Apakah tuhan itu atheis

menurut mbah Wikipe

theisme

;Teisme
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari

Teisme, dalam penggunaannya yang paling luas, adalah kepercayaan terhadap satu dewa. Beberapa penggunaan lebih kecil menjelaskan bahwa dewa berada dalam entitas yang dapat dikenali tapi berbeda, sama dengan panteisme. Penggunaan kecil lainnya mengatakan bahwa dewwa adalah kekuatan eksistensi di alam semesta, dan tidak termasuk sejenis bentuk deisme. Teisme dapat dikelompokkan menjadi banyak jenis, seperti monoteisme (dimana kata Tuhan dikapitalkan) dan politeisme.

Sebutan teisme pertama digunakan oleh Ralph Cudworth (1617-1688) [1], dan digunakan sebagai lawan kata ateisme, sebutan yang dicetuskan sekitar tahun 1587.
[sunting] Catatan kaki

^ Halsey, William (16 Maret 1969). Louis Shores. ed (dalam bahasa English). Collier's Encyclopedia. 22 (edisi ke-20). Crowell-Collier Educational Corporation. hlm. 266–267.

Atheisme

Ateisme
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk kegunaan lain dari Atheis, lihat Atheis (disambiguasi).

Bagian dari seri
Ateisme
Konsep

Antiteisme · Ateisme dan agama
Ateisme kuat dan lemah
Ateisme implisit dan eksplisit
Sejarah

Sejarah ateisme
Argumen

Argumen dari rancangan
Lainnya

Demografi · Kritik
Tokoh ateis · Negara ateis
Diskriminasi
Portal Ateisme ·

l
b
s

Dalam artikel ini, Tuhan (dengan T besar) merujuk pada Tuhan monoteisme, manakala tuhan (dengan t kecil) merujuk pada Tuhan/Dewa semua kepercayaan secara umum.

Penulis Perancis abad ke-18, Baron d'Holbach adalah salah seorang pertama yang menyebut dirinya ateis. Dalam buku The System of Nature (1770), ia melukiskan jagad raya dalam pengertian materialisme filsafat, determinisme yang sempit, dan ateisme. Buku ini dan bukunya Common Sense (1772) dikutuk oleh Parlemen Paris, dan salinan-salinannya dibakar di depan umum.

Ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak memercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi[1] ataupun penolakan terhadap teisme.[2][3] Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan.[4][5]

Istilah ateisme berasal dari Bahasa Yunani ????? (átheos), yang secara peyoratif digunakan untuk merujuk pada siapapun yang kepercayaannya bertentangan dengan agama/kepercayaan yang sudah mapan di lingkungannya. Dengan menyebarnya pemikiran bebas, skeptisisme ilmiah, dan kritik terhadap agama, istilah ateis mulai dispesifikasi untuk merujuk kepada mereka yang tidak percaya kepada tuhan. Orang yang pertama kali mengaku sebagai "ateis" muncul pada abad ke-18. Pada zaman sekarang, sekitar 2,3% populasi dunia mengaku sebagai ateis, manakala 11,9% mengaku sebagai nonteis.[6] Sekitar 65% orang Jepang mengaku sebagai ateis, agnostik, ataupun orang yang tak beragama; dan sekitar 48%-nya di Rusia.[7] Persentase komunitas tersebut di Uni Eropa berkisar antara 6% (Italia) sampai dengan 85% (Swedia).[7]

Banyak ateis bersikap skeptis kepada keberadaan fenomena paranormal karena kurangnya bukti empiris. Yang lain memberikan argumen dengan dasar filosofis, sosial, atau sejarah.

Pada kebudayaan Barat, ateis seringkali diasumsikan sebagai tak beragama (ireligius).[8] Beberapa aliran Agama Buddha tidak pernah menyebutkan istilah 'Tuhan' dalam berbagai upacara ritual, namun dalam Agama Buddha konsep ketuhanan yang dimaksud mempergunakan istilah Nibbana.[9] Karenanya agama ini sering disebut agama ateistik.[10] Walaupun banyak dari yang mendefinisikan dirinya sebagai ateis cenderung kepada filosofi sekuler seperti humanisme,[11] rasionalisme, dan naturalisme,[12] tidak ada ideologi atau perilaku spesifik yang dijunjung oleh semua ateis.[13]

jadi tuhan masuk kategori mana?

Quote:Original Posted By .revolution.


kalau ane lagi make komputer , udah ane bikin flowchartnya

diperlukan suatu sistem buat memastikan tuhan theist atau atheist

lepas dari posisi manusia theist atau atheist :
jika tuhan diciptakan manusia tuhan theist
jika tuhan tdk diciptakan manusia tuhan atheist
jika tuhan dalam agama disebut dalam kitabnya beribadah maka ia theist dan sebaliknya

Kesimpulannya :
- jika anda atheist , dalam pikiran anda sudah pasti / seharusnya tuhan theist
- jika anda theist , perlu cek apakah diajarannya ia melakukan ibadah . Jika ya tuhan anda theist , jika tdk tuhan anda atheist

- jika anda agnostic , silahkan cek apa tuhan diciptakan pikiran anda , jika ya theist , jika tdk atheist


Quote:Original Posted By devangel
Ikutan Ah jadi bicara tentang tuhan (huruf kecil) atheist atau bukan ?

tuhan yang ngaku sebagai Tuhan --> theist BKI
tuhan yang gak ngaku sebagai Tuhan tapi percaya adanya Tuhan --> theist tulen
tuhan yang gak merasa sebagai tuhan dan Tuhan juga gak percaya Tuhan-->atheist tulen

Bonus:
Tuhan (huruf besar disengaja) yang gak merasa sebagai Tuhan dan gak percaya adanya Tuhan--> atheist BKI

catt: BKI=barisan kena ilusi

Quote:Original Posted By tydus
sebenarnya tergantung pemahaman akan Tuhan di masing2 agama.

di sebelah, Tuhan berdoa ke bapanya, nah itu berarti Tuhan itu theist.
Kalo di agama ane Tuhan tidak bisa disamakan dengan mahkluk-Nya, jadi penyebutan Tuhan itu theist/atheist/non-Theist sudah salah kaprah.

case closed.....


Quote:Original Posted By Akatsuna
Tuhan itu selain Maha Mengathui Maha Bodoh juga gan
krn semua yang ada ciptaan beliau walaupun beliau tidak terlibat didalamnya
dia berada di atas yang tertinggi dan terendah diantara yang paling rendah
masalah atheis atau tidak, itu tergantung kehendakNya, Tuhan tidak perlu dibela - Gus Dur

Quote:Original Posted By Pemuas69
kalau berdasarkan konsep penciptaan, dimana segala sesuatu itu tercipta oleh karena terdapat subjek (pribadi) yg bertindak sbg pencipta, maka sudah pasti tuhan itu atheis.

logikanya begini:

semua makluk hidup beserta seluruh unsur alam yg ada di alam semesta ini di ciptakan oleh tuhan, maka tentu ada pribadi lain yg lebih...! yg menciptakan tuhan itu sendiri. kan semua berdasarkan teori penciptaan! bagaimana bisa bila semuanya diciptakan oleh tuhan, sementara tuhan sendiri tidak tercipta? apakah tuhan nongol begitu saja? sementara yg lain ada karena proses penciptaan?
kalau iya berarti teori penciptaan tsb terbukti FAIL!

tuhan atheis karena dia tidak pernah mengakui atau mengatakan kalau dia ada karena ada yg menciptakan dia!

dengan sombongnya tuhan mengatakan dia maha dari segala maha! dia mengaku sudah ada sebelum yg lain ada.
bagaimana bisa?
semua kan berdasarkan konsep penciptaan!
kok bisa nongol begitu saja!

tuhan terbukti atheis karena tidak mengakui ada Tuhan ( T besar) yg menciptakan dia, itu ada!




sebenarnya tuhan itu apa

Quote:Original Posted By pejuangchibi
hmmm.. setelah perbincangan sampai ke titik ini, saya coba simpulkan 'Tuhan' sbg berikut saja ya:

1) Tuhan yg sebenarnya (yg tertinggi/merupakan awal & akhir, dsb) adalah hukum alam dan tidak perlu/gak ngaruh mau disembah2/enggak
2) Tuhan yg sebagai sembahan terakhir, ternyata masih tunduk dengan hukum alam (the last 'tuhan', tuhan (hanya) sebagai penguasa alam semesta
3) Tuhan delusif (tuhan yg sering dikambinghitamkan/dijadikan ujung-pangkal jika manusia sudah terpojok; tuhan yg dijadikan sandaran belaka). contoh: sebelum diketahui adanya gravitasi, manusia mengatakan bahwa tuhanlah yg membuat seluruh benda di alam semesta saling berinteraksi, dsb

sampai, di titik ini, saya sepakat dengan anda om
untuk selanjutnya, jujur, ane sudah gak bisa lagi membicarakan/menggambarkan/merenungi tuhan lebih lanjut
mungkin klo sudah ada hasil perenungan baru dan bisa dibahasakan dgn lebih baik lagi, kesimpulan saya bisa berubah

senang, sudah bisa ngobrol (agak) panjang lebar dengan anda mengenai topik ketuhanan ini om
ahteis itu tidak mengakui adanya Tuhan dengan T besar

Tuhan pasti mengakui adanya Tuhan (Dia sendiri)

jangan berpikiran atheis adalah orang yg tidak menyembah Tuhan

"tidak menyembah Tuhan" hanyalah implikasi dari tidak mengakui adanya Tuhan

jadi Tuhan tidak atheist
No PIC

Jama sekarang masih ajah percaya sama nama nya TUHAN
di alkitab tertulis, Akulah Tuhan, Allahmu
dari kalimat pede disini aja, ga mungkinlah dia atheis
kalo Tuhan punya agama, berarti dia harus nyembah Tuhan lagi dong??

bdw TS udah jumpa TUHAN blm??
Quote:Original Posted By 2995729
No PIC

Jama sekarang masih ajah percaya sama nama nya TUHAN


bisa minta pic'nya otakmu gak?
no pic =
hari gini kok cuma bergantung ama pic
Quote:Original Posted By Choa


Ateisme adalah sebuah pandangan filosofi yang tidak memercayai keberadaan Tuhan dan dewa-dewi[1] ataupun penolakan terhadap teisme.[2][3] Dalam pengertian yang paling luas, ia adalah ketiadaan kepercayaan pada keberadaan dewa atau Tuhan.[4][5]

Dengan menyebarnya pemikiran bebas, skeptisisme ilmiah, dan kritik terhadap agama, istilah ateis mulai dispesifikasi untuk merujuk kepada mereka yang tidak percaya kepada tuhan.


Nah di atas lu bilang atheisme merupakan suatu kepercayaan akan ketiadaan dewa atau Tuhan.

Masa Tuhan tidak mempercayai akan keberadaan nya sendiri toh..???

Atheisme itu hanya untuk sekelompok MANUSIA yang tidak mengakui akan ada nya Tuhan.



Quote:Original Posted By bajingek
ahteis itu tidak mengakui adanya Tuhan dengan T besar

Tuhan pasti mengakui adanya Tuhan (Dia sendiri)

jangan berpikiran atheis adalah orang yg tidak menyembah Tuhan

"tidak menyembah Tuhan" hanyalah implikasi dari tidak mengakui adanya Tuhan

jadi Tuhan tidak atheist

Quote:Original Posted By pareman1806


Nah di atas lu bilang atheisme merupakan suatu kepercayaan akan ketiadaan dewa atau Tuhan.

Masa Tuhan tidak mempercayai akan keberadaan nya sendiri toh..???

Jadi Tuhan itu mirip macem Fir'aun yang menganggap diri sendiri merupakan Tuhan? :


Quote:Atheisme itu hanya untuk sekelompok MANUSIA yang tidak mengakui akan ada nya Tuhan.


Kalau jin/setan/alien tidak mengakui adanya Tuhan sebutannya apa, gan? :
Quote:Original Posted By widya poetra




Jadi Tuhan itu mirip macem Fir'aun yang menganggap diri sendiri merupakan Tuhan? :



Kalau jin/setan/alien tidak mengakui adanya Tuhan sebutannya apa, gan? :


Jin, setan itu mengakui adanya Tuhan tapi dia sombong makanya dia berusaha menyesatkan manusia untuk tdk mempercayai tuhan...
Sedangkan fir'aun itu setan dari golongan manusia yg mengaku Tuhan

Quote:Original Posted By widya poetra




Jadi Tuhan itu mirip macem Fir'aun yang menganggap diri sendiri merupakan Tuhan? :



Kalau jin/setan/alien tidak mengakui adanya Tuhan sebutannya apa, gan? :


Jangan sama kan Tuhan dengan makhluk apa pun.
Fir'aun itukan manusia YANG MENGANGGAP diri nya adalah Tuhan...!!!

Percuma gua bold yang diatas tadi
ATHEISME itu HANYA untuk manusia....!!!
keknya sih cm urusan beda DAN ATAU ama DAN.

atheisme ga percaya T DAN t
theisme percaya T DAN ATAU t
dg catatan T dan t nya itu bisa tunggal maupun jamak.

trus klo dibenturkan ke tuhan?... ya jelas theist
biksu choa bahas apaan sih?

kek yang punya Tuhan aja luh

jlebb
Quote:Original Posted By widya poetra




Jadi Tuhan itu mirip macem Fir'aun yang menganggap diri sendiri merupakan Tuhan? :



Kalau jin/setan/alien tidak mengakui adanya Tuhan sebutannya apa, gan? :


Dalam kasus deklarasi sebagai Tuhan dan sebagai yang disembah, maka mirip. Tapi dalam kasus kekuasaan maka itu jauh sekali.
kalo di kresten sih, tuhan punya tuhan...
drpd jin goa dijadiin aspirasi
tuhan bukan atheis karena tuhan punya agama
tapi keberadaan tuhan sendiri bagi sebagian orang masih dipertanyakan
Quote:Original Posted By Rottweiller
tuhan bukan atheis karena tuhan punya agama
tapi keberadaan tuhan sendiri bagi sebagian orang masih dipertanyakan


demi tongol yang agung, apakah tongol beragama?

keberadaan tongol sendiri masih dipertanyakan gan
gak sekalian, tuhan itu sembayang apa kagak, ato tuhan tuh koleksi kolor ato gak


pertanyaan serius choe : menurut ente ane itu tampan apa kagak!

Quote:Original Posted By Lights.


demi tongol yang agung, apakah tongol beragama?

keberadaan tongol sendiri masih dipertanyakan gan


tongol dengan huruf "t" kecil berbeda artinya dengan Tongol dengan huruf "T" besar...

tongol termasuk beragama karena tongol penyembah kaleng
mengenai keberadaannya lebih baik dibicarakan di det
(debat eksistensi tongol)
Quote:Original Posted By Rottweiller


tongol dengan huruf "t" kecil berbeda artinya dengan Tongol dengan huruf "T" besar...

tongol termasuk beragama karena tongol penyembah kaleng
mengenai keberadaannya lebih baik dibicarakan di det
(debat eksistensi tongol)


apakah "t" dan "T" masuk ranah TOTG (Tongol of The Gaps), diluar nalar mengguncang iman, dan membalikkan logika?

demi tongol si penyembah kaleng yang agung, silahkan buat tretnya biar saya hajar habis2an para Athongoleist, karena saya penganut Thongoleist