Quote:Original Posted By kamesenin
mau ikutan nanya juga nih gan, kalo ngedak pake teknologi dak keraton itu bagus apa tidak yah? kisaran harganya itu berapa yah per m2 atau per m3 nya


Gw lagi ngedak pakai keraton nihh gan..
Hitungannya 450rb/m2..cuman semuanya udah siap pasang
Kayak kolom2, cakar ayam dll kita yg nyiapin..
ikut nanya gan, kalo pgn bangun toko dg luas bangunan 120 m2 (panj x lbr = 15 x 7,5 mtr ). Langit2nya pake dak gan. karena rencana kedepannya pgn di tingkat kalau ada rejeki. Jd bangunannya kotak, blong2an gan ga pke sekat2 kamar, Butuh berapa tiang ya gan? Ato kotak aja gtu kuat ga ya? Total mulai pondasi, besi, tukang, semen, pasir dll komplit pokoknya smp jd kira2 butuh duit brp ya gan? Tengkyu buat pencerahannya.
Quote:Original Posted By MRPAIJO


Gw lagi ngedak pakai keraton nihh gan..
Hitungannya 450rb/m2..cuman semuanya udah siap pasang
Kayak kolom2, cakar ayam dll kita yg nyiapin..


jadi ada biaya tambahan yah gan, kira2 tambahannya itu besar gak biaya nya? apakah 450rb itu udah inklud biaya tukang? agan daerah mana nih?
Quote:Original Posted By kamesenin


jadi ada biaya tambahan yah gan, kira2 tambahannya itu besar gak biaya nya? apakah 450rb itu udah inklud biaya tukang? agan daerah mana nih?


Gw pakai tukang sendiri untuk nyiapin sebelum dipasang dak keraton
Kalo biaya diluar itu ya tergantung juga brp cakar ayamnya..kolomnya.dll
Gw blm tau udah berapa total biaya sampai persiapannya, bini gw yg urus sihh..
Gak tau untuk finishingnya kayak aci atau waterproofing jangan2 juga dikerjakan sendiri..
Gw di Jogja gan..untuk pemasangan kraton dikerjakan oleh tukang mereka
Quote:Original Posted By MRPAIJO


Gw pakai tukang sendiri untuk nyiapin sebelum dipasang dak keraton
Kalo biaya diluar itu ya tergantung juga brp cakar ayamnya..kolomnya.dll
Gw blm tau udah berapa total biaya sampai persiapannya, bini gw yg urus sihh..
Gak tau untuk finishingnya kayak aci atau waterproofing jangan2 juga dikerjakan sendiri..
Gw di Jogja gan..untuk pemasangan kraton dikerjakan oleh tukang mereka


yg di dak ukuran brp rmh agan? per m2 ongkos brp dak kratonya di jogja?

Quote:Original Posted By validJoe


yg di dak ukuran brp rmh agan? per m2 ongkos brp dak kratonya di jogja?



sekitar 16m2 om..cuman untuk nambah 1 kamar Lt2 + untuk jemuran
Ongkos 450rb/m2
Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
kisaran harga terbaru agustus 2012 ( faktor kenaikan harga material & upah )

dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 250.000 = 250.000
- semen = 8,75 sak x 63.000 = 551.250
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1.750.000
- upah tenaga kerja = 1.000.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 6.426.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 6.426.000 dibagi 8m2 = Rp. 803.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


kebetulan sodara ane mau ngecor. luas sekitar 58 m2. tebal 12 cm
kira2 kalo dengan harga saat ini habis berapa yak gan?
makasih sebelumnya.....

nb: buat agan2 bisa tolong kasih info harga bahan saat/bulan ini? posisi di bandung
Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
agan lokasinya dimana ?

ane kebetulan lg ada kerjaan beberapa tempat di depok sampai cilebut, jadi sementara ini belum bisa jika diluar wilayah tersebut,
untuk total borongan saya estimasi sampai terima rapih : Dak, Kolom struktur, balok struktur, finishing sampai cat berikut keramik carport = total ( cek PM ) GAN. wasalam

gan mohon inpo donk... biaya detail utk dak garasi 1 mobil.
Mau tanya gan, Kalo bikin Dak Beton tebal 10 cm sama 8 cm itu apa sama juga harga satuannya sama yang tebal 12 cm
?
rencana mau bangun hotel 4 lt..kira2 untuk plat lantainya bagusnya pake apa?yg cepat kerjanya dan murah..
Quote:Original Posted By koplacboy
Mau tanya gan, Kalo bikin Dak Beton tebal 10 cm sama 8 cm itu apa sama juga harga satuannya sama yang tebal 12 cm
?


Coba menjawab gan, Bang Mandor lg bnyak kerjaan

Harga satuan itu kaitannya dengan volume kubikasi, jadi klo tebal plat beton 10 ato 8 CM...ya dikalikan aja unt tau kubikasinya, kemudian dikalikan harga satuan itu.

Begitu kebiasaan perhitungan biaya pembuatan bangunan.

Quote:Original Posted By thofiek
rencana mau bangun hotel 4 lt..kira2 untuk plat lantainya bagusnya pake apa?yg cepat kerjanya dan murah..


klo berencana membangun public building musti yang safe scr konstruktif gan, jgn ambil resiko biaya murah tapi mengkhawatirkan keselamatan umum, apalagi rencananya agan mau bikin hotel 4 lantai, itu sudah bukan konstruksi praktis lagi gan.

selamat membangun
Quote:Original Posted By matakseuhah


klo berencana membangun public building musti yang safe scr konstruktif gan, jgn ambil resiko biaya murah tapi mengkhawatirkan keselamatan umum, apalagi rencananya agan mau bikin hotel 4 lantai, itu sudah bukan konstruksi praktis lagi gan.

selamat membangun


ga murahan gan..tetap safety first..
tp klo ga salah skrg ada cara krja plat beton yg praktis..ga pake bekisting kayu atau tripleks lg..
Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
kisaran harga terbaru agustus 2012 ( faktor kenaikan harga material & upah )

dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 250.000 = 250.000
- semen = 8,75 sak x 63.000 = 551.250
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1.750.000
- upah tenaga kerja = 1.000.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 6.426.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 6.426.000 dibagi 8m2 = Rp. 803.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


Gan, kalau harga per Feb 2013 ada kenaikan berapa yah ? Saya rencana ngedak belakang rumah untuk jemuran dan cuci. Ukuran 3.5 x 6 m, tebal 12 cm. Kalau pakai perhitungan di atas sekitar 16,8 juta.

Oh ya, perhitungan di atas sudah termasuk biaya pembuatan kolom & cakar ayam bekum ? Mohon pencerahan senior-senior di sini. Tks.
Quote:Original Posted By IbamTea


Gan, kalau harga per Feb 2013 ada kenaikan berapa yah ? Saya rencana ngedak belakang rumah untuk jemuran dan cuci. Ukuran 3.5 x 6 m, tebal 12 cm. Kalau pakai perhitungan di atas sekitar 16,8 juta.

Oh ya, perhitungan di atas sudah termasuk biaya pembuatan kolom & cakar ayam bekum ? Mohon pencerahan senior-senior di sini. Tks.



Sama gan.. ane juga ada rencana ngedak dengan ukuran yang sama..
Tolong pencerahan dari senior-senior yach.. Biar biaya gak membengkak nich..
Quote:Original Posted By IbamTea


Gan, kalau harga per Feb 2013 ada kenaikan berapa yah ? Saya rencana ngedak belakang rumah untuk jemuran dan cuci. Ukuran 3.5 x 6 m, tebal 12 cm. Kalau pakai perhitungan di atas sekitar 16,8 juta.

Oh ya, perhitungan di atas sudah termasuk biaya pembuatan kolom & cakar ayam bekum ? Mohon pencerahan senior-senior di sini. Tks.


siang agan2.. numpang comments. share dikit soal strauz pile/pondasi.
strauz pile = pondasi dimana prosesnya dilakukan pengeboran pada tanah. kedalamannya tergantung dari beban atau rumah yg akan dibangun.
mudah2an bermanfaat jadi ada variasi buat pondasi, cakar ayam atau strauz pile dan lainnya
thanks
Quote:Original Posted By validJoe
ikut nanya gan, kalo pgn bangun toko dg luas bangunan 120 m2 (panj x lbr = 15 x 7,5 mtr ). Langit2nya pake dak gan. karena rencana kedepannya pgn di tingkat kalau ada rejeki. Jd bangunannya kotak, blong2an gan ga pke sekat2 kamar, Butuh berapa tiang ya gan? Ato kotak aja gtu kuat ga ya? Total mulai pondasi, besi, tukang, semen, pasir dll komplit pokoknya smp jd kira2 butuh duit brp ya gan? Tengkyu buat pencerahannya.


wah...bentang nya 7.5 meter lumayan gede gan,mesti pake balok induk ama balok anak,trus gede kolom & balok juga harus dihitung gan,jangan sampai nanti retak ato putus gan
gan, ada yang tau harga bikin dak plat lantai pake spandek per meternya berapa ya?
n itu sistem daknya gimana gan? sambungan antara balokan sama si spandek itu nanti gmn y? ga perlu pake pembesian lagi ya? blom pernah liat ane masangnya...
kalo ada yg punya foto2 proses pembuatannya boleh donk d share... thx u
Saya jual dak keratonnya saja Gan... jarang yang pasang borongan

Quote:Original Posted By cucuganesha

boleh dishare gak ttg kamar mandi diatas dak keraton...
bagaimana pipa2 plambing yg terpaksa menembus pelat daknya?
apakah tdk mengurangi kekuatan dak keraton?



masta2, aku juga pengen nanya ni pertanyaan yg sama,gmn ya plumbing di dak keraton?trus gimana ngakalin utk bikin kmr mandi diatas dak keraton?mhn respon ya masta..