KASKUS

Ssst! Ada Kompor Berbahan Bakar Minyak Goreng Lebih Hemat dari Gas

[img]www.kompornabati.com[/img][url]

http://finance.detik..com/read/2012/...hemat-dari-gas[/url]

Jakarta - Kenaikan harga BBM 1 April 2012 mendorong para pelaku usaha tergerak untuk membuat suatu terobosan baru. Misalnya PT Tiara Sakti Persada (PT TSP) meluncurkan sebuah kompor berbahan bakar minyak nabati minyak goreng.

Ide peluncuran produk ini tercipta saat Direktur PT TSP Iqbal Farabi bersama timnya bertemu dengan Hendra Hadiwidjaya, sang pencipta kompor ini di suatu diskusi seputar energi pada tahun 2011 silam.

Direktur PT TSP, Iqbal Farabi, menuturkan latar belakang peluncuran kompor ini adalah untuk mengantisipasi dampak kenaikan BBM dan keterbatasan minyak tanah, dan atas dasar program pemerintah melakukan migrasi minyak tanah ke gas.

"Selain ikut menunjang program ramah lingkungan, kompor nabati kami harapkan bisa menjadi solusi ataupun subtitusi atas melonjaknya harga minyak tanah dan ketebatasan pasokan gas untuk masyarakat," tutur Iqbal dalam Press Conference di Pasar Tebet Timur, Kamis (8/3/2012).

Iqbal berharap kompor ini bisa diterima di masyarakat karena memiliki banyak keunggulan dibanding kompor gas dan minyak tanah.

"Dia lebih hemat 2 kali lipat ke gas, dengan gas pun dia lebih hemat, dan gas bisa meledak ini tidak bisa, karena sampai kapanpun minyak goreng tidak bisa terbakar," jelas Iqbal.

Ditemui di tempat yang sama, Hendra Hadiwijaya pioneer pembuat kompor ini mengatakan, kompor yang dibanderol seharga Rp 275.000 ini belum ditemukan kelemahannya.

"Saya sampai saat ini mencari-cari kelemahannya belum ketemu, apa? faktor lingkungannya bersih, aman, murah. Saya belum menemukan, kalau bisa tolong carikan," tukas Hendra setengah bercanda.

Walaupun masih menunggu sertifikasi SNI dari pemerintah yang rencananya akan turun 2-3 bulan ke depan, produk sudah gencar sosialisasikan. Proses pemasaran dan pendistribusian, PT TSP bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di 33 propinsi untuk mensosialisasikan produk ini dan ditargetkan akhir April 2012 sudah tersebar di seluruh Indonesia.

order: marketing@kompornabati.com

alamat Kompor Nabati
Quote:"Dia lebih hemat 2 kali lipat ke gas, dengan gas pun dia lebih hemat, dan gas bisa meledak ini tidak bisa, karena sampai kapanpun minyak goreng tidak bisa terbakar," jelas Iqbal.

lha terus cara kerja nya gimana gan ?
oalah tiba'e dodolan kompor to
minyak goreng bekas bisa gak? klo bisa bagus donk abis ngegoreng masukin kompor langsung
Quote:Original Posted By Rewondo


lha terus cara kerja nya gimana gan ?


buka aja www.kompornabati.com



Mau lihat detil di [url=http://www.kompornabati.com]www.kompornabati.com[/URL][/url]
Quote:Original Posted By TheBandrosRaos
minyak goreng bekas bisa gak? klo bisa bagus donk abis ngegoreng masukin kompor langsung


ini baru bisnis ukm yg peduli akan UKM mau naik BBM....
bisa pake minyak goreng tuh sisanya or jelantah
Quote:Original Posted By Rewondo


lha terus cara kerja nya gimana gan ?


bener juga yah....tp kan bisa saja terbakar namun dengan waktu yang lama baru bisa muncul api nya lo gak salah seh soalnya ane juga pernah tuh maenan minyak goreng ane bakar tp gak kebakar2 tp harus nunggu waktu yang lama...

contoh ambil saja dari maenan anak-anak..tuh kapal otok2 gan
tuh apinya di dapet dari sumbu kapas dikasih minyak goreng kan gan..
boleh juga tuh sebagai antisipasi naiknya harga BBM.
semoga cepat beredar di pasaran
ini forum BP.
bukan tempat ngiklan.
hmmm.... tar belinya saingan ama tukang gorengan..
wah boleh juga nih idenya coba ane meluncur..................
ke tkp wat liat caranya
thx for sharing
bagus neh

memang perlu diversifikasi bahan bakar agar ketika BBM naek gak langsung kolaps.

Sudah banyak yang bikin kompor pake bahan alternatif seperti sekam padi, serbuk gergaji dll. Ada juga yang universal dengan bahasa kerennya Biomass Gasifier

Tapi sepertinya tak terlihat komitmen pemerintah untuk menyebarkan ke seluruh lapisan masyarakat. Daripada bagi2 kompor gas gratis proyekan dari dana APBN, seharusnya tiap daerah secara otonomi memberikan rekomendasi kompor alternatif yang sesuai dengan daerahnya. Yang dekat penggilingan padi bisa pake sekam, yang dekat sawmill bisa pake serbuk kayu dll.

Saya sendiri kadang suka masak air panas buat mandi pake kayu bakar

Emisi CO2?? saya bertanggung jawab dengan menanam tanaman sendiri. Jadi yang sok global warming jangan protes ...........
usut punya usut kok malah ngiklan sih gan?
*kabuuuuuur*
Wah, isu yang bagus nih. Smoga bisa dikembangkan program bahan bakar mnyak goreng ini gan.
aih keren nih
kompor nabati, dari minyak goreng/jelantah.......manstab :

cuma kalo pake minyak goreng anyar yaa lebih mahal dari minyak tanah (1000ml, yg merk Tropic** harganya 20ribuan ) tapi kan minyak jelantah jadi bisa kepake nih

keren :
btw itu kalo ada minyak bekas alias jelantah, apa gak perlu diproses dulu ? ya minimal disaring ... entar ada bekas goreng trasi lho

Quote:
Harga Bahan Pokok Naik Mendahului BBM
Harga beras cimandi yang sebelumnya Rp 7.900 per kg kini menjadi Rp 8.000 per kg dan harga beras C4 naik dari Rp 7.500 menjadi Rp 7.600 per kg. Sementara harga gula pasir dari Rp 10.500 menjadi Rp 11.000 dan minyak goreng dari Rp 11.000 menjadi Rp 13.000. sumber


ternyata harga minyak goreng jauh lebih mahal dari bbm
Pake minyak nabati bekas bisa ? Kalo bisa temtu lebih hemat. Kalo mo pake minyak nabati yg baru, wah.....lebih nahal dong.
wah mantap neh sebagai subtitusinya gas, biar gak ketergantungan ama gas atau minyak tanah
ane kalo masak masih demen pake pertamax gan.....

mampir trit ane gan
[quote=] MURMER SEPATU FUTSAL SECOND BARU 2x PAKE[/quote]
trit keren tapi lebih keren di fjb nih
×