KASKUS

Tanah dan batuan

Jika ingin mencri terjadinya tanah dan batuan , klik Terbentuknya Tanah dan Batuan
ijin nyimak yah gan,,
Quote:Original Posted By rankap
gan ada yang tau materi tentang aliran air dalam tanah?
share k ane dong,, contoh soal sama jawabannya..
kalo bisa pengertiannya juga,


Aliran air dalam tanah itu ngomongin permeabilitas tanah kan ya? itu pake analisis seepage gt. biasanya digambar pake flownet. Ato gk bisa jg pake software kayak plaxis ato geostudio.

Intinya sih, air kalo lewat dalam tanah, dia kan gk bs langsung lewat aja kayak di pipa. Dia harus lewatin void2 yang ada di tanah. kecepatan air dalam tanah itu bs dihitung pake rumus v = k.i dimana k adalah permeabilitas tanah dan i ada perbedaan total head dibagi panjang lintasan.

cm biasanya analisisnya 2D, jd pake flownet gt.
Quote:Original Posted By angeltenor
agan2, ane mau tanya ..
persolaana: ada lahan dengan kondisi elvasi -0.5 dari permukaan jalan. Rencannnya ada mau bikin toko mini market, dengan standart tinggi +0.6 dari jalan...
Cara pengerjaan biasanya = digali dahulu untuk pondasi batu kali sedalam 0.6m(sampe ketemu tanah keras) , setelah itu diuruk 1,1m(0.5+0.6) jadi tinggi batu kalinya (0.6+0.5+0.6-(0.2tinggi sloof)) 1.5m
BAtu kali nya sangat boros menurut ane

yg ane tanyakan :
1. apakah ada solusi lain agar bisa menghemat biaya
2. misalnya kondisi lahan sudah tanah keras ,masi perlukah untuk digali (untuk podasi batu kali) untuk menghemat pemasanan batu kali.
3. bagai mana cara praktis menentukan tanah keras tanpa menggunakan sondir

mohon pencerahannya dari para sepupuh master tanah


untuk analisisnya...sebenernya tergantung beban bangunan jg sih. Untuk menentukan tanah keras biasanya selain sondir biasa pake SPT...tp kalo msialnya gk mw tes apa2, biasanya sih cm digali ampe tanah merah (tergantung daerah jg lho) terus dianggap sebagai tanah keras. cm ini biasanya kalo dah pengalaman br berani, soalnya dasarnya gk teknis bgt..berdasarkan pengalaman aja, kalo beban bangunan ringan mungkin masih boleh sih.. bearing capacity tanahnya biasa diasumsi 7 ton/m2
tread bermamfaat ......... lanjt gan
mantap tritnya
menyimak dulu gan
Quote:Original Posted By Mike101
mantap tritnya
menyimak dulu gan


Terima kasih gan


duh gan ane lg semester 4,dan sedang menjalani Lab MekTan
tapi assisten lab nya emang rese,kerjanya marah2,maunya perfect banget ,terus sekarang harus make acara tulis tangan padahal zaman udah maju kenapa harus tulis tangan ?
tapi sampe saat ini ane udah menempuh praktikum CBR dan masih ada 7 percobaan lagi,mohon bantuannya ya gan
Quote:Original Posted By rajasirait92
duh gan ane lg semester 4,dan sedang menjalani Lab MekTan
tapi assisten lab nya emang rese,kerjanya marah2,maunya perfect banget ,terus sekarang harus make acara tulis tangan padahal zaman udah maju kenapa harus tulis tangan ?
tapi sampe saat ini ane udah menempuh praktikum CBR dan masih ada 7 percobaan lagi,mohon bantuannya ya gan


wow...semangat ye..hhahaa
iya gk tw jg, padahal kalo semua pake excel lebih enak ya...mungkin biar ada feelnya x ya tulis tangan.hahaha
Quote:Original Posted By martin wijaya


wow...semangat ye..hhahaa
iya gk tw jg, padahal kalo semua pake excel lebih enak ya...mungkin biar ada feelnya x ya tulis tangan.hahaha


gan praktikum yg paling cape itu apaan ya ?ini masih lab mektan,belum lab perancangan ya
Quote:Original Posted By rajasirait92


gan praktikum yg paling cape itu apaan ya ?ini masih lab mektan,belum lab perancangan ya


Hahaha..
yang paling capek kalau belum praktikum udah dipikirin gan.
Santai aja dijalanin

Yang paling seru sih waktu bareng temen
Yang paling bosan waktu nunggu data.
Yang paling sedih, waktu udah kerja terus keinget bareng temen dulu.

Hahaha

Quote:Original Posted By rajasirait92


gan praktikum yg paling cape itu apaan ya ?ini masih lab mektan,belum lab perancangan ya


kalo gk suka ama praktikumnya sih paling cape
kalo suka sih, gk cape biasanya...hahaha
makasih infonya gan
gan ada yg bisa bantuin California Bearing Ratio a.k.a CBR masih ga ngerti sama grafiknya gan ?
Quote:Original Posted By rajasirait92
gan ada yg bisa bantuin California Bearing Ratio a.k.a CBR masih ga ngerti sama grafiknya gan ?



Jawaban singkat:
CBR = Tes untuk mengukur kekerasan jalan, juga kepadatannya (kalau ngga salah)

Hah? Apa yang diukur?
Kekerasan tanah gan.

Lah terus kalau keras memang kenapa?
Kalau tanah nya keras, tanah nya ngga gampang turun gan, kalau nanti dibikin jalan. Ada jalan2 yang cepat rusak, harus dipadatkan dulu, dan lain lain

OOO, berarti makin keras makin bagus gan?
IYA
Oke gan, ane ngerti kalau gitu. Ane berangkat bikin jalan dulu.
Lah, sabar gan, emang agan udah tau harus seberapa keras, baru layak buat jadi jalan?
Eh, iya juga ya. Harus berapa keras tuh gan? nentuinnya gimana keras atau ngga?

CERITA DI ATAS ADALAH PENGERTIAN DAN TUJUAN CBR.

Seberapa keras sih keras?
Harus sekeras beton? Kue apem? Sekeras bantal? Sekeras tembok,? Sekeras Pohon?

Tidak ada ukuran kekerasan / ketahanan yang pasti.

Cara 1 1 nya, kita buat standard nya (benchmark nya) kemudian tanah yang ada dibandingkan dengan benchmark yang ada.
Bench mark yang ada ialah Tanah dari california.
Karena itu dinamakan California Bearing Ratio
Quote:Original Posted By gauama


Jawaban singkat:
CBR = Tes untuk mengukur kekerasan jalan, juga kepadatannya (kalau ngga salah)

Hah? Apa yang diukur?
Kekerasan tanah gan.

Lah terus kalau keras memang kenapa?
Kalau tanah nya keras, tanah nya ngga gampang turun gan, kalau nanti dibikin jalan. Ada jalan2 yang cepat rusak, harus dipadatkan dulu, dan lain lain

OOO, berarti makin keras makin bagus gan?
IYA
Oke gan, ane ngerti kalau gitu. Ane berangkat bikin jalan dulu.
Lah, sabar gan, emang agan udah tau harus seberapa keras, baru layak buat jadi jalan?
Eh, iya juga ya. Harus berapa keras tuh gan? nentuinnya gimana keras atau ngga?

CERITA DI ATAS ADALAH PENGERTIAN DAN TUJUAN CBR.

Seberapa keras sih keras?
Harus sekeras beton? Kue apem? Sekeras bantal? Sekeras tembok,? Sekeras Pohon?

Tidak ada ukuran kekerasan / ketahanan yang pasti.

Cara 1 1 nya, kita buat standard nya (benchmark nya) kemudian tanah yang ada dibandingkan dengan benchmark yang ada.
Bench mark yang ada ialah Tanah dari california.
Karena itu dinamakan California Bearing Ratio


hahaha....
Buat jelasin ke Mandor gitu kali yeah? paling cespleng

Quote:California bearing ratio
From Wikipedia, the free encyclopedia
The California bearing ratio (CBR) is a penetration test for evaluation of the mechanical strength of road subgrades and basecourses. It was developed by the California Department of Transportation before World War II.
The test is performed by measuring the pressure required to penetrate a soil sample with a plunger of standard area. The measured pressure is then divided by the pressure required to achieve an equal penetration on a standard crushed rock material. The CBR test is described in ASTM Standards D1883-05 (for laboratory-prepared samples) and D4429 (for soils in place in field), and AASHTO T193. The CBR test is fully described in BS 1377 : Soils for civil engineering purposes : Part 4, Compaction related tests.
The CBR rating was developed for measuring the load-bearing capacity of soils used for building roads. The CBR can also be used for measuring the load-bearing capacity of unimproved airstrips or for soils under paved airstrips. The harder the surface, the higher the CBR rating. A CBR of 3 equates to tilled farmland, a CBR of 4.75 equates to turf or moist clay, while moist sand may have a CBR of 10. High quality crushed rock has a CBR over 80. The standard material for this test is crushed California limestone which has a value of 100.

= CBR [%]
= measured pressure for site soils [N/mm²]
= pressure to achieve equal penetration on standard soil [N/mm²]


Quote:CBR (California Bearing Ratio)
CBR (California Bearing Ratio) adalah percobaan daya dukung tanah yang dikembangkan oleh California State Highway Departement. Prinsip pengujian ini adalah pengujian penetrasi dengan menusukkan benda ke dalam benda uji. Dengan cara ini dapat dinilai kekuatan tanah dasar atau bahan lain yang dipergunakan untuk membuat perkerasan.

Kekuatan tanah diuji dengan uji CBR sesuai dengan SNI-1744-1989. Nilai kekuatan tanah tersebut digunakan sebagai acuan perlu tidaknya distabilisasi setelah dibandingkan dengan yang disyaratkan dalam spesifikasinya.

Pengujian CBR adalah perbandingan antara beban penetrasi suatu bahan terhadap bahan standar dengan kedalaman dan kecepatan penetrasi yang sama. Nilai CBR dihitung pada penetrasi sebesar 0.1 inci dan penetrasi sebesar 0.2 inci dan selanjutnya hasil kedua perhitungan tersebut dibandingkan sesuai dengan SNI 03-1744-1989 diambil hasil terbesar.

Nilai CBR adalah perbandingan (dalam persen) antara tekanan yang diperlukan untuk menembus tanah dengan piston berpenampang bulat seluas 3 inch2 dengan kecepatan 0,05 inch/menit terhadap tekanan yang diperlukan untuk menembus bahan standard tertentu. Tujuan dilakukan pengujian CBR ini adalah untuk mengetahui nilai CBR pada variasi kadar air pemadatan. Untuk menentukan kekuatan lapisan tanah dasar dengan cara percobaan CBR diperoleh nilai yang kemudian dipakai untuk menentukan tebal perkerasan yang diperlukan di atas lapisan yang nilai CBRnya tertentu (Wesley,1977) Dalam menguji nilai CBR tanah dapat dilakukan di laboratorium. Tanah dasar (Subgrade) pada kontruksi jalan baru merupakan tanah asli, tanah timbunan, atau tanah galian yang sudah dipadatkan sampai mencapai kepadatan 95% dari kepadatan maksimum. Dengan demikian daya dukung tanah dasar tersebut merupakan nilai kemampuan lapisan tanah memikul beban setelah tersebut tanah dipadatkan. CBR ini disebut CBR rencana titik dan karena disiapkan di laboratorium, disebut CBR laborataorium. Makin tinggi nilai CBR tanah (subgrade) maka lapisan perkerasan diatasnya akan semakin tipis dan semakin kecil nilai CBR (daya dukung tanah rendah), maka akan semakin tebal lapisan perkerasan di atasnya sesuai beban yang akan dipikulnya.

Ada dua macam pengukuran CBR yaitu :

1. Nilai CBR untuk tekanan penetrasi pada 0.254 cm (0,1”) terhadap penetrasi

standard besarnya 70,37 kg/cm2 (1000 psi).

Nilai CBR = (PI/70,37) x 100 % ( PI dalam kg / cm2 )

2. Nilai CBR untuk tekanan penetrasi pada penetrasi 0,508 cm (0,2”)

terhadap penetrasi standard yang besarnya 105,56 kg/cm2 (1500 psi)

Nilai CBR =PI/105,56) x 100 % ( PI dalam kg / cm2 )

Dari kedua hitungan tersebut digunakan nilai terbesar.

CBR laboratorium dapat dibedakan atas 2 macam yaitu :

a. CBR laboratorium rendaman (soaked design CBR)

b. CBR laboratorium tanpa rendaman (Unsoaked Design CBR)

Pada pengujian CBR laboratorium rendaman pelaksanaannya lebih sulit karena membutuhkan waktu dan biaya relatif lebih besar dibandingkan CBR laboratorium tanpa rendaman.

Sedang dari hasil pengujian CBR laboratorium tanpa rendaman sejauh ini selalu menghasilkan daya dukung tanah lebih besar dibandingkan dengan CBR laboratorium rendaman.




Detail Prosedurnya bisa lihat di PDF File
Quote:Original Posted By epstein


hahaha....
Buat jelasin ke Mandor gitu kali yeah? paling cespleng







Detail Prosedurnya bisa lihat di PDF File


Terima kasih gan

Hehe.
Quote:Original Posted By gauama



Jawaban singkat:
CBR = Tes untuk mengukur kekerasan jalan, juga kepadatannya (kalau ngga salah)

Hah? Apa yang diukur?
Kekerasan tanah gan.

Lah terus kalau keras memang kenapa?
Kalau tanah nya keras, tanah nya ngga gampang turun gan, kalau nanti dibikin jalan. Ada jalan2 yang cepat rusak, harus dipadatkan dulu, dan lain lain

OOO, berarti makin keras makin bagus gan?
IYA
Oke gan, ane ngerti kalau gitu. Ane berangkat bikin jalan dulu.
Lah, sabar gan, emang agan udah tau harus seberapa keras, baru layak buat jadi jalan?
Eh, iya juga ya. Harus berapa keras tuh gan? nentuinnya gimana keras atau ngga?

CERITA DI ATAS ADALAH PENGERTIAN DAN TUJUAN CBR.

Seberapa keras sih keras?
Harus sekeras beton? Kue apem? Sekeras bantal? Sekeras tembok,? Sekeras Pohon?

Tidak ada ukuran kekerasan / ketahanan yang pasti.

Cara 1 1 nya, kita buat standard nya (benchmark nya) kemudian tanah yang ada dibandingkan dengan benchmark yang ada.
Bench mark yang ada ialah Tanah dari california.
Karena itu dinamakan California Bearing Ratio


Wah asli gan ane dapet nilai Ujian Tulis yg memuaskan hati ane makasih ya atas referensi nya
Quote:Original Posted By rajasirait92


Wah asli gan ane dapet nilai Ujian Tulis yg memuaskan hati ane makasih ya atas referensi nya


Wah, yang boneng gan?

Hahaha..
referensi apa nih?

Jawaban ane kepake buat ujian tulis nya?

Hahaha...
Keren juga

Quote:Original Posted By gauama


Wah, yang boneng gan?

Hahaha..
referensi apa nih?

Jawaban ane kepake buat ujian tulis nya?

Hahaha...
Keren juga



yoyoy sama Ujian Lisan juga bro bantuin juga ya nanti konsolidasi buset ini praktikum lama di grafik dah
×