KASKUS

Kreasi anak Pesantren kualitas internasional, Cekidot gaan

APRESIASI SENI PANGGUNG GEMBIRA




Spoiler for Gambar-gambarnya gaan:



Spoiler for Acra pembukaan:


Spoiler for Acara atraksinya:


Spoiler for Acara Tari aceh:


Spoiler for Acara Atraksi gitar:


Spoiler for Acara Acrobatic:



Ide Pokok perayaan
Setiap tahun, Pondok mewajibkan seluruh siswa kelas VI (kelas akhir) untuk menampilkan sebuah acara yang cukup berprestij yang dinamai dengan Pagelaran Seni Panggung Gembira. Acara ini benar-benar menjadi target barometer untuk menilai keberhasilan pendidikan anak-anak selama belajar di Gontor.

Biasanya acara ini diadakan sebagai penutupan dari seluruh rangkaian Pekan Perkenalan Pondok Modern untuk seluruh siswa baru, siswa lama dan seluruh guru-guru dan keluarga mereka.
Pekan Perkenalan atau disebut Pekan Khutbatul 'Arsy diadakan sebagai program wajib untuk memperkenalkan dan mengingatkan mengenai Pondok Modern Gontor. Apa itu Pondok dan Apa yang dicari di Pondok dan segala perkara yang berkaitan dengan Pondok. Pekan Perkenalan diharapkan dapat menghindari berulangnya peristiwa hitam yang pernah berlaku pada 19 Maret 1967.

Sedangkan Panggung Gembira diadakan untuk menutup keseluruhan rangkaian acara Pekan Perkenalan tersebut di samping untuk menghibur para siswa yang baru mengenali alam kepesantrenan. Acara ini secara keseluruhan diprakarsai oleh seluruh siswa kelas VI.

Apa yang dapat dipelajari dari pengadaan acara Panggung Gembira ini ?. Antara pelajaran yang penting adalah:
1. Pendidikan Tanggungjawab. Setiap siswa bertanggungjawab untuk mensukseskan acara ini dari sejak pencarian dana sehingga selesainya acara. Mereka yang mencari dana dan mengeluarkan dana, mereka yang menyediakan dan mendekorasi panggung,
mereka yang membuat undangan dan yang menjadi tuan rumah acara, mereka yang menjadi pemain dalam acara tersebut dan yang mengatur, mereka yang akan membersihkan tempat sehingga acara selesai. Dalam hal ini didukung oleh para pembimbing dari ustadz-ustadz.

2. Pendidikan Kebersamaan. Mereka yang mempunyai latar belakang berbeda suku, adat istiadat, dan kebudayaan melebur menjadi kelompok yang bersatu. Bersama menjayakan acara ini. Perasaan Egoisme harus dibuang jauh-jauh.

3. Pendidikan Keikhlasan. Mereka melakukan latihan siang malam, mencari dana, sehingga selesainya acara, tidak ada satu pun mereka dibayar. Mereka melakukannya dengan ikhlas.

4. Pendidikan Keberanian dan Kepercayaan Diri. Tidak mungkin acara ini akan sukses jika para siswa kelas VI terdiri daripada orang-orang yang penakut dan mempunyai perasaan rendah diri.

5. Pendidikan Penampilan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Acara ini ditampilkan dalam Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Oleh itu tata bahasa yang digunakan selama acara berlangsung merupakan tolak ukur pencapaian bahasa pada siswa akhir periode itu.

6. Pendidikan Kepimpinan. Untuk mengatur jumlah seluruh santri kelas akhir yang menghampiri 800 orang, bukanlah sesuatu perkara yang mudah jika tidak mempunyai ketrampilan Memimpin yang memadai. Para siswa sejak menduduki kelas V sehingga kelas VI sudah dilatih menjadi seorang pemimpin melalui banyak organisasi yang wujud di Gontor termasuk OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern).

7. Pendidikan Kedisiplinan yang tinggi. Acara ini akan berlangsung dengan jayanya jika sejak permulaan konsep sehingga selasai dilakukan dengan penuh kedisiplinan. Mereka bagaikan kumpulan semut yang setiap siswa melakukan tanggungjawabnya masing-masing.
Panggung Gembira dilaksanakan dua hari selepas acara Drama Arena yaitu program serupa yang dilaksanakan oleh seluruh siswa kelas


Spoiler for Pesan moral:
[/CENTER]

Wal akhir syukron gaan dah berkunjung....

dan kiranya kalo agan sekalian berkenan
Spoiler for Monnggo di rating gaan:

Spoiler for Apabila ad keslahan mohon ma'af karena ane just manusia biassa 'ojo di timpuk looh":

Spoiler for Cendol se ikhlasnya gaan:


Tambahan background acara dari tahun ke tahun




Beberapa opini dari agan-agan yang terhormatQuote:Original Posted By pangeranmaniak
Buat agan agan yang punya komentar ini
Quote:Original Posted By CeBePe

mending buat acara amal aje gan
Quote:Original Posted By Lumud.item
hadeeh,,mnding dana'ny buat bantu siswa" yg gk mampu gan..
210jt cm buat pentas panggung..
terlalu mewah sprti'ny..
Quote:Original Posted By M.fadel
gileee... boros banget tuh duitnye... hmm mending duitnye buat ane aje tuh...
Quote:Original Posted By hiro21
Lebih baik lagi buat amal untuk sesama yang masih kekurangan..... seperti ajaran dipondok pesantern gan
Quote:Original Posted By SuperUban
Buset ampe 210 juta, sayang bener....
Apalagi kalau pas acara ketiban hujan....
Quote:Original Posted By gokuza21
apa gak percuma tuh ya gan uang segitu banyakknya ?

Jika acara yang diadakan gontor ini (PG) hanya sekedar mengundang artis, lalu yang mengkoordinir acara hanya beberapa orang, boleh lah dibilang mubadzir, ngabis ngabisin uang.

Tapi acara PG ini dibuat bukan sekedar untuk pentas belaka, tapi terkandung nilai pendidikan yang tak ternilai harganya, yakni pendidikan karakter.

Agan agan kebayang gak acara segede itu benar benar dipegang langsung oleh santri yang notabene umurnya masih 17 atau 18 tahun bahkan masih ada yang 16.

Semua acara yang ditampilkan berasal dari siswa, yang melatih siswa pula. Disana ada investasi pendidikan kepemimpinan yang tak ternilai harganya.

Quote:Original Posted By ObetPanji
wew, budget minim tapi kualitasnya gak kalah sama yang 2M


Nah kalau sama comen agan panji stuju dah ane
Quote:Original Posted By bejrot


Ini bukan pesta gan

ini Pagelaran Seni santri Pondok Modern Gontor

dan dana segede itu udah termasuk murah untuk ukuran acara sebesar ini,

Karena semua yang tampil dari santri juga, dan mereka tak dibayar sepersen pun dalam acara ini. Meski harus berlatih berminggu-minggu, korban tenaga, pikiran, dll.

dari santri, oleh santri, dan untuk santri.

Dan itulah letak pendidikannya.

Bayangkan, itu santri yang tampil ratusan gan. Kalo mereka dibayar, mungkin biayanya puluhan kali lipat lebih gede.

Quote:Original Posted By bejrot


bukan perpisahan gan, ini pagelaran seni.

mungkin di sma agan juga ada.

duit segitu sebagian dari hasil ngumpulin duit se-angkatan, sebagian lagi dari sponsor

kebetulan kami seangkatan sekitar 600an orang, klo tiap orang kumpulin duit 200ribu udah dapet 120 juta.

buat nambal kekurangannya, kami cari sponsor ke mana-mana. Alhamdulillah terkumpul duit segitu

Quote:Original Posted By paranoise
Mantebp..

Hal2 seperti ini yg membangkitkan kreativitas anak2 muda, agar kelak mereka lebih matang menghadapi kehidupan selanjutnya.

Nilai 210jt akan menjadi kecil jika kemudian berkat acara ini, mereka menjadi manusia2 yg berhasil dan kemudian menjadi pelopor kebaikan di wilayah masing2. Ketika mereka sukses, potensi infaq dan zakat nya ins.Allah jg makin besar buat Indonesia.

Coba gan, ente bandinging sama acara dashyat, inbox dkk yg juga ngumpulin massa remaja?? banyak mana dana sama efek positifnya jika dibanding acara ini?

Maju terus putera puteri Indonesia!


Quote:Original Posted By Oryzaes
yang ini ane bangga gan slain mereka memiliki jiwa agamis yang tinggi juga memiliki jiwa seni yang tinggi. Bener generasi penerus bangsa yang membangggakan.


Wal akhir Wassalam gan, see you next time

ngacir
BUAT AMAL??
Quote:Original Posted By secretsofsky
iya gan buat amal, amal karakter yang kagak bisa dinilai gan. ini acara luar biasa gan !! lebih bagus mane amal ke desa2 buat 210 KK jadi per KK 1jt, plingan habis dalam 1 bulan. klo ini buat amal karakter gan. yang amalnya dibawa ampe mati, klo bertelor buat sangu di alam kubur gan. bangsa ni penuh hoax, karakter yang kita perlu gan, lagian ni acara ada 600an lebih gan yang maenin, coba 400 rebu peorang udah 240 juta gan, lagian tu acara udah agenda tahunan yg pasti hari tanggal taunnnya, bahkan sampai jam menit detiknya. jadi nabung duit setahun 400 rebu kayak digigit semut gan, kagak bisa dinilai gan. daripada full service 1,2 jt setahun, hehehe ./peace

buat semangat aja gan, banyak kegiatan yg lebih asik dan mendidik daripada nongkrong bicarain orang, nginep di net, dll. klo kita bersatu, pada takut gan mavia2 dunia sana...




Gede sangadh gan badjet na, tapi kaya na sebanding sama kualitas acara na...


Tambahan Comment dari agan yang lain

Quote:Original Posted By smile2346



Bwt gan Inspirat46, nte marhalah 2005 berarti nama angkatannya: Blitza Remigion (Orange) yak. hahahaha....

Bwt TS, marhalah 2010. Lupa nama marhalah nte. hahaha...
Agak salah deskripsi nte tentang idenya.
Ide pokok perayaannya yang betul pada paragraf kedua, yang paragraf pertama kurang pas menurut ane. hehehe...

Sebenernya buat ngenalin, apa itu gontor?, ke anak baru (masuk ke gontor). Makanya ditaruh sebagai acara puncak pekan perkenalan. Dipercayakan ke anak - anak siswa akhir (disana kelas VI/setara kelas 3 SMA). Itu ide utamanya. hehehe...

Kenapa gontor mau ngijinin acara semahal itu?semegah itu?
Menurut ane itu buat pendidikan. Pendidikan dalam makna lebih luas. Udah dijelasin TS di pekiwan.
Jangan salah agan - agan dimari, tu acara udah puluhan tahun diadain. Acaranya tiap tahun terus berevolusi, dari dulu jamannya masih di dalam aula sampai didepan aula (dpn lapangan sepakbola 1x, DAS80th). Jadi yang dulu masih culun (anak baru) ngeliat seniornya bikin tu acara, terus pas si culun kelas 4-5 mulai mikir, angkatan ane harus lebih lagi. Itu terus dan terus berulang. Model pendidikannya kayak gitu. Harus ada peningkatan dan yang baik2 ditularkan ke junior2 mereka. Nama kerennya pembibitan, ato kaderisasi ato apalah.

Dulu mungkin gak segila ini?
gak pake layar LED ditengah(mulai tahun 2006),
gak pake 2 tingkat panggung (taun 2002 malah 3 tingkat),
gak pake sound sistem yang menggelegar (nyewa disurabaya), dll.


Karena tantangan ke depan bwt anak - anak muda semakin komplekss juga. Dikit lagi era globalisasi. Dibutuhkan sosok2 pemuda yang tau keadaan jaman dan gimana caranya menyelesaikan berbagai solusi, nah pemuda2 ntu kan gak mungkin langsung punya skill kayak gitu, harus dididik dulu, ya kayak di gontor gitu, ato di sekolah2 lain pasti ada dengan model berbeda. Dulu 2000-2001 terakhir ada tarian M.Jackson (moonstep), tahun setelahnya dilarang, ehhh bukannya mati kutu malah muncul tarian kombinasi. Kreatif. hahaha....
Gontor mendidik anak - anaknya lewat apapun yang berguna, biar anaknya pada kreatif. Kreatif dalam memecahkan masalah.

Terus ada agan2 dimari yang bilang mubazir, mending disumbangin, bla bla??
Bener juga si. Ngapain coba uang 210 juta (tiap tahun pasti nambah, ane yakin) abis dalam semalam.
Yaa begitulah, itulah model pendidikan di sana. Uang bukan sumbangan dari pondoknya. Tapi uang dari iuran para santri kelas 6 (saja), kalo kurang emmm....pasti kurang sih, ya anak2 kelas 6 nyari sendiri (sponsor). Lagi - lagi dididik buat nyari solusi.
Background panggung tu bikin sendiri, sekitar +200 lembar triplek dicat warna putih, dibikin sketsa, dicat kurang lebih 1bulanan kerja lembur oleh bagian dekorasi. Lagi - lagi dididik buat tanggung jawab (nte bagian apa, selesain kerjaan bagian nte mpe kelarrr) Dididik buat numbuhin teamwork, underpressure, manage time (secara tiap bagian terdiri dari beberapa orang pasti ada aja selek, ya musti tau gimana biar satu kata, underpressure...gimana gak lhaa dikejar targettt, manage time...pembagian waktu antara sekolah, ngurus organisasi, ngurus dekor bersamaan).
N bla bla bla blue byee...kalo pengen tau detilnya, mondok aja disono mpe tamat. Tu baru seiprit dari model pendidikannyaaa, belum yang lain2.

Kata kyainya, gontor bukan (hanya) pesantren tapi miniatur hidupmu. Jadi, ilmu dan skil tiap santri/lulusannya beda2. Tergantung gimana tu bocah pas hidup disono.









Salam 23.
pantes gan .. semegah itu acara na ....

mending buat acara amal aje gan
Quote:Original Posted By CeBePe

mending buat acara amal aje gan


He,.. kan ini amal untuk negara juga... ya lumyan lah menyumbang generasi muda berprestasi
wah gila kaya konser band" papan atas
Quote:Original Posted By faoezi3
wah gila kaya konser band" papan atas
gila, duit dr mana itu ..!
Quote:Original Posted By iler1nd
gila, duit dr mana itu ..!


Setw ane dari proposal dan juga iuran mereka masing2, ya byangin aj kalo tiap orang 100 rbu jg 700x100 dah bpr gan... aje gilee tuh
keren yaa, jaman ane pensi beda jauh saqma ini
Quote:Original Posted By CeBePe

mending buat acara amal aje gan


setuju gan, lagian itu kan yang ngadain pndk pesantren, knp megah banget gitu ??
Quote:Original Posted By jangkrik03
setuju gan, lagian itu kan yang ngadain pndk pesantren, knp megah banget gitu ??


Setw ane dari pimpinan pondoknya karena smuanya itu untuk pendidikan dan juga dananya bukan dari pesntren tapi dari proposal beberapa alumninya yg sudah sukses, kalo na cari2 salah satu alumninya kayk Pak Hidayat Nur Wahid, Pak Din syamsuddin dll
mantapp memang gontor gan sekolahnyee
Quote:Original Posted By faiz21
mantapp memang gontor gan sekolahnyee


Njih gaan
borosnya mending beli mobil trus dibagi2







By : Calvinz_ck
×