KASKUS

[HOT] Tips membuat AQUASCAPE !!!

AQUASCAPE




Halo agan agan perkenankan newbie mo berbagi tips tentang pembuatan aquascape.
Aquascape adalah adalah kegiatan yang lebih menekankan pada seni mengatur tanaman air, batuan fossil, kayu dalam sebuah box kaca (aquarium), sehingga membentuk tampilan yang indah. dalam aquascape lebih menitik beratkan pemeliharaan tanaman air dibanding yang lainnya karena ,bisa dibilang lebih cenderung seperti berkebun di dalam air, dan ikan yang tidak merusak tanaman air sebagai hiasan tambahannya maka dari itu pembuatan aquascape hampir seluruhnya menggunakan bahan bahan dari alam.
Karena lebih mengutamakan tanamannya, maka ikan yang dipilih untuk di dalam aquascape harus ikan yang tidak merusak tanaman (jangan pilih ikan jenis maskoki).
Jumlah ikan juga harus diperhitungkan dengan jeli dan disesuaikan dengan jenis tanaman yang mendominasi aquascape (jenis tanaman merambat, membesar).
Selain ikan, ornamen yang bisa ditambahkan untuk menghias aquascape adalah ornamen berbentuk akar pohon yang sudah menjadi fosil. untuk menciptakan aquascape yang indah beserta perawatannya dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, dan pengetahuan mengenai kimia dan biologi serta beberapa alat seperti lampu, chiller controller, filter air, penghasil co2 dan alat alat lainnya.
Biaya yang dibutuhkan juga relatif tergantung sistem yang digunakan, bisa low, medium, or high, semua tergantung selera.


Adapun bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape:
- Pasir malang (pasir khusus aquascape)
- Pupuk dasar/cair
- Spreader CO2 bisa bikin sendiri koq (googling aja DIY CO2)
- Kayu santigi atau kayu bakau
- Benang (sesuaikan dengan warna moss untuk melilitkan moss dengan batang kayu)
- Tanaman air (yang bagus/tidak terlalu besar seperti Tennelus, Anubias Nana, Riccia, Spiralis & Cabomba)
- Lampu 7000-10000 Kelvin (Yang penting sinar lampunya warna putih)
- Filter aquarium


Beberapa tips untuk pembuatan aquascpe :
1.Gunakan warna background yang natural (hitam, putih, coklat)
2.Karena tujuan aquascape ini menggunakan warna alami gunakanlah bahan alami, jangan menggunakan yang buatan seperti kayu plastik, tanaman plastik atau bahan lain yang tidak alami (artificial).
3.Urutkan berdasarkan tanaman yang lebih rendah di bagian depan dahulu, kemudian tanaman yang lebih tinggi di belakang
4.Buatlah sudut bagian paling depan sudut kemiringannya lebih menjorok dibanding bagian belakang, sehingga akan terlihat lebih dalam untuk tampilannya.
5. Untuk hiasan dengan batu fosil, jangan dicampur adukan warnanya dan jenisnya usahakan hanya satu jenis saja. untuk memperkuat kesan realistisnya.
6. Gunakan pinset untuk menanam tanaman air jangan pernah gunakan tangan kosong
7. Penggunaan lampu untuk aquascape maksimal 6 jam dalam sehari, dikarenan apabila terlalu sering penggunaan lampunya bisa menumbuhkan alga yang merusak keindahan tanaman, dan juga jangan lupa bersikan lumut yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman aquascape.
8. Suhu air bisa dijaga dengan menggunakan kipas khusus aquascape, yang mana ditujukan untuk mempercepat perkembangan tanaman. diusahakan suhu airnya tetap terjaga di kisaran dibawah 25°C, lebih dingin lebih baik, apalagi dengan ruang suhu yang disertai AC.
9. Jangan menggunakan sembarang jenis kayu untuk median tanaman jenis moss, karena getah pohon tertentu bersifat racun terhadap tanaman air ataupun ikan.
10. Supaya tanaman bisa bertahan lama pastikan pemberian pupuk dilakukan secara berkala idealnya dua kali sebulan untuk menjaga kesuburan tanaman. dan pastikan tertutup oleh pasir, supaya tidak menyebar kemana2 sehingga tidak mengganggu fauna aquascape.
11. Ikuti pola konsep tampilan dalam penataan aquascape, berdasarkan penelitian pola tersebut menambah daya tarik terhadap tampilan aquascape.
Spoiler for Beberapa konsep tampilan dari aquascape:


Spoiler for Step to step pembuatan aquascape (awas BK) !!! :






KASKUSER YANG BAIK HATI = NGASI +

Kunjungi thread bermutu ane :
Makanan khas sunda paling maknyosss
[HOT] Alat rumah tangga yang paling innovative
[HOT] Tips membuat AQUASCAPE !!!
[HOT] Cara menjadi jadi orang kaya !!!

pertamax diamankan



♥GALERI AQUASCAPE♥






Spoiler for Beberapa konsep tampilan dari aquascape:



Spoiler for punya temen temen kaskuser:





Spoiler for TANAMAN AIR:




Spoiler for FAUNA AQUASCAPE:




Spoiler for SAMPLE PERAWATAN:




FAQ
Agan : koq budgetnya gak disertain di page one ?
TS : kan tiap penjual beda2 gan matok dalam harga gan, ada yang jual murah ada yang jual diatas rata rata, tapi intinya hobi aquascape gak perlu sampe merogoh kocek dalem2 tergantung dari kuantitas, jenis dan kualitas bahan2 aquascape yang dibeli. ane juga gak enak nanti ama penjual bhan2 aquascapenya

Agan : Belinya dimana gan ?
TS : ente bingung gan , beli ama temen2 kaskuser aja DISINI
kyaknya OK juga gan,
ntar ane terapin di aquarium ane deh
Viewernya dah banyak, tapi cendolnya gak nambah nieh :
ijin nyimak duluu gan

cari inspirasi ......

hobby yg menarik nihh..modal awalnya mahal gk yak? lumayan nambah pemandangan di kamar
di ruang tamu ane ada aquarium tapi ga sebagus itu dekorasi nya lagian juga percuma kalo di bikin kek gitu bakalan ancur coz adik perempuan gue yang kembar rusuh sih, ikan yang di aquarium sering di tusuk" pake gagang sapu dah gitu di campur ama ikan cere yang dari got depan rumah
Quote:Original Posted By asimo715
di ruang tamu ane ada aquarium tapi ga sebagus itu dekorasi nya lagian juga percuma kalo di bikin kek gitu bakalan ancur coz adik perempuan gue yang kembar rusuh sih, ikan yang di aquarium sering di tusuk" pake gagang sapu dah gitu di campur ama ikan cere yang dari got depan rumah



naas banget gan
Quote:Original Posted By asimo715
di ruang tamu ane ada aquarium tapi ga sebagus itu dekorasi nya lagian juga percuma kalo di bikin kek gitu bakalan ancur coz adik perempuan gue yang kembar rusuh sih, ikan yang di aquarium sering di tusuk" pake gagang sapu dah gitu di campur ama ikan cere yang dari got depan rumah



sadizz
Gan kl mw tanya bs hub kmn? Kira2 600rb bs buat ky gitu ukuran 50x30 krg lbh lah gan? Info bs krm knmr ane gan. 0811710399
Quote:Original Posted By duta1946
Gan kl mw tanya bs hub kmn? Kira2 600rb bs buat ky gitu ukuran 50x30 krg lbh lah gan? Info bs krm knmr ane gan. 0811710399


Wah gan ane gak jualan, kalo ane biasanya ke pusatnya gan di daerah jalan sumenep jakarta pusat. Sebelah halte bushway latu harhari, dibawah poon gede. Btw bikin aquascape gak semahal itu kalo bikin sendiri,temen ane aja cuma 200rb an tergantung cara nawarnya juga.
nb: jangan beli yg udah jadi gan mahal banget biasanya.
Bos, numpang tny supaya moss, cepat tumbuh bagaimna caranya??
Nice article gan...

Cendole sent yah...

Quote:Original Posted By Exferno
Bos, numpang tny supaya moss, cepat tumbuh bagaimna caranya??


Ane juga ga begitu ahli soal aquascape, setau ane pake pupuk cair gan, ada yg jual koq di toko aquascape murah koq dan di jaga suhu airnya supaya dingin, bisa dipakein kipas khusus aquascape tapi kalau mau lebih terjangkau bisa pakai kipas/hsf kecil yg biasanya buat komputer dipasangnya di sudut atas pojok.cmiiw
Quote:Original Posted By icalost
Nice article gan...

Cendole sent yah...



Terimakasih gan, sangat saya hargai
wah bisa ane gunain klo punya akuarium nanti nih
wah makasih gan infonya ane mau coba dulu di aquarium ane
Quote:Original Posted By RollingGIRL
wah makasih gan infonya ane mau coba dulu di aquarium ane


silahkan sista
itu jalan sumenep yang daerah taman lawang yah ??
keren banget gann, ntar boleh dicoba nih
×