KASKUS

Poll: Pilihan Oli Mesin Motor Matic Agan2

BM1 PC 1100 Matic Motorcycle 4% (74 votes)
CASTROL POWER1 SCOOTER 4T 9% (168 votes)
FEDERAL OIL SUPREME FLICK /PRIME 1 BLUE/SUPERMATIK 5% (101 votes)
Motul Scooter Expert 4T 10W40 12% (214 votes)
Motul Scooter 4T 10W40 2% (37 votes)
Pertamina Enduro matic 23% (432 votes)
PETRONAS Syntium Moto Scooter 0% (8 votes)
Repsol Moto Scooter 4T 5W40 4% (72 votes)
Shell Advance 4T AX7 Scooter 26% (487 votes)
TOP 1 Action Matic 3% (52 votes)
YAMALUBE MATIC 5% (91 votes)
YAMALUBE POWER MATIC 6% (110 votes)
Voter: 1846 Back to polling
Quote:Original Posted By mikedalittle


CMIIW, wangi atau tidak, biasanya karena ada zat tambahan di olinya, jadi ketika oli itu terbakar, aroma wangi akan muncul karena proses pembakaran di ruang bakar mesin, terus otomatis gas buangan knalpot juga akan wangi (dengan atau tanpa asap).
Kalau wangi, bahayanya adalah kalau orang menghirup. Otak kita pasti akan memerintahkan otomatis untuk menghirup aroma atau tidak, kalau wangi otomatis otak akan perintahin untuk tetap mengendus (karena wangi), tapi kalau tidak maka otak gak akan perintahin untuk mengendus (karena bau / gak wangi).
Dan yang diendus itu kan gas buang kendaraan bermotor gan (dengan atau tanpa asap), jadi tetap berbahaya.

http://health.detik..com/read/2009/1...enyakit-mental


bkn gas buang gan.,. itu aroma olinya yg keluar dr selang pernafasan oli nya., bkan dari asap knalpot nya./ lain hal itu kluar dr knalpot udah pasti polusi., cmiiw,. g mgkin lah oli berkelas bikin wangi klo bahaya buat kesehatan.,
Ane pake Pertamina Enduro Matic di Vario ane..dan so far ane puas banget dengan performanya
gan ane baca2 di beberapa blog mekanik katanya sih bagusan oli synthetic nih daripada oli mineral(non synthetic) berarti oli murah yang synthetic itu top 1, sedangkan gara2 ane liat poll disni banyak yang pake enduro,, ane baru aja kemarin ganti enduro tuh... ?

ada yang sudah pake top 1? ane pengen tau review nya
Quote:Original Posted By gatro
gan ane baca2 di beberapa blog mekanik katanya sih bagusan oli synthetic nih daripada oli mineral(non synthetic) berarti oli murah yang synthetic itu top 1, sedangkan gara2 ane liat poll disni banyak yang pake enduro,, ane baru aja kemarin ganti enduro tuh... ?

ada yang sudah pake top 1? ane pengen tau review nya


gimana rasanya pake enduro gan??
kata org sih top 1 gampang menguap.,.
Quote:Original Posted By prodigy88


gimana rasanya pake enduro gan??
kata org sih top 1 gampang menguap.,.


enduro enak enteng gan mungkin karena oli nya encer gan...... tapi dibawa jalan kosong pake geber 50km/h keatas mesin tuh terasa bergetar.....kalo jalan nya ramai terus agak macet enak nih pake enduro.. gatau kenapa, kayaknya castrol matic lebih enak gan bawa kenceng enak, pelan juga enak
Halo Agan2 semuanya... Salam Kenal nih...

ane makai Honda Vario 125 PGM-FI sudah 2 kali melakukan penggantian oli mesin AHM MPX-2. rencana ane pengen ganti oli Shell Advance AX7 4T SCOOTER. alasan ane pengen ganti krn MPX-2 menurut ane kurang mantap,lemot dan berisik.

Apakah oli Shell Advance AX7 4T Scooter memiliki nilai viskositas grade yg sesuai dgn mesin Honda Vario 125 PGM-FI??? soalnya ane takut salah milih oli malah jadi bumerang buat sendiri. hehehehe...

trus, kalo Transmission Gear Oil untuk Honda Vario 125 yg mantap buat jalan nanjak merk apa ya masbro??? mohon infonya ya...

Tararengkiu masbro semuanya...
Quote:Original Posted By gatro
gan ane baca2 di beberapa blog mekanik katanya sih bagusan oli synthetic nih daripada oli mineral(non synthetic) berarti oli murah yang synthetic itu top 1, sedangkan gara2 ane liat poll disni banyak yang pake enduro,, ane baru aja kemarin ganti enduro tuh... ?

ada yang sudah pake top 1? ane pengen tau review nya


Setau ane, Oli sintetik jelas lebih bagus daripada mineral karena yang oli sintetik itu adalah dasarnya adalah hasil olahan minyak bumi kemudian jadi oli yang diolah lagi. Diolah khusus agar sesuai dengan kebutuhan kendaraan / keingingan para pengguna motor. dari segi ongkos produksi, sintetis lebih mahal, dan jadinya dari segi kantong harga olinya juga lebih mahal.


Kalo mineral itu dasarnya adalah hasil olahan minyak bumi kemudian jadi oli tpi gak diolah lagi. Makanya secara ongkos produksi, mineral lebih murah, dan jadinya olinya juga lebih murah

Kalo ane sih agak gak percaya dengan oli yang murah tapi ngakunya sintetis. secara dr produksinya aja harusnya udah mahal. Setidaknya harganya bersaing atau mepet-mepet lah, jangan beda jauh murah banget..Ane percaya ada uang ada barang Gan

Sama liat juga kondisi motor, kalo mesin baru mending pake sintetik, ato setidaknya semi sintetik, karena lebih encer, jadi bagus buat mesin baru yang masih seretttt. Kalo dikasih mineral malah jadinya tambah seret jadinya boros bensin.
Trid Yg Tepat Buat Ane Newbie Pemakai Motor Matic... :
Buat TS,
Quote:Original Posted By mikedalittle

Setau ane, Oli sintetik jelas lebih bagus daripada mineral karena yang oli sintetik itu adalah dasarnya adalah hasil olahan minyak bumi kemudian jadi oli yang diolah lagi. Diolah khusus agar sesuai dengan kebutuhan kendaraan / keingingan para pengguna motor. dari segi ongkos produksi, sintetis lebih mahal, dan jadinya dari segi kantong harga olinya juga lebih mahal.

Kalo mineral itu dasarnya adalah hasil olahan minyak bumi kemudian jadi oli tpi gak diolah lagi. Makanya secara ongkos produksi, mineral lebih murah, dan jadinya olinya juga lebih murah


Lebih bagusnya lagi oli SEMI SINTETIK gan, karena kalo semi sintetik pasti ada detergennya buat ngebersihin kerak, dan semi sintetik juga menyesuaikan kekentalan oli sesuai dengan suhu motor.

Misal nih masih pagi motor dingin, nah oli semi sintetik itu bakal encer biar mesin gampang hidupnya,apalagi buat daerah yang ada musim saljunya. Tapi begitu dah dipanasin enn mesin dalam keadaan panas, nah oli itu juga menyesuaikan kekentalannya, dia akan jadi lebih kental daripada tadi pagi. Jadi saran ane, pilih oli yang SEMI SINTETIK, banyak kok dipasaran. ane gak mau nyebut merek ntar takut dikira promosi lagi, CMIWW

Quote:Original Posted By Richie.Dominiko
Halo Agan2 semuanya... Salam Kenal nih...

ane makai Honda Vario 125 PGM-FI sudah 2 kali melakukan penggantian oli mesin AHM MPX-2. rencana ane pengen ganti oli Shell Advance AX7 4T SCOOTER. alasan ane pengen ganti krn MPX-2 menurut ane kurang mantap,lemot dan berisik.

Apakah oli Shell Advance AX7 4T Scooter memiliki nilai viskositas grade yg sesuai dgn mesin Honda Vario 125 PGM-FI??? soalnya ane takut salah milih oli malah jadi bumerang buat sendiri. hehehehe...

trus, kalo Transmission Gear Oil untuk Honda Vario 125 yg mantap buat jalan nanjak merk apa ya masbro??? mohon infonya ya...

Tararengkiu masbro semuanya...

shell mantep gan., ane pake dimio ane..,. mesin halus tarikan enteng,.
klo oli gear sama aja gan.,
motor mio ane pernah pake yamalube, motul, castrol, top 1, enduro, trus 2 lagi lupa namanya...
eh sekarang balik lagi pake yamalube..
tapi di tambah Nano Energizer, mesin jadi alus, g panas bgt
reviewnya: kalo pake oli bagus tapi bnsinnya premium sama aja..kalo pertamax


Gan minta sarannya dong.. Ane nubie nih make motor matic. Oli yg sekarang ane pake yamalube matic gan, maklum gretongan terakhir

Kira2 oli yg recomended apa ya gan? Klo menurut ane yamalube itu cuma enak sampe 500 / 1000 km aja sejak ganti oli.

Kali aja ada yg punya inpoh..hehehe
Quote:Original Posted By abbeh
Lebih bagusnya lagi oli SEMI SINTETIK gan, karena kalo semi sintetik pasti ada detergennya buat ngebersihin kerak, dan semi sintetik juga menyesuaikan kekentalan oli sesuai dengan suhu motor.

Misal nih masih pagi motor dingin, nah oli semi sintetik itu bakal encer biar mesin gampang hidupnya,apalagi buat daerah yang ada musim saljunya. Tapi begitu dah dipanasin enn mesin dalam keadaan panas, nah oli itu juga menyesuaikan kekentalannya, dia akan jadi lebih kental daripada tadi pagi. Jadi saran ane, pilih oli yang SEMI SINTETIK, banyak kok dipasaran. ane gak mau nyebut merek ntar takut dikira promosi lagi, CMIWW


Sori nih Gan, cuma mau merevisi.
Untuk oli tingkatannya adalah mineral, semi sintetis dan sintetis (full synthetic), jadi kalau dibilang semi sintetis itu lebih bagus kayanya kurang tepat Gan.
Detergen buat ngebersihin kerak, itu sih ada di semua oli. Karena oli itu sudah ada aditif-nya, dan aditifnya itu bermacem-macem, termasuk buat ngebersihin kerak, menyesuaikan kekentalan, menjaga keawetan pelumas. Tinggal bedanya adalah aditifnya bagus atau tidak.

keunggulan semi sintetik dibandingin full sintetik cuma masalah harga lebih terjangkau.

cekidot gan..ini buat referensi aja.
http://motorplus.otomotifnet.com/rea..._Pelumas_Motor
Quote:Original Posted By prodigy88
shell mantep gan., ane pake dimio ane..,. mesin halus tarikan enteng,.
klo oli gear sama aja gan.,


sundul gan..setubuh gannn...:
Ane vote bwt Pertamina Enduro Matic, awalnya krn jarang oli khusus matic yg ada kemasan 1 L (krn matic ane Skywave yg butuh oli 1 L utk penggantian berkala), tp ternyata mmg performanya yahud, ane bener2 puas, worth it banget antara harga vs performa.

  • bikin mesin lumayan adem
  • bikin tenaga terasa lebih keluar
  • konsumsi BBM terasa lebih irit
  • walaupun oli encer ternyata tingkat penguapan rendah, ane ganti tiap 4000 KM oli ga berkurang tuh
  • buatan dalam negeri man, menghemat devisa


Pokoknya bwt ane, Pertamina Enduro matic, sehidup, sematiiicc.
pake petrocanada paling maknyossss gan
Quote:Original Posted By Richie.Dominiko
Halo Agan2 semuanya... Salam Kenal nih...

ane makai Honda Vario 125 PGM-FI sudah 2 kali melakukan penggantian oli mesin AHM MPX-2. rencana ane pengen ganti oli Shell Advance AX7 4T SCOOTER. alasan ane pengen ganti krn MPX-2 menurut ane kurang mantap,lemot dan berisik.

Apakah oli Shell Advance AX7 4T Scooter memiliki nilai viskositas grade yg sesuai dgn mesin Honda Vario 125 PGM-FI??? soalnya ane takut salah milih oli malah jadi bumerang buat sendiri. hehehehe...

trus, kalo Transmission Gear Oil untuk Honda Vario 125 yg mantap buat jalan nanjak merk apa ya masbro??? mohon infonya ya...

Tararengkiu masbro semuanya...


Masbro, sharing aja nih, karena ane juga pengguna AX7 scooter. Ane pake di Honda Beat item ane tahun 2008.

Baru pake ini juga baru awal tahun ini, setelah ngerasakin yang sama dengan M*X

AX7 Scooter sih 10W 40, JASO MB (standar buat kopling kering). Kalo M*X sih setau ane 10W-30, tapi jangan keburu bilang gak cocok.
bedanya di angka 40 dan 30 itu mengarah pada kekentalan pada suhu panas, kalau semakin tinggi suhu maka oli semakin encer.
jadi kalo dibandingin AX7 scooter sama MPX pada suhu panas akan lebih encer AX7 scooter, ngebantu buat tarikan mesin jadi ringan (asal emang kondisi mesinnya masih ok ya), jadi irit ujung-ujungnya (tergantung kondisi jalanan juga ya)

coba baca ini deh gan..
ini blog yang belakangan ane baca, dan ternyata si blogger juga nyoba ndiri.
http://www.motorku.info/shell-advance-ax7-scooter
sementara ane masih pake Enduro Matic gan..
mesin enteng, tarikan enak :
dan yang terpenting produk INDONESIA gan

kalo kata TITIK PUSPA : Cintailah produk produk endonesaa
Enduro matic saya pakenya emang tangguh olinya, mesin saya awet ampe sekarang. Saya pake beat.
Quote:Original Posted By prodigy88
shell mantep gan., ane pake dimio ane..,. mesin halus tarikan enteng,.
klo oli gear sama aja gan.,


Bisa yahud sampe di KM brp tuh gan klo pke shell..??
go go