KASKUS

Hutang kartu kredit untuk nasabah yang sudah meninggal dunia

Friends,

Temen gue punya masalah yang lumayan ribet nih, Bokapnya sudah meninggal lebih dari 5 tahun yang lalu dari baru2 ini dia di telepon oleh pihak kartukredit bahwa bokapnya masih punya kewajiban hutang kartu kredit yang belum terbayar. Temen gue jelas kaget karena dia selama ini juga ga tahu mengenai kartu kredit mendiang bokapnya.
Tlg info dong mengenai hukum dari kewajiban hutang kartu kredit ini, apakah memang kewajiban hutang kartu kredit bagi yang sudah meninggal harus dilunasi oleh anak2nya ?
dan apakah ada masa waktunya karena selama ini (lebih dari 5 tahun) ga ada yang telp temen gue ini, kan aneh tau2 ada yang telp dan blg ada hutang kartu kredit..

tlg sharing yah, kasian temen gue ini bukan dari orang mampu..

Thanks,
cuekin aja yang nelpon. kalo ditanya, bilang aja orangnya ga ada (ga bohong kan?)

ga usah dipikirin. go on with his/her own life aja.
Kl dpkir emnk aneh gan,krn udh 5thun..tp mngkin aj bnr..
Smua trgntung tmn agan..kl bokapnya mau tenang dsna,lbh baik dbyr..kn utang dbwa mati soalnya,ksian gan..
Kl tmn agan g mampu utk byr,bs djlskan baik" oleh pihak bank keadaannya bgaiman..psti dksh jln trbaik
kasih tau media gan biar di blow up soalnya aneh 5 tahun gak dihubungin kayaknya menjebak jg .........
cuekin aja gannnn toh org nya uda meniggal..suruh tagih aja di kuburan nya..kadang itu debt collector yg iseng cari peruntungan
thanks ya atas inputan semuanya..
Iya maunya sih dicuekkin aja makanya mau tanya disini ada yang ngerti hukumnya ga ? misalnya batas waktu tagih utang berapa lama dan apa ada syarat2 lain..gituuu..
oke deh ditunggu saran n input dari yang lain..


thanks..
saran gw sih ga usah ngomongin hukum. ga guna ngomingin
hukum ma debt collector.


dan kakus bukan forum yang bisa bikin lu ngerti hukum dalam sekejap pula....
Ane kasih saran aja gan, takutnya di Jebak, coba aja di cek dulu ke Banknya langsung
emang kadang aneh gan, ane butuh setaun baru tuh Debt collector nelpon ane. soalnya nomer ane ganti, hebat juga tuh DC, nyelidikin dari temen ane, ampe bokap, ampe tau nomer ane yg sekarang :
ada dua kemungkinan yg terjadi
1, asli/bener
2, palsu/melakukan penipuan dgn ancaman

ane jelasin smuanya deh biar clear
1, asli/bener,
emg bener adanya tagihan dari cc mendingan ortu teman agan yg meninggal.
dan dan tanyakan ke banknya dengan niat membayarnya

2, palsu/melakukan penipuan dgn ancaman debt collector
oklah jika ada tagihan yg belum dilunasin,
dan harus membayarnya.. hehe
masalahnya kenapa bisa kelupaan sampe 5 tahun, emgnya data" pemegang kartu kredit ga ada di bank bersangkutan .. . data pemohon dengan alamat jelas dan surat tagihannya selalu nyampe ke rumah ato kantor, terus dari kantor bisa dilacak keberadaan rumah pemegang kartu, dan jika tidak bisa dari sodara yg tidak serumah..
ini khan juga bisa dilacak juga
apaan ini, koq udah lima taon baru ditagihkan .. ato butuh waktu perjalanan selama 5 years ...???
inilah permainan org dalam dan ingin bermain disini, sama org" yg dirasa bisa dipermainkan ..
saya menilai ini, hanya akal"an saja klo bener kondisinya begitu..
lah teman saya ada tagihan selalu diingatykan ama bank agar membayar tagihannya itupun slalu belum jatuh tempo haha ... contoh marketing yg bener" kerja..

biasanya bank mempunyai deskol dan setiap deskol itu punya tanggung jawab masing2,dan utuk tagihan kartu kredit itu mereka dikasih tanggung jawab per bucket gan. nah klo seandainya tagihan itu dah melebihi 180hari lost payment maka akan berhenti penagihan via telpon maupun kolektor tidak akan datang ke rumah. tapi setelah beberapa tahun dan masuk dalam recovery (lost payment selama 1 thn lebih) baru akan ada penagihan dan pertama via deskol lagi dan klo tidak berhasil maka dilemparkan ke kolektor atau agency gan sampai selesai.
nah untuk penyelesaian untuk orang yang sudah meninggal biasanya ada asuransi bukan berarti lunas semua tapi ada diskon gede,bisa jadi kita cuman bayar 20% dari total tagihan. tapi sebelumnya lebih baik tanya langsung ke bank yang bersangkutan. makasih
mending langsung ke bank nya untuk ditanyakan lebih jelas gan
biar tidak ketipu
yg berurusan dgn bank nya kan uda almarhum gan
ya sudah ngapain dipusingin...
sebagai anggota keluarga, agan ga ada kewajiban membayar hutang KK almarhum bokap agan kok
Memang biasanya kartu kredit tidak dicover asuransi jiwa, jd klw pemegang kartu meninggal dunia, biasanya beban penagihan dialihkan ke ahli warisnya. Penagihan hutang ada jangka waktu kadaluarsanya, klw gak salah menurut KUH Per itu 30thn? (tolong diralat utk yg mengetahui). Intinya klw agan ada uang dan mau melunasi sebaiknya datangi banknya dan nego mengenai jumlah/cara pelunasan, tapi kalau agan keberatan, bilang aja klw agan penghuni baru, penghuni lama sdh pindah
utang otomatis diwarisin? situ kuliah dimana sih? kalo ga ngarti apa-apa mendingan ga usa bacot dah.....
Quote:Original Posted By clone.gree
utang otomatis diwarisin? situ kuliah dimana sih? kalo ga ngarti apa-apa mendingan ga usa bacot dah.....


Ane alumni FH UNPAD gan, yg diwarisin itu bukan cuma harta benda, tapi juga hutang piutang almarhum, coba situ belajar lagi hukum keluarga
Tagihan kartu kredit merupakan hutang atau kewajiban pemegang kartu kredit yang harus dibayarkan kepada bank. Hutang ini dapat diwariskan apabila pemegang kartu kredit meninggal dunia. Berdasarkan hukum perdata berlaku Pasal 833 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPerdata”). Pasal tersebut menyatakan bahwa para ahli waris, dengan sendirinya karena hukum, mendapat hak milik atas semua barang, semua hak dan semua piutang orang yang meninggal.

Copas dari hukumonline.com gan, ma'af gak bermaksud utk membuktikan siapa yg sebenarnya banyak bacod
siapa dosen yang ngajar lu? print postingan gw, bawa ke mukanya!


dosen guoblog!


lagian lu juga goblognya sama aja kok.


emang warisan harus diterima?
Quote:Original Posted By clone.gree
utang otomatis diwarisin? situ kuliah dimana sih? kalo ga ngarti apa-apa mendingan ga usa bacot dah.....


yg bener tu situ yg kuliah dmn
ane dr SD jg tau,klo utang bisa d warisin
klo suami meninggal,d wariskan k Istri
klo 2-2ny meninggal y k anak

enak bgt klo g d warisin
klo gitu tar ortu g ud stroke tinggal utang bank aj puluhan milyar
mati anakny dpt duit
Quote:Original Posted By clone.gree
utang otomatis diwarisin? situ kuliah dimana sih? kalo ga ngarti apa-apa mendingan ga usa bacot dah.....


ga ada yang jeli....


mo anak sd mo anak kuliahan, tolol mah tolol aja. ga usa banyak bacot deh.



pantes negara ini ga maju-maju.... tau dikit udah berasa paling tau aja kalian semua.....
×