KASKUS

Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi




dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om


sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa ajakan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban


iya ga pa om..yang penting udah ada jawaban...heheh..

waduk kalo itu ane ga tau om..mungkin di kasih conecting rod panjang karna sesenya udah gede strokan lebih tinggi..jadi biar conecting rod waktu bergerak tidak membentuk sudut kemiringan yang besar pas mau naik ataupun turun..dengan kata lain memper kecil sudut kemiringan conecting rod untuk memperkecil gesekan piston ke liner sehingga umur piston bisa lebih panjang gitu mungkin om...hehe nubitol menjawab asal..CMIIW

akhirnya keinginan untuk naik stroke tanpa memperlihatkan tampang yang sangar tterjawab sudah..mau tak coba ilmunya mas ses ah
Quote:Original Posted By WahAsikAdGehenk
Wuihh ....
Ini nih, kira2 klo pke seher cebeer enteng kali ya?
Trus harganya brpaan ya? Yg npP ada ga ya?
Nah klo blok seher msh 156 di jejelin 66 + seher cebeer kira2 pantat seher nongol dr linier bawah ga yah?

kayaknya ga nongol deh..kenapa..karna pan pantat tigi sama mega lebih panjang dari pada punya cebeer..katanya selisih sekitar 5 mili
Quote:Original Posted By GoenkzG354

waduk kalo itu ane ga tau om..mungkin di kasih conecting rod panjang karna sesenya udah gede strokan lebih tinggi..jadi biar conecting rod waktu bergerak tidak membentuk sudut kemiringan yang besar pas mau naik ataupun turun..dengan kata lain memper kecil sudut kemiringan conecting rod untuk memperkecil gesekan piston ke liner sehingga umur piston bisa lebih panjang gitu mungkin om...hehe nubitol menjawab asal..CMIIW


ohh bgtuu... ada benernya juga biar sudut kmiringan biar gak terlalu tajem, sehingga memperkecil gesekan.
tapi pernah liat di RT sebelah malah ada yg nyambung blok dilas. itu apa karena emng brtjuan untuk memperkecil gesekan? ato emang struk up duper tinggi yah? kl pun struk tinggi, lha kl space rengkes tmpat bandulnya cmn sgtu2 aja, apa mungkin struk sampe nyambung blok?
tanya knp?
Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax

permisi nubi numpang absen, udah lama gk mampir dimari
kayaknya rame bener ya masalah seher ceper
cuma mau dikit ngasi link, pan sesepuh d mari udah ada yg pake dari dulu2
NYOOSSSSS
ini juga ada dikit gambar, sapa tau membantu
mohon ijin dulu ama mases, nih poto2nya pas dlu masang
ane jngan di ya om

Masipan luar biasa.. rame lagi dah seher sebeer, bikin galau

Quote:Original Posted By jong.java

ya kembali lagi ke selera om. ada yang sukanya pake blok bawaan + ganjel, ada yang suka ganti blok tanpa ganjel. Kalo ane pake blok bawaan + ganjel.

kalo di lihat dari ukuran pen pistonnya, CBR sama Tiger sama
diameter sama. Yang ngebedain pajang pistonnya.
menurut info yang ane dapet dari Masivan, kalau lubang pennya di jejerin antara piston CBR dan Tiger, atasnya beda 2,sekian mm, bawahnya 5 mm (itu kalo gak salah inget).
kalo mau dirubah, paling di sekitar coakan pistonya (menyesuaikan dengan kop)

Pengen nyoba, tp.... gini aja dl. Tunggu minta ganti, baru eksperimen lagi.

Jossss om wis, hidup ganjel aja! heheee...

Quote:Original Posted By sayurkioong
gan mau nanya nih
td ane udah beli clear coat blinken kemasan kecil
nah menurut yg di pekwan kan cara nyampurinnya.
clear coatnyakan setengah nah hardener kira2 brp ya takarannya?
soalny ane baca dikemasannya kaga ngerti

Wah.. tunggu yg udah pernah aja yg komen ya om.. ane blom pernah soalnya, mbahwek nih kayanya yg lebih ahli

Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi

dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om

sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa ajakan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban

kk' enthu
tapi itu kan kalo 62,2.. nah kalo kaya gehenk tuh udah 66+stang series gimana ses?? apa masih bisa pake blok silinder nya neotech?? sebenernya yg jadi patokan itu panjang stang seher atau tinggi strukan ya??

Quote:Original Posted By WahAsikAdGehenk
Wuihh ....
Ini nih, kira2 klo pke seher cebeer enteng kali ya?
Trus harganya brpaan ya? Yg npP ada ga ya?
Nah klo blok seher msh 156 di jejelin 66 + seher cebeer kira2 pantat seher nongol dr linier bawah ga yah?

sabar om gehenk, nunggu jawaban dari kk

Quote:Original Posted By GoenkzG354

iya ga pa om..yang penting udah ada jawaban...heheh..

waduk kalo itu ane ga tau om..mungkin di kasih conecting rod panjang karna sesenya udah gede strokan lebih tinggi..jadi biar conecting rod waktu bergerak tidak membentuk sudut kemiringan yang besar pas mau naik ataupun turun..dengan kata lain memper kecil sudut kemiringan conecting rod untuk memperkecil gesekan piston ke liner sehingga umur piston bisa lebih panjang gitu mungkin om...hehe nubitol menjawab asal..CMIIW

akhirnya keinginan untuk naik stroke tanpa memperlihatkan tampang yang sangar tterjawab sudah..mau tak coba ilmunya mas ses ah

kayaknya ga nongol deh..kenapa..karna pan pantat tigi sama mega lebih panjang dari pada punya cebeer..katanya selisih sekitar 5 mili

brarti kalo tetep pake seher tayger atau mega baru nongol alias mentok bawah?? gitu om
Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi

dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om

sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa aja kan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban



iya om, soalnya sering bgt pacaran ama masipan... xixixixixi.....
nah, iya deh.. ane tunggu penjabarannya ajah... biar jelas-sejelas-jelasnya..

Mungkinkah ada berhubungan dengan kata-kata "murmercweng" ?
*agakmaksadikittt....


Quote:Original Posted By WahAsikAdGehenk
Wuihh ....
Ini nih, kira2 klo pke seher cebeer enteng kali ya?
Trus harganya brpaan ya? Yg npP ada ga ya?
Nah klo blok seher msh 156 di jejelin 66 + seher cebeer kira2 pantat seher nongol dr linier bawah ga yah?


setau ane om.. seher cibier yg ahem os 0 itu untuk pistonnya 240rb, kl ringsetnya 145rb
nah, kalo enpepe 1 set nya utk os 0-100 sekitar 150 rebus. di porum sebelah..
kl nongolnya nggak kali ya... kaliii..... pan ntu seher cibier lebi pendek...
*logika nyubi ajah, cmiiw...
Quote:Original Posted By arjhomzm


masipan, persis yg kemaren kita pacarin yak..... eh, maksudnyah kita obrolin..
btw, tu mapas kyknya kok dlm banget, ngelebihin coakannya yg untuk klep bawaan....? itungan pasnya, nyesuaiin kubah topi yah..? berarti emg hrs pasang dulu, br ketauan itungannya. markiteeekkkkkk...
oh ATM, durjanalahhh!!

Spoiler for Inihh...?:


masipan muah-muah dwehh..

tapi itu cuma katanya katnay dan katanya mas, ngobrol2 doank blm praktik

Quote:Original Posted By GoenkzG354

manteb om...siap jiplak kekeke..makasih om atas inpone..oh ya d jgja kalo cari piston cbr yang murah dmana y?


ok mas makasih infonya..tinggal coba aaah...

coba k RIMAU om, jokteng timur k timur, dket toko cat, selatan jalan


Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi




dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om


sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa ajakan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban


naaaah ini, jawaban knapa anuan pndek BONCOS

Quote:Original Posted By WahAsikAdGehenk
Wuihh ....
Ini nih, kira2 klo pke seher cebeer enteng kali ya?
Trus harganya brpaan ya? Yg npP ada ga ya?
Nah klo blok seher msh 156 di jejelin 66 + seher cebeer kira2 pantat seher nongol dr linier bawah ga yah?

speknya kurang lngkap om, stang seher pke apa ? tpi yg jd mslah klo 66 blok 156 bukan pantat seher tpi pala seher yg nongol lbh tinggi dr blok

Quote:Original Posted By GoenkzG354

iya ga pa om..yang penting udah ada jawaban...heheh..

waduk kalo itu ane ga tau om..mungkin di kasih conecting rod panjang karna sesenya udah gede strokan lebih tinggi..jadi biar conecting rod waktu bergerak tidak membentuk sudut kemiringan yang besar pas mau naik ataupun turun..dengan kata lain memper kecil sudut kemiringan conecting rod untuk memperkecil gesekan piston ke liner sehingga umur piston bisa lebih panjang gitu mungkin om...hehe nubitol menjawab asal..CMIIW

akhirnya keinginan untuk naik stroke tanpa memperlihatkan tampang yang sangar tterjawab sudah..mau tak coba ilmunya mas ses ah

kayaknya ga nongol deh..kenapa..karna pan pantat tigi sama mega lebih panjang dari pada punya cebeer..katanya selisih sekitar 5 mili


itu klo gk slah ada sangkut pautnya ama CONROD RATIO om

Quote:Original Posted By proseries85


ohh bgtuu... ada benernya juga biar sudut kmiringan biar gak terlalu tajem, sehingga memperkecil gesekan.
tapi pernah liat di RT sebelah malah ada yg nyambung blok dilas. itu apa karena emng brtjuan untuk memperkecil gesekan? ato emang struk up duper tinggi yah? kl pun struk tinggi, lha kl space rengkes tmpat bandulnya cmn sgtu2 aja, apa mungkin struk sampe nyambung blok?
tanya knp?

klo bgitu bukannya emng buat ngikutin stroke yg udah naik jg ya om ?

Quote:Original Posted By akanique

Masipan luar biasa.. rame lagi dah seher sebeer, bikin galau


Jossss om wis, hidup ganjel aja! heheee...


Wah.. tunggu yg udah pernah aja yg komen ya om.. ane blom pernah soalnya, mbahwek nih kayanya yg lebih ahli


kk' enthu
tapi itu kan kalo 62,2.. nah kalo kaya gehenk tuh udah 66+stang series gimana ses?? apa masih bisa pake blok silinder nya neotech?? sebenernya yg jadi patokan itu panjang stang seher atau tinggi strukan ya??


sabar om gehenk, nunggu jawaban dari kk


brarti kalo tetep pake seher tayger atau mega baru nongol alias mentok bawah?? gitu om

intinya klo bkin ganjel patokanny ya tinggi struknya, stang yg d pakai, ama seher jg om

Quote:Original Posted By arjhomzm


iya om, soalnya sering bgt pacaran ama masipan... xixixixixi.....
nah, iya deh.. ane tunggu penjabarannya ajah... biar jelas-sejelas-jelasnya..

Mungkinkah ada berhubungan dengan kata-kata "murmercweng" ?
*agakmaksadikittt....




setau ane om.. seher cibier yg ahem os 0 itu untuk pistonnya 240rb, kl ringsetnya 145rb
nah, kalo enpepe 1 set nya utk os 0-100 sekitar 150 rebus. di porum sebelah..
kl nongolnya nggak kali ya... kaliii..... pan ntu seher cibier lebi pendek...
*logika nyubi ajah, cmiiw...

ati2 aja ya mas, segala resiko penumpang yg nanggung
kali ini jg bisa d baca2, PENCET aja

dikit teori lgi ah (pdhal seringnya jg cuman bs teori, praktik blum )
klo urusannya ama conrod ratio, rumusnya kan pnjang stang seher d bagi tinggi struk, klo gk slah baca angka amannya d kisaran 1,4-2,0, klo gk slah makin besar angkanya makin aman, makin kecil makin rawan (tpi ada jg yg lbih dr angka 2, kyak proneo, mp)
coba kita liat, d daerah jawa timur bnyak yg aplikasi struk up 8,5 blok tiger stang series, maka
->CR=103,5/(49,5+8,5+8,5)=1,556, motor om wisnu begini jg konfigurasinya CMIIW
coba kita tengok tiger
->CR=105,5/62,2=1,696
trus klo struk tiger, stang series (yg lg rame d bahas, struk tiger, seher cbr, blok 156)
->CR=103,5/62,2=1,663
kali aja bisa jd bahan pertimbangan n referensi
nah klo pemikiran ane kendala yg mngkin ada, seher cbr klo gk slah kan aslinya d motorr cuma struk pndek 49,5 CMIIW, trus d pake d struk pnjang 62,2, kira2 gimna keawetannya ? ane kagak tau

Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi




dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om


sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa ajakan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban



Biar ada kerjaan ses kang insinyurnya, jd ada sesuatu yang baru gitu, trus dapet bonus akan ide2nya gitu, biar sperpatnya beda juga gitu kan menambah variasi gitu, klo pake stang seris blok tetep seher tipis jd keliatannya males kurang inovasi gitu di mata mekanik, masa cuma inovasi di bodi dinamis striping trendi pelk resing sama karbu yang dibesar2in seolah2






btw. Oiya dopos ga tau saya
Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax

tapi itu cuma katanya katnay dan katanya mas, ngobrol2 doank blm praktik


coba k RIMAU om, jokteng timur k timur, dket toko cat, selatan jalan



naaaah ini, jawaban knapa anuan pndek BONCOS


speknya kurang lngkap om, stang seher pke apa ? tpi yg jd mslah klo 66 blok 156 bukan pantat seher tpi pala seher yg nongol lbh tinggi dr blok



itu klo gk slah ada sangkut pautnya ama CONROD RATIO om


klo bgitu bukannya emng buat ngikutin stroke yg udah naik jg ya om ?


intinya klo bkin ganjel patokanny ya tinggi struknya, stang yg d pakai, ama seher jg om


ati2 aja ya mas, segala resiko penumpang yg nanggung
kali ini jg bisa d baca2, PENCET aja

dikit teori lgi ah (pdhal seringnya jg cuman bs teori, praktik blum )
klo urusannya ama conrod ratio, rumusnya kan pnjang stang seher d bagi tinggi struk, klo gk slah baca angka amannya d kisaran 1,4-2,0, klo gk slah makin besar angkanya makin aman, makin kecil makin rawan (tpi ada jg yg lbih dr angka 2, kyak proneo, mp)
coba kita liat, d daerah jawa timur bnyak yg aplikasi struk up 8,5 blok tiger stang series, maka
->CR=103,5/(49,5+8,5+8,5)=1,556, motor om wisnu begini jg konfigurasinya CMIIW
coba kita tengok tiger
->CR=105,5/62,2=1,696
trus klo struk tiger, stang series (yg lg rame d bahas, struk tiger, seher cbr, blok 156)
->CR=103,5/62,2=1,663
kali aja bisa jd bahan pertimbangan n referensi
nah klo pemikiran ane kendala yg mngkin ada, seher cbr klo gk slah kan aslinya d motorr cuma struk pndek 49,5 CMIIW, trus d pake d struk pnjang 62,2, kira2 gimna keawetannya ? ane kagak tau



Nambahin dikit ...
Spoiler for rod to stroke ratio:



Kutip dari Honda Tuning Magazine :

Most engine builders shoot for a ratio between 1.5:1 and 1.8:1 on a street motor, with 1.75:1 considered ideal, regardless of application. (Kebanyakan mekanik yang membangun mesin menentukan rasio antara 1,5:1 sampai 1,8:1 dengan 1,75:1 pertimbangan yang ideal)


Pengalaman saya,

-Blok seher megapro, stroke diatas 60mm pakai seher sependek CBR dan stang GL PRo series hasilnya seher cepat haus selama 6 bulan. getaran mesin woow...

-blok seher tiger, stroke 68mm, stang gl pro series, seher CBR, hasil = ngga jadi dipasang, ngeri lihat posisi seher saat titik mati bawah, hampir setengah seher keluar dari liner, kalau dipasang pasti liner bawah jebol.
Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax

klo bgitu bukannya emng buat ngikutin stroke yg udah naik jg ya om ?

iya mas mustinya emnga buat ngikutin stroke-nya, lha tapi kl sampek nyambung blok(2 buah blok ditumpuk jadi satu) mustinya kan struk totalnya bisa mnimal 2 kali struk setandarnya.
pertanyaannya, emang masih muat space/ruang daun bandulnya? sementara rengkesnya kan setandar bawaan motor.
ibarat neotek disambung bloknya. kan kl struk total std 49.5
lha kl bloknya disambung kan mestinya struk total jadi 99??
gmn sih itung2an bgtuan?
Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax

tapi itu cuma katanya katnay dan katanya mas, ngobrol2 doank blm praktik


coba k RIMAU om, jokteng timur k timur, dket toko cat, selatan jalan



naaaah ini, jawaban knapa anuan pndek BONCOS


speknya kurang lngkap om, stang seher pke apa ? tpi yg jd mslah klo 66 blok 156 bukan pantat seher tpi pala seher yg nongol lbh tinggi dr blok



itu klo gk slah ada sangkut pautnya ama CONROD RATIO om


klo bgitu bukannya emng buat ngikutin stroke yg udah naik jg ya om ?


intinya klo bkin ganjel patokanny ya tinggi struknya, stang yg d pakai, ama seher jg om


ati2 aja ya mas, segala resiko penumpang yg nanggung
kali ini jg bisa d baca2, PENCET aja

dikit teori lgi ah (pdhal seringnya jg cuman bs teori, praktik blum )
klo urusannya ama conrod ratio, rumusnya kan pnjang stang seher d bagi tinggi struk, klo gk slah baca angka amannya d kisaran 1,4-2,0, klo gk slah makin besar angkanya makin aman, makin kecil makin rawan (tpi ada jg yg lbih dr angka 2, kyak proneo, mp)
coba kita liat, d daerah jawa timur bnyak yg aplikasi struk up 8,5 blok tiger stang series, maka
->CR=103,5/(49,5+8,5+8,5)=1,556, motor om wisnu begini jg konfigurasinya CMIIW
coba kita tengok tiger
->CR=105,5/62,2=1,696
trus klo struk tiger, stang series (yg lg rame d bahas, struk tiger, seher cbr, blok 156)
->CR=103,5/62,2=1,663
kali aja bisa jd bahan pertimbangan n referensi
nah klo pemikiran ane kendala yg mngkin ada, seher cbr klo gk slah kan aslinya d motorr cuma struk pndek 49,5 CMIIW, trus d pake d struk pnjang 62,2, kira2 gimna keawetannya ? ane kagak tau


Quote:Original Posted By maxcb


Nambahin dikit ...
Spoiler for rod to stroke ratio:



Kutip dari Honda Tuning Magazine :

Most engine builders shoot for a ratio between 1.5:1 and 1.8:1 on a street motor, with 1.75:1 considered ideal, regardless of application. (Kebanyakan mekanik yang membangun mesin menentukan rasio antara 1,5:1 sampai 1,8:1 dengan 1,75:1 pertimbangan yang ideal)


Pengalaman saya,

-Blok seher megapro, stroke diatas 60mm pakai seher sependek CBR dan stang GL PRo series hasilnya seher cepat haus selama 6 bulan. getaran mesin woow...

-blok seher tiger, stroke 68mm, stang gl pro series, seher CBR, hasil = ngga jadi dipasang, ngeri lihat posisi seher saat titik mati bawah, hampir setengah seher keluar dari liner, kalau dipasang pasti liner bawah jebol.


nah... ni ilmu yg ane tunggu-tunggu.... share pengalaman..
makasih om. kesimpulannya NGGAK pake seher itu ajah. ngalahin dikit, nyari blok macan/jaguar sekalian.... eeh, sukur-sukuuurr, yg gak ada tulisannya, jd nggak perlu ngikir/nggedrik....

maap kakak-kakak, buat ane penting share nya duluan, jd parts2 apa yg diperlukan dan akan dipasang saja yg hrs diadakan, krn budget ane nggak seleluasa dahulu kala.. apalagi ATM ane juga aseli Jawa, Sopan benerrr....
minta maap mulu.. s
Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax

tapi itu cuma katanya katnay dan katanya mas, ngobrol2 doank blm praktik

coba k RIMAU om, jokteng timur k timur, dket toko cat, selatan jalan


naaaah ini, jawaban knapa anuan pndek BONCOS

speknya kurang lngkap om, stang seher pke apa ? tpi yg jd mslah klo 66 blok 156 bukan pantat seher tpi pala seher yg nongol lbh tinggi dr blok



itu klo gk slah ada sangkut pautnya ama CONROD RATIO om

klo bgitu bukannya emng buat ngikutin stroke yg udah naik jg ya om ?

intinya klo bkin ganjel patokanny ya tinggi struknya, stang yg d pakai, ama seher jg om

ati2 aja ya mas, segala resiko penumpang yg nanggung
kali ini jg bisa d baca2, PENCET aja

dikit teori lgi ah (pdhal seringnya jg cuman bs teori, praktik blum )
klo urusannya ama conrod ratio, rumusnya kan pnjang stang seher d bagi tinggi struk, klo gk slah baca angka amannya d kisaran 1,4-2,0, klo gk slah makin besar angkanya makin aman, makin kecil makin rawan (tpi ada jg yg lbih dr angka 2, kyak proneo, mp)
coba kita liat, d daerah jawa timur bnyak yg aplikasi struk up 8,5 blok tiger stang series, maka
->CR=103,5/(49,5+8,5+8,5)=1,556, motor om wisnu begini jg konfigurasinya CMIIW
coba kita tengok tiger
->CR=105,5/62,2=1,696
trus klo struk tiger, stang series (yg lg rame d bahas, struk tiger, seher cbr, blok 156)
->CR=103,5/62,2=1,663
kali aja bisa jd bahan pertimbangan n referensi
nah klo pemikiran ane kendala yg mngkin ada, seher cbr klo gk slah kan aslinya d motorr cuma struk pndek 49,5 CMIIW, trus d pake d struk pnjang 62,2, kira2 gimna keawetannya ? ane kagak tau

Haduuuhh.. apalagi ini conrod ratio

Quote:Original Posted By maxcb


Nambahin dikit ...
Spoiler for rod to stroke ratio:



Kutip dari Honda Tuning Magazine :

Most engine builders shoot for a ratio between 1.5:1 and 1.8:1 on a street motor, with 1.75:1 considered ideal, regardless of application. (Kebanyakan mekanik yang membangun mesin menentukan rasio antara 1,5:1 sampai 1,8:1 dengan 1,75:1 pertimbangan yang ideal)


Pengalaman saya,

-Blok seher megapro, stroke diatas 60mm pakai seher sependek CBR dan stang GL PRo series hasilnya seher cepat haus selama 6 bulan. getaran mesin woow...

-blok seher tiger, stroke 68mm, stang gl pro series, seher CBR, hasil = ngga jadi dipasang, ngeri lihat posisi seher saat titik mati bawah, hampir setengah seher keluar dari liner, kalau dipasang pasti liner bawah jebol.

waduh.. stroke 68mm seher cbr+stang series, itu aja udah pake blok seher tiger, hampir setengah seher keluar dari liner. gimana yg tetep pake seher tayger ya om??

tapi kalo kaya masipan bilang, d daerah jawa timur bnyak yg aplikasi struk up 8,5 (kira2 66,5mm) blok tiger stang series.. gimana tuh om??

Quote:Original Posted By arjhomzm



nah... ni ilmu yg ane tunggu-tunggu.... share pengalaman..
makasih om. kesimpulannya NGGAK pake seher itu ajah. ngalahin dikit, nyari blok macan/jaguar sekalian.... eeh, sukur-sukuuurr, yg gak ada tulisannya, jd nggak perlu ngikir/nggedrik....

maap kakak-kakak, buat ane penting share nya duluan, jd parts2 apa yg diperlukan dan akan dipasang saja yg hrs diadakan, krn budget ane nggak seleluasa dahulu kala.. apalagi ATM ane juga aseli Jawa, Sopan benerrr....
minta maap mulu.. s

lah sama om jo, ane juga begitu
pengalaman ane sih yg masang

bandul tiger + stang tanpa rubahan
blok asli max 125 OS50 cbr
seher cbr 50

pasang blok tanpa paking memang masih nongol sekitar 3mili
tapi masih bisa meng akalin dengan papas seher dengan model seperti suzuki smash. agar ga mentok klep. yaa Alhamdulillah sudah lama tuh seher aman aman aja,

rahasianya ,.. cuma pake oli bekas xixixixixiix setiap pake oli baru pasti rusak tuh motor

Quote:Original Posted By GoenkzG354


untuk masalah lunbang buat klep yang ada di puncak seher ga pengaruh po

________________________________________________________________

Oh ya ane mau nanya nih...ada yang tau g tukan bubut yang mumpuni di daerah bekasi...

bekasi ane kurang tau...gan.
tunggu yg dr bekasi ngasih pencerahan deh..

Quote:Original Posted By randika39
permisi ... saya ada headlamp,bodi belakang/stoplamp,spakbor sama box aki gl pro Black engine nganggur

siapa tau ada yang minat
borongan harga 300.000 bonus spidometer(apa adanya) sama behel body belakangnya

foto menyusul atau via whatsapp/line
COD posisi serpong BSD pamulang . kirim via JNE

hub 0899601945923

smoga cepet laku gan.
Quote:Original Posted By GoenkzG354
atas ane makanan empuk om TS nih..dateng-dateng tanpa liat pejwan langsung ngasih sarapan om TS...

oh gitu ya...? ok om...

setau ane. selama itu masih berhubungan sama GL gpp bro...
klo member di wajibkan sembari jawab/ share sesuatu..itu jg jgn sering2.
klo bukan member maximal 2x titip lapak...cmiiw.

Quote:Original Posted By Dcoplaxmaniax


permisi nubi numpang absen, udah lama gk mampir dimari
kayaknya rame bener ya masalah seher ceper
cuma mau dikit ngasi link, pan sesepuh d mari udah ada yg pake dari dulu2
NYOOSSSSS
ini juga ada dikit gambar, sapa tau membantu

mohon ijin dulu ama mases, nih poto2nya pas dlu masang

ane jngan di ya om

ivan racunnya dasyat:
Quote:Original Posted By sayurkioong
gan mau nanya nih
td ane udah beli clear coat blinken kemasan kecil
nah menurut yg di pekwan kan cara nyampurinnya.
clear coatnyakan setengah nah hardener kira2 brp ya takarannya?
soalny ane baca dikemasannya kaga ngerti

untuk apa gan? buat ngecet apa buat tangki?
Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi




dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om


sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa ajakan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban


klo stroke 62,2 stang neotek, seher cbr. blok 165 neotek kira2 masiih nonjol ga ses?
Quote:Original Posted By maxcb


Nambahin dikit ...
Spoiler for rod to stroke ratio:



Kutip dari Honda Tuning Magazine :

Most engine builders shoot for a ratio between 1.5:1 and 1.8:1 on a street motor, with 1.75:1 considered ideal, regardless of application. (Kebanyakan mekanik yang membangun mesin menentukan rasio antara 1,5:1 sampai 1,8:1 dengan 1,75:1 pertimbangan yang ideal)


Pengalaman saya,

-Blok seher megapro, stroke diatas 60mm pakai seher sependek CBR dan stang GL PRo series hasilnya seher cepat haus selama 6 bulan. getaran mesin woow...

-blok seher tiger, stroke 68mm, stang gl pro series, seher CBR, hasil = ngga jadi dipasang, ngeri lihat posisi seher saat titik mati bawah, hampir setengah seher keluar dari liner, kalau dipasang pasti liner bawah jebol.

blok seher tiger pakai seher cbr ko malah keluar dari liner sih bro? bukannya malah makin pendek?
Quote:Original Posted By toke_367
pengalaman ane sih yg masang

bandul tiger + stang tanpa rubahan
blok asli max 125 OS50 cbr
seher cbr 50

pasang blok tanpa paking memang masih nongol sekitar 3mili
tapi masih bisa meng akalin dengan papas seher dengan model seperti suzuki smash. agar ga mentok klep. yaa Alhamdulillah sudah lama tuh seher aman aman aja,

rahasianya ,.. cuma pake oli bekas xixixixixiix setiap pake oli baru pasti rusak tuh motor


nice share om...patut di coba nih.
======================================
bagi rekan2 jabodetabek, ayo monggo kita silaturahmi bareng..
kebetulan KASKUS ngadain KOPDARBUKBER nih..
Quote:Original Posted By barrock
Kopdarbukber [Kopi Darat sekalian Buka puasa Bersama]
kita berkumpul bersilaturahmi berkenalan bagi yang belum kenal
mempererat tali persaudaraan sesama warga forum #112

Hari Jumat Sore bertempat di Silang Monas jam 17.00 wib
makanan dan minuman bawa sendiri2 yaa
kan kebetulan di MONAS ada Wisata Kuliner
jadi ente ente semua nanti bisa milih sendiri makanan dan minumannya




yang mau ikut silahkan saja
sapa aja boleh ngikutt alias BEBAS



untuk tempat ngobrol nanti liat liat situasi dolo aja yaa
ato ada usul ..
pokoknya masih di dalam monas

mungkin bisa di sisi Barat Monas ato sisi Utara Monas


jangan lupa bawa kamera buat photo photo mumpung lagi di monas



ow ya bagi yang bawa MOTOR
disarankan parkir di IRTI [ di jalan medan merdeka selatan / depan balaikota ] atau parkir di Stasiun Gambir
hindari parkiran Liar di sekitaran Monas
helmnya silahkan di titipkan [klo ada tempat penitipan] klo gak ada yang di tenteng aja


--
pemberitahuan berikutnya nanti akan di tambahkan



bagi yg ingin hadir bisa hubungin ane / whashes (via PM)

Quote:Original Posted By tryadi14024



untuk apa gan? buat ngecet apa buat tangki?




untuk ngelapisin daleman tangki gan
salken
Maap ga bsa d multi qoute .
Jd mksd ane gini,
ane pke blok 156 tp udh dganjel 5mm.
Nah kalo d 66in pke seher ceber nongol kga tuh pantat'y?
Trus mau nanya kalo misalkan mau d setruk pke seher ceber trus stang seher pke seris langkah'y jd brp?
Apa pantat seher mentok pas TMB?
Trus rubahan begitu riskan ga ya?
Maap ni nanya2 soal'y saya msh awam dan kepengen tau cara'y dongkrak power mesin gL.
Quote:Original Posted By toke_367
pengalaman ane sih yg masang

bandul tiger + stang tanpa rubahan
blok asli max 125 OS50 cbr
seher cbr 50

pasang blok tanpa paking memang masih nongol sekitar 3mili
tapi masih bisa meng akalin dengan papas seher dengan model seperti suzuki smash. agar ga mentok klep. yaa Alhamdulillah sudah lama tuh seher aman aman aja,

rahasianya ,.. cuma pake oli bekas xixixixixiix setiap pake oli baru pasti rusak tuh motor


blok 125 kan seher nyamasih kecil ya om?? itu di ganti boringan apa dikorter doang yg boringan lama?? biar masuk seher sebeer, OS 50 pula
wah.. lumayan itu gak usah belanja oli tiap bulannya.
motornya om andi mistis, ada keris kali dalem mesinnya

Quote:Original Posted By tryadi14024

bekasi ane kurang tau...gan.
tunggu yg dr bekasi ngasih pencerahan deh..

smoga cepet laku gan.

setau ane. selama itu masih berhubungan sama GL gpp bro...
klo member di wajibkan sembari jawab/ share sesuatu..itu jg jgn sering2.
klo bukan member maximal 2x titip lapak...cmiiw.

ivan racunnya dasyat:

untuk apa gan? buat ngecet apa buat tangki?

klo stroke 62,2 stang neotek, seher cbr. blok 165 neotek kira2 masiih nonjol ga ses?

blok seher tiger pakai seher cbr ko malah keluar dari liner sih bro? bukannya malah makin pendek?

nice share om...patut di coba nih.
======================================
bagi rekan2 jabodetabek, ayo monggo kita silaturahmi bareng..
kebetulan KASKUS ngadain KOPDARBUKBER nih..

bagi yg ingin hadir bisa hubungin ane / whashes (via PM)

Jumat besok nih ya

Quote:Original Posted By WahAsikAdGehenk
Maap ga bsa d multi qoute .
Jd mksd ane gini,
ane pke blok 156 tp udh dganjel 5mm.
Nah kalo d 66in pke seher ceber nongol kga tuh pantat'y?
Trus mau nanya kalo misalkan mau d setruk pke seher ceber trus stang seher pke seris langkah'y jd brp?
Apa pantat seher mentok pas TMB?
Trus rubahan begitu riskan ga ya?
Maap ni nanya2 soal'y saya msh awam dan kepengen tau cara'y dongkrak power mesin gL.

idem..
Quote:Original Posted By akanique

Haduuuhh.. apalagi ini conrod ratio


waduh.. stroke 68mm seher cbr+stang series, itu aja udah pake blok seher tiger, hampir setengah seher keluar dari liner. gimana yg tetep pake seher tayger ya om??

tapi kalo kaya masipan bilang, d daerah jawa timur bnyak yg aplikasi struk up 8,5 (kira2 66,5mm) blok tiger stang series.. gimana tuh om??


lah sama om jo, ane juga begitu


Para Insinyur Honda sudah memikirkan dari segi keawetan dan dan keamanan, itukan hubungannya dengan harumnya citra honda di marketnya.
Selama standar Ndak pernah ada too pake montor honda yang sehernya mentok klep atau yang liner bawahnya sobek kehantam seher yang conrodnya terlalu miring atau yang hampir keluar

Kalo daerah sini Nganjuk memang ada yang pake struk 68++ tapi stangnya pake yang lebih panjang dari Tiger, keteng pakai 102 mata punya gl series disambung, Blok seher Tiger liner boring di sok ulang pakai yang lebih panjang dari tiger tambah 8 mili, Ganjel blok5 mili, baut ancer custom. ... itu awet dan buanter.

Yang pakai stang pendek series, langkah 68++, ada juga.. maksudnya ada yang jebol liner bawahnya atau baur ancer ngangkat dratnya... untungnya cuma buat kreto drag jadi pulang ke rumah ada yang nyetep. Lha kalo kejadiannya di tengah gunung atao lagi di turing ditengah hutan antah berantah gimana tuuh
Kita cari aman mas bro, masih banyak cara biar kenceng dan aman.
Quote:Original Posted By maxcb


Para Insinyur Honda sudah memikirkan dari segi keawetan dan dan keamanan, itukan hubungannya dengan harumnya citra honda di marketnya.
Selama standar Ndak pernah ada too pake montor honda yang sehernya mentok klep atau yang liner bawahnya sobek kehantam seher yang conrodnya terlalu miring atau yang hampir keluar

Kalo daerah sini Nganjuk memang ada yang pake struk 68++ tapi stangnya pake yang lebih panjang dari Tiger, keteng pakai 102 mata punya gl series disambung, Blok seher Tiger liner boring di sok ulang pakai yang lebih panjang dari tiger tambah 8 mili, Ganjel blok5 mili, baut ancer custom. ... itu awet dan buanter.

Yang pakai stang pendek series, langkah 68++, ada juga.. maksudnya ada yang jebol liner bawahnya atau baur ancer ngangkat dratnya... untungnya cuma buat kreto drag jadi pulang ke rumah ada yang nyetep. Lha kalo kejadiannya di tengah gunung atao lagi di turing ditengah hutan antah berantah gimana tuuh
Kita cari aman mas bro, masih banyak cara biar kenceng dan aman.


kalo boleh tau stang seher yg lebih panjang dr tiger yg dipakai stang seher apa om ?
Selamat Siang kakak2 semuwah udah lama gak posting di mabes nih...
Lagi rame bahas blok seher, setang seher, ama seher ya?
Mau Tanya Nih
stroke 66 pake stang tger, seher cbr OS 250, blok seher tiger "Kompresinya gimana ya? (maksudnya kegedean gak?)"
Makasih yg udah jawab
Quote:Original Posted By arindramp
Selamat Siang kakak2 semuwah udah lama gak posting di mabes nih...
Lagi rame bahas blok seher, setang seher, ama seher ya?
Mau Tanya Nih
stroke 66 pake stang tger, seher cbr OS 250, blok seher tiger "Kompresinya gimana ya? (maksudnya kegedean gak?)"
Makasih yg udah jawab


emang gak terlalu tipis ndra??




tadi pas buka2 interntet nemu ginian
Quote:KETERANGAN :

P = Panjang stang Seher/Piston
SP = Ukuran pen Seher/Piston
BP = Ukuran pen bawah / Big end

HONDA
HONDA BEAT P:93 SP:13 BP:25
HONDA VARIO,CBS P:93 Sp:13 Bp:26
HONDA C-70 P : 91.5 SP : 13 BP : 23
HONDA C-90 P : 91 SP : 15 BP : 23
Astrea/ star/prima/grand/impresa P : 94 SP : 13 BP : 25
Honda cs 1 P : 91 SP : 13 BP : 28
Legenda P : 97 SP : 13 BP : 25
Karisma P : 100 SP : 13 BP : 25
CB 125 P : 91 SP : 13 BP : 23
CB 100 P : 103 SP : 14 BP : 26
CB-100S P : 103.5 SP : 15 BP : 30
GL 125/ 145 P : 103.5 SP : 15 BP : 30
Tiger P : 105.5 SP : 15 BP : 30
Yamaha
Yamaha crypton/ vega/ jupiter/110 P : 92 SP : 13 BP : 26
Yamaha F 1z , robot P : SP : BP : 20
Vega ZR P : 93.5 SP : 13 BP : 28
Mio/Nouvo/ Lele P : 93.5 SP : 15 BP : 28
MX / Vixion P : 97 SP : 14 BP : 28
Scorpio P : 100.5 SP : 16 BP : 30
Byson P : 98 SP : 15 BP : 28
Rx king P : 100 SP : 20/16 BP : 22
Rx Z P : 105 SP : 20/16 BP : 22
F-1zr P : 96 SP : 18/14 BP : 20
125 Z P : 110 SP : 20/16 BP : 22
Suzuki
SPIN P:97 Sp:14 Bp:28
THUNDER 125 P : SP : 14 BP :
SUZUKI SHOGUN P : 94 SP : 14 BP : 28
FD125XS/SHOGUN P : 102.7 SP :14 BP : 28
Raider/ FU 150 / FXR 150 P : 102.5 SP : 16 BP : 30
Kawasaki
Kawasaki Kaze P : 100 SP : 13 BP : 26
ZX 130 P : 100, 2 SP : 13 BP : 22
NINJA P : 105 SP : 15 BP : 25
KR 150 P : 104 SP : 19 BP : 22
BAJAJ
BAJAJ PULSAR 180 P : 104 SP : 17 BP : 30
Ukuran Bore dan Stroke Motor Standar
spesifikasi singkat motor standard

berdasarkan data volume silinder dan perbandingan kompresi maka kita dapat memperkirakan volume ruang bakar. Jika ada data yang lebih lengkap bisa menambahi sehingga lebih bermanfaat untuk semua saudara-saudara kita sesama pecinta korek mesin
...
No || Motor || Bore x Stroke || Volume Silinder || Rasio Kompresi

1. Kawasaki Blitz R 53 mm x 50.6mm 111 cc 9.3 : 1

2. Kawasaki Athlete 56 mm x 50.6mm 124.6 cc 9.8 : 1

3. Kawasaki Ninja 250 62 mm x 41.2mm 2x 124.5 cc 11.5 : 1

4. Kawasaki KLX 250 72 mm x 61,2mm 249cc 11 : 1

5. Yamaha Crypton 49 mm x 54mm 101.8 CC 9.0 : 1

6. Yamaha Mio 50.0 x 57.9 mm 113.7 cc 8.8 : 1

7. Yamaha Jupiter z 51.0 x 54.0 mm 110.3 cc 9.3 : 1

8. Yamaha Jupiter MX 54 x 58,7 mm 135 cc 10.9 : 1

9. Yamaha Vixion 57 x 58,7 (mm) 149.8cc 10.4 : 1

10.Yamaha Scorpio Z 70 x 58 mm 223cc 9.5 : 1

11. Yamaha RX King 58 x 50 mm 132cc 7.1 : 1

12. Yamaha RXZ 56 x 54 mm 133cc 7.0 : 1

13. Yamaha F1Z 52 x 52mm 110.4cc 7.1 : 1

14. Yamaha Alfa 50 x 52mm 102.1 cc 7.2 : 1

15. Honda GL 100 52 x 49.5mm 105.1 cc 9.2 : 1

16. Honda GL Max 56.5 x 49.5mm 124.1 cc 9.2 : 1

17. Honda GL Pro 61.0 x 49.5mm 144.7cc 9.2 : 1

18. Honda Supra 50.0 x 49.5mm 97.1 cc 8.8 : 1

19. Honda Tiger 63.5 x 62.2 mm 196.9cc 9.0 : 1

20. Honda Megapro 63,5 x 49,5 mm 156.7cc 9.0 : 1

21. Honda CS-1 58 x 47,2 mm 124.7 cc 10.7 : 1

22. Honda Supra PGM FI 52,4 x 57,9 mm 124.8cc 9.0 : 1

23. Honda Blade 50 x 55,6 mm 109.1 cc 9.0 : 1

jadi kalau bisa di aplikasikan pake stang seher pio atau byison
Quote:Original Posted By ondeondepecah

joss
butuh opo?


CDI pake bawaan max gpp koq om...gerandong udah pernah coba dan lancar jaya


cek supplier setrum...mulai dari spul,kiprok,sampai kabel2nya...


dulu mbah dukun pernah nyari juga...dpt di bengkel di daerah rungkut,25rb


salam kenal
temennya gemon


wakakaka...asyyeemmm...
dan di workshop,bisa terbuka dalam 45 detik cuma bermodalkan mata drip pendek
harus segera beli ini


salam kenal...
yg murah dan PnP,shock depan gl max-pro...
yg agak mahal dan PnP,shock depan megi-tiger

byson keren,tapi terlalu banyak penyesuaian seperti yg dijelaskan om bassboi...tapi klo suka ya gpp,toh penyesuaian tadi bukan hal yg susah dikerjakan


sebaiknya tetap pakai busa filter ori...karna usia pakainya lebih lama...
dulu sekitar 2-3 tahun baru ganti busa yg mulai sobek2...tmn pake busa abal2,lom 6 bulan udah bersih tersedot ke dlm mesin

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
barangkali berguna,ini ada trik ganti laher noken as tanpa memakai bearing puller/installer
Spoiler for tandai dulu dudukan gigi timing,biar gak meleset posisinya:

Spoiler for modal ragum dan bongkahan besi,tinggal didorong aja:

Spoiler for cara yg sama juga bisa digunakan utk melepas bearing lama:

Spoiler for utk memasang bearing baru,gunakan potongan besi yg berukuran sama dengan cincin dalam bearing:

Spoiler for besi yg tadi digunakan utk melepas dudukan sentrik,digunakan juga utk memasang kembali:

Spoiler for dan noken as siap utk bertugas kembali:

Spoiler for bearing pengganti,atas saran mbah E51 dan mbah gajah:

foto2nya sengaja thumbnail,soalnya hi-res,tinggal klik aja...

semoga bermanfaat

harus segera realisasi itu.... sepele...bisa jadi nanti se brazil....
Quote:Original Posted By tryadi14024

maaf ya om ncex, ane ga bisa dtg...
smoga menjadi keluarga harmonis...langgeng sampai tua. cepet di beri keturunan...

itu noken as nya siapa?
kayanya masbay dah mengarah ke noken as gerusan nih..:
klo bearing yg C4 boleh ga?


Quote:Original Posted By Wisedog

Mohon doa restu dr rekan2 kagol. Ane mo sedot devisa dari tetangga. Mudah2an masih bisa ngikut di gaspol2 selanjutnya.
I'll be bak! kalo kata oom arnold.


Untuk om bx: Cibi s

asyekkk.... ada yang bisa bawa buah tangan rasio neh......
Quote:Original Posted By arjhomzm


seher mendem mksdnya gimana ya om? yg lebi pendek gitu yakk...?
naeknya cm dikit dong...?
*maap kl sotoy... nubitol gendheng...
:salim.

seher itu bahasa indonesianya apa ya om.......
Quote:Original Posted By whashes

ilmu lawas nongol lagi




dopost masboi

kayanya tergiur nih omyo ..
ati ati ama masipan omyo .. sory belum sempet kasih penjabaran om


sory om belum bales SMS nya ... whatsapp aje ye
ntu udah di jawab ama masipan juga sih

====================================================
====================================================

nanya ah ..
di GL200 tayger kenapa di kasih blok silinder lebih tinggi ya dari pabrikan nya ??padahal bisa ajakan insinyur jepang mikirin dengan stroke 62,2 tapi masih menggunakan blok silinder nya neotech dan aplikasi seher pendek macem punya nya sibier juga pake stang nya series ?? tanya kenapa ??? pasti ada sesuatu yang tersirat ...
monggo komen nya manteman ... hehehhehe

pertanyaan ini sebenarnya jawaban


kalau tersirat itu biasanya basah om...........
go go