KASKUS

Kemistisan/Kekeramatan di Alas Purwo

Spoiler for :

mendengar nama Alas Purwo, imajinasi orang pasti akan tertuju pada sebuah kawasan hutan lebat. Hal itu memang benar, Alas Purwo adalah sebuah kawasan hutan Taman Nasional di bawah lingkup Departemen Kehutanan dan Perkebunan.
Alas Purwo terletak di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
Bagi masyarakat sekitar nama alas purwo memiliki arti sebagai hutan pertama, atau hutan tertua di Pulau Jawa
tak heran bila masyarakat sekitar menganggap Alas Purwo sebagai hutan keramat. sehingga selain diminati sebagai tujuan wisata alam, kawasan Alas Purwo juga diyakini memiliki situs-situs yang dianggap mistis yang menjadi magnet bagi para peziarah untuk melakukan berbagai ritual di hutan ini.
Alas Purwo sangat tepat bagi para spiritualis yang ingin melakukan ritual , atau mereka yang menyukai wisata ziarah. Taman Nasional Alas Purwo memang memiliki hutan yang masih alami, beberapa Goa dan pura, serta situs-situs mistis yang kerap menjadi lokasi bersemedi atau tirakat masyarakat setempat dan para pendatang.

Spoiler for :

sensor, Pura Kawitan

Spoiler for :

ini adalah tangga mau menuju ke goa istana pak karno
Spoiler for :

ini isi di dalam goa istana , di sebelah kiri tampak ada tempat ritual/sembahyang dan sebelah kanan nya itu ada jalan jika km mau masuk di situ terdapat ada kayak sungai dataran rendah

Spoiler for :

ini poto saat di dalam goa istana

Spoiler for :

dan ini poto barusan masuk di sungai dlm goa istana

Spoiler for :

di tempat goa istana ini lah dapet sebuah batu tepat nya di tempat yg buat ritual/persembahyangan itu. tepat di sebelah kanan bawah yg ada batu yoni yg di selimuti kain kuning.

Spoiler for :

ini adalah goa mayangkara, jika ingin masuk goa ini harus naik tangga yg terbuat dr bambu. di atas goa nya kecil mungkin cukup buat 3 petapa aja


Spoiler for :


di goa ini dapat batu sulaiman yg tampak poto di atas,

Spoiler for :

ini goa padepokan , naik tangga jg ini kalo mau kesini

Spoiler for :

bambu ini jg di dapat di alas purwo, unik banget gun

Spoiler for :

dan beberapa keris ini jg sebagian dapet dari alas purwo

Spoiler for :

bayangkan inilah jalan menuju ke goa kayak gini saat musim hujan kurang lebih 23km utk perjalanan ke goa
jika ingin menjelajahi goa alas purwo waktu 1 minggu belum tentu kelar semua

Alas Purwo sangat lah masih kental mistis nya , suasana yg msh alami dan sangat terasa sekali suasana ke angkeran nya

# semua ghoib berkumpul nya di goa istana #
jd kurang lengkap kalo ke alas purwo gak masuk ke goa istana pak karno yg dulu nya pak karno sering ber semedi disana .
Pengalaman mbah momod hateisworthless

Quote:Original Posted By hateisworthless
Ya itulah kesan saya sewaktu pertama kali kesana...

alkisah akhir 80an, dimasa liburan sekolah panjang waktu saya masih bersekolah di SD Penganjuran 2, kecamatan Banyuwangi.
Saya pergi ke rumah kakek saya yang berada di desa Bubuk, kecamatan Rogojampi.

Setelah sesampainya dirumah Kakek, saya diajak pergi ke alas purwo ini tentunya keadaan jalan masuk dan fasilitas waktu itu jauh lebih buruk dari sekarang yang jalan masukknya sudah beraspal.

Untuk beberapa hari satu2 dari goa2 yang ada di alas purwo tsb kami kunjungi, sampai disuatu goa yang saya tidak ingat namanya,
saya ditinggal oleh kakek saya dan berpesan beliau akan pergi dan akan menjemput saya lagi beberapa hari lagi.

Perasaan saya pada waktu itu hanya berpasrah saja, mengingat selama ini kakek saya tsb sangat dekat dan tentu saja tidak akan mencelakakan saya. Entah apa saja yang terjadi hari2 saya selama saya disana tentu bisa jadi drama sinetron kalo diceritakan dithread ini, namun pada suatu hari kakek saya datang menjemput dan kami pun balik ke Banyuwangi. Yang ternyata masa sekolah kurang 2 hari lagi berakhir, jadi kira2 4 minggu kurang sedikit saya berada di alas tsb dan 3mingguan saya ditinggal sendiri disalah satu goa di alas purwo tsb.

Sungguh pengalaman yang mengasyikan dan menyenangkan





Terima kasih buat mbah momod yg membuat saya terinspirasi buat trit ini

dan bagi yg pernah kesana dan lebih mengetahui kemistisan alas purwo silahkan di share disini
mohon maaf jika trit saya kurang berkenan .

tambahan :

Spoiler for :


sendang sebelum goa istana pak karno

Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :




penampakan goa mayangkoro , harus dengan menaiki tangga dr bambu dl agar bs masuk ke goa ini.
dan goa ini hanya bisa buat bertapa 1 ato 2 orang


Dokumentasi penelusuran spiritual di Alas Purwo (18-11-12)
FR Nya:FR PART 1 by. Sesepuh KBR./FR PART 2 by. Sesepuh KBR./FR by. Sesepuh Verdisant./FR by. Ajudan Uciel88
waahh...ane nyimak yaa mbah omm
Quote:Original Posted By kampretzoo
waahh...ane nyimak yaa mbah omm


monggo mbah gun
silahkan berbagi pengalaman mbah gun jika pernah ke alas purwo


FR WISPRA ALAS PURWO , TGL : 29 MARET 2023

http://www.kaskus.co.id/show_post/51...-29-maret-2023
wah mantap jalan2 nya mbah
foto2nya juga mantap
Quote:Original Posted By FORBIDEND
wah mantap jalan2 nya mbah
foto2nya juga mantap


iyok gun
dah pernah kesana belum gun ??
ini tempat yg menarik buat di kunjungi bagi yg suka perjalanan spiritual
Quote:Original Posted By tisanndut


iyok gun
dah pernah kesana belum gun ??
ini tempat yg menarik buat di kunjungi bagi yg suka perjalanan spiritual


asik ada nama aslinya
andi n. cahyana
Quote:Original Posted By Choa


asik ada nama aslinya
andi n. cahyana


bukan mbah gun
mank mau kirim santet a mbah gun
Quote:Original Posted By tisanndut


iyok gun
dah pernah kesana belum gun ??
ini tempat yg menarik buat di kunjungi bagi yg suka perjalanan spiritual


insya Allah mbah Gun kalo ada Jadwal
sesuatu banget yah tempatnya
Quote:Original Posted By tisanndut


bukan mbah gun
mank mau kirim santet a mbah gun


bukanya ente yang pake ID gendut
nantangin warga forsup kirim-kirim santet?
waah ane pernah diceritain sama temen ane tuh alas purwo sama alas roban itu emang hutan yang masih belom dijamah orang banyak,emang masih kental mistisnya.. Yang ane tau detailnya cuma alas roban, disana ada sarang pocongk *kata orang sekitar sana* dan ane waktu itu juga pernah ngerasain suasana disana lewat wisata astral bareng mystery night ms3 fm, emang ajib deh kalo kesana
Quote:Original Posted By Choa


bukanya ente yang pake ID gendut
nantangin warga forsup kirim-kirim santet?


setahu ane itu temennya puh hehehe
sekarang beda orang lg yang memakai ID itisandut itu

biar si gun tisan aja yang mengklarifikasi


note:gun,,gun,,,cemungudh buat threadnya yaw gun
Quote:Original Posted By FORBIDEND


insya Allah mbah Gun kalo ada Jadwal
sesuatu banget yah tempatnya


mantebzz gun kpn" kalo ada waktu kesana bersama ane

Quote:Original Posted By Choa


bukanya ente yang pake ID gendut
nantangin warga forsup kirim-kirim santet?


sebelum'a saya minta maaf gun itu dulu bukan id ane , tp sejak pake id tisanndut ini yg pakek id ini ane kalo yg gendut" dulu bukan saya.
terus gmn niee gun ???

Quote:Original Posted By ggenerationwars
waah ane pernah diceritain sama temen ane tuh alas purwo sama alas roban itu emang hutan yang masih belom dijamah orang banyak,emang masih kental mistisnya.. Yang ane tau detailnya cuma alas roban, disana ada sarang pocongkkkk *kata orang sekitar sana* dan ane waktu itu juga pernah ngerasain suasana disana lewat wisata astral bareng mystery night ms3 fm, emang ajib deh kalo kesana


iya mbah gun , disana mank masih kental sama mistis'a jd cocok buat wisata mistis

Quote:Original Posted By empeldhem3


setahu ane itu temennya puh hehehe
sekarang beda orang lg yang memakai ID itisandut itu

biar si gun tisan aja yang mengklarifikasi


note:gun,,gun,,,cemungudh buat threadnya yaw gun


aloww gun matur suksma dah beri semangat
wachhh trit iki iso dadi trit tantangan
bagus gan tempatnya tapi ane agak kalo berhubungan dengan hutan2....

btw, itu batu2 yg didapat gak ada kekuatannya gan?
sapat tau kayak batunya ponari
wah nice share gan, ane numpang ndeprok aja, belum pernah ke alas purwo
Quote:Original Posted By Frans_Yap
bagus gan tempatnya tapi ane agak kalo berhubungan dengan hutan2....

btw, itu batu2 yg didapat gak ada kekuatannya gan?
sapat tau kayak batunya ponari


iya mbah gun itu batu biasa , kalo batu'a ponari sangat luar biasa

di alas purwo banyak para pendatang dr luar kota jg gun , cm sekedar perjalanan spiritual
Quote:Original Posted By luqsbriza
wah nice share gan, ane numpang ndeprok aja, belum pernah ke alas purwo


sekali-kali coba kesana mbah gun, setiap goa disana ada makna'a sendiri"
gun nubi cool izin nyimak ya..... btw hibah gun..... kwkwkwk ngacir
Quote:Original Posted By 4Leo
gun nubi cool izin nyimak ya..... btw hibah gun..... kwkwkwk ngacir


iya mbah gun, kalo mau kesini ane hibahin beneran hehehe
kpn" main ke alas purwo mbah gun ,sp tau dapet jg kayak gitu"an
kalau ane jauh mas puh klo kesana, mending deplok di sini aja sambil ngadem