



bersambung lagi pada #4
keren gan, bwt maen bola
keren gan telornya , btw itu sumbernya masa google doank



Will Work for Bandwidth
Sumber emang dari google gan wkwkwkw ...

ane lupa situs mana ... tapi mantap gan

Sambungan Nya yah Gan

Spoiler for Masukkan Kaskuser Part II:


Terima kasih kepada Kaskuser yang dengan bijak membaca dan memperbaiki rumusan Kimia di atas dan juga Informasi yang sering dipakai untuk kegiatan buruk

Spoiler for Thx berat gan n sis:

Terima kasih juga kepada para Kaskuser yang memberikan Rating dan cendol nya ke ane ,
semoga ane bisa lebih termotivasi posting thread yang lebih baik ...



Terima kasih Juga Comment Kaskuser yang sangat banyak n ane gak bisa balas satu per satu

thx ada kaskuser yang sudah mempraktekkan nya dan mengalami masalah :

Quote:Original Posted By ninjanyemplung
untuk ts tolong untuk membahas masalah ini

ketika saya mencoba untuk membuat percobaan seperti hal yang ts lakukan, saya rendam selama 3 hari dan hasilnya berbeda dari yang saya lihat di 1st post.

  1. Warna telur putih, tidak transparan (bagian atas putih dan keras, bagian bawah putih agak transparan, kenyal)
  2. Kalau di pegang bisa kerasa kalau kuning telur nya menjadi padat, apakah karena terlalu lama direndam apa reaksi dari cuka nya sendiri ?


sekian dari saya, mohon pencerahannya. Terimakasih


sebelumnya ane mungkin hanya membahas secara teori dulu yah gan ( ane lagi persiapan sidang skripsi, jadi maklumin )

secara praktek , perendaman dan reaksi kimia hanya terjadi dalam waktu 12 jam ++ gan ... selebihnya ane gak pernah coba

setelah tahap itu maka karbon pada cakang akan melepas menjadi CO2 dan kenyal gan .. ( tetapi masih ada sisa kalsium )

kemudian setelah menjadi kenyal ...
apabila telur sudah tidak terendam dengan cuka ..
telur akan mengeras kembali setelah 1 hari berikut nya.

dari pernyataan diatas disimpulkan ...
pada telur masih terdapat kalsium yang tersisa dari cakang telur. dari situ lah kemudian kalsium akan "mencuri" karbon yang terdapat pada udara ( Karbondioksida). dan dari situ akan mengeras kembali.

maaf kalo ane lum bisa menjawab sepenuh nya dari pernyataan agan.
sekira nya ada kaskuser yang bisa membantu ane juga ...

[SPOILER=Pengalaman Kaskuser dengan telor cuka ]
Quote:Original Posted By KabeGoceng7033
Ane pernah dulu kasus tuh gara gara telor ama cuka

Kisahnya bgini
Ada temen cewek ultah,nah kita sepakat buat nimpuk pake telur
trus telurnya(4biji) masukin ke dalam kantong plastik yg biasa buat es batu (tapi udah kita pecahin tuh telor mentah)
trus bingung mau tambah apa,,kebetulan ane lihat di depan mata ada botol cuka yg sedang itu (posisi di warung t4 beli telor )
Ya udah ane beli aja tuh cuka sebotol dan tuangin smua ke dalam plastik


trus berhubung kita mau timpuknya pas jam 12 malam teng(beli perlengkapan timpuk2an itu jam 2 siang kalau gak salah),,jadi kita simpen deh di dalam plastik item(biar gak ketauan) trus masukin dalam mobil pelaku yg lain

Nahhhhh pas jam deket jam 12 malam,kita ngajakin si korban buat jalan2
Padahal alasan kita aja biar dia ke halaman depan rumah

Udah gitu ane buka kantong plastik nya,trus lemparin (atau tuang ya,lupa ) dari belakang badannya tepat diatas kepala doi
Ternyata tuh telur udah jadi kayak telor ceplok

Dan si korban asma nya langsung kambuh(sesak nafas gan gara2 aroma cuka )
Karena panik,,ane langsung ambil selang buat siram taman,,ane guyur tuh bocah

Tobatttt,,,ane ngerasa bersalah...
Ternyata efek cuka segitu hebatnya (sampe sesak nafas doi )
bahkan telurnya bisa seperti matang gitu (mitip omlet sih ya)


[/SPOILER



Quote:Rate sudah mencapai angka 98 , Terima Kasih banyak untuk para kaskuser yang sudah berkunjung, berkomentar dan juga yang membaca
ewihh boleh dicoba nih
jdnya keren juga yah
Quote:Original Posted By Pumaboy
keren gan, bwt maen bola


cpt banget ente ... ckckck ...
ane mau reserved malah udah ke ambil pertamax nya wkwkw

selamat ya gan ... pertamax
Keren Juga Ya Gan Pas Udah Jadi
Jadi Pngen Praktek Nih Gan

Quote:NITIP LAPAK YA GAN
Susunan Planet
Penyakit Dalam Tubuh
Penyebab Kematian Di Negeri Kita Gan
BB 21+++
Air Terjun Tertinggi Di Indonesia
Quote:Original Posted By chezbonk
ewihh boleh dicoba nih
jdnya keren juga yah


jgn dimakan ya gan ...
tar jadi ...
bisa dimakan ga tuh gan??

jd laperr..
jadi keren juga telornya
waaww kereeen ...
Kapan2 ane coba deeh
wah ada karya ilmiahnya juga gan bermamfaat buat otak ni tread..
: : : : :
Quote:Original Posted By amorsoe
bisa dimakan ga tuh gan??

jd laperr..


Dimakan ... tar Agan nya koit ... reinkarnasi jadi
keren bener bentuknya, jadi kayak jeli beneran
boleh dicoba dirumah nih hahahaha
yah udah dikasi warning duluan.
Baru gw pengen tanya kalo dimakan rasanya gimana
woooooww kereeeeeeennn
keren juga jadinya
duh sayang bgt ga bisa di makan
keren gan! mantabh
haha... mantab banget dah gan. Bisa buat maenan gitu... Hihihihijhi..



Jangan lupa ya :
Quote:
1. Lagu Terbaik Sepanjang Sejarah Musik!!!
2. Tips Menghadapi Kenaikan Harga BBM!!!
×