KASKUS

Thumbs up Kemampuan Yang Dimiliki Oleh Seorang Sniper

Quote:Kemampuan Yang Dimiliki Oleh Seorang Sniper

Quote:


Quote:Semboyannya yang terkenal yakni one shot, one kill (satu tembakan, satu terbunuh). Begitulah hukum wajib para sniper. Tidak ada peluru yang terbuang. Tak ada kamus meleset, karena itu pertanda kegagalan. Laksanakan tugas, lalu hilang bak ditelan angin.
Sesuatu yang bersifat tersembunyi atau tersamar (undercover), selalu menarik untuk diungkap. Sniper atau penembak runduk adalah salah satu diantaranya. Sniper, atau penembak runduk adalah seorang prajurit infanteri yang secara khusus terlatih untuk mempunyai kemampuan membunuh musuh secara tersembunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan.



Quote:Berikut ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang sniper :

Quote:1. Kamuflase



Dalam melaksanakan tugasnya, sniper harus selalu dalam posisi tersembunyi. Sekali ia menampakan diri, dia akan berbalik menjadi orang yang diburu dan menjadi sasaran tembak kontra sniper. Karena syarat utama menjadi sniper adalah memiliki keahlian melakukan penyamaran dan kamuflase agar tetap tak terlihat oleh musuh. Dalam rangka kamuflase itulah, sniper khususnya yang berada di medan perang, mengenakan pakaian khusus yang disebut seragam "Ghillie". Istilah "Ghillie" berasal dari Skotlandia. Dulu Gillie adalah seorang laki - laki yang ditugaskan oleh pemilik tanah di dataran tinggi Skotlandia pada akhir tahun 1800-an.


Quote:2. Akurasi



Kunci menembak adalah akurasi, yang berlaku untuk senapan maupun sang penembak. Seorang sniper harus memiliki kemampuan secara akurat memperkirakan berbagai faktor yang mempengaruhi lintasan peluru dan titik impak seperti : Jangkauan target, arah angin, kecepatan angin, ketinggian sniper dan target, dan temperatur disekitarnya.
Sniper dapat mengarahkan senjatanya ke titik nol pada sebuah target, Ini adalah proses menyesuaikan teropong sehingga titik impak dari peluru pada titik tujuan untuk jarak khusus. Sebuah senapan dan teropong harus tetap pada titik nol selama mungkin di bawah semua kondisi. Hal ini untuk mengurangi kebutuhan untuk mengembalikan ke titik zero selama misi.


Quote:3. Tempat dan Teknik Persembunyian



Istilah tempat persembunyian berarti posisi yang tertutup atau rahasia, tempat seoran sniper dan timnya melakukan pengamatan dan melakukan tembakan. Suatu persembunyian memberikan penglihatan yang baik pada penembak terhadap wilayah sekitarnya, perlindungan yang baik dari tembakan musuh, dan menyamarkan atau mengkamuflase sniper.


Quote:4. Penempatan Tembakan



Penempatan tembakan sangat bervariasi tergantung pada jenis senapan sniper. Senapan sniper militer, yang umumnya tidak digunakan untuk target yang jaraknya kurang dari 300 meter (330 yard), biasanya membidik pada tubuh, khususnya dada. Tembakan ini tergantung pada kerusakan jaringan tubuh, trauma organ, dan darah yang hilang hingga menyebabkan kematian. Sniper polisi yang biasanya melakukan tembakan dari jarak yang jauh lebih pendek mungkin berusaha menembak lebih jitu pada bagian bagian tertentu tubuh atau peralatan khusus.


Quote:5. Membidik Target



Sniper dapat membidik orang atau benda, tapi paling sering mereka membidik musuh yang paling penting seperti perwira atau spesialis (yaitu operator komunikasi) sehingga menyebabkan gangguan maksimal terhadap operasi musuh. Personal lainnya yang menjadi target termasuk orang orang yang menunjukan suatu ancaman yang segera bagi sniper, seperti para pembawa anjing yang sering ditugaskan untuk mencari sniper. Apabila mungkin mereka menetapkan target menurun sesuai urutan kepangkatan, atau apabila tak ada orang yang berpangkat, sniper menembak untuk mengacaukan situasi.


Quote:6. Relokasi




Sering dalam situasi banyak target, sniper menggunakan relokasi. Sesudah meluncurkan beberapa tembakan dari posisi tertentu, sniper bergerak secara tak terlihat ke lokasi lain sebelum musuh dapat menentukan dimana ia berada dan melakukan serangan balik. Sniper akan sering menggunakan taktik ini untuk menyelamatkan diri, menciptakan suatu atmosfir kekacauan atau kebingunan. Dalam situasi lain yang lebih jarang, relokasi juga digunakan untuk mengurangi faktor angin.


Quote:7. Penyamaran Suara



Ketika senapan sniper sangat kuat dan karenanya mengeluarkan letusan yang sangat keras, umumnya sniper menggunakan suatu teknik yang dikenal dengan sound masking, Taktik ini, ditangan seorang penembak jitu yang sangat terampil, dapat digunakan sebagai pengganti peredam suara. Suara yang keras dalam lingkungan, seperti ledakan di udara proyektil altileri atau tepuk tangan gemuruh, sering dapat menyamarkan suara tembakan. Tekink ini sering digunakan dalam operasi rahasia, taktik infiltrasi dan perang gerilya.



Spoiler for Sumber:


Tambahan untuk para coment

Quote:Rekok Tembakan Terjauh



Quote:Rekok jarak tembak terpanjang dicatat oleh CoH Craig Harrison, yang membunuh pada jarak 2.475 m (2.707 yard). Ia adalah seorang sniper dari Household Cavalry Angkatan Bersenjata Inggris. Itu terjadi dalam suatu kontak pada bulan November 2009. Pada peristiwa itu dua orang taliban bersenjata mesin terbunuh diselatan Musa Qala, Provinsi Helmand, Afghanistan. Dengan dua tembakan berturut - turut oleh CoH Harrison menggunakan senapan jarak jauh Accuracy International L115A3 yang diisi dengan .338 Lapua Magnum.


Quote:Karena banyak yang tanya ane tambah :

Spotter\temennya sniper yang bawa teropong : tugasnya untuk mengetahui Jangkauan target, arah angin, kecepatan angin, ketinggian sniper dan target, dan temperatur disekitarnya.

Beda Petembak runduk dan Petembak jitu : Dalam dunia militer, kata sniper artinya lebih merujuk kepada petembak runduk , sedangkan petembak jitu dalam bahasa Inggris lebih merujuk kepada marksman maupun sharpshooter. Lalu apa bedanya? Sniper biasanya tidak bekerja secara berkelompok atau regu, ia hanya bekerja sendirian ataupun terkadang ia ditemani oleh seorang spoter yang bertugas memberikan petunjuk kepada sniper serta sebagai “pengganti” sniper untuk mengurangi kelelahan pada mata. Tugas sniper biasanya adalah sebagai pengintai dan pelapor keadaan lapangan yang sangat berharga, sehingga efek psikologis sniper terhadap musuh sangatlah besar.

Lain halnya dengan petembak jitu (marksman/sharpshooter). Petembak jitu hanya bekerja secara berkelompok ataupun dalam regu, karena ia hanya berfungsi sebagai penambah jarak jangkau tembak regu dalam suatu pertempuran. Perbedaan lainnya adalah, sniper merupakan ahli kamuflase dan stealth. Selain itu, senjata yang digunakan sniper biasanya senjata khusus petembak runduk bolt-action dan juga memiliki jarak jangkau tembakan yang sangat jauh, lebih dari 800 m. Contoh senjatanya diantaranya M82, SVD Dragunov, PSG -1, dan Remington 700. Sedangkan pada petembak jitu, ia tidak ahli dalam kamuflase dan memang tidak dilatih khusus untuk itu. Senjata yang digunakanpun hanya jenis assault rifle yang diberikan scope, sehingga jarak jangkau tembakannya lebih jauh dari prajurit militer biasa. Jaraknya hanya sekitar 300 sampai 600 m.

Itulah yang perlu anda ketahui mengenai perbedaan dari sniper dan petembak jitu. Sekarang anda tahu kan apa perbedaannya? Jangan sampai kita mendengar kalau sniper dan petembak jitu itu sama.


Quote:Tambahan dari timoontut

ane pernah nonton di national geographic channel gan..

mau secanggih apapun senjatanya, tetep aja angin berpengaruh banget apalagi kalo misinya lagi di daerah perbukitan/pegunungan gan..
dia harus bisa memprediksi kecepatan anginnya & jaraknya (biasanya asistennya yg pake teropong itu yg kasih tau), nah kalo sasarannya lagi jalan bakal lebih susah lagi, apalagi kalo jalanannya naik turun ga karuan gan..



Requets dari agan destroyer30 Macam - Macam Sniper yang terkenal :

Spoiler for SVD (Snayperskaya Vintovka Dragunova):


Tunggu Update selanjutnya, TS lagi sibuk sekolah
Kalo temen si sniper yang doyan bawa teropong namanya apa ya?
Keren gan
kamuflasenya mantep2 yah gan

mantteppppp

Thumbs up Nice thread :)

Klo mau jadi sniper sekolah dimana ya?


Bantu mampir & komen di lapak ane dong om --> Jual Murah Apple iPad 2nd 64 GB - FULL FILM HD.
owh gitu yagan,,nice trit gan,,ane biasanya cm sniper bebek d game gan...
Quote:Original Posted By the.krieger
Kalo temen si sniper yang doyan bawa teropong namanya apa ya?


Spotter namanya gan

Quote:Original Posted By leasheehan
kamuflasenya mantep2 yah gan

mantteppppp


Quote:Original Posted By julfix1
Keren gan


Thx gan uda mampir
keren gan penjelasanya, detail banget, ane mang paling demen baca2 sniper, coz ane mang lg belajar cara menembak ala sniper tapi target ane bukan orang melainkan TIKUS gan
nice thread gan...
kalo sniper pav ane yang pakek ini gan..

Quote:Original Posted By the.krieger
Kalo temen si sniper yang doyan bawa teropong namanya apa ya?


spotter kalo ga salah
mantap gan
Quote:Original Posted By fatieh09
keren gan penjelasanya, detail banget, ane mang paling demen baca2 sniper, coz ane mang lg belajar cara menembak ala sniper tapi target ane bukan orang melainkan TIKUS gan


thx gan uda mampir ,
masuk sekolah militer aja gan
Quote:Original Posted By classicaways


spotter kalo ga salah


Spotter gan
belajar jadi sniper bisa di game console juga gan

Quote: Mampir ke Trit ane yang laen gan :

[share] kebiasaan unik di indonesia

[TIPS] ngeblok situs BB [penting buat yang punya anak]


Quote:Original Posted By the.krieger
Kalo temen si sniper yang doyan bawa teropong namanya apa ya?


tukang intip, alias mata keranjang kali gan
ane seneng main game sniper gan, seru pokonya
wahhhhhh, hebat nih TSnya, makasih bgt infonya, sangat membantu
makasih gan buat infonay bermangfaat bgt
SNIPER dibikinin thread keren gan sharenya ane juga suka banget kalau liat sniper2 difilm tuh gan
×