KASKUS

Quote:Original Posted By 3882444
buat om TS... pantesan banyak dukun yang pake
emang mahal koq.. cuma banyak di jual batu akik palsu


kalo dukun yang pake kenapa gan?

ya, untuk ukuran ane mahal gan

Banyak sekali orang terkecoh antara batu Mulia / Batu Akik Palsu dan Asli, Berikut cara-cara mudah untuk membedakannya :

1 Plastik atau Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu alam yang bersih tanpa serat.

2. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa batu anda itu asli.

3. Berat. Coba bandingkanlah batu asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

4. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.

5. Cara mudah Untuk Mutiara, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.

6. Jika Batu Mulia/akik punya anda sendiri anda bisa menyundutnya dengan Rokok (membakarnya dengan korek api sebentar saja) ada bisa lihat perubahan pada batu anda jika batu tersebut palsu.

7. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.



Quote:Original Posted By nupekong
biasanya yg jual ginian cincinnya di smua tangan


mungkin masih nyisa dikit gan

Quote:Original Posted By lee.chick
keren nih batu kudu HT nih ane bantu


Aamiin.

makasi banyak gan

Quote:Original Posted By chuchay
trit si om selalu bermutu wajar bila dapat
seakrang makin sulit dapat batu akik ya... sayang kakek ane kagak koleksi


sulit kalo ga punya duit gan

masih banyak kok, di toko online salah satunya

Quote:Original Posted By bloodybastards
wah ane demen gan, ane demennya yang ada motifnya


suka yang motif apa gan?

Quote:Original Posted By rycroot.partII
wih trit mangstab jadi nambah ilmu


ya gan, Alhamdulillah bisa bermanfaat buat ente
wah ada beberapa sesepuh diruang lingkup rumah ane juga ada koleksi batu akik nih
emang kalo diliat2 batu akik bagus juga
Quote:Original Posted By abbas92
suka yang motif apa gan?


pokoknya yang ada gambar2 nya gan, yang warna merah trus di dalemnya ada serat/daging nya berbentuk apa gitu/bacaan apa gitu...
di FJB antik juga banyak lho yang jual batu akik...
Quote:Original Posted By GuardianDarkElf
wah ada beberapa sesepuh diruang lingkup rumah ane juga ada koleksi batu akik nih
emang kalo diliat2 batu akik bagus juga


bisa dishare kesini ga gan?

memang bagus banget gan, subhanallah

Quote:Original Posted By bloodybastards


pokoknya yang ada gambar2 nya gan, yang warna merah trus di dalemnya ada serat/daging nya berbentuk apa gitu/bacaan apa gitu...
di FJB antik juga banyak lho yang jual batu akik...


oh gitu motifnya, itu udah dijadiin kayak giok gitu atau masih batu akik gan?

iya gan, disitus tetangga juga banyak
waaah.. nice share gan

ane jadi tau nama2,jenis2,arti dll dari batu akik

emang ANTIK nih

tapi kok identik dengan hal ghoib ya ?
Quote:Original Posted By abbas92
bisa dishare kesini ga gan?

memang bagus banget gan, subhanallah


oh gitu motifnya, itu udah dijadiin kayak giok gitu atau masih batu akik gan?

iya gan, disitus tetangga juga banyak


masih akik gan
di FJB malah ada lelang gan, murah2 lagi....
ane seneng, cuman kalo ane make batu akik ntar ane dikira dukun lagi.....
rpnya make batu akik jga ada caranya
baru tau ane :










©Copyright Kaskuserboedy
Ane dulu pernah dikasih AKIK ma kakek ane gan tp sekarang entah kemana karena jarang ane pakai

Kalau dilihat dari batu permatanya seh batu akik antik2 gan
ini Pasti batu asli dari Indonesia ya Gan..? bagus2 juga yah? ane ngak smuanya Tau tapi pernah denger sih.
batu kalimayanya cantik gan
lengkap banggeeeut bung!!!


trit yang sangat keren!!

[ngakak dikit waktu baca cara ngetes keaslian batu akik, masa digigit sekuat2nya? bisa rompang semua ni giigi? hehe]
nais trid gan
ane juga penggemar akik
walaahhhh masih sepi kah thread ente gan ane bantu pakai klon dech
emank batu benran bisa beri energi positif ????
Quote:Original Posted By enggaengga
waaah.. nice share gan

ane jadi tau nama2,jenis2,arti dll dari batu akik

emang ANTIK nih

tapi kok identik dengan hal ghoib ya ?


Oke gan, banyak kita dengar keunikan yang berada di bumi Indonesia ini, baik dari sisi social, budaya, dan kemasyarakatannya. Terlepas dari banyak sedikitnya sisi negative atau positif, baik yang sengaja di scenario ataupun tidak untuk semakin mengecilkan posisi Indonesia dimata dunia, kita patut bersyukur bahwa kita masih bisa bebas mengekspresikan segala sesuatu dalam rangka menghabiskan waktu selama hidup di Indonesia ini. Banyak beredar info yang sering membuat masyarakat Indonesia ini menjadi bingung dan menjadi salah tanggap adalah bahwa Batu Akik selalu identik dengan benda-benda mistis, bertuah, syirik, musyrik, Sihir, Gaib, dan sebagainya. Padahal tidak semudah itu seharusnya masyarakat kita menghakimi tentang sesuatu. Tengok dulu esensinya, baru boleh berpendapat tentang syirik, musyrik, dan sebagainya. Karena orang yang gemar bebatuan karena keindahan batu tersebut apakah juga masuk sebagai kategori manusia yang syirik terhadap Tuhannya? Ya tentu saja tidak demikian adanya.

Quote:Original Posted By bloodybastards


masih akik gan
di FJB malah ada lelang gan, murah2 lagi....
ane seneng, cuman kalo ane make batu akik ntar ane dikira dukun lagi.....


ente senengnya cuma buat pajangan aja ya? soalnya takut dikira dukun

hebat ya dukun, sudah dicap sebagai pemakai batu akik ini

dukun kan identik dengan hal2 ghaib, dan dimata kebanyakan orang, batu akik juga, maka dari itu orang2 menyebut kalo make batu akik dikira dukun.



Quote:Original Posted By Kaskuserboedy
rpnya make batu akik jga ada caranya
baru tau ane :










©Copyright Kaskuserboedy


ya gan, cara memakai cincin :

- Gunakan di tangan kiri jika dimaksudkan untuk kecantikan / keindahan, kesehatan, ketenangan hati dan pikiran,

kesegaran berpikir dan keceriaan.

- Gunakan di tangan kanan jika dimaksudkan selain yang dipakai di tangan kiri, seperti untuk pengasihan, kekuatan,

wibawa, kemantapan berpikir / bersikap, dsb.

Quote:Original Posted By srintilwedus
Ane dulu pernah dikasih AKIK ma kakek ane gan tp sekarang entah kemana karena jarang ane pakai

Kalau dilihat dari batu permatanya seh batu akik antik2 gan


sayang sekali gan..

sangan antik sekali gan, batu akik memiliki bermacam jenis sesuai dengan mineral pembentuknya. Tapi umumnya batu Akik ini memiliki kandungan terbesar berupa batu Cadas dan air. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan batu Mulia yang memiliki struktur penyusun mineral yang tetap dan memiliki ”inclusion” yang dapat memadukan cahaya masuk serta cahaya keluar sehingga menghasilkan keindahannya. Sedangkan keindahan batu Akik ini bisa dilihat dari beberapa sisi, umumnya dari bentuk gambar yang dihasilkan selama proses pemotongan sampai pemolesan berlangsung (seperti muncul gambar serupa masjid, serupa manusia, bahkan muncul lafadl Allah, dan berupa sorban). Selain kelebihan yang ditinjau dari bentuk gambarnya, Batu Akik memiliki keunikan tersendiri, seperti ada batu Akik yang bolong (disebut combong), dan abstrak warna yang lebih dari 1 (contoh akik panca warna). Dan banyak hal yang menjadikan batu akik memiliki kelebihan-kelebihan dari sisi fisikalnya.

Quote:Original Posted By Michellindo
ini Pasti batu asli dari Indonesia ya Gan..? bagus2 juga yah? ane ngak smuanya Tau tapi pernah denger sih.


ya gan, batu Akik adalah sebutan Batu cincin yang umum kita kenal, dan bukan masuk dalam kategori batu Mulia. Di masyarakat rumpun Melanesia (khusunya Indonesia dan Malaysia), batu Akik ini menyimpan misteri berbagai macam mitos terkait dengan keberadaannya sebagai batu alam, yang akhirnya bisa menjadi komoditi bisnis, baik bisnis supranatural maupun non supranatural.

Seperti layaknya sebuah produk, batu Akik juga melalui satu proses dimana bahan material mentah berubah menjadi satu produk yang disebut dengan Batu Akik. Proses pembuatannya adalah sama, hanya kadang ada sedikit metode pemolesan yang berbeda tergantung teknologi yang digunakan. Dari bongkahan material batu yang telah dipilih, umumnya dilakukan pemotongan terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah dilakukan pemotongan baru dilakukan pemolesan yang bisa dilakukan secara tradisional maupun dengan teknologi mesin, terakhir dilakukan finishing dengan menggunakan amplas dan bubuk intan. Konon katanya untuk pembuatan akik yang memiliki kekuatan mistis tertentu, setelah dilakukan pemotongan, proses pemolesan atau penghalusan menggunakan potongan bambu, dan dilakukan dengan berpuasa (biasanya puasa mutih). Tapi untuk jaman sekarang proses lelaku tersebut sudah jarang dilakukan, karena sudah banyak jasa supranatural yang mempermudah konsumen tak perlu melakukan proses yang cukup sulit dilakukan.

Quote:Original Posted By nateriver85
batu kalimayanya cantik gan


ya gan, Indonesia kaya akan sumber daya alamnya. Mulai dari tumbuhan, hewan hingga bebatuan. Indonesia juga negara penghasil batu permata yang indah. Batu permata kalimaya atau juga dikenal dengan sebutan opal dari Kabupaten Lebak hingga kini terbaik di dunia karena memiliki aneka warna yang bagus dibandingkan dari Australia atau Amerika Latin. “Selama ini permintaan batu kalimaya, baik domestik maupun mancanegara cukup tinggi,” kata Nong, seorang kolektor batu kalimaya di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak (7/1).
Nong mengatakan, selama ini batu permata kalimaya asal Kabupaten Lebak memiliki keunggulan dibandingkan dari negara lain di dunia. Kelebihan batu kalimaya Kabupaten Lebak, selain warna tidak menghilang juga sangat mempesona jika melihat aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning ungu, biru dengan warna pelangi.
Menurut dia, kalimaya memiliki jenis warna, di antaranya Kalimaya Putih, Kristal Hijau, Kristal Pelangi, Kristal Hijau, Teh dan Kopi, Pelangi, Kristal susu dan lain-lain. “Semua jenis warna kalimaya memiliki daya tarik tersendiri juga pancaran warna pelangi dapat berubah-ubah. Itulah kelebihan permata asal Lebak,” katanya.
Dia menyebutkan, penghasil batu kalimaya di Kabupaten Lebak tersebar di Kecamatan Maja, Sajira dan Cimarga karena daerah tersebut terdapat urat tambang kalimaya.
Sedangkan, untuk mendapat batu permata tersebut dengan melakukan eksploitasi secara tradisional, yakni menggali lubang ke bawah tanah hingga puluhan kilometer. “Jika terdapat batu kalimaya di bawah tanah maka terlihat pancaran sinar,” katanya.

Quote:Original Posted By crazydylus
lengkap banggeeeut bung!!!


trit yang sangat keren!!

[ngakak dikit waktu baca cara ngetes keaslian batu akik, masa digigit sekuat2nya? bisa rompang semua ni giigi? hehe]


makasi banyak gan atas apresiasinya

Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli.

semoga kita bisa hati2 kalau membeli batu ini

Quote:Original Posted By emasbagus
nais trid gan
ane juga penggemar akik


makasi banyak gan

banyak sekali penggemar batu akik ini gan..

di kaskus pun ada group nya gan



Quote:Original Posted By andhikasukma
walaahhhh masih sepi kah thread ente gan ane bantu pakai klon dech


thanks gan
Quote:Original Posted By crystallineglow
emank batu benran bisa beri energi positif ????


Sudah di jelaskan di thread ane gan, semua kegunaan atau khasiat dari batu permata (akik) di atas merupakan mitos dari masyarakat yang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Alloohu bish showab.
Quote:Original Posted By abbas92
ente senengnya cuma buat pajangan aja ya? soalnya takut dikira dukun

hebat ya dukun, sudah dicap sebagai pemakai batu akik ini

dukun kan identik dengan hal2 ghaib, dan dimata kebanyakan orang, batu akik juga, maka dari itu orang2 menyebut kalo make batu akik dikira dukun.


pajangan, yang katanya punya khasiat/fungsi dari setiap batu, pengin juga sih ane beli trus pake, masalahnya ane masih muda kek gini, ntar disangka apaan lagi...
pandangan masyarakat umumnya kan yang make batu2 ke gitu keliatannya gimana gitu
btw ane ijin bookmark enih trit ya gan, buat ntar dibaca2 lagi...______
Quote:Original Posted By bloodybastards


pajangan, yang katanya punya khasiat/fungsi dari setiap batu, pengin juga sih ane beli trus pake, masalahnya ane masih muda kek gini, ntar disangka apaan lagi...
pandangan masyarakat umumnya kan yang make batu2 ke gitu keliatannya gimana gitu
btw ane ijin bookmark enih trit ya gan, buat ntar dibaca2 lagi...______


kalo saran ane sih ga apa2 gan, yang penting kita ga macem2, biar orang berkata apa, yang penting kita baik2 aja..

iya, pandangan yang harus luruskan itu..

wah ampe di bookmark

oke gan, ditunggu tanggapannya lagi
Quote:Original Posted By abbas92
kalo saran ane sih ga apa2 gan, yang penting kita ga macem2, biar orang berkata apa, yang penting kita baik2 aja..

iya, pandangan yang harus luruskan itu..

wah ampe di bookmark

oke gan, ditunggu tanggapannya lagi


pakenya di dalem rumah aja kali yak..
padahal itu sunnah nabi lho, coba aja liat ulama2/kiayi iran/arab (maaf no sara)
iya gan ijin bookmark, siapa tau ntar ane kepengen beli akik, trus liat fungsi dll nya bisa di trit agan
pakde ane punya banyak tuhh gan
×