KASKUS

Proses Klaim Asuransi Kehilangan Motor

Pada Harikamis tgl 01 maret 2012 jam 04 di halaman kost jln pondok labu I RT/RW 07/007 Kel Pondok Labu kec cilandak telah terjadi pebuatan tindak pidana pencurian motor yamaha Byson warna merah tahun 2011 No pol B 3549 SDJ no rangka MH245P001BK073265 No mesin 45P083102

kronologis diatas adalah sebagian kejadian kehilangan motor Byson B 3549 SDJ

hari itu juga (kamis 1 maret 2012) dilanjutkan pelaporan ke pihak leasing yaitu Motor LAJU-PT. CIMB Niaga Auto Finance (jl Letjend Suprato No. L20-L20B-Kemayoran Jakarta Pusat)

dari pihak leasing di lanjutkan ke pihak kepolisian untuk di laporkan STPL (surat tanda penerimaan laporan/Pengaduan)..setelah menerima STPL dari kepolisian, pada hari Sabtu (tgl 3 maret 2012) STPL + kunci + STNK di serahkan ke pihak leasing agar di tindak lanjuti ke pihak asuransi (ASURANSI JASA INDONESIA).dengan No Polis 205.605.200.11.01705/700/000

Proses-Proses ini yang telah dilakukan oleh pihak yg kehilangan....>>>>>> Bersambung

"nah proses selanjutnya akan di update masalah gimana sehh sebenarnya proses dari leasing, proses dari pihak asuransi jasindo itu sendiri berapa lama waktu proses, besaran tanggungan,dll bahkan akan di coba update masalah pelayanan dari pihak leasing Laju CIMB NIAGA dan Pihak asuransi Jasindo"

semoga tread ini bisa memberikan informasi atau sekedar maanfaat bagi yang mebutuhkan....

ciyoooo!!!
Kalo di FIF prosesnya.. Bila kita kehilangan Motor, Pertama kita ke Leasing dulu (dalam hal ini FIF) lalu FIF akan memberikan rincian yang harus kita penuhi untuk pengajuan klaim Asuransi, antara lain :

1. Laporan Polisi (asli) dari Polsek/Polres tempat TKP
2. Surat Blokir STNK -> minta Pengantar nya dari Polres kemudian diajukan ke Polda dan Samsat.
3. STNK - Kunci Kontak Asli + duplikat (bila di sita pihak Polres, minta Surat Keterangan Sita)
4. Polis/Sertifikat Asuransi & Materai Rp. 6.000 3 lembar
5. Mengisi Laporan Kerugian
6. Mengisi Surat Bersedia di Investigasi

Adapun Nilai Penggantian Klaim Total Lost sbb :

1. Sudah menyicil selama 1-6 bulan akan diganti 100 % dari harga motor saat transaksi
2. Sudah menyicil selama 6-12 bulan akan diganti 95 % dari harga motor saat transaksi
3. Sudah menyicil selama tahun kedua akan diganti 85 % dari harga motor saat transaksi
4. Sudah menyicil selama tahun ketiga akan diganti 75 % dari harga motor saat transaksi

Simulasi Mekanisme Penggantian Klaim

Contoh : kendaraan hilang di tahun kedua angsuran
- Jumlah pertanggungan x Nilai Penggantian Klaim (tahun kedua 85%) = Nominal/jumlah Rp. 10.400.000 x 85% = Rp. 8.840.000.
- Nominal/Jumlah Dikurangi (-) Resiko Sendiri 10% = Jumlah/Nominal = Rp. 8.840.000 - 10% = Rp. 7.956.000
- Jumlah Nominal Di bayarkan terlebih dahulu ke FIF menutupi Sisa Hutang Tertanggung di FIF, Jika Nilai Penggantian Klaim Terdapat Kelebihan itu menjadi hak tertanggung.
Misalnya :
Rp. 7.965.000 - Sisa hutang (Rp. 5.000.000) = Rp. 2.965.000 (Hak Tertanggung)

Ketentuan :
Selama mengurus klaim asuransi tertanggung atau pemilik motor wajib membayar angsuran sampai dengan klaimnya di bayarkan oleh pihak Asuransi. Ada perjanjiannya.


FYI : saya bukan orang FIF, tapi saya pernah Kredit motor dari FIF dan pernah kehilangan motor. Cuma mau share aja..
Trims.. mudah2an bermanfaat.
Quote:Original Posted By 134131muda
Pada Harikamis tgl 01 maret 2012 jam 04 di halaman kost jln pondok labu I RT/RW 07/007 Kel Pondok Labu kec cilandak telah terjadi pebuatan tindak pidana pencurian motor yamaha Byson warna merah tahun 2011 No pol B 3549 SDJ no rangka MH245P001BK073265 No mesin 45P083102

kronologis diatas adalah sebagian kejadian kehilangan motor Byson B 3549 SDJ

hari itu juga (kamis 1 maret 2012) dilanjutkan pelaporan ke pihak leasing yaitu Motor LAJU-PT. CIMB Niaga Auto Finance (jl Letjend Suprato No. L20-L20B-Kemayoran Jakarta Pusat)

dari pihak leasing di lanjutkan ke pihak kepolisian untuk di laporkan STPL (surat tanda penerimaan laporan/Pengaduan)..setelah menerima STPL dari kepolisian, pada hari Sabtu (tgl 3 maret 2012) STPL + kunci + STNK di serahkan ke pihak leasing agar di tindak lanjuti ke pihak asuransi (ASURANSI JASA INDONESIA).dengan No Polis 205.605.200.11.01705/700/000

Proses-Proses ini yang telah dilakukan oleh pihak yg kehilangan....>>>>>> Bersambung

"nah proses selanjutnya akan di update masalah gimana sehh sebenarnya proses dari leasing, proses dari pihak asuransi jasindo itu sendiri berapa lama waktu proses, besaran tanggungan,dll bahkan akan di coba update masalah pelayanan dari pihak leasing Laju CIMB NIAGA dan Pihak asuransi Jasindo"

semoga tread ini bisa memberikan informasi atau sekedar maanfaat bagi yang mebutuhkan....

ciyoooo!!!


Pihak Leassing sih bilang apabila dokumen lengkap proses nya hanya membutuhkan waktu 14 hari kerja..
Quote:Original Posted By akusajalho
Kalo di FIF prosesnya.. Bila kita kehilangan Motor, Pertama kita ke Leasing dulu (dalam hal ini FIF) lalu FIF akan memberikan rincian yang harus kita penuhi untuk pengajuan klaim Asuransi, antara lain :

1. Laporan Polisi (asli) dari Polsek/Polres tempat TKP
2. Surat Blokir STNK -> minta Pengantar nya dari Polres kemudian diajukan ke Polda dan Samsat.
3. STNK - Kunci Kontak Asli + duplikat (bila di sita pihak Polres, minta Surat Keterangan Sita)
4. Polis/Sertifikat Asuransi & Materai Rp. 6.000 3 lembar
5. Mengisi Laporan Kerugian
6. Mengisi Surat Bersedia di Investigasi

Adapun Nilai Penggantian Klaim Total Lost sbb :

1. Sudah menyicil selama 1-6 bulan akan diganti 100 % dari harga motor saat transaksi
2. Sudah menyicil selama 6-12 bulan akan diganti 95 % dari harga motor saat transaksi
3. Sudah menyicil selama tahun kedua akan diganti 85 % dari harga motor saat transaksi
4. Sudah menyicil selama tahun ketiga akan diganti 75 % dari harga motor saat transaksi

Simulasi Mekanisme Penggantian Klaim

Contoh : kendaraan hilang di tahun kedua angsuran
- Jumlah pertanggungan x Nilai Penggantian Klaim (tahun kedua 85%) = Nominal/jumlah Rp. 10.400.000 x 85% = Rp. 8.840.000.
- Nominal/Jumlah Dikurangi (-) Resiko Sendiri 10% = Jumlah/Nominal = Rp. 8.840.000 - 10% = Rp. 7.956.000
- Jumlah Nominal Di bayarkan terlebih dahulu ke FIF menutupi Sisa Hutang Tertanggung di FIF, Jika Nilai Penggantian Klaim Terdapat Kelebihan itu menjadi hak tertanggung.
Misalnya :
Rp. 7.965.000 - Sisa hutang (Rp. 5.000.000) = Rp. 2.965.000 (Hak Tertanggung)

Ketentuan :
Selama mengurus klaim asuransi tertanggung atau pemilik motor wajib membayar angsuran sampai dengan klaimnya di bayarkan oleh pihak Asuransi. Ada perjanjiannya.


FYI : saya bukan orang FIF, tapi saya pernah Kredit motor dari FIF dan pernah kehilangan motor. Cuma mau share aja..
Trims.. mudah2an bermanfaat.


sebelumnya ane ucapkan terimaksih banyak gan....info dari agan sangat membantu...
kelajutan dari proses yang di lakukan
>>>>>per hari ini selasa tgl. 6 maret 2012 belum ada kabar apapun dari pihak leasing,dari kemarin-senin dicoba tlpn kepihak leasing untuk konfirmasi " apakah berkas-berkas sudah di tindak lanjuti ke asuransi atau belum".....
pagi di tlpn jam 9 an belum datang, siang di tlpn lagi makan siang.....jam 3 an baru bisa nyambung...dan hasilnya "berkas-berkas baru di kirim ke kantor pusat leasing" intinya belum di kirim ke pihak asuransi, dan tidak tahu kapan berkas yang sudah dikantor pusat leasing akan di kirim ke pihak asuransi.....

sampai disini untuk hari ini......
pada prinsipnya semua mengacu seperti yang di bilang agan akusajalho.... <<<<thank to agan
Quote:Original Posted By 134131muda
sebelumnya ane ucapkan terimaksih banyak gan....info dari agan sangat membantu...
kelajutan dari proses yang di lakukan
>>>>>per hari ini selasa tgl. 6 maret 2012 belum ada kabar apapun dari pihak leasing,dari kemarin-senin dicoba tlpn kepihak leasing untuk konfirmasi " apakah berkas-berkas sudah di tindak lanjuti ke asuransi atau belum".....
pagi di tlpn jam 9 an belum datang, siang di tlpn lagi makan siang.....jam 3 an baru bisa nyambung...dan hasilnya "berkas-berkas baru di kirim ke kantor pusat leasing" intinya belum di kirim ke pihak asuransi, dan tidak tahu kapan berkas yang sudah dikantor pusat leasing akan di kirim ke pihak asuransi.....

sampai disini untuk hari ini......
pada prinsipnya semua mengacu seperti yang di bilang agan akusajalho.... <<<<thank to agan


mudah2an cepet beres gan...
proses saya lagi nunggu Surat Pengantar Blokir STNK ke Polda..
Mbayangin mesti pergi ke Polda.. males banget...
tapi saya intip berkas kemarin kayanya ada optional untuk syarat ini, mungkin pihak leasing yg ngurus dan kita hanya ganti biaya pengurusan (ngga tau berapa). Terus terang kalo bukan motor kredit-an saya males ngurus bolak baliknya ke leasing, kantor polisi dan lain2.. Cuma saya mikir record nama saya di dunia per-leasing-an nanti. (*halah). Siapa tahu suatu saat saya pengen leasing lagi..

terima kasih kembali...

revisi dikit

maaf lupa....nie kasus kehilangan motornya "di hilangin" temen yang minjem
udah 4 hari di pinjem pas hari terakhir mau di balikin motor udah nga ada....
(hilangnya juga di kost temen)>>>>>>di laporan kehilangan tu yang ngelapor tu temen....

apakah ada perbedaan penangan kasus kehilangan kaya gini...??(ane seeh berpikir ini nga ada bedanya karena objeknya motor >>>> yang hilang, mau dimana hilang,mau sapa yg ngilangin sebenernya khan nga ngaruh ya gan...???-misalnya titipin di rumah orang trus hilang.yang ngelapor tu temen-karena saksi maupun tempat kejadian ya ada disana-bahkan kronologisnya dia sendiri yang tahu)

CMIIW!!!

thank's agan!!
Quote:Original Posted By akusajalho
mudah2an cepet beres gan...
proses saya lagi nunggu Surat Pengantar Blokir STNK ke Polda..
Mbayangin mesti pergi ke Polda.. males banget...
tapi saya intip berkas kemarin kayanya ada optional untuk syarat ini, mungkin pihak leasing yg ngurus dan kita hanya ganti biaya pengurusan (ngga tau berapa). Terus terang kalo bukan motor kredit-an saya males ngurus bolak baliknya ke leasing, kantor polisi dan lain2.. Cuma saya mikir record nama saya di dunia per-leasing-an nanti. (*halah). Siapa tahu suatu saat saya pengen leasing lagi..

terima kasih kembali...


oh ya untuk berkas Pemblokiran STNK ke polda kayanya nyang ngurus tu pihak leasing...(kemungkinan biaya akan di perhitungkan nanti...)
Quote:Original Posted By 134131muda
maaf lupa....nie kasus kehilangan motornya "di hilangin" temen yang minjem
udah 4 hari di pinjem pas hari terakhir mau di balikin motor udah nga ada....
(hilangnya juga di kost temen)>>>>>>di laporan kehilangan tu yang ngelapor tu temen....

apakah ada perbedaan penangan kasus kehilangan kaya gini...??(ane seeh berpikir ini nga ada bedanya karena objeknya motor >>>> yang hilang, mau dimana hilang,mau sapa yg ngilangin sebenernya khan nga ngaruh ya gan...???-misalnya titipin di rumah orang trus hilang.yang ngelapor tu temen-karena saksi maupun tempat kejadian ya ada disana-bahkan kronologisnya dia sendiri yang tahu)

CMIIW!!!

thank's agan!!


ane pernah ilang motor tahun 2009 gan, cuman berhubung udah tau seluk beluk plokis, jadi ga nemu masalah... kredit FU 3 taun, udah 2 tahun, ilang, setelah dipotong sana sini dapetnya 8 juta...

setau ane di perjanjian sewa beli kredit motor disebutkan bahwa asuransi hanya berlaku bila motor hilang oleh tangan pertama (itu surat perjanjian sewa beli ane dapet dari pihak asuransi sinarmas waktu kredit shogun 2004 ane, dari 4 kali kredit motor, cuma sinarmas yang paling fair ngasih surat perjanjian sewa kredit jadi kita tau hak dan kewajiban kita). sedangkan kehilangan oleh pihak lain dianggap kasus penggelapan, dan penyelesaian itu seharusnya ente yang minta ganti rugi ama temen...

mudah2an ane ga bikin ente ketar ketar... kali aja aturan sekarang berubah...

semua berkas diurus leasing, paling orang leasing bagian asuransi yang minta uang buat ngurusin, kasi aja 100 kalo udah beres...
yang penting leasing udah bilang berkas komplit, tinggal tunggu telpon, terima duit dah...

waktu menunggu amat tergantung sama dimana motor diasuransikan, bukan dari leasing, paling lama asuransi keluar itu dari ACA, bisa 2 bulan...
setau ane di perjanjian sewa beli kredit motor disebutkan bahwa asuransi hanya berlaku bila motor hilang oleh tangan pertama (itu surat perjanjian sewa beli ane dapet dari pihak asuransi sinarmas waktu kredit shogun 2004 ane, dari 4 kali kredit motor, cuma sinarmas yang paling fair ngasih surat perjanjian sewa kredit jadi kita tau hak dan kewajiban kita). sedangkan kehilangan oleh pihak lain dianggap kasus penggelapan, dan penyelesaian itu seharusnya ente yang minta ganti rugi ama temen...

thank's gan....
ane seeh belum baca seleruh perjanjian nya gan (asuransi jasindo)...tapi klo merujuk kata "asuransi hanya berlaku bila motor hilang oleh tangan pertama" berarti yang di asuransiin tu orangnya bukan objeknya..... kayanya emang janggal ajah klo masih di berlakukan kaya gitu!
didalam Tanda Bukti Peserta Asuransi Kendaraan Bermotor yang di keluarkan oleh jasindo menyebutkan
KONDISI PERTANGGUNGAN : TOTALY LOSS ONLY (TLO)
KETERANGAN : Kerugian Total semata (total loss only) yaitu Kerusakan atau kerugian yang biaya perbaikan di perkirakan sama dengan atau lebih dari 75%(tujuh Puluh Lima Persen) dari harga kendaraan bermotor bila di perbaiki atau hilang/dicuri dan tidak ditemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari

dalam website resmi jasindo "http://www.jasindo.co.id/products/index/10"
disebutkan pengecualian
* Penggelapan, penipuan
* Pengemudi sedang dalam keadaan mabuk atau tidak mempunyai SIM
* Kendaraan digunakan memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, atau jalan yang tidak diperuntukkan baginya
* Banjir, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, badai dan gempa bumi (kecuali otomatis dijamin, atau ada perluasan jaminan), genangan air
* Perang, nuklir, radio aktif
(persepsi pengelapan, penipuan ini yang rancu sedangkan jelas-jelas institusi KEPOLISIAN sudah mengeluarkan surat keterangan telah terjadi perbuatan tindak pidana pencurian sepeda motor yamaha byson...........)

(dimana leasing pun sempat bilang klo kontrak kredit - perbulan ini udah putus kontrak>>>>>>>bukankah ini berarti anggunan kredit yang masih 18 bulan tu dianggap lunas)<<<<<<klo di logikain,lahhh ini sapa yang bayar...??? klo bukan pihak asuransi

mungkin hal-hal yang salah/ kurang (mengerti) dalam proses klaim ini akan menjadi informasi dan mudah-mudahan berguna bagi kita semua...

thank agan-agan
dari hasil googling "http://ahliasuransi.com/pencurian-perampokan-penggelapan-penipuan-dan-hipnotis-dalam-klaim-asuransi-kendaraan-bermotor/"..... saya ambil pasal-pasal dan pengertiannya..........!!


PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) menjamin (pasal 1)

1.3. pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana;


Tidak menjamin (pasal 3)
1.2. penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya;

Pencurian dan perampokan
Sebagaimana disebutkan di atas, risiko yang dijamin adalah “pencurian, termasuk pencurian dengan kekerasan atau ancaman kekerasan” atau singkatnya adalah “pencurian dan perampokan”


Terdapat pasal-pasal rujukan dalam KUHP yaitu pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan pasal 365

Pencurian adalah “mengambil, sesuatu barang kepunyaan orang lain dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum” – Pasal 362 KUHP

Termasuk “pencurian yang dijamin dalam PSAKBI” adalah pencurian yang dilakukan dengan menyelinap masuk rumah atau pekarangan rumah (Pasal 363 (3)), pencurian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu (Pasal 363 (4)) dan pencurian yang dilakukan dengan memakai “anak kunci palsu” atau “perintah palsu” (Pasal 363 (5))

Perampokan adalah pencurian yang didahului, disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang (Pasal 365)


Pencurian yang tidak dijamin
Pencurian yang tidak dijamin dalam PSAKBI adalah sebagaimana diatur dalam pasal 363 ayat 2 KUHP yaitu “pencurian pada waktu ada kebakaran, letusan, banjir, gempa bumi, atau gempa laut, gunung meletus, kapal karam, kapal terdampar, kecelakaan kereta api, huru-hara, pemberontakan atau bahaya perang;”

Pencurian yang dilakukan oleh suami atau istri atau anggota keluarga sedarah atau semenda (Pasal 367) tidak dijamin dalam PSAKBI

Penggelapan, penipuan dan hipnotis
Penggelapan adalah dengan sengaja dan melawan hukum memiliki barang kepunyaan orang lain, tetapi yang ada dalam kekuasaanya (Pasal 372 KUHP) seperti ‘curhat ibu yang baik hati’ diatas dimana “tetangga atau teman nya mencuri mobil yang ada dalam ‘kekuasaannya’”

Penipuan dan hipnotis adalah sebagaimana diatur dalam Pasal 378 KUHP yaitu pencurian dengan memakai tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barag sesuatu.


Source: PSAKBI dan KUHP
hari kamis tgl 8 maret 2012

kita coba untuk follow up ke leasing gimana perkembangannya....dan ternyata seperti biasa-SUSAH (jam 4 sore akhirnya)
>>>>>nyambung ke bp.R ngobrol-ngobrol.dan dari sana di ketahui berkas masih di kantor pusat leasing.....

>>>>>dari obrolan..... kita berusaha minta copy polis asuransi (yang sebelumnya di janjiin di kirim via kurir hahahaha!!! kurirnya nyasar katanya WTH!!)
trus masalah copy polis urusan ini di lempar lah ke ibu S, nah ibu S dengan kaget bilang itu bukan di urus oleh bagian ibu S, tapi bp R, nah loohh !!(satu ruangan ajah pake lempar-lemparan. waktu kita kesana laporan saat kejadian bp R dan ibu S yang mendata dan mencatat keterangan kita)....

lanjut.....>> untuk kesekian kali kita usahain minta tu copy polis malah ibu S bilang tu polis di kantor pusat leasing (terus tlpn di tutup - tanpa kejelasan apakah akan dikirim - dah nga tahu bisa-nganya itu copy polis nyampe ke tangan kita-padahal kita udah baik-baik minta di kirim ulang via kurir/ atau di fax ke kantor kita ajah!!!)

perkembangannya proses nya sampai disini dulu
(hal yang terjadi dalam proses ini semoga menjadi gambaran atau informasi bagi yang membutuhkan.... )
ambil hikmahnya ajah....!!kantor leasing itu nga ngurus kita ajah, banyak yang di urus, jadi "SING SABAR"...!!!!!!
nahh loohhhh!! ini blon sampai dalam proses ASURANSI JASINDO...suwi ne rek!!! tetep "SING SABAR"!!!
Hari Jumat tgl 9 desember 2011 (adoohh udah 9 hari tu kebo menghilang )

Lanjut>>>> hari ini kembali kita follow up ke leasing...niatnya langsung tlpn ke ibu S....si Ibu S ada dan kooperatif banget ngobrolnya (hhahhaha beda dari kemaren) ibu S bilang bahwa tu Berkas sudah di kirim ke pihak asuransi Jasindo (tepatnya di kirim ibu S nga tahu kapannya-karena yang ngirim dari kantor pusat leasing... ) dan yang follow up ke Asuransi tu yaitu pihak leasing, konsumen disuruh nunggu dengan manis

btw : Copy Polis (isi) emang nga pernah di kasi ke konsumen
(dan akan di kirim lewat e-mail)

yah ditunggu...ditunggu...ditungguuuu!!!!!!!!!
cuma mau share
ane juga lg ngurus asuransi atas kehilangan motor satria FU ane...
nmr rangka MH8BG41CAAJ462497
nmr mesin G420ID522804
nmr plat B.3554.THA
warna biru-hitam
tp kasusnya agak beda dengan TS,klo motor ane ilangnya di ambil orng tak di kenal.
tp sebelum ane bertindak kmana-mana (takut salah langkah)
ane nelp ke tmn ane,yg kebetulan orng leasing,,
prosesnya :
-harus ke leasing dl,untuk minta surat keterangan kredit
-ke polisi minta surat keterangan kehilangan
-ke leasing untuk di proses ke asuransi (kebetulan sama JASINDO)
setelah ane jalanin ternyata bener begitu langkah-langkahnya
dan syarat utama yg menguatkan claim kita
-SIM
-KTP
-STNK ASLI
-KUNCI MOTOR 2 BUAH
-LAPORAN KEPOLISIAN
trs ane dpt sedikit penjelasan dari pihak leasing ( OTO finance )
klo kehilangan di tahun pertama ganti rugi 100%
klo kehilangan di tahun ke dua ganti rugi 85%
klo kehilangan di tahun ke tiga ganti rugi 75%
dlm kasus ini,ane kehilangan di tahun pertama tepatnya cicilan ke 11,sedangkan tgl 10 maret 2012,klo udah ane byar,
termasuk hitungan di tahun ke 2.dan kejadian kemalingan tgl 06 mar 2012
dan perhitungan dari orng leasing itu,ane di jelasinya gini gan :
L = LEASING
A = ANE

L:karna anda kehilangan di tahun pertama,anda dpt penggantian 100%

A:ALHAMDULILLAH (dlm hati),,trs pak,mslh DP apa di ganti juga???

L:tidak mas,uang DP itu msuknya ke dealer,bukan ke leasing jd bukan tanggung jawab kami,,dan proses claim ini 3-4 bln,
trs slama proses claim lebih baik mas tetap membayar cicilanya agar tidak kena denda

A:bused,brati ane udah rugi 5jt,,coz dulu ane DP 5jt,tp gpp deh dari pada ane ga dpt apa2,trs perhitunganya gmn pak,
dan slama 4 blm kedepan sya byar,apa akan di balikin??

L:iya mas.

L:gini mas,penggantian 100% itu,,harga OTR,lalu di kurangin adm dr asuransi 500rb,,lalu di kurangin hutang (akhir cicilan),,,
(dalam kasus ini ane ngambil cicilan yg 17bln,,@1.056.000/bln)
-100% x harga OTR = 18.565.000
-di kurang adm-----= ---500.000-
-------------------= 18.065.000
lalu di potong hutang cicilan,,itung pahitnya,bila proses claim ini benar-benar memakan wktu 4bln,,brati total cicilan ane 11+4=15bln
brati hutang cicilan ane tinggal 2 bln = 2.112.000
jadi 18.065.000-2.112.000=15.953.000

L : trs mas juga harus sering ngecek ke leasing kami bagian asuransi untuk menanyakan prosesnya sudah sampai mana.

trs ane di ksh tanda bukti bahwa kunci 2 buah & stnk asli,di tahan oleh pihak leasing..
nah yg ane takutin,,smua itu baru penjelasan dr pihak leasing,
tp blm dr pihak asuransi claim ini di terima/di tolak
cos ga sediki kasus begini yg di tolak pihak asuransi,dengan alasan ga jelas.
bahkan ada kasus kehilngan seperti ini dari pihak asuransi (ane lupa nama asuransinya)
menolak mentah2 claim si korban,dengan alasan (si pemilik kendaraan tidak mengalami luka2)

smoga ane & TS di beri kelancaran untuk ngurus2 bginian
Quote:Original Posted By matm
cuma mau share
ane juga lg ngurus asuransi atas kehilangan motor satria FU ane...
nmr rangka MH8BG41CAAJ462497
nmr mesin G420ID522804
nmr plat B.3554.THA
warna biru-hitam
tp kasusnya agak beda dengan TS,klo motor ane ilangnya di ambil orng tak di kenal.
tp sebelum ane bertindak kmana-mana (takut salah langkah)
ane nelp ke tmn ane,yg kebetulan orng leasing,,
prosesnya :
-harus ke leasing dl,untuk minta surat keterangan kredit
-ke polisi minta surat keterangan kehilangan
-ke leasing untuk di proses ke asuransi (kebetulan sama JASINDO)
setelah ane jalanin ternyata bener begitu langkah-langkahnya
dan syarat utama yg menguatkan claim kita
-SIM
-KTP
-STNK ASLI
-KUNCI MOTOR 2 BUAH
-LAPORAN KEPOLISIAN
trs ane dpt sedikit penjelasan dari pihak leasing ( OTO finance )
klo kehilangan di tahun pertama ganti rugi 100%
klo kehilangan di tahun ke dua ganti rugi 85%
klo kehilangan di tahun ke tiga ganti rugi 75%
dlm kasus ini,ane kehilangan di tahun pertama tepatnya cicilan ke 11,sedangkan tgl 10 maret 2012,klo udah ane byar,
termasuk hitungan di tahun ke 2.dan kejadian kemalingan tgl 06 mar 2012
dan perhitungan dari orng leasing itu,ane di jelasinya gini gan :
L = LEASING
A = ANE

L:karna anda kehilangan di tahun pertama,anda dpt penggantian 100%

A:ALHAMDULILLAH (dlm hati),,trs pak,mslh DP apa di ganti juga???

L:tidak mas,uang DP itu msuknya ke dealer,bukan ke leasing jd bukan tanggung jawab kami,,dan proses claim ini 3-4 bln,
trs slama proses claim lebih baik mas tetap membayar cicilanya agar tidak kena denda

A:bused,brati ane udah rugi 5jt,,coz dulu ane DP 5jt,tp gpp deh dari pada ane ga dpt apa2,trs perhitunganya gmn pak,
dan slama 4 blm kedepan sya byar,apa akan di balikin??

L:iya mas.

L:gini mas,penggantian 100% itu,,harga OTR,lalu di kurangin adm dr asuransi 500rb,,lalu di kurangin hutang (akhir cicilan),,,
(dalam kasus ini ane ngambil cicilan yg 17bln,,@1.056.000/bln)
-100% x harga OTR = 18.565.000
-di kurang adm-----= ---500.000-
-------------------= 18.065.000
lalu di potong hutang cicilan,,itung pahitnya,bila proses claim ini benar-benar memakan wktu 4bln,,brati total cicilan ane 11+4=15bln
brati hutang cicilan ane tinggal 2 bln = 2.112.000
jadi 18.065.000-2.112.000=15.953.000

L : trs mas juga harus sering ngecek ke leasing kami bagian asuransi untuk menanyakan prosesnya sudah sampai mana.

trs ane di ksh tanda bukti bahwa kunci 2 buah & stnk asli,di tahan oleh pihak leasing..
nah yg ane takutin,,smua itu baru penjelasan dr pihak leasing,
tp blm dr pihak asuransi claim ini di terima/di tolak
cos ga sediki kasus begini yg di tolak pihak asuransi,dengan alasan ga jelas.
bahkan ada kasus kehilngan seperti ini dari pihak asuransi (ane lupa nama asuransinya)
menolak mentah2 claim si korban,dengan alasan (si pemilik kendaraan tidak mengalami luka2)

smoga ane & TS di beri kelancaran untuk ngurus2 bginian



salam kenal dulu gan MATM

kurang lebih prosesnya emang kaya gitu gan....
tentang >>>>" menolak mentah2 claim si korban,dengan alasan (si pemilik kendaraan tidak mengalami luka2) ".........yah kita tunggu ajah prosesnya gan
(ane berpikir klo argument penolakannya kaya gini mungkin kita bisa laporin lagi ke polisi - karena disini pihak yang berwenang yang mengeluarkan surat kehilangan (ke POLISIAN Republik indonesia )...kok bisa institusi pemerintahan diragukan....????? (klo nga emang bobrok )

sama-sama berjuang gan...semangattt!!!!!
(kita coba ber transparasi masalah ini gan)
thank's...
Quote:Original Posted By 134131muda
maaf lupa....nie kasus kehilangan motornya "di hilangin" temen yang minjem
udah 4 hari di pinjem pas hari terakhir mau di balikin motor udah nga ada....
(hilangnya juga di kost temen)>>>>>>di laporan kehilangan tu yang ngelapor tu temen....

apakah ada perbedaan penangan kasus kehilangan kaya gini...??(ane seeh berpikir ini nga ada bedanya karena objeknya motor >>>> yang hilang, mau dimana hilang,mau sapa yg ngilangin sebenernya khan nga ngaruh ya gan...???-misalnya titipin di rumah orang trus hilang.yang ngelapor tu temen-karena saksi maupun tempat kejadian ya ada disana-bahkan kronologisnya dia sendiri yang tahu)

CMIIW!!!

thank's agan!!


Gan, numpang nambahin dikit yah..

setelah ane baca dari penjelasan Agan, ini motor ilangnya dalam posisi dipinjem sama org lain dan ini memang harusnya nggak dijamin Gan di dalam polis (sesuai info dr Agan babsie)..
Tapi dicoba aja minta konfirmasi dari pihak Jasindo nya langsung..
Oya, udah dicoba blm, kontak langsung ke asuransinya untuk menanyakan status klaim nya? Ini diperbolehkan kok..
Mungkin dr pihak asuransi justru malah bisa langsung kasih penjelasan lengkap spt yang Agan mau. Jadi bisa ketauan deh tuh, siapa yang kerjanya lelet..

Semoga cepet kelar ya Gan masalahnya..
thank's gan untuk partisipasinya dan masukannya!!!

salam kenal gan....
yup emang di hilangnya di kost temen (dimana-motor ini di pinjem)...
sampai saat ini pun surat perjanjian dari asuransi Jasindo kita blon dapat. (jadi belum tahu, ada nga-nya hal-hal yang menyatakan ''surat keterangan kehilangan" dari kepolisian GUGUR -dalam pasal-pasal perjanjian yang menyatakan seperti itu)

klo benar itu di tolak mentah-mentah apakah pihak leasing yang akan menalangi hutang semua???-dimana pihak kehilangan telah menyerahkan kunci+stnk+ surat kehilangan dari kepolisian.

kebetulan ane dapat masukan dari orang yang bekerja di asuransi jasa raharja: dia bilang "asal sesuai dengan kronologis-tidak dibuat-buat(bohong) dan itu sudah di kuatkan dengan keterangan yg di keluarkan oleh pihak yang berwajib ya itu kehilangan murni (bukan penggelapan/penipuan)


sebenarnya ane masih optimis yakin akan Asuransi Jasindo.membayar. perusahan sekelas BUMN gituuuhhh....(yah kecuali diluar hal-hal yang tidak diinginkan konsumen)
kebetulan ane dapat masukan dari orang yang bekerja di asuransi jasa raharja: dia bilang "asal sesuai dengan kronologis-tidak dibuat-buat(bohong) dan itu sudah di kuatkan dengan keterangan yg di keluarkan oleh pihak yang berwajib ya itu kehilangan murni (bukan penggelapan/penipuan)

sshiiippp,,,ane setuju sm temen agan yg ngasih kabar itu,,,
coz wktu ane ngelapor di polsek,,bikin surat kehilangan motor,,,beda bngt sama bikin surat kehilangan barang laen gan,,di intrograsinya bner2 jelimet,,bahkan ada pertanyaan yg bikin kita bingung,,,mungkin klo si pelapor itu bohong/mengada-ngada pihak polisi pasti tau...tp karna ane bener2 kehilangan,ya jadi ane jawab dengan mudah,,,wong beneran kehilangan ko,jadi mau di puter2 kaya gmn pun pertanyaanya,,pastinya sesuai sama kejadian,,,
mudah2n pihak asuransi mau menjalankan kewajibanya setelah semua persyaratan yg dia butuhkan lengkap....

TETAAAAPPPP SEMAAANNGGAAATTTTTT
SEMANGATT!!!!!! semoga dengan itikad baik urusannya lancar !!
info terbaru
kmaren ane nelp tmn ane yg orng leasing,,trs ane bilang ke dia,klo proses asuransi ane 3-4 bln,,
trs kta tmn ane,,ah ga mungkin,palingan 2 bln juga kelar,,
biasanya leasing ngasih spare wktu sgitu biar ga terlalu di uber2 oleh tertanggung,,,
trs ane baca di surat kontrak pun bgitu gan,,,cuma 2 bln,,,
mudah-mudahan beneraaaannn aaammiinnnn,,,,
Quote:Original Posted By matm
info terbaru
kmaren ane nelp tmn ane yg orng leasing,,trs ane bilang ke dia,klo proses asuransi ane 3-4 bln,,
trs kta tmn ane,,ah ga mungkin,palingan 2 bln juga kelar,,
biasanya leasing ngasih spare wktu sgitu biar ga terlalu di uber2 oleh tertanggung,,,
trs ane baca di surat kontrak pun bgitu gan,,,cuma 2 bln,,,
mudah-mudahan beneraaaannn aaammiinnnn,,,,


heheheh thank's udah update lagi gan...!!
iya gan kata leasingnya juga gitu !!secepatnya....

upadate proses ane per tgl 14 maret 2012

kita coba terus follow up ke pihak leasingnya....dari obrolan kita...leasing bilang sudah dalam proses dan sebagaimana mestinya..!!! tunggu hasilnya ajah....oh ya.... pihak leasing LAJU dari CIMB NIAGA ternyata kooperatif banget,apa yang kita tanyain di jawab dengan apa adanya (ibu S)..bahkan buku polis yang kita minta pun sudah kita terima melalui e-mail dikirim oleh (ibu S)......

ane lagi baca-baca buku polis nya hehehheheh......

semangat...biar cepet urusannya kelar
go go