KASKUS

Thumbs up Sejarah Badik, Senjata Khas Sulawesi Selatan

WELCOME TO MY THREAD

Alhamdulillah HT
untuk pertama kalinya
Quote:




Halo agan-agan sekalian... semoga saja kalian tetap diberi kesehatan dan rezeki yang berlimpah.... Amiin

Pertama-tama ane cuma mau bilang kalo trit ini kagak repost
Quote:

Ane sangat mengharaPkan :
Spoiler for haraP:


Dan Ane sangat mengharaMkan :
Spoiler for haraM:


oke.. Langsung aja.. cekidot...

Sejarah Badik, Senjata Khas Sulawesi Selatan
Quote:

EWAKO !!!
adalah sebuah kata yang akrab di telinga masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat Bugis-Makassar....
Menurut Kamus Populer Inggris-Makassar Indonesia-Makassar, kata rewako merupakan terjemahan dari kata ‘berani’ dalam bahasa Indonesia, dan ‘brave’ dalam bahasa Inggris. Keberanian masyarakat Bugis-Makassar tergambar dalam semboyan pelaut Bugis-Makassar, yang juga menjadi petuah (pappasang) Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo: Takunjunga bangunturu’ Takugunciri gulingku Kualleanna Tallanga Natoalia. Artinya: Tidak begitu saja aku ikut angin buritan. Aku akan putar kemudiku. Lebih baik aku tenggelam daripada balik haluan.
Mungkin kata-kata EWAKO ini memang cocok dengan senjata khas Sulawesi Selatan yang akan kita bahas yaitu "BADIK"
Quote:
Badik atau badek adalah pisau dengan bentuk khas yang dikembangkan oleh masyarakat Bugis dan Makassar. Badik bersisi tajam tunggal atau ganda. Seperti keris, bentuknya asimetris dan bilahnya kerap kali dihiasi dengan pamor. Namun demikian, berbeda dari keris, badik tidak pernah memiliki ganja (penyangga bilah).

Badik ini merupakan senjata khas tradisonal Makassar, Bugis dan Mandar yang berada dikepulauan Sulawesi. Ukurannya yang pendek dan mudah dibawa kemana mana, tapi jangan salah lho kalau badik ini sudah keluar dari sarungnya pantang untuk dimasukkan sebelum meminum darah.

Maka biasanya senjata adat yang bernama Badik ini dahulu sering dipakai oleh kalangan petani untuk melindungi dirinya dari binatang melata dan atau membunuh hewan hutan yang mengganggu tanamannya. Selain itu karena orang bugis gemar merantau maka penyematan badik dipinggangnya membuat dia merasa terlindungi.

Badik memiliki bentuk dan sebutan yang berbeda-beda tergantung dari daerah mana ia berasal. Di Makassar badik dikenal dengan nama badik sari yang memiliki kale (bilah) yang pipih, batang (perut) buncit dan tajam serta cappa dan banong (sarung badik). Sementara itu badik Bugis disebut kawali, seperti kawali raja (Bone) dan kawali rangkong (Luwu). Kawali Bone terdiri dari bessi (bilah) yang pipih, bagian ujung agak melebar serta runcing. Sedangkan kawali Luwu terdiri dari bessi yang pipih dan berbentuk lurus. Kawali memiliki bagian bagian: Pangulu (ulu), bessi (bilah) dan wanoa (sarung)
Quote:
Umumnya badik digunakan untuk membela diri dalam mempertahankan harga diri seseorang atau keluarga. Hal ini didasarkan pada budaya siri' dengan makna untuk mempertahankan martabat suatu keluarga. Konsep siri' ini sudah menyatu dalam tingkah laku, sistem sosial budaya dan cara berpikir masyarakat Bugis, Makassar dan Mandar di Sulawesi Selatan. Selain dari pada itu ada pula badik yang berfungsi sebagai benda pusaka, seperti badik saroso yang memiliki nilai sejarah. Ada pula sebagian orang yang meyakini bahwa badik berguna sebagai azimat yang berpengaruh pada nilai baik dan buruk seseorang.

Macam-macam Badik

1. Badik Raja (gecong raja, bontoala)

Quote:
Gambar 1. Badik Raja (gecong raja, bontoala)

badik yang asalnya dari daerah kajuara kabupaten bone , dalam pembuatan badik ini,, orang2 disekitar kajuara sana masih percaya jika badik raja dibuat oleh makhluk halus, ketika malam, terdengar suara palu bertalu-talu dalam lanraseng gaib sampai paginya masyarakat sana menemukan jadilah sebuah badik raja,, badik ini bilahnya aga” besar ukurannya 20-25 cm, menurut bang ray divo, Ciri-ciri badik raja hampir mirip dengan badik lampobattang, bentuk bilahnya agak membungkuk, dari hulu agak kecil kemudian melebar kemudian meruncing. Pada umumnya mempunyai pamor timpalaja atau mallasoancale di dekat hulunya. Bahan besi dan bajanya berkualitas tinggi serta mengandung meteorit yang menonjol dipermukaan, kalau kecil disebut uleng-puleng kalau besar disebut batu-lappa dan kalau menyebar di seluruh permukaan seperti pasir disebut bunga pejje atau busa-uwae. Badik raja di masa lalu hanya digunakan oleh arung atau dikalangan bangsawan-bangsawan dikerajaan Bone.


2. Badik Lagecong

Quote:
Gambar 2. Badik Lagecong

Badik lagecong,, Badik bugis satu ini dikenal sebagai badik perang, banyak orang mencarinya karna sangat begitu terkenal dengan mosonya (racunnya), banyak orang percaya bahwa semua alat perang akan tunduk pada badik gecong tersebut,,
ada dua versi , yang pertama ,Gecong di ambil nama dari nama sang pandre (empu) yang bernama la gecong, yang kedua diambil dari bahasa bugis gecong atau geco”, yang bisa diartikan sekali geco” (sentuh) langsung mati,,
sampai saat ini banyak yang percaya kalau gecong yang asli adalah gecong yang terbuat dari daun nipah serta terapung di air dan melawan arus,, wallahu alam,, panjang gecong biasanya sejengkalan orang dewasa, pamor lonjo,, bentuknya lebih pipih,tipis tapi kuat. :


3. Badik Luwu

Quote:
Gambar 3. Badik Luwu

Badik luwu,, badik luwu yang berasal dari kabupaten luwu, bentuknya agak sedikit membungkuk, mabbukku tedong (bungkuk kerbau), bilahnya lurus dan meruncing kedepan,, badik bugis kadang diberikan pamor yang sangat indah, hingga kadang menjadi buruan para kolektor ..di bajanya terdapat rakkapeng atau sepuhan pada baja yang konon disepuh dengan bibir dan “maaf” alat kelamin gadis perawan sehingga konon tidak ada orang yang kebal dengan badik luwu ini,


4. Badik Lompo Battang (badik siperut besar/jantung pisang)

Quote:
Gambar 4. Badik Lompo Battang

Badik lompo battang atau sari,, badik ini berasal dari Makassar, bentuknya seperti jantung pisang, ada jg yang bilang seperti orang hamil, makanya orang menyebutnya lompo battang (perut besar), konon katanya jika ada orang terkena badik ini, maka dia tidak akan bertahan dalam waktu 24 jam,



LANJUT GAN

Did You Know

Quote:#1
tambahan dari agan agoes.cahyadi
badik yang sempurna itu bisa berdiri tanpa ada penyangganya




Quote:#2
Pertanyaan dari agan djarum.s
bagaimana cara menggenggam badik? Gagangnya kan miring ga lurus seperti pedang?..
Badik biasanya dipegang dengan kedua tangan dalam posisi horizontal. Tangan kiri memegang bilah sarung, dan tangan erat menggemgam hulu badik, siap mencabut.
Warning BWK
Quote:
Spoiler for bwk:

Spoiler for bwk2:




Quote:#3
Pertanyaan dari agan holycz
jadi badik itu bisa berdiri karena keseimbangannya sempurna ya.. ato karena ada unsur mistis ?
Untuk jawaban pertanyaan ini, ane berterima kasih ama agan agoes.cahyadi, badik bisa berdiri sendiri karena adanya unsur mistis pada sarung Badik... jadi Badik Cuma bisa berdiri dekat sarung, Kalo agak jauh gak bakalan bisa berdiri


Quote:#4
Pertanyaan Dari Agan D081192
menurut ente, sejauh mana pemerintah kita peduli dengan badik ini?

Perhatian Pemerintah terhadap badik cukup bagus....
karena pemerintah telah :

- Menjadikan Badik sebagai Koleksi di Museum Balla' Lompoa
- Menghadiahkan kepada tamu-tamu penting yg mengunjungi Sul-sel...


Quote:#5
Pertanyaan Dari Agan WooooooooW
nice thread gan ....
yang sangat disayangkan adalah ketika senjata ini di salahgunakan orang orang banyak. tidak sedikit yang mempergunakannya untuk mencelakai orang banyak.
mungkin karna orang tersebut tidak mengerti akan sejarah nya atau apa yah gan ?

Makasih atas pertanyaannya gan
menurut ane.... penggunaan badik yg sering disalahgunakan oleh orang2 tertentu tersebut dikarenakan kurangnya ilmu atau pengetahuan tentang budaya di Makassar yg saat ini sering digunakan untuk hal-hal yang tidak senonoh, misalnya tawuran dan merampok.... , mereka berpendapat bahwa apabila sudah memiliki Badik.. mereka bisa melakukan apa yg mereka inginkan kalau istilah dalam bhasa makassar adalah "REWA MI"... padahal, sebenarnya badik itu penggunaannya hanya untuk melindungi diri dari bahaya.. misalnya serangan binatang atau pada zaman penjajahan, boleh digunakan untuk mempertahankan martabat dan wilayah RI..


Quote:#6
Pertanyaan Dari Agan afif44
keren senjataya
bentuknya sangat aerodinamis dan mantab tuh buat bacok/nusuk orang (penjajah maksudnya)
oh iya, dengan bikin trit tentang badik, pastinya agan gak asing lagi dong sama yang namanya badik..
cara melestarikan badik yg baik dan benar sampai masih eksis saat ini itu bagaimana ya?


hehe
agan bisa aja, buat bela diri aja gan

hmm..kalo menurut ane, cara yg tepat buat melestarikan badik itu gak usah terlalu muluk2 deh... mulai dari yg kecil aja...
misalnya... apabila kita mempunyai badik... kemudian mempunyai keturunan (anak), ada baiknya badik tsb diwariskan ke generasi penerus kita... agar mereka gak lupa dan tau tentang senjata khas Badik ini

dan juga buat pemerintah... sebaiknya memasukkan semua benda2 bersejarah kedalam Museum.. dan sering2 mengadakan acara2 kebudayaan agar masyarakat dapat mengenal tentang kebudayaan di daerah mereka...



Quote:#7
Pertanyaan Dari Agan setyobudiponco
keren Gan..
temen2 ane klo ngampus sering bgt tuh bawa gituan
pdahal lagi g ribut ama Fakultas laen..
tp klo boleh tambain lg dong daeng khasiat badik: kta kawan ane badik ada yg dibawa2 bakal naklukin perempuan... itu bener g tuh daeng???


mungkin buat jaga diri aja gan
wah... naklukin cwe ya , hahaha

menurut ane sih gak ngaruh ya...
mungkin pengaruh badik buat cowok2, menambah percaya diri aja... makanya menurut pemilik badik, gampang naklukin cewe...


Quote:#8
Tambahan dari agan ClockworkOrange
buat tambahan, klo mo bersihkan (mattompang) bessi badik disarankan pake jeruk nipis


Quote:SUMBER
Sumber 1 (http://id.wikipedia.org/wiki/Badik)
Sumber 2 (http://sejarah.kompasiana.com/2011/09/18/polobessi-pusaka-besi-bugis/)
Sumber 3 (http://ingkie.wordpress.com/2011/09/30/memaknai-kata-ewako/)


Ternyata Ada loh agan yg Punya Badik

# Koleksi Agan broind
Quote:mohon izin share koleksi newbie







yg ini susah berpindah tangan pulang ke kampung makasar









yg ini mencari tuan baru :



Quote:

Komeng dari Agan di #4 <----- click Bajaj
pertamax horeeeee

Komeng Agan-agan :D

Quote:Original Posted By X-pro86
Maaf klo nubi mau tambahin dikit
Klo yg sy baca" di trit ini masih ada yg salah paham dgn badik, sebenarnya badik itu merupakan benda yg menandakan harga diri ato kasta org makassar. Menurut sejarah sendiri sulawesi itu berasal dari kata Sulo = pulau dan Wesi = besi jadi pulau besi yg dimana dilihat dari kualitas bahan baku besi. Besi dr sulawesi yg terkenal adalah badik luwuk yg konon katanya salah satu bahan baku tertua dan memiliki keistimewaan tersendiri.
Sebenarnya badik sendiri adalah alat utk melindungi seseorang yg memilikinya, tp mungkin karna seiring berkembangnya zaman jd byk yg salah mempergunakan badik jd alat utk berbuat hal" negatif ato buat disombongkan dll.
Badik yg bagus dapat dinilai dari berapa lama umurnya dan apa keistimewaannya, contohnya:

1. Badik/kawali yang bagus/istimewa dapat dilihat dari beberapa unsur, yakni:
a. Dari segi fisik Badik/ kawali dapat dilihat:
1. Bahan bakunya terbuat dari besi dan baja pilihan biasanya mengandung meteorit dan ringan. Wilayah Sulawesi Selatan sejak zaman dahulu terkenal dengan besi luwu yang berkualitas tinggi.
2. Pamorragam pamor pada Badik / kawali lebih sederhana dari keris jawa biasanya terdiri dari jenis pamor kurrisi, lasoancale, parinring, bunga pejje, madaongase, kuribojo, tebajampu, timpalajja dan balopakki.
b. Segi sisi’ (tuah) / mistik antara lain:
1. Uleng puleng dan battu lappa, sebenarnya merupakan kandungan meteorit. Bagi sebagian orang percaya Badik/kawali yang mempunyai ulengpuleng (kalau kecil) / battu lappa (kalau besar) akan membawa kebaikan pada pemiliknya baik berupa kemudakan rezki, karisma, maupun peningkatan karir. Posisi ulengpuleng / battulappa yang dicari adalah yang terletak dipunggung badik kira-kira berjarak 5 cm dari hulu / pangulu karena dipercaya akan memudahkan rezki dan karir. Badik/kawali yang memiliki ulengpuleng dan battulappa juga dipercaya dapat menghindari gangguan mahluk halus, sihir dan tolak bala.
2. Mabelesse adalah retakan diatas punggung Badik / kawali sehingga seakan-akan Badik/kawali tersebut akan terbelah dua. Badik seperti ini dipercaya akan memudahkan rezki bagi pemiliknya sehingga banyak dicari oleh yang berprofesi sebagai pedagang.
3. Sumpang buaja sama seperti mabelesse cuma retakannya pada bilah dekat ujung Badik / kawali. Tuahnya sama seperti mabelesse namun yang dicari yang letaknya pada bilah sebelah kanan dekat ujung Badik / kawali.
4. Ure tuo adalah garis yang muncul pada bilah Badik/kawali. Yang dicari adalah yang tidak terputus-putus, kalau letaknya dipunggung Badik/kawali dan tidak terputus dari hulu sampai ujung tuahnya membuat sang pemilik disegani dan dituruti semua perkataannya, kalau melingkar ke atas dari bilah ke bilah sebelahnya seperti badik luwu sambang maka tuahnya untuk melindungi pemiliknya dari malapetaka dan kalau turun ke baja maka untuk memudahkan rezki.
5. Tolongeng adalah lubang pada punggung Badik/kawali yang tembus ke bawah terletak dekat hulu / pangulu sehingga kalau dilihat seakan seperti teropong. Pada zaman dahulu sebelum berangkat perang biasanya panglima perang meneropong pasukannya melalui Badik/kawali tolongeng.
6. Sippa’sikadong adalah retakan pada tengah bilah Badik / kawali dari punggung Badik/kawali. Tuahnya adalah membuat pemiliknya disenangi oleh siapa saja yang melihatnya. Pada zaman dahulu apabila ada seseorang akan melamar gadis, maka utusan dari laki-laki akan membawa Badik/kawali sippa’sikadong yang bertujuan agar memudahkan lamarannya diterima pihak perempuan
7. Pamussa’ adalah upaya memperkuat daya magis Badik / kawali yang diletakan dalam hulu / pangulu Badik/kawali. Biasanya dengan menggunakan bahan-bahan tertentu tergantung akan digunakan untuk apa Badik/kawali yang akan di beri pamussa.

Demikian sedikit ttg badik sulawesi, cintailah dan peliharalah budaya kita

O.. Iya satu lagi, yg biasa ada pada patung Sultan Hasanuddin itu bukan badik, melainkan "SUDAN" yg katanya hanya dipunyai oleh raja"


Quote:Original Posted By BebehMania
jaman dulu kala gan waktu bokap ane masih muda pernah mao di badik ama keluarga besar nenek gue yg ga mao cucu perempuannya(ibu gue gan) yg masih ada keturunan ningrat bugis dipacarin ama bokap ane
bokap sampe kabur gan keluar kota,tp ternyata keluarga bokap yg suku sunda ada yg sakti gan dg bantuannya akhirnya bisa didamaikan malah sampai nikah
badik punya kakek saya kecil gan,maksudnya supaya ga terlihat sama orang yg jadi sasaran kata beliau
kata bokap juga yg jago silat sangat sulit menangkis cara orang bugis nusuk karena ga terduga dan mengarah kerusuk


Quote:Original Posted By broind
keren nih tread badik makasar saya ada koleksi badik cmn 15 biji ,lammpo batang ,lagecong ama luwu ,meskipun ane bukan org bugis, ga tau knp liat badik demem banget ada sesuatu banget ,

ada istilah org2 bugis gini " bukan seorang lelaki jika tidak memiliki badik "

klo mau liat koleksi badik ane mampir aja k fb ga bisa uploat foto nih d kaskus :


Quote:Original Posted By wawaa
jadi inget tulisan ane waktu awal-awal nge blog nih gan..
tulisan 5 tahun yg lalu
ane nambahin boleh yak
Spoiler for "tambahan":

uodate:
oiya biasakan pake multi quote kalo komen ces...
takut nanti digerebek pak hansip dikira kejang kejang hehe..
taro di pejiwan jg nda papa


Quote:Original Posted By agoes.cahyadi
semoga calon HT gan

kebetulan saya juga warga makassar
ane tambahkan sedikit lagi.

ada beberapa badik yang mempunyai racun yang cukup tinggi
biasa nya setelah di tobok (tikam) hanya mengeluarkan darah beberapa tetes
sseudah itu luka tertutup dan tunggu saja beberapa jam ajal akan menjemput

tambah lagi gan
badik yang sempurna itu bisa berdiri tanpa ada penyangganya





Quote:Original Posted By Murley
Emang deh senjata di negara Indonesia itu Beragam


Quote:Original Posted By leavemenow
wess...mantap nih gan...
hahhaa...
nice share gan..


Quote:Original Posted By Intonton13
kata teman ane di makassar, teman ane takut kalau badik udah masuk kampusnya...


Quote:Original Posted By BlackRemix
Keren juga senjatanya


Quote:Original Posted By immagus
Mantabz gan.... senjata dari kampung ane tuh gan....


Quote:Original Posted By jande
kalau denger2 temen ane cerita tentang makasar dan badik jadi







—ari05 was here
SILAHKAN KUNJUNGI TREET ANE
Khasiat dari Habbatussauda
™


Quote:Original Posted By N.Vidic15
keren2 bener bentuk senjatanya


Quote:Original Posted By SeeWithOneEye
sekilas mirip2 kris orang jawa ya gan


Quote:Original Posted By sadarion
serem yah, bentuknya mirip keris


Quote:Original Posted By KRG.48
semacam kris kalo di JAWA ya gan
di percaya punya "sesuatu"


Quote:Original Posted By farah.fathiyah
mantap tritnya gan, ane baru tau macam² badik walopun sering liat di jadikan pajangan ma bokap teman²ku.


Quote:Original Posted By vellfire007
senjatanya khas indo bget
ane jadi inget pelajaran SD ttg senjata, taria, rumah adat di indo


Quote:Original Posted By fr4zer
biarpun kecil tapi mematikan ya gan...


Quote:Original Posted By baetus
mantabb negh senjata gann,,,
bokapp baetus masii punyaa negh,,,


Quote:Original Posted By sheinan11
Emang deh senjata di negara Indonesia itu Beragam


Quote:Original Posted By hard.lock
keren juga gan, ane bantu biar lebih banyak yang baca
ngga pertamax
itu kan keris indonesia gan kagak ad yang punya slain orng indonesia gan!

Spoiler for Hot News:
itu kan keris indonesia gan kagak ad yang punya slain orng indonesia gan!

Spoiler for Hot News:
Emang deh senjata di negara Indonesia itu Beragam
Quote:Original Posted By chareen029
pertamax horeeeee


ente kalah cepet ama ane...
jgn asal ngejar pertamax dong....
Quote:Original Posted By Murley
Emang deh senjata di negara Indonesia itu Beragam


bener gan

makasih udah nyimak trit ane
wess...mantap nih gan...
hahhaa...
nice share gan..
Quote:Original Posted By leavemenow
wess...mantap nih gan...
hahhaa...
nice share gan..


yup... makasih gan

dirate ya
Quote:Original Posted By chareen029
ngga pertamax


ente niat amat sih
kata teman ane di makassar, teman ane takut kalau badik udah masuk kampusnya...
kata teman ane di makassar, teman ane takut kalau badik udah masuk kampusnya...
ow gitu ya sejarahnya

nice info gan
Keren juga senjatanya
Mantabz gan.... senjata dari kampung ane tuh gan....
Keren juga senjatanya
Quote:Original Posted By immagus
Mantabz gan.... senjata dari kampung ane tuh gan....


orng makassar ya gan

kita se kampung gan
×