Penyebab Zaman Es adalah Danau Toba ?

Quote:
Spoiler for danau toba dan pulau samosir:

Agan-agan tahu enggak yang diatas itu gambar apaan ? pasti semua bilang itu adalah danau toba. Ya danau yang terletak di sumatra utara ini memang indah dan sangat terkenal sampai ke mancanegara karena keelokannya. danau Toba adalah danau terbesar di Asia Tenggara, danau ke-14 terdalam di dunia dan bahkan, memegang rekor sebagai danau tektonik-vulkanik terbesar di dunia. Nah tunggu dulu, danau tektonik-vulkanik itu apa ?

1. Danau Tektonik
Danau tektonik adalah danau yang terjadi akibat adanya aktivitas / peristiwa tektonik yang mengakibatkan permukaan tanah pada lapisan kulit bumi turun ke bawah membentuk cekung dan akhirnya terisi air.

2. Danau Vulkanik
Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk pada bekas kawah gunung berapi.

Itu berarti dulunya danau toba adalah gunung berapi.
nah di indonesia kan emang banyak gunung berapi. apanya yang aneh ? rata-rata pulau di indonesia bahkan dilintasi zona yang disebut ring of fire.

Spoiler for ring of fire:

Lalu kapan dan bagaimana gunung toba bisa jadi danau yang sekarang ini ?



Quote:Perjalanannya dimulai beberapa tahun lalu, ketika para peneliti dibawah pimpinan Greg Zielinski dari Universitas New Hampshire, Amerika, melakukan penelitian di Greenland, Kutub Utara. Tim Zielinski mempelajari umur lapisan es yang terbentuk di kutub utara. Hasil penelitian itu sangat mengejutkan. Mereka mendapati pola perubahan temperatur es bumi secara global dalam waktu yang cukup lama. Di prediksi sekitar 74.000 tahun lalu, ada lonjakan besan kandungan sulfat di atmosfer yang dampaknya penurunan temperatur di bumi. lonjakan penurunan itu terjadi hampir 40 kali dari kondisi normal.

Ditempat lain, Michael Rampino seorang ahli geologi dari University of New York, meneliti temperatur bumi dari kondisi geologis tanah. Dia meneliti pola temperatur sejak ribuan tahun yang lalu berdasarkan material geologi. Dari penelitian itu ia mendapati, pada suatu saat, ada penurunan temperatur bumi sebesar 5 derajat celcius dalam beberapa tahun. Dalam keadaan normal, penurunan temperatur sebesar itu terjadi dalam kurun waktu ribuan tahun. Dari data ini ia menyimpulkan bahwa ada kejadian dahsyat luar biasa yang menyebabkan terjadinya penurunan temperatur secara luar biasa. Ia menghitung kapan peristiwa luar biasa itu terjadi, dan ia sampai pada suatu angka 74.000 tahun lalu.

Baik Greg Zielinski dan Michael Rampino, sampai pada suatu pertanyaan yang sama, dimana ledakan super dahsyat 74.000 tahun lalu itu.

Seorang ahli vulkanologi di Universitas Toronto, Canada, John Westgate, dia adalah ahli yang bisa menentukan dari mana asal suatu material vulkanik. Dugaan awalnya, itu adalah material vulkanik dari pegunungan laki di eropa.tapi kenyataannya material itu berbeda.

Sementara itu seorang ahli lain, Craig Chesner, sedang melakukan penelitian di sekitar Danau Toba. Ia heran dengan bentuk danau dan kedalaman air di danau. Ia kemudian menemukan lapisan debu vulkanik yang sangat tebal di bukit-bukit sekitar Danau Toba. Contoh debu vulkanik ini ia kirimkan kepada John Westgate di Toronto.

John Westgate meneliti debu vulkanik kiriman Chesner, dan ternyata sama dengan yang dia teliti. Pertanyaan Rampino dan pertanyaan Zielinski ternyata mengarah pada temuan John Westgate. Telah terjadi ledakan super dahsyat 74.000 tahun lalu di Sumatera, tepatnya di lokasi Danau Toba sekarang, sebagaimana temuan Chesner
.


Quote:Diprediksi ledakan itu sangat dahsyat sehingga debunya mencapai Afrika dan daratan Cina serta Eropa. lebih dari 2.000 km kubik magma.dimuntahkan pada saat itu. Ini 4.000 kali jumlah yang dikeluarkan oleh Gunung Pinatubo di Philippina tahun 1991. Tinggi awan debu Toba diperkirakan lebih dari 50 kilometer, menutupi hampir seluruh permukaan bumi. Menghalangi sinar matahari, menurunkan temperatur bumi dan mengakibatkan kematian yang luar biasa.

Spoiler for penyebaran lava:


Spoiler for penyebaran abu vulkanik:

Sebuah teori dari Stanley H. Ambrose dari Universitas Illinois di Urbana-Champaign Amerika Serikat, menyatakan bahwa populasi manusia yang hidup saat ini berasal dari antara 1.000 sampai 10.000 jiwa manusia yang bertahan hidup dari letusan gunung Toba itu.

Spoiler for perbandingan:

Dari ledakan inilah proses munculnya pulau samosir berawal. Akibat anomali gravitasi, saat gunung toba meletus, banyak materi yang keluar. Terjadi pengangkatan satu tempat yang memiliki massa berbeda. Dan tempat yang terangkat adalah yang kita kenal pulau samosir.

Konon siklus ledakan vulkanik Toba, bisa terjadi sekali dalam 400.000 tahun, jadi kira-kira 326.000 tahun dari sekarang. Kalau ledakan sedahsyat 74.000 tahun lalu di Toba terjadi sekarang, maka diperkirakan 50 persen penduduk Asia mungkin akan mati terbunuh secara langsung. Dan jika ledakannya sama dengan 74.000 tahun yang lalu, maka mungkin zaman es akan kembali.



Quote:Original Posted By urixfriends
ada dua danau vulkanik yg sangat luas gan disumatera,pertama danau toba di sumut dan danau maninjau disumbar yg luasnya 99,4 km persegi dan letaknya 461,50 meter diatas permukaan laut,jd ada dua gunung besar yg meletus dijaman dulu yg menyebabkan dua danau besar itu.
Request page one gan ya,cm skdar informasi.

Quote:Original Posted By VincentAndriK
Agan-agan yang mau mengenal gunung berapi lebih dalam masuk ke Cincin Api atau Grafis Kompas, cari di situ gan... dijamin lengkap

Quote:bantu rate aja dah seneng tp gk nolak gan kalo di kasih yg ijo-ijo.
apa tuh namanya ??? malu nyebutinnya...


Quote:Karakter Dalam Serial Detective Conan yang Terinspirasi dari Nama Minuman Keras
Julukan yang diberikan Negara dan Pemerintah Dunia untuk Indonesia
Maskot-Maskot Piala Eropa dari Tahun 1980 hingga Sekarang
UANG KERTAS INDONESIA DARI MASA KE MASA
HAL YANG BISA DIBANGGAKAN ORANG INDONESIA
Penyebab Zaman Es adalah Danau Toba ?
Tes Psikologi Cinta
Tes Psikologi Watak dan Sifat Anda
Mobil ko bisa Terbang Gan ???
Anak dengan "Mata ke-Tiga"
Ikan Purba di Indonesia
Si Bahenol yang Melegenda
Boyband dan Girlband dalam pandangan Pria
keduluan di trit sendiri
Rasanya sulit dipercaya bahwa jaman es yang meliputi hampir seluruh planet Bumi hanya berasal dari danau toba saja.

Anyway, gua gagal pertamax ya?

Anyway, boleh numpang pertanyaan ya: di room sebelah nggak ada yang bisa menjawab pertanyaan gua, jadi boleh gua posting di sini ya. Paham apakah yang memaki-maki perdamaian sebagai satanisme, dan mengharapkan perang besar karena ada yang mau turun kedua kalinya?

Quote:Original Posted By Nero.Imperator
Kalau gourmett dan dizalimi.selalu sudah tidak mau berkomentar, maka kita dapat menarik kesimpulan dari thread ini:

Ada suatu paham yang:

(1) membenci perdamaian, sehingga simbol perdamaian dicap sebagai simbol setan.

(2) mencintai peperangan, sehingga mengharapkan PERANG BESOAR hanya gara-gara ada yang mau turun keduakalinya.


Paham apakah itu? Ada yang bisa menjawab?
Quote:Original Posted By antek81
keduluan di trit sendiri


jangan gan
udah ane gan
ijin nyimak dulu
Quote:Original Posted By Keck


jangan gan


maaf gan :
ah yg boneng gan,,,, : ane baca2 dlo yah
ane dah pernah baca gan,ane rate aja deh
nice prediction gan, coba numpang nyimak dulu
ane ga ikut campur ah ...
Quote:Original Posted By talaqtilu
nice prediction gan, coba numpang nyimak dulu


silahkan gan
ijin bookmark bray
untung meledaknya dulu,, kalo sekarang bisa












Spoiler for cekidooooooot :
ijin bookmark bray
Quote:Original Posted By draculahost
ijin bookmark bray


bantu rate y gan
NICE THREAD
Alhamdulillah ya, Sesuatu BngeT dah

Mksih ya dah maw Berbagi, jadi tahu ane
wah hebat ya gunung2 kita.bisa mengubah dunia.
wah beneran gt tuh

wah gan baru tau ane ni gan.

jaman dulu banyak misterinya ya.
jadi pgn ngubek2 info jadul ni gan