Tips merawat dan memperindah cat motor kita

Musim hujan sudah datang,saatnya ngerawat keindahan cat motor kita.
Motor udah keren,aksesoris udah komplit,Mesin udah kenceng,Cat ok banget...
Gimana cara ngerawatnya ya... ?

Ini ada beberapa tips untuk merawat bahkan menyempurnakan cat motor kita.
emang agak ribet kelihatannya, cuman percaya deh... hasilnya bakal bikin ketagihan. pinginnya jadi yang paling kinclong terus...

so here we goes...

Washing/mencuci :
salah satu faktor yang paling besar dalam menimbulkan baret halus (swirl mark) adalah kesalahan saat mencuci, jadi jangan anggap remeh step ini, oke berikut alat dan step-stepnya:

-Sabun,
Shampoo mobil/motor adalah yang paling baik untuk digunakan mencuci motor kita, jangan pernah memakai detergent (sabun colek,sabun cuci baju)untuk mencuci bagian body, karena kandungannya sangat keras dan tidak sesuai untuk cat motor kita, mahal dikit gak papa... yang penting jangka panjangnya cat motor kita bakal terjaga terus. untuk bagian lain (shock,ban,mesin,dan bagian lain yg bukan merupakan bagian dari cat utama) boleh saja menggunakan sabun detergent untuk membersihkannya.



-Applicator (media untuk mencuci)

Spoiler for applicator:


Gunakan applicator yang lembut dan tidak membuat cat baret. sebagai contoh gunakan salah satu jenis applicator ini: grout sponge,sea sponge,wash mitt,lambs wool, Jangan gunakan busa jok atau busa lainnya yang berpori kasar dan kecil. karena jenis busa ini cenderung kasar dan menahan pasir (bukan memerangkap pasir di dalamnya),cari yang porinya besar-besar sehingga kemungkinan untuk menimbulkan baret halus (swirl mark) akan terhindar, karena pasir yg tertinggal di body akan terperangkap di dalam pori applicator.

-2 system bucket, siapkan dua buah ember. Yang satu berisi shampoo yg sudah tercampur air, dan yang satunya lagi hanya berisi air bersih saja.

Mulai basah-basahan yuks :

Semprot dengan air seluruh bagian motor, sampai kalian yakin klo kotoran dan debu sudah hilang, mulai dengan meratakan shampoo yg ada di ember 1, dimulai dari bagian atas dulu, dan ingat sebelom pindah ke bagian yang lain masukkan dulu applicator tersebut ke ember 2 yg berisi air saja, goyang2kan applicatornya hingga sisa kotoran dan shampoo turun, baru ulangi lagi langkah awal hingga selesai ke bagian akhir dari motor. ulangi terus sampai yakin benar kalau motor sudah benar2 bersih.

semprot kembali bagian yang sudah dibersihkan tersebut, hingga sisa sabun hilang dan benar-benar bersih.

Saatnya ngeringin :

Untuk ngeringin paling bagus sih pake Microfiber Waffle weaf drying towell, cuman saya akuin emang mahal. so what can we do about it ? setidaknya gunain lap Chamois yang bagus, keringkan sampai ke bagian celah2 motor. dan usahakan supaya lap tersebut terus dibilas, sehingga tetap bersih. jangan tinggalkan bercak air sedikitpun, karena bercak air yg tertinggal berpotensi untuk menciptakan bekas noda air (water spot)nantinya, dan ampun dahhhh... itu susah bgt ngilanginnya klo udah bertahan lama.

Detailing process (acara poles memoles):

Biasanya kita kan asal langsung poles aja tuh motor, sebenernya ada loh step2nya, dan klo diikutin... motor yang butek bisa balik seger lagi tuh hehehehehe,

1.Claying,

Spoiler for clay:


Tujuannya untuk mengangkat kotoran2 yg udah lama banget nempel di body motor kita, seperti bekas aspal,bekas kotoran yg me"ngerak",dll. Tujuan utamanya ialah menyegarkan dan menghaluskan kembali cat motor kita. Kapan sih kita bisa tahu klo kita butuh men'clay' motor kita?
Coba deh raba dengan tangan kita (atau bisa juga kita masukan tangan kita ke dalam kantong plastik dan coba raba body motor kita dengan tangan yang sudah terbungkus plastik tersebut), klo kerasa kasar... nah berarti motor kita butuh nih treatment ini.
Clay ini bentuknya mirip kaya lilin yang buat mainan anak2 itu. Caranya,gosok clay ini disekujur cat motor dengan dilubrikasikan dulu menggunakan quik detailer (nanti kita bahas lagi apa sih quick detailer/QD).
gosok secara merata, lalu lap dengan menggunakan lap Microfiber/MF yang berkualitas.
Coba deh raba lagi.... wuih niscaya kayak pantat bayi tuh alusnya cat motor kita hahahaha.

2.Cleaning,

Spoiler for paint cleaner:


Tujuannya untuk menghilangkan bekas noda/wax terdahulu,meminimalkan/menghilangkan baret halus (swirl mark) yang ada.

3.Polishing,

Spoiler for polish:


langkah ini bertujuan untuk menghidupkan kembali warna cat kita. jangankan motor lama, motor yang baru keluar dari pabrik aja pasti ada cacatnya. nah... polishing adalah caranya. motor saya kebetulan masih tergolong baru, begitu melewati tahap ini hasilnya keliatan sekali berbeda... sampai2 orang dealernya aja nanya, di cat lagi ya pak motornya? hahahahahaha....

4.Waxing/protection/sealent

Spoiler for LSP:


nah pasti udah pada kenal sama tahap ini...? tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. produk mana yang bikin paling kinclong ?
cari yang terdapat kandungan pure carnaubanya (dibuat dari bahan alam), cuman biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. klo mau yg awet kinclongnya ? cari yang berbahan sintesis (biasa dikenal dengan Sealent product), basisnya dari bahan2 kimia sehingga lebih tahan terhadap cuaca. cuman untuk kinclongnya sih lebih
ok yg pure carnauba.
Spoiler for Applicator foam:


5.Maintaining,

Spoiler for QD:


Nah... semua proses tersebut dapat bertahan lebih lama lagi hasilnya klo kita rawat. Gimana sih cara ngerawatnya? bisa dengan waxing motor 2 minggu sekali, klo mau lebih bagus lagi bisa juga disemprotkan quik detailer setiap kita abis nyuci, step ini yang paling sering saya lakukan untuk mempertahankan hasil dari semuanya.

Klo semua step ini dilakukan dengan benar, hasilnya bakal RUARRRR...BIASA! cat akan terlihat lebih Deep, wetlook ,dan slick setiap harinya.

yang perlu diingat dari semua proses ini adalah :

-Jangan pernah mencampur campur produk ini dalam satu applicator pad. jadi buat cleaning applicatornya sendiri,buat polishing sendiri,buat waxing juga sendiri. lapnya juga gitu.. harus sendiri-sendiri.
-Gunakan lap yang terbuat dari bahan Microfiber, emang sih agak mahal... cuman yakin deh hasilnya bakal lebih bagus, gak bikin baret, dan lebih tahan lama karena bisa dicuci berkali kali.

ok segitu dulu ya....
klo ada yang mau nambahin atau bertanya.. mari kita bahas rame rame...

Dan seperti biasa apa yang dilakukan senior2 saya di kaskus....

GAK NOLAK KLO DIKASIH IJO IJO GAN... hehehe

thank u

best regards

achu




*UPDATE*

Tambahan biar lebih jelas lagi masalah polishing

apaan sih polish itu...?

Polish itu adalah produk yang mengandung unsur mengikis atau abrasive,
cara kerja polish yaitu dengan mengambil sedikit lapisan permukaan cat, untuk tujuan memperbaiki atau menghaluskan permukaan yang terdapat defect tersebut.

bentuk dari produk polish bisa cream,pasta,atau lotion.
klasifikasi polish dibagi berdasarkan kemampuan daya kikisnya terhadap permukaan cat.
jadi ada kelas light cut,medium cut, dan heavy cut.

semua kelas itu diperuntukan untuk keperluan spesifik kerja masing masing, apakah untuk tujuan memperbaiki atau tujuan menyempurnakan.

Selain itu jangan lupa juga, polish dibagi lagi menjadi 2 jenis aplikasi penggunaan.
Apakah itu untuk digunakan dengan tangan, atau digunakan dengan mesin.
INGAT! jangan sampai salah memilih.

ok sekarang kita masuk ke jenis jenis polish,
cuman ini yang saya tau aja ya...
klo ada yang mau menambahkan monggo silahkeun

Compound :
Biasa disebut dengan cutting compound atau rubbing compound, kegunaannya untuk menghilangkan defect yang diakibatkan oleh oksidasi berat atau scratch.

Polish :
Produk yang merupakan hasil perpaduan dari berbagai macam kandungan kimia, yang bertujuan unutk menghilangkan oksidasi ringan (bintik air),swirl mark (baret Halus), atau pun swirl mark yang timbul akibat dari pemakaian mesin poles.

Glaze :
Polishing produk yang sifatnya sangat ringan sekali, hampir tidak ada kemampuan unutk mengikis... diperuntukkan untuk mengembalikan kilauan permukaan cat dengan cara memberikan nutrisi khusus, glaze inilah yang sebenarnya membuat permukaan cat menjadi lebih berkilau. tapi perlu diingat... glaze tidak mempunyai kemampuan untuk memberikan proteksi terhadap sinar matahari atau cuaca.

Paint cleaner/pre-wax cleaner :
Produk yang mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk membersihkan sisa wax terdahulu, juga dapat digunakan sebagai penghilang kotoran yang tidak bisa hilang hanya dengan cara dicuci saja.

Gimana sih cara melakukan proses polishing yang baik:

- Jangan pernah mencampur adukan berbagai macam jenis polish di dalam satu kain yang sama. dengan kata lain... satu kain hanya digunakan untuk satu jenis polish begitu selanjutnya.

-Usahakan menggunakan tehnik yang paling ringan terlebih dahulu,
dicoba dengan memakai tangan saja di bagian yang perlu di polish , bila hal tersebut tidak berhasil... baru kita bisa beralih dengan menggunakan mesin detailing (dual action atau rotary buffer)

-Bekerjalah di lingkungan kerja yang cukup ventilasi udara, penerangan yang cukup, dan yang pasti jangan pernah bekerja di bawah sinar matahari langsung...

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/1114550 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.
mantab infonya

yang penting cat motor jangan disiram pertamax
Quote:Original Posted By tenso
mantab infonya

yang penting cat motor jangan disiram pertamax

hahaha pertamax masih mahal om...

cuman buat info aja ya... saya pernah baca, klo jaman dulu pas tahun 80an supir supir limousine di amerika mencampurkan minyak tanah ke dalam larutan shampo mobil mereka.
dan hasilnya memang terbukti kinclong sih, mungkin minyak dari kerosene tersebut ngasih efek glazing ke cat mobil mereka. jadi gak perlu capek2 ngewax mobil kali ya... buat cara instant supaya kinclong.

MAU COBA...?


Spoiler for Motornya TS:


BTW,

Ini ada beberapa tambahan lagi bagaimana cara merawat Kain Microfiber kita agar tetap dalam kondisi prima.

- Cucilah kain MF kita sesering mungkin, apalagi klo kain tersebut digunakan untuk Polishing product.
- Cara mencuci yang benar adalah, gunakan Detergent yang lembut dan tidak mengandung unsur Softener (Attack dengan softener,Rinso dengan Softener) karena softener tersebut dapat membuat serat microfiber menjadi rusak, dan hilang tekstur lembutnya. Tambahkan sedikit Cuka makan dalam air yang berisi detergent, tujuannya agar serat MF dapat lentur kembali.
- Cara mengeringkan yang benar, adalah dengan diangin anginkan saja ...
jangan pernah di jemur dibawah sinar matahari langsung karena akan merusak serat pada kain tersebut.

Untuk mencuci polishing pad, kurang lebih sama dengan cara diatas,
namun yang paling penting adalah, jangan pernah meninggalkan pad kita dalam keadaan sangat kering. karena dapat merusak kontur Spongenya.

Sebelum menggunakan Pad tersebut, ada baiknya dibasahi sedikit dengan cara disemprot dengan semprotan yang buat setrikaan itu (gak tau nama kerennya apaan ... )

Yup, kurang lebih seperti itu ...
selamat bekerja ...
ok.. trus harga tuh barang2 brapa??
Quote:Original Posted By Sesio
ok.. trus harga tuh barang2 brapa??

waduh... klo harga terus terang saya gak mau ngomong, ntar dikira jualan lagi...
klo mau iseng coba aja jalan2 ke ACE HARDWARE. semua barang2 ini ada disana kok.


Kita Explore lagi yuk poles molesnya ....


Banyak yang bilang,
Om ... klo abis di Wax/glaze Motor saya keliatan kinclong kok

Cuman kenapa ya, setelah beberapa lama timbul baret halus lagi,
mulai butek lagi, mulai gak enak dilihat lagi ...

Coba kita lihat diagram dibawah ini

Spoiler for Diagram 1:


Lihat yang biru2 itu kan ...?
Nah, yang biru2 itu mewakili produk Wax/sealent/glaze yang biasa kita pakai sehari hari.
Lihat deh ... dia bertugas untuk mengisi lubang lubang defect yang ada di motor/mobil kita.

Yup betul sekali, mereka hanya mengisi/menyamarkan saja ...
dan tidak menghilangkan Defect tersebut, itulah kenapa kok setelah beberapa kali cuci mulai timbul lagi baret2 tersebut.

Nah lain lagi dengan Compound yang memiliki daya kikis ....

Spoiler for diagram compound:


Dia bukan hanya menyamarkan atau mengisi Defect tersebut, melainkan dia menghilangkan defect2 tersebut.

Kira kira seperti itulah adanya,
Semoga makin tambah jelas dan kita semakin paham mengenai tugas dan fungsi kedua produk tersebut

cheers
Quote:Original Posted By motoro 54
waduh... klo harga terus terang saya gak mau ngomong, ntar dikira jualan lagi...
klo mau iseng coba aja jalan2 ke ACE HARDWARE. semua barang2 ini ada disana kok.


ya nggak lah..
cm buat patokan aja.. gw musti bawa duit berapa pas ke es hatwer gitu..

gw sih biasanya nyuci motor pake shampo motor doang, trus dikeringin
kalo lg gk buru2, sekalian poles2 juga.. gitu aj cukup kali ya..
trit yg lama kenapa gak diterusin?
Quote:Original Posted By darsonosu
trit yg lama kenapa gak diterusin?

kan ilang mas... hehehe.
yang penting : jangan sering2 dijemur.
Quote:Original Posted By Sesio
ya nggak lah..
cm buat patokan aja.. gw musti bawa duit berapa pas ke es hatwer gitu..

gw sih biasanya nyuci motor pake shampo motor doang, trus dikeringin
kalo lg gk buru2, sekalian poles2 juga.. gitu aj cukup kali ya..

berarti om type2 cowok tergesa gesa namun mesra...
cocoknya pake quik detailer om,
untuk harga dibawah 100ribu bs pake yg produk turtle wax.
cuman klo lebih mentingin hasil akhir daripada harga bs milih Meguiar's ultimate quik detailer, harganya 200ribuan. gue pake ini sekarang... hasilnya maknyus... begitu ada air nemplok di motor lsg turun tuh air kayak di daun talas. cuman Turtle wax QD udah cukup ok kok.
Tapi tetep inget ya om ... at least di poles 1 bulan sekali, karena quik detailer fungsinya cuman buat perawatan aja. untuk perlindungan tetep harus pake proses waxing/sealent
jadi mika lampu biar ga kusam dicompound dulu ya...kukira mika lampu ga bisa di wax.. soalnya kubaca dipage berapa wax itu digunakan hanya untuk berbahan cat aja kalo diplastik bisa putih, maksudnya gimana ya???
Sebenarnya yang ga boleh di wax itu apa aja ya???

jadi mika lampu biar ga kusam dicompound dulu ya...kukira mika lampu ga bisa di wax.. soalnya kubaca dipage berapa wax itu digunakan hanya untuk berbahan cat aja kalo diplastik bisa putih, maksudnya gimana ya???
Sebenarnya yang ga boleh di wax itu apa aja ya???

jadi mika lampu biar ga kusam dicompound dulu ya...kukira mika lampu ga bisa di wax.. soalnya kubaca dipage berapa wax itu digunakan hanya untuk berbahan cat aja kalo diplastik bisa putih, maksudnya gimana ya???
Sebenarnya yang ga boleh di wax itu apa aja ya???
silent reader ijin meninggalkan jejak di rumah baru
apalagi baru di teras aka pejwan gini
dah part 2 ajee
Ya Tuhan..gw PEKI ONE, cihuuy ....

Quote:Original Posted By fitria2007

jadi mika lampu biar ga kusam dicompound dulu ya...kukira mika lampu ga bisa di wax.. soalnya kubaca dipage berapa wax itu digunakan hanya untuk berbahan cat aja kalo diplastik bisa putih, maksudnya gimana ya???
Sebenarnya yang ga boleh di wax itu apa aja ya???


Kalaw gw sih wax buat bahan/body motor dicat yang di pernish
Buat yang berbahan dasar plastik/kulit jeruk, biasa pake k*t high/low gloss
(hasil lumayan nge-gloss, cuma ngga awet)

Sory Dopost ... >,<
Quote:Original Posted By miauwsaber
Kalaw gw sih wax buat bahan/body motor dicat yang di pernish
Buat yang berbahan dasar plastik/kulit jeruk, biasa pake k*t high/low gloss
(hasil lumayan nge-gloss, cuma ngga awet)


jadi k*t high/low gloss bisa dipakai juga utk mika lampukan???
kalo agan sendiri jok motor pake apa???

maaf banyak tanya baru belajar
Quote:Original Posted By fitria2007
jadi k*t high/low gloss bisa dipakai juga utk mika lampukan???
kalo agan sendiri jok motor pake apa???

maaf banyak tanya baru belajar


bisa koq..

kalo jok gue sih bersihin biasa aja.. pernah gue pakein leather cleaner buat kulit, walhasil, licin (cocok tuh kalo buat yang lagi pacaran )
Quote:Original Posted By UcHiNg
bisa koq..

kalo jok gue sih bersihin biasa aja.. pernah gue pakein leather cleaner buat kulit, walhasil, licin (cocok tuh kalo buat yang lagi pacaran )


jadi jok motor ga ada ya cocok ya buat hitamin kebanyakan licin...soalnya jok/tempat duduk motor motor sini dah ga hitam pekat lagi dan ada baret2 kecil....jadi yang cocok merek apa???
pektuu

double

Quote:Original Posted By UcHiNg
bisa koq..

kalo jok gue sih bersihin biasa aja.. pernah gue pakein leather cleaner buat kulit, walhasil, licin (cocok tuh kalo buat yang lagi pacaran )


nanti punggung jadi geli geli gimanaaa gitu
Quote:Original Posted By fitria2007
jadi jok motor ga ada ya cocok ya buat hitamin kebanyakan licin...soalnya jok/tempat duduk motor motor sini dah ga hitam pekat lagi dan ada baret2 kecil....jadi yang cocok merek apa???


yang jelas sih jangan pake semir or leather wax ya.. jangan dicuci pake shampoo motor yang mengandung silikon, atau diolesin kit semprot (yg silikon itu), soalnya hasilnya sama, licin
oh iya, gue pernah pake cololite leather cleaner buat bersihin, lumayan koq. ga licin. cuma ga terlalu item sih..

Quote:Original Posted By hciuw
pektuu

double



nanti punggung jadi geli geli gimanaaa gitu


itu namanya disini SUNYOTO gan..
SUsu NYOdok TOnggong (susu neken punggung)
bukan geli-geli lagi.. semriwiing....