KASKUS

[Share Info]Serba-Serbi Vespakuser (All Variants)

SLOT 1






Thread ini dibuat untuk melanjutkan thread terdahulu yang di buat oleh bro
scootboyz



[Share Info]Serba-Serbi Motor Vespa (All Variants)


VESPAKUSER on FACEBOOK


VESPAKUSER on TWITTER



Quote:
Rules:


> Dilarang keras posting asal2an hanya untuk meningkatkan jumlah postingan dan/atau beternak klonengan.
KLONE ID harap menyeragamkan AVATAR dan/atau LOCATION seperti PRIME ID
apabila Prime ID memiliki Location yg panjang dan Clone ID tidak dapat memakai Location yg sama karena sudah dibatasi, maka bisa juga dengan menuliskan username Prime ID dan/atau ciri khas yang menunjukkan Prime ID yang bersangkutan. Tidak perlu ada Klonengan yang nggak jelas siapa bapak nya !!! nekat = BATAMERAH akan menodai ID anda

> Dilarang keras melakukan posting yang bersifat MONOLOG, termasuk memakai lebih dari 1 ID untuk me-reply postingan orang lain.

> Postingan yang HANYA berupa EMOTICON juga dilarang.

> Gunakan SPOILER untuk post GAMBAR dan LINK jual beli. Posting foto/gambar maksimal berukuran 500 pixel atau (640x480).demi kenyamanan bersama.
Spoiler yang berbau SPAM ( promosi website/blog, gambar DP, dll ) tidak diperkenankan demi kenyamanan bersama.

> Biasakan memakai fasilitas MULTIQUOTE untuk menjawab beberapa postingan.

> Biasakan Berkenalan dahulu jika anda member baru, sertakan Prime ID, lokasi daerah anda tinggal.

> Biasakan sebelum bertanya cek INDEX dahulu atau page sebelum nya.

> RESPECT other members and UNITY for all biker


*rules yang belum tercantum akan ditambahkan seiring berganti nya hari yang kita lalui





VESPAKUSER adalah salah satu forum dibawah KASKUS yang membahas segala sesuatu mengenai vespa baik masalah, keluhan, modifikasi, bersilaturahmi, kegiatan sosial ataupun touring, siapa pun berhak bergabung asalkan menghormati dan mematuhi peraturan bersama yang berlaku di
VESPAKUSER™.



Quote:teruskan tradisi kita:

saling bantu lah jika kau melihat skuterist yang sedang kesusahan tak perduli kalian mengerti mesin atau tidak, mungkin kabel2 yang kalian bawa di bagasi berguna bagi yang lain, bahkan busi bekas mu terkadang berguna bagi yang lain atau bahkan walaupun kalian hanya menemani berbincang sambil menghubungi teman2 yang lain itu sangatlah membantu.

sapalah setiap kalian bertemu sesama skuteris peduli kenal atau tidak.

Jangan hilangkan tradisi turun temurun seperti ini bray
Dan yang terpenting jaga dan rawatlah vespamu baik2.


Quote:
Spoiler for Alternatif Untuk Upload Image:



Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/9567476 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
Thread ini adalah thread lanjutan

dari
http://kask.us/6854753
dari
http://kask.us/5267145
dari
http://kask.us/4607400
dari
http://kask.us/3930273

yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
SLOT 2

Quote:

give me some reputation point please

good reputation point link








Our Official Logo and Sticker

Dilarang keras di pergunakan untuk kepentingan apapun tanpa seijin TS (send me your PM's)

belajarlah menghargai hasil karya orang lain.

Thanks lads!!


Quote:
Design by: unkwnd


Quote:
Design by: super66



=================================================

Quote:PIAGGIO INDONESIA
Spoiler for PI:



=================================================

Quote:Indonesia Scooter MagazineQuote:Original Posted By exH28097UG
Spoiler for oya, kalo ada yang mau baca baca majalah scootergratis:

KHUSUS EVENT,update terusss........

SLOT 3

Upcoming Event


Spoiler for 5-6 MEI 2012:
Slot 4 sejarah vespa

Spoiler for Vespa:


Spoiler for Sejarah Dan Revolusi Bentuk Vespa:
SLOT 5

referensi link yang dapat kita lihat mengenai vespa




Kumpulan Link PDF

Quote:
Spoiler for kumpulan link pdf ( buku manual ):



Referensi Toko & Bengkel

Quote:Jakarta Selatan / Depok
Spoiler for ciputat & bintaro:


Spoiler for cirendeu:


Spoiler for Lenteng agung:
SLOT 6

Vespakuser on OffAir




Quote:

bukber I vespakuser

Created by: unkwnd & uur



Tagline
Spoiler for tagline:




Kumpulan vespakuser on Even

Quote:Original Posted By Aikhnot
Oleh-oleh dari Lapangan Hankam Cibubur 8th Authority Scooterist Alternative
(ASA) Anniversary 4-5 Februari 2012


Quote:
Spoiler for DOC:


Quote:Original Posted By METAL_PRIMITIVE
FR BUKBER VESPAKUSER 16 AGUSTUS 2011 @TAMAN PANGLIMA POLIM

www.info-automotive.com


Quote:bukber ke II Vespakuser @ taman panglima polim



Quote:acara buka bersama vespakuser
waktu : Jum'at tgl 20 agustus 2010
tempat : Ayam bakar ganthari radio dalem







Quote: AMPROX 2 VESPA JAKARTA, 29-30 MEI 2010


Quote: paguyuban scooter boja
Depok, 22 Mei 2010




Kumpulan vespakuser on Kopdar

Spoiler for kopdar:
SLOT 7


Pic taken from Here


BODY
Quote::: jasa pengecatan & bengkel vespa (DEPOK) ::


referensi link warna untuk pengecetan vespa..
Quote:
http://www.retrovespa.com/colors.html

http://www.colorhunter.com/tag/vespa/1



credit to puncs



Tips Ngecat by crazymonk
Spoiler for tips ngecat:



Quote:Original Posted By ch1ps
ubek-ubek nemu ginian
Spoiler for warna:

semoga bermanfaat



MODIFIKASI

Quote:
Spoiler for list harga Chrome:


Quote:
Spoiler for modif dop vespa:


Quote:
Spoiler for tentang Air Filter Vespa:


Quote:
Spoiler for kenalpot racing vespa custom?, why not!:
SLOT 8


Pic taken from Here



Permesinan

Quote:
gue rapihin lagi dah postnya om tidak mungkin
Quote:Original Posted By tidakmungkin
ane dapet link bagus nih buat yg pengen belajar bongkar mesin tapi ga bisa pasang nya lagi kaya ane

http://www.scootermercato.com/garage/tech-tips

1. carb rebuilt



2. large frame clutch rebuild



3. clutch cover rebuild



4. cush drive rebuild



5. gear-stack-rebuild



6. selector-box-rebuild



7. engine-disassembly



8. engine-assembly-part-1-large-frame



9. engine-assembly-part-2-large-frame



10. changing-hand-grips






Quote:
tabel ukuran sepuyer thanks to om inventory
Quote:
Spoiler for tabel ukuran spuyer vespa:


kalok gag tauk yg mana posisinya sepuyer
Spoiler for slow runing jet/pilot jet:


Spoiler for bagian2 sepuyer gede ( main jet ) air corrector / mixer tube / main jet:



Panduan mengganti oli Gearbox/mesin Vespa
Spoiler for Vespa Gearbox Oil Change:



Quote:Original Posted By inventory
buat panduan aja om
Spoiler for kode laher vespa:


Quote:Original Posted By Aikhnot
Spoiler for tentang oktan bensin:
SLOT 9


Pic taken from Here


ngoprek Kelistrikan nyook

Quote:Original Posted By Aikhnot

Platina vs cdi

Kelebihan Platina
  1. Murah
  2. Bisa disetel sendiri (kalo tiba-tiba dalam kondisi darurat motor gak nyala)
  3. Lebih banyak bengkel jalanan vespa yang nyetok
  4. Untuk betot gas di track yang tanjakannya agak curam lebih enak dan untuk jalanan lurus juga enak

Kekurangan Platina
  1. Mudah Berubah setelannya (kalo hobinya suka ngebut)
  2. Umurnya agak pendek, tergantung pemakaian dan cara rider bawa motor
Kelebihan CDI
  1. Mahal
  2. Gak pernah berubah setelannya
  3. Umurnya lebih panjang dibanding Platina mangkanya lebih mahal
  4. Untuk di track lurus betot gasnya lebih enak dibanding platina, namun pada saat di track yang tanjakannya curam kurang enak

Kekurangan CDI
  1. kalo mendadak CDI mati (harus diganti gak bisa disetel, jadi kalo mendadak mati, siap-siap aja dorong)
  2. Jarang bengkel vespa yang nyetok apalagi bengkelnya kecil


Quote:Original Posted By Inventory
Vespa Full Wave
Kalo udah pake regulator Tiger atau motor lain yg full wave dijamin bakal jebol Om, kalo statornya gak di modif jadi floating ground.
Soale aslinya kan regulator vespa cuma 1 jalur pengisian (kabel biru), kabel itemnya itu kan AC, trus pas di regulator disambung ke massa (ground).
3 kabel lain (merah, putih dan hijau buat CDI)

Jadi :
G = Listrik AC dr stator (biru dr stator)
G = Output AC buat lampu (depan, belakang, speedo)
Ini Abu2
+ = Output DC (Merah)
Ground = Hitam dr stator trus langsung ke massa body
Input cuma 1 kan = si kabel biru
DC outputnya jadi Half Wave, karena cuma buayt klakson, sein sama elestart

Sedang kalo Tiger/Motor lain yg Full Wave inputnya ada² (single phase)
Supaya bisa jadi 2 arus AC dr stator, si kabel hitam harus dirubah jadi AC, bukan massa lagi.
Nah, di stator, harus ada 1 kabel yg dipotong. Jalur ke center tap (ground) nya di putus, jadi deh output AC nya 2 biji. Tapi jangan lupa, kabel hitam di ujungnya yang di regulator asli yang nempel ke massa diputus( jangan dipasang ke body).

Tinggal set kabel di regulator Tiger aja deh
Kaki 1 ke aki, ini dah DC murni regulated
Kaki 2 Kayaknya V sense, kabel abu2 aslinya vespa harusnya masuk sini, karena berfungsi sekaligus sebagai cut out kalo aki dah penuh, jadi gak overcharge (tapi ini lom yakin saya, soale belum test jalur kabel abu2 aslinya)
Kaki 3 itu massa, kasih kabel baru langsung bautin ke body
Kaki 4 jalur pengisian AC dr Stator alias kabel biru
Kaki 5 jalur pengisian AC dr Stator alias kabel hitam

Kenapa pake regulator Tiger? Karena die bisa supply 10 A, jadi aki gak tekor.

Kalo pun memaksa pake regulator asli bisa aja, stator gak diotak atik, kabel abu2 pindahin aja ke kabel + setelah kontak, tapi dijamin tekor. Soale regulator asli cuma kuat 3A.
Kalo pasang regulator Tiger tanpa floating si stator pasti jebol tuh regulator, lah kaki 5 yg harusnya input AC, disambungin ke massa, lama2 korslet dah.
HID kan butuh arus gede pas startup, plus die minta DC murni. Saya sih pernah denger bisa diakalin, pake booster atau apalah namanya. Tapi tetep aja gak full dc, kalo gak aki tekor bisa2 regulatornya rontok.
Pake diode bisa, minimal 4, atau beli jadi pake diode bridge (motorola ada bagus) bisa supply 15 A, tapi tetep aja, gak ada cut out kalo aki penuh, bisa overcharge. Pake diode bridge tetep butuh floating stator kalo mo sempurna. Karena die tetep butuh 2 input AC,keluaran diode bridge itu kan Plus (DC) dan - (Ground) bisa aja sih kabel biru nya displit, tapi tetep aja belum full dc, jadinya kurang sempurna.

CMIIW

Quote:Original Posted By Inventory
Malam All.
Alhamdulillah, Full Wave project di Bohay Maroon SUKSES. Ouput pas gak ada beban bisa 14 lebih, aki tekor (10 Volt) cuma butuh 10 menit dah bisa elestart lagi
Om Pisang jadi saksi hidupnya. Tegangan AC dr stator belum masuk Regulator 150 V pas stationer, pas masuk Regulator 15 - 35 V tergantung RPM.
Ternyata emang harus tarik 1 jalur baru dr Stator ke Regulator. Bisa dilakukan tanpa harus lepas tangki,
Heheheheh....
Insya Allah awet
Quote:Original Posted By Inventory
Tambahan...

mumpung inget

Cek pake clamp meter, ouput dr stator sebelum masuk regulator lumayan gede euy!
Dapet di 12 A saat stationer, teoritis stator bawaan bisa supply 144 Watt (12A x 12V)

regulator Tiger (Shindengen SH561 bisa 8A no cooling atau max 14A kalo udara mengalir)


Quote:Original Posted By Inventory

Gampangnya gini Om,
1. Cabut solderan dari ground yang ada di stator assy
Spoiler for Stator:


2. Sambung dengan kabel baru dari kabel yang di cabut dr Ground tadi

3. Kabel Hitam yang aslinya keluar dari stator gak dipake lagi, pas di junction box (yang warna hitam di atas kipas magnet) lepas sambungan kabel hitam tadi, biar aman, dua2 nya di isolasi, supaya gak konek lagi ke body

4. kabel baru dari point 2 itu di tarik ke arah posisi R/R alias deket aki di bagian box kiri.

5. Sekarang ada 5 kabel di lokasi R/R.
-> Biru = Pengisian AC (asli bawaan Motor)
-> Merah = + aki
-> Hitam = - aki (boleh langsungin ke body/massa)
-> Abu2 = Aslinya ini ke lampu2, tapi kalo pake R/R Tiger kita fungsiin sebagai V Sense Monitoring, tapi jangan lupa. Jumper kabel abu2 ini dengan kabel + aki yang setelah kontak ya, jumpernya biar gampang di idung depan aja.

-> Kabel Baru yang kita tarik dr hasil pencabutan Ground di stator. Ini jadi Pengisian AC juga

Jadi deh 1 Phase FullWave
CMIIW


Quote:
Originally Posted by slurper
Modal Rp. 1000,- Lampu Jauh Motor Semakin Terang
Tips sederhana namun berguna banget buat agan-agan yang doyan turing malem hari, hanya modal Rp. 1000,- bisa lampu jauh motor2 agan jauh lebih terang...,

Langsung aja gan, agan kudu siapin:
1. Obeng
2. Cutter

Bahan:
1. Dioda 12v 5A....., Rp. 1000,- doank gan...

Diagram:

Cara pemasangan, posisikan dioda seperti diatas gan, jangan ampe kebalik yaa,,,, bisa diterapkan semua motor gan....., gunakan obeng dan cutter untuk membantu pemasangan gan...,

Cari diodanya di toko2 elektro jual kok gan, harganya murah cuman rp. 1000,- doank....

Selamat mencoba gan....
----------------------------------------
Tambahan gan..., baeknya kudu diisolasi hehehe...., biar lebih aman...


Quote:Originally Posted by Inventory View Post
lampu mati gak jelas apa putus gak jelas?

Kalo putus mah dari regulator/kiprok, pas rpm tinggi, arusnya gak kebendung ma regulator/kiprok.... putus deh.

Kalo liat diagram di thread sebelah sih bisa di terapin.
Logikanya gini, pas kita switch dr lampu deket ke lampu jauh, arus yang dari lampu deket dialihin ke lampu jauh, jadi arus yang ke lampu jauhnya dobel.
Kan pake dioda yang berfungsi mengalirkan arus cuma satu arah.

kaki katodanya ada di plus lampu deket, anodannya ada di + lampu jauh.
jadi arus cuma bisa ngalir dari plus lampu deket ke plus lampu jauh, gak bisa sebaliknya

Pas di switch dr deket ke jauh, otomatis arus yang (kadang masih bocor atau emang gak diputus) di + lampu deket dibelokin ke + lampu jauh, tapi arus dr + lampu jauh gak nyebrang ke + lampu deket, karena ditahan sama katoda dioda.
Kalo kayak gini mah jelas aja lampu jauh bisa lebih terang.

Karena arusnya dobel. sebetulnya gak dobel, cuma seiring waktu kan kemampuan kabel mengaliri arus makin turun, dengan adanya diode yang mengalihkan arus dari + lampu deket ke + lampu jauh, kekurangan itu bisa ditutupin

Tapi plus dan minus arus ini kan "cuma" jelas di system DC, kalo di system AC (kayak Vespa atau motor lain yang lampu depannya terang gelapnya ngikutin rpm mesin) gak terlalu signifikan.
Tapi gak tau juga deh...
dicoba dulu kali ya, baru ketauan bisa gak nya
hihihi....
CMIIW


Quote:Original Posted By bebekgegerotak
Spoiler for Teori setel Platina:


Quote:Original Posted By bebekgegerotak

Spoiler for Animasi cara kerja platina:


Quote:Quote:Original Posted By Veglia.Borletti

Spoiler for permukaan platina:
semoga berguna
SLOT 10


Pic taken from Here
Frequently asked questions

Quote:
Spoiler for gan kalok nyari Lokasi Nomer rangka Vespa di mana ya?:


Quote:
Spoiler for kalau nyari Lokasi Nomer Mesin Vespa?:


Quote:
Spoiler for gan mau tanya, apa sih beda Sprint sama Super?:

Quote:
Spoiler for kalau bedanya Vespa 150 Sprint VS Vespa 150 Sprint Veloce apa gan?:


Quote:
Spoiler for gan... pajak vespa ane mati beberapa tahun, ada yg tauk gak kira2 biayanya berapa? ato bisa kasi tau cara perhitungannya?:


Quote:
Spoiler for gan... cara baca angka2 yg ada di ban itu gimana sih?:


Quote:
Spoiler for Gan, beda PX Sport sama PX lainnya apa sih?:


Quote:

vespakuser dan vespa Bagian I


Pic taken from Here

Vespakuser dan Vespa


Quote:Original Posted By ang.inUe

Spoiler for 61 N-Gage; SUPER, VBB1 Th.1961:

Spoiler for Sprint Th.1978:

Spoiler for PS Th.84:

Spoiler for PX (Excel) Th.1990:


Quote:Original Posted By Brata234

Spoiler for Brata234 dan karniee:


Quote:Original Posted By kevindomee

Spoiler for Poteh; SUPER, VBB1, Th.1963:


Quote:Original Posted By emir.

Spoiler for Sweet Sixty; Super, VBA, Th 1960:


Quote:Original Posted By yandachanwill

Spoiler for sivety; CORSA, Th.1993:

Spoiler for sivety:



Quote:Original Posted By abi3an
Spoiler for si beureum; PTS a.k.a special 90CC, Th.1979:


Quote:Original Posted By yoboy

Spoiler for PX (exclusive 2) Th.1994:


Quote:Original Posted By arizmunandar

Spoiler for kicrut; SUPER, VBC, Th.1974:


Quote:Original Posted By tidakmungkin

Spoiler for love; PX Th.1986:


Quote:Original Posted By BuntutIkan
Spoiler for Vespa Remote Control (yg namain om ang2) PX (EXCEL), Th.1995:


Quote:Original Posted By Ilham.Hawks
Spoiler for Migo,Super, VBC, Th.1972:


Quote:Original Posted By kobain
Spoiler for PX (EXCEL), Th.2004:


Quote:Original Posted By super_kids

Spoiler for joni biru, SUPER, VBC, Th.1975 ke ciwidey:


Spoiler for joni biru ke lembang:


Spoiler for joni grey version :D:


Spoiler for joni abis mandi:


Quote:Original Posted By penghancurbaja

Spoiler for VESPA S, 50cc, Th.2011:


Quote:Original Posted By andrewdanutirta

Spoiler for SUPER, VBC, Th.1979:


Quote:Original Posted By keongvespagw

Spoiler for Keongvespagw; SUPER, VBC, Th.1974:

Spoiler for Keongvespagw:

Spoiler for Keongvespagw:

Spoiler for Keongvespagw:

Spoiler for Keongvespagw:



Quote:Original Posted By YugiComeBack

Spoiler for super, VBC, Th.1978 :


Quote:Original Posted By TukangTembelBan

Spoiler for SUPER, VBC, Th.19??:

Spoiler for SUPER, VBB2, Th.1964:

Spoiler for the legend Redzcooter, PX (excel), Th.200X:


Quote:Original Posted By super150.1975

Spoiler for boeloek; SUPER, VBC, Th.1975:

Spoiler for tawon, New PX, Th.2005:


Quote:Original Posted By paradise2307

Spoiler for Putih PS, Th.1981 & Orange; PX, Th.1981:


Quote:Original Posted By SikonenK

Spoiler for PX (Excel), Th.2002:


Quote:Original Posted By andeath

Spoiler for Putih, SUPER; VBC, Th.1972:

Spoiler for penampakan 2, dari depan:

Spoiler for bergaya dikit, hehe:


Quote:Original Posted By sikucru7

Spoiler for Situa, VL3, Th.1957:

Spoiler for Situa:


Spoiler for B 5678 GQ:


Quote:Original Posted By silep-04

Spoiler for semox, SUPER, VBB?, Th.19??:

Spoiler for SUPER, VBC, Th.1974:



Quote:Original Posted By 35pass

Spoiler for SUPER; VBB1 Th.1962:


Quote:Original Posted By CarlesPuyol

Spoiler for Jenggo, Super; VBC, Th.1972:


Quote:Original Posted By Inventory

Spoiler for Maroon, New PX, Th.2006:

Spoiler for drangdeng; SUPER, VBC, Th.1976:


Quote:Original Posted By max rommy

Spoiler for SUPER; VBB1, Th. 1961:

Spoiler for hai:


Quote:Original Posted By titiit
Spoiler for si bun bun; PS , VBX th.1981:


Quote:Original Posted By forbidenone

Spoiler for simerah; Corsa, Th.1992:


Quote:Original Posted By OZBIEL
Spoiler for Vespa Ane; Super, VBB2, Th.1964:

pindahaaaaaaaaan
hadiiiiiiiiiir
Permisi
salam Tetottt klo ketemu dijalan panggil ajah Om
Spoiler for uletkeket78:
Ikutaaaaaannnn
Nyusul_____
Spoiler for Poteh 1963:
Quote:Original Posted By vespakuser
abis page 1 nya. silahkan lanjutkan LADS.....
jgn lupa amal cendol buat TS ya

mejeng lagi di rumah baru..
Spoiler for mejeng:

maap Ts ane blm bisa lempar cendol..
Quote:Original Posted By ang.inUe
mejeng pertama di rumah baru..
Spoiler for mejeng:


wow kk woooooowww yang biru itu excel ya oms

Quote:Original Posted By uletkeket78
Permisi


monggo mas dab

Quote:Original Posted By kevindomee
Nyusul_____


ayooo oms jgn sampe ketinggalan

Quote:Original Posted By vespakuser
abis page 1 nya. silahkan lanjutkan LADS.....

jgn lupa amal cendol buat TS ya


maap saia belom bisa lempar cendols tapi kalo dilemparin cendol saia iklash kok

Quote:Original Posted By ang.inUe
mejeng lagi di rumah baru..
Spoiler for mejeng:

maap Ts ane blm bisa lempar cendol..


wow kk wooooooowwww itu yang biro excel yak
go go