Perencanaan Keuangan bagi Mahasiswa/Pelajar

Mau share aja soal perencanaan keuangan bagi mahasiswa,

perencanaan keuangan harus dimulai sedini mungkin, jika bisa dimulai dari TK, dengan cara membiasakan untuk menabung. untuk menyemangati menabung, mungkin ditetapkan tujuan oleh ortu, seperti menabung sampai Rp 100.000 nanti bisa dibelikkan RC car.

sistem ini juga bisa diterapkan ke mahasiswa/pelajar.
biasakan menabung setiap hari mungkin cuma Rp 500 tapi pake prinsip "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" hehe
juga bisa dibuat tujuan dari menabung, mungkin ingin travelling ke jogja/bali.

jangan lupa membuat cashflow, pengeluaran dan pemasukkan.
sederhana saja, ga usah terlalu mendetail.
bisa pake websitenya bang momod
NGATURDUIT.COM

atau juga bisa berinvestasi dengan mengikuti reksadana
sudah ada beberapa reksadana yang minimum deposit hanya Rp 100.000
setiap bulan beli reksadana Rp 100.000 insya allah 10 tahun lagi cukup buat DP rumah hehe

mungkin ada yang bisa share juga cara2 perencanaan dan pengaturan keuangan buat mahasiswa/pelajar?
ato siapa tau momod mau ikut kasih tips hehe

monggoooo....

silahkan liat blog saya http://hilmawankusumajaya.com
atau follow twitter saya di @mawaaaaan13 http://www.twitter.com/mawaaaaan13

ada beberapa tweet dan tulisan tentang financial planner

Quote:Pertama, penghasilan yang Anda terima harus bisa menutupi biaya hidup (living cost) utama. Biaya hidup ini mencakup pemenuhan sandang, pangan, papan, komunikasi, transportasi, dan perawatan diri.
Muhammad Andoko, perencana keuangan dari One Consulting, mengatakan pengeluaran untuk memenuhi living cost sebaiknya tidak melebihi 30% dari total penghasilan Anda.

sumber : http://personalfinance.kontan.co.id/...ros/2012/02/02


Quote:Sederhananya, dana darurat adalah sejumlah dana yang sudah dialokasikan secara TERPISAH untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat DARURAT.
Berdasarkan teori, besaran dana darurat bisa 3, 6, hingga 12 bulan kebutuhan hidup. Kondisi tersebut mungkin sudah banyak diketahui oleh mayoritas masyarakat. Namun, pada praktiknya, masih ada yang melakukan kesalahan dalam mengalokasikan dana darurat tersebut, baik dari segi perhitungan komposisi ideal sampai penempatannya.

Agar tidak terjadi salah kaprah, untuk kocek kali ini, dana darurat akan dikupas habis, dari segi konsep hingga implementasinya. Ada dua kata sakti alias kata kunci yang harus diperhatikan, yaitu TERPISAH dan DARURAT.
sumber : http://personalfinance.kontan.co.id/...t-dana-darurat


Quote:Saat membuat perencanaan keuangan, kita harus memulai dari prioritas yang paling tinggi. Apakah untuk investasi? Tentu saja bukan!

Pertama, kita harus mengecek dan melunasi utang konsumtif. Ayo periksa daftar utang kita, masih adakah saldo utang kartu kredit dan saldo utang kredit tanpa agunan? Jika ada, maka lunasi dulu utang ini dengan duit tabungan yang Anda miliki.

Jika Anda gemar membayar tagihan kartu kredit dengan angka yang tetap, misalnya Rp 5 juta per bulan, hilangkanlah kebiasaan itu. Kita harus selalu membayar lunas pemakaian kartu kredit, berapapun jumlah tagihannya.

Kedua, arus kas harus positif. Ini berlaku untuk arus kas bulanan dan arus kas tahunan. Pos pengeluaran rumahtangga, tagihan listrik, belanja bulanan, serta belanja pribadi, harus bisa dibayar dari gaji bulanan. Sedangkan biaya liburan, Pajak Bumi dan Bangunan, biaya kurban, dan pengeluaran lain harus bisa dibayar dari dana bonus dan tunjangan hari raya (THR).

Kalau Anda bukan karyawan tetap, saat mendapat uang, biasakan langsung membagi jumlahnya untuk 12 bulan. Nah, bagaimana caranya supaya arus kas positif? Gampang, jangan besar pasak daripada tiang!
Ketiga, mempunyai dana darurat. Setelah arus kas kita positif, maka prioritas ketiga adalah memiliki dana darurat. Ketika menghadapi kondisi atau kebutuhan tak terduga, yang berperan banyak adalah dana darurat. Pasalnya, fungsi asuransi hanya untuk menggantikan duit setelah klaim kejadian diterima.

Nah, produk untuk menyimpan dana darurat tentu saja harus merupakan instrumen keuangan yang sangat likuid dan berisiko rendah. Suka atau tidak, tabungan merupakan tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat tersebut. Jika target ideal sudah tercapai, Anda bisa menyimpan kelebihan duit di reksadana pasar uang, obligasi ritel Indonesia (ORI), atau bahkan emas.
Keempat, menentukan tujuan keuangan. Esensi utama dari sebuah rencana keuangan adalah memiliki tujuan keuangan. Mimpi-mimpi bukanlah tujuan keuangan. Investasi juga bukan tujuan keuangan, karena investasi adalah salah satu strategi mencapai tujuan keuangan.

Sebuah tujuan harus mempunyai target biaya, jangka waktu, dan strategi untuk mencapainya. Kalau tidak, itu namanya hanyalah karya sastra.

Kelima, menerapkan strategi sesuai dengan tujuan keuangan. Nah, bagian ini adalah sebuah tantangan tersendiri bagi banyak orang yang mencoba membuat rencana keuangan sendiri. Namun hal tersebut bukan mustahil dilakukan, melainkan harus dipilih secara cermat sesuai dengan profil risiko Anda, sumber dana, jangka waktu dan target return yang diinginkan.

Sebelum menentukan produknya, Anda wajib mengisi kuesioner profil risiko. Tujuannya untuk mengetahui apakah Anda seorang yang konservatif (tipe penabung sejati), moderat (setengah menabung, setengah investasi), atau seorang yang agresif (tipe pencari return setinggi-tingginya).

Keenam, membeli produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Fenomena menarik dari hasil survei yang dilakukan kantor kami adalah banyak masyarakat sudah mulai berasuransi. Tapi di antara mereka sangat sedikit yang paham betul asuransi apa yang dibelinya. Kebutuhan asuransi juga harus menjadi prioritas karena kita mungkin tidak memiliki kemampuan untuk membayar premi secara ideal. Urutan wajib asuransi adalah asuransi jiwa (buat yang mempunyai tanggungan), asuransi kesehatan dan asuransi kerugian.

Saya kembali mengingatkan, asuransi itu bukan investasi. Anda harus memenuhi kebutuhan perlindungan penghasilan dengan asuransi, dan mencukupi kebutuhan untuk mencapai target saldo dengan investasi. Pastikan juga, investasi yang kita dimiliki sepenuhnya di bawah kendali Anda. Jadi, tidak diprioritaskan untuk membayar premi asuransi secara otomatis.

Berdasarkan pemaparan tersebut, saya meyakini bahwa setiap orang pasti dapat memiliki perencanaan keuangan. Dengan menggunakan skala prioritas yang tepat, kehidupan yang lebih indah dan sejahtera seperti yang diinginkan bakal lebih cepat terwujud.

Namun rencana saja tidak cukup. Kita harus melakukan aksi nyata. People first, money later. Sayangi diri Anda dan keluarga dengan memberikan yang terbaik untuk kehidupan. Live a Beautiful Life!


Quote:Rencanakan dari sekarang dana pensiun anda!
hidup bukan selalu untuk bekerja & mencari uang, tetapi untuk menikmati saat-saat bersama orang terdekat dan kesuksesan yang telah diraih


Quote:Langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum memulai berinvestasi (Ilmu Financial Planner) :

1. Cek dan lunasi semua Hutang konsumtif
2. Cash Flow harus positif (Income > Expenses)
3. Bentuk dana darurat (besarnya sesuai profil masing-masing)
4. Beli Asuransi Perlindungan dan Asuransi Kerugian (bukan unitlink)
5. Susun tujuan keuangan dan investasi (Tujuan harus bersifat Specific, Measurable, Actionable)
6. Mulai berinvestasi sesuai dengan tujuan.


Quote:TIPS MENABUNG

sebenarnya lebih applicable di anak kecil sih

titipkan pada ortu anda

kalo sudah dewasa, yang paling mungkin adalah cari orang yg anda percayai banget, bisa ortu, kk ato adek, pacar, istri dll....

titipin uang tabungan kita sama mereka
ato kalo nabung di bank, kartu atm sama buku tabungan titipin sama mereka, mereka ga tau pinnya dan kita agak susah kalo ga ada atm kan?

kalo mau ambil uang otomatis minta kartu atm nya dari mereka, trs sebelumnya kita bilangin jangan dikasih apapun alasannya kecuali hal2 yg urgent....



Quote:Quote:60% konsumsi (biaya sehari-hari)
7,5% tabungan ->kadang2 dikonvert ke nabung emas kalo sdh cukup
10% investasi jangka menengah (pendidikan,kendaraan)
2,5% tabungan akhirat
10% investasi jangka panjang (rumah,haji)
10% biaya tak terduga (biar ga ngambil dari tabungan)


MARI BLAK-BLAK-AN

saya dapet uang sebulan dari ortu 2juta

1.1 juta buat konsumsi (makan, beli alat mandi, alat tulis, entertainment dll)
250rb buat bensin
100rb buat parkir dan teman2nya (banyak bgt ya?)
50rb ditabung di bank konvensional -> kalo sudah cukup dikonvert ke emas (tujuan untuk proteksi keuangan - target menutupi 50% total asset)
100rb masuk ke RDC (jangka menengah) (tujuan untuk liburan besar hehe - target 3tahun 30juta!)
200rb masuk ke RDS (jangka panjang) (tujuan beli mobil,rumah,pensiun,haji - target 10 tahun 2M!)
200rb dana tak terduga -> kalo ga kepake masuk ke RDPU (tujuan memberikan bantuan kalo ada hal2 yg tidak diinginkan terjadi - target biaya hidup selama 1 tahun)

untuk kost, itu beda sendiri soalnya udah ga bisa diotak-atik...

tiap bulan ada pendapatan tambahan yang besarannya ga tetap dari sampingan sebagai trader forex, usaha clothing, dan sumber lainnya hehe

itu 50% masuk ke tabungan konvensional dan 25% masuk ke RDC dan 25% masuk ke RDS....

bagaimana dengan teman-teman????
pertamax.....

emang ada gan reksa dana yg modalnya cmn segitu
Quote:Original Posted By wonderboy999
pertamax.....

emang ada gan reksa dana yg modalnya cmn segitu


setau saya ada sih
dan saya sendiri udh nyoba

buat awalnya emang ga segitu tapi hehe
tapi setelahnya bisa beli dgn cuma 100 ribu
contoh sederhana perencanaan keuangan buat mahasiswa/pelajar

contoh 1:

1. berapa penerimaan kita? (dari ortu)
misal
1 juta/bulan

2. berapa anggaran utk pengeluaran?
misal
kost 200ribu/bulan
makan 400ribu/bulan
bensin 50ribu/bulan
hiburan 50ribu/bulan
biaya lain-lain (fotokopi,laundry,beli alat tulis,parkir) 100ribu/bulan
dana darurat 100ribu/bulan (kalo ga kepake ditabung)
tabung 100ribu/bulan

3. kontrol pengeluaran
misal
pake sistem amplop nya bang momod
jadi ada 7 amplop sesuai dgn anggaran kita, biar ga kecampur2...

step 2-3 bisa pake bantuan ngaturduit.com biar lebih menarik hehe

4. niat buat melakukan

contoh 2 :

1. berapa penerimaan kita? (dari ortu)
misal
400 ribu /bulan

2. berapa anggaran utk pengeluaran?
misal
makan-jajan 200ribu/bulan
bensin 50ribu/bulan
hiburan 50ribu/bulan
biaya lain-lain (fotokopi,beli alat tulis,parkir) 50ribu/bulan
dana darurat 25ribu/bulan (kalo ga kepake ditabung)
tabung 25ribu/bulan

3. kontrol pengeluaran
misal
pake sistem amplop nya bang momod
jadi ada 6 amplop sesuai dgn anggaran kita, biar ga kecampur2...

step 2-3 bisa pake bantuan ngaturduit.com biar lebih menarik hehe

4. niat buat melakukan
kalo yang sistem amplop di web yang agan sebutin itu, ngisi amplopnya transfer ya gan?
apa cuma sistem aja gan, duit masih tetep ada di dompet :
Quote:Original Posted By M4si4
kalo yang sistem amplop di web yang agan sebutin itu, ngisi amplopnya transfer ya gan?
apa cuma sistem aja gan, duit masih tetep ada di dompet :


bisa diisi ke rekening bank

tapi kalo mau gampang ya di pisah dalam "amplop" (bener2 amplop) yg berbeda...
Quote:Original Posted By ALLprofit


setau saya ada sih
dan saya sendiri udh nyoba

buat awalnya emang ga segitu tapi hehe
tapi setelahnya bisa beli dgn cuma 100 ribu


bisikin di mari gan modal awalnya kira2 brp? kalo msh muat di kantong ane yg sederhana ini boleh tuh dicoba
Quote:Original Posted By wonderboy999
bisikin di mari gan modal awalnya kira2 brp? kalo msh muat di kantong ane yg sederhana ini boleh tuh dicoba


udah dibisikkin gan

saya bukan agen reksadana btw
Sekarang banyak mahasiswa udah melek emas tidak lagi terpaku pada uang fiat atau surat berharga. Artinya perencanaan keuangan mereka sudah memiliki target keamanan jangka panjang. Entah itu untuk tujuan sebagai modal wirausaha atau cuma sekedar modal nikah.

Spoiler for Supaya bisa nabung emas dengan nyaman, download dulu hitungan emas gratisnya disini ::
kalo reksadana gitu perlu punya ktp ga sih gan?
secara ane masih pelajar smp pengen coba2 reksadana juga,daripada uangnya habis ntah kemana :
Quote:Original Posted By randy sandiya
Sekarang banyak mahasiswa udah melek emas tidak lagi terpaku pada uang fiat atau surat berharga. Artinya perencanaan keuangan mereka sudah memiliki target keamanan jangka panjang. Entah itu untuk tujuan sebagai modal wirausaha atau cuma sekedar modal nikah.

Spoiler for Supaya bisa nabung emas dengan nyaman, download dulu hitungan emas gratisnya disini ::


saya juga nabung emas gan,buat proteksi kekayaan

Quote:Original Posted By Super19
kalo reksadana gitu perlu punya ktp ga sih gan?
secara ane masih pelajar smp pengen coba2 reksadana juga,daripada uangnya habis ntah kemana :


setau saya sih iya gan,pake ktp, punya rekening bank
ato coba lwt ortu agan aja...
jd an ortu agan tp agan yg nabung...

hebat euy masih smp melek investasi dan balok berjajar wkwk
Gan, mo nanya kalo mau berinvestasi reksadana, saham, dan obligasi ada minimal umurnya ga? Ada syarat2 tertentu ga? Misalkan sudah pengalaman bekerja ato sedang bekerja?

Masalahnya saya masih kuliah dan saya lagi menabung cuma duit tabungan saya blom ada arah modi buat apa.

Mohon advice dari kakak, abang, teteh, om, tante. Thank you
Quote:Original Posted By ALLprofit


setau saya sih iya gan,pake ktp, punya rekening bank
ato coba lwt ortu agan aja...
jd an ortu agan tp agan yg nabung...

hebat euy masih smp melek investasi dan balok berjajar wkwk


wew,berarti harus via ortu
sejak kecil udah dibiasain ortu soalnya gan nabung di bank
lumayan juga sih skrg,udah bisa beli vixion 1
ini pengen nyoba reksadana soalnya mau buat nambah2in uang saku ,soalnya kalo yg di bank kartu atmnya nyokap yg megang,ga dibolehin diambil

btw gan mau nanya nih,kalo untuk buka rekening mandiri/bca gitu harus ada ktp jg yah?temen ane ada yg punya rekening mandiri tp atas nama sendiri,padahal masih smp jg kyk ane
Quote:Original Posted By E.A.partnership
Gan, mo nanya kalo mau berinvestasi reksadana, saham, dan obligasi ada minimal umurnya ga? Ada syarat2 tertentu ga? Misalkan sudah pengalaman bekerja ato sedang bekerja?

Masalahnya saya masih kuliah dan saya lagi menabung cuma duit tabungan saya blom ada arah modi buat apa.

Mohon advice dari kakak, abang, teteh, om, tante. Thank you


saya juga masih kuliah gan
umur dibawah 21
gapapa,malah beberapa broker dan reksadana memberikan special minimum deposit buat mahasiswa
yang penting ada ktp dan mengerti apa itu reksadana,saham,obligasi dll

tapi kemaren saya buka perlu surat persetujuan ortu sih


Quote:Original Posted By Super19
wew,berarti harus via ortu
sejak kecil udah dibiasain ortu soalnya gan nabung di bank
lumayan juga sih skrg,udah bisa beli vixion 1
ini pengen nyoba reksadana soalnya mau buat nambah2in uang saku ,soalnya kalo yg di bank kartu atmnya nyokap yg megang,ga dibolehin diambil

btw gan mau nanya nih,kalo untuk buka rekening mandiri/bca gitu harus ada ktp jg yah?temen ane ada yg punya rekening mandiri tp atas nama sendiri,padahal masih smp jg kyk ane


iya gan
wah hebat euy salut salut...
yap setau saya buka rekening bank pake ktp
soalnya saya juga pertama kali buka rekening pas umur 17 pas dapet ktp

ato mungkin biasanya ada bank yg memberikan tabungan junior gt gan?
dulu saya sd pernah jg tabungan bri junior kl ga salah, itu pake nama saya
Quote:Original Posted By ALLprofit
saya juga masih kuliah gan
umur dibawah 21
gapapa,malah beberapa broker dan reksadana memberikan special minimum deposit buat mahasiswa
yang penting ada ktp dan mengerti apa itu reksadana,saham,obligasi dll

tapi kemaren saya buka perlu surat persetujuan ortu sih




iya gan
wah hebat euy salut salut...
yap setau saya buka rekening bank pake ktp
soalnya saya juga pertama kali buka rekening pas umur 17 pas dapet ktp

ato mungkin biasanya ada bank yg memberikan tabungan junior gt gan?
dulu saya sd pernah jg tabungan bri junior kl ga salah, itu pake nama saya


Special minimum depositnya berapa gan? Nah iya itu
Juga gw pernah denger harus dengan persetujuan orang tua.

Gan kalo gw boleh tau, lo reksadana dari perusahaan mana?
coba investasi di JustBeenPaid gan lagi rame ramenya di kaskus tuh mayan per 75 hari 50% bisa lebih kalau mainnya berkelanjutan cek lapak ane sapa tau berminat ,contact aja tar ane bimbing.
FYI:ane buka rek bca dari smp kelas 2 dan sekarang ane kelas 1 sma fu fu fu ane buka rekening atas nama sendiri,pakek passpor jadi ane pegang semua mulai dari buku ampe atm fu fu fu
JustbeenPaid


Quote:Original Posted By Super19
wew,berarti harus via ortu
sejak kecil udah dibiasain ortu soalnya gan nabung di bank
lumayan juga sih skrg,udah bisa beli vixion 1
ini pengen nyoba reksadana soalnya mau buat nambah2in uang saku ,soalnya kalo yg di bank kartu atmnya nyokap yg megang,ga dibolehin diambil

btw gan mau nanya nih,kalo untuk buka rekening mandiri/bca gitu harus ada ktp jg yah?temen ane ada yg punya rekening mandiri tp atas nama sendiri,padahal masih smp jg kyk ane


Quote:Original Posted By E.A.partnership
Special minimum depositnya berapa gan? Nah iya itu
Juga gw pernah denger harus dengan persetujuan orang tua.

Gan kalo gw boleh tau, lo reksadana dari perusahaan mana?


ya gapapa gan pake persetujuan ortu
reksadana tujuannya baik kan? pasti boleh

saya bisikkin ya pake apa,ntar dikira promosi wkwkwk

Quote:Original Posted By kecilkecilpedas
coba investasi di JustBeenPaid gan lagi rame ramenya di kaskus tuh mayan per 75 hari 50% bisa lebih kalau mainnya berkelanjutan cek lapak ane sapa tau berminat ,contact aja tar ane bimbing.
FYI:ane buka rek bca dari smp kelas 2 dan sekarang ane kelas 1 sma fu fu fu ane buka rekening atas nama sendiri,pakek passpor jadi ane pegang semua mulai dari buku ampe atm fu fu fu
JustbeenPaid




nih gan Super19 info buat rekening...
Quote:Original Posted By william.perkasa
Kalau saya pribadi sich, konsumsi 70%, tabungan 20% dan investasi 10%. Itu semua dari pendapatan yach. Kalau misalnya pendapatan kita misalnya Rp.3.000.000,- per bulan berarti konsumsi Rp.2.100.000,- tabungan 20% = 600.000, dan investasi Rp. 300.000,- . Otomatis kalau semakin besar pendapatan pasti semakin besar juga konsumsi, karena kita tinggal di Indonesia yg tingkat inflasi nya rata 20 s/d 35 % per tahun.


Quote:Original Posted By vicriz
Iya gan, bener sekali
Ane termasuk tipe orang yang suka gelap mata
Makanya ane siapain 60% unt konsumsi dari total income ane
Sisa 40% biasanya ane sisihkan 10% unt investasi di akhirat, 20% unt investasi masa depan dan 10% unt biaya operasional kehidupan


intinya ga ada persentase pasti berapa alokasi konsumsi,tabungan,hutang,biaya tak terduga,investasi,tabungan pendidikan,tabungan haji dll
semua menyesuaikan dgn profil setiap orang...


kalo saya sebagai mahasiswa 60% konsumsi (biaya sehari-hari)
7,5% tabungan ->kadang2 dikonvert ke nabung emas kalo sdh cukup
10% investasi jangka menengah (pendidikan,kendaraan)
2,5% tabungan akhirat
10% investasi jangka panjang (rumah,haji)
10% biaya tak terduga (biar ga ngambil dari tabungan)
.....
Quote:Original Posted By danzkeren
numpang promosi ya gan
http://danzkeren2.blogspot.com/
info:
1.DuitPROFIT hadir memberikan peluang bisnis baru kepada Anda yang ingin berinvestasi untuk kami kelola secara profesional dan amanah dalam bidang perdagangan mata uang asing (Trading Forex), dengan sistem paket bagi hasil dan bonus.
Buat yang mau gabung,ini linknya
http://www.duitprofit.com/danzfake

2.INFORMASI TERBARU D U T A P R O F I T 9 9
***********************
Pembukaan gelombang 2 dimulai
tggl 23 April 2012 s/d 2 Mei 2012

join ke link ini gan
http://www.dutaprofitfund99.com/?id=DPF991002011


Jualan Om ???
emang boleh ya jualan disini ??