ane kurang ngerti tentang batu akik kayak gini
kebanyakan batu akik sering jadi jimat buat orang2
ternyata keren jg ya... jd pengen...
rpnya make batu akik jga ada caranya ya
baru tau ane
ane baru tahu klau batu akik ada kgunaannya gan..
ayah ane pke tpi cma 1.. but guru ane makai 4 gan.. gile dah
rumit juga ya

ada unsur mistis juga kayaknya
wew itu kalimaya bnyk dicari tuh
mahal bgt lagi
keren keren gan batuannya..
ane semster 1 kemarin juga banyak tugas tentang mineral kayak gitu gan..
Daripada malem minggu yang nggak2 mending kita beginian aja yuk gan
Spoiler for :
lengkap sekali penjelasannya gan...mantap..
Ternyata Batu Permata [ Akik ] Sangat Bagus Sekali Yah,,Beraneka Ragam Sekali
Tp skrg banyak yg palsu yah gan,,bagaimana membedakan yang asli dan palsu yah ?
mohon pencerahannya yah gan ?
Quote:Original Posted By bulux999


nte doyan ngoleksi batu cicin juga ga......


batu akik mungkin maksudnya

boro2 ngoleksi gan, beli aja ga mampu

ente sendiri gimana?

Quote:Original Posted By M.Syaifur
mantep nih infonya gan :
ane sih gk punya batu akik
tapi dngan thread agan ini ane jadi tau tntang batu akik


sama gan ane juga ga punya batu akik, tapi pengen punya

thanks gan

Quote:Original Posted By Starling3
ane kurang ngerti tentang batu akik kayak gini
kebanyakan batu akik sering jadi jimat buat orang2


ya gan, karna mereka kurang paham


Quote:Original Posted By androidVsBB
rpnya make batu akik jga ada caranya ya
baru tau ane


ya gan, kalo ente punya batu ini dan mau dipake, semoga ga salah make gan

Quote:Original Posted By BoNeZ.LiStS
ane baru tahu klau batu akik ada kgunaannya gan..
ayah ane pke tpi cma 1.. but guru ane makai 4 gan.. gile dah


itu cuma mitos gan kegunaannya

Quote:Original Posted By genkan
rumit juga ya

ada unsur mistis juga kayaknya


ini juga, mitus itu gan, percaya aja ente

Quote:Original Posted By reizn
wew itu kalimaya bnyk dicari tuh
mahal bgt lagi


ya gan, karna keindahannya mengalihkan dunianya,, halah...

bagi ane juga mahal gan harganya

Quote:Original Posted By dobolbolbol
keren keren gan batuannya..
ane semster 1 kemarin juga banyak tugas tentang mineral kayak gitu gan..


disuruh ngapain gan tugasnya?

Quote:Original Posted By jepank747
lengkap sekali penjelasannya gan...mantap..


thanks gan, semoga bermanfaat ya

Quote:Original Posted By GODISMYLIFE
Ternyata Batu Permata [ Akik ] Sangat Bagus Sekali Yah,,Beraneka Ragam Sekali
Tp skrg banyak yg palsu yah gan,,bagaimana membedakan yang asli dan palsu yah ?
mohon pencerahannya yah gan ?


ya gan, keindahannya bak bidadari yang turun dari kayangan,,halah..

iya gan banyak banget yang palsu, cara bedain yang asli dan palsu kek gini gan

1 Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.

2. Coba tempelkan permata itu ke pipi agan. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa batu agan itu asli.

3. Berat. Coba bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

4. Bila permata agan itu adalah berlian, maka untuk membuat agan benar-benar yakin akan keasliannya, maka agan bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.

5. Cara mudah Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.

6. Jika Batu Mulia/akik punya agan sendiri agan bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja) ada bisa lihat perubahan pada batu agan jika batu tersebut palsu.

7. Bila agan masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan agan.

semoga bermanfaat gan, semoga ga salah pilih kalo mau beli batu akik
kalo ane pake safir kayaknya malah ga tenang deh gan,takut ilang

makasih inponya gan,,ane jd byk tau nih..
Quote:Original Posted By stroberi.joez
kalo ane pake safir kayaknya malah ga tenang deh gan,takut ilang

makasih inponya gan,,ane jd byk tau nih..


takut ilang kenapa gan? positif thinking aja gan biar tenang

sama2 gan, semoga ilmu tentang batu akik ini bisa bermanfaat dan ente bisa membagi ilmunya kepada orang lain yang belum tau
wowww mistiss ya gann
Quote:Original Posted By DewaAris
wowww mistiss ya gann


ga kok gan, belom bisa dibuktikan kalo itu mistis
bagus2 gan batu akiknya
ternyata banyak sekali jenisnya
makasih udah share
Quote:Original Posted By meessi
bagus2 gan batu akiknya


ya gan, batuan jenis ini memiliki nilai yang tinggi apabila dalam proses pemotongannya memunculkan corak tertentu. Apabila corak yang muncul sangat unik, misalnya lafal 'Allah', maka batu tersebut sangat bernilai tinggi. Namun kadangkala dalam prosesnya ga menampakkan corak apapun. Istilah para kolektor dikatakan ga berjodoh.

Quote:Original Posted By mikioken
ternyata banyak sekali jenisnya
makasih udah share


ya gan, selain jenis batu akik, ada pula jenis batu aji lainnya semacam batu jasper (jika warnanya hijau disebut badar lumut, sedangkan bila warnanya merah disebut hati ayam), ametis (kecubung), batu topaz (cempaka), garnet (delima), emerald (zamrud), ruby (mirah delima), bloodstone (batu akik darah), batu darah (hematite), opal (kalimaya), batu biduri laut (moonstone yang berwarna biru, kalau yang berwarna putih disebut biduri bulan), panca warna, badar susu, badar es, badar sepah, tapak jalak, embun pagi, mata kucing, dan banyak lagi. Penamaan tersebut sebenarnya lebih ditujukan pada bentuk fisiknya, padahal jenis batuannya sebenarnya sama. Seperti batu panca warna, sebenarnya merupakan jenis batu akik (agate) yang memiliki 5 warna.

ga ada yang nanya lagi nih?
iya gan mantap
Quote:Original Posted By kakarose
iya gan mantap


mantap banget gan

Barusan ane nonton tv, di kalimantan ada acara tentang batu akik. Ada pengrajinnya lagi bikin batu akik untuk di jadiin cincin, pas udah jadi cincin di jual cuma seharga 50rb.

Daerah sana warganya masih serba kekurangan, padahal kerjaan sehari2nya bikin cincin dari batu akik dan membuat intan. Intannya dijual dengan sangat murah, hanya dengan 30rb saja.