KASKUS

Cool Share & Diskusi - Balikpapan & Tana Paser


Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada TS sebelumnya.
Dengan ini saya membuat trit baru dengan tujuan lebih mempererat lagi tali silaturrahim antara kaskuser Balikpapan, Tanah Grogot, dan sekitarnya.




Rules .....

1. Teruntuk pendatang baru warga asli Balikpapan dan Tanah Grogot diharapkan mengisi ?? Biodata Kaskuser Balikpapan, Tanah Grogot dan Sekitarnya ??
2. No SPAM, No postingan berbau BB, DP, Sara dan semacamnya, No Flame
3. Dilarang monolog atau posting jawab sendiri
4. Dilarang emot only.
5. Gunakan multiquote untuk quote lebih dari 1 untuk wap bisa pake '@' untuk multiquote
6. Transaksi BRP/GRP lewat japri aja ye
7. Bebas dah Prime apa Klon, tapi cantolin identitas di location yah :


Rules diatas bisa berubah sesuai kondisi yang ada




Sanksi atas pelanggaran .....

1. Teguran pertama
2. Teguran & silahkan edit post
3. Teguran & request delete post
4. Kalo bandel ya dengan terpaksa request ID banned




Upcoming Event Kaskus .....
Dari Kid5234, Supaya bisa ter-update TS


# [FR] BakSos Kaskuser Balikpapan untuk Korban Kebakaran
# Gath+Bukber 1 Balikpapan
# Gath dan Bukber Kaskuser Balikpapan kloter 2
# Gath + Silahturahmi Lebaran
# Balikpapan Mini Gath - Pasifica
# [FR]Bakti Sosial Bersih-bersih Lingkungan
# ????? [FR] Gathering Akbar Kaskus Sub - Regional Balikpapan ?????
# ??? [FR] Gath + Baksos Kaskuser Sub Regional Balikpapan ???
# Pemilu RKT di Sub. Reg. Balikpapan
# Baksos Bersih2 Pantai SMKN 1 Bpp with Kaskuser Bpp
# 1st Gath Backpaker RKT at Balikpapan - photo1 - photo2
# photo Gath OP warnet Balikpapan

Silahkan PM jika ada yang ingin ditambahkan



Thread & Info Balikpapan .....

# ccc [OFFICIAL]Futsal Addict - Balikpapan. ccc
# KBC Chapter Balikpapan
# Fotografer Balikpapan
# Info Lowongan Kerja di Balikpapan



Please follow the rules
and
Keep respect with the others!


Thumbs up Undangan | Upcoming Event

Spoiler for 24 Maret 2012:

Thumbs up Credit to kid5234

Balikpapan





BERIMAN : Bersih Indah Aman dan Nyaman


Quote:Balikpapan adalah kota kedua terbesar di provinsi Kalimantan Timur. Terletak di suatu teluk kecil di Selat Makassar, sekitar 115 km dari Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Sebagian besar dikelilingi oleh laut, Balikpapan adalah pusat utama minyak, pertambangan dan industri kayu. Kota ini kadang-kadang disebut "Gerbang Utama" Kalimantan. Memiliki salah satu bandara internasional, yang disebut Sepinggan, beberapa pelabuhan, seperti Semayang dan somber dan satu pelabuhan untuk industri minyak dan pelabuhan internasional di Kariangau untuk masa depan. Selain itu, Balikpapan, juga dikenal sebagai kota kaya, bersih, dan salah satu kota teraman di Indonesia. Dikelilingi oleh teluk dan selat, disebut Teluk Balikpapan dan Selat Makassar, kota ini juga memiliki potensi untuk bisnis, seperti perdagangan dan pariwisata. Banyak beragam orang tinggal di kota balikpapan ini, seperti: Dayak, Bugis, Jawa, dan berbagai suku pendatang lainnya.

Spoiler for peta balikpapan awas BWK:


Asal-usul kota Balikpapan
Quote:
Nama Balikpapan kurang jelas kapan berasal dan apa makna nama itu. Menilik susunan katanya dapat dimasukkan ke dalam asal kata bahasa Melayu. Menurut buku karya F. Valenijn pada tahun 1724, menyebut suatu daerah di hulu sebuah sungai di sebuah Teluk sekitar tiga mil dari pantai, desa itu bernama BILIPAPAN. Lepas dari persoalan ucapan maupun pendengaran, jelas bahwa nama tersebut dikaitkan dengan sebuah komunitas pedesaan di teluk yang sekarang dikenal dengan nama Teluk Balikpapan.


Quote:
Terdapat beberapa versi terkait dengan asal-usul nama Balikpapan :

Versi Pertama ( Sumber : Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 )

Menurut legenda asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan) dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama "Jenebora". Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai "Baliklah - papan itu" atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).

Versi Kedua ( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan )

Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama "Negeri Balikpapan". Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama " KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN ". Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama "KULENG - PAPAN" atau artinya "BALIK - PAPAN" (Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya Balik dan Papan artinya Papan) dan diperkirakan nama negeri Balikpapan itu adalah sekitar tahun 1527.



Hari jadi Kota Balikpapan ditentukan pada tanggal 10 Februari 1897. Penetapan tanggal ini merupakan seminar sejarah Kota Balikpapan tanggal 1 Desember 1984. Tanggal 10 Februari 1897 ini adalah tanggal Pengeboran pertama minyak di Balikpapan yang dilakukan Perusahaan Mathilda sebagai dari pasal-pasal kerjasama antara J.H Menten dengan Mr. Adam dari Firma Samuel dan CO.

beberapa view kota Balikpapan:
Spoiler for penampakan:



Situs Pemerintah :
Code:

http://balikpapan.go.id/index.php


Situs Pariwisata :
Code:

http://pariwisata.balikpapan.go.id/index.php


Quote:Trayek Angkutan Kota (Angkot) Balikpapan

No. 1 (warna angkot Orange)
RSS Damai III – Terminal Batu Ampar – Karang Anyar – Kebun Sayur/Pasar Inpress (Pusat cindera Mata)- Kampung Baru (PP)

No. 2 (warna angkot Abu2)
Terminal Batu Ampar - Rapak - Puskib - Mayjend Sutoyo - Gn. Guntur - Sungai Ampal - Balikpapan Baru

No. 2A (warna angkot Hijau Muda)
Terminal Damai – Jl. MT. Haryono – Perumahan Balikpapan Baru / RSS Damai III – RSS Damai eriman / Korpri – Terminal Batu Ampar (PP)

No. 3 (warna angkot Biru Muda)
Terminal Bis Batu Ampar – Muara Rapak(Plasa Muara Rapak) – Gn.Sari – Pertigaan BC (Balikpapan Plasa) – Pasar Klandasan – Monumen (Patung Perjuangan & Taman), Restaurant pinggir Laut – Lapangan Merdeka (tempat olahraga & santai) – Pantai Melawai (Kafe-kafe lesehan pinggir laut) – Pelabuhan Laut (PP)

No. 5 (warna angkot Kuning)
Kampung baru (Kampung Air ) – Kr. Anyar – Muara Rapak (Plasa Muara Rapak) – Gn. Sari – Pertigaan BC (Balikpapan Plasa)– Pasar Baru (Pasar Baru Square – Cinema XXI) – Terminal BP (PP)

No. 6 (warna angkot Biru Tua)
Kampung Baru – Kebun Sayur/Pasar Inpress (Pusat cindera Mata) /pasar pandansari – Jl.Minyak (Kilang Minyak Pertamina) – Pelabuhan – Lap. Merdeka – Pasar Klandasan – Pertigaan BC (Balikpapan Plasa)

No. 7 (warna angkot Hijau Tua)
Terminal Damai – Stal Kuda – Sepinggan – Batakan – Manggar – Gunung Tembak (PP)

No. 8 (warna angkot Krem)
Terminal Batu Ampar – Km.24 ( Karang Joang ) PP

No. 8A (warna angkot Ungu)
Terminal Batu Ampar - Jl. Soekarno Hatta - Kariangau - Pelabuhan Kariangau


Quote:Original Posted By mackbers

SG KASKUSER BALIKPAPAN

YANG HOBBY NONTON DI BALIKPAPAN

XXI Balikpapan

Thumbs up Credit to dywancoi

Tempat Oleh2 & Wisata yang bisa dikunjungi di Balikpapan



1. Kebun Sayur, Pusat Kerajinan dan Oleh2 Balikpapan


Mencari oleh-oleh dan kerajinan di Balikpapan? cukup datangi Pasar Inpres Kebun Sayur yang merupakan “Pasar Kerajinan” yang menjual berbagai hasil kerajinan tangan khas Kota Balikpapan. Pasar ini juga berdampingan dengan pasar oleh-oleh untuk buah-buahan dan juga makanan khas Balikpapan seperti Amplang dan makanan kering lainnya.

Spoiler for kebun sayur:



2. Monpera

Monumen ini terletak di pusat kota tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman persis didepan kantor Markas KODAM VI Tanjung Pura. Monumen ini menggambarkan perjuangan dan keberanian rakyat Indonesia dalam melawan bangsa penjajah. Klo masuk bayar, ktnya sih bwt perawatan monument

Spoiler for monument:


3. Pantai Melawai

Pantai yang teletak di Jl. Jend. Sudirman dekat dengan Pulau Tukung, tempat dimana para pedagang menjual berbagai macam masakan - minuman yang nikmat dengan harga yang relatif murah. Pengunjung dapat duduk bersantai, bersantap diatas tikar sambil menikmati deburan ombak dan melihat kapal-kapal yang berlayar, lego jangkar maupun yang sedang menurunkan muatan di pelabuhan laut Semayang. Lokasi ini buka mulai pukul 17.00 - 20.30.

Spoiler for melawai:


4. Pantai Manggar

Pantai dengan luas 13.000 m2 dengan air laut yang jernih, riak gelombang yang kecil serta pasir yang putih, merupakan tempat yang nyaman bagi mereka yang ingin bermain, berlayar maupun volley pantai. Tempat ini dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 - 18.00, dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum nomor 7. Lokasi pantai ini berada di Kelurahan Manggar dan Teritip dengan jarak 9 km dari Bandara Sepinggan atau 22 km dari pusat kota Balikpapan.

Spoiler for pantai:

5. Agrowisata KM. 23 Balikpapan

Taman ini diresmikan pada tanggal 17 Desember 1997 oleh mantan Wakil Presiden RI Tri Sutrisno. Dengan areal seluas 100ha, terletak di Jl. Soekarno Hatta Km. 23. Di dalam taman ini pengunjung dapat menikmati jenis-jenis tanaman tropis. Disamping itu juga terdapat peristirahatan atau piknik dengan fasilitas antara lain : Rumah Panjang (Lamin) yang terbuka untuk berteduh dengan ornamen Dayak, tempat berkemah dengan pemandangan yang alami serta Play Ground. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dan dapat dikunjungi dengan menggunakan kendaraan roda dua mapun roda empat, juga terdapat angkutan kota trayek No. 8 dengan tarif Rp. 2.500,-

Spoiler for for Kawasan Agrowisata KM. 23:


6. Hutan Lindung Sungai Wain

Hutang Lindung Sungai Wain merupakan salah satu hutan yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Hutan Lindung dengan luas areal 10.025 ha. Sungai Wain sepanjang 18.300 m dengan airnya yang jernih, di kiri kanannya terdapat deretan hutan bakau. Habitat binatang yang terdapat di Hutan Lindung Sungai Wain mulai dari ikan, kepiting, burung, kera, orang utan dan lain sebagainya. Pemanfaatan sungai ini juga sebagai sumber air bersih bagi Perumahan Pertamina dan Kilang Minyak yang ada di Kota Balikpapan.

Spoiler for hutan lindung sungai wain:


7. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai adalah kawasan wisata alam yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan.

Spoiler for bukitbangkirai:


8. Pantai Lamaru

Terletak di sebelah timur pantai Manggar Segara Sari. Pantai berpasir putih ini ditumbuhi pepohonan cemara pantai yang memberikan kesan teduh dan alami. Panti yang memberikan kesan natural ini merupakan pilihan bagi mereka yang mendambakan suasa teduh dan santai untuk melepaskan diri dari kesibukan aktifitas kota.

Spoiler for pantai:


9. Carribean Waterpark

Merupakan salah satu taman bermain air "Water-park" terbesar di Kalimantan Timur. Taman ini dihiasi dengan dekorasi karakter dari dunia 'Disney", seperti: Bajak laut dari Karibbean, Putri Duyung dan juga Dewa Laut.
Taman ini menawarkan berbagai pilihan permainan air yang menarik, seperti: Berenang, Berseluncur, Menikmati kejutan semburan air dari keranjang gurita raksasa atau sekedar untuk bermain air. Dari "cottage-cottage" kayu yang tertata apik, anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar sambil mengawasi putra-putri tercinta. Andapun bisa bermain bersama putra-putri, berenang, menonton pertunjukan di panggung hiburan kolam atau bersantai mengikuti aliran "sungai malas".

Spoiler for waterpark:


10. Taman Bekapai

Adalah taman yang terletak tepat di Jantung Kota Balikpapan. Taman bekapai merupakan salah satu wujud kebangaan masyarakat Balikpapan sebagai Kota Minyak. Tepat di tengah taman ini terdapat sebuah patung perunggu lengkap dengan air mancurnya yang bila tertimpa sinar malam hari akan menimbulkan siluet laksana semburan minyak bumi.
Tatanan tempat duduk santai di lindungi pohon-pohon palem, dan kemudahan akses mencapai lokasi taman, menjadikan taman ini sebagai salah satu tempat ideal untuk para wisatawan beristirahat sejenak di saat berkeliling pusat Kota Balikpapan.

Spoiler for taman bekapai:

11. Kemala Beach

Terletak di sekitar jantung Kota Balikpapan. Pantai mungil berpasir putih ini di warnai dengan nuansa Bali yang menawarkan suasana nyaman dan santai.
Foodcourt yang ditata dengan apik di tepi pantai lengkap dengan sentuhan cahaya lilin di malam hari menjadikan pantai ini salah satu pilihan untuk menikmati makam malam dengan suasana pantai di alam terbuka.

Spoiler for kemalabeach:


12. Penangkaran Buaya

Terletak di daerah Teritip, sekitra 17 Kilometer sebelah timur Kota Balikpapan. Penangkaran ini memiliki luas kurang lebih 1,000 meter persegi yang bisa menampung kurang lebih 1500 ekor buaya.
Penangkaran ini memasok kulit buaya sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam aksesori seperti: tas, dompet, ikat pinggang dan lain-lain. Selain memlihara jenis buaya ternak untuk diambil kulitnya, penangkaran buaya ini juga memelihara beberapa ekor buaya dari jenis yang termasuk langka di dunia seperti: buaya supit dan buaya air tawar.

Spoiler for teritip:

Thumbs up Credit to maniacchocolate

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentu.

Peserta program Adipura dibagi ke dalam 4 kategori berdasarkan jumlah penduduk, yaitu:
Kota Metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa)
Kota Besar (500.001 - 1.000.000 jiwa)
Kota Sedang (100.001 - 500.000 jiwa)
Kota Kecil (sampai dengan 100.000 jiwa)
Dalam lima tahun pertama, program adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi "Kota Bersih dan Teduh"

Kriteria
Kriteria Adipura terdiri dari 2 indikator pokok:
Indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota
Indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap
(tambahan: Setiap Peserta yang meraih Poin 73 atau lebih dalam penilaian maka peserta tersebut berhak atas Piala Adipura)

Sejarah
Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang.

PrestasiKota Balikpapan di ajang Piala Adipura
Balikpapan meraih 15 kali Piala Adipura, dan sembilan diantaranya diraih secara berturut turut dengan rincian sebagai berikut:
- 1990,1991,1992,1993,1994,1995,1996,1997,1998 meraih Piala Adipura di kategori Kota Sedang

- 1999,2000,2001 Penialaian Adipura ditiadakan

- 2002,2003 Piala Adipura Gagal diraih

- 2004,2005,2006,2007meraih Piala Adipura di kategori Kota Besar

- 2008 Piala Adipura Gagal diraih

- 2009,2010kembali meraih Piala Adipura di kategori Kota Besar

BALIKPAPAN
KUBANGUN KUJAGA KUBELA


credit to maniacchocolate

Thumbs up Credit to kid5234

Tanah Grogot




Quote:Tanah grogot merupakan Ibukota Dari Kabupaten Paser

Kabupaten Paser merupakan kabupaten yang berada di wilayah selatan kalimantan timur dengan luas 11.607 Km atau kurang lebih 10%dari luas propinsi. Kabupaten Paser dengan jumlah penduduk 186.649 jiwa dari 48.964 Kepala Keluarga (Data November 2005) yang terdiri dari 10 Kecamatan ,yaitu:
a.Kecamatan Batu Sopang : 11.510 jiwa = 3.070 KK
b.Kecamatan Tanjung Harapan : 7.043 jiwa = 1.761 KK
c.Kecamatan Paser Belengkong : 20.190 jiwa = 5.245 KK
d.Kecamatan Tanah Grogot : 46.186 jiwa =11.052 KK
e.Kecamatan Kuaro : 21.487 jiwa = 5.257 KK
f.Kecamatan Long Ikis : 32.632 jiwa = 9.598 KK
g.Kecamatan Muara Komam : 11.426 jiwa = 3.706 KK
h.Kecamatan Long Kali : 22. 871 jiwa = 5.221 KK
i.Kecamatan Batu Engau : 9.924 jiwa = 2.965 KK
j.Kecamatan Muara Samu : 3.380 jiwa = 1.089 KK
Secara geografis Kabupaten Paser dengan batas wilayah administrasi sebagai berikut :
Sebelah Utara :berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat dan Penajam,Balikpapan dan Kutai Kartanegara
Sebelah Selatan :berbatasan dengan Kabupaten Pulau Laut Provinsi Kalimantan Selatan
Sebelah Barat :berbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara Kabupaten Tabalong Kalimantan Tngah dan Kabupaten Barito Timur Kalimantan Selatan
Sebelah Timur :berbatasan dengan Selat Makasar.
Spoiler for peta wilayah:



Asal usul Tanah Grogot
Quote:Asal-usul nama Kota Tanah Grogot berdasarkan cerita setempat tidak dapat dilepaskan dari peristiwa sejarah di Sulawesi Selatan. Menurut Lontara Wajo dikisahkan ketika Raja Bone La Patau Matanna Tika mengundang Arung Matoa Wajo La Salewangeng untuk menghadiri pesta melubangi telinga putrinya. Bersamaan dengan itu ikut pula La Madukelleng. Sebagaimana kebiasaan bahwa sudah menjadi kegemaran bangsawan Bugis dalam setiap pesta raja-raja pada masa dahulu sering mengadakan pesta sabung ayam.

Pada pelaksanaan sabung ayam tersebut terjadi ketidakadilan dalam penyelenggaraan acara, saat ayam putera Raja Bone mati dikalahkan oleh ayam Arung Matowa Wajo. Kemenangan itu tidak diakui oleh orang Bone dan mereka berpendapat bahwa pertarungan tersebut sama kuatnya. Hal ini menyebabkan terjadinya keributan dan berujung pada perkelahian yang mengakibatkan korban di pihak Bone lebih banyak dibandingkan korban di pihak Wajo. Dengan adanya perkelahian tersebut Raja Bone menuntut kepada Wajo agar La Madukelleng menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya yang dianggap salah. Akan tetapi orang Wajo tidak bersedia memenuhi permintaan Raja Bone. Sebelum Kerajaan Wajo diduduki pasukan Bone, karena tidak mau dijajah La Maddukeleng beserta para pengikutnya merantau meninggalkan Wajo untuk menghindari balas dendam yang akan dilakukan oleh Kerajaan Bone.

La Madukelleng dalam perantauannya dengan bermodalkan tiga ujung; ujung lidah sebagai bekal diplomasi, ujung badik untuk bertarung, dan ujung kelamin melalui perkimpoian. Ia malang melintang di negeri orang mengukir kejayaan orang Bugis secara turun menurun. Dengan modal tersebut La Maddukeleng beserta para pengikutnya dan delapan orang bangsawan menengah, yaitu La Mohang Daeng Mangkona, La Pallawa Daeng Marowa, Puanna Dekke, La Siareje, Daeng Manambung, La Manja Daeng Lebbi, La Sawedi Daeng Sagala, dan La Manrappi Daeng Punggawa berangkat dari Paneki, dan pada awalnya menetap di Tanah Malaka (Malaysia Barat). Kemudian pindah dan menetap di wilayah Kerajaan Paser tepatnya di Muara Sungai Kandilo selama sepuluh tahun, sebelum kembali ke Wajo dan diangkat menjadi Raja di Kerajaan Wajo.

Namun, setelah rombongan tersebut menetap di tempat tersebut, jauh di tanah Sulawesi Selatan berhubung tanah Wajo telah diduduki oleh Kerajaan Bone, banyak pula warga Wajo yang meninggalkan kampung kelahirannya mengikuti jejak rombongan La Madukelleng untuk berlayar menuju tanah Paser, sementara sebagian rombongan yang dipimpin La Mohang Daeng Mangkona menuju ke tanah Kutai dan membentuk pemukiman yang menjadi cikal bakal berdirinya Kota Samarinda. Dengan adanya peristiwa tersebut banyak pula orang Bugis yang pada awalnya berasal dari Wajo, saat itu bermukim dan terlibat dalam perdagangan di sekitar Sungai Kandilo.

Dalam keseharian rombongan orang Bugis-Wajo yang bermukim di pinggiran Sungai Kandilo sering mendengar suara arus yang sangat deras dari arus sungai yang menimbulkan suara gemuruh. Dari keadaan itulah orang Bugis-Wajo menamakan pemukiman mereka dengan sebutan Tanah Geroro-E (Geroro-E : suara gemuruh). Dari istilah inilah para Sultan Kerajaan Paser pada saat itu kemudian sering menyebut dengan Tanah Geroro-E yang lama kelamaan diperkirakan menjadi cikal bakal sebutan Kota Tanah Grogot.

Selanjutnya ketika di Kota Tanah Grogot sudah banyak orang Bugis yang bermukim di sepanjang Sungai Kandilo, datang pula utusan Belanda yang tertarik untuk mengadakan usaha perdagangan di Kota Tanah Grogot sekitar tahun 1829 M. Hal ini dikarenakan kondisi perniagaan Paser pada saat itu sudah cukup ramai dan strategis. Pedagang Belanda yang bernama Alexander Van Soow mengajukan permohonan langsung pada Sultan Kerajaan Paser untuk meminta izin membangun sebuah rumah sebagai tempat usaha untuk menjual garam dan candu. Dalam permohonannya tersebut berhubung lidah orang Belanda tidak bisa menyebut Tanah Geroro-E maka pada akhirnya disebut Tanah Grogod.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa sebutan Tanah Grogod tersebut lama kelamaan ejaannya disempurnakan menjadi Tanah Grogot. Dengan berjalannya waktu karena kondisi Kota Tanah Grogot semakin ramai setelah dihuni oleh orang Bugis, selanjutnya datang juga orang Banjar, Jawa, dan sebagainya yang menyebabkan penduduk Kota Tanah Grogot semakin banyak. Penduduk tersebut lebih dominan berasal dari Bugis dan Banjar, sehingga kebudayaan mereka cepat membaur dengan penduduk asli Suku Paser. Maka dari itu tidak mengherankan bahwa pada saat ini dapat dijumpai perpaduan budaya pada orang Paser di Kota Tanah Grogot. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya penduduk yang datang hingga Kota Tanah Grogot terus berkembang pesat. Pada akhirnya berdasarkan Undang-undang Nomor 27 tahun 1959 pada tanggal 29 Desember 1959, Kota Tanah Grogot diresmikan sebagai ibukota Kabupaten Paser.


beberapa view Tanah Grogot:
Spoiler for tanah grogot:



Paser Buen Kesong : Paser Berhati Baik


Situs Pemerintah :
Code:
http://www.paserkab.go.id/


Situs Pariwisata :
Code:
http://pariwisata.paserkab.go.id/?pilih=hal&id=151




Tempat Wisata di Tanah Grogot


Spoiler for wisata:


buat temen2 Tanah Grogot kalo ada yg mw ditambahkan pm aja ya


credit to kid5234

Thumbs up Credit to maniacchocolate

Arti Gambar dan Lambang Daerah Kota Balikpapan



Quote:No Detail Arti / Keterangan
1. Bentuk Lambang Perisai
2. Perbandingan Ukuran 3 : 4
3. Perisai Pelindung dalam perjuangan mencapai cita-cita revolusi Indonesia
4. Warna Hijau Daun Kemakmuran
5. Warna Putih Kesucian
6. Warna Merah Keberanian
7. Warna Kuning Emas Keluhuran
8. Warna Biru Muda Ketentraman
9. Manuntung Tabah Sampai Akhir
10. Bintang Segi Lima Pancasila
11. Tangga, Padi, Kapas, Roda dan Kilang Sumber Inspirasi dan Aspirasi Untuk Membangun
12. Dua Buah Layar Pintu Gerbang Kalimantan Timur
13. Perahu dengan Dua Buah Lengkungan Layar Bagian Bawah Latar Belakang Geografis
14. Telabang Pertahanan dan Kebudayaan
15. Kilang dan Teluk di bawah Lekukan Layar Mengesankan Ciri Khas Kota Balikpapan
16. Bunga Dan Daun Kapas Berjumlah 21 Tanggal 21-01-1960 merupakan
tanggal permulaan berdirinya Pemerintahan Kotamadya Balikpapan.
17. Telabang Berjumlah 1
18. Butir Padi Berjumlah 60
*
Lampiran Peraturan Daerah Kotamadya Balikpapan No.01 /P.D./19 - 70
Tanggal 19 Januari 1970 tentang Lambang Daerah Kotamadya Balikpapan




this is Hymne of Balikpapan

Quote:Anugerah yang Engkau berikan
Pada kami Kota Balikpapan
Terbentang Indah dan menawan
Antara hutan bukit dan lautan
Rasa syukur kami panjatkan
UntukMu Tuhan Yang Maha Esa
Membangun kota tercinta
Bersih indah aman dan nyaman
Balikpapan Balikpapan
Ku Bangun Kujaga Kubela
Balikpapan Balikpapan
Terima Kasih Tuhan Tercinta

alamat download:
hymne balikpapan




Hotel-hotel di Balikpapan

Quote:1. Grand Senyiur Hotel - Alamat : Jl. Ars. Muhammad No.7 Balikpapan no. telp 0542-820211

2. Novotel Hotel - Alamat : JL Brigjen Ery Suparjan No 2 Balikpapan
no. telp 0542-820820

3. Le Grandeur Hotel - Alamat : Jl. Jend. Sudirman No.01 Balikpapan
no. telp 0542-420155

4. Blue Sky Hotel - Alamat : Jl.Letjen Soeprapto No.1 Balikpapan
no. telp 0542-735844/45

5. Sagita Hotel - Alamat : Jl. Mayjend Sutoyo No. 69 Balikpapan
no. telp 0542-820300

6. Pasific Hotel Jl. Jend. A. Yani No.33 Balikpapan
no. telp 0542-750888/427252

7. Grand Tiga Mustika Hotel - Alamat : Jl. ARS. Muhammad No.51 Balikpapan
no. telp 0542-733788

8. Adika Bahtera Hotel - Alamat : Jl. Jend. Sudirman RT.05 No.02 Balikpapan
no. telp 0542-418000

9. The Star Hill Apartment - Alamat :Jl. Pupuk Raya RT.76 No.17-19 Balikpapan
0542-761595

10. Town House BDI- Hotel & Residence - Alamat : Jl. MT. Haryono, Komplek BDI RT.82 Balikpapan
no. telp 0542 8879650-51
0542 8879652 (Fax)

11. Zurich Hotel - Alamat :\tJl. Jend. Sudirman No. 81 Stal Kuda Balikpapan
no. telp 0542-760808

12. Mirama Hotel - Alamat : Jl.. APT Pranoto No.16 Balikpapan
no. telp 0542-412442

13. Aida Hotel - Alamat : Jl Jend. Ahmad Yani, Mon. Adipura Balikpapan
no. telp 0542-421006

14. Andhika Hotel Jl. Semoi RT.14 No.36 Balikpapan
no. telp 0542-423212


15. Ayu Hotel Jl. Pangeran Antasari RT.01 No.18 Balikpapan
no. telp 0542-425290

16. Bandara Int. Hotel - Jl. Marsma R Iswahyudi RT.07 No.02 Balikpapan
no. telp 0652-763877

17. Beriman Hotel - Jl. Soekarno Hatta Km.4 No.01 Balikpapan
no. telp 0542-422178

18. Bintang Hotel - Jl. Jend. Sudirman Komp. PMP Blok B No.31-34 RT.12 Balikpapan
no. telp 0542-735008, 735918

19. Buana Lestari Hotel Jl. Jend. Sudirman no.418 Balikpapan
no. telp 0542-737175

20. Budiman Hotel Jl. Jend. A. Yani RT.1 No.34 Balikpapan
no. telp 0542-736030

21. City Hotel Jl. Jend. Sudirman RT.23 No.45 Balikpapan
no. telp 0542-396175

22. Citra Nusantara Hotel -\tJl. Dondang Antasari Balikpapan
no. telp 0542-410310

23. Gajah Mada Hotel - Jl. Jend. Sudirman RT.4 No.328 Balikpapan
no. telp 0542-734634

24. Intan Hotel - Jl. Letjen Suprapto RT.28 No.06 Balikpapan 0542-416196

25. Kharisma Hotel - Jl. Pandan Sari RT.17 No.31 Balikpapan
no. telp 0542-742256

26. Mahakam Hotel - Jl. Soekarno Hatta RT.29 No.02 Balikpapan
no. telp 0542-442993

27. Mama Hotel - Jl. Jend. A. Yani RT.03 No.85 Balikpapan
no. telp 0542-442619

28. Mega Buana Hotel - Jl. Jend. Sudirman Komp. BB Blok A/12 RT.01 Balikpapan
no. telp 0542-7203351

29. Mega Lestari Hotel - Jl. Ars. Muhammad No.32 Klandasan Balikpapan
no. telp 0542-411811, 424762

30. Melati Hotel Jl. Sultan Alauddin RT.02 No.07 Balikpapan
no. telp 0542-441300

31. Mentari Hotel - Jl. Mayjen Sutoyo RT.05 No.07 Balikpapan
no. telp 0542-745187, 7455187

32. Mitra Amanah - Jl. Ars. Muhammad RT.27 No.31 A Balikpapan
no. telp 0542-422857

33 Murni Hotel -Jl. Jend. Ahmad Yani, Mon. Adipura Balikpapan
no. telp 0542-738692
Melati
34. Mutiara Indah Hotel - Jl. Mayjend. Sutoyo Gn. Malang Balikpapan
no. telp 0542-421788

35. Nuansa Indah Hotel - Jl. Jend. Sudirman RT.12 No.01 Balikpapan
no. telp 0542-418555

36. Nugratama Indah Permai (Hotel) Jl. Soekarno Hatta Km.5,5 Balikpapan
no. telp 0542-733141, 733142

37. Pavilliun Hotel - Jl. Adil Makmur RT.23 No.33 Balikpapan
no. telp 0542-747289

38.Sartika Hotel - Jl. APT. Pranoto RT.39 No.09 Balikpapan 0542-421064

39. Sepinggan Hotel - Jl. Marsma R. Iswahyudi RT.07 No.60 Balikpapan
no. telp 0542-761225, 762247

40. Simpatik Hotel - Jl. Jend. Sudirman Stal Kuda Balikpapan
no. telp 0542-761392

41. Sinar Lumayan Hotel -Jl. Jend. A. yani RT.05 No.49 Balikpapan
no. telp 0542-736092

42. Sinderella Hotel - Jl. Mayjen Sutoyo RT.37 No.62 Balikpapan
no. telp 0542-424865





Beberapa tempat kuliner di Balikpapan yang ajib:

Quote:~Nasi Kuning >>>> Depot Selamat/ Depot Miki/ Depot Nur Jaya/ dll

~Soto Banjar >>>> Next DPRD Balikpapan/ Belakang Belauran Kelandasan/ Gunung Kawi/ Gunung Malang/ Depot Semarang/ Depot Cendrawasi/ Gunung Sari (Sore-Malam)

~Pepes Patin + Ayam Bakar Banjar >>>> Belakang BC samping mesjid/ RSS/ Resto Teluk Bayur/ Resto Bondy

~Coto Makasar >>>> Depot Selamat/ Depot Nur Jaya/ Gunung Sari (Malam)

~Sop Buntut >>>> Gunung Malang/ Depot Semarang/ Depot Cendrawasih/ Bakso Sapi Pasar Baru

~Sate Ayam + Kambing Sony >>>> depan Pizza Hut/ Ponorogo on the BB/ Pelabuhan

~Es Campur Ny Moerie >>>> Gunung Malang/ Depot Cendrawasih

~Bakso >>>> SMA1/ Idola Malang/ Sapi Pasar Baru

~Rawon + Nasi Pecel >>>> Tulung Agung

~Sea Food >>>> Rest Monument/ Rest Sanghai/ Rest Kenari/ Rest Teluk Bayur/ Rest Bondy/ Samping Kantor POS (dari siang sampai tengah malam)

~Rest Chinese Food >>>> Rest Dinasty (Halal)/ Rest Sangrilla/ Rest Naga BB/ Rest Dragon Phonix BB/ Rest Sanghai Markoni/ Rest Gajah Mada/ Depot Aweng Pasar Baru/ Depot Loho Kok Pandan Sari/ Depot Panjang Pandan Sari/ Rest Guan Tanah Merah Pandan Sari/ De Cafe/ Blue Sky Hotel

~Steak >>>> Rest Bondy/ BBC Cafe's Batakan

~Kue2 Tradisional >>>> Play Boy Gunung Sari/ Depan Mesjid Pandan Sari (jam 3 s/d 5sore)/ Toko Mega Jaya/ Englan Bakery

~Roti >>>> England Bakery/ Sang Randy/ Rest Bondy/ De Cafe/ Blue Sky Hotel

~Dim Sum >>>> Blue Sky Hotel

selamat menikmati makanan Balikpapan





BALIKPAPAN
KUBANGUN KUJAGA KUBELA


credit to maniacchocolate

Thumbs up Credit to toedjoeh

Beruang madu
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Quote:


Beruang madu termasuk famili ursidae dan merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Beruang ini adalah fauna khas provinsi Bengkulu sekaligus dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut. Beruang madu juga merupakan maskot dari kota Balikpapan. Beruang madu di Balikpapan dikonservasi di sebuah hutan lindung bernama Hutan Lindung Sungai Wain.


Quote:
Fisik
Spoiler for selengkapnya:



Quote:Habitat
Spoiler for selengkapnya:



Quote:
Makanan
Spoiler for selengkapnya:



credit to toedjoeh

Thumbs up Credit to TheDream07

Numpang share gan,,foto lama kota balikpapan..


sebenrnay nih foto udah ane bikin treet nya di lounge besar,,gak salah donk klo di share dimari juga,,
maaf ya kalo repost...

Spoiler for Kereta-Api-di-kilang-Pertamina-Balikpapan-1950 :


Spoiler for Kawasan-Pintu-5-Jalan-Minyak-Karang-Anyar-1950:


Spoiler for kawasan-Lapangan-Merdeka-1950:

Spoiler for LANJUTAN:


credit to TheDream07

Thumbs up Credit to endri wahyu

Profil dan Sejarah Persiba Balikpapan



Persiba (Persatuan Sepak Bola Indonesia Balikpapan) merupakan klub sepakbola professional dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Klub ini memiliki julukan sebagai tim Beruang Madu (maskot Kota Balikpapan), atau ini berdiri pada tahun 1950. Bermarkas di Stadion Persiba Balikpapan, klub ini memiliki julukan Beruang Madu dan Selicin Minyak. Balistik itulah nama kelompok supporter setianya.

Walau sudah berdiri sejak 1950, Persiba baru menujukan eksistensinya dipanggung sepakbola nasional sejak digulirkannya Liga Indonesia 1994/1995. Persiba pada tahun 2006 lolos ke babak delapan besar. Pada Indonesia Super League musim 2010/2011 lalu, Persiba menempati posisi 3 dibawah Arema dan Persipura, lebih baik dari posisi Persib (4) dan Persija (5). Capaian terakhir ini memunculkan prediksi bahwa kekuatan Persiba diyakini akan semakin hebat kedepannya, terlebih Persiba sebagai wakil dari Pulau Kalimantan memberi kejutan di Turnamen Pemanasan Inter Island Cup 2010 dengan mengalahkan Sriwijaya FC 3-0 pada fase grup, Sriwijaya adalah juara Inter Island Cup dan Piala Indonesia 2010.

Pasang surut prestasi juga dialami tim ini dengan sekali turun kasta di divisi satu, yakni pada musim 1988/99. Lima musim bergelut di level kedua kompetisi sepakbola nasional, Persiba baru bisa kembali ke divisi utama, setelah mampu menempati peringkat empat wilayah Timur pada musim kompetisi 2004.

Setelah itu, tim kebanggaan publik sepakbola di Balikpapan ini terus bertahan di kompetisi level atas hingga akhirnya sukses menembus Superliga sampai sekarang.

semua kaskuser yg mau tau berita update dari tim kebanggaan kota minyak.
bisa gabung ke

PERSIBA ON KASKUS
TSnya cantik lho


credit to endri wahyu

Thumbs up 

reserved
reserpet

Smile 

wah udah ada tamu nih ...

#ke dapur bikin teh
Quote:Original Posted By VitaRocky
wah udah ada tamu nih ...

#ke dapur bikin teh


post nomer 2 khusus buat undangan event yah

biar langsung keliatan ama teman teman

#aku pasang undangan gath pertamax

Smile 

Quote:Original Posted By yogaridho


post nomer 2 khusus buat undangan event yah

biar langsung keliatan ama teman teman

#aku pasang undangan gath pertamax

terserah om sajooo ..

ekes cuma bantu reserp ...

bantuin pindahin post post di thread lama ya om ..
Quote:Original Posted By VitaRocky

terserah om sajooo ..

ekes cuma bantu reserp ...

bantuin pindahin post post di thread lama ya om ..


udah ane pasang

datang yah di undangan nya besok akhir bulan

#di beta ga bisa mindah mindahin postingan :

ntar ane quotin satu satu

#o iya, mudahan ga nyangkut nyangkut page nya



Smile 

Quote:Original Posted By yogaridho


udah ane pasang

datang yah di undangan nya besok akhir bulan

#di beta ga bisa mindah mindahin postingan :

ntar ane quotin satu satu

#o iya, mudahan ga nyangkut nyangkut page nya




wahhh, repot banged ya om

selamat kerja dehhh

#mo review film doloo
loh ini trit baru lagi yak
Quote:Original Posted By VitaRocky

wahhh, repot banged ya om

selamat kerja dehhh

#mo review film doloo

iya ini bety bikin repot aja

Quote:Original Posted By danzdunkin
loh ini trit baru lagi yak


iya oms danar

soal nya kalo bukan trit baru nyangkut nyangkut posting an nya
Quote:Original Posted By VitaRocky
teman teman kaskuser Reg Kaltim berkesempatan mendapat undangan seperti dibawah ini



jadi diharapkan bisa bersiap siap untuk :

Waktu :
7am (7 pagi) s/d Selesai

Tanggal/ Hari :
24 Maret 2012 / Sabtu

Lokasi :
Studio BKV sesuai PM diatas

Acara :
talk show LIVE komunitas kaskus di Balikpapan

Bintang Tamu :
di usahakan mod S3ijiro bisa hadir

Yang bisa datang tolong confirm yah ,
buat disiapin snack nya + sopenir nya

#tolong ontime, soal nya LIVE :
jangan di remeh kan ya undangan ini
yang penting kan kumpul kumpulnya. bukan cuma di online doang kita ada



misal pada ga bisa sabtu, dan bisa dihari minggu.

bisa kita rubah kok ke hari minggu nya tgl 25

mohon masukan teman teman

×