KASKUS

Video Berkunjung ke Museum Pembela Tanah Air (PETA) di Bogor

Quote:Mari Budayakan Quote:Quote:Museum Pembela Tanah Air (PETA)Quote:
Alamat: Jl.Jenderal Sudirman N0.35 Bogor Jawa Barat,Indonesia
Telp/Fax : 0251-8344560
Quote:Lokasi gedung terletak sekitar 700m dari Istana Bogor. pada tahun 1943 gedung ini digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air (walaupun masih di bawah kontrol Jepang). Namun di kemudian hari , pasukan PETA sering mengadakan perlawanan ke pihak jepang . dan PETA ini lah yang akhirnya menjadi salah satu cikal bakal satuan yang bersatu membentuk BKR (lalu TKR dan lalu TNI).

Tentara Peta merupakan tentara kebangsaan yang oleh pemimpin-pemimpin pergerakan kebangsaan Tanah Air saat itu dipersiapkan untuk menjadi tentara kebangsaan Negara Indonesia Merdeka. Di Kota Bogor inilah pertama kali diselenggarakan pembentukan taruna-taruna yang kemudian melahirkan perwira-perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air, Tentara Kebangsaan Indonesia.

Di bumi prajurit Pabaton Bogor inilah telah dibangkitkan jiwa keprajuritan kebangsaan Indonesia yang menggerakan setiap perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air untuk dikemudian hari berperan didalam gerakan persiapan Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai pada pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi cikal bakal Tentara Indonesia.

Quote:Quote:Selintas Tentang Museum PETA
Quote:Gedung yang difungsikan sebagai museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa (Inggris). Pembangunan monumen dan Museum PETA (Pembela Tanah Air) atas prakarsa YAPETA (Yayasan Pembela Tanah Air) yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara PETA dan kontribusinya pada pendirian bangsa dan negara ini. Disamping untuk memberikan gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia dan persiapan dalam mengisi kemerdekaan tersebut.

Persiapan pendirian museum dimulai pada tanggal 14 Nopember 1993 dengan peletakan batu pertamanya oleh Wakil Presiden RI, yang juga sesepuh YAPETA, yaitu Bapak Umar Wirahadikusumah. Museum ini sebelumnya membaur dengan komplek zeni. Gedung ini diresmikan sebagai Museum yang didedikasikan untuk para prajurit PETA pada tanggal 18 Desember 1995 oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke II) juga sebagai mantan Perwira PETA angkatan I.

Quote:Kota Bogor inilah dahulu yang menjadi pusat latihan tentara yang bernama Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Sehingga pada tanggal 19 Oktober 1995, melalui surat keputusan DPRD Kotamadya Tingkat II Bogor Nomor.3/kep/DPRD/1995 telah menetapkan Bogor sebagai Kota Pembela Tanah Air (PETA).

Hal tersebut semakin mengukuhkan Bogor sebagai bumi keprajuritan yang melahirkan perwira-perwira tangguh, yang kemudian berperan besar dalam gerakan persiapan menuju kemerdekaan bangsa Indonesia yang merupakan cikal bakal terbentuknya TNI.


Quote:Quote:Koleksi MuseumQuote:Seperti umumnya museum sejarah, penyajiannya dalam bentuk diorama. Museum Peta memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara Peta dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan. Pada tanggal 3 Oktober 1943 bertempat dibekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton Bogor, sekarang menjadi Jl. Jend. Sudirman dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air.


Koleksi yang ada di Museum Peta, terdiri atas:

Relief/Monumen, yang menceritakan dari awal terbentuknya tentara PETA dan terjadinya pertempuran tentara PETA melawan Penjajah. Koleksi patung, perlengkapan perang, meriam, dan senjata lainnya
Diorama, sebanyak 14 buah, menggambarkan peristiwa/kegiatan yang dilakukan tentara PETA, yaitu:
  1. Diorama 1 : Kesepakatan tokoh-tokoh Bangsa Indonesia untuk mengupayakan berdirinya tentara PETA (1943)
  2. Diorama 2 : Kegiatan Latihan Di Pusat Pendidikan Perwira Pembela Tanah Air Bogor (1943)
  3. Diorama 3 : Pembentukan Batalyon-Batalyon PETA di Daerah Jawa, Madura Dan Bali (1944)
  4. Diorama 4 : Pemberontakan PETA di Blitar (14 Pebruari 1945)
  5. Diorama 5 : Tipu Muslihat Katagiri Butaicho (Jepang) Terhadap Syodancho Muradi (15 Pebruari 1945)
  6. Diorama 6 : Peristiwa 16 Agustus 1945 di Kompi Pembela Tanah Air (PETA) Rengasdengklok
  7. Diorama 7 : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 di Jln. Pegangsaan Timur 56, Jakarta
  8. Diorama 8 : Badan Keamanan Rakyat (BKR) Cikal Bakal TNI (22 Agustus 1945)
  9. Diorama 9 : Peristiwa Rapat Raksasa 19 September 1945 di Lapangan IKADA, Jakarta
  10. Diorama 10 : Peristiwa Serbuan Osha Butai Kota Baru oleh Pasukan BKR Yogyakarta (Oktober 1945)
  11. Diorama 11 : BKR Malang merintis Matra Kedirgantaraan dalam Pembentukan Kekuatan Bersenjata Indonesia (Oktober 1945)
  12. Diorama 12 : Pemindahan Markas Angkatan Darat Jepang Di Jawa Timur Ke Tangan Bangsa Indonesia (Oktober 1945)
  13. Diorama 13 : Ambarawa Dan Lahirnya Hari Infantri TNI-AD (Angkatan Darat) (15 Desember 1945)
  14. Diorama 14 : Pemilihan Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (12 November 1945)
Quote:Galeri Foto
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Videonya gan
Quote:Original Posted By jambulajaib
FYI

jangan heran kalo agan2 berkunjung kesitu (Muesum PETA) bakal nemuin gerbangnya tertutup..
museum ini buka atas pesanan tertentu saja.. di mana kalo agan2 mau berkunjung harus membawa minimal rombongan sejumlah 25 orang, plus retribusi tiket masuk Rp.2500/orang

bahkan saat ane datengin pas HUT Kemerdekaan 2011 kemaren, museum perjuangan ini pun tetep tutup.. sangat disayangkan memang, padahal kalo keberatan di biaya operasional, bisa diakali dengan buka di hari2 tertentu saja


kalo agan2 yang kecewa karena ketika berkunjung tidak bisa masuk, agan2 bisa mengalihkan ke museum perjuangan lainnya di Bogor..
MUSEUM PERJOANGAN BOGOR
Spoiler for :
isinya dokumen2 ketika masa revolusi, diorama pertempuran para pejuang Bogor di masa revolusi, senjata2 pada masa revolusi .. bahkan ada merah putih pertama yang dikibarkan di Bogor gan..

letaknya ada di Jalan Merdeka No.56, Bogor .. agan2 dari stasiun bisa naek 03 terus jalan agak jauh .. perhatikan seksama gan, karena letak museumnya nyepil di deretan ruko2 pasar


Spoiler for "dahulu":


Quote:Sumber
Sumber
Quote:Selamat Berkunjung ya gan
Semoga Bermanfaat
Rserved TS kaga nolak gan
hehe, ane mulai nyimak PETA ini waktu belajar sejarah Indonesia di SD..

kayanya belum lengkap kalau ga ke museum ini gan...

thanks infonya...
udah pernah kesana ane gan
sd ane ga perhatikan pelajaran gan, mkny gtw. hhe
Ane taunya Bapak Supriyadi gan n bapak Supriyadi masih kontroversi,ada yang bilang di hukum mati,ada yang bilang masih hiidup..

yang bener mana yah?
Quote:Original Posted By ramosmartinn
hehe, ane mulai nyimak PETA ini waktu belajar sejarah Indonesia di SD..

kayanya belum lengkap kalau ga ke museum ini gan...

thanks infonya...

monggo om sgera knjungi museumnya
Quote:Original Posted By Bebeh.Cleopatra
udah pernah kesana ane gan

share dong pengalamnnya gan
Belom pernah kesana gua
Quote:Original Posted By srintilwedus
Ane taunya Bapak Supriyadi gan n bapak Supriyadi masih kontroversi,ada yang bilang di hukum mati,ada yang bilang masih hiidup..

yang bener mana yah?


ane juga masih bingung gan, tp ane yakin klo beliau emg sdh gugur
sejak dini adek-adek harus sering belajar sejarah dengan yang ada di museum
sejak dini adek-adek harus sering belajar sejarah dengan yang ada di museum
wah ini museum mah sering ane lewatin gan. orang dket sama rumah ane. tapi cuma 2x ane masuk kemuseum itu.

kalo gsalah dlu waktu SD itu dikasih coin gitu gan. sistem nya kea dingdong. ntr klo di aquarium nya di masukin koin, ntr ada dialog" sejarah gitu gan. mantep deh. museum nya kerawat abis. seneng ane kalo liat ini museum.

thx gan udah posting museum di kota ane
Quote:Original Posted By cingcauuu
wah ini museum mah sering ane lewatin gan. orang dket sama rumah ane. tapi cuma 2x ane masuk kemuseum itu.

kalo gsalah dlu waktu SD itu dikasih coin gitu gan. sistem nya kea dingdong. ntr klo di aquarium nya di masukin koin, ntr ada dialog" sejarah gitu gan. mantep deh. museum nya kerawat abis. seneng ane kalo liat ini museum.

thx gan udah posting museum di kota ane

iya gan, sama2 moga info ini bisa bermanfaat nih bagi kaskuser yg pengen berkunjung ksno
oia skrg kan disana ada perayaan Hut PETA ya gan
pasti tambah rame nih museumnya
ane baru ke musium zoologi gan,btw tiket masukna brp y gan m buka jam brp smp jm brp thx

Wow mengingatkan kita dengan sejarah perjuangan bangsa
FYI

jangan heran kalo agan2 berkunjung kesitu (Muesum PETA) bakal nemuin gerbangnya tertutup..
museum ini buka atas pesanan tertentu saja.. di mana kalo agan2 mau berkunjung harus membawa minimal rombongan sejumlah 25 orang, plus retribusi tiket masuk Rp.2500/orang

bahkan saat ane datengin pas HUT Kemerdekaan 2011 kemaren, museum perjuangan ini pun tetep tutup.. sangat disayangkan memang, padahal kalo keberatan di biaya operasional, bisa diakali dengan buka di hari2 tertentu saja


kalo agan2 yang kecewa karena ketika berkunjung tidak bisa masuk, agan2 bisa mengalihkan ke museum perjuangan lainnya di Bogor..
MUSEUM PERJOANGAN BOGOR
[/URL]
isinya dokumen2 ketika masa revolusi, diorama pertempuran para pejuang Bogor di masa revolusi, senjata2 pada masa revolusi .. bahkan ada merah putih pertama yang dikibarkan di Bogor gan..

letaknya ada di Jalan Merdeka No.56, Bogor .. agan2 dari stasiun bisa naek 03 terus jalan agak jauh .. perhatikan seksama gan, karena letak museumnya nyepil di deretan ruko2 pasar


Spoiler for dahulu:
museumnya sering ane lewatin ini mah,,
tapi ane blm pernah masuk ...
di jabar yah, coba deket sini pasti ane maen ke situ gan
pasti bagus yah cikal bakal kemerdekaannya tuh
Quote:Original Posted By jambulajaib
FYI

jangan heran kalo agan2 berkunjung kesitu (Muesum PETA) bakal nemuin gerbangnya tertutup..
museum ini buka atas pesanan tertentu saja.. di mana kalo agan2 mau berkunjung harus membawa minimal rombongan sejumlah 25 orang, plus retribusi tiket masuk Rp.2500/orang

bahkan saat ane datengin pas HUT Kemerdekaan 2011 kemaren, museum perjuangan ini pun tetep tutup.. sangat disayangkan memang, padahal kalo keberatan di biaya operasional, bisa diakali dengan buka di hari2 tertentu saja


kalo agan2 yang kecewa karena ketika berkunjung tidak bisa masuk, agan2 bisa mengalihkan ke museum perjuangan lainnya di Bogor..
MUSEUM PERJOANGAN BOGOR
[/url]isinya dokumen2 ketika masa revolusi, diorama pertempuran para pejuang Bogor di masa revolusi, senjata2 pada masa revolusi .. bahkan ada merah putih pertama yang dikibarkan di Bogor gan..

letaknya ada di Jalan Merdeka No.56, Bogor .. agan2 dari stasiun bisa naek 03 terus jalan agak jauh .. perhatikan seksama gan, karena letak museumnya nyepil di deretan ruko2 pasar


Spoiler for "dahulu":


yah itung2 sekalian buat biaya perawatan gan
tapi ga rugi kan kalo kesana
×