Post Inilah arti gambar pohon dalam psikotes





Selamat datang agan-agan dithread Berlingu.Andrea





INILAH ARTI GAMBAR POHON DALAM PSIKOTES




Buat ente yang bingung dengan Psikotes menggambar pohon.
Seringkali kita mengikuti suatu psikotes dalam rangka tes kerja. Pohon apa yang kita gambar, tentu
mencerminkan bagaimana kepribadian kita.

Berikut ini ane akan mencoba berbagi tentang apa arti pohon yang ente gambar tersebut.







Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?

* Di tengah
Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.

* Di bagian bawah
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.

* Tinggi di atas
Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.


--------------------------------------------------------------------


Batang pohon seperti apa yang anda gambar?

* Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.

* Ramping
Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.

* Pohon bercabang di puncak
Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini


-------------------------------------------------------------------


Berapa tinggi pohon anda?

* Lebih dari setengah tinggi kertas
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.

* Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.



--------------------------------------------------------------------


Pohon anda terletak di mana?

* Di tanah
Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.

* Di pot
Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.

* Di puncak gunung
Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.

* Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.

* Di pulau
Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda


----------------------------------------------------------------------


Apakah pohon anda mempunyai dahan?

* Ya
Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.

* Tidak
Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.


--------------------------------------------------------------------


Pohon anda condong ke arah mana?

* Ke kiri
Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.

* Ke kanan
Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.

* Lurus
Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.


--------------------------------------------------------------------


Apakah anda menggambar akar?

* Ya
Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.

* Tidak
Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.


---------------------------------------------------------------------


Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?

* Ya
Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.

* Tidak
Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.


--------------------------------------------------------------------


Apakah anda menggambar yang lain selain pohon?

*Buah / kacang pada pohon
Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.

*Rumput di bawah
Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.

*Ada bunga di bawah pohon
Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).

*Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon
Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.

*Ada ayunan di pohon
Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.



pagipenuhinspirasi.com





kalau berkenan boleh dong cendolnya


kalau tidak berkenan jangan bata ane ya


terima kasih juragan yg udah ngasih ane cendol dan abu gosok


review dari kaskuser
Quote:Original Posted By Aku.lei
sama kaya test masuk kerja ane dulu...


Quote:Original Posted By ShinWinds
wah, ane pernah disuruh gambar pohon gan. ternyata itu ya artinya.


Quote:Original Posted By si.patrick
thanx gan.. nerguna banget....

uda pernah baca yang beginian.
tapi ini lebih lengkap...

thanx infonya gan...



Quote:Original Posted By Acha.aNny
nice info gan,,
kmrn sepupu ane waktu test CPNS disuruh gambar pohon jg,,


Quote:Original Posted By terserah.ibu
waaah ane uda fasih bgt gan gambar puun pas waktu tes kerja, tp ga ngerti makna gambarnya. Ane baru tau info dimari. Nice info gan


Quote:Original Posted By edfat
gw udah sering ikut ni dulu pas tes akmil/akpol

hehee


Quote:Original Posted By scotlandyard
sepertinya 75% tepat analisisnya..
namun ane lebih percaya akan kuasa Tuhan


Quote:Original Posted By bayuskn
Ane dulu pernah psikotes kyk gini, tapi ane lolos gan.


Quote:Original Posted By mekprek
gw pernah dites kaya gini
gw bikin pohon sedetail mungkin
walaupun gw ga jago gambar


Quote:Original Posted By xiang.yu
wkwkwk... jadi inget dulu disuruh gambar pohon pas psikotes... sampe ngulang 2x dipanggil suruh ulang psikotesnya....

gara garanya - gambar pohonnya terlalu wah kata mereka.... (anak DKV disuruh gambar pohon....) mereka suruh gambar yg simple aja... jangan diarsir segala.
ternyata itu malah bikin semakin ga kedetect personalitynya ya....


Quote:Original Posted By ihardiman
Kalo menurut ane sih lebih kearah pencitraan gan.

Soalnya kan biasanya dikasih tau gak boleh gambar pohon ini dan itu sebelum mulai. Makanya citra pohon yang terdiri dari akar, batang, daun dan cabang itulah ynag biasa digambarkan oleh orang2 karena memang seperti itu citra pohon yang mereka kenal.



ini komenan yg paling ane demenin

Quote:Original Posted By uchika
agan TS yang baik, mungkin maksud ente baik untuk share buat agan agan yang lain supaya ketika tes grafis ini dilakukan pada saat seleksi penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan, agan bisa memanipulasi gambar ini...

tetapi yang ente lakukan sebenarnya JAUUH dari BAIK.. kenapa?

1. ente mengarahkan orang lain agar tidak menampilkan diri pribadinya yang asli

2. bayangkan jika anda punya perusahaan yang membutuhkan karyawan2 yang TEPAT, tetapi ketika seleksi dilakukan dan ternyata hampir 90 % para peserta mengetahui "KISI-KISI" yang agan sampaikan, kira2 tertangkap ga mana calon pegawai yang baik, atau mana orang yang PURA2 BAIK? yang rugi justru perusahaan yang memperkerjakan orang2 yang tidak TEPAT nantinya

3. gan, Tes Grafi tidak sesimpel yang agan jabarkan... apa yang agan jabarkan lebih kepada stereotype dari kasus kasus yang pernah muncul dan diinterpretasikan sesuai dengan penelitian yang mendalam terhadap berbagai subyek subyek yang pernah menggambar contoh2 tersebut,, artinya, tidak selamanya arti dari menggambar pohon yang utuh itu baik atau menggambar pohon besar itu baik...

4. Tes grafis adlh salah satu tes proyektif untuk melihat "diri manusia yang sesungguhnya".. bayangkan jika seorang psikopat mampu memanipulasi gambar dan akhirnya bisa diterima bekerja di suatu perusahaan karena gambar2nya di buat agar terlihat sebagai PRIBADI YANG BAIK2 SAJA.. kira2 apa yang terjadi? banyak kasus di berbagai perusahaan yang beberapa karyawannya menjadi trouble maker saat sudah bekerja krn lolos dr sistem rekrutmen yang salah. klo sudah ky gini siapa yg patut disalahkan?

Pada intinya sih Tes Grafis itu bukan menilai Seni Artistik dari Sesuatu yang Kita Gambar, Tetapi yang Psikolog nilai adalah Arti Diagnostik kenapa Agan menggambar pohon tersebut.

Cukuplah dengan ISTIRAHAT, TIDUR CUKUP, MAKAN (SARAPAN) SECUKUPNYA menjelang Psikotes berlangsung... maka hasilnya pun akan mencerminkan diri pribadi agan yang asli..


semoga membantu yang sedang melamar pekerjaan atau yang sedang mengikuti psikotes...









Nah kalo ini Samsung Lakota Duos C3322 termurah
(Kaskus,RoxyHp & Tabloid Pulsa aja kalah murahnya sama gua)
Klik aja buat membuktikan murahnya

ane dulu waktu pertama dapet psikotes kalo gak salah gambar pohon mangga beserta buahnya
sekarang jadi tau arti yang dulu pernah ane gambar itu seperti apa

Quote:Perayaan Valentine Yang Unik
nice share bro.. berguna ntr klo ada psikotes..
mantep gan..
tp kan ga bs kita ngegambar kyk yg agan ceritain..
kalo disuruhnya gambar pohon + rumah piye gan? :
Quote:Original Posted By rocksteadyska
ane dulu waktu pertama dapet psikotes kalo gak salah gambar pohon mangga beserta buahnya
sekarang jadi tau arti yang dulu pernah ane gambar itu seperti apa


Quote:Original Posted By rylaii
nice share bro.. berguna ntr klo ada psikotes..


Quote:Original Posted By AbyAnshitt
oh gitu ya gan thanks infonya : dulu ane gatau soalnya gambar pohon gunanya buat apa


Quote:Original Posted By NGETHEPENK
mantep gan..
tp kan ga bs kita ngegambar kyk yg agan ceritain..
kalo disuruhnya gambar pohon + rumah piye gan? :


ini buat psikotes gan.. bukan gambar dan mewarnai
mantabb gan,,psikolog yaa tsnya??
ternyata apa yang kita gambar mencerminkan diri kita sendiri ya gan
oh gitu ya gan maknanya..ane dulu kalo tes psikotes gitu... lebih sering gambar pohon beringin aja...ada beberapa cabang,trus ane pakein akar2 juga
inpoh bagus neeh...
thanx gan dah share,...
para psikolog paling ga seneng kalo banyak yg buka rahasia psikotest
sama kaya test masuk kerja ane dulu...
mangstab gan, ane rate gan. trit bagus
wah, nice infonya gan,
kalo gitu dari tes ini ga bisa ngeliat sisi buruk seseorang gan?
oohh..
jadi intinya kalo gambar pohon itu harus komplit ya gan
wuis....bener2 keren gan info nya...pas buat ane lagi mau kerja...
wah nice info neh gan
nais inpoh gan
Mantaps Gan, ini yg ane cari-cari dari dullu. BRAVO. Trus, setelah mengetahui ini bisakah kita memanipulasi tes menggambar ini ???
sayangnya penilaian agan enggak ada yang bisa menilai dari sudut tertentu dari si pelaku tes, contohnya apakah orang tersebut tahu menggambar atau tidak..