KASKUS

TIPS LOLOS PSIKOTES

Quote:Phsicology Test/Tes Psikologi atau psikotes/psikotest sebagai bagian dalam tahapan penerimaan calon pegawai. Keunikan dari tes ini adalah pada “ketidakpastiannya”. Mengapa? Karena faktor ini dapat memutarbalikan perhitungan logis potensi seseorang. Sebagai contoh, seseorang lulusan perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan IPK : 3 koma dan berpengalaman sebagai asisten dosen, tidak dapat lolos dari lobang jarum ujian psikotes sehingga akhirnya harus berwirausaha karena belum pernah mampu melewati psikotes untuk diterima bekerja di sebuah perusahaan. Memang ini ironi, namun ini fakta. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips yang akan di-share berikut ini, diharapkan mampu membantu mengurangi kegagalan psikotes Anda:
Spoiler for 1. Tes Logika Aritmatika.:


Spoiler for 2. Tes Logika Penalaran.:

Spoiler for 3. Analog Verbal Test.:


Spoiler for 4. Kraeplien/Pauli.:


Spoiler for 5. Wartegg Test.:


Spoiler for 6. Draw A Man Test (DAM).:


Spoiler for 7. Army Alpha Intelegence Test. :


Quote: Lanjut di Post #3 gan
pertamax....diamankan
ijin nyimak dulu gan panjang tips'y agan
Spoiler for 8. Menggambar Pohon.:


Spoiler for 9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS):


Spoiler for 10. Learning By Doing.:


Spoiler for harapan:

Spoiler for :


Spoiler for Makasih:


kunjungi juga blog ane ya gan
blog ane



saran dari para kaskuser #11
wah berguna banget nih gan
ane bookmark ya buat belajar
@atas ane cepet amir
btw , ane bentar lagi jg mo ngadepin psikotes nih buat penerimaan SMA baru

ane simak dolo
mantafff info
Ane belum pernah gagal dalm psikotest gan,, nice gan
thanks gan infonya..
lumayan bisa buat bekal besok masuk ke dunia kerja..
ane mah gak mudeng sama sekali gan.ane gak pernah kuliah sih,lulus cuman sma doang...
Thx gan Info nya
Quote:Original Posted By zky_77
Sebagai seorang yang berkutat di dunia psikologi, melihat tulisan ini saya merasa sedih dan sangat menyayangkan apa yg dilakukan TS...

Alasannya:
1. Psikotes pada dasarnya adalah untuk membantu seseorang agar bs diketahui bagaimana "keadaan" sebenarnya di dalam dirinya.

2. Psikotes merupakan tes yang mengukur diri pribadi seseorang yang ditesnya, baik itu kemampuan intelegensi, keadaan emosi, kepribadian, dll. Karena itu, tidak ada istilah lulus / tidak lulus. Dalam seleksi pegawai, seseorang yang dinyatakan tidak lulus bukan berarti sama seperti seseorang yang dinyatakan tidak lulus dalam ujian, akan tetapi artinya adalah jika dilihat berdasarkan kemampuan, potensi, dan keadaan dalam diri orang tersebut, ternyata msh blm cocok dengan apa yang dibutuhkan dalam posisi tersebut. Sekali lg, psikotes pada dasarnya adalah membantu orang tersebut.
Coba bayangkan, seseorang "diluluskan" dalam psikotes untuk mengisi posisi jabatan sebagai CS, pdhl org tsb mempunyai emosi yang meledak-meledak, pribadi yang cenderung agresif, dan tidak tahan dengan pekerjaan yang monoton. Apa yang akan terjadi pada dirinya? Dia mengerjakan sesuatu yang bertolak belakang dengan dirinya, tentu tidak akan nyaman dan bisa jd performansinya buruk yang mana otomatis berpengaruh pd karirnya.

3. Seperti yg sdh sy bilang di atas, psikotes itu mengukur apa yang ada di dalam diri sodara2 sekalian. Jadi, tips TS dengan cara memberikan contoh sy rasa kurang tepat karena itu bs mempengaruhi seseorang yang membacanya, pdhl sesungguhnya hal tersebut tidak sesuai dengan dirinya, DAN INI KEBANYAKAN YG MEMBUAT SESEORANG MENJADI "TIDAK LULUS". Karena biasanya psikotes ini dilakukan tidak hanya dgn 1 alat tes sj, maka bs jd krn terpengaruhi hal tsb, terjadi ketidak konsistenan dr hsl tes A dgn hsl tes yg lainnya.

Selain hal di atas, sy pun menyetujui bbrp hal yg TS sarankan, seperti:
1. Karena psikotes ini rata2 memakan wkt yg tidak sebentar, hendaknya seblm melaksanakan psikotes saudara2 sekalian sarapan terlebih dahulu dan cukup istirahat.

2. [Tambahan] Tips dari sy selaku org dr psikologi, DENGARKAN BAIK2 INSTRUKSI YG DIBERIKAN O/ TESTER, LAKSANAKAN APA YG DIPERINTAHKAN DAN JGN MELANGGAR APA YG MENJADI LARANGAN.

3. Tester psikotes bukan seperti pengawas ujian kalau kita sdg uan atau uas, tp mereka adalah fasilitator yg membantu kalian agar bs mengerjakan tes dengan lancar, jika ada yg blm paham mengenai instruksi diberikan silahkan lsg sj bertanya pd saat waktu untuk bertanya diberikan.

4. Buku panduan yg byk dijual dipasaran pd dasarnya menyesatkan, jadi untuk melewati psikotes ini hanya perlu JADI DIRI SENDIRI

Mungkin post ini terlihat seperti menjatuhkan, tp sy tdk bermaksud spt itu...
Sy hny cb membantu meluruskan informasi dari TS yg mempunyai niat baik untuk membantu, Sayangkan klo niat baik tersebut ternyata menghasilkan dampak yg buruk...

Mohon maaf jika ada yg tersingung, kita sama2 manusia yg pny kesalahan, hanya kita cb untuk saling mengingatkan...


Quote:Original Posted By bd3370
Met malam agan2....

Saya adalah seorang psikolog yang menggunakan tes2 tersebut setiap hari untuk menyaring kandidat dari berbagai penjuru untuk berbagai perusahaan.

Tentang postingan Agan Boonyet ini, saya ingin meluruskan beberapa hal :

1. Bahwa Psikotes benar adanya merupakan sebuah tes yang terletak pada "Ketidakpastian" nya. hanya saja, lebih dalam dari itu, tes-tes tersebut bukanlah tes tanpa riset dan kesubjektif-an dari Psikolog, melainkan untuk mendapatkan gambaran kepribadian yang utuh dari seorang kandidat.

2. Bahwa Psikotes adalah suatu tes untuk mendeskripsikan gambaran diri secara utuh, biasanya melalui serangkaian tes dan proses interview untuk mensinkronisasikan secara komposit gambaran kepribadian kandidat. Sehingga, hasil tes yang satu dengan tes yang lain akan memberikan gambaran kepribadian yang tersinkronisasi dengan baik. ( semisal : aspek A muncul pada tes 1 dan aspek A juga muncul pada tes 2)

3. Bahwa "Kunci" jawaban dan "contoh" yang diposting mungkin bukanlah sebuah gambaran kepribadian yang cukup aktual untuk posisi yang akan dilamar, sehingga akan sangat merugikan diri sendiri jika mencontoh dan tidak mengerjakan tes secara individual.


Sekilas tentang kunci jawaban, terutama Spoiler nomor 5 dan 6 yaitu Wartegg dan DAM, merupakan sarana memperoleh kepribadian secara utuh dari seorang kandidat. sehingga, jika kandidat telah mempunyai proses pembelajaran, gambaran kepribadiannya tidak dapat terdeskripsikan dengan baik.

contoh : seorang kandidat untuk posisi A mencontoh/"belajar" cara pengisian psikotes. Sehingga, ketika ia mengerjakan psikotes-psikotes tersebut, Ia tidak mendeskripsikan dirinya secara utuh, melainkan mendeskripsikan kepribadian yang dimiliki oleh orang lain yang juga belum tentu cocok untuk posisi yang ia lamar. Sehingga, pada hasilnya sangat mungkin ia malahan tidak lolos karena deskripsi kepribadian yang dibaca oleh Psikolog bukanlah deskripsi kepribadian yang dicari oleh perusahaan yang dilamr oleh si Kandidat. Nah... sayang kan jadinya malah ngga lolos...

Tips dari saya untuk mengikuti Psikotes :
1. ikuti instruksi tester dengan baik, jika belum paham, maka tanyalah lagi sampai jelas, itu adalah hak anda ketika menjalani psikotes.

2. Kerjakanlah psikotes sesuai dengan kemampuan anda. Bisa saja deskripsi kepribadian anda sebenarnya cocok untuk mengisi lowongan pekerjaan, tetapi karena anda "mencontoh" gambar orang lain, akhirnya hasilnya malah over-qualified atau bahkan under-qualified, akhirnya malah jadi ngga lolos. sayang banget gan...

3. Kerjakan psikotes dengan rileks dan jangan tegang. Untuk soal-soal seperti spoiler 1, 2, dan 3, kerjakan yang lebih mudah dulu dan setelahnya kembali ke soal yang lebih sulit untuk menghemat waktu.

4. Untuk tes Pauli dan Kraeplin, cara pengerjaannya berbeda. Kraeplin dimulai dari bawah ke atas dengan aba-aba pindah pada rentang waktu tertentu, sedangkan Pauli dikerjakan dari atas ke bawah dengan aba-aba garis pada rentang waktu tertentu. Jangan terbalik. Konsentrasi dan fokus, kerjakan secepat dan seteliti mungkin.

Semoga berhasil

nice info gan
ijin nampang di page one


wah berguna banget gan, besok minggu ane mau ngadepin psikotes
ijin bookmark gan
wah makasih gan infonya
menurut ane Draw A Man Test (DAM) yang paling susah
nice thread gan.. ane pernah test 1 kali gan.. pas udah di tahap Kraeplien/Pauli pusing kepala ane gan.. mereka kasi kertas yg lebarnya kyak koran isinya angka bolak balik.. abis test ini kepala ane pusing gan, di mana-mana ane liat angka smua gan.. sampe mau muntah ane..

owh ternyata itu toh yg mereka ingin tau dari ane, ane tau skrng..
Quote:Original Posted By mateusrio1
ane mah gak mudeng sama sekali gan.ane gak pernah kuliah sih,lulus cuman sma doang...

kenapa ga ngelanjutin gan ?
pendidikan itu penting

Quote:Original Posted By clintoon
wah berguna banget gan, besok minggu ane mau ngadepin psikotes
ijin bookmark gan

semoga sukses gan
Quote:Original Posted By Wahyuwidi
Ane belum pernah gagal dalm psikotest gan,, nice gan

wah yang boneng gan ?

Quote:Original Posted By amandabrownies
thanks gan infonya..
lumayan bisa buat bekal besok masuk ke dunia kerja..

semoga bermanfaat sis
bner gan ini semua keluar pas ane psikotes d Krakatau Posco yg ke korea itu loh,
kbtulan semua soalnya sama gan dan ane jga lolos
tp ane gagal pas interview gra2 krg lancar B.inggris
mantabs gan nice inpoh sekali
ijin bookmarks ya gan
bacanya juga udah ribet, apalagi kalo test nya
nice info gan, coba ane pelajari
×