KASKUS

10 Makanan Indonesia Paling Disukai di Luar Negeri




Quote:Makasi agan-agan yg udah komen dan bantu rate, akirnya thread ini jadi HT pertama ane
Untuk Minumannya ada disini gan
Minuman Enak dari Indonesia

Baca Page 1 dulu gan
mampir kesini juga gan


Quote: Thread ane yg lain

Sekilas tentang astronot
Trem Batavia, moda transportasi yg hilang dari jakarta
Dibalik Softdrink
Keindahan Kota di Jerman
Minuman Enak dari Indonesia
Tempat-tempat yg wajib dikunjungi di Jakrta
10 Makanan Indonesia paling disukai (Hot Thread Pertama Ane)
Stasiun kereta api paling indah di dunia
BBM naik, motor bisa pake LPG
Mirip film "UP" pasangan tua pertahankan tanah meski dikepung gedung tinggi
Penyakit Yang Bisa Tertular lewat Ciuman
Allianz Arena, Stadion Final UCL
Raja-raja penakluk dunia
Foto-foto Puyol dengan gaya "Peace"
Menjelang Bayern Munchen vs Real Madrid




Quote: Indonesia di kenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman khasahanh kuliner. Makanan makanan indonesia di kenal memiliki rasa yang sangat enak sebut saja sate , soto, nasi goreng, dan lain lain ternyata ke enakan makanan indonesia ini bukan cuman di nikmati oleh orang indonesia aja lho ternyata orang luar negri juga banyak yang menyukai makanan asal indonesia nah kamu mau tahu makanan apa aja yang paling di gemari orang luar negri simak 10 Makanan Indonesia Paling Populer di Luar Negeri berikut ini.

1.Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto Madura dan soto sulung, soto Betawi juga menggunakan jerohan. Selain jerohan, seringkali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, torpedo, dan juga hati

2. nasi goreng

Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh budaya etnik asing bawaan yg datang ke negara tersebut

3. nasi kuning:

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia. Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan

4. pecel lele:

Pecel lele (atau Pecek lele) di Indonesia adalah nama sebuah makanan yang terbuat dari ikan lele. Biasanya yang dimaksud adalah ikan lele yang digoreng kering dengan minyak dan lalu disajikan dengan sambal lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, ketimun, kacang panjang dan sambal


5. gudeg:

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek


Sumber

Quote: Bantu Rate gan atau boleh kasih tapi jng kasih
Lanjutan
Quote:
6. kethoprak:

Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima. Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya

7. siomay:

Dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Siomai juga tidak lagi dibungkus dengan kulit dari tepung terigu. Telur ayam dan sayuran seperti kentang, peria, dan kubis dengan isi atau tanpa isi juga dihidangkan di dalam satu piring bersama-sama siomai. Tahu bakso (tahu isi) juga termasuk ke dalam jenis siomai. Siomai (siomai bandung) dihidangkan setelah disiram saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang antara lain cabai, gula pasir, bawang putih, garam dapur, dan cuka atau jeruk limau. Sewaktu disajikan, siomai bisa diberi tambahan kecap manis, sambal botol, atau saus tomat

8. bakso:

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia.[1] Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai

9. sate:

Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain) yang dipotong kecil-kecil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate)

10.gado-gado:

Gado-gado adalah salah satu makanan yang berasal dari Indonesia yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dicampur jadi satu, dengan bumbu atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan. Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong.


Quote: Tambahan dari ane gan "Nasi Jinggo,Bali"

Bentuknya sih sederhana gan cuma dibungkus daun pisang isinya juga cuma dikit ane kalo makan lebih dari satu hehe. Rasa khas nasi ini ya pedes gan isinya macem-macem yg pasti Nasi ada ayam suwirnya ada kering tempe ada serundengnya kadang-kadang juga dikasih mie dan yg wajib ada ya SAMBAL gan


Quote: tambahan dari agan Rerbornos1
Rendang,Padang

Rendang masuk sebagai salah satu makan terenak di dunia lewat sebuah survei yang dilakukan di Facebook. Para pengguna Facebook diminta memilih makanan yang paling mereka sukai. Di daftar itu ada 100 makanan.

Dari Indonesia, selain rendang, juga ada nasi goreng, lalu ada sushi dari Jepang, padthai dari Thailand, dim sum dari Hong Kong, dan Peking duck dari Cina. Hasil jajak pendapat ini dirilis di laman cnngo.com pada 21 Juli lalu.


Quote:Mie Instan Indonesia

Mi instan di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh PT Lima Satu Sankyu yang berdiri pada bulan April 1968. Pada 1977 perusahaan ini merubah namanya menjadi PT Lima Satu Sankyu Indonesia yang lantas dirubah lagi menjadi PT Supermie Indonesia sesuai dengan merk dagang utamanya Supermie.
Mi instan merupakan salah satu makanan terfavorit warga Indonesia. Bisa dipastikan hampir setiap orang telah mencicipi mi instan atau mempunyai persediaan mi instan di rumah. Bahkan tak jarang orang membawa mi instan saat ke luar negeri sebagai persediaan "makanan lokal" jika makanan di luar negeri tidak sesuai selera.
Indomie adalah merek mi instan yang paling terkenal di Indonesia - saking terkenalnya, orang Indonesia memanggil mi instan dengan sebutan "indomie" walaupun yang dikonsumsi tidak bermerek Indomie. Merek mi instan lainnya yang terkenal antara lain adalah Supermi, Sarimi, Salam Mie, Mi ABC, Gaga Mie, dan Mie Sedaap. Produsen yang mendominasi produksi mi instan di Indonesia adalah Indofood Sukses Makmur yang memproduksi Indomie, Supermi dan Sarimi.
Saat ini, Indonesia adalah produsen mi instan terbesar di dunia. Dalam hal pemasaran, pada tahun 2005 Tiongkok menduduki tempat teratas, dengan 44,3 milyar bungkus, disusul dengan Indonesia dengan 12,4 milyar bungkus dan Jepang dengan 5,4 milyar bungkus. Namun Korea Selatan mengonsumsi mi instan terbanyak per kapita, dengan rata-rata 69 bungkus per tahun, diikuti oleh Indonesia dengan 55 bungkus, dan Jepang dengan 42 bungkus


Quote: Gimana gan ternyata makanan khas Indonesia rasanya gak kalah sama makanan luar negeri.
Agan suka yang mana?


Quote: Kaskuser yang baik meninggal kan dengan komentarnya

Quote: Kalo berkenan boleh kasih atau tapi jangan ditimpukin


[/QUOTE]







THIS THREAD SUPPORTED BY


pecel lele mantap tapi lebih mantap lagi kalau gratisan
diluar negri yang makan orang Indonesia juga ya gan
Quote:Tambahan
Quote:Original Posted By PeriWati

empis-empis.
Jika suatu waktu berkunjung ke Temanggung, Jawa Tengah, ada baiknya Anda mencecap empis-empis dan brongkos. Dua menu makanan khas Temanggung itu bisa dijumpai di sejumlah warung, dua di antaranya Warung Arum dan Warung Arum 2 di seputaran alun-alun Kabupaten Temanggung.

Selain dua jenis menu itu, masih ada banyak makanan enak dan khas yang bisa dijumpai di daerah yang lebih dikenal karena tembakaunya itu. Sebut saja bakso lombok ulek (bakso yang cabai rawitnya langsung diulek di dalam mangkok), kupat-tahu (yang juga ada di Magelang), serta oblok-oblok lembayung (daun kacang).

Warung Arum dan Warung Arum 2, menyediakan hampir 20 menu lauk untuk makan pagi, siang, dan malam. Selain melayani konsumen yang ngiras (makan langsung di warung), dua warung ini juga menjadi langganan ibu-ibu yang tidak sempat memasak di rumah. Konsumen yang ngiras biasanya adalah karyawan kantor dan anak kos. Tak jarang pula tamu dari luar kota yang kebetulan lewat dan singgah.

Dua warung itu bernama sama karena pemiliknya masih satu keluarga. Pemilik Arum adalah Sri Aminah (45), sedangkan Arum 2 adalah pasangan Candra (31) dan Dwi Setyowati (31). ”Sri Aminah itu bibi saya,” kata Candra yang membuka Warung Arum 2 pada tahun 2004.

Empis-empis sebetulnya jangan lombok atau sayur cabai, yakni cabai hijau yang dibumbui dan dimasak dengan santan. Empis-empis dibikin memang untuk memperkuat rasa lauk. Misalnya, makan dengan tahu goreng lalu ditambah dengan empis-empis, santapan akan terasa lebih menusuk dan nikmat.

Agar lebih bervariasi dan menambah citarasa, tidak hanya cabai yang kemudian dimasak. Empis-empis bisa diisi dengan tempe bongkrek, tempe kedelai, tahu, daging, atau ikan. Tergantung selera. Karena pada dasarnya adalah sayur cabai, maka cabainya tentulah sangat banyak, hampir sebanyak isi tempe atau dagingnya. Empis-empis ini memang dirancang untuk mereka para pecandu rasa pedas.

Empis-empis tidak asing lagi di lidah kami. Masakan ini selalu membikin kangen sehingga ketika datang ke Temanggung beberapa pekan lalu, kami sengaja mencari waktu mengunjungi Warung Arum dan Warung Arum 2. Bahkan, kami datang dua kali ke Warung Arum karena kesengsem rasa pedas empis-empis yang menggoda lidah.

Sarapan

Jarum jam sudah menunjuk pukul 09.00, sudah lewat waktu untuk sarapan. Tak apalah. Sebelum menuju Dusun Beji, Kecamatan Kedu, Temanggung, kami perlu ”mempersiapkan” perut. Kami duduk menyelip di antara konsumen lain yang memenuhi warung. Begitulah hakikat warung, selalu menyediakan bangku panjang. Tak ada pengistimewaan. Semua duduk bersama-sama sembari menyantap makanan.

Kami segera memesan empis-empis tahu dan terik/opor ayam kampung. Paduan yang pas. Empis-empis pedas, sedangkan opor ayam gurih-manis. Paha dan dada ayamnya termasuk berukuran jumbo, sungguh besar untuk ukuran makan sendiri.

Resep empis-empis, kata pemilik Warung Arum 2, yakni pasangan Candra dan Dwi Setyowati, sederhana saja. Bawang merah dan putih diiris lalu ditumis. Masukkan cabai hijau yang telah diiris miring memanjang. Masukkan tomat hijau, daun salam, lengkuas, dan isi berupa tempe bongkrek atau tahu. Diamkan beberapa saat, lalu masukkan santan kental. Patut dicatat, porsi cabai hijau sama atau lebih banyak daripada isinya. Aroma harum empis-empis justru ditebar oleh irisan cabai hijau.

Sekarang soal brongkos. Yogyakarta juga punya brongkos, tetapi ada perbedaan antara brongkos Yogyakarta dan Temanggung, salah satunya karena adanya kacang tolo di brongkos Yogyakarta. ”Brongkos Temanggung enggak pakai kacang tolo,” kata Candra.

Brongkos Temanggung memiliki keistimewaan karena berasal dari racikan hampir semua bumbu dapur. Bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, merica, cabai merah, kunyit, jahe, kencur, hingga daun jeruk purut/wangi. Satu lagi yang khas dari brongkos adalah keluwak yang membikin kuah menjadi hitam.

Semua bumbu diulek lantas ditumis. Masukkan daging sapi atau jeroan yang telah diiris-iris ke dalamnya. Setelah daging empuk, tuang santan kental dan tunggu sampai mendidih.

Masih ada satu lauk yang juga khas di Temanggung, yakni oblok-oblok lembayung (daun kacang). Disebut oblok-oblok lantaran masakan ini tidak hanya membutuhkan santan, tetapi sekaligus juga kelapa parutnya. Diublek atau dicampur menjadi satu.

Di antara sejumlah warung di seputar alun-alun Temangung, hanya Warung Arum 2 yang menawarkan oblok-oblok. Karena cukup favorit, sore hari menu ini biasanya sudah ludes terbeli. Rasa oblok-oblok ini manis dan segar, cocok untuk lauk santap siang. Kami pun kehabisan menu ini ketika singgah ke Warung Arum 2 di satu sore pada hari lain.

Yang murah dalam baskom

Warung Arum sudah buka sejak tahun 1980-an. Saat itu pemiliknya bernama Mbah Pratomo yang sekarang sudah meninggal. Arum lantas dikelola anaknya, Sri Aminah, sampai sekarang. Dwi Setyowati, istri Candra, keponakan Sri Aminah, pada tahun 2004 membuka warung serupa yang dinamai warung Arum 2. ”Sengaja diberi nama Arum 2 supaya gampang saja, sekaligus menunjukkan kalau dua warung ini masih satu leluhur,” kata Candra.

Kedua warung ini melayani pengunjung yang makan di tempat ataupun dibawa pulang. Kebanyakan pelanggan justru para ibu yang memilih membeli lauk matang ketimbang masak sendiri di rumah. Praktis.

Oleh karena itu, Warung Arum dan Warung Arum 2 melayani seberapa pun konsumen mau membeli. ”Membeli brongkos Rp 1.000 pun kami layani. Bahkan, kalau misalnya cuma punya uang Rp 500 dan ingin makan brongkos, kami akan kasih, hanya porsinya sedikit sekali,” tutur Candra.

Sebagai warung di kota kecil, tentu memasang harga cukup murah. Untuk satu kali makan siang dengan lauk brongkos, empis-empis, dan oblok-oblok plus segelas minuman, Rp 10.000 pun cukup. Kalau mau tambah dengan terik ayam kampung, tinggal tambah sedikit saja uang, tergantung harga ayam. Kami berdua makan dengan lauk ayam dan empis-empis ditambah kerupuk dan teh manis di Warung Arum hanya membayar Rp 30.000. Harga yang ”sangat” murah untuk ukuran Jakarta.

Arum dan Arum 2 biasa memakai baskom atau panci besar berbahan aluminium untuk menaruh masakan. Satu panci untuk satu menu. Jika ada 20 menu berarti ada 20 panci. Kalau semisal lauk mulai mendingin dan pembeli maunya sayur panas, tinggal panaskan saja panci itu langsung di atas api.

Selain empis-empis, oblok-oblok, dan brongkos, Warung Arum 2 juga menjual semur telur, kepala kambing bumbu rujak, gule kambing, sambal goreng ati-ampela dan telur, gudeg, oseng-oseng kangkung, pare, dan kacang panjang, lodeh, hingga sup ayam dan cah sawi. Menu di Arum juga kurang lebih sama.

”Semua masakan masing-masing satu baskom sehari, kecuali brongkos dua baskom karena paling laris,” kata Candra.

Seluruh menu masakan khas Temanggung ini kurang dikenal di luar daerah itu. Bisa jadi karena Temanggung hanya kota kecil yang baru populer gara-gara penyergapan teroris di rumah M Djahri. Empis-empis bukan tidak mungkin dijumpai pula di daerah lain dengan nama berbeda. Tetapi, bagi warga Temanggung yang berada di perantauan, empis-empis, brongkos, atau oblok-oblok selalu bikin kangen. Ah, jadi ingin pulang rasanya….
SUMBER

taruh pejwan ya gan


Quote:Original Posted By Toxz271O
diluar negri yang makan orang Indonesia juga ya gan


Jangan salah gan ada bule yg dateng ke Indonesia cuma buat nyari kuliner Indonesia
loh rendang kog ga masuk daftar si gan??kan masuk dalem makanan favorit dunia
Quote:Original Posted By Rerbornos1
loh rendang kog ga masuk daftar si gan??kan masuk dalem makanan favorit dunia

oke gan ane tambahin tadi ketinggalan rendangnya
wah ngeces... liat soto betawi.......
ane belum pernak ke luar negri gannnn...yang paling enak masakan istri ane gan...
Quote: Bantu gan atau kalo boleh kasih
nasi kuning gan
emak ane paling jago kalo buat nasi kuning
gan, jgn lupa AYAM PENYET. di singapore banyak banget yg jual. tp ttp aja rasany ga bisa ngalain rasa asli nusantara.
emang makanan indonesia gak ada yang nandingin rasanya gan
se tau ane, bakso mah bukan asli indonesia gan. itu asli cina gan
nice share
Masa no 1 Soto betawi gan?

Bukan nya sate/bakso????
Quote:Original Posted By WORKeveryday
se tau ane, bakso mah bukan asli indonesia gan. itu asli cina gan
nice share

bakso asli Indonesia juga ada gan kaya Bakso Malang gitu atau Bakso Mas Bejo haha itu asli Indonesia gan

Quote:Original Posted By Meepooo
Masa no 1 Soto betawi gan?

Bukan nya sate/bakso????

Ini urutannya masih asal gan
kok bakso ga masuk gan?
Quote:Original Posted By pabotorro
kok bakso ga masuk gan?

wah baca lagi gan nomor 8 tuh dia si bakso
×