KASKUS

***~Iguana Lovers~***

Quote:



Read First
Quote:
ada baiknya kita rapatkan barisan dulu :

1. Penghuni baru / iggy lover baru hendaknya memperkenalkan diri dan posting gambar iggynya terlebih dahulu

2. Juragan kaskus yg blm dan berniat mencari iggy dipersilakan dengan sangat masuk, nantinya akan dibantu oleh semua penghuni iggy disini

3. Tidak diperkenankan memancing suasana jadi panas/nge-flame, yang memancing dan yang terpancing akan diberikan sanksi (lapor mod/enthutsiast/tembak bata)

4. Dilarang keras memposting segala sesuatu yang berbau pornografi, sara, rasis dan hal semacamnya

5. Apabila memposting gambar pet iggy-nya sekiranya di resize sesuai batasan normal, biar gak bwk, mega pixel not allowed, harus spoiler

6. Junkers not allowed (resiko tanggung sendiri)

7. Post pakai font normal saja dan dilarang cuma post emote

8. Cara posting yang baik dan benar bisa diliat di :




intermezo aja kok... monggo dipliara iggy sampai besar dan beranak cucu.. selamat sharing

Quote:
trit sebelumnya...
***Suka Iggy? masuk Sini..!*** - Part 1 Courtesy of sogodamncute
NEW ***Suka Iggy? masuk Sini..!*** PART II - Part 1 Courtesy of Hengmien
NEW ***Suka Iggy? masuk Sini..!*** PART II - Part 2 Courtesy of Hengmien
Iguana
Quote:
Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Sauropsida
Ordo: Squamata
Upaordo: Iguania
Famili: Iguanidae
Genus: Iguana

Negara Asal
Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America, kebanyakan locality dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico.

Iggy berasal dari daerah tropis dan membutuhkan tingkat kelembaban yang agak tinggi untuk kesehatan yang layak. Kurangnya kelembaban dapat menyebabkan masalah ginjal dan hati di kemudian hari. Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C.

Meskipun tidak terlalu besar dibanding komodo dan biawak, iguana memiliki kekuatan yang sangat besar serta memiliki cakar tajam. Cakar ini terutama digunakan untuk mendaki karena iguana aslinya banyak tinggal dilingkungan berbatuan dan berbukit sehingga pantas disebut sebagai binatang arboreal (pemanjat).
Seperti reptil lainnya iggy akan mengalami proses ganti kulit (shedding) secara teratur.

Anatomi Badan

Spoiler for badan:


Anatomi kepala

Spoiler for kepala:

Pertumbuhan iguana
Quote:
Menjadi seorang iggy lover memerlukan tanggung jawab yang signifikan .Sebelum membeli iggy alangkah baiknya mengetahui dasar pemeliharan, kandang, diet, perawatan kesehatan preventif, dan persyaratan khusus lainnya yang dibutuhkan. Juragan harus akrab dan menjadi seorang kawan bagi sang iggy
Iguana yang dirawat dengan benar akan tumbuh dari mulai ukuran baby , juvenile (remaja) hingga adult lebih kurang 2-3tahun bahkan sampe 18 tahun lebih .

Spoiler for pertumbuhan iggy selama lebih kurang 12 tahun:


tabel pertumbuhan iggy kaya gini pnampakannya

Spoiler for svl-stl:

SVL = snout-vent length ( panjang badan dari ujung kepala sampe batas awal ekor)
STL = snout-tail length ( panjang badan + ekor )
Ekor Iguana biasanya 2,5-3 kali SVL-nya.


Quote:Original Posted By porotcimaru
sbg pelengkap aja gan...sp tau msh pd bingung itungan inci.


pertumbuhan iguana (secara normal)
kalo dirawat dg baik pasti akan lebih dr standart ini.


Saat menetas

SVL (Panjang badan) : 6.35cm - 8.89cm

STL (Panjang badan+ekor) : 15.24cm - 22.86cm

Beratnya sampai 90gram


1 Tahun

SVL (Panjang badan) : 20.32cm - 22.86cm

STL (Panjang badan+ekor) : 50.8cm - 68.58cm

Beratnya 0.45kg - 0.68kg


2 Tahun

SVL (Panjang badan) : 27.94cm - 30.48cm

STL (Panjang badan+ekor) : 71.12cm - 91.44cm

Beratnya 0.91kg - 1.81kg


3 Tahun tua

SVL (Panjang badan) : 30.48cm - 35.56cm

STL (Panjang badan+ekor) : 76.2cm - 106.68cm

Beratnya 1.81kg - 2.72kg


4 Tahun

SVL (Panjang badan) : 35.56cm - 40,64

STL (Panjang badan+ekor) : 88.9cm - 121.92cm

Beratnya 2.27kg - 3.63kg


5 Tahun

SVL (Panjang badan) : 45.72cm - 50.8cm

STL (Panjang badan+ekor) : 114.3cm - 152.4cm

Beratnya 4.54kg - 6.80kg


6 Tahun

SVL (Panjang badan) : 50.8cm - 55.88cm

STL (Panjang badan+ekor) : 127cm - 167,64

Beratnya 6.35kg - 8.16kg


7 Tahun keatas

SVL (Panjang badan) : 50.8cm - 60.96cm

STL (Panjang badan+ekor) : 127cm - 182.88cm

Beratnya 6.80kg - 9.07kg


sumber : http://www.greeniguana.co.za/Size.html
Sexing Iguana
Quote:
Tidak gampang membedakan kelamin iggy , sampe ukuran 70-80cm (usia satu tahun ) baru karakteristik seksual jantan mulai lebih menonjol.

Jantan mulai mengembangkan bantalan lemak di bagian belakang kepala (fat pocket) , jowl lebih besar dan dewlap lebih melebar, umumnya kepala jantan lebih besar daripada betina yang lebih melonjong. Jowl kecil dan subtympatic kecil bukan seutuhnya jaminan kl sexs nya betina ya

Jantan
Spoiler for kepala:

Spoiler for femoral:


Betina
Spoiler for kepala:

Spoiler for femoral:

Diet makanan iguana
Quote:
Iguana ditakdirkan sebagai pemakan herbivora ketat dan memerlukan diet khusus agar tetap sehat dan bugarrrr
Berikut tabel makanan yg bisa dikonsumsi sebagai diet iggy kita
Spoiler for tabel:


yang paling diingat kalo walopun iggy itu herbivor, gak smua sayur bagus buat iggy
jauhi pemberian bayem, kol, parsley


sumber : http://www.greenigsociety.org/foodchart.htm
Pentingnya UVB

Quote:
Walau iggy kadal yang besar dan tampak kuat, mereka bisa sangat rentan terhadap cedera dan penyakit, terutama jika tidak diberi perawatan yang tepat, terutama sinar UVB dan UVA
Seperti reptil, iguana berdarah dingin dan tidak bisa mengatur suhu internal tubuh mereka.

Pencahayaan dan Pemanas
Reptil adalah hewan berdarah dingin yang artinya mereka tergantung pada suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Inilah alasannya kenapa reptil di alam bebas akan menghabiskan waktunya berjemur berjam-jam dibawah sinar matahari. Kehangatan penting bagi kesehatan mereka. Matahari tidak hanya sebagai sumber panas bagi reptil tetapi juga sebagai sumber sinar berspektrum penuh dari infra merah ke ultraviolet yang bermanfaat bagi reptil.

Spektrum penuh matahari
Spektrum matahari terdiri dari sinar terlihat dan tidak terlihat. Sinar putih adalah sinar yang terlihat yang kita terima waktu semua spektrum sinar bercampur menjadi satu. Kita dapat membedakan setiap warna spektrum secara terpisah pada saat kita melihat pelangi. Sinar yang terlihat adalah antara dari sinar merah ke violet ungu. Pada saat kita melampaui sinar ini kita menghadapi sinar yang tidak terlihat – panas matahari dan ultraviolet. Kita dapat membedakan 3 grup sinar ultraviolet: UV-C, UV-B dan UV-A

UV-C: Sinar UV tipe C adalah sinar ultraviolet yg plg berbahaya krn mereka mengandung bnyk energi dan pjg gelombangnya sangat pendek (dari 180 sampai 290 nm): mereka dapat menembus ke tissue cukup dalam. Terkena UV-C memiliki konsekwensi yang serius pada kesehatan hewan: kerusakan pada retina (kebutaan) yang tidak dapat diperbaiki, kanker kulit, dsb. Di alam, sinar UV-C disaring oleh lapisan ozon.

UV-B: Mereka berada diantara 290 dan 320 nm. UV-B adalah sinar yang bertanggung jawab atas melepuhnya pada kulit manusia waktu terkena sinar terjadi. Untuk reptil sangat penting, karena membutuhkan sinar ini untuk sintesa. Banyak penelitian telah membuktikan pemberian tambahan vitamin D3 tidak diperlukan dalam makanan jika pemberian sinar UV-B diberikan setiap hari. Kami mengingatkan bahwa vitamin D3 penting untuk memperbaiki kalsium pada tulang maka dari itu mereka penting untuk pembentukan tulang. Lapisan gelas tidak boleh dipasang antara daerah berjemur dan sinar berspektrum penuh karena gelas menyaring sinar UV-B.

UV-A: Mereka berada di gelombang yang tidak terlihat oleh mata dari 320 sampai 400 nm. Meskipun mereka mengandung sedikit energi daripada sinar UV-B dan UV-C, sinar UV-A juga menyebabkan sunburn/melepuh pada manusia jika terkena cukup lama. Bagi reptil sinar UV-A terlihat bagi mereka. Banyak reptil menggunakan sinar UV-A untuk mengenali makanan atau mengenali pasangan yang cocok. Maka dari itu, berjemur dibawah sinar UV-A sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Sumber panas
Maksudnya disini adalah bukan mengganti pemanas yang ada didalam air tetapi menyediakan panas di daerah berjemurnya dan menghangatkan lingkungannya. Mayoritas lampu pijar (inkandesen) atau lampu halogen menghasilkan panas. Kami melihat ada lampu spot infra merah di toko-toko tetapi saya pribadi tidak menganjurkan mereka untuk reptil: Mereka tidak memberi manfaat tambahan sebagai lampu spot dan warnanya tidak alami. Lebih baik menggunakan lampu spot biasa atau yang lebih bagus lagi lampu spot yang dirancang khusus untuk reptil (lampu neodymium).
Lampu fluoresen berspektrum penuh dan lampu komplemen UVA/UVB

Di toko anda mungkin menjual bermacam-macam lampu berspektrum penuh yang khusus dirancang untuk reptil. Kebanyakan pemelihara reptil menganjurkan produk seperti reptisun, reptistar, namiba yang menghasilkan sinar UVB 5 % dan UVA 30 % selain menghasilkan sinar berspektrum penuh. Pergantian lampu dianjurkan setiap tahun sekali karena UVB dan UVA yang dihasilkan berkurang. Membuat daerah yang kering juga diperlukan supaya reptil anda berjemur. Perlu diingat bahwa lampu fluoresen tidak menghasilkan panas. Supaya reptil anda berjemur, anda perlu menyediakan lampu spot untuk menghangatkan daerah jemurnya. Karena suhu hangatlah yang membuat reptil untuk berjemur.

Lampu self-ballast mercury vapor
Lampu sering dilewatkan karena harganya yang mahal, tetapi mereka merupakan pilihan yang terbaik untuk aqua-terarium yang besar. Tidak saja lampu ini bisa menjadi sumber panas, mereka juga memberikan UVB dan UVA yang bermanfaat. Daya tahannyapun lebih lama dibanding sumber lampu lainnya. Mereka benar-benar dirancang untuk aquarium yang lebih besar karena mereka hanya tersedia pada watt 100 W dan 160 W. Hati-hati dalam pemasangannya karena lampu sangat powerful dan menyediakan panas dan sinar UVA dan sinar UVB yang cukup banyak, mereka bisa berbahaya jika tidak dipakai dengan benar.Lampu hitamLampu ini memancarkan sinar ungu gelap dan mungkin anda telah melihat lampu ini sering dipakai untuk tanaman.

Masa pencahayaan
Maksudnya adalah hanya mengatur lamanya lampu menyala atau mati. Jika anda mau membuat reptil anda berhibernasi anda harus memiripkan ke musim alaminya. Contohnya: menyediakan pencahayaan lebih banyak di musim panas karena di musim inilah sinar matahari bersinar lebih lama. Anda dapat menggunakan timer untuk menyalakan atau mematikan lampu lainnya dan membuat kondisi lampu yang alami. Contohnya menyalakan lampu berspektrum penuh selama 8-10 jam dan di timer lainnya menyalakan lampu spot selama 6 jam untuk menyamakan jam-jam terhangat dalam sehari.

Spoiler for bbrp_lampu_uvb:

Penjinakan

Quote:
mensosialisasikan iguana sebagai kawan kita sebagai manusia merupakan proyek jangka panjang, membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan seringkali darah..hehehe
Semua iggy lover pasti pernah menanggung 'bekas pertempuran' dari cakar , gigitan, sabetan dari sang iggy.

Taming adalah suatu keharusan dalam proses penjinakan (kalau mau jinak) sampai adult
Mulailah dengan sesi pendek - memegang dan berbicara dengan iggy selama 20-30 menit setiap harinya . Coba menawarkan iggy makanan favorit, iggy mungkin akan tidak mau mengambilnya dari tangan pada awalnya, tapi secara bertahap akan mau hand feed dari tangan juragan
Jadilah lembut tapi tegas dengan iggy kita. Jika iggy mulai meronta ,menganga,mencambuk , menggigit , JANGAN menempatkan iggy turun atau kembali ke kandang karena bagi iggy ini kemenangan bagi mereka! Sebaliknya, harus berani dan tegas (bukan meremas dan dibanting / dilempar lho ya) sampai si iggy menyerah dan takluk di tangan juragan ..

Tips menjinakkan iggy
Pertama-tama yang anda harus ingat sebelum memulai menjinakan seekor iguana adalah, “jangan buru-buru!” Seperti halnya mendekati seseorang yang anda taksir (sukai), menjinakan hati iguana membutuhkan waktu dan tahapan-tahapan tertentu. Tapi justru tahapan-tahapan inilah yang akan membuat anda makin sayang dengan si dia!

1. Belilah Iguana Muda/Baby: Iguana lebih mudah dijinakan ketika ia masih berumur sangat muda, walau menjinakan iguana dewasa bukanlah tidak mungkin tapi sangat dianjurkan untuk memeliharanya sejak kecil. Karena seperti binatang peliharaan yang lainnya, “bond” atau ikatan antara binatang peliharaan dengan majikannya akan terjalin lebih kuat jika ia tumbuh bersama.

2. Siapkan Tempat yang Nyaman bagi si dia: Tidak ada yang bisa merasa senang ketika tempat tinggalnya terasa asing dan tidak nyaman. Seperti halnya manusia, binatangpun dapat menjadi stress. Jika stress sudah terjadi, akan sangat sulit bagi anda untuk berinteraksi dengan iguana anda apalagi menjinakannya. Siapkan kandang terrarium yang sesuai dengan habitat iguana, ukurlah suhu kandang sesuai dengan kebutuhan, beri lampu atau piringan panas bila perlu. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan petshop anda untuk sekaligus menyipakan terrarium ketika anda membeli iguana tersebut.

3. Jangan terintimidasi dengan si dia: Anda masih harus berhati-hati karena secara alami iguana terbentuk dengan alat-alat pertahanan diri berupa ekor yang kuat, cakar dan gigi yang tajam, tapi bayi iguana bukanlah ancaman. Iguana yang belum dijinakan akan menunjukan sikap “galak”, tapi jangan merasa terintimidasi olehnya. Gelagat galak iguana tidak lain hanya merupakan reaksi ketakutan. Biarkan iguana anda untuk beberapa waktu hingga ia merasa tenang. Walaupun setelah ia merasa nyaman dengan lingkungannya bukan berarti dia langsung jinak loh. Tidak jarang iguana akan lebih agresif ketika dia telah merasa nyaman didaerah barunya.

4. Perkenalan dua sahabat: Nah, ketika si iguana sudah terlihat tenang dan terbiasa dengan tempat barunya, inilah saat tepat untuk perkenalan dua sahabat. Persahabatan tidak dapat terjalin jika salah satu pihak merasa terintimidasi. Hal yang utama yang anda harus ingat dalam menjinakkan iguana adalah hindari sikap atauh tingkah laku yang dapat mengintimidasi iguana anda. Tunjukan bahwa anda bukanlah ancaman baginya. Biasakan dia dengan kehadiran anda sesering mungkin. Ketika dia telah mengenali bahwa kehadiran anda bukanlah ancaman ia akan terlihat tenang dan “cuek” ketika anda lewat atau nongkrong dipinggir kandang.

5. Kenali Sifat dan Gerak-gerik si dia: Iguana akan menampakan gerakan khas ketika dia merasa terancam, kepalanya yang tegak dengan mata melihat kearah anda atau dengan menggerakan ekornya. Semakin anda mengenali sifat dan gerak-geriknya, akan semakin memudahkan proses penjinakan. Bersabarlah pada sicantik, berilah dia makan dan bersihkan kandangnya dengan sikap “cuek”, tunjukan padanya kalau anda bukanlah musuhnya dan anda adalah sumber makanan baginya. Biarkan iguana hingga dia terlihat tidak lagi
terganggu dengan kehadiran tangan anda yang keluar masuk kandang.

6. Bicaralah padanya: Ketika anda melakukan kegiatan sehari-hari dengan iguana anda seperti memberinya makan dan membersihkan kandang, sebaiknya anda berbicara pada si dia. Semakin iguana anda mengenali suara anda, semakin dia akan merasa nyaman ketika anda mulai berinteraksi intensif dengannya.

7. Berikan dia Signal: Setelah menjalani tahap perkenalan dan pengertian yang begitu panjang, anda akan secara bertahap mendapatkan kepercayaan dari si dia, ketika waktunya tiba, inilah saatnya beraksi! Eeeehh, tapi jangan grasak-grusuk! “Alon alon ya mas” kalau orang jawa bilang. Pertama-tama, sandarkan tangan anda pada sisi kandang untuk beberapa waktu. Sikap ini akan menjadi sebuah signal (tanda) bagi iguana anda dikemudian hari bahwa anda akan melakukan sesuatu padanya. Jangan meletakan tangan anda pada mulut kandang, karena ini dapat dianggap ancaman baginya.

8. Sentuhlah si dia: Ketika iguana anda tidak lagi merasa terancam dengan kehadiran tangan anda di kandangnya, mulailah mengulurkan tangan anda dengan perlahan mendekati sang iguana. Biarkan tangan anda menyentuhnya dengan lembut. Ketika iguana tidak menampakkan reaski agresif sewaktu tersentuh, saatnya tiba bagi anda untuk membelai tubuhnya. Belailah dia secara bertahap dari jarang hingga sering, dari sebentar hingga lama.

9. Gendonglah si dia: Belaian lembut tidaklah cukup! Ketika si dia telah mengijinkan anda membelainya sesering mungkin, saat yang ditunggu-tunggu telah tiba! Geserkan tangan anda dibawah perut iguana lalu angkatlah dia secara perlahan, genggamlah dengan lembut tapi posisi tangan anda terkunci dengan aman, jangan sampai iguana anda terjatuh karena genggaman anda terlalu longgar. Dengan posisi tangan yang demikian selain akan melindungi anda dari bagian-bagian tubuh iguana yang berbahaya juga akan membuat iguana merasa aman dan terjaga dalam genggaman tangan anda.

10. Paksa sedikit si dia: Terkadang iguana akan bertingkah dan marah pada saat pertama kali anda mengangkatnya. Jangan dilepas! Paksa sedikit si dia dengan terus menggegamnya lembut hingga dia merasa tenang. Melepas dan meletakkan dia kembali ke kandang ketika ia berontak hanya akan membuatnya “nakal” dan “manja” sehingga dia akan bertingkah buruk setiap kali dia inginkan. Sedikit disiplin juga perlu, tapi ingat, jangan terlalu dipaksakan dan jangan kasar.

Itulah tahap-tahap penting dalam menjinakkan iguana. Tidak susah bukan? Memang membutuhkan waktu, tapi waktu yang anda lalui berdua akan menjadi ikatan yang sangat kuat diantara anda dengan iguana kesayangan anda. Belum lagi, bukankah selalu menyenangkan dan sebuah kepuasan tersendiri ketika berhasil menjinakkan sebuah hati yang anda inginkan?

Iguana punya gigi lho...jangan anggap remeh

Spoiler for iggy teeth:


ni contoh karya giginya iguana...
Spoiler for gigitan iggy:


Ide bagus untuk memakai baju lengan panjang dan sarung tangan ketika pertama kali memulai penjinakan iggy.
Seberapa cepat iggy jinak benar-benar tergantung pada karakter iggy masing2. Bertahan , bersabar, dan lembut tapi tegas.Sekali lagi,dibutuhkan waktu, tetapi hasilnya worth it. Okeh juragan gud lak
Media Alas Kandang
Quote:
Media umum yg biasa digunakan sebagai substrate paling mudah adalah alas koran, forest bark dan karpet mi (utk jaga humidity dan bau2an).

Spoiler for koran:


Spoiler for forestbark:


Spoiler for karpet_mi:


Tidak dianjurkan menggunakan pasir zeolit bagi iggy yg masih baby.
Kasus2 yang sering terjadi dlm pemeliharaan iguana
Quote:
MBD
MBD, atau penyakit tulang metabolik, adalah masalah yang sangat umum . MBD terjadi ketika sebuah iguana tidak dapat memproses kalsium dalam makanan mereka, atau jika mereka tidak menerima cukup kalsium dalam diet mereka. MBD dapat menyebabkan cacat parah dan akhirnya kematian jika tidak ditangani.
Iguana membutuhkan diet yang kaya akan kalsium agar tetap sehat. Mereka juga memerlukan sejumlah besar UVB menghasilkan cahaya untuk dapat memproses kalsium mereka dapatkan dari diet mereka. UVB membantu tubuh mereka memproduksi D3, yang pada gilirannya membantu mensintesis kalsium dalam tubuh mereka. Penelitian menunjukkan bahwa iguana tidak dapat memproses D3 diet, tetapi membutuhkan UVB untuk memproduksi sendiri. D3 Suplemen yang mengandung dapat menyebabkan overdosis vitamin, dan menyebabkan lebih berbahaya daripada baik.
Terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan kondisi yang disebut hypercalcemia, yang bisa sama berbahayanya dengan MBD.

Spoiler for mbd:

hasil x-ray bgini
Spoiler for x-ray:


ada baiknya mempersiapkan vitamin + kalsiumD3 apabila iggy jarang sekali berjemur utk menghindari MBD

Luka (wound)
Sifat ingin tahu dari iggy dapat membuat mereka terluka terutama di bagian mulut dan ekor. Betadine dan alkohol adalah cara yang baik untuk mensterilkan luka. Salep antibiotik seperti Neosporin dapat diterapkan pada luka untuk membantu penyembuhan.
Salah satu luka non-lifethreatening paling menakutkan yang dapat terjadi bagi pemilik iggy adalah hilangnya ekor. Iguana dapat memutuskan bagian ekornya sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah mengingat untuk tidak pernah untuk merebut ekor iggy ketika hendak memegang. Putus ekor juga dapat terjadi jika iggy ekornya terjebak dalam pintu atau terjepit, atau dari serangan oleh hewan peliharaan lain seperti kucing dan anjing. Hati2 terhadap peliaraan pet lainnya apabila berada di sekitar iggy.
Jika ada pendarahan, betadine dapat digunakan untuk menghentikan aliran darah dan membantu pembekuan. Jika kehilangan darah terus-menerus, atau jika ekor tidak benar2 putus / patah segera hubungi vet (dokter hewan).
Baby / juvenile kebanyakan akhirnya ekor dapat tumbuh kembali( selama patah / putus di bagian bawah ekor. Ekor baru biasanya berwarna gelap abu-abu atau warna hitam, warna dan bentuk tidak spt semula.
Spoiler for luka:


Busuk Mulut (mouth routh)
Mulut busuk biasanya muncul disekitar / dalam mulut iguana . Tanda-tanda awal mungkin termasuk perubahan nafsu makan, dan / atau perubahan warna pada bagian dalam mulut.
Biasanya disebabkan gara gara iggy sering nabrakin mulutnya ke kandang, atau penyebab lain lain . penanganannya itu jemur yang rajin, semprot pake betadine kumur
Pengobatan untuk busuk mulut biasanya meliputi pembersihan mulut dan membutuhkan antibiotik, mudah dan dapat disembuhkan asal segera diatasi.
Spoiler for luka mulut:


Cacar
biasanya ada benjolan kecil kecil banyak di seluruh badan gan,isinya ya air mungkin nanah ya kayak kita aja cacar gimana sih .. nah penanganannya itu kasih makan yang banyak supaya cepet shedding gan, terus sering sering jemur disaat happy hour (7-11)

Gangguan ginjal & hati
gangguan ginjal bisa menyerang iguana dari segala usia. Ada banyak penyebab gangguan ginjal. Dua dari yang paling umum adalah dehidrasi dan diet yang tidak tepat. Iguana adalah hewan tropis dan memerlukan tingkat kelembaban yang tinggi untuk berkembang. Lingkungan yang terlalu kering, atau makanan seperti diet pellet komersial yang terlalu berlebihan bisa menyebakan gagal ginjal.
Diet merupakan faktor penting dalam masalah ginjal. Salah satu penyebab paling umum dari gagal ginjal di iguana adalah makan protein hewani. Gangguan hati disebabkan terlalu banyak atau terlalu sedikit protein, faktor MBD, fosfor terlalu banyak, dan masih banyak lagi.
Cara terbaik untuk mencegah masalah dengan gangguan hati adalah memberikan diet dan habitat yang tepat bagi iggy.

ini gambar biar jelas bagaimana kotoran iggy
Spoiler for pup normal:

Spoiler for tinja campur air mani/protein:


Kepanasan (overheating & burn)
Meskipun iggy CINTA untuk berbaring di bawah terik matahari atau lampu buatan UVB , perlu diperhatikan tingkat kepanasannya. Sering kali, bahkan ketika terlalu panas iggy terjebak dalam kandang.
Tanda-tanda nya iggy terengah-engah, mulut terbuka /menganga lebar. Ketika melihat ini terjadi segera keluarkan dari sumber panas, iggy didinginkan secara alami jangan langsung diguyur air dingin lho.... Berikan air yg keran / mineral yg wajar.
Peringatan:
JANGAN PERNAH menempatkan iggy dalam tangki tertutup atau di luar kandang atau di jendela tanpa diawasi! Matahari bisa memasak iggy!
Spoiler for burn:


selain itu iggy juga bisa beku krn suhu yang terlalu rendah... tapi kalo diIndonesia kayanya gak sampe segitunya deh
Spoiler for freeze:


Jamur
Jamuran terjadi krn berbagai penyebab, termasuk lingkungan dan internal yang tidak bersih..
Spoiler for bakteri:


pengobatannya rutin (kalo bisa tiap hari) dimandiin dengan air hangat yg diberi antiseptik (dettol cair),
gosok badan iguana secara perlahan dengan sikat gigi guna membersihkan badan iguana & membunuh bakteri yg menempel..
setelah itu olesi salep ultracilin di bagian yg ditumbuhi jamur..

Note:
- kalpanax panas (not recommended)
- salep ultracilin cuma 6rb rupiah di warung..
- pemakaian sehari sekali sehabis dimandikan..
- jamur bisa menyebar kalo gak ditumpas

Cacingan
disebabkan makanan dan kandang yang tidak bersih, makanya kalo ngasi makan sayuran dicuci dulu (sekalian dicuci kan sekalian basah tuh buat asupan air iggy)
kandang dibersiin tiap hari supaya iggy sehat n btw gak bau.

pengobatan cacingan ada 2 cara
-Obat Cacing Generik

Panacur
berbentuk bubuk & cair.
Cara pakai: bubuk dibubuhi ke makanan Iguana / cair diolesi ke mulut Iguana
Dosis: konsultasikan ke seller / apoteker nya.


-Obat Cacing Alami

Biji Pepaya
bisa yg masih basah / sudah kering.
Cara pakai: yg basah dikasih makan langsung ke Iguana nya (kalo mau dimakan) & yg kering ditumbuk halus lalu dibubuhi ke makanan Iguana nya.
Dosis: secukup nya saja,tidak ada efek samping karena herbal.
Coprophagy (makan feces)
Quote:
mungkin ada yg tanya2 kenapa iguana makan pup nya sendiri ato pup iguana lain.... penjelasannya dibawah ini...

Spoiler for Coprophagy:

sori bhs inggris, ntr ane summary pake bhs indonesia
Info tambahan
Quote:
Fungsi Minyak Tawon, minyak olive & Minyak Kelapa untuk Iguana
fungsi minyak-minyak diatas adalah buat bersiin kulit iggy, baik yang terkena jamur, luka, atopun bekas shed


Quote:
potong kuku
namanya juga nempel di tangan ya pasti baret lah kalo kukunya panjang,
bisa diatasi dengan:
-sundut rokok kukunya (ga ada rokok dirumah, ntar malah dikira ngerokok ane)
-potong kukunyaa pake gunting kecil, tapii ati ati, dikit aja,
ada pembuluh darah di kuku doi, kalo kepotong nyenggol dikit aj, cuurr mancur deh darahnya
coba liat ini.. diliat baik2 batas potong kukunya
Spoiler for kuku:



Quote:
Ciri-ciri Iguana Stres
Iguana termasuk hewan yang mudah stres. Karena itu, penting bagi kita untuk mengenal ciri-ciri iguana ketika stres. Gejala Iguana stres umumnya tidak nafsu makan, galak, warna kulit tubuhnya terkesan gelap dan kerap bertingkah kasar.

Untuk solusinya, kita harus memperhatikan lebih dahulu makananya. Barangkali makanan yang kita berikan kurang menarik baginya. Selain itu, kita juga bisa lakukan dengan memindahkannya ke tempat yang lebih tenang, beri dia minum dan suplemen yang ditaburkan diatas makanan dan minumannya. Harapannya, agar ia tidak stres dan energi yang dikeluarkannya saat stres kembali lagi.

Tentunya, merawat iguana dibutuhkan kesabaran dan perhatian yang lebih sehingga ia benar-benar menjadi hewan yang jinak. Dan jangan dekatkan dengan hewan pengganggu separti tikus, kucing dan anjing.
sumber


Quote:Original Posted By porotcimaru

SHEDDING / GANTI KULIT PADA IGUANA

iguana akan menanggalkan kulit mereka seperti reptil lainnya, sheeding yg rutin dan sempurna biasanya merupakan tanda perawatan yg baik #shedding


iguana baby biasanya shedding setiap 4-6minggu, namun untuk yg dewasa mungkin hny 1x setahun, itupun bisa tidak semua bagian tubuh berganti kulit #shedding


semakin cepat pertumbuhan iguana, semakin sering iguana shedding, dan tidak selalu sheeding itu merata diseluruh tubuh, hny bagian2 yg tumbuh dgn cepat #shedding


perendaman, rutin memandikan dan menspray kandang akan membantu proses shedding #shedding


pastikan dikandang terdapat kayu panjatan, hal ini dapat membantu iguana mengelupaskan kuluitnya, kita pun dapat membantu mengelupaskan kulitnya yg sudah longgar, tp jgn dipaksa #shedding


daerah shedding yg sulit dan harus dibantu kita adalah spike, kuku, mulut dan ujung ekor #shedding


spike dan kuku harus dibantu sheddingnya, karena jika daerah ini tidak sepenuhnya terkelupas, kulit akan mengeras dan bertindak sebagai tourniquet alias tempat mengumpalnya darah. Sehingga nanti jari akan terinfeksi dan membengkak, ujung2nya jari akan putus dengan sendirinya #shedding


bagian mulut harus dibantu, karena iguana saat shedding dimulut akan menggosok-gosokkan mulutnya ke pinggiran kandang, hal ini menyebabkan iguana sariawan/rubbing #shedding


shedding juga membantu menghilangkan luka akibat rubbing, jamur, ataupun luka goresan.. Meskipun untuk benar2 menghilangkan bekas dibutuhkan 3-5x shedding #shedding


gagal shedding tak hanya berakibat fatal dijari iguana, jika gagal shadding itu terjadi di spike, maka spike juga akan kering, yg ujung2nya akan iritasi atau menimbulkan jamur, sehingga spike akan putus dengan sndirinya #shedding


dari beberapa sumber luar negeri, untuk melembabkan kulit iguana saat shedding, dapat mengoleskan minyak pd iguana, tp bukan baby oil.. Entah minyak apa, mgkin minyak khusus shedding iguana #shedding
Video tentang iguana
Quote:
nih video sexingnya iggy
Spoiler for sexing:


iggy bisa berenang lho
Spoiler for part1:

Spoiler for part2:

Spoiler for part3:


iggy keren
Spoiler for iggy keren:



Spoiler for rape iggy...hiii:


iguana surgery
Spoiler for bedah mulut:


melatih iguana toilet
Spoiler for iguana toilet trained:

klengkapan piara iguana
Quote:
Lampu UVB
buat yg iggynya jarang dijemur, ato cuaca lagi gak asik, bagus kalo kandangnya iggy disedian lampu

Kalsium
bisa pake kalsium kemasan produk exo dll.. kalsium D3

kalsium buat iggy sebenernya cukup dengan diberi pepaya, karena pepaya mengandung Ca yg cukup untuk asupan iguana..
ditambah dengan rutin jemur pagi, karena sinar uva & uvb dapat merubah vit D3 menjadi kalsium..

Spoiler for perlengkapan:


vitamin
Vitamin bisa digunakan buat tambahan gizi iggy, biasanya kalo vitamin manusia pasti ngandung protein hewani
jadi kalo mo kasi vitamin ke iggy tu pake makanan instan aja, pelet iggy ato pelet kelinci

Spoiler for makanan instan:

Jenis2 iguana

Quote:
Spoiler for Yucatan spiny-tailed iguana (Ctenosaura defensor):


Spoiler for Yellowback spiny-tailed iguana (Ctenosaura flavidorsalis):


Spoiler for Utila spiny-tailed iguana (Ctenosaura bakeri):


Spoiler for Tarapaca Pacific iguana (Microlophus tarapacensis):


Spoiler for San Salvador iguana (Cyclura rileyi):


Spoiler for Skull tree iguana (Liolaemus occipitalis):


Spoiler for Santa Fe land iguana (Conolophus pallidus):


Spoiler for Roatan spiny-tailed iguana (Ctenosaura oedirhina):


Spoiler for Rhinoceros iguana (Cyclura cornuta):


Spoiler for Oaxacan spiny-tailed iguana (Ctenosaura oaxacana):


Spoiler for Northern Bahamian rock iguana (Cyclura cychlura):


Spoiler for Mona Island iguana (Cyclura stejnegeri):


Spoiler for Michoacan dwarf spiny-tailed iguana (Ctenosaura clarki):


Spoiler for Lesser Antillean iguana (Iguana delicatissima):


Spoiler for Fiji banded iguana (Brachylophus fasciatus):


Spoiler for Lutz's tree iguana (Liolaemus lutzae):


Spoiler for Honduran paleate spiny-tailed iguana (Ctenosaura melanosterna):


Spoiler for Hispaniolan ground iguana (Cyclura ricordii):


Spoiler for Guatemalan spiny-tailed iguana (Ctenosaura palearis):


Spoiler for Green iguana (Iguana iguana):


Spoiler for Galapagos marine iguana (Amblyrhynchus cristatus):


Spoiler for Galapagos land iguana (Conolophus subcristatus):


Spoiler for Five keeled spiny tailed iguana (Ctenosaura quinquecarinata):


Spoiler for Fiji crested iguana (Brachylophus vitiensis):


Spoiler for Collared iguana (Oplurus cuvieri):


Spoiler for Cayman Island blue iguana (Cyclura lewisi):


Spoiler for Cayman Islands ground iguana (Cyclura nubila):


Spoiler for Campeche spiny tailed iguana (Ctenosaura alfredschmidti):


Spoiler for Bahamas rock iguana (Cyclura carinata):


Spoiler for Jamaican ground iguana (Cyclura collei):


Spoiler for Anegada ground iguana (Cyclura pinguis):

Spoiler for :


credit : arkive.org
All About Mating Iggy

Quote:
ciri-ciri iggy hamil

  • Perkimpoian ada di awal musim Semi atau musim Gugur (kalo di Indonesia katanya Januari-April)
  • Iguana betina makan banyak sebelum kimpoi
  • Pada masa bulan kedua kehamilan jadi males makan karena perutnya terisi banyak telur
  • Iguana betina saat hamil membutuhkan kalsium, karena dia kurang makan, jadi tambahkan asupan kalsium
  • Membutuhkan kandang yang lebih besar, hindari iguana stress karena kandang sempit
  • Iguana betina perutnya akan semakin membesar dan mengencang


Perubahan tanda-tanda saat kehamilan

Minggu 1-4
Nafsu makan tetap cukup stabil,mulai gelisah

Minggu 4-5
Napsu makan menurun, asupan minum air meningkat, tinja sedikit hanya muncul sehari atau dua hari setelah makan, urat menjadi tebal, agar membuat iguana tenang, lebihkan waktu berjemur

Minggu 5-6
Makan sedikit, minum lebih banyak, meski asupan makan berkurang, berat tidak terlihat perubahannya, karena tergantikan oleh berat telur

Minggu 6,5-7
Jika di raba sepanjang sisi perut, ada 2 benjolan lembut, disisi depannya juga ada. itu telur

Minggu 7,5-8+
Ekor akan lebih tipis, perut lebar, tonjolan semakin terasa dan mengarah ke satu sisi

Waktu2 bredding :

kimpoi : Februari - Maret
Bertelur : Maret - April
Menetas : Juli - Agustus

Ringkasan Singkat dari web http://www.anapsid.org/iguana/egging.html

dan http://iguanaresearchandbreedingstat...-to-the-world/
F.A.Q (Frequently Asked Question)
F.A.Q (Frequently Asked Question)
reserved
reserved
selamat membaca dan silahkan sharing
Quote:
pejwan masih dalam masa konstruksi terus... setiap update dr kalian saya taro didepan... mari dilengkapi