KASKUS

Lightbulb (Share) Operasi Hernia (Herniotomy)

Pembukaan:
Thread ini saya buat karena dulu saya sangat sulit sekali mencari source mengenai operasi ini, sedangkan yang mencarinya lumayan banyak. karena pertimbangan itulah saya ingin share karena Alhamdulillah saya baru selesai operasi kemaren. langsung aja ya gan...


Main Course:
(Sebelumnya kalo ada yang salah mohon di koreksi, soalnya ini ane tulis sesuai pengetahuan yang ane cari secara otodidak)

Hernia dapat di definisikan secara umum adalah penyakit yang timbul akibat adanya pelemahan dinding abdomen yang menyebabkan adanya lubang yang dapat menyebabkan suatu bagian isi perut turun/keluar.

Berdasarkan lokasinya hernia dibagi menjadi 4 lokasi [1]:
- Epigastrik,
- Umbilical,
- Femoral,
- Inguinal.



Kalo ane gan kebetulan punya di bagian Inguinal, dimana ada bagian isi perut ane yang turun ke bagian scrotum. alhamdulillah gak sakit karena mungkin masih belum terlalu parah dimana tonjolan yang ada masih bisa bergerak keluar masuk. hanya saja dulu saat masih sekolah jikalau ada olah raga lari, ane suka paksain gan dan kayanya ke gesek-gesek itu rasanya sakit. tapi semangat 45 zaman muda dulu gak tau kenapa masih aja lari.

Sepengetahuan ane ada beberapa tingkatan parah atau tidaknya kalo ane coba simpulkan dari hasil ane baca:
  1. Hernia dengan kondisi bagian yang keluar dari lubang yang ada masih dapat keluar masuk. dimana kondisi bagian yang keluarnya ini akan lebih terasa keluar ketika kita sedang melakukan kegiatan berdiri atau jongkok akan tetapi tonjolan ini akan menghilang ketika kita sedang berbaring atau istirahat.
  2. Yang kedua adalah hernia dengan kondisi tonjolan sudah terkunci oleh cincin hernia. berbeda dengan yang awal tonjolannya masih bisa keluar dan masuk.
  3. Yang ketiga merupakan lanjutan dari ke dua jikalau tidak salah, dimana ketika tonjolan yang sudah terkunci menyebabkan tonjolan terikat dan entah mengapa menyebabkan terjadinya terjepit, yang menyebabkan nyeri. {CMIIW)


Untuk penyebabnya yang ane tau ada beberapa gan:
  1. Kesalahan perkembangan saat masih dalam kandungan. ini mah atos qodrat Ilahi. dimana pelemahan terjadi ketika masih didalam kandungan. dan setelah ane baca-baca artikel lainnya ternyata hernia ini tidak hanya ada pada orang dewasa, tetapi ada juga pada bayi yang baru dilahirin juga gan.
  2. Pelemahan dinding ato sekat, nah ini yang pernah dibahas diatas gan penyebab umum hernia. pelemahan ini memang wajar gan, karena secara umum jaringan dinding ato sekat ini akan melemah seiringnya waktu. oleh karena itu operasi hernia sendiri tidak menjamin 100% penyakitnya tidak akan kambuh kembali. mungkin ini dapat kambuh kembali, tapi tak ada salahnya kita ambil tindakan operasi, ya mungkin sesuai dengan pertimbangan agan sekalian aja. yang pasti lakukan yang terbaik untuk diri agan sendiri.


Apa yang dilakukan saat operasi?
  • Nah kemaren ane pernah nanya ke dokter ane. berhubung hernia yang ane idap bisa masuk lagi, maka dokternya bilang nanti isi tonjolannya di tarik masuk dan lubangnya akan di tutup dengan jaringan buatan (mesh). yah secara umum itu yang ane inget.. hehehe


Langsung ane kasih proses opersinya:
  1. January 2012 awal, ane check untuk pertama kalinya ke dokter spesialis bedah umum. disana hernia ane di cek ama dokternya, mungkin diliat isi bagian tubuh apa yang keluar (kalo gak salah ada beberapa jenis). testnya ane cuman di suruh nutup mulut ane pake punggung tangan terus disuruh tiup. aneh, sempet bingung apa hubungannya? ane gak tanya kek dokter. tapi karena penasaran ane lakuin aja di kostan hehehe dan pas ane rasa, ketika meniup dengan cukup keras, maka si tonjolan yang ada itu sedikit berkembang. ane langsung mikir mungkin itu usus kali yah? tapi gak boleh berspekulan seperti ini. ini cuman karena ane awam, mungkin lain kali yang lain harus langsung nanya ke dokternya. ane di suruh balik lagi bulan depan buat mastiin mau di operasi atau engga, dan pulang di bekali antibiotik.
  2. Februari 2012 awal, ane balik ke dokter dengan memutuskan untuk operasi (lagi ke sambet ni tiba-tiba aja berani) hahahaha. dan diputuskan dilakukan tindakan operasi di bulan februari minggu kedua.

  3. Sebelum operasi ada dua pengecekan, yaitu ronsen thorax dan cek pembekuan dan pencairan darah kalo gak salah tapi di ambil darahnya sekali aja hehehe, ama cek ekg kalo gak salah juga.

  4. Jum'at 9 Februari ane operasi gan, dibius di suntik di bagian punggung terus tiba-tiba dari puser ke bawah kaya ada yang ngalir dan langsung kesemutan. terus susternya masangin oksigen ke hidung, dari situ langsung gak sadarkan diri gan. tau deh ane di apai tapi yang jelas di operasi..

    saran ane pas di suntik selalu pas lagi tarik nafas, jadi gak terlalu kerasa pingin ngeluhnya. rasa suntiknya sama kok kaya suntikan biasa. biasa aja, cuman sakit. wkwkwkwk

  5. Rawat inap cuman 3 hari gan, setelah 24 jam dari operasi udah diizinin belajar duduk dikit-dikit, dan hari ketiga setelah kateter dan infusan di cabut (maknyus... hehehe) ane udah diizinin buat jalan dikit-dikit. dan Alhamdulillah dengan memaksakan diri bisa jalan walau tergopoh-gopoh karena masih ngilu.. hehehe

  6. dan sekarang tanggal 16 Februari 2012 seminggu setelah operasi temper (kalo gak salah buat nampung darah yang di tempelin di bekas jaitan) ane di lepas, dan ane bisa liat langsung bekas luka operasinya alhamdulillah kaya luka bekas jatuh dari sepedah. hehehe biasa aja...



Biaya operasi herniotomy apa hermiotomy ya? hehee:
em, ini pasti yang di tunggu-tunggu.
ane di salah satu rumah sakit swasta jakarta kalo mau tau japri aja ye hehehe
  • Biaya Kamar Kelas III : Rp.150.0000,-/hari
  • Total Biaya Operasi Hernia (Operasi Sedang) : ~Rp. 6.700.000,- (*biaya operasi akan disesuaikan dengan kamarnya kalo kelasnya lebih tinggi, biaya operasinya lebih mahal.

  • Inti total akhir yang harus dibayarkan saat mau keluar dari RS itu 8,9jt. dan Alhamdulillah ane pake asuransi, kalo gak... tabungan hasil kerja ane setaun bisa ludes.. jadi selalu Alhamdulillah.... Segala puji bagi Allah Semesta Alam.


Semoga membantu teman-teman yang butuh informasi ya.



Beberapa sumber yang ane baca dan ane kutip dan mengambil gambarnya gan:
[1] http://rudy-infokesehatan.blogspot.c...07/hernia.html
[2] http://bundadanaku.wordpress.com/201...nia-pada-anak/
[3] http://www.healthyoursoul.com/Health...sia/hernia.php

Tambahan dari Agan Reverser (makasih gan):
Quote:Original Posted By reverser
Sekedar tambahan, untuk hernia daerah inguinal (ada 3, yakni hernia ing medialis, hernia ing lateralis dan hernia femoralis), untuk orang dewasa operasinya disebut herniorafi, gabungan antara herniotomi (memotong kelebihan kantong abdomen yg keluar lewat suatu locus minoris atau titik lemah) dan hernioplasti yg jaman sekarang itu dalam bentuk pemasangan mesh (jaring jaring sintetik).

Kenapa Mesh? karena jaman sekarang teknik operasi yg dianut adalah tension free atau tanpa tegangan otot. Jaman dulu waktu mesh belum ditemukan, hernioplasti (yg paling top menurut Bassini) adalah menjahit conjoint tendon ke lig inguinal. Jeleknya karena namanya juga otot, bayangkan kayak karet aja, ditarik lama2 akan kendor, sehingga angka rekurennya tinggi. Mesh akan merekonstruksi ulang ring interna (tempat keluarnya hernia ing lateralis) sekaligus memperkuat dinding belakang (fasia transversalis) bahkan kalau meshnya gede, biasanya saya jahitkan juga di sisi lateral m rectus abdominalis (otot sixpack) yg otomatis akan menutup trigonus hasselbach (tempat keluar dari hernia ing medialis). Karena tension free, maka angka rekurensinya sangat rendah.

Yg perlu diingat, hernia orang dewasa itu terjadi karena ada sebabnya, bisa itu batuk lama (bronkitis kronis atau tb), konstipasi (misalnya karena pola makan yg jelek atau bahkan ada tumor di kolon) gangguan kencing (yg paling sering karena pembesaran prostat), kegemukan, dsb yg bikin tekanan dalam perut itu tinggi terus. Faktor ini HARUS dihilangkan dalam rangka penatalaksanaan hernia, kalau tidak, pasti rekuren.

Operasi Hernia modern jaman sekarang bisa dilakukan per laparaskopik atau minimal invasive dan open.

Anestesinya yg paling sering dilakukan regional, kalau pasien takut sekali juga bisa di bius umum.

Mungkin ini sedikit tambahan mengenai prosedur operasinya


Tambahan info dari agan haka_punk untuk kelas 2 :
Quote:Original Posted By haka_punk


sekedar informasi, 4 hari yang lalu ana baru aja di operasi hernia di rumah sakit bina husada, cibinong kabupaten bogor.
ane di rawat di kelas 2 selama 3 malam, biaya nya sekitar 13,6 juta termasuk biaya kamar, operasi, dan obat..


Pertanyaan masalah bius by agan edhiehoka:
Quote:Original Posted By edhiehoka
selamat malam saya mau nanya nih bsk saya mau oprasi hernia tanggal 22-01-13 saya mau nanya saya karna takut sekali dan g mau oprasi local klo misalnya saya bius total rasanya gimn yah?sakit to gimn saya takutkan itu takut g bangun lagi...heheheheee dan di suntikan daeh mana biasanya?trimakasih.....


Kemaren saya menggunakan bius total atau dengan kata lain tidak sadarkan diri saat operasi.
rasa suntikannya kaya di gigit semut gan, gak sakit. suntikan kalo gak salah di dua titik di tulang punggung bawah, lokasinya sekitar pinggang. CMIIW

ketika terbangun, tiiba tiba disamperin sama susternya langsung dibawa ke kawar. mungkin selama belum sadar kita di belum dibawa ke kamar.

Saran: kemarin saya dapat info, terkadang setelah operasi/bius suka mengalami mual. dan ternyata untuk mengurangi rasa mual, kita hanya tidak perlu menganggat leher kita untung mengangkat kepala. jadi istirahatkan penuh dulu jasa kepalanya. alasan medisnya saya kurang hapal, hanya saja ini berhasil kemaren.
disini http://rs-mojosongo.com/ ada oprasi hernia murah tp gak tau kualitasnya ada yg punya pengalaman, gw juga pengen oprasi tp gw liat" biayanya di jakarta mahal-mahal,
gan ane mau nanya dong, hari rabu ini ane mau ada rencana operasi hernia, waktu agan di bius, itu bius total apa lokal gan

makasih gan
moga cepet sembuh aja agan2, jaga kesehatan selalu...
Thx info nya TS !
Rencananya besok pagi ane jg mau operasi,so ni mlm cr2 info tambahan biar nambah kbranian hehehe..
Hernia ane dah akut gan,setau ane dr kecil.n ini di ambil tindakan jg karena ada yg kejepit,klo nda mah mikir2 lg dioprasi haha..
nti ane share lg pasca oprasi ya..doakan smg lancar,amien.
info gan maaf kalo malu maluin ane bisa cek tau periksa hernia ke dokter specialis apa yah,,,,, ane ada keluhan gan rasa nyeri di bagian perut bawah atas selangkangan,, dan maaf buah jakar sebelah kiri agak turun, rasa sakit udah ane tahan bertaun taun,,,,, karna ane beranggapan hernia merupakan penyakit yang memalukan,,, ternyata banyak penderitanya... terus tau info masalah alternatip penyembuhan hernia,, yang du urut - urut gitu gan
Sekedar tambahan, untuk hernia daerah inguinal (ada 3, yakni hernia ing medialis, hernia ing lateralis dan hernia femoralis), untuk orang dewasa operasinya disebut herniorafi, gabungan antara herniotomi (memotong kelebihan kantong abdomen yg keluar lewat suatu locus minoris atau titik lemah) dan hernioplasti yg jaman sekarang itu dalam bentuk pemasangan mesh (jaring jaring sintetik).

Kenapa Mesh? karena jaman sekarang teknik operasi yg dianut adalah tension free atau tanpa tegangan otot. Jaman dulu waktu mesh belum ditemukan, hernioplasti (yg paling top menurut Bassini) adalah menjahit conjoint tendon ke lig inguinal. Jeleknya karena namanya juga otot, bayangkan kayak karet aja, ditarik lama2 akan kendor, sehingga angka rekurennya tinggi. Mesh akan merekonstruksi ulang ring interna (tempat keluarnya hernia ing lateralis) sekaligus memperkuat dinding belakang (fasia transversalis) bahkan kalau meshnya gede, biasanya saya jahitkan juga di sisi lateral m rectus abdominalis (otot sixpack) yg otomatis akan menutup trigonus hasselbach (tempat keluar dari hernia ing medialis). Karena tension free, maka angka rekurensinya sangat rendah.

Yg perlu diingat, hernia orang dewasa itu terjadi karena ada sebabnya, bisa itu batuk lama (bronkitis kronis atau tb), konstipasi (misalnya karena pola makan yg jelek atau bahkan ada tumor di kolon) gangguan kencing (yg paling sering karena pembesaran prostat), kegemukan, dsb yg bikin tekanan dalam perut itu tinggi terus. Faktor ini HARUS dihilangkan dalam rangka penatalaksanaan hernia, kalau tidak, pasti rekuren.

Operasi Hernia modern jaman sekarang bisa dilakukan per laparaskopik atau minimal invasive dan open.

Anestesinya yg paling sering dilakukan regional, kalau pasien takut sekali juga bisa di bius umum.

Mungkin ini sedikit tambahan mengenai prosedur operasinya
.makasih gan
ada yg tau harga pasaran hernia di jakarta gak? kalo bisa yg murah seperti rscm atau rs tarakan?

thnx
Quote:Original Posted By andromed4
ada yg tau harga pasaran hernia di jakarta gak? kalo bisa yg murah seperti rscm atau rs tarakan?

thnx



Maksudnya biaya operasinya kali ya gan
Kalo hernianya laku, banyak kayaknya yg mau jual

Btw, mau tanya: apa benar Hernia bisa disembuhkan dengan di urut ??
Tkx sebelumnya
Quote:Original Posted By andromed4
ada yg tau harga pasaran hernia di jakarta gak? kalo bisa yg murah seperti rscm atau rs tarakan?

thnx


Maksudnya yg swasta? banyak kok swasta yg murah kalau hernia, di deket Fatmawati ada RS namanya medistra juga murah tuh. Atau kenapa gak di RS pemerintah aja kalau mau murah?
Makasih gan ngbantu banget nih trit

nanya biaya

Quote:Original Posted By reverser


Maksudnya yg swasta? banyak kok swasta yg murah kalau hernia, di deket Fatmawati ada RS namanya medistra juga murah tuh. Atau kenapa gak di RS pemerintah aja kalau mau murah?


mohon bantuan agan2 anak ane disarankan utk operasi, namun ane rasa biaya di salah satu rs swasta suangat mahal, total sekitar 9 jt dan itu masih blm biaya lab, rontgen (klo diperlukan), blm termasuk kamar perawatan pasca operasi, bel termasuk obat yg dibawa plg, total2 bisa sekitar 17 jt

dan sebelnya lagi asuransi gak nanggung karena dianggap bawaan lahir utk hernia di anak 0 - 6 tahun, #aturanyanganeh

mohon info agan2 berapa sih biaya operasi hernia yang umum di pasaran, boleh rs swasta atau pemerintah... need info urgemtly gan ya... tks sebelumnya

Quote:Original Posted By sudikxc


mohon bantuan agan2 anak ane disarankan utk operasi, namun ane rasa biaya di salah satu rs swasta suangat mahal, total sekitar 9 jt dan itu masih blm biaya lab, rontgen (klo diperlukan), blm termasuk kamar perawatan pasca operasi, bel termasuk obat yg dibawa plg, total2 bisa sekitar 17 jt

dan sebelnya lagi asuransi gak nanggung karena dianggap bawaan lahir utk hernia di anak 0 - 6 tahun, #aturanyanganeh

mohon info agan2 berapa sih biaya operasi hernia yang umum di pasaran, boleh rs swasta atau pemerintah... need info urgemtly gan ya... tks sebelumnya



kalo "harga pasaran" ya susah gan.. tapi yg jelas paling standar harganya ya rs pemerintah,,, rs swasta yg kecil2 mungkin lebih murah dari rs pemerintah..
kalo lancar2 aja... gak ada komplikasi apa2.. dibawah 10jt ane rasa...


tapi hernia anak itu juga tergantung kasusnya,, kalo harus dikerjakan dokter sp. bedah anak ya ga bisa di rs kecil mungkin...

Star .

hellow, lam kenal zmua. aku bru masuk bulan kelima pasca operasi. ada yg tau gak pada bulan keberapa pasca operasi sudah bisa olahraga sprti sepak bola, sit up, or latihan angkat barbel yg 10kilo trus brp kilo beban yg bsa diangkat pd bulan prtma or kedua pasca operasi. thenkz sblumnya....
nice share gan...
Quote:Original Posted By virus_w2002
Pembukaan:
Thread ini saya buat karena dulu saya sangat sulit sekali mencari source mengenai operasi ini, sedangkan yang mencarinya lumayan banyak. karena pertimbangan itulah saya ingin share karena Alhamdulillah saya baru selesai operasi kemaren. langsung aja ya gan...


Main Course:
(Sebelumnya kalo ada yang salah mohon di koreksi, soalnya ini ane tulis sesuai pengetahuan yang ane cari secara otodidak)

Hernia dapat di definisikan secara umum adalah penyakit yang timbul akibat adanya pelemahan dinding abdomen yang menyebabkan adanya lubang yang dapat menyebabkan suatu bagian isi perut turun/keluar.

Berdasarkan lokasinya hernia dibagi menjadi 4 lokasi [1]:
- Epigastrik,
- Umbilical,
- Femoral,
- Inguinal.



Kalo ane gan kebetulan punya di bagian Inguinal, dimana ada bagian isi perut ane yang turun ke bagian scrotum. alhamdulillah gak sakit karena mungkin masih belum terlalu parah dimana tonjolan yang ada masih bisa bergerak keluar masuk. hanya saja dulu saat masih sekolah jikalau ada olah raga lari, ane suka paksain gan dan kayanya ke gesek-gesek itu rasanya sakit. tapi semangat 45 zaman muda dulu gak tau kenapa masih aja lari.

Sepengetahuan ane ada beberapa tingkatan parah atau tidaknya kalo ane coba simpulkan dari hasil ane baca:
  1. Hernia dengan kondisi bagian yang keluar dari lubang yang ada masih dapat keluar masuk. dimana kondisi bagian yang keluarnya ini akan lebih terasa keluar ketika kita sedang melakukan kegiatan berdiri atau jongkok akan tetapi tonjolan ini akan menghilang ketika kita sedang berbaring atau istirahat.
  2. Yang kedua adalah hernia dengan kondisi tonjolan sudah terkunci oleh cincin hernia. berbeda dengan yang awal tonjolannya masih bisa keluar dan masuk.
  3. Yang ketiga merupakan lanjutan dari ke dua jikalau tidak salah, dimana ketika tonjolan yang sudah terkunci menyebabkan tonjolan terikat dan entah mengapa menyebabkan terjadinya terjepit, yang menyebabkan nyeri. {CMIIW)


Untuk penyebabnya yang ane tau ada beberapa gan:
  1. Kesalahan perkembangan saat masih dalam kandungan. ini mah atos qodrat Ilahi. dimana pelemahan terjadi ketika masih didalam kandungan. dan setelah ane baca-baca artikel lainnya ternyata hernia ini tidak hanya ada pada orang dewasa, tetapi ada juga pada bayi yang baru dilahirin juga gan.
  2. Pelemahan dinding ato sekat, nah ini yang pernah dibahas diatas gan penyebab umum hernia. pelemahan ini memang wajar gan, karena secara umum jaringan dinding ato sekat ini akan melemah seiringnya waktu. oleh karena itu operasi hernia sendiri tidak menjamin 100% penyakitnya tidak akan kambuh kembali. mungkin ini dapat kambuh kembali, tapi tak ada salahnya kita ambil tindakan operasi, ya mungkin sesuai dengan pertimbangan agan sekalian aja. yang pasti lakukan yang terbaik untuk diri agan sendiri.


Apa yang dilakukan saat operasi?
  • Nah kemaren ane pernah nanya ke dokter ane. berhubung hernia yang ane idap bisa masuk lagi, maka dokternya bilang nanti isi tonjolannya di tarik masuk dan lubangnya akan di tutup dengan jaringan buatan (mesh). yah secara umum itu yang ane inget.. hehehe


Langsung ane kasih proses opersinya:
  1. January 2012 awal, ane check untuk pertama kalinya ke dokter spesialis bedah umum. disana hernia ane di cek ama dokternya, mungkin diliat isi bagian tubuh apa yang keluar (kalo gak salah ada beberapa jenis). testnya ane cuman di suruh nutup mulut ane pake punggung tangan terus disuruh tiup. aneh, sempet bingung apa hubungannya? ane gak tanya kek dokter. tapi karena penasaran ane lakuin aja di kostan hehehe dan pas ane rasa, ketika meniup dengan cukup keras, maka si tonjolan yang ada itu sedikit berkembang. ane langsung mikir mungkin itu usus kali yah? tapi gak boleh berspekulan seperti ini. ini cuman karena ane awam, mungkin lain kali yang lain harus langsung nanya ke dokternya. ane di suruh balik lagi bulan depan buat mastiin mau di operasi atau engga, dan pulang di bekali antibiotik.
  2. Februari 2012 awal, ane balik ke dokter dengan memutuskan untuk operasi (lagi ke sambet ni tiba-tiba aja berani) hahahaha. dan diputuskan dilakukan tindakan operasi di bulan februari minggu kedua.

  3. Sebelum operasi ada dua pengecekan, yaitu ronsen thorax dan cek pembekuan dan pencairan darah kalo gak salah tapi di ambil darahnya sekali aja hehehe, ama cek ekg kalo gak salah juga.

  4. Jum'at 9 Februari ane operasi gan, dibius di suntik di bagian punggung terus tiba-tiba dari puser ke bawah kaya ada yang ngalir dan langsung kesemutan. terus susternya masangin oksigen ke hidung, dari situ langsung gak sadarkan diri gan. tau deh ane di apai tapi yang jelas di operasi..

    saran ane pas di suntik selalu pas lagi tarik nafas, jadi gak terlalu kerasa pingin ngeluhnya. rasa suntiknya sama kok kaya suntikan biasa. biasa aja, cuman sakit. wkwkwkwk

  5. Rawat inap cuman 3 hari gan, setelah 24 jam dari operasi udah diizinin belajar duduk dikit-dikit, dan hari ketiga setelah kateter dan infusan di cabut (maknyus... hehehe) ane udah diizinin buat jalan dikit-dikit. dan Alhamdulillah dengan memaksakan diri bisa jalan walau tergopoh-gopoh karena masih ngilu.. hehehe

  6. dan sekarang tanggal 16 Februari 2012 seminggu setelah operasi temper (kalo gak salah buat nampung darah yang di tempelin di bekas jaitan) ane di lepas, dan ane bisa liat langsung bekas luka operasinya alhamdulillah kaya luka bekas jatuh dari sepedah. hehehe biasa aja...



Biaya operasi herniotomy apa hermiotomy ya? hehee:
em, ini pasti yang di tunggu-tunggu.
ane di salah satu rumah sakit swasta jakarta kalo mau tau japri aja ye hehehe
  • Biaya Kamar Kelas III : Rp.150.0000,-/hari
  • Total Biaya Operasi Hernia (Operasi Sedang) : ~Rp. 6.700.000,- (*biaya operasi akan disesuaikan dengan kamarnya kalo kelasnya lebih tinggi, biaya operasinya lebih mahal.

  • Inti total akhir yang harus dibayarkan saat mau keluar dari RS itu 8,9jt. dan Alhamdulillah ane pake asuransi, kalo gak... tabungan hasil kerja ane setaun bisa ludes.. jadi selalu Alhamdulillah.... Segala puji bagi Allah Semesta Alam.


Semoga membantu teman-teman yang butuh informasi ya.



Beberapa sumber yang ane baca dan ane kutip dan mengambil gambarnya gan:
[1] http://rudy-infokesehatan.blogspot.c...07/hernia.html
[2] http://bundadanaku.wordpress.com/201...nia-pada-anak/
[3] http://www.healthyoursoul.com/Health...sia/hernia.php




Pake asuransi apa bos ???
Saya juga lagi ngalamin hernia, sudah ada 4 thn bos.
Mohon sarannya. Thx
gan, gimana ya memotivasi orang tua ane supaya mau operasi hernia? karena beliau takut sekali sama operasi...sedangkan ane udah nggak tega melihat kalau beliau sedang kesakitan/turun

makasih
amazing banget bneran gan
Quote:Original Posted By kirocky
hellow, lam kenal zmua. aku bru masuk bulan kelima pasca operasi. ada yg tau gak pada bulan keberapa pasca operasi sudah bisa olahraga sprti sepak bola, sit up, or latihan angkat barbel yg 10kilo trus brp kilo beban yg bsa diangkat pd bulan prtma or kedua pasca operasi. thenkz sblumnya....


ane juga baru 4 hari di operasi hernia, dan kata dokter spesialis bedah umum ane, setelah 6 bulan paska operasi hernia baru boleh maen sepak bola lagi,,
×