Cool Forum koi kaskus part 4 ( everything about koi enter here)

Quote:selamat datang di thread:



Quote:RULES!!!! BACA DULU SEBELUM MASUK DAN BERTANYA => MELANGGAR = BATA

1. trit ini terbuka untuk umum seputar koi, silakan yang mau bertanya atau mau sharing sesuatu

2. Bagi yang ingin menjual produknya / jasanya , diperbolehkan dengan aturan : Buat dulu trit nya di FORUM FJB FAUNA, lalu kasih link nya di disini (alamat, situs, no telp, no hp, ym, email, pin bb ) nya atau gambar .... semua transaksi serta segala sesuatu yang mengenai jual-beli harap dilakukan melalui pm, untuk menjaga independensi dari trit ini.

3. klo bisa jangan menggunakan id klonengan, supaya mencegah over posting

4. biasakan menggunakan multi quote untuk menjawab pertanyaan dan komentar posting

5. jangan pernah mengganggap ts tahu segalanya, ts juga masih belajar, klo ada pertanyaan yang belum di jawab, harap bersabar.. Kita akan mencari bersama2 jawabanya dengan teman2 di trit ini.

6. ts juga mengingatkan bahwa tidak semua jawaban yang diberikan selalu benar, kadang ada yang salah, dan oleh sebab itu, maka masukkan dari teman2 amat sangat diharapkan

7. bahan postingan yang ada disini diambil dari berbagai sumber, forum, gogling, serta diskusi.. Jadi mohon maaf klo ts tidak minta izin terlebih dahulu..

8. untuk poin no 8 ini.. tolong diperhatikan...jangan bertanya sebelum membaca artikel terlebih dahulu... cobalah untuk mau membaca...karena jika pertanyaan yang diajukan sudah terdapat dihalaman 1 atau 2.. itu menunjukkan anda tidak berusaha untuk mau belajar....dan itu menunjukkan anda seorang pemalas..kami-kami juga dulu masih bodoh... tapi dengan mau belajar dan banyak membaca...kami menjadi lebih pandai daripada sebelumnya....disarankan membaca page 1 dan 2 terlebih dahulu secara seksama dan berulang2 setiap berkunjung ke trit ini, mungkin ada artikel yang sudah diupdate, sebelum mengajukan pertanyaan karena hanya akan membuang waktu, tenaga dan pikiran juragan..informasi di page 1 sudah ts susun sedemikian rupa mengenai hal2 mendasar tentang ikan koi... Jika memang terdapat hal yang belum tercantum atau masih membuat bingung, silahkan posting

9. setiap posting yang dirasa bermanfaat akan ts taro depan, tapi klo page nya masih muat.. Klo tidak muat maaf saja.. :maho

10. gambar dan quote postingan yang panjang, harap di spoiler, kasihan teman-temin yang menggunakan koneksi "slowly but sure"

11. sebisa mungkin jangan nge-junk, kalau ketahuan,, dengan senang hati akan di brp atau ts pm ke moderator untuk menghapus postingan tersangka.... Untuk mencegah overposting,,lebih baik posting yang bermanfaat, seperti pertanyaan yang berhubungan dengan koi

12. ts mengucapkan terima kasih kepada forum koi-s, koiser, breederkoi, dan forum - forum lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu...yang telah membahas seputar dunia perkoian.. Untuk menjadi bahan dan sumber info2 yang ada dalam trit ini

13. mohon diperhatikan, dalam memberi saran or komen terhadap sesuatu yang diposting, baik itu apresiasi ikan, kolam, pertanyaan, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan koi ..sebaiknya tidak menyinggung perasaan seseorang ataupun menjatuhkan seseorang.. karena forum ini dari , oleh dan untuk kita

14. dengan sangat hormat.. Mohon jika posting di trit ini.. Posting lah hal bermanfaat.. Yang berhubungan dengan koi seperti, artikel, pengobatan, penyakit, sistem filter, media filter, kolam.. Pokoknya segala sesuatu yang masih berhubungan dengan koi dan bisa dijadikan bahan diskusi. di luar itu, jangan menyesal jika ada bata meluncur dari tim eksekusi..harap diperhatikan.

15. jangan pernah memposting hal-hal yang bertentangan dengan prinsip "menyayangi binatang" contoh seperti koi di goreng / pepes untuk di makan, koi dijadikan bahan percobaan, koi di jadikan bahan penyiksaan, koi diberi racun, koi dijadikan bahan tertawaan dan lain-lain.. koi is "the living jewel and jewel of life" so we are give highest apreciate for this one of beautiful creature which GOD made for us.
ingat kita disini untuk menyayangi dan memelihara koi sebagai makhluk hidup ciptaan tuhan yang perlu kita syukuri, bukan untuk dipermainkan.

16.mengenai komen harap diperhatikan kalimat nya.. Pergunakan lah bahasa yang baik dan santun, ... Dalam arti akrab boleh tapi jangan lupa kalau disini banyak member yang mungkin lebih tua dari anda.. Jangan pernah ada kalimat menyuruh.. Minimal pergunakan kalimat "minta tolong" dan kalau sudah diberi info ucapkanlah "terima kasih" jangan mentang2 sudah akrab, tapi ngomong seenaknya.... Harus ingatlah hormati orang yang lebih tua..

17. dalam memberikan info / komen, mungkin tiap orang akan berbeda cara pandang, pola pikir, dan penyampaiannya. Kita tidak perlu membahas perbedaan itu.. Karena ts percaya semua ingin membantu satu sama lain untuk menghadapi masalah yang dialami rekan-rekannya.

18. perlu diingat forum ini terdiri dari berbagai macam orang dengan latar belakang berbeda, baik itu suku, agama , ras, usia dan tingkah laku masing2, jadi harap menjaga persatuan dan kesatuan di forum.. Jangan memancing dengan isu-isu sara, isu negatif, fitnah dan lain-lain

19. Setiap pendatang baru, wajib memperkenalkan diri (id kaskus, nama asli, umur , domisili tempat tinggal) supaya bisa saling kenal, akrab dan juga bisa saling PV serta sharing dengan anggota lain yang dekat domisilinya

20. pantau terus trit ini, barang kali ada info menarik seputar masalah dunia perkoian....



Quote:nb : Mau tanya2, konsul, or sekedar ngobrol??

jangan lupa sertakan id kaskus









Or via one of my contact below :

My Contact :











: coming soon




sekian dari ane






salam dan selamat datang di forum ini




---------------------------------------
----------------------
----------------------
----------------------
----------------------
----------------------
----------------------
-----------------
-----------------
----------------------
----------------------
----------------------
----------------------
----------------------
----------------------
---------------------------------------










Quote:LINK PART LAMA :

LINK PART 1 : http://archive.kaskus.co.id/thread/957131/]

LINK PART 2 : http://archive.kaskus.co.id/thread/5685432/

LINK PART 3 : http://archive.kaskus.co.id/thread/8602935/

LINK PART 4 : http://www.kaskus.co.id/thread/00000...i-enter-here/]

nishikigoi lovers

Koi [sejarah, silsilah, jenis, klasifikasi, kamus,terminologi]

Quote:sejarah koi

Spoiler for koi:


Quote:
pohon silsilah koi

Spoiler for foto:



Quote:jenis-jenis ikan koi


Spoiler for kohaku:


Spoiler for sanke:


Spoiler for showa:


Spoiler for bekko:


Spoiler for utsuri:


Spoiler for asagi:


Spoiler for koromo:


Spoiler for kawarimono:


Spoiler for hikarimoyo:


Spoiler for hikari utsuri:


Spoiler for hikarimujimono:


Spoiler for tancho:


Spoiler for kinginrin:


Spoiler for doitsu:


Spoiler for goshiki:


Spoiler for kage:


Spoiler for butterfly koi (koi dengan sirip panjang):


Quote:klasifikasi koi dari mang udin

Spoiler for foto:


Quote:klasifikasi koi dari samuraikoi centre

Spoiler for poster:


Quote:kamus istilah koi

Download langsung aja ke sini :

http://www.media*fire..com/?xci7lixc598o1tn


sumber : koi-s.org


Quote:terminologi

Spoiler for foto:


sumber : mang udin

Tips [ beli-pilih, bentuk tubuh, beda jantan-betina, impor-lokal]

Quote:tips2 membeli dan memilih koi

Spoiler for tips:


sumber : o -fish


Quote:bentuk tubuh

MENILAI BENTUK BADAN IDEAL

Pada akhirnya, kriteria utama penilaian untuk semua jenis Koi adalah pada bentuk badannya (Body Shape).


Spoiler for foto:


Spoiler for foto:


sumber : koi-s.org


Quote:BEDA KOI JANTAN DAN BETINA (untuk patokan awal saja)


Spoiler for beda:
sumber : koi-s.org


Quote:pengertian koi impor dan lokal :

Spoiler for impor:


sumber : http://koilokal.tripod.com/

Kolam [skema-desain, diagram,backwash, bottom drain,vortex, veggie filter]

Quote:

foto kolam jadi :

http://www.kaskus.co.id/showthread.p...951668&page=13

http://www.kaskus.co.id/showthread.p...=951668&page=8

sumber : kaskus.co.id



Quote:DESAIN KOLAM

DESAIN KOLAM ( By OM OTTEN )

Spoiler for FOTO:


DESAIN LAIN 1

Spoiler for foto:


DESAIN LAIN 2

Spoiler for foto:




Quote:diagram aliran air :
Spoiler for foto:

sumber : koi-s.org


Quote:bottom drain :

skema sederhana :
Spoiler for foto:

sumber : koi-s.org


Quote:backwash :
back wash : semacam kumpulan bottom drain dari tiap chamber.. Yang di tempatkan pada satu chamber khusus ( back wash chamber )... aplikasi back wash ini ada bermacam-macam.... Berdasarkan lokasi permukaan air terhadap ketinggian saluran pembuangan / selokan

Quote:gambar back wash :
Spoiler for foto:



Quote:1. Biasa nya kalo kolam dimana permukaan air diatas tanah, selokan di bawah, ini penerapan yang sangat mudah

Spoiler for foto:


Quote:2. Kolam dengan permukaan air, rata dengan tanah / selokan dipermukaan tanah

Spoiler for foto:


sumber : koi-s.org


Quote: sistem filtrasi kolam koi :

Quote:sistem vortex :

Spoiler for vortex:


Quote:veggie filter (filter tanaman)
Spoiler for vegie:


sumber : o - fish , koi-s.org

kolam [tips buat kolam, biaya, kebocoran, jumlah ikan, kedalaman, ukuran pompa]

Quote:tips membuat kolam koi

Spoiler for buatkolam:


sumber : o - fish


Quote:BIAYA BUAT KOLAM

Spoiler for biaya:


sumber : TS



Quote:tips kolam bocor

Spoiler for tips:


Sumber : otten


Quote:Menghitung Jumlah Ikan Di Kolam, kedalaman kolam dan pompa


Spoiler for jumlah:


sumber : o - fish


kolam [bahan buat kolam, menghitung kap. pompa, angka filtrasi, treatment kolam baru]

Quote:material pembuatan kolam :

material dasar:

Spoiler for foto:


bahan aditif semen + mixer (molen)

Spoiler for foto:


bekisting

Spoiler for foto:


waterproofing :

Spoiler for foto:


Perbandingan campuran beton untuk pekerjaan pengecoran manual menurut SNI


Spoiler for perbandingan campuran beton menurut SNI:


sumber : TS


Quote:menghitung kapasitas pompa


Quote:
Spoiler for foto:


cara menghitung total head berdasarkan gb.1
sebagai contoh kasus:

Misalkan :

Volume kolam 10ton = 2641 gallon
rencana pompa yang akan kita pakai adalah pompa merk "x" dengan debit maximum 13.5ton/jam = 3566.323 gal/jam = 59.43871 gal/menit di bulatkan 60 gal/menit
ukuran pipa 2"
* static head = 1.89 m = 6.200769 feet
* friction head dapat di baca pada tabel, debit pompa 60 gal/menit dengan pipa 2" friction loss per 100 feet adalah 5.84 (a)
sedangkan untuk fittings, ada 3 elbow 2" nilai friction loss ( b ) 6 x 3 = 18
panjang pipa total ( l ) = 3.5 m = 11.4829 feet

jadi total head = static head + friction head
= 6.2 (feet) + (((l + b) x a)/100)
= 6.2 + (((11.4829 + 18 ) x 5.84)/100)
= 6.2 + 1.72
= 7.92 feet
= 2.414016 meter

total head sudah didapat = 2.414016 meter, tinggal masukan pada garfik / kurva dari pompa merk "x" makan akan di dapat debit airnya.


sumber : koi-s.org


Quote:ANGKA FILTER DAN KOLAM

perbandingan volume kolam dan filter sangat mempengaruhi kualitas air dan kehidupan koi, jika air bagus maka dipastikan koi pun sehat..untuk itu berdasarkan petunjuk yang ada, maka disarankan perbandingan filter dan kolam adalah ( minimal )

Spoiler for hitung:



NB : lebih besar lebih baik

sumber : TS


Quote:TREATMENT KOLAM BARU

1. Isi air sampai full (kolam+filter) diamkan dulu selama 1-2 hari untuk mendeteksi adanya kebocoran atau tidak. Pengerjaan kolam yang benar akan meminimalkan adanya kebocoran.

2. Setelah 2 hari, jalan kan pompa. Liat flow air apakah sudah memadai? Adakah sudut2 mati yang perputaran airnya lambat. bisa menggunakan obat biru untuk melihat flow sekalian mensterilkan kolam.

3. Setelah flow ok, masukkan gedebong pisang, nanas, cuka, dll, untuk menetralisirkan kandungan2 kimia dalam air.

4. bersihkan kolam, dinding, dasar kolam, dan filter. Bisa digosok sambil membuang air total.

5. Masukkan air baru, putar dan jalankan kolam kembali, setelah dua hari, masukkan ikan dengan kepadatan 1ekor per 5 ton air. Beri pakan secukupnya, sedikit saja. Keesokan harinya masukkan bakteri starter yang telah diaerasi ke filter chamber, matikan lampu UV selama 12-24 jam setelah pemberian bakteri starter. Bakteri Starter juga diberikan di kolam pada titik terjauh sebelum ke BD.6. Penambahan bakteria memang diperlukan. Ikutin saja petunjuk di kemasan. Cara pemberian bakteria starter adalah mengambil air kolam seember, kemudian berikan dosis bakteria starter, beri aerasi selama kuranglebih 30-60 menit, baru kemudian dituang ke filter dan kolam.

6. Pantau kondisi parameter air, pH, amonia, nitrite dan nitrate setiap hari sampai kondisi stabil baru dimasukin semua. Dan pakan juga diberikan secukupnya, dipantau lagi sampai bener2 mature.

Jadi total dari mulai isi air sampai mature biasanya memakan waktu 1-2bulan.....

Jika prosedur dan sistem kolam dilakukan dengan benar, maka kolam akan berjalan dengan sebagaimana mestinya.

sumber : koi-s.org

Filter dan peralatan [ jenis media, cara pasang, jenis peralatan]

Quote:media filter :

Spoiler for media:


sumber : koipalace


Quote:

pemasangan media


Quote:pemasangan lampu uv :

Spoiler for foto:


sumber : koi-s.org


Quote:Original Posted By Ngutangmulu
Ngobrol2 tentang UV, ini sepengetahuan saya.

Jenis yang umum di pasaran itu ada 2, CMIIW

1. UVC (Ultra Violet Clarifiers) : Jenis ini hanya membunuh alga dgn cara merusak sel algae, tetapi panjang gelombangnya tidak dapat membunuh virus dan bakteri (jahat maupun baik).

2. UVS (Ultra Violet Sterilizers) :Katanya UV jenis ini dapat membunuh algae dgn merusak sel algae serta membunuh bacteria dan virus yg melintasi sinar UVS tsb, jadi kalo lampu UV ini kita simpan di chamber pompa, air yang menuju kolam diharapkan bisa steril dn bebas algae, lebih oke klo disimpan d settlement chamber yang notabene adalah sarang bakteri jahat, tapi konsekwensinya UV lamp jadi cepat kotor.

Bicara tentang berapa watt yang dibutuhkan, menurut saya UV utk algae, bakteri dan parasit lebih tergantung dari flow rate daripada wattage nya. Diperlukan minimum flow yg berbeda utk bunuh algae, bakteri dan parasit. Mungkin dikarenakan struktur komposisi yg berbeda utk masing2 bakteri tsb. Misalnya ada bakteri yg lebih lemah dan lebih kuat...sehingga diperlukan flow rate yg lebih pelan utk bakteri yg kuat.

Kalau yg pernah saya baca, 10 watt bisa meng-cover 4.500lt, berarti untuk setiap 1.000 lt butuh sekitar 2.2 watt.Misal kalau kolam 10 ton berarti menurut hitungan diatas butuh 10 x 2.2 watt = 22 watt. Tapi semuanya masih bergantung pada beberapa faktor yang berkaitan dengan kualitas air kolam tsb om... Mohon dikoreksi klo salah, soalnya saya gak pernah pake UV lamp, biarlah kolam membentuk ekosistemnya secara alami, UV hanya cara instan...




Quote:pemasangan bioball :

Spoiler for foto:


sumber : koi-s.org


Quote:pemasangan japmat :

Spoiler for cara:


sumber : TS


Quote:pemasangan autofiller :

Spoiler for foto:


sumber : koi-s.org


Quote:pemasangan brush (sikat) :

Spoiler for foto:

sumber : kaskus.co.id



Quote:peralatan kolam :

Spoiler for foto:


sumber : koipalace

Nutrisi [ pola makan dan pertumbuhan, kandungan nutrisi pakan]

Quote:Pola makan dan Pertumbuhan

Spoiler for pola:


sumber : koiser.net


Quote:Kandungan nutrisi pakan

Spoiler for kandungan:


sumber : koiser.net

Nutrisi [ kebutuhan nutrisi koi, resep pakan sakai fish farm]

Quote:Kebutuhan Nutrisi untuk Koi

Spoiler for kebutuhan:


sumber : koiser.net


Quote:RESEP PAKAN SAKAI FISH FARM

Ingredients :

12 kilos of Wheatgerm pallets
10 kilos of Creamy Oysters
6 kilos of Honey
500 gms of dried silkworms
50 gms of fruit-sugar ( Glucose )

and lastly , refrigerator ...

Ingredients Preparation:

Wheatgerm

Grind the 12 kilos of wheatgerm into powder form , as fine as you can .
Put them into a big container .

Oyster

Boil the 10 kilos of creamy Oyster , bit by bit and not to overcook the oyster , but just have them cooked condition . Keep about a couple of litres of the water that was used to boil the oyster . Blend the Oyster with the juice blender till they turn into source ... bcos , this will be the broth for the dough later . Allow the oyster source to cool off . Temperature of this source is not supposed to be higher than 37 deg celsius after it cools off , bcos the heat is likely "kill" the honey . Add in the 2 litres of water used to boil the oyster into the oyster source as well . This will be the amount of broth / source you might need to knead the dough .

Honey

Add the 6 kilos of honey into the oyster source after it cools , and comingle them and allow the honey to comingle evenly in the oyster source .

Fruit Sugar ( Glucose )

Add this 50 grams of glucose into the honey oyster source as well .

Dried Silkworm ( Hi-Silk ) .

Use the same blender or grinder to grind the dried silkworm into powder form as well and comingle the grinded powder with the grinded wheatgerm powder . Spread and mix well .


Finishing the Product .

Now find a nice kitchen top or table top to prepare the paste dough .

1 ) Put a portion of the wheatgerm/silkworm powder on the kneading table .

2 ) start adding in the prepared source and start your kneading work .
It will take quite a while for you to knead this huge amount of powder and source . So be patient as you're doing your knead work . The texture might not be that of dry and hard . It can be a messy job for a start , but you will get the hang of it once you're there ...

3 ) You will end up having a big dough on your table , weighing close to 25 kilos or more . Cut up this dough into 1 kilo size , which is what you see brother Victored showed 2 days ago , and wrap them with the food wrapper and have them transfer to your freezer for storage . You will have slightly more than 25 balls of 1 kilo pack paste food in your freezer ...

Serving

Each time you would want to serve this paste food , you have to thaw it , and thereafter , break them into size slightly smaller than peanuts , and you're ready to serve them to your Kois . I gaurantee they will love the smell of this paste food .... You will be surprised if they can consume twice of what you feed on your normal food now .... , but I would still advise you not to overfeed ... it's never neccessary ....

Comments : Given the quality of this paste food , you will be equally surprise , you just need to feed half of the usual amount of you normally feed your fishes .. and yet able to attain the results you want .... The cost the the above ingredient used , can be costly ..... and the above amount can hardly last my ponds a few days ....

* Sumber diambil dari postingan David Soon

koi-s.org

Nutrisi [ tentang shiroji, feeding regime ]

Quote:tentang shiroji

Spoiler for shiroji:


sumber : koi-s.org, TS


Quote:feeding regime by futoshi mano


Spoiler for feed:


sumber : koi-s.org, TS


Quote:feeding regime by hikari (salah satu produsen pakan berkualitas di jepang)


Spoiler for hikari:


sumber : hikari, TS


Quote:deteksi kesehatan melalui bentuk feses pada ikan :

Spoiler for feses:


sumber : koi-s.org

Nutrisi [ food glossary part 1 , inzet = memaksimalkan koi berdasar kelir tubuh]

Quote:
Spoiler for FOOD:


sumber : koi-s.org


Quote:memaksimalkan koi berdasar kelir tubuh

Quote:koi satu warna

contoh varian : chagoi, ogon, yamabuki

parameter air : Pigmen merah dan kuning berkembang baik di air yang kaya fitoplankton hijau (tanaman bersel tunggal). warna merah , kuning dan putih bakal tampak menebal di kolam dengan kondisi air soft water (75-100)

Pakan :
kandungan beta karoten dalam pakan sangat mempengaruhi kualitas warna merah. pelet dengan kandungan spirulina dipercaya mampu mendongkraj kelir kuning. kandungan wheat germ mampu meningkatkan kualitas warna putih

cahaya:
kolam sebaiknya terpapar sinar matahari antara 4 -6 jam. paparan sinar matahari membantu munculnya tsuya alias kemilau pada tubuh ogon dan yamabuki

suhu:
suhu berkisar 25-29 derajat



Quote:koi dua warna (merah dan putih)

Contoh varian : kohaku

Parameter air : pigmen merah cenderung membaik pada kondisi soft water (TDS 75-100)

Pakan : pada saat hendak mendongkrak kelir merah, berikan pakan mengandung spirulina. Jika ingin kelir putih terlihat kinclong pasok dengan pakan mengandung wheat germ

Cahaya :
Paparan sinar matahari sangat berpengaruh terhadap kondisi kelir merah pada tubuh koi. Bila terlalu sering berjemur terik matahari, warnanya bisa memudar

Suhu:
Kolam bersuhu 25 - 28 derajat sangat cocok untuk varian kohaku

koi dua warna (hitam dan putih)

contoh varian : shiro utsuri, shiro bekko

parameter air : pada lingkungan air dengan tds diatas 300 (hard water), kelir hitam bakal tampak solid. ph berkisar 7.5 - 8.5

pakan : kandungan wheat germ mampu mendongkrak kelir putih. pakan dengan beta karoten tinggi bisa "mengeruhkan" kelir putih

cahaya : sinar matahari cukup ampuh untuk mendongkrak kelir hitam. kelir putih cenderung lebih adaptif pada lingkungan yang tidak mendapat paparan sinar matahari langsung

suhu: suhu air rendah (18 - 22 derajat) bisa mendongkrak kualitas shiroji (warna putih)


Quote:koi tiga warna (hitam, merah dan putih)


contoh varian : showa dan sanke

parameter air : agar ketiga kelir (hitam, merah dan putih) bisa tampil optimal, sebaiknya ikan ini tinggal di kondisi air medium ( tds 100 - 300 ). COD ( Chemical Oxygen Demand) dalam air tak boleh lebih dari 5 ppm. bila lebih dari itu, alamat terjadi singking sumi alias kelir hitam tenggelam di bawah sisik. ph air sebaiknya kisaran 6.8 - 7.4

pakan : makanan dengan kandungan spirulina mampu mendongkrak kelir hitam dan merah. pasokan pelet yang dilengkapi wheat germ bakal memuluskan warna putih.

cahaya : terlalu terpapar banyak cahaya sisik memang terlihat lebih shiny tapi kelir hitam di tubuh bisa memudar.

suhu : suhu air terbaik untuk menjaga kualitas warna hitam pada showa dan sanke berkisar 26 derajat.


sumber : majalah flona

Nutrisi [ food glossary part 2]

Quote:
Spoiler for FOOD:


sumber : koi-s.org

Kesehatan ikan 1[ karantina, garam, tabel diagnosa, deteksi feses]

Quote:Karantina ikan baru :

Spoiler for karantina:


perilaku dan indikasi air karantina :

perilaku

Ikan yg lagi karantina suka mojok, tapi jangan takut selama koi kelihatan lincah dan segar.setiap koi memang tidak sama...ada yg cepet adaptasi dan ada yg agak lama. Sama seperti manusia, sifat dan daya tahan setiap orang beda2.

indikasi air

indikasi koi karantina sehat adalah lihat permukaan air karantina itu apakah berbusa dan tidak pecah2...kalau masih ada, karantina nya diperpanjang, kalau perlu 1 bulan. Sampai permukaan air nya clear.

CMIIW

sumber : kois-s.org


Quote:
mengenai garam

Spoiler for garam:


sumber : TS


Quote:TABEL GEJALA, PENYAKIT SERTA PENANGGULANGAN (GP2)

Spoiler for FOTO:


Quote:deteksi kesehatan melalui bentuk feses pada ikan :

Spoiler for feses:





sumber : koi-s.org

kesehatan ikan 2[penyakit yang sering dialami, panduan cepat tabel dan penanganannya]

Quote:beberapa penyakit koi dan cara penanganannya

Spoiler for obat:




sumber : koi-s.org, koiser.net


Quote:PANDUAN CEPAT PENYAKIT KOI BERIKUT TABEL DAN GAMBAR

Spoiler for foto:


Tabelnya bisa di donlot di link bawah :

http://www.4*shared.com/file/2154388...... yakit.html

sumber : koi-s.org

kesehatan ikan 3 [penyakit yang sering dialami dan penanganannya]

Quote:

Spoiler for obat:


Koi Miscelaneous [pemijahan, alamat dealer / seller, direktori dealer / seller ]

Quote:pemijahan koi :

Spoiler for pemijahan:


pemijahan koi tradisional Menurut peternak blitar :


Spoiler for pemijahan:




Quote:Toko ikan hias( bisa ditambah lagi dari info2 sekitar tempat tinggal juragan )


Spoiler for breeder:


Quote:DIREKTORI BREEDER (PETERNAK) KOI DI INDONESIA

http://www.breederkoi.com/directory/...fault.asp?pg=1


NB : perlu diingat link ini bukan untuk merebut lapak.. tapi sebagai sarana pengetahuan dan bahan sharing, bagi perkembangan koi di indonesia, khususnya breeder lokal

NB : Harap segera laporkan jika ada masalah, seperti penipuan dan kecurangan dari salah satu breeder yang terdapat di link, agar TS bisa segera lapor ke forum....

Quote:tanya jawab koi by kokugyo vol 1


langsung donlot aja gan :

File name: apresiasi koi.pdf File size: 1.25 MB


nb : nyolong dari sebelah


Quote:tingkah laku koi :

Spoiler for tl:



Quote:MEMILIH GOSANKE ( KOHAKU, TAISHO SANSHOKU (SANKE), SHOWA SANSHOKU (SHOWA)


Spoiler for kriteria:


Quote:PENILAIAN LOMBA
Spoiler for nilai:


Quote:MEMILIH GOYONKE ( SHIRO UTSURI , BEKKO )

Spoiler for foto:

Kualitas air [ ambang batas kualitas air]

Quote:parameter air kolam koi

Spoiler for foto:


sumber lain nya :

Spoiler for koi:


sumber lain nya


Spoiler for sumber:





Quote:SOFTWATER & HARDWATER

Spoiler for air:



Quote:Memahami GH / KH / pH / CO 2

Spoiler for gh:


Kualitas air [ siklus nitrogen ]

Quote:Siklus Nitrogen

(Amonia dalam kolam diuraikan nitrosomonas menjadi nitrit.Nitrobacter mengkonversi nitrit menjadi nitrat.)

Siklus nitrogen adalah proses paling krusial dalam kolam koi. Ini adalah proses pengolahan limbah air secara natural dan alami untuk menghilangkan senyawa racun organik yang dihasilkan dari hasil metabolisme, sisa pakan, atau senyawa liar yang masuk ke kolam. Senyawa paling mematikan yang dihasilkan kolam adalah ammonia ( NH3). Koi mengeluarkan ammonia melalui respirasi, dan lebih banyak lagi dihasilkan dari proses sekresi dalam bentuk padat dan cair. Ammonia juga dihasilkan dari pembusukan daun - daun, ikan mati dan sisa – sisa pakan.

Pengurangan ammonia di kolam bisa dilakukan dengan memberi material seperti zeolite. Ini adalah solusi tercepat dan bersifat jangka pendek. Penggemar koi sejatinya banyak yang lebih menyukai cara lain, yaitu menjaga populasi bakteri – bakteri alami yang menguntungkan. Bakteri tersebut adalah nitrosomonas dan nitrobacter yang bisa menguraikan racun ammonia dan nitrit.

Nitrosomonas

Alam menyediakan bakteri menguntungkan, Nitrosomonas, yang mampu menguraikan ammonia. Bakteri ini bisa ditemukan pada hampir semua ekosistem. Umumnya mereka termasuk bakteri aerobic yang membutuhkan oksigen untuk hidup dan berkembang biak. Bakteri ini membentuk koloni dimana saja asalkan tersedia cukup ammonia dan oksigen.

Nitrobacter

Nitrosomonas menguraikan ammonia menjadi Nitrit, yang merupakan senyawa beracun bagi koi. Nitrit menjadi makanan bakteri Nitrobacter dan menghasilkan senyawa Nitrat. Melihat keterkaitannya, lumrah bila kita menemukan kedua bakteri itu bersama dalam kolam. Walaupun berbahaya, koi masih mampu bertahan dengan kadar Nitrit dua kali kadar ammonia.

Inilah yang dimaksud siklus nitrogen atau lazim disebut proses nitrifikasi. Koi melakukan respirasi dan bersekresi membuang kotoran yang mengandung ammonia. Begitu juga sisa pakan, kotoran di dasar kolam, atau koti mati yang lama tidak diangkat. Semuanya memberikan kontribusi terhadap peningkatan kadar ammonia dalam kolam. Ammonia diuraikan nitrosomonas menjadi nitrit. Siklus berikutnya adalah nitrobacter yang mengkonversi nitrit menjadi nitrat. Pada bagian akhir, nitrat diserap tumbuhan air atau menguap setelah melalui proses oksidasi dipermukaan air.

Karakteristik

Nitrosomonas dan nitrobacter adalah terminologi bakteri Lithotrophic. Mereka membutuhkan oksigen dan makanan untuk hidup dan membangun koloni dimedia dengan permukaan yang keras dan bersih. Kedua jenis bakteri tersebut termasuk lama dalam replikasi dibanding bakteri lain yang ada. Pada kolam air tawar, bakteri membutuhkan waktu setiap 8 jam untuk bereplika, sedangkan untuk air laut lebih lama lagi, sekitar 24 jam.

KASUS KOLAM BARU

Pada kolam lama siklus nitrogen sudah berjalan dan berintegrasi ke dalam ekosistem kolam membangun keseimbangan. Tetapi kolam baru membutuhkan waktu untuk membangun siklus. Dengan bantuan filter biologi, siklus terbentuk secara bertahap dan membutuhkan waktu menemukan keseimbangannya.
Dengan asumsi setetes bakteri didalam kolam baru dan kemudian terjadi siklus reproduksi bakteri, diagram – diagram berikut menjelaskan kecepatan dimana kolam akan menjadi opimal untuk melakukan proses ammonia dan nitrit.


Siklus 1 – 10 hari

Ammonia mulai cepat naik ke level mematikan dan menurun drastis pada hari ke sepuluh dan akhirnya mendekati titik nol. Proses replikasi bakteri yang menjelaskan fluktuasi kadar ammonia. Bakteri bereplikasi secara geometris. Satu bakteri membelah menjadi 2 dalam 8 jam, dan 4 dalam 16jam, dan 16 dalam 24 jam, dan 32 dalam 32 jam, dan begitu seterusnya. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10 hari pada kolam yang kondisinya ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Pada titik ini populasi bakteri cukup mengkonversikan semua ammonia menjadi nitrit. Gambar diatas menunjukan penurunan drastis ammonia setelah lewat pada hari ke sepuluh.

Siklus 10 – 20 hari

Pada hari ke 21 setelah ammonia turun ke level minimum, perlahan tapi pasti kadar nitrit naik dan tingkatnya menjadi lebih tinggi dibanding ammonia bahkan mencapai dua kalinya. Nitrit meski merupakan racun tetapi tidak seganas ammonia sehingga pada tingkat nitrit setinggi itu tidak menyebabkan kematian koi.

Bersamaan dengan peningkatan kadar nitrit, populasi nitrobacter meningkat karena cukup tersedia nitrit untuk dikonsumsi. Seiring petambahan populasi nitrobacter, perlahan dan bertahap kadar nitrit menurun. Setelah 21 hari dari sejak peningkatan tertinggi, kadar nitrit menurun cepat ke tingkat aman (lihat diagram). Sebaliknya kadar nitrat yang justru meningkat.

Siklus hari 21 - 31

Penjelasan siklus di atas sesungguhnya tidak sesederhana itu. Alam semesta juga ikut andil dalam proses nitrogen. Bakteri yang mengurai nitrit ke nitrat, nitrobacter, bisa hidup dgn kondisi air bebas kandungan ammonia. Itu sebabnya perlu menjaga populasi nitrobacter sampai pada hari ke 10 dimana kenaikan ammonia minimum. Ketika kandungan ammonia sudah tidak ada, nitrobacter mulai menggandakan diri. Seperti nitrosomonas, mereka membutuhkan oksigen, makanan, tempat yang bersih dan keras untuk hidup.
Siklus Setelah 31 hari

Begitu nitrit terurai, produk akhir dari siklus nitrogen adalah nitrat. Ini adalah senyawa yang tidak mudah diproses oleh bakteri aerobic. Oleh karena itu kadar nitrat akan mulai naik dan berlanjut mencapai tingkat tertinggi. Penurunan kadar nitrat bisa dilakukan dengan memperbanyak kadar oksigen dalam kolam yang mampu menguapkan nitrat ke udara bebas.

Cara lainnya adalah dengan pengembangan bakteri anaerobic, yang akan mengambil nitrat dan menjadi nitrogen dan gas - gas lain. Cara ini sangat berbahaya dan susah dikontrol. Jika prosedurnya salah, hydrogen sulfide ( H2S) dan gas – gas beracun lain akan terlepas ke air melalui gelembung2 udara.

PERLAKUAN PADA KOLAM

Perlakuan terhadap kolam baru mesti ekstra hati – hati. Di kalangan penggemar koi dikenal istilah “New Pond Syndrome”, yaitu peningkatan jumlah ammonia dan nitrit yang tidak terkendali. Secara kasat mata bisa diamati dari fisik kolam, dimana lumut yang tumbuh cenderung kerdil dan tidak merata. Bila yang terjadi peningkatan ammonia dalam jumlah tidak wajar kecenderungannya koi – koi akan mati, tetapi bila yang meledak adalah jumlah nitrit biasanya koi akan terlihat memar – memar di sekujur tubuh.

Pada kolam baru perlu menambah perlakuan, seperti melakukan pergantian air secara rutin untuk membuang air yang kandungan ammonia, nitrat atau nitrit tinggi dan menggantikan dengan sumber air yang bebas dari senyawa – senyawa beracun tersebut. Bisa juga melakukan denitrifikasi melalui media baki shower, trickle tower yang efektif meningkatkan kadar oksigen terlarut(wp)

source : koi-s

Kualitas air [ aerasi ]

Quote:Aerasi, Pemasok Oksigen dalam Kolam

( Dengan aerasi yang baik dan tingkat kepadatan populasi normal akan menghasilkan cadangan oksigen terlarut yang cukup untuk bernapas selama satu jam atau lebih setelah pasokan oksigen berhenti )
Kadang sering timbul pertanyaan: “Berapa lama Koi mampu bertahan tanpa aerasi?“. Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak sebagian besar penggemar koi karena pernah/sering mengalami pemadaman listrik mendadak. Kadang hanya dua jam tetapi kadang lebih dari dua jam. Pada saat kejadian biasanya yang ada di pikiran mereka adalah pertanyaan tentang nasib Koi selama pemadaman berlangsung.

Kolam dapat dianalogikan seperti ruangan dengan jendela terbuka. Dengan asumsi tidak ada angin yang mempengaruhi sehingga aliran udara yang melalui jendela berjalan lambat tetapi stabil akan memberikan ventilasi memadai bagi sejumlah kecil orang yang berada di dalamnya. Karena yang berada di ruangan itu bernafas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida, maka kadar oksigen akan berkurang dan kadar karbon dioksida meningkat. Dengan hanya beberapa orang di ruangan itu perubahan kadar oksigen tidak akan terlihat dan mereka tetap bernafas nyaman. Semakin besar luas area jendela akan semakin besar jumlah orang yang dapat menempati ruangan.

Bila diperbandingkan dengan kolam, area jendela yang terbuka ekivalen dengan permukaan kolam. Semakin besar luas permukaan, semakin besar jumlah Koi yang dapat hidup di dalamnya dengan memanfaatkan pertukaran gas alam di permukaan untuk ketersediaan oksigen dan menghilangkan karbon dioksida. Dalam kolam yang tidak kelebihan populasi dan memiliki area permukaan luas akan ada cukup pertukaran gas di area permukaan.

Jika ingin memperbanyak jumlah orang yang dapat ditampung dalam sebuah ruangan, tiupkan udara ke dalam ruangan menggunakan kipas. Ini tidak hanya memberikan lebih banyak udara segar ke ruangan, tetapi juga mendorong udara pengap ke luar jendela dan mencegah penumpukan karbon dioksida. Semakin kuat kipas, semakin banyak orang dapat menggunakan ruang dengan nyaman. Ini seperti menempatkan air stone di dalam kolam. Semakin cepat udara diperkenalkan melalui air stone, semakin cepat kadar oksigen dalam air bertambah, semakin cepat karbon dioksida menghilang, dan semakin banyak jumlah Koi yang mampu bertahan.

Kembali ke analogi sebelumnya. Bila kipas dimatikan ketika ruangan penuh, penghuni tidak segera merasakan efeknya tetapi baru beberapa saat kemudian setelah oksigen habis dipakai perlahan – lahan. Mereka akan merasakan kondisi dimana lebih sulit bernafas. Masih ada beberapa ventilasi yang terbuka tetapi mungkin tidak cukup dapat mencegah penghuni dari kesulitan bernapas. Itu semua tergantung pada berapa banyak orang yang berada di dalam ruangan, dan apakah jendela yang terbuka akan memasok cukup udara segar agar mereka dapat bernafas dengan nyaman, atau setidaknya bertahan sampai kipas angin dihidupkan kembali. Apakah ruangan sedang digunakan untuk kelas aerobik atau kelas yoga. Jumlah penghuni adalah salah satu faktor penentu berapa lama kipas dapat dimatikan. Hal yang sama berlaku di kolam, Koi yang aktif akan mengkonsumsi oksigen lebih banyak, begitu juga dengan jumlah Koi. Keduanya akan semakin memperpendek waktu bertahan tanpa aerasi tambahan.

Bila ingin mengetahui daya tahan oksigen di kolam tanpa melakukan tes secara teratur, matikanlah pompa dan perhatikan perilaku Koi di kolam. Koi akan memberitahu bila keadaan mulai sulit bernapas. Bila Koi berperilaku seperti biasa, berarti semuanya baik – baik saja, tetapi bila insang bergerak cepat seperti terengah – engah atau lebih banyak menghabiskan waktu di permukaan, itu berarti saatnya Koi membutuhkan lebih banyak oksigen. Dengan aerasi yang baik dan tingkat kepadatan populasi normal akan ada cadangan oksigen terlarut yang cukup untuk bernapas selama satu jam atau lebih setelah pasokan oksigen dihentikan. Sebagai catatan pada air yang lebih hangat, kemampuan melarutkan oksigen semakin berkurang sehingga butuh lebih banyak aerasi.



Koi senang berada dalam kondisi dimana kadar oksigen terlarut berkisar 7-8mg/L (7–8ppm). Kadar oksigen minimum yang dibutuhkan 6ppm dan Koi akan cepat mati jika kadar oksigen jatuh hingga ke sekitar angka 3ppm. Jadi jangan berspekulasi! Begitu melihat Koi pertama seperti sedikit "kehabisan napas", itu berarti kadar oksigen turun di bawah angka yang dapat diterima. Segera tambahkan kembali oksigen ke dalam kolam.

Ketika memberi pakan, protein yang terkandung di dalamnya akan dicerna dan menghasilkan amonia. Bakteri nitrifikasi (Nitrosomonas dan Nitrobacter) dalam bio-filter segera sibuk mengkonversinya menjadi nitrit dan kemudian nitrat. Bakteri membutuhkan sejumlah besar oksigen yang diambil dari air untuk melakukan aktifitas tersebut. Kecuali ada cukup pasokan yang terus menerus dalam filter, kadar oksigen dalam air yang dilempar kembali ke dalam kolam akan berkurang. Seterusnya air ini akan bercampur dengan sisa air di kolam dan semakin mengurangi cadangan oksigen saat proses aerasi dihentikan. Jadi jangan pernah ada ide menghentikan pasokan oksigen ke dalam filter biologi jika tidak benar – benar diperlukan.

source : koi-s