Thumbs up manfaat dan bahaya abu sekam padi

SELAMAT DATANG DI THREAD PERTAMA ANE GAN
MANFAAT DAN BAHAYA ABU SEKAM PADI

bukti no repost
Spoiler for no repost:


abu sekam padi adalah sisa pembakaran dari sekam padi yang biasa digunakan dalam pembuatan batu bata, tembikar, dan keramik

Spoiler for batu bata:


Spoiler for tembikar:


sisa sisa pembakarannya

Spoiler for abu sekam padi:


setelah diteliti abu hasil pembakaran ini merupakan sumber silika yang cukup tinggi. Pirolisis lebih lanjut dari hasil pembakaran sekam padi menunjukkan bahwa kandungan SiO2 mencapai 80- 90%. Yang juga menarik, 15 %-berat abu akan diperoleh dari total berat sekam padi yang dibakar

berarti apabila kita membakar 1kg sekam padi maka akan diperoleh 150g abu sekam padi yang berisi 120g SiO2 wow!

SiO2 ini bisa digunakan sebagai bahan pembuat kaca yang sering kita gunakan sehingga kita bisa memanfaatkan limbah ini sebaik-baiknya ketimbang hanya kita jual dipasar 1plastik cuman di harga Rp 1000

Spoiler for kaca:


tapi ternyata silika ini bahaya juga bagi para pengrajin bata dan tembikar yang sering terpapar langsung dengan abu sekam padi yaitu penyakit silikosis

Bila terhirup, serbuk silika masuk ke paru-paru dan sel pembersih (misalnya makrofag) akan mencernanya. Enzim yang dihasilkan oleh sel pembersih menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada paru-paru. Pada awalnya, daerah parut ini hanya merupakan bungkahan bulat yang tipis (silikosis noduler simplek). Akhirnya, mereka bergabung menjadi massa yang besar (silikosis konglomerata). Daerah parut ini tidak dapat mengalirkan oksigen ke dalam darah secara normal. Paru-paru menjadi kurang lentur dan penderita mengalami gangguan pernafasan.

Penderita silikosis noduler simpel tidak memiliki masalah pernafasan, tetapi mereka bisa menderita batuk berdahak karena saluran pernafasannya mengalami iritasi (bronkitis). Silikosis konglomerata bisa menyebabkan batuk berdahak dan sesak nafas. Mula-mula sesak nafas hanya terjadi pada saat melakukan aktivitas, tapi akhirnya sesak timbul bahkan pada saat beristirahat.

Keluhan pernafasan bisa memburuk dalam waktu 2-5 tahun setelah penderita berhenti bekerja. Kerusakan di paru-paru bisa mengenai jantung dan menyebabkan gagal jantung yang bisa berakibat fatal. Jika terpapar oleh organisme penyebab tuberkulosis (Mycobacterium Tuberculosis, penderita silikosis mempunyai resiko 3 kali lebih besar untuk menderita tuberkulosis.

Gejala tambahan yang mungkin ditemukan, terutama pada silikosis akut:
- demam,
- batuk,
- penurunan berat badan, dan
- gangguan pernafasan yang berat.

Spoiler for paru-paru sehat:


Spoiler for paru-paru silikosis:


pencegahan bisa dilakukan dengan menggunakan masker basah ataupun kering
Spoiler for pencegahan:


jadi kita harus berhati-hati apabila tinggal didekat tempat pembakaran tembikar atopun pembakaran bata walaupun limbah ini bermanfaat tapi juga berbahaya

sumber


buat agan2 yang udah ISO bagi dongg . . . .
buat yg belum yahh aja juga gpp hehehe
asal jangan di gan ampuunn . . .
[IMG][/IMG]

BUAT YANG NGASIH IJO2 MAKASIH GAN UDAH BIKIN IJOO YANG LAEN JUGA DONG. . . .
wogh...banyak jg kandungannya yak

tapi penyakitnya ngeri jg





btw, link pic-nya di buka full dlu gan di gugel, baru copas kemari


tembikar : http://202.158.20.51/images/24/2497236984.jpg
Quote:Original Posted By celanaman
wogh...banyak jg kandungannya yak

tapi penyakitnya ngeri jg





btw, link pic-nya di buka full dlu gan di gugel, baru copas kemari


ane upload di picasa kok beberapa gag keluar yah??
ane coba lagi
dopost euy
inet lemot
wau segitunya ya gan manfaatnya
wau segitunya ya gan manfaatnya
Quote:Original Posted By ariftouchthis
ane upload di picasa kok beberapa gag keluar yah??
ane coba lagi


mungkin picasa ma kaskus lagi cekcok gan

upload di host standar aja macam imeksak atw potobaket
Quote:Original Posted By mazena
wau segitunya ya gan manfaatnya


emang keren padahal cuman limbah tuh
tapi bahayanya juga ngeri . . .

Quote:Original Posted By celanaman


mungkin picasa ma kaskus lagi cekcok gan

upload di host standar aja macam imeksak atw potobaket


ane coba lg gan
Quote:Original Posted By celanaman

mungkin picasa ma kaskus lagi cekcok gan

upload di host standar aja macam imeksak atw potobaket


Bener gan coba upload di __Imageshack..com


Quote:
Nitip Lapak Gan

==" balmut "== bantal selimut unik, karakter kartun, murah

JUAL TANAH 280 M2 Bandung
wahh ini mah yang namanya ada segi positip dan negatipp
Quote:Original Posted By sakakimakio
Bener gan coba upload di __Imageshack..com

sip gan udah bisa tuh hehehe

Quote:Original Posted By lenlenn
wahh ini mah yang namanya ada segi positip dan negatipp

pastinya lah smua ada positip dan negatipnya makanya mencegah dulu trus manfaatin deh itu hehehe
wah baru tahu nih info ginian..
perasaan orang tempat ane pengusaha batubata sehat-sehat aje Gan
nice Gan

Btw Mampir ditrit ane ya Gan:
Spoiler for "bagi-bagi ebook":
di daerah ane, tmpat pembakaran bata itu di tengah sawah gan.. jadi ada gubuknya gitu.. tetep bahaya jg sih ya klo anginnya kenceng.

titip thread sekalian ya gan
[Vidio] Kelakuan pet ane gan, unyu2 gimanaa gituu..
sekam utk makan kuda ane gan...
Quote:Original Posted By arieya_only
di daerah ane, tmpat pembakaran bata itu di tengah sawah gan.. jadi ada gubuknya gitu.. tetep bahaya jg sih ya klo anginnya kenceng.

titip thread sekalian ya gan
[Vidio] Kelakuan pet ane gan, unyu2 gimanaa gituu..

ya kalo di daerah ane pinggir jalan gede juga banyak yg penting ati2 aja gan

Quote:Original Posted By koleksijuragan
sekam utk makan kuda ane gan...

yahhh kalo lebih dibakar aja gan tuh bisa di bikin kaca sisanya hehehehe
wahhh..........kirain silika hanya bisa kita dapet dari barang2 tambang macem pasir gitu, ternyata abu sisa pembakaran tumbuhan bisa ngasilin silika juga toh.
Quote:Original Posted By markiza
wahhh..........kirain silika hanya bisa kita dapet dari barang2 tambang macem pasir gitu, ternyata abu sisa pembakaran tumbuhan bisa ngasilin silika juga toh.


kalo tumbuhan lain belum tau gan kalo sekam padi ini penelitian kakak kelas ane jadi ane tau persis tuh walaupun gag ambil sumber dari dia sih . . .
ada manfaat dan bahay jg ya
semuanya seimbang antara bahaya dan kegunaannya