Post BPKB Duplikat & bagaimana cara membedakannya

*di bookmark supaya ng susah sewaktu membutuhkan!!*




PERBEDAAN BPKB DUPLIKAT, EX KEDUTAAN/PEMERINTAHAN, BPKB BARU ATAU ASLI DAN PALSU


BPKB DUPLIKAT.

- Sampul bpkbnya masih baru. Contoh ; kendaraan thn 1989 ke bawah biasanya berwarna merah namun, bpkb yg agan lihat berwarna biru,atau cokelat
- Pada halaman 4 di jelaskan asal usul BPKB pertama. Contoh.
1. Nomor dan huruf BPKB : 1234
2. Tanggal BPKB : 12 – Juli – 2006,
3. Nomor Register BPKB :R/E422521/VIII/2006/DITLLPMTJ
4. Tempat dikeluarkan BPKB : POLRES atau POLDA setempat
5. Nama/alamat pemilik : encep jl. Jambu rt 2 rw 3 kel. Keparutan kec. Kedongdong Jakarta Sel.
6. Sebab-sebab tidak berlaku BPKB pertama : Hilang, dikeluarkan oleh POLRES bla.. bla… maka BPKB pertama tdk berlaku.
- Warna No BPKB MERAH


FOTO SAMPUL DEPAN BPKB DUPLIKAT
Spoiler for " ":


FOTO HALAMAN SATU
Spoiler for " ":


FOTO HALAMAN EMPAT
Spoiler for " ":


BPKB EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA

- Sampul bpkbnya masih baru. Contoh ; kendaraan thn 1989 ke bawah biasanya berwarna merah
FOTO SAMPUL DEPAN BPKB EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA
Spoiler for " ":


namun, bpkb yg agan lihat berwarna biru, atau cokelat .

FOTO SAMPUL DEPAN BPKB EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA BIRU
Spoiler for " ":

FOTO SAMPUL DEPAN BPKB EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA COKELAT
Spoiler for " ":


- Pada halaman pertama KOLOM 1 IDENTITAS KENDARAAN contoh

1. Nomor polisi B 1234 RZ
2. Merk : HONDA, YEMAHA, SUZUKI atau lainya.
3 Type : Sedan, Spd motor solo, lainnya..
4. Jenis : sepeda motor, Mb penumpang
5. model : Solo, Minibus
6. Thn Pembuatan : 1989, 1995,1997….
7. tahun Perakitan 1989, 1995,1997….
8. Isi silinder : 1295 CC, 113 CC, 124 CC, 2995 CC,… Warna : Biru, HItam, Merah

- Pada halaman pertama bagian pojok kanan bawah terdapat kolom tanda tangan pemilik pertama, sebelahnya Dikeluarkan BPKB nya, contoh dikelurkan di : Jakarta, Bandung, Surabaya. Etc Pada Tanggal : 10 – Juli – 2006. AN Pejabat yg berwenang. Biasanya An KEPALA KEPOLISIAN DAERAH DIRLANTAS. KASUBDIT MIN REG INDENT. Nah disinilah yg membedakan BPKB tsbt EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA karena lebih muda tahunnya tidak sesuai dgn Tahun pembuatan, dan tahun perakitan kendaraannya.

FOTO BPKB EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA HAL 1
Spoiler for " ":


- Pada halaman 2,4 sesuai pemilik pertama. Nomer BPKB nya pun hitam. Bukan MERAH.

BPKB EX KEDUTAAN, PEJABAT, PEMDA, LAINNYA HAL 4
Spoiler for " ":


BPKB BARU

BPKB baru keluaran 2010 berwarna cokelat, terdiri dari 10 halaman

hal 1 sampul.
hal 2 Ket Identitas pemilik kendaraan hal
Hal 3 Ket Identitas kendaraan
Hal 4 Ket dokumen registrasi pertama
Hal 10 Ket penerbit BPKB, No Registrasi BPKB

FOTO SAMPUL DEPAN BPKB BARU
Spoiler for " ":


FOTO BPKB BARU HAL 3
Spoiler for " ":


FOTO BPKB BARU HAL 4
Spoiler for " ":


CIRI BPKB ASLI

- pada halaman 1 kolom dikeluarkan bpkbnya tidak ada pejabat yang mentanda tanganinya dan tidak dilengkapi dengan stempel Nama, Pangkat, atau pejabat yg berwenang

- Apabila di terawang dengan sinar ultra violet tidak timbul Tulisan POLDA setempat pada tiap halamannya contohnya : agan menerawang uang dgn sinar UV akan telihat gambar atau buritan buritan menyala, begitupun dgn BPKB bila diterawang dengan sinar UV akan menyala terlihat buritan2nya, tidak ada benang pengaman.

coba periksa bagian ini gan, perbedaan anatar bpkb asli dan palsu

FOTO CIRI BPKB ASLI
Spoiler for " ":


FOTO CIRI BPKB ASLI
Spoiler for " ":


FOTO CIRI BPKB ASLI
Spoiler for " ":


FOTO CIRI BPKB ASLI
Spoiler for " ":


FOTO CIRI BPKB ASLI
Spoiler for " ":



Masyarakat yang ingin membuat BPKB Duplikat dapat mengikuti proses sebagai berikut :

1. Pelayanan Pengurusan BPKB Duplikat, persyaratan yang harus dilengkapi :
A.\tLaporan Polisi kehilangan BPKB ( Min tingkat Polsek )
B.\tKartu Tanda Penduduk ( untuk perorangan )
C.\tSalinan Akte pendirian dan surat ket domisili ( Untuk Badan Hukum )
D.\tSurat Kuasa ( untuk Instansi Pemerintahan / Badan hukum )
E.\tSurat Pernyataan BPKB Hilang dari pemilik bermaterai
F.\tBukti penyiaran di 2 ( dua ) media massa
G.\tSurat keterangan dari Reserse ( Reskrim )
H.\tSket dari bank bahwa tidak dalam status jaminan Bank
I.\tCek Fisik kendaraan Hadir ( Tk. Polda )
J.\tFoto Copy STNK
K. Pemilik diwajibkan hadir untuk di Foto dan scan KTP

2. Pelayanan BPKB Rusak / BPKB Halaman Habis/ BPKB Terbakar Sebagian, persyaratan yang harus dilengkapi:
A.\tKartu Tanda Penduduk ( untuk perorangan )
B.\tSalinan Akte pendirian dan surat ket domisili ( Untuk Badan Hukum )
C.\tSurat Kuasa ( untuk Instansi Pemerintahan )
D.\tF.C STNK
E.\tBPKB yang sudah Rusak/ halaman habis
F. BA Pengggantian BPKB Rusak/Halaman Habis/Terbakar Sebagian

3. Pelayanan Pengurusan BPKB Terbakar Habis, persyaratan yang harus dilengkapi :
A.\tLaporan Polisi BPKB terbakar ( Min tingkat Polsek )
B.\tKartu Tanda Penduduk ( untuk perorangan )
C.\tSalinan Akte pendirian dan surat ket domisili ( Untuk Badan Hukum )
D.\tSurat Kuasa ( untuk Instansi Pemerintahan )
E.\tSurat Pernyataan BPKB terbakar dari pemilik bermaterai
F.\tBukti penyiaran di 1 ( satu ) media massa
G.\tReskrim
H.\tSket dari bank bahwa tidak dalam status jaminan Bank
I.\tCek Fisik kendaraan Hadir ( Tingkat Polda )
J.\tFoto Copy STNK
K.\tPemilik diwajibkan hadir untuk di Foto dan Scan KTP
untuk informasi saja gan, BPKB Duplikat itu tetap LEGAL yang tidak legal adalah BPKB duplikat yang palsu.
jadi jangan salah kaprah mengenai BPKB duplikat. BPKB Duplikat tidak menyalahi aturan
Quote:Original Posted By DiTipEnkZ
untuk informasi saja gan, BPKB Duplikat itu tetap LEGAL yang tidak legal adalah BPKB duplikat yang palsu.
jadi jangan salah kaprah mengenai BPKB duplikat. BPKB Duplikat tidak menyalahi aturan


Nais info gan..

Tapi kenapa ya boil or rotom yang ber stnk duplikat rata2 gak laku di pasaran..?
N kalo pun laku pasti harganya jauh banget di bawah harga pasaran..
Quote:Original Posted By Gonozo
Nais info gan..

Tapi kenapa ya boil or rotom yang ber stnk duplikat rata2 gak laku di pasaran..?
N kalo pun laku pasti harganya jauh banget di bawah harga pasaran..


betul gan, sudah umum mobil dan motor yang menggunakan BPKB duplikat harganya jauh di bawah harga pasar. sudah seperti hukum rimba sepertinya. entah kenapa seperti itu.padahal lebih baik duplikat dari pada layaknya BPKB non duplikat tapi sebenarnya palsu.
malah ada dealer yang khusus membeli mobil yang ber BPKP duplikat. karena margin jual nya lebih tinggi dengan press harga beli se rendah2nya.
mending BPKB mobil kesayangan di taruh di save deposit box di bank
bookmark dulu ah ..

tengkiu infonya Kakak
BPKB sekarang kan udah gak kaya dolo rey

mutasi motor aja BPKB baru ..

gw mutasi dari Jaktim ke Bekasi Kota aja BPKB nya ganti

jadi serasa tangan pertama

tapi emang di STNK dan BPKB ada tulisan EX BXXXXABC

BPKB sekarang tipis ... tidak setebal dolo
Spoiler for BPKB BARU:


Perbedaan BPKB Baru dan BPKB LAMA
Rok.. itu BPKB 280 GE nya bikin ngiler.... tapi boros nya luar biasa

Spoiler for 280 GE Hijau Metalic:
Quote:Original Posted By DiTipEnkZ
Rok.. itu BPKB 280 GE nya bikin ngiler.... tapi boros nya luar biasa

Spoiler for 280 GE Hijau Metalic:


Gagah tuh mobil
Punya itu sepertinya harus punya pom bensin sendiri
Quote:Original Posted By Gonozo
Nais info gan..

Tapi kenapa ya boil or rotom yang ber stnk duplikat rata2 gak laku di pasaran..?
N kalo pun laku pasti harganya jauh banget di bawah harga pasaran..


Quote:Original Posted By DiTipEnkZ
betul gan, sudah umum mobil dan motor yang menggunakan BPKB duplikat harganya jauh di bawah harga pasar. sudah seperti hukum rimba sepertinya. entah kenapa seperti itu.padahal lebih baik duplikat dari pada layaknya BPKB non duplikat tapi sebenarnya palsu.
malah ada dealer yang khusus membeli mobil yang ber BPKP duplikat. karena margin jual nya lebih tinggi dengan press harga beli se rendah2nya.
mending BPKB mobil kesayangan di taruh di save deposit box di bank


menurut orang biro jasa perpanjangan stnk ; buat yg bpkb nya duplikat butuh proses perpanjangan pajaknya yg lebih ribet drpd yg bpkb asli, jadi katanya kudu di check dulu bener gak tuh bpkb duplikatnya buka palsu ... makanya biaya urus spt ini di biro jasa, biayanya lebih mahal drpd biasanya ....

keuntungannya kalo beli kendaraan yg bpkbnya duplikat : pastinya harga lebih murah dan ini bisa di manfaatkan oleh user yg dananya mepet dan rencana mau pakai sendiri tuh kendaraan, dan lebih menguntungkan lagi buat yg mau di mutasi keluar daerah ...... code duplikat otomatis hilang begitu dah ganti bpkb baru di daerah ...CMIIW
Quote:Original Posted By barrock
BPKB sekarang kan udah gak kaya dolo rey

mutasi motor aja BPKB baru ..

gw mutasi dari Jaktim ke Bekasi Kota aja BPKB nya ganti

jadi serasa tangan pertama

tapi emang di STNK dan BPKB ada tulisan EX BXXXXABC

BPKB sekarang tipis ... tidak setebal dolo
Spoiler for BPKB BARU:


Perbedaan BPKB Baru dan BPKB LAMA


mnrt ane sih lebih baik spt ini gan. mungkin agan2 pernah ngalamin beli kendaraan thn lawas dan nemuin bpkbnya udh usang dan lusuh. blm lagi deretan halaman nama2 pemegang kendaraan sblmnya, amat sangat tidak sedap dipandang mata
permisi suhu, mau numpang tanya sedikit perihal BPKB, jadi gini ceritanya

om ane beli motor CB 100 K5, sekitar tahun 2000 lengkap stnk bpkb dan rotomnya
sekarang jadi ane yg pake tuh motor, tapi BPKB ASLI nya kagak ada gan. kata om ane hilang dirumahnya
yasudah, ane pake deh tuh motor cuma sama stnk asli nya aja
pernah diperpanjang tuh stnk nya pake birojasa, yg ngurus bapak ane, gatau berapa duit

eh dasar ane orangnya ceroboh, ternyata STNK ASLI yg ane pegang, HILANG!!!
beruntung lah ane masih ada fotocopy stnk aslinya, jadi dirurusin lagi deh sama biro jasa sama bapak ane
habis sekitar 600rb tuh gan cuma buat stnk duplikatnya saja

jadi intinya sekarang yg ane pegang cuma motor dan STNK DUPLIKAT nya saja gan
ane pengen ngadain BPKB nya lagi
setelah ane baca-baca dari info-info kaskuser semua, ternyata penjelasan syarat2nya gak jauh berbeda
nah sekarang yg mau ane tanyain, kira-kira berapa biaya dan waktu yg dibutuhkan untuk ngidupin lagi BPKB dengan ketentuan :

Quote:
  • motor norang nosin akur sama STNK
  • STNK duplikat
  • nama pemilik di STNK sudah tdk tahu dimana keberadaannya
  • fotocopy KTP nya juga tidak ada
  • pajak per tahun telat -+ setahun
  • plat nomor sampai 2014


dimohon pencerahannya ya suhu
ane bimbang nih, antara ngurus BPKB atau dijual saja motornya
masalahnya kalau dijual harganya pasti bikin sakit hati


gan.. salam kenal

saya mau dikit2 tanya nih..
1. kalo ada agan yang mau jual kendaraan, tapi Bpkb hilang, bagaimana??
2. kalo mau bikin bpkb baru, melalui biro jasa, apakah aman??
thnks sebelumnya..


Quote:Original Posted By cuttt
gan.. salam kenal

saya mau dikit2 tanya nih..
1. kalo ada agan yang mau jual kendaraan, tapi Bpkb hilang, bagaimana??
2. kalo mau bikin bpkb baru, melalui biro jasa, apakah aman??
thnks sebelumnya..



halo agan..
ada yang bisa bantu??
Gan, fotonya upload lg dong !
Ga muncul gambarnya tuh yg dibawah-bawah !
Quote:Original Posted By KucingPasar
Gan, fotonya upload lg dong !
Ga muncul gambarnya tuh yg dibawah-bawah !


Bener neh gan... dicomp ane jg ga muncul gambarnya...
Padahal inpo menarik dan penting neh...
serem ih.. wkt itu juga ada yg nawarin ane jasa duplikat bpkb
ngeri dunia bawah skrg
Quote:Original Posted By rinoacu
serem ih.. wkt itu juga ada yg nawarin ane jasa duplikat bpkb
ngeri dunia bawah skrg


waduh sampe ada jasa seperti itu
Bukti penyiaran di 2 ( dua ) media massa
Ini maksudnya, kita harus Pasang Iklan baris di dua (2) media cetak Gan???

Kalau tanpa iklan, apa ga bisa Gan, jadi langsung aja proses pengurusan
thanks gan
Quote:Original Posted By barrock
BPKB sekarang kan udah gak kaya dolo rey

mutasi motor aja BPKB baru ..

gw mutasi dari Jaktim ke Bekasi Kota aja BPKB nya ganti

jadi serasa tangan pertama

tapi emang di STNK dan BPKB ada tulisan EX BXXXXABC

BPKB sekarang tipis ... tidak setebal dolo
Spoiler for BPKB BARU:


Perbedaan BPKB Baru dan BPKB LAMA


gan, katanya kalo BPKB duplikat (contoh jakarta) dimutasi ke bandung, di BPKB barunya tulisan duplikatnya hilang ya? bener ngak gan?
Quote:Original Posted By barrock
BPKB sekarang kan udah gak kaya dolo rey

mutasi motor aja BPKB baru ..

gw mutasi dari Jaktim ke Bekasi Kota aja BPKB nya ganti

jadi serasa tangan pertama

tapi emang di STNK dan BPKB ada tulisan EX BXXXXABC

BPKB sekarang tipis ... tidak setebal dolo
Spoiler for BPKB BARU:


Perbedaan BPKB Baru dan BPKB LAMA


gan, katanya kalo BPKB duplikat (contoh jakarta) dimutasi ke bandung, di BPKB barunya tulisan duplikatnya hilang ya? bener ngak gan?