KASKUS

10 Macam Puasa Sunnah beserta Keutamaannya


Abu Hurairah -radhiallahu anhu- berkata: Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda:

Spoiler for Artinya:


Adapun macam-macam puasa sunnah beserta keutamaannya masing-masing yaitu:

Quote:1. Puasa Enam Hari di Bulan Syawal
Baik dilakukan secara berturutan ataupun tidak. Keutamaan puasa romadhon yang diiringi puasa Syawal ialah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).


Quote:2. Puasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah
Yang dimaksud adalah puasa di sembilan hari yang pertama dari bulan ini, tidak termasuk hari yang ke-10. Karena hari ke-10 adalah hari raya kurban dan diharomkan untuk berpuasa.


Quote:3. Puasa Hari Arofah
Yaitu puasa pada hari ke-9 bulan Dzuhijjah. Keutamaan: akan dihapuskan dosa-dosa pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosa di sini adalah khusus untuk dosa-dosa kecil, karena dosa besar hanya bisa dihapus dengan jalan bertaubat.


Quote:4. Puasa Muharrom
Yaitu puasa pada bulan Muharrom terutama pada hari Assyuro’. Keutamaannya adalah bahwa puasa di bulan ini adalah puasa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon (HR. Bukhori)


Quote:5. Puasa Assyuro’
Hari Assyuro’ adalah hari ke-10 dari bulan Muharrom. Nabi sholallohu ‘alaihi wasssalam memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Assyuro’ ini dan mengiringinya dengan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnhya. Hal ini bertujuan untuk menyelisihi umat Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari ke-10. Keutamaan: akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. Muslim).


Quote:6. Puasa Sya’ban
Disunnahkan memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban. Keutamaan: bulan ini adalah bulan di mana semua amal diangkat kepada Robb semesta alam (HR. An-Nasa’i & Abu Daud, hasan).


Quote:7. Puasa pada Bulan Harom (bulan yang dihormati)
Yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharrom, dan Rojab. Dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan-bulan tersebut termasuk ibadah puasa.


Quote:8. Puasa Senin dan Kamis
Namun tidak ada kewajiban mengiringi puasa hari Senin dengan puasa hari Kamis atau sebaliknya. Keduanya merupakan hari di mana amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada Allah.


Quote:9. Puasa 3 Hari Setiap Bulan
Disunnahkan untuk melakukannya pada hari-hari putih (Ayyaamul Bidh) yaitu tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan.
Keutamaan: Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Bukhari no. 1979)


Quote:10. Puasa Daud
Yaitu puasa sehari dan tidak puasa sehari. Kemudian puasa sehari dan tidak puasa sehari. Keutamaannya adalah karena puasa ini adalah puasa yang paling disukai oleh Allah (HR. Bukhori-Muslim).


Quote:LANJUTAN PERTAMA --- Keutamaan Berpuasa #1
LANJUTAN KEDUA --- Keutamaan Berpuasa #2




Question & Answer
Spoiler for Q&A --- Bagaimana Cara Melaksanakan Puasa Daud?:

Spoiler for Hijriyah / Masehi?:

Spoiler for Q&A --- Dalil Puasa 3 Hari Setiap Bulan:

Spoiler for Q&A --- Niat Puasa Sunnah:

Spoiler for Q&A --- Apakah Boleh Berpuasa pada Hari Kelahiran dan Hari Jumat?:

Spoiler for Q&A --- Apa Sih Keutamaan Puasa pada Hari-hari Putih :

Spoiler for Bonus --- Jadwal Puasa Sunnah 1435H:




Spoiler for Sumber:



~Follow me on Twitter~
@falasultan
makasih sharenya gan. cba sedikit2 belajar lebih dalam agama

Bacaan Niat Puasa

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan."

Letak niat sejatinya berada di dalam hati, dan Nabi biasanya tidak melisankan, kecuali dalam ibadah haji. Namun, Nabi tak melakukan pelarangan terhadap niat yang dilisankan. Jadi melisankan niat diperbolehkan, namun tidak diwajibkan.

Bilapun hendak melisankan niat puasa, sebagai cara untuk 'memantapkan hati' dalam menjalankannya. Berikut niatnya:

Quote:1. Niat Puasa Senin – Kamis
Spoiler for Hari Senin:

Spoiler for Hari Kamis:



Quote:2. Niat Puasa Daud
NAWAITU SAUMA DAWUD SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa Daud , sunnah karena Allah ta’ala


Quote:3. Niat Puasa Hari-hari Putih.
NAWAITU SAUMA AYYAMI BIDH SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa pada hari-hari putih , sunnah karena Allah ta’ala.”


Quote:4. Niat Puasa Bulan Muharram (Puasa ’Asyura)
NAWAITU SAUMA 'ASYURA LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa hari ’Asyura , sunnah karena Allah ta’ala.”


Quote:5. Niat Puasa Bulan Rajab
NAWAITU SAUMA SYAHRI RAJAB LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa bulan Rajab , sunnah karena Allah ta’ala.”


Quote:6. Niat Puasa Sya’ban
NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAHBAN LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa bulan sya’ban , sunnah karena Allah ta’ala.”


Quote:7. Niat Puasa Syawwal
NAWAITU SAUMA SYAHRI SYAWWAL SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
Artinya :
“ Saya niat puasa bulan Syawwal , sunnah karena Allah ta’ala.”


Quote: 8.Niat Puasa Bulan Dzulhijjah (Puasa Tarwiyah & ‘Arafah).
Spoiler for Tarwiyah:

Spoiler for 'Arafah:


Spoiler for Sumber:
bagus nih inpo nya, lanjutin dong, kupas lagi sampai dalem
Puasa Dawud? baru pertama kali denger. Maksudnya gimana puh? Masih ga mudeng
Quote:Original Posted By vitawulandari
Puasa Dawud? baru pertama kali denger. Maksudnya gimana puh? Masih ga mudeng


sedikit share barang siapa secara istiqomah dapat menjalankan puasa Dawud Insya Allah akan diberi suara yang bagus,merdu seperti nabi Dawud A.S
Nabi Dawud A.S mendapat mu'jizat dari Allah SWT yaitu suaranya yang sangat merdu..

Quote:Original Posted By vitawulandari
Puasa Dawud? baru pertama kali denger. Maksudnya gimana puh? Masih ga mudeng

puasa yang selang seling sehari puasa sehari enggak. tujuannya aq lupa

mo nanya puasa 3hari tiap bulan itu kan tanggal 13, 14, dan 15. itu tanggal dalam bulan hijriyah ato masehi
Quote:Original Posted By Insthing
sedikit share barang siapa secara istiqomah dapat menjalankan puasa Dawud Insya Allah akan diberi suara yang bagus,merdu seperti nabi Dawud A.S
Nabi Dawud A.S mendapat mu'jizat dari Allah SWT yaitu suaranya yang sangat merdu..


ya hanya saja biasanya orang-orang tidak tahu puasa nabi daud itu seperti apa
puasa nabi daud itu dari maghrib bertemu maghrib, jadi buka puasa dan niat puasanya di waktu maghrib
silahkan bertanya pada tuan guru atau mursyid thariqah di kota agan tentang kebenaran hal ini

Quote:Original Posted By rahmat15152
puasa yang selang seling sehari puasa sehari enggak. tujuannya aq lupa

mo nanya puasa 3hari tiap bulan itu kan tanggal 13, 14, dan 15. itu tanggal dalam bulan hijriyah ato masehi


numpang jawab ya om
itu adalah hitungan bulan hijriah
karena tanggal 13, 14 dan 15 itu ruh kita naik ke atas langit untuk pemeriksaan amal, dan berpuasa di tanggal itu karena ketika ditanya pemeriksaan amal jadi ruh kita mengatakan "sesungguhnya saya sedang berpuasa"
Quote:Original Posted By baihaq


ya hanya saja biasanya orang-orang tidak tahu puasa nabi daud itu seperti apa
puasa nabi daud itu dari maghrib bertemu maghrib, jadi buka puasa dan niat puasanya di waktu maghrib
silahkan bertanya pada tuan guru atau mursyid thariqah di kota agan tentang kebenaran hal ini



numpang jawab ya om
itu adalah hitungan bulan hijriah
karena tanggal 13, 14 dan 15 itu ruh kita naik ke atas langit untuk pemeriksaan amal, dan berpuasa di tanggal itu karena ketika ditanya pemeriksaan amal jadi ruh kita mengatakan "sesungguhnya saya sedang berpuasa"


bukannya tiap senin dan kamis?
Quote:Original Posted By rahmat152
bukannya tiap senin dan kamis?



ini masih berbeda pendapat gan
hari senin dipuasakan karena cintanya Rasullullah pada hari lahirnya, maka kita sunnah berpuasa

namun 13, 14 dan 15 itu adalah malam purnama dimana banyak malaikat turun untuk mengijabah doa pada malam itu
makanya banyak orang riyadhoh khusus pada malam itu
dan merupakan hari-hari dimana ruh kita naik ke atas langit, untuk pemeriksaan amal

mau denger malaikat menyapa agan?

tapi ini masih beda pendapat ya
intinya ya kalau mau puasa ya silahkan
gan di kompi ane ko tulisan arab nya hanya muncul ??????? gitu doang.
yg kurang setingan apanya ya gan?
Quote:Original Posted By pejammata
bagus nih inpo nya, lanjutin dong, kupas lagi sampai dalem


Siaap juragan

Quote:Original Posted By baihaq



ini masih berbeda pendapat gan
hari senin dipuasakan karena cintanya Rasullullah pada hari lahirnya, maka kita sunnah berpuasa

namun 13, 14 dan 15 itu adalah malam purnama dimana banyak malaikat turun untuk mengijabah doa pada malam itu
makanya banyak orang riyadhoh khusus pada malam itu
dan merupakan hari-hari dimana ruh kita naik ke atas langit, untuk pemeriksaan amal

mau denger malaikat menyapa agan?

tapi ini masih beda pendapat ya
intinya ya kalau mau puasa ya silahkan


Makasih ya gan udah jawab2 pertanyaan kaskuser yg lain sewaktu ane gak ada hehe

Quote:Original Posted By 001
gan di kompi ane ko tulisan arab nya hanya muncul ??????? gitu doang.
yg kurang setingan apanya ya gan?


Coba pake browser yg lain gan, siapa tau bisa
Nice share gan...

Keutamaan Berpuasa

Quote:1. Ibadah puasa merupakan salah satu bentuk ibadah paling agung sebagai sarana pendekatan diri seorang Mukmin kepada Allah SWT. Dia bersaksi atas nilai-nilai positif bagi ibadah puasa melalui firman-Nya dalam al-Baqarah ayat 184:
Spoiler for 2:184:


Quote:2. Allah Ta'ala telah menjadikan puasa sebagai penebus bagi banyak dosa dan pelanggaran, karena puasa memiliki dampak konstruktif dalam memperbaiki jiwa dan meluruskan perilaku. Nabi Muhammad SAW menganjurkan berpuasa kepada pemuda yang tidak mampu menikah. Karena secara nyata, puasa mampu menjadi perisai diri dari perbuatan-perbuatan nista. Ibnu Mas'ud ra. menuturkan bahwa Rasullullah SAW bersabda:
Spoiler for Sabda Rasul:


Quote:3. Puasa mendatangkan syafaat di Akhirat, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Ahzab ayat 35:
Spoiler for Al-Ahzab:35:


Untuk memberikan penekanan pada besarnya pengaruh puasa dalam mengendalikan hawa nafsu, maka setelah menyebut "laki-laki dan perempuan yang berpuasa", ayat tersebut menyebut "laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatan mereka", yakni dari melakukan haram dan dosa.


Quote:4. Puasa melindungi pelakunya dari azab neraka, sebagaimana penjelasan Rasulullah SAW:
"Sesungguhnya puasa itu merupakan perisai yang dipakai seorang hamba untuk melindungi dirinya dari azab neraka." (HR. Ahmad)

Dalam riwayat Abu Sa'id al-Khudri ra., Rasulullah SAW bersabda:
"Tidak ada seorang hamba pun yang berpuasa sehari di jalan Allah, melainkan Dia akan menjauhkan wajah hamba itu dari azab sejauh (perjalanan) tujuh puluh (kali) musim panas." (HR. Bukhari dan Muslim)

Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:
"Siapa yang berpuasa satu hari di jalan Allah, pasti Dia akan menjadikan antara dirinya dengan api neraka satu parit selebar langit dan bumi." (HR. at-Tirmidzi)
Quote:Original Posted By baihaq
ya hanya saja biasanya orang-orang tidak tahu puasa nabi daud itu seperti apa
puasa nabi daud itu dari maghrib bertemu maghrib, jadi [COLOR="rgb(46, 139, 87)"]buka puasa dan niat puasanya di waktu maghrib[/COLOR]
silahkan bertanya pada tuan guru atau mursyid thariqah di kota agan tentang kebenaran hal ini


maap gan Baihaq dan agan2 yg laen, ane msih bingung nyang dah ane bold,
jdi kita mulai puasanya waktu lepas Maghrib ntu ya gan & buka puasanya di waktu Maghrib keeseokan harinya, ato gmna??

[tanya]
trus puasa daud ntu mulainya kapan gan?
apa msti stlah syawal atau tidak?
soalnya puasa daud kan sehari puasa sehari tidak..
nah gmna klo smntara puasa daud trus ktmu ma Ramadhan
tolong pencerahannya ya gan..
mau nanya ni ustad

kalau puasa nadzar itu hukumnya apa ya??
apa dikatakan puasa sunnah??

makasi
Quote:Original Posted By amdsyg5
mau nanya ni ustad

kalau puasa nadzar itu hukumnya apa ya??
apa dikatakan puasa sunnah??

makasi


Nubi coba jawab..
kalau nazarnya sih mubah, tetapi kalau kita sudah bernazar maka hukumnya wajib dipenuhi, karena sama dengan utang (janji seorang hamba kepada allah)
Quote:Original Posted By DanialSyafiq


Nubi coba jawab..
kalau nazarnya sih mubah, tetapi kalau kita sudah bernazar maka hukumnya wajib dipenuhi, karena sama dengan utang (janji seorang hamba kepada allah)


jangan bilang nubi dong ustad kalo mau jawab
soalnya ini masala agama,,gada istilah nubi2 an
Quote:Original Posted By sakka


maap gan Baihaq dan agan2 yg laen, ane msih bingung nyang dah ane bold,
jdi kita mulai puasanya waktu lepas Maghrib ntu ya gan & buka puasanya di waktu Maghrib keeseokan harinya, ato gmna??

[tanya]
trus puasa daud ntu mulainya kapan gan?
apa msti stlah syawal atau tidak?
soalnya puasa daud kan sehari puasa sehari tidak..
nah gmna klo smntara puasa daud trus ktmu ma Ramadhan
tolong pencerahannya ya gan..


Sebenarnya dasar dari islam itu sama, yaitu Al-Qur'an dan diperinci dengan Hadits.
Namun yang berbeda adalah penafsirannya. Dan mungkin penafsiran dari saudara baihaq sedikit berbeda dengan saya. Karena saya tidak menerapkan yg baihaq terapkan.
Saya berpuasa dawud seperti halnya puasa biasa, sahur sebelum shubuh, berbuka ketika maghrib. Hanya niat dan waktu pelaksanaannya yg berbeda.

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khattab radhiallahuanhu, Rasulullah SAW bersabda:
"Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan."

Puasa dawud itu bisa dilakukan di bulan apa saja. Dan hari apa saja, kecuali hari raya Idul Fitri, Idul Adha, 3 hari setelah Idul Adha, dan hari Jum'at.

Jika saat berpuasa dawud bertemu dengan bulan Ramadhan, maka berpuasalah seperti biasa di bulan Ramadhan. Tundalah puasa dawud hingga bulan Ramadhan selesai. Karena puasa dawud itu sunnah, sedangkan puasa di bulan Ramadhan itu wajib.
ini bagus banget gan tritnya pas banget ane lagi ada niat hati untuk melaksanakan puasa senen kamis
di babar lagi gan ttg puasa daud, ane blum begitu ngerti
×