Lightbulb Mesin Jet (Aircraft Power Plant)

SILAHKAN DI BACA - BACA GAN
BUAT NAMBAH - NAMBAH ILMU PENGETAHUAN


Quote:
TERIMAKASIH UNTUK MIMIN DAN MOMOD HT PERTAMA ANE GAN




Spoiler for CEK GAN:

Mesin Jet (Aircraft Power Plant)

Quote:Quote:





Pesawat terbang, adalah salah satu obyek yang selalu menarik untuk disimak. Kali ini kita akan melihat perkembangan salah satu “organ vital” pesawat terbang yaitu mesin pendorong yang berjenis mesin Jet atau dalam dunia penerba*ngan biasa disebut Aircraft Power Plant
Mengapa disebut sebagai “organ vital” tentu saja…mesin Jet ini ibarat organ jantung pada manusia yang berfungsi mengatur denyut nadi, juga tekanan darah, yang secara umum pada akhirnya menentukan kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Apabila jantung manusia berhenti, maka seluruh kegiatan kehidupan yang ditunjang olehnya juga akan berhenti. Begitupun dengan mesin pesawat terbang. Apabila mesin itu mati karena suatu hal, maka secara umum sistem internal di dalam pesawat itu akan terancam kelangsungan hidupnya. Hal ini disebabkan karena mesin itu menyediakan fungsi sistem-sistem internal yang ada di dalam pesawat terbang tersebut. Sistem apa sajakah itu?

Sistem-sistem tersebut adalah Sistem Kelistrikan (Electrical System), Sistem Hidrolis (Hydraulic System), Sistem Tekanan Kabin (Pressurization System), Sistem Kendali Pesawat Terbang (Flight Control System), serta sistem-sistem sekunder lain yang ada dalam pesawat terbang.Roda pendarat sangat tergantung dengan adanya Sistem Hidrolis ini.Penumpang di dalam pesawat terbang sangat tergantung dengan keberadaan sistem tekanan kabin, agar dapat bernapas dengan leluasa serta normal seperti layaknya diatas daratan.Sang penerbang pun sa*ngat tergantung dengan sistem kelistrikan, supaya alat navigasi, alat komunikasi, serta alat-alat penunjuk lain dapat diandalkan. Sehingga dapat dibayangkan seandainya mesin pesawat terbang tersebut berhenti bekerja, maka semua sistem diatas akan berhenti juga. Itulah sebabnya mesin pesawat terbang mempunyai peran sebagai “organ vital”.Dahulu saat pesawat terbang berhasil dibuat oleh Wright bersaudara, satu-satunya tenaga penggerak dan pendorong adalah mesin sederhana yang menggerakkan baling-baling.Baling-baling itu lalu menimbulkan daya dorong (thrust), yang didukung oleh profil tertentu sayap pesawat, sehingga menimbulkan gaya angkat (lift ). Gabungan dari daya dorong dan gaya angkat itulah yang membuat pesawat terbang mampu mengudara seperti yang kita lihat.

Tentunya dua gaya itu harus lebih besar dari dua gaya “lawannya”, yaitu gaya berat (weight) dan hambatan(drag). Seiring berjalannya waktu, mesin berbaling-baling dirasakan tidak mencukupi lagi kebutuhan manusia untuk dapat menikmati pesawat terbang. Hal ini disebabkan pesawat berbaling-baling (Propelled Aircraft) memiliki keterbatasan dalam hal ketinggian jelajah, pemborosan bahan bakar, jarak tempuh, serta waktu tempuh penerbangan. Para insinyur penerbangan ingin membuat pesawat terbang yang mampu menjelajah pada ketinggian yang optimal sekaligus menghemat bahan bakar, memanfaatkan massa udara yang sedikit untuk dimampatkan lalu menghasilkan daya dorong yang spektakuler, serta mampu menempuh jarak yang cukup jauh dengan waktu tempuh yang pendek. Terdengar hampir mustahil memang. Namun, para insinyur pe*nerbangan bersungguh-sungguh ingin mewujudkan keinginan itu. Untuk memenuhi “ambisi” ini, maka dibuatlah mesin Jet.



Quote:Quote:
Prinsip Prinsip Daya Dorong Jet


Apa arti Jet sebenarnya? Darimana konsep Jet itu berasal? Siapakah manusia pertama yang menemukannya? Jet artinya pancaran atau semprotan.Konsep reaksi Jet pertama kali dipercaya oleh para ilmuwan dari sebuah alat permainan di negeri Romawi kuno yang dikenal dengan sebutan Hero’s Engine. Alat permainan ini dipercaya dibuat pada masa 120 tahun SM. Alat ini menggambarkan bahwa gaya/momentum (berupa uap) yang dikeluarkan oleh mulut Jet itu mampu menghasilkan reaksi yang sama besar dengan daya dorong Jet itu sendiri.Kedua Jet kecil itu memancarkan tekanan yang berakibat kedua Jet itu bergerak berputar putar. Kemudian hasilnya Hero’s Engine-pun berputar oleh dorongan kedua Jet itu.

Ilmuwan Fisika terkenal, Sir Isaac Newton juga merumuskan dalam hukumnya yang ketiga, hukum Aksi dan Reaksi. Hukum itu menyatakan “Setiap gaya yang beraksi pada suatu benda, akan menghasilkan reaksi gaya yang berlawanan arah yang sama besarnya”. Dari sinilah para insinyur penerbangan memulai bekerja menciptakan suatu Mesin Jet yang menjadi tenaga pendorong pesawat terbang.



Tahun 1913 seorang insinyur Perancis bernama Rene Lorin, mematenkan sebuah konsep Mesin berdaya dorong Jet. Tetapi ini ternyata barulah sebuah teori, karena pada masa itu belum ada manufaktur atau produsen yang mampu membuat mesin Jet yang berdasar pada teori ini, meskipun saat ini ternyata Ram Jet (salah satu metoda mesin Jet modern) menggunakan konsep Lorin ini.

Tahun 1930 Frank Whittle dipercaya telah mematenkan karyanya, yaitu sebuah mesin gas turbin yang menghasilkan daya dorong Jet. Tetapi inipun masih berupa teori juga. Mesin gas turbin ini baru selesai sebelas tahun kemudian olehnya melalui uji terbang terlebih dahulu.Konsep mesin gas turbin bertipe Turbo Jet buatan Frank Whittle ini kelak dipakai oleh salah satu manufaktur Mesin Jet terkemuka di dunia yaitu Rolls-Royce Welland.


Quote:Quote:
Beberapa Metoda Daya Dorong Jet

Semua jenis mesin Jet sebetulnya sama. Yaitu sama-sama dihasilkan dari bahan bakar dicampur udara yang telah dimampatkan lalu dibakar, sehingga menghasilkan energi berupa daya dorong untuk terbang. Perbedaannya hanyalah pada “cara memasak” bahan bakar plus udara dan pembakarannya saja. Cara memasak diatas disebut Metoda. Bebe*rapa Metoda itu adalah Ram Jet,Pulse Jet,Rocket,Gas Turbine,Turbo/Ram Jet atau Turbo Rocket.



Masing masing metoda daya do*rong Jet diatas memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri.Tergantung tujuan dan keperluan penggunaannya. Untuk kepentingan pesawat terbang militer tentunya berbeda dengan kepentingan pesawat komersial.

Pesawat Jet militer (fighting aircraft) membutuhkan karakteristik mesin Jet yang tangguh, lincah, fleksibel, dan bertenaga besar untuk mengejar dan memburu lawannya, sekaligus berkelit dari incaran lawan. Sementara itu, pesawat Jet komersial (Jetliner) memerlukan mesin Jet yang dapat diandalkan pada beberapa keadaan cuaca yang terkadang buruk, mudah dioperasikan saat keadaan abnormal apalagi darurat, irit bahan bakar, biaya perawatan yang murah dan mudah, disamping memiliki kemampuan menanjak yang optimum. Dalam hal ini pilihan tentang jenis atau metoda mesin Jet se*perti diatas menjadi sangat penting.( Sigit, pilot maskapai BUMN )


VIDEONYA GAN

Original Posted By IndraEMC ?

SUMBER


TERIMAKASIH BUAT AGAN-AGAN YANG UDAH NGIRIM CENDOL KE KULKAS ANE GAN

Spoiler for CEK ke TKP Gan:


TERIMAKASIH AGAN-AGAN YANG UDAH PADA MAMPIR
SEHINGGA BISA JADI HT PERTAMA ANE





PERTANYAAN DARI KASKUSER
Quote:Original Posted By pungkursari
itukan tentang bagaimana jet berjlan,,
kemudian pertanyaannya, saya pernah lihat d youtube tentang jet mainan yang dikendalikan dengan remote..
nah kl itu sendiri apakah tenaga yang dipakai untuk mengudara menggunakn cara yang sama dengan jet yang asli ataukah ada cara lainnya.?
soalnya mesin2 besar jet asli g mungkin d masukkan dalam jet mainan kan.?


DISKUSI DI LANJUTKAN DI COMENT AGAN AGAN YANG MEMPUNYAI INFO LEBIH TENTANG MESIN JET
Quote:Quote:Original Posted By nino_ajah


mudah mudahan sedikit membantu... Jet sendiri sebenarnya adalah bagian dari dinamika fluida... dimana suatu aliran fluida yang melawati penyempitan mulut selang/pipa/atau penampang yang lain (nozel) yang menyebabkan fluida mempunyai tekanan yang rendah tetapi mempunyai kecepatan(velocity) yang tinggi, hal ini menghasilkan Trust(gak tau ane bahasa indonesianya heheh...gaya dorong kali ya??). prinsip ini lah yang dipakai oleh mesin jet atau jet engine.

nah jet engine sendiri ada banyak spt truboprop,turboshaft,ramjet,pulsejet dsb... pada dasarnya mesin mesin ini di buat untuk dapat menghasilkan fenomena JET itu sendiri yg dapat menghasilkan trust

Jet engine sendiri yang paling populer di dunia (baik penerbangan maupun indutri) adalah turboprop dan turboshaft. kedua mesin ini menggunakan prinsip turbin untuk menghasilkan Jet trust (air intake->compressor->combution chamber->turbin->nozle). yang membedakan turboprop dengan tuboshaft adalah kalau turboprop masih menggunakan baling baling untuk menghasilkan trust yang besar(dengan kata lain tenaga yang dihasilkan engine di peruntukan untuk menggerakan propeler) sedangkan turboshaft tidak menggunakan baling baling,kenapa? karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini besar, hasil air expantion (bingung bhs indonye lg..hehe) dari combustion chamber sudah sangat besar di tambah dengan nozel pada engine sudah cukup utuk menghasilkan trust yang besar.

yang perlu di perhatikan disini(pada turboprop dan turboshaft) adalah engine ini mempunyai compressor untuk mengompres udara yang masuk sehingga pada saat di bakar energi yang keluar menjadi tinggi untuk menggerkan turbin. dan turbin itu pula nanti yang akan kembali menggerakan compressor. pada dasarnya sebagian besar energi yang dihasilkan turbin adalah untuk menggerakan compressor.

nah untuk ramjet ni....pada dasarnya hampir sama sama turboprop dan turboshaf cuma kita hilangkan compressor dan turbinya aja.... dengan kata lau cuma air intake->cumbution chamber->nozel

dikarenakan mesin ini tidak punya comprssor dan turbin maka mesin ini gak akan bisa di gunakan jika pesawat(contoh) akan diterbangkan dari kondisi diam... karena dalam combution chamber tidak ada cukup udar bertekanan yang akan di bakar dan menghasilkan air expansion dan trust. jadi mesin ini akan bekerja pada saat pesawat sudah mengudara... dan mengudara pun belum cukup untuk engine ini menghasilkan trust yang tinggi... pada dasarnya mesin ini akan efektif jika pesawat di kecepatan mach 3(wikipedia....hehe)... nah emang ada pesawat sampe mach 3....?makanya jarang ada pesawat menggunakan engine ini.... biasanya engine ini dipasang pada missile(rudal)...di atas ramjet sebenarnya ada scraemjet engine...dengan prinsip yang sama namun dengan tingkat efectifitas yang lebih besar creamjet dapat menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi CMIIW

nah untuk pulsejet hampirsama sama dengan ramjet namun pulsejet menghasilkan tenaga yang intermitten(pulsasif kaliya bahasa indonesianya)... sehingga tenaga yang dihasilkan kecil. CMIIW

satu lagi.... BPYDTLjet Engine (Balon Pesta Yang Ditiup Terus di Lepas)..... tekanan yang tinggi dalam balon mendorong udara keluar melalui mulut balon yang sempit(Nozel) menghasilkan trust yang menyebankan balon terbang(minimal bergerak menggila) jika dilepas....hehehehehehehehe

satu lagi yang buat pesawat bisa terbang sebenarnya bukan turbojet engine nya melainkan sayapnya yang di disain sedemikian rupa bisa mengangkat badan pesawat...sedangkan engine nya hanya menghasilkan gaya dorong kedepan... pesawat gak akan mengudara jika kecepatan minimunya belum tercapai...

korek mi if aim rong yak....

yukkk



Quote:Original Posted By stealth007


kecepatan efektif Mach 3 itu sebenernya data yang variabilitasnya tinggi. pada dasarnya Ramjet udah bisa berfungsi di sekitar kecepatan Mach 1
contoh gamblangnya itu mesin SR-71 Blackbird, Spike Mesinnya itu menyediakan kompresi udara yang cukup saat pesawat mulai menembus Sound Barrier yang memunculkan Shockwave di depan SPike Mesin tadi, selanjutnya Spike akan ditarik dan menyediakan lebih banyak ruang untuk udara masuk

ohiya pesawat Hypervelocity (mach 3+) udh banyak gan, walaupun masih sebatas prototype. contohnya X-34 sama X-51


Quote:Original Posted By nino_ajah


hehe iya ya.... makanya ane bilang jarang ada pesawat yg pake engine ini... pada dasarnya ramjet gak bisa berdiri sendiri... mesti ada engine pendorong pertama terlebih dahulu(ex turbojet engine...emang engine ini aja kayaknya yg ada ...hehehe)

FYI SR-71 blackbird mengunakan engine J58 besutan Pratt&Whitney (sadappppp.....besutan....). dan perlu di ingat J58 adalah turbo-ramjet engine...jadi pada dasarnya mesin pendorong nya adalah turbojet lalu apabila kecepatan sudah memenuhi maka ramjet mulai bekerja..... perlu di ingat pada saat ramjet bekerja turbojet engine masih tetap bekerja dengan sistem yang saling menutupi kekurangan....ramjet tidak dapat bekerja pada kecepatan rendah sedangkan turbojet kurang efektif pada kecepatan tinggi....begono.....hehe.....dan setau ane blackbird udah gak di gunakan oleh angkatan udara USA lg deh...salah satu sebabya adalah ya itu mesin yang di gunakan tidak efektif....untuk memenuhi kecepatan yang ideal untuk ramjet berfungsi efektif sulit... CMIIW

buat pesawat Hypervelocity memang sudah ada dan TIDAK BANYAK.... dan sebatas PROTOTYPE...dan masih belum menunjukan perkembangan yang berarti...dan X-51 (WiveRider) adalah pesawat drone (pesawat tanpa awak)....berita terakhir adalah bahwa pesawat ini tidak mampu mengudara lebih dari 300detik( yang di perkirakan)... dan belum di disain untuk bisa mendarat dengan selamat....alias begitu terbang yah ancur.... pesawat terakhir yang terbang hanya 16 detik sedbelum hancur entah kemana.... karena gangguan kendali sayap...ini juga yang menyebabkan pesawat concorde british airways di hentikan pamakainanya karena pada kecepatan tinggi belum ada ( apa udah ada ya skrng) bahan material yang Cukup kuat untuk menahan dampak pressure yang tinggi pada penampang sayap pada saat kecepatan yang tinggi....pesawat concorde harus terbang lebih tinggi dari pesawat kebanyakan untuk terbang secepat mungkin....karena kerapatan udara di ketinggian lebih rendah jadi dampak tekanan pada sawap dapat di redam CMIIW....yang ane baca ni pesawat penumpang tercepat sekarang baru menenbus 0.9 mach (Cessna Citation X) ....

intinya sekarang sebenarnya kenapa pemakaian ramjet kurang populer dipakai pada pesawat penumpang karena kaurang efektif dan mahal....seperti yang ane sebutin sebelum nya kebanyakan ramjet dipake pada misille atau yang baru baru ini masih sekedar riset pada pesawat tanpa awak (Drone)... dan lagi bahan material yang ada sekarang belum ada yang dapat menahan dampak dari kecepatan yang tinggi ( sejauh pangetahuan ane dan selama ane kerja di tempat kerjaan ya blm ada....hehe.. mungkin ada yang tau kalo udah ada)

buat pesawat X-38 ane belum pernah baca.... ada agan agan yang bisa ngulas pesawat X-38....? hehehehe

CMIIW mari sama sama belajar....

Quote:Original Posted By mochammadopop
mantap info nya gan,
betewe klo afterburner dlm mesin jet it apa yak gan?

Quote:Original Posted By flankerbomber

kl kcepatan bsa nembus kcepatan suara gan. trgantung mesin dan desain pesawat itu sendiri.
kl suhu di turbin bisa ampe 1700c.
dstu dibutuhkan kmampuan metalurgi yg baik agar mampu menahan panas itu.
ad, concorde sama tupolev tu-144, dua2 nya pesawat komersil, tp skrg udh pensiun.

Quote:Original Posted By flankerbomber

untuk bypass nya udh ad yg jlasin diatas gan.
kl perusahaan yg produksi turbofan ad bnyk, yg trkenal ya general electric, pratt & whitney (USA), rolls royce (UK), snecma (Prancis). Ad jg Saturn lyulka, aviadvigatel (Rusia), shenyang, xian (China) produsen pesawat yg buat mesin jg.

Quote:Original Posted By flankerbomber

mksd nya gbungan dr gaya dorong yg dihasilkan mesin sm gaya angkat yg dihasilkan sayap pesawat itu yg membuat pesawat mampu terbang.
sayap itu di desain sedemikian rupa agar menghasilkan gaya angkat saat didorong oleh mesin.
Sderhana nya sperti psawat kertas, ketika anda dorong dgn tangan dia bisa trbang kan?
Itu krn ada gaya angkat di sayap nya.
Tp jika gaya yg anda berikan telah habis, psawat krtas nya akan jatuh bkn?
Sm kyk psawat asli ketika mesin nya mati.


Quote:Original Posted By rokiebottom

paling sering dan umum sih compressure surge gitu. penyebabnya karena tekanan di posisi discharge terlalu besar dibandingkan tekanan yang mampu dikompresi sehingga terjadi back-flow yg bisa merusak kompressor. Biasanya kejadian kayak gini pada saat start-up dimana suplai udara masih kurang.


Quote:Original Posted By reastronot21

makasih gan , tapi selain itu ada lagi ga kaya krack pada bagian compressor rotor itu penyebabnya apa yah ?

Quote:Original Posted By rokiebottom

ada, krack biasa terjadi di bagian turbine bladenya. penyebabnya banyak, bisa jadi perawatannya yang tidak sesuai prosedur, tekanan operasinya yang melebihi tekanan design, thermal stress, thermal creep, *mungkin bisa ditambahkan kalau ada lagi*.


tambahin gambar donk gan biar menarik & rame
Quote:Original Posted By VCCAVS
tambahin gambar donk gan biar menarik & rame


ane lagi update gan/.///
gan , request tentang ramjet , afterburner sama kenapa kalo ramjet , intake nya bisa kotak yah ?
Quote:Original Posted By crowisraven
gan , request tentang ramjet , afterburner sama kenapa kalo ramjet , intake nya bisa kotak yah ?


ane kagak ngerti bgt Gan....ane juga baru2 baca2 tentang psawat gan....saling share aj gan...
akhirnya ada juga thread tentang teknologi

kebanyakan thread di forum ini tentang sains semua..
Wah, ini TSnya pilot yah? wooow
Quote:Original Posted By palingwaras
Wah, ini TSnya pilot yah? wooow


kok tau sih?????
banyak ilmu nih disini

mesin jet pesawat itu yah,
kalo yg d apollo ato merecon cara kerjanya gmn :





nais share gan
--
kenapa belom ada ht dari subforum ini
padahal banyak trit bermutu disini
Quote:Original Posted By booster.bs
nais share gan
--
kenapa belom ada ht dari subforum ini
padahal banyak trit bermutu disini


ane juga gtw mimin liatnya darimana???/ ane dah coba sebagus mungkin buat thread yg bermutu.......tetep j lum HT .....hehehhehehe
ane kebetulan kuliah jurusan teknik aeronautika nih gan.
dan kebetulan lagi belajar struktur pesawat lumayan bisa buat baca2 nambah bahan kuliah.

gak keluar ? klik ini : http://www.youtube.com/watch?v=niqByUi5DRo

Buat yang udah baca, lebih bagus lagi kalau liat video perbedaan antara Turbofan, Turbojet, dan Turboprop

.

keren banget gan infonya.
mhon di update lg kalau ada berita terbaru
Quote:Original Posted By rashsima
keren banget gan infonya.
mhon di update lg kalau ada berita terbaru


thx gan.........dah mampir
Quote:Original Posted By IndraEMC

gak keluar ? klik ini : http://www.youtube.com/watch?v=niqByUi5DRo

Buat yang udah baca, lebih bagus lagi kalau liat video perbedaan antara Turbofan, Turbojet, dan Turboprop


thx gan dah d tambahin.................vdeonya
weww kerennn..tehnik penerbangan belajarnya giniann kali ya
wah nice info banget
ane pikir selama ini mesin jet itu seperti roket besar yang dibakar
ternyata di dalamnya terdapat 4 fungsi

dan juga ternyata menggunakan konsep aksi reaksi ya, pantes ane liat mesin jet kok ga ngeluarin api ya, ternyata yang ngebakarnya ke arah dalem, tapi yang keluar juga sama besarnya seperti tenaga yang di bakar

request dong gan, bahas bagaimana aerodinamis pesawat yang beratnya sampe ton tonan itu bisa terbang ke udara
terus kalau ilmuwan sudah bisa merancangkan bentuk aerodinamis seperti itu kenapa tidak diterapkan pada manusia (pembentukan baju aerodinamis , penambahan jet kecil) sehingga manusia bisa terbang sendiri (hanya pikiran nyeleneh ane kok )
Quote:Quote:: : : ooo jadi gitu ya cara kerja mesin roket baru tau ane makasih atas infonya gan ts , nice thread, jadi nambah pegetahuan ane : : :