KASKUS

Kira-kira biaya ngedak per m3 berapa gan ya?

Dear para master...

Mohon sarannya gan, rumah ane bagian belakang rencana mau di dak ne... luasnya sekitar 30 an m2.

Ada beberapa pemborong yang ngasih kisaran harga:
pemborong 1: 1 juta per m3
pemborong 2: 600rb per m3
pemborong 3: 400rb per m3

Ane jadi was was untuk milih yang mana. kalau yang paling mahal mah uangnya kagak nutut.

Mohon saran dari agan2, kira2 range biaya buat ngedak yang speknya bagus dan udah menuhi standar berapa ya gan...

tq
Ini penawaran untuk harga borong kerja doang atau berikut bahan-bahannya gan?
Klo liat daftar-daftar itu nampaknya harga borong upah kerja doang ya.
Mnurut ane kisarannya bisa agan pake yang Rp 600.000,- krn harga itu medium price = wajar.
Klo yg Rp 400.000, takutnya mrk rugi dan akhirnya kabur hehe
Klo yg Rp 1.000.000,- terlalu tinggi klo untk ngecor dak aja mah (ngga terlalu tinggi bukan?)

Smoga membantu
Quote:Original Posted By matakseuhah
Ini penawaran untuk harga borong kerja doang atau berikut bahan-bahannya gan?
Klo liat daftar-daftar itu nampaknya harga borong upah kerja doang ya.
Mnurut ane kisarannya bisa agan pake yang Rp 600.000,- krn harga itu medium price = wajar.
Klo yg Rp 400.000, takutnya mrk rugi dan akhirnya kabur hehe
Klo yg Rp 1.000.000,- terlalu tinggi klo untk ngecor dak aja mah (ngga terlalu tinggi bukan?)

Smoga membantu


Thanks gan sarannya. Harga tersebut udah termasuk bahannya gan, jadi kalau luas yang mau ane dak sekitar 35m2 ya habisnya total 35.000.000. tingginya standar aja gan, bangunan buat 2 tingkat untuk tempat tinggal biasa aja.
Quote:Original Posted By oziefa


Thanks gan sarannya. Harga tersebut udah termasuk bahannya gan, jadi kalau luas yang mau ane dak sekitar 35m2 ya habisnya total 35.000.000. tingginya standar aja gan, bangunan buat 2 tingkat untuk tempat tinggal biasa aja.


Oww gt ya. Klo gt harga yg Rp 1.000.000,- mnurut ane its ok bisa dipertanggungjwbkan tuh - klo sekalian dgn bahannya.
halaw agan. mau kasih masukan. kebetulan gw abis ngedak juga buat rumah. maap jg agak telat. smg ttp berguna buat yang lain.

jadi gini gan :

- kemarin gw mau ngedak rumah gw buat rencana lantai 2. total semua yg mau di dak adalah seluas 45m2. kemudian berapa biaya utk ngedak adlah sbb (biaya bahan semen diluar penopang, besi, dll)
pilihan dengan menggunakan jayamix.
- LB 45m2 dibagi dengan 6 = 8m3 ( 1m3 semen bisa utk cover 6m2 luas dak)
- biaya bahan semen saja per 1m3 dengan kedalaman 12cm = 650rb sd 700rb.
- biaya mobil 1 unit jayamix utk 8m3 dan belalainya = 1.8jt

total sekitar 7juta. diluar biaya besi, penopang, dll.

kalau utk manual (tidak pakai jayamix, bisa sekitar 1.5x sd 2x nya karena utk bayar tenaga tukangnya gan)

kira-kira gt gan. semoga dpt membantu. kalau salah, mohon dikoreksi aja gan
Quote:Original Posted By swingman
halaw agan. mau kasih masukan. kebetulan gw abis ngedak juga buat rumah. maap jg agak telat. smg ttp berguna buat yang lain.

jadi gini gan :

- kemarin gw mau ngedak rumah gw buat rencana lantai 2. total semua yg mau di dak adalah seluas 45m2. kemudian berapa biaya utk ngedak adlah sbb (biaya bahan semen diluar penopang, besi, dll)
pilihan dengan menggunakan jayamix.
- LB 45m2 dibagi dengan 6 = 8m3 ( 1m3 semen bisa utk cover 6m2 luas dak)
- biaya bahan semen saja per 1m3 dengan kedalaman 12cm = 650rb sd 700rb.
- biaya mobil 1 unit jayamix utk 8m3 dan belalainya = 1.8jt

total sekitar 7juta. diluar biaya besi, penopang, dll.

kalau utk manual (tidak pakai jayamix, bisa sekitar 1.5x sd 2x nya karena utk bayar tenaga tukangnya gan)

kira-kira gt gan. semoga dpt membantu. kalau salah, mohon dikoreksi aja gan


wah gan....beneran tuh? murah amat 45m2 cm abis 7juta.....lokasi dimana ini?
Quote:Original Posted By aldorf
wah gan....beneran tuh? murah amat 45m2 cm abis 7juta.....lokasi dimana ini?


bener gan. tapi bahan semennya aja ya. ane di depok. tapi kurang lebih sama kyk jakarta. itung bahan ngedak bukan pake ukuran meter persegi (m2) tapi meter kubik (m3). biaya bahan semen per meter kubik = 650rb. tp kan biaya besi dan penopang belum diitung. coba agan cek di jayamix deh. ntar pasti dapet itungannya.
Quote:Original Posted By swingman
bener gan. tapi bahan semennya aja ya. ane di depok. tapi kurang lebih sama kyk jakarta. itung bahan ngedak bukan pake ukuran meter persegi (m2) tapi meter kubik (m3). biaya bahan semen per meter kubik = 650rb. tp kan biaya besi dan penopang belum diitung. coba agan cek di jayamix deh. ntar pasti dapet itungannya.



kalo pake jayamix ada batas minimal pembelian adonannya gak gan? soalnya kan truk molennya besar baget tuh.

thx..

cor dak konvensional tebal 12cm

kisaran harga terbaru agustus 2012 ( faktor kenaikan harga material & upah )

dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 250.000 = 250.000
- semen = 8,75 sak x 63.000 = 551.250
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1.750.000
- upah tenaga kerja = 1.000.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 6.426.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 6.426.000 dibagi 8m2 = Rp. 803.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek
Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 200.000 = 200.000
- semen = 8,75 sak x 61.000 = 533.750
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1500.000
- upah tenaga kerja = 800.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 5.908.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 5.908.000 dibagi 10m2 = Rp. 590.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


makasih infony gan..

tp nubie msh blm jelas nih,
kl misal ane mo bikin dak utk lantai 2 rmh ane,
itunganny pake m3 atau m2? trus tinggal dikalikan luas lantai 2 gitu aja ya?
Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 200.000 = 200.000
- semen = 8,75 sak x 61.000 = 533.750
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1500.000
- upah tenaga kerja = 800.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 5.908.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 5.908.000 dibagi 10m2 = Rp. 590.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


sangat bermanffat gan.
very nice inpoh gan...thanks ya...
Quote:Original Posted By beetleboys
makasih infony gan..

tp nubie msh blm jelas nih,
kl misal ane mo bikin dak utk lantai 2 rmh ane,
itunganny pake m3 atau m2? trus tinggal dikalikan luas lantai 2 gitu aja ya?


menurut ane gampangnya bisa pake luas ato m2 aja gan. misal luas yang mau di dak 30, berarti kisaran biaya ngedak = 30 x 590.000 = 17.700.000.
Kalo luasnya 34m2
kan bisa diitung kubikasi corann ya .
contoh kalo untuk plat dag aja berarti 34 x 0,12 (ketebelan 12cm) = 4m3
kalo untuk dag aja, untuk lantai bisa pake wiremesh u/ lebih hemat, tapi tetap kalo untuk balokan kalo nantinya mau ditambahin, musti di balok"nya pake besi agak gedean ..... bisa dipake besi D13.
per m3 untuk kualitas cor K250 diperlukan 8 sak semen
jadi itungannya =
1.Semen = 8 x 4 = 32 sak
2. Pembesian bisa agan itung sendiri
3. Pasir = 0,65 x 4 = 2,6m3 atau 3kubik
4. Split = 3,4m3 = 4kubik
5. Untuk begisting = 145rb per m2 atau= 4,930jt


atau kalo mau lebih simple diluar pembesian = 1Jt per kubik
itu aja gan....
semoga membantu...
Kebetulan ane pelaksana di kontraktor .....cmiwiw....
Quote:Original Posted By cikur1980
Kalo luasnya 34m2
kan bisa diitung kubikasi corann ya .
contoh kalo untuk plat dag aja berarti 34 x 0,12 (ketebelan 12cm) = 4m3
kalo untuk dag aja, untuk lantai bisa pake wiremesh u/ lebih hemat, tapi tetap kalo untuk balokan kalo nantinya mau ditambahin, musti di balok"nya pake besi agak gedean ..... bisa dipake besi D13.
per m3 untuk kualitas cor K250 diperlukan 8 sak semen
jadi itungannya =
1.Semen = 8 x 4 = 32 sak
2. Pembesian bisa agan itung sendiri
3. Pasir = 0,65 x 4 = 2,6m3 atau 3kubik
4. Split = 3,4m3 = 4kubik
5. Untuk begisting = 145rb per m2 atau= 4,930jt


atau kalo mau lebih simple diluar pembesian = 1Jt per kubik
itu aja gan....
semoga membantu...
Kebetulan ane pelaksana di kontraktor .....cmiwiw....


wah mantab juga nih dari yang terjun langsung di kontraktor
maksudnya K250 apa gan ya?
munkin bisa tolong jelasin lebih detil ttg pembesiannya gan?
kalau menurut agan...habis berapa ya asumsinya utk ngedak sekitar 34m2...buat acuan ane coz lagi survey2 nih gan
trims
mau tanya sekalian gan, kalo garasi mau di dak , kaya buat tempat jemuran gt uk 1 mobil lah. habis berapa ya..
perkiraan tinggi 3m
trus di atasnya lg di kerangkeng maunya gan biar baju ga terbang/biar privasi sih sebenernya.nnt dikasih plastik selutut lg di kerangkeng itu
ada desain yg bagus ga gan thx









Posted with kaskusBetaQuickReply
Kemarin ane ngedak 625 rb/m3.. udah termasuk bahan semen, pasir, split dan tenaga kerja. Tp belum termasuk bekisting, papan, besi2an dan upahnya
btw ane di bdg

tandon air

Quote:Original Posted By BANGUNAMANAH
dak konvensional untuk lantai 2 ketebalan 12 cm dibutuhkan per m3 nya sebagai berikut :
- besi lapis bawah 10mm (15x15) = 20 btg x 80.000 = 1.600.000
- besi lapis atas 8mm (15x15) = 20 btg x 55.000 = 1.100.000
- pasir = 0.7m3 x 250.000 = 175.000
- kerikil = 1 m3 x 200.000 = 200.000
- semen = 8,75 sak x 61.000 = 533.750
- bekisting triplek 9mm + kaso 4/6 + bambu = 1500.000
- upah tenaga kerja = 800.000

total cor dak konvensional per m3 = +/- 5.908.000
jadi biaya cor dak konvensional per m2 = 5.908.000 dibagi 10m2 = Rp. 590.000 perm2 dak tebal 12 cm

semoga bermanfaat,
harga berlaku u/ jadebotabek


tukang ane ngerjain > besi lapis bwh 10mm ( 22x22 ) , besi lapis atas 8 ( 22x22 ) ketebalan cor 12cm dimensi dak 6.6mx4.5m, tiang 6 titik. kira2 kuat gk buat tarok tandon air 1000lt??
kalo biaya beton balok dan kolom utk ruko 2 lantai, bentang 5 meter, pake besi polos 12mm. Harga per m3 brp ya gan?

Alternatif

Selain menggunakan Beton, ada ga alternatif lain untuk dak.
ane kepikiran menggunakan baja ringan untuk rangka + multipleks 12mm sbg lantai. bisa menghemat begesting. posible ga ya gan?
Quote:Original Posted By Gantynga
Selain menggunakan Beton, ada ga alternatif lain untuk dak.
ane kepikiran menggunakan baja ringan untuk rangka + multipleks 12mm sbg lantai. bisa menghemat begesting. posible ga ya gan?


Yak betul gan, alternatif lantai memang bisa juga dengan menggunakan konstruksi yang agan sebut di atas. Tapi sepengetahuan ane selagi liat temen ane bikin konstruksi dak itu (lantai atas) bukannya pake baja ringan seperti konstruksi atap gitu, tapi menggunakan komposit baja C dengan besi Hollow, kemudian alas lantai doi make multipleks dan penyelesaian akhirnya adalah menggunakan parket.
Sebetulnya menurut ane bisa aja penyelesaian akhir lantai itu pake keramik sehingga nampak kayak lantai beton. Hanya saja "kekurangannya" masih terdengar suara dug-dug manakala ada orang lewat di atas lantai tersebut. Musti diakalin dengan plafon yang rigid agar bisa meredam suara itu gan.

At lease mmg lantai dengan konstruksi seperti itu juga bisa dikatakan konstruksi alternatif untuk membuat dak, namun tentunya jangan/tidak disarankan untuk dak kamar mandi/daerah basah bukan ?

×