KASKUS

Kenali Sejarah Prasasti Batutulis

Quote:
JUARA #1 Thread Antik Competition 2012

Terima-Kasih kepada Keluarga Besar SG ANTIK, yang telah mengantarkan Thread ini menjadi HT pertama ane, Thanks buat Admin, Co-Admin dan Jajarannya dan Thanks juga buat para Kaskuser semuanya.
Spoiler for HT Petromak:


Spoiler for tidak repost gan, cekidot:

Quote:Quote:Prasasti Batutulis terletak di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Kompleks Prasasti Batutulis memiliki luas 17 x 15 meter. Prasasti Batutulis dianggap terletak di situs ibu kota Pajajaran dan masih in situ, yakni masih terletak di lokasi aslinya dan menjadi nama desa lokasi situs ini. Batu Prasasti dan benda-benda lain peninggalan Kerajaan Sunda terdapat dalam komplek ini. Pada batu ini berukir kalimat-kalimat dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno.
Quote:
Quote:Prasasti Batutulis memang merupakan bagian sejarah dari kota bogor. Terletak di kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kotamadya Bogor, dulunya lokasi ini ribuan tahun yang lalu berada ditempat yang hening, sepi dan berkabut. Bahkan bagi penduduk setempat dipercaya sebagai tempat sarang harimau yang kemudian menumbuhkan khayalan adanya hubungan antara kerajaan Pajajaran yang sirna dengan harimau. Scipio, seorang ekspedisi Belanda yang ditugaskan untuk membuka daerah pedalaman jakarta, melukiskan betapa hormat dan khidmatnya mereka (orang pribumi dalam rombongan ekspedisi), menghadapi situs Batutulis sampai mereka berani melarang Scipio yang merupakan pimpinannya menginjakkan kaki kedalamnya karena ia bukan orang Islam, jelas sekali mereka menganggap tempat itu "keramat", karena disitu, menurut mereka, terletak tahta atau singgasana raja Pajajaran. Dengan keyakinan seperti itu, bila pada saat mereka pertama kali menemukan tempat tersebut lalu melihat seekor atau beberapa ekor harimau keluar dari dalamnya, mereka tidak akan menganggapnya sebagai hewan biasa.
Quote:
Quote:Menurut catatan sejarah, prasasti itu dibangun tahun 1533 oleh Prabu Surawisesa, sebagai peringatan terhadap ayahandanya, Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran. Prabu Siliwangi memerintah pada 1482 - 1521. Raja sakti mandraguna itu dinobatkan dengan gelar Prabu Guru Dewata Prana, lalu bergelar Sri Baduga Maharaja Ratu Haji di Pakuan Pajajaran Sri Sang Ratu Dewata.
Quote:Di kompleks itu terdapat 15 peninggalan berbentuk terasit, batu yang terdapat di sepanjang Sungai Cisadane. Ada enam batu di dalam cungkup, satu di luar teras cungkup, dua di serambi dan enam di halaman. Satu batu bercap alas kaki, satu batu bercap lutut, dan satu batu besar lebar yang berisi tulisan Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Konon Prasasti Batutulis itu dibuat oleh Prabu Surawisesa sebagai bentuk penyesalanya karena ia tidak mampu mempertahankan keutuhan wilayah Pakuan Pajajaran yang dimanatkan padanya, akibat kalah perang dengan kerajaan Cirebon.
Quote:Perang Pakuan-Pajajaran berlangsung selama 5 tahun. Cirebon yang didukung kerajaan Demak berhasil mengalahkan kerajaan Pakuan setelah pasukan meriam Demak datang membantu tepat pada saat pasukan Cirebon mulai terdesak mundur. Laskar Galuh (Pakuan) tidak berdaya menghadapi "panah besi yang besar, menyemburkan kukus ireng, bersuara seperti guntur dan memuntahkan logam panas". Tombak dan anak panah mereka lumpuh karena meriam sehingga jatuhlah Galuh diikuti dua tahun kemudian dengan jatuhnya pula kerajaan Talaga, benteng terakhir kerajaan Galuh.
Quote:
Quote:Seperti namanya, Prasasti Batutulis Bogor ditulis pada sebuah batu Terasit, jenis batu yang terdapat di sepanjang aliran Sungai Cisadane, Bogor. Prasasti Batutulis Bogor ditulis dengan menggunakan huruf Sunda Kawi (Pallawa) dan memakai bahasa Sanskerta.
Quote:Quote:Quote:Wangna pun ini sakakala, prebu ratu purane pun,
Semoga selamat, ini tanda peringatan Prabu Ratu almarhum

diwastu diya wingaran prebu guru dewataprana
Dinobatkan dia dengan nama Prabu Guru Dewataprana,

di wastu diya wingaran sri baduga maharaja ratu haji di pakwan pajajaran seri sang ratu dewata
dinobatkan (lagi) dia dengan nama Sri Baduga Maharaja Ratu Aji di Pakuan Pajajaran Sri Sang Ratu Dewata.

pun ya nu nyusuk na pakwan
Dialah yang membuat parit (pertahanan) Pakuan.

diva anak rahyang dewa niskala sa(ng) sida mokta dimguna tiga i(n) cu rahyang niskala-niskala wastu ka(n) cana sa(ng) sida mokta ka nusalarang
Dia putera Rahiyang Dewa Niskala yang dipusarakan di Gunatiga, cucu Rahiyang Niskala Wastu Kancana yang dipusarakan ke Nusa Larang.

ya siya ni nyiyan sakakala gugunungan ngabalay nyiyan samida, nyiyan sa(ng)h yang talaga rena mahawijaya, ya siya, o o i saka, panca pandawa e(m) ban bumi
Dialah yang membuat tanda peringatan berupa gunung-gunungan, membuat undakan untuk hutan Samida, membuat Sahiyang Telaga Rena Mahawijaya (dibuat) dalam (tahun) Saka “Panca Pandawa Mengemban Bumi”.

Quote:
kebun raya bogor pintu 1 (saat ini)

Quote:Hutan Samida yang disebut di dalam Prasasti Batutulis Bogor diduga berada di tempat yang sekarang menjadi Kebun Raya Bogor. Sedangkan sangkala “Panca Pandawa Mengemban Bumi” berarti 5541, jika dibalik adalah 1455 Saka (1533 Masehi).
Quote:
Prasasti Batutulis Bogor berdiri setinggi 151 cm, dengan lebar dasar 145 cm dan ketebalan antara 12-14 cm.

Quote:Di depan batu Prasasti Batutulis yang besar, terdapat sebuah tengara Batu Tapak berukuran kecil dengan lekukan dua telapak kaki seukuran orang dewasa yang diduga milik Prabu Surawisesa, Raja ke-2 dari Kerajaan Pakuan Pajajaran yang memerintah saat Prasasti Batutulis Bogor dibuat, dan sebuah batu berukuran lebih kecil lagi dengan lekukan lutut di atasanya.
Quote:
Quote:Batu Tapak serta lekukan lutut dilihat dari jarak dekat.
Penelitian terhadap tulisan pada Prasasti Batutulis Bogor mulai dilakukan sejak tahun 1806 dengan pembuatan cetakan tangan untuk Universitas Leiden, Belanda. Sedangkan upaya pembacaan prasasti pertama dilakukan oleh Friederich pada tahun 1853.

Quote:
Quote:Di sebelah kiri Prasasti Batutulis Bogor, berdiri tegak sebuah lingga, batu lonjong yang melambangkan kesuburan pria, setinggi Prasasti Batutulis.
Quote:
Quote:Sebuah tengara batu yang terletak agak terpisah di dalam ruangan, yang diduga digunakan sebagai tempat bersandar.
Quote:
Quote:Dua buah batu mirip nisan yang tertancap di atas sebuah gundukan mirip kuburan, dan berada halaman sebelah kiri Prasasti Batutulis, adalah batu yang diduga sebagai tempat menambatkan tali kekang kuda.
Quote:
Quote:Bangunan yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan Prasasti Batutulis Bogor.

Quote:Sumber |1|2|3|

Quote:Quote: Prasasti itu apa si gan?
Quote:Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Penemuan prasasti pada sejumlah situs arkeologi, menandai akhir dari zaman prasejarah, yakni babak baru dalam sejarah kuno Indonesia yang masyarakatnya belum mengenal tulisan, menuju zaman sejarah, dimana masyarakatnya sudah mengenal tulisan.



Quote: Isi dari Prasasti itu apa aja si gan?
Quote:Isi prasasti bermacam-macam gan, ada berupa Pujian, Piagam, Maklumat, Surat Keputusan, Undang-undang dan ada jga berupa keputusan pengadilan tentang perkara perdata (disebut prasasti jayapatra atau jayasong), sebagai tanda kemenangan (jayacikna), tentang utang-piutang (suddhapatra), dan tentang kutukan atau sumpah.
Prasasti tentang kutukan atau sumpah hampir semuanya ditulis pada masa kerajaan Sriwijaya, serta adapula prasasti yang berisi tentang genealogi raja atau asal usul suatu tokoh.



Quote: Prasasti itu terbuat dari apa aja si gan?
Quote:Bermacam-macam gan, bahan yang digunakan untuk menuliskan prasasti biasanya berupa batu keras atau lempengan logam, daun, dan kertas. seperti andesit, batu kapur, pualam, terasit dan basalt. Dalam arkeologi, prasasti batu disebut upala prasasti. Prasasti logam yang umumnya terbuat dari tembaga dan perunggu, disebut tamra prasasti. Akan tetapi hanya sedikit sekali prasasti yang berbahan lembaran perak dan emas. Adapula yang disebut ripta prasasti, yakni prasasti yang ditulis di atas lontar atau daun tal. Beberapa ada pula prasasti yang terbuat tanah liat atau tablet yang diisi dengan mantra-mantra agama Buddha.



Quote: Memang kata "Prasasti" itu asalnya dari mana si gan?
Quote:Kata prasasti berasal dari bahasa Sanskerta, dengan arti sebenarnya adalah "pujian". Namun kemudian dianggap sebagai "piagam, maklumat, surat keputusan, undang-undang atau tulisan". Di kalangan arkeolog prasasti disebut inskripsi, sementara di kalangan orang awam disebut batu bertulis atau batu bersurat.



Quote: Periode terbanyak pengeluaran prasasti pada abad-abad ke berapa aja ya gan?
Quote:Periode terbanyak pengeluaran prasasti terjadi pada abad ke-8 hingga ke-14. Pada saat itu aksara yang banyak digunakan adalah Pallawa, Prenagari, Sanskerta, Jawa Kuno, Melayu Kuno, Sunda Kuno, dan Bali Kuno. Bahasa yang digunakan juga bervariasi dan umumnya adalah bahasa Sanskerta, Jawa Kuno, Sunda Kuno, dan Bali Kuno.



Quote: Ilmu yang mempelajari tentang prasasti apa si gan?
Quote:
Ilmu yang mempelajai tentang prasasti disebut Epigrafi.
Di antara berbagai sumber sejarah kuno Indonesia, seperti naskah dan berita asing, prasasti dianggap sumber terpenting karena mampu memberikan kronologis suatu peristiwa. Ada banyak hal yang membuat suatu prasasti sangat menguntungkan dunia penelitian masa lampau. Selain mengandung unsur penanggalan, prasasti juga mengungkap sejumlah nama dan alasan mengapa prasasti tersebut dikeluarkan.



Quote: Lingga itu apa si gan?
Quote:Lingga adalah sebuah arca atau patung, yang merupakan sebuah objek pemujaan atau sembahyang umat Hindu, Kata lingga ini biasanya singkatan daripada Siwalingga dan merupakan sebuah objek tegak, tinggi yang melambangkan falus (penis) atau kemaluan Batara Siwa, Objek ini merupakan lambang kesuburan.
dalam hal ini lingga yg terdapat di Prasasti Batutulis adalah batu lonjong yang berdiri tegak di sebelah Prasasti Batutulis, yang melambangkan kesuburan.



Quote: Kalo dijaman modern seperti ini gan, benda yang bisa dikatakan dengan istilah Prasasti, apa si gan ?
Quote:
Dalam pengertian modern di Indonesia, prasasti sering dikaitkan dengan tulisan di batu nisan atau di gedung, terutama pada saat peletakan batu pertama atau peresmian suatu proyek pembangunan. Dalam berita-berita media massa, misalnya, kita sering mendengar presiden, wakil presiden, menteri, atau kepala daerah meresmikan gedung A, gedung B, dan seterusnya dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. nah begitulah prasasti-prasasti dijaman modern seperti ini gan. Dengan demikian istilah prasasti tetap lestari hingga sekarang.



Quote: Selain Prasasti Batutulis ini, Prasasti apa lagi si gan yang ada di negara kita, Indonesia?
Quote:
  • Bahasa Sanskerta
    • Prasasti Yupa/Mulawarman, Kutai, ~400M
    • Prasasti Kebon Kopi, Ciampea, Bogor, ~400M
    • Prasasti Tugu, Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, abad ke-5
    • Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten, abad ke-5
    • Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor
    • Prasasti Muara Cianten atau Prasasti Pasir Muara, Ciampea, Bogor, ~536M
    • Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor, abad ke-5
    • Prasasti Pasir Awi atau Prasasti Ciampea, Citeureup, Bogor,
    • Prasasti Tukmas, Dakawu, Grabag, Magelang, Jawa Tengah, ~500M
    • Prasasti Canggal, Candi Gunung Wukir, Desa Kadiluwih, Salam, Magelang, Jawa Tengah, ~732M
    • Prasasti Tri Tepusan, Kedu, Temanggung, Jawa Tengah, ~842M
    • Prasasti Mula Malurung, Kediri, ~1255M


  • Bahasa Melayu
    Prasasti-prasasti berikut berbahasa Melayu, baik bahasa Melayu Kuno maupun Melayu Klasik (pertengahan)
    • Prasasti Sojomerto, Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Batang, Jawa Tengah, awal abad ke-7 (paling tua)
    • Prasasti Kedukan Bukit, Palembang, Sumatra Selatan, 16 Juni 682M
    • Prasasti Talang Tuwo, Palembang, Sumatra Selatan, 23 Maret 684M
    • Prasasti Kota Kapur, Kota Kapur, Bangka, ~686M
    • Prasasti Bukateja, Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, abad ke-6 atau abad ke-7
    • Prasasti Karang Brahi, Karangberahi, Jambi, abad ke-7
    • Prasasti Telaga Batu, Palembang, Sumatra Selatan, abad ke-7
    • Prasasti Palas Pasemah, Palas,Lampung, abad ke-7
    • Prasasti Raja Sankhara, Sragen, Jawa Tengah, abad ke-8 (kini hilang)
    • Prasasti Kayumwungan, Karangtengah, Temanggung, Jawa Tengah, ~824M (Dwibahasa, Melayu Kuno dan Jawa Kuno)
    • Prasasti Gandasuli I dan II, Candi Gondosuli, Desa Gondosuli, Kecamatan Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, ~832M
    • Prasasti Keping Tembaga Laguna, ~900M
    • Prasasti Hujung Langit, Hujung Langit, Lampung, ~997M
    • Prasasti Dewa Drabya, Dieng, Jawa Tengah
    • Prasasti Mañjuçrighra, Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, 2 November 792M
    • Prasasti Terengganu, Trengganu (Malaysia), (abad ke-14, yaitu 1303, 1326 atau 1386)
    • Prasasti Minyetujoh, Minye Tujuh, Aceh, ~1380M


  • Bahasa Jawa
    Prasasti-prasasti berikut berbahasa Jawa, baik Jawa Kuno (kawi) maupun baru.
    • Prasasti Plumpungan, Dukuh Plumpungan, Desa Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Salatiga, Jawa Tengah, 24 Juli 750M
    • Prasasti Sukabumi, Sukabumi, Pare, Kediri, Jawa Timur, 25 Maret 804M
    • Prasasti Kayumwungan, Karangtengah, Temanggung, Jawa Tengah (dwibahasa), ~824M
    • Prasasti Siwagrha (Prasasti kakimpoi tertua Jawa), ~856M
    • Prasasti Taji, ~901M
    • Prasasti Mantyasih, Desa Meteseh, Magelang Utara, Jawa Tengah, 11 April 907M
    • Prasasti Rukam, ~907M
    • Prasasti Wanua Tengah III, ~908M
    • Prasasti Wurudu Kidul, ~922M
    • Prasasti Mula Malurung, Kediri, ~1255M
    • Prasasti Sarwadharma, pemerintahan Kertanegara, ~1269M
    • Prasasti Sapi Kerep, Desa Sapi Kerep, Sukapura, Probolinggo, ~1275M
    • Prasasti Singhasari 1351, Singosari, Malang, Jawa Timur, ~1351M
    • Prasasti Ngadoman, Ngadoman (Salatiga), Jawa Tengah, ~1450M
    • Prasasti Pakubuwana X, Surakarta, Jawa Tengah, ~s1938M


  • Bahasa Bali
    • Prasasti Blanjong, Sanur, Bali, ~913M (Dwibahasa, Bali Kuno dan Sanskerta)
    • Prasasti Bebetin, Sawan, Buleleng, Bali, ~1049M (salinan dari asli yang berasal dari tahun 896M)
    • Prasasti Pandak Badung, Tabanan, Bali, ~1071M


  • Bahasa Sunda
    • Prasasti Astana Gede, Kawali, Ciamis, Jawa Barat ~1350M
    • Prasasti Kebantenan, Bekasi, Jawa Barat ~1521M
    • Prasasti Galuh, Galuh, Ciamis, Jawa Barat ~1470M
    • Prasasti Rumatak, Geger Hanjuang, desa Rawagirang, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat ~1111M
    • Prasasti Cikajang, Cikajang, Garut, Jawa Barat
    • Prasasti Hulu Dayeuh, Huludayeuh, desa Cikalahang, Cirebon, Jawa Barat
    • Prasasti Ulubelu, Lampung
    • Prasasti Cikapundung, prasasti yang diduga dari abad ke-14, Bandung, Jawa Barat


  • Bahasa Portugis
    • Padrão Sunda Kelapa, Pasar Ikan, Jakarta Utara, 21 Agustus 1522M


Quote:
wah kereen gan
bersejarah bgt tuh batunya

Quote:Quote:Original Posted By WooooooooW
sayang nya kita sebagai penerus bangsa kurang paham dengan benda2 sejarah ini yah gan ....
semoga aja nanti penerus bangsa kita bisa peduli akan semua ini. terutama benda sejarah yang ada di indonesia

benar gan, mungkin karna modernisasi jadi kurang bgitu antusias nya generasi muda saat ini akan benda bersejarah seperti ini.
ane melalui trit ini berusaha untuk mengajak agar bisa memahami dan menghargai benda-benda peninggalan sejarah, khusus nya dalam hal ini Prasasti, dan ada pesan moral penting yg dpt kita ambil dari sini, jadi jangan dijadikan alasan modernisasi untuk melupakan benda-benda sejarah.
ane yakin gan, penerus kita akan lebih peduli jika itu semua diawali dari generasi sekarang ini.


Quote:Quote:Original Posted By ddani91
wah, threadnya rapi bgt gan.
infonya tntg sejarah pula. kalo uda ISO aja ane timpuk cendol gan
ane rate aje ya gan.
ane jadi inget waktu SMA gan.
guru ane kan bilang "masa lalu tak perlu diingat lagi"
trs ane nyaut "berarti pelajaran sejarah ga penting ya pak?"
guru ane langsung gugup gan mukanya

iya makasih gan
hehhhe bsa aja ni agan
menurut ane, masa lalu dpt mmbentuk kita menjadi lebih baik, karna menyangkut peristiwa-peristiwa penting pada masa itu, dalam hal ini Prasasti Batutulis dpt kita ambil pesan moral yg dibawanya yaitu pengabdian, penghormatan, tanggung-jawab dan penyesalan.
pesan ini pun bisa kita gunakan sbagai bentuk acuan untuk kehidupan yg lebih baik di masa depan.


Quote:Quote:Original Posted By aleeverpool

inilah salah satu sejarah pasundan.
peninggalan moyang kita yg semoga terlestarikan selamanya.
misteri batu bertelapak yg ga masuk akal manusia modern, pertanda saktinya mitos2 raja jaman dahulu, wallahualam
ijin nyimak gan, rate done!


*batu2 kek begini masih aja di sajenin *

iya gan ini salah satu sejarah yg bernilai tinggi dari bogor,
mmang gan trkadang kita sbagai manusia modern pasti berpikir demikian, gk masuk logika, tapi itulah kenyataanya wallahualam
iya gan, soal sajen, itu cuma salah satu bagian dari budaya kita
makasih gan


Quote:Quote:Original Posted By 90000000009
wah asli Oke dan Mantab gan.
di sekitar daerah situ masih ada lagi yang sakral gan.
namanya Mbah Dalem. kalo orang kampung batakal situ nyebutnya MbaDal
ada lagi di Istana Batu Tulisnya. pokoknya daerah tiu memang TOP.
betewe TS wong Bogor ya.
kayaknya tau percis daerah itu
sampe peta juga di adain.

Nice Trit gan

wah ane bukan orang bogor gan.
cuman keberadaan ane gak jauh-jauh dari tempat situ
iya gan ane juga pernah denger yang namanya mbadal. semacam kuncen kuburan kan gan, tapi itu gk ada kaitannya sama batutulis ini, cuman memang masih bisa dikatakan dalam satu komplek
iya gan di daerah situ banyak banget tempat2 sakral. kayak di bawah Istana Batutulis deket kali cisadane ada juga sumur betuah yang konon ada sebuah pusarannya


Quote:Quote:Original Posted By ketoprax28
Wow keren gitu ya
Itu mirip tulisan Sunda Kuno deh
Di kota ane juga ada peninggalan (Cianjur), namanya Gunung Padang.
Itu gunung adalah situs megalit terbesar di Asia Tenggara. Ntu gunung mirip macam piramida gan

Coba ente search di "gugel" dengan keyword "gunung padang"
Indahnya saling sharing

mirip tulisan Sunda Kuno
memang gan, dan bukan mirip lagi memang ini bisa dikatakan ejaan sunda kuno pada jaman kerajaan sunda.

di kota ane juga ada peninggalan (Cianjur), namanya Gunung Padang
Gunung Padang? iya gan ane sering denger akhir-akhir ini
hampir mirip sama piramida yang ada di mesir cuman beda dari segi ukuran


Quote:Quote:Original Posted By Zamzamy
wah ada di daerah ane nih, The Rain City, kota sejuta angkot
kita akan lebih mencintai sesuatu apabila kita tau sejarahnya
mari kita lestarikan
nice trit nih :


kita akan lebih mencintai sesuatu apabila kita tau sejarahnya
adalah benar gan, ada juga kan pepatah berbicara "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya"


Quote:Quote:Original Posted By FaZa1708
Waah,nice share gan.....
Jadi Inget kutipan dari Bung Karno...
"JAS MERAH"...
"Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah".......
Trus lestarikan sejarah qta gan.....

iya gan, bangsa yg besar adalah bangsa yg selalu mengingat akan sejarahnya


Quote:Quote:Original Posted By enggaengga
nice thread..
di tempat ane juga ada batu bertulis kaya gitu gan
tulisan sansekerta gt, tapi ane nggak tau artinya


daerah mana itu gan,
iya Sanskerta (Sanskrit) mmang salah satu bahasa paling tua yang masih dikenali


Quote:Original Posted By ariffkel
Quote:Original Posted By D081192
Quote:Original Posted By ariffkel
Quote:Original Posted By D081192
panjang banget sejarahnya gan

menurut ente, sejauh mana pemerintah kita peduli akan Sejarah Prasasti Batutulis ini?

mengenal sebuah sejarah itu ngaak ada panjang atau sdikitnya gan.. tapi bagaimana histori itu bisa dimengerti
kalo menurut ane pemerintah sejauh ini sudah peduli dengan keberadaan prasasti ini. bahkan udah dari jaman soekarno beliau udah peduli. dengan bukti berdirinya Istana Batu Tulis pada komplek situ.


itu kan kalo ga salah udah lama ya gan?

kalo sekarang gimana? apa yang udah dilakukan pemerintah terhadap batu tulis ini?

seperti sebelumnya yang udah ane jawab kalo prasasti ini sudah diperhatikan dari jaman Soekarno dan itu bukan berarti jaman sekarang diabaikan.
dan tentu Pemerintah jaman sekarangpun peduli dengan prasasti ini terbukti dengan dibangunya bangunan untuk melindungi prasasti ini, bahkan pemerintah pun menjadikan nama Batutulis menjadi sebuah nama kelurahan, nama jalan dan nama SD dikawasan tersebut hingga sekarang, sebagai penghormatan terhadap prasasti ini
dengan kata lain pemerintah saat ini sangat peduli.


Quote:Quote:Original Posted By riri_maniezcute
semoga pemda setempat ikut melestarikan gan

kebanyakan di tempat lain pemerintah daerah acuh2 aja soalnya gan lari

kalo tentang prasasti ini Pemda udah peduli kok gan.
ya itu tadi yang ane sebutin diatas bahwa di komplek tersebut sudah berdiri Istana Batutulis yang mana tetap ada kaitannya dengan prasasti ini.
ya gan memang masih banyak prasasti yang yang belum terjamah oleh pemerintah. tapi itu bukan berarti kita sebagai rakyatnya acuh juga.


Quote:Quote:Original Posted By ogu
Sebtulnya byk prasasti lainny dbogor tp sayank byk yg rusak gan btw nice thread gan

nah ini yg membuat Unik nya dari Prasasti Batutulis ini, sebuah benda peninggalan sejarah yg terletak diarea pemukiman padat penduduk (Kota Bogor)
untuk prasasti yg lainnya mngkin kurang perhatian dari pemerintah, karena dilihat dari segi lokasi yg jauh dari Kota, dan tingkat kesadaran dari masyarakat setempat yg kurang peduli, bahkan ada cerita yg sampai "dicuri", hanya demi uang semata
tidak seperti Prasasti Batutulis yg tepat terletak di Kota, lebih tepatnya berada di Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.
dan diarea situ berdiri megah Istana Batutulis yg dibangun pada jaman Soekarno dan sampai skrang pun masih tetap terjaga gan

masih ada 5 Prasasti lagi di Bogor, dan 7 prasasti di Jawa Barat, yg sudah ditemukan

semoga bermanfaat buat agan


Quote:Quote:Original Posted By mephs
wooow
kapan kita bikin prasasti ya buat cicicicit kita besok?
hehe
tp bingung juga apa yang mau ditulis

boleh aja gan dibuat, cuma dgn bentuk dan cara yg berbeda, tapi yg terpenting untuk saat ini menjaga bagaimana prasasti-prasasti itu dapat di nikmati oleh cicit-cicit kita dimasa yg akan datang


Quote:Quote:Original Posted By bantex28
itu uda lama gan ditemukannya ?/
kok ane baru denger yah..
kapan kapan pas main ke bogor ane nyoba berkunjung deh gan

iya setuju, knapa tidak gan kalo ada ksempatan berkunjung ksana
Prasasti Batutulis di buat tahun 1533M, dan Prasasti ini sistem nya turun-menurun gan atau keturunan pertama hingga saat ini keturunan ke-9 yg dijadikan juru-kunci


Quote:Quote:Original Posted By fadjarfirdaus
iya gan..makna yang tertulis diatas batu itu sangat dalam,
menggambarkan sebuah penghormatan kepada leluhur yg
telah susah payah membangun negeri....lalu bagaimana kita
mengikuti "jejak mulia" itu????
btw batu dengan "foot print" itu bikin ane
dipahatkah..atau asli memang "diinjak" ckckckck
nice knowledge share gan..n keep posting..
ane sudah kasih excellent rate ya

foot print itu terjadi secara alami gan dan di duga itu milik Prabu Surawisesa
karna mungkin terlalu seringnya Prabu Surawisesa menginjakan kaki di tempat itu maka terbentuklah demikian.
untuk mengikuti jejak mulianya kita bisa dengan cara menghormati para tokoh2 pendiri bangsa ini, seperti halnya yang dilakukan oleh Prabu Surawisesa.


Quote:Quote:Original Posted By Fredricksen
ane sebagai orang banten nih gan , apakah ada prasasti di banten setau ane banten banyak peninggalannya

iya gan mngkin bnyak tapi sepengetahuan ane cuma Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul abad ke-5 diDesa Lebak Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten
dan di Jawa Barat, kurang lebih 8 Prasasti ditemukan


Quote:Quote:Quote:Original Posted By m4rcosoft
mudah2an tetap bisa dirawat ya gan..
karena mengandung muatan sejarah yang sangat berharga


Quote:Original Posted By mexgha
warisan budaya yang harus kita jaga gan


ya, harus mesti dijaga dan akan tetap terjaga gan
ini bener2 warisan yg tak ternilai harganya, prasasti2 mnandai akhir dari zaman prasejarah dan menuju zaman sejarah dmna msyarakatnya udah mengenal tulisan.
masukin forbud aje gan.
bahas disono
keren gan...
tekniknya gmn itu ya







Quote:
SILAHKAN KUNJUNGI TREET ANE
Khasiat dari Habbatussauda
kapan2 dah ane kunjungi ni prasasti

Quote:Quote:Original Posted By tommy.hutomo
kok ane jadi inget kasus yg kemaren, ya gan http://www.tempo.co.id/harian/profil...-saidagil.html ? ini yg digali buat nyari emas ya?

he iya gan, Sang 'Indiana Jones',
harta karun, konon berbentuk bongkahan emas peninggalan Prabu Siliwangi, nilainya lumayan besar, cukup untuk mmbayar hutang negara kita, menurut nya tu gan, toh udah digali nihil jga mungkin ilmunya belum komplit kali iya hehehe . . .
malah gara2 perlakuanya, Said Agil dituding melanggar Undang-Undang pelestarian cagar budaya oleh tokoh budaya Sunda
tapi kalo ane si gk sepenuhnya jga menyalahkan Said Agil


Quote:Quote:Original Posted By antonius joje
gan ane melihat dari bentuk prasasti itu kok bentuknya nggak simetris ya?. apa memang dari awal pembuatannya memang sengaja seperti itu? apa memang punya filosofi bentuk?. karna sebuah benda bisa di katakan UNIK jika punya makna yang unik juga

iya tidak simetris gan, memang seperti nya bentuk Prasasti itu sudah direncanakan dan memiliki arti, Prasasti itu berbentuk segitiga atau kerucut pada bagian atas nya, lebih tepatnya relief mirip ke bentuk pura, stupa atau candi-candi. memang pada jaman itu sangat begitu kuat nya budaya Hindu-Buddha.
Filosofi dari bentuk Prasasti tersebut adalah melambangkan nya sosok seorang Prabu Siliwangi, raja pertama dari Kerajaan Pakuan Pajajaran. Konon Prasasti Batutulis itu dibuat Prabu Surawisesa (sang anak) sebagai bentuk penyesalanya karena ia tidak mampu mempertahankan keutuhan wilayah Pakuan Pajajaran yang dimanatkan padanya, akibat kalah perang.
jadi begitu gan makna UNIK dari Prasasti Batutulis ini, akan tetapi makna yg lebih penting terkandung pada tulisan atau pesan nya serta pelajaran yang bisa kita petik dari prasasti ini adalah pengabdian, penghormatan, tanggung-jawab. seperi hal yang sudah dilakukan oleh Prabu Surawisesa.
sekian makasih gan


Quote:Original Posted By fadiel69
nice trit gan
emang perlu sih kt mempelajari sejarah bangsa indonesia
semoga aj dgn mempelajari sejarah, kita bs mengambil manfaat dr kejayaan masa lalu nenek moyang kita dan juga memanfaatkan kearifan lokal yg sudah dimiliki bangsa ini sejak dulu


Quote:Original Posted By MuhajirAlan
ini kan yang dulu pernah digali ma mantan menteri agama kan gan? katanya dia dapet "bisikan gaib" kalo di sekitar batutulis ada banyak harta karun yg cukup buat bayar utang negara,tapi setelah digali trnyata ga ada apa2.. ane pernah nanya langsung ma juru kuncinya di situ,katanya sama sekali gak ditemukan harta karun,tp ada kejadian aneh waktu malem itu,katanya angin ada ribut di sekitar lokasi n kebun raya bogor... ckckck..

seorang menteri agama aja dah percaya ma hal2 mistik yg gak masuk akal,apalagi orang awam


Quote:Original Posted By junaedi1985
wah jadi HOT Trit.. selamet ya gannn


Quote:Original Posted By LawlietFun
ini thread yg bermanfaat buat generasi muda skrang yg pasti hanya sedikit yg tahu ttg prasasti di nusantara ini



Quote:Original Posted By lonely1999
waduh jadi terkenang dengan rumah nenek ane gan.
rumah nenek ane dulu disekitaran pasar batutulis gan. sayang sekarang rumahnya sudah dijual.
betul banget dulu waktu ane kecil didaerah ini dingin banget bahkan sering turun kabut. dan suasanya hening, paling yang berisik suara bemo saja pada saat siang hari.
sedangkan sekarang di bogor macet dan semrawut dengan angkotnya


Quote:Original Posted By iamrinto
sepertinya ane gag perlu banyak bertanya lagi deh...
lengkap banget penjabaran dari ts tentang prastasti ini

musti di jaga dan dilestarikan nih...

btw, ane udah pernah loh... ke kebuh raya bogor


Quote:Original Posted By adit3d.viz
Terima kasih banyak tdhp TS udah mengangkat satu dari sejarah terpenting di kota kelahiran ane,Bogor.

Ya,ane memang orang bogor asli (piss gan! ;P),prasasti atau peninggalan sejarah2 terutama di kota bogor sudah mulai terlindas oleh era modern,kebanyakan orang2 tua tidak menurunkan cerita akan nilai2 sejarah bogor terhadap anak2nya, dan anak2nya pun menurunkan hal yg sama thdp anaknya kelak,akhirnya ya sejarah seperti terlupakan, ada tapi seperti tidak ada.

Salah satunya di sekitar Prasasti Batutulis pun terletak mata air 7 pancuran (mata air yg berjumlah 7),ini pun oleh sebagian besar orang bogor (yg setidaknya mengetahui sejarah bogor) dianggap tempat keramat, apalagi yg Makam Mbah Dalem yg berada disebelah Prasasti Batutulis, makam Mbah dalem ini berukuran panjang yang setidaknya lebih dari 2x tinggi manusia normal.

Banyak peninggalan sejarah dibogor yg menarik untuk ditelusuri,dari yg sarat akan aura mistis sampai yang mengundang keanehan.

Silahkan berkunjung ke Kota Bogor,segala hidangan kuliner murmer ada disini (dari ayam geprek sampe sop buntut, sepanjang jalan pajajaran),suasana alam masih sejuk (Curug Nangka,Curug Luhur,Curug Cilember, curug=air terjun), cewe-nya bening2 (kata orng lhooo) dan jangan lupa bawa payung dan lebih enak pake motor (bogor kota angkot soalnya,muacettt brayy'...jadi promo ga dibayar neh ;p

many thanks for TS


Quote:Original Posted By isulistiawan
ini peninggalan leluhur ane gan, peninggalan raja ane, bangga ane jadi orang sunda asli, punya leluhur seperti Prabu Siliwangi.....


Quote:Original Posted By chuzzer022
mantap tritnya gan
doakan 1000 % HT trit agan


Quote:Original Posted By azisjunior
inikah yang juara gan ?
dan HT
wow kk wow, keren gan


Quote:Original Posted By yoppy1825
2wah prasasti batutulis yang di sebelah SD ane nih SDN batutulis 2 gan, waktu dulu sering main ke sono gan hehe



Quote:Original Posted By getihmacan
indonesia memang syarat akan peninggalan sejarah.semoga kita ga lupa dan terus melestarikan peninggalan peninggalan tersebut


Quote:Original Posted By fufu27
wah ternyata komplit juga gan sejarah yg agan tulis, bener2 bantuin ane nih buat mengetahui sejarah kali ini ..


Quote:Original Posted By BlazzBluzz
Wahh deket sama sekolah ane, dan kebetulan ane pernah kesana
Pas sekali waktu ane kesana ada sekelompok orang lagi mengadakan semacam upacara di deket prasasti itu, ane kurang tahu upacara apa, tapi kaya doa-doa gitu deh nabur kembang.


Quote:Quote:Original Posted By Badvriel
sayang kurang diminati anak sekarang gan

justru itu gan, tujuan ane bikin ni trit, untuk mengingatkan kembali akan sejarah2 penting Nusantara


Quote:Original Posted By Freyaa
Wah keren banget nih threadnya, ane sebagai orang Bogor turut bangga dengan situs sejarah Prasasti Batutulis


Quote:Quote:Original Posted By frdyDA
kalau tidak agan ingatkan,
hampir saja sejarah ini aku lupakan

ya, semoga bermanfaat ya gan


Quote:Original Posted By baioe
wah Indonesia emang banyak peninggalan prasasti batutulis gan,tapi sayang banyak juga yang hilang ditangan orang tidak bertanggung jawab gan


Quote:Original Posted By hadi.purwa81
JADI MEMBUKA PENGETAHUAN ANE GAN DI BIDANG INI


Quote:Original Posted By ChumBuckets
Bicara tentang sejarah selalu dekat hubungannya dengan Prasasti Membuka wawasan banget nih thread


Quote:Original Posted By Mr.gadget
Ane paling suka cerita2 sejarah gan, kadang ngebayangin situasi kehidupan/peradaban, alam dari taun2 yang disebut di cerita sejarah.

Nice info gan


Quote:Original Posted By utnubu06
ini baru namanya nice thread gan...



Quote:Original Posted By S4nit
mantap dah dengan ini kita lebih mengenal latar belakang kebudayaan kita


Quote:Quote:Original Posted By alietha
Sayang banget, batu prasasti dan sejenisnya jadi kurang menarik bagi bangsa kita gan
tempat wisata bersejarah seperti ini makin sepi

maka dari itu tujuan ane mmbuat trit ini gan,
agar menarik kembali


Quote:Original Posted By ucenkkatyperry
sudah jatuh tertimpa tangga neh thread gan
udah menang event ANTIK eh dapat HT juga. congrat's gan


Quote:Original Posted By gravebuster
mantap gan tritnya..memang itu adalah peninggalan sejarah yang harus dilestarikan..jadi harus terus dijaga dan dilestarikan...nice share deh


Quote:Original Posted By YeoboKu
Lanjutkan gaaaaaaan posting thread2 berkualitas kaya gini


Quote:Original Posted By uneq2
lengkap banget
ada glossary pada trit ini


Quote:Original Posted By loodhy
gan, yang ane masih bingung dulu gmn si cara nulisnya di batu gitu? di pahat atau gmn? trus, sama gmn cranya bkin cap kaki di batu? apa batu itu dulunya sedimen lumpur yang ada di aliran sungai gara2 di injek jadi ada jejak kakinya? soalnya kalo ga salah kan prasastinya di pinggir sungai.


Quote:Original Posted By AngellinaJolie
trit yg sangat edukatif nih
disaat era globalisasi makin pesat
perlahan sejarah makin pudar


Quote:Original Posted By MUSDALIFAH
Bangga ane gan ngeliat itu berarti kita bkan dri daerah yang latar belakangnya terpuruk... negara ini termasuk daerah yang mempunyai tahta tinggi...


Quote:Original Posted By halocheap
mantap gan, peninggalan sejarah seperti inilah yang perlu diketahui oleh anak2 muda jaman sekarang, agar tumbuhnya rasa cinta kita terhadap bangsa ini,,,


Quote:Original Posted By uneq2
lengkap banget
ada glossary pada trit ini


Quote:Original Posted By AdrianL4D
nggak ada yang mau ditanyain lagi gan...
udah lengkap gitu..

Quote:Original Posted By Senavas
kapan2 dah ane kunjungi ni prasasti


iya dong gan
kita visit dulu sejarah Indonesia
alternatif jaman dulu gan,. karena ga ada printer jadi di tulis di batu,..
Quote:Original Posted By Wahyuwidi
alternatif jaman dulu gan,. karena ga ada printer jadi di tulis di batu,..


bisa jadi gan
cuman yang pasti semua itu ada maknanya
klo tulisan sih masih bisa di nalar gan,
lha tp klo jejak kaki tuh gmn bikinnya ya gan?
Quote:Original Posted By bau.bau
klo tulisan sih masih bisa di nalar gan,
lha tp klo jejak kaki tuh gmn bikinnya ya gan?


itu mungkin terbentuk secara alami karna seringnya buat napak kaki
dan juga memang orang2 jaman dulu punya keistimewaan lebih
wah, nambah wawasan ane gan, nice infonya. Thanks
Quote:Original Posted By PanduNd0y
ni prasasti yg ditemuin di kali citarum itu yah??

maaf gan bkn, kalo yg agan maksud mngkin Prasasti Huluwotan Citarum



Quote:Original Posted By Donald.Lazard
wah, nambah wawasan ane gan, nice infonya. Thanks

iya sama-sama gan, makasih udah mampir
Quote:Original Posted By aryayraa
jauh dari cariu yak gan hehe
nice inpo ni


kalo dari situ lumayan juga gan
cuman ya masih bisa di akses dengn mudah
agan dari daerah situ ya
jgn sampe ilang dah gan







to Punish and Enslave
Quote:Original Posted By berex01
jgn sampe ilang dah gan







—to Punish and Enslave


betol gan
karna bangsa yang besar, adalah bangsa yang mengingat sejarahnya
bantu ya gan
semoga bermanfaat artikel ini
d daerah ane banyak thu gan

ni ane kasih satu aja ya
Spoiler for a:
×