KASKUS

minta saran donk senior reksadana

dlm kondisi market yg terus turun ini salah satu portofolio saya rds bnp paribas pesona udah rugi lebih dari 10%
dana untuk top up udah ga ada.. mpe bulan depan
mnurut agan2 tindakan apa yg sebaiknya sy lakukan..
apa tetap di hold?ato di reedem n dananya di pndahin buat rds yg lain..

mohon sarannya gan
maaf dopost
trakhir nembak di 48xx, eh skarang udah 44xx, besok nembak lagi dh, ngumpulin bibit yg dipiara utk diambil buahnya tahun depan
Quote:Original Posted By bek123
minta saran donk senior reksadana

dlm kondisi market yg terus turun ini salah satu portofolio saya rds bnp paribas pesona udah rugi lebih dari 10%
dana untuk top up udah ga ada.. mpe bulan depan
mnurut agan2 tindakan apa yg sebaiknya sy lakukan..
apa tetap di hold?ato di reedem n dananya di pndahin buat rds yg lain..

mohon sarannya gan


kalo lihat performanya di infovesta sih ok2 aja kok artinya rata2 seperti rds laen nya ... mungkin masuk ketika IHSG tinggi2 nya makanya bisa rugi lebih dari 10% dan kurang dari 1 tahun ya ato terlalu sering nembak ...

tetap disiplin aja DCA ....
some time "the best strategy" adalah "do nothing" ... just follow the market up and down ... enjoy the ride ...

Quote:Original Posted By bek123
minta saran donk senior reksadana

dlm kondisi market yg terus turun ini salah satu portofolio saya rds bnp paribas pesona udah rugi lebih dari 10%
dana untuk top up udah ga ada.. mpe bulan depan
mnurut agan2 tindakan apa yg sebaiknya sy lakukan..
apa tetap di hold?ato di reedem n dananya di pndahin buat rds yg lain..

mohon sarannya gan


selama invest reksadana..pengalaman yg gw sesali adalah pas 2008, gw ikutan panik dan redeem reksadana gw. ga banyak sih..krn waktu itu gw juga masih coba2. jeleknya abis itu gw takut masuk reksadana lagi dan baru masuk 2-3 tahun berikutnya. ketika IHSG akhirnya naik lagi sampe 2000-3000..akhirnya gw baru sadar..harusnya 2008 itu saat yg tepat utk masuk..bukan malah keluar. kejadian yg sama sekarang terjadi baik di saham maupun emas. orang biasa berbondong2 kalo harga naik ( cari untung) ..tapi malah pergi kalo harga turun ( takut rugi).

Quote:Original Posted By bek123
minta saran donk senior reksadana

dlm kondisi market yg terus turun ini salah satu portofolio saya rds bnp paribas pesona udah rugi lebih dari 10%
dana untuk top up udah ga ada.. mpe bulan depan
mnurut agan2 tindakan apa yg sebaiknya sy lakukan..
apa tetap di hold?ato di reedem n dananya di pndahin buat rds yg lain..

mohon sarannya gan



Share pengalaman buat agan,

dulu ane masuk investasi RDS , akhir agustus 2011 (sebelum crash besar2an di bulan september dan oktober 2011). pada saat itu, loss ane sudah hampir 10%. ane juga khawatir, tapi ane diamkan saja, karena sebagaimana yg ane baca2, RDS itu untuk jangka panjang, minimal 5 tahun.

walhasil, RDS ane skrng (selain rutin DCA), di saat IHSG anjlok besar2an saat ini, masih profit di atas 10%.

so, saran saya, jangan diredeem. tetap rutin DCA.
Quote:Original Posted By kresnark


kalo lihat performanya di infovesta sih ok2 aja kok artinya rata2 seperti rds laen nya ... mungkin masuk ketika IHSG tinggi2 nya makanya bisa rugi lebih dari 10% dan kurang dari 1 tahun ya ato terlalu sering nembak ...

tetap disiplin aja DCA ....
some time "the best strategy" adalah "do nothing" ... just follow the market up and down ... enjoy the ride ...



gan, kalo ga salah agan pernah bilang jg utk diverse ke RDPT, cuman ane masih bingung gan milih RDPT yg mana.. klo dari CW
Spoiler for :

kalo mandiri:
Spoiler for :


mungkin ada masukan buat nubie..
Quote:Original Posted By kresnark


kalo lihat performanya di infovesta sih ok2 aja kok artinya rata2 seperti rds laen nya ... mungkin masuk ketika IHSG tinggi2 nya makanya bisa rugi lebih dari 10% dan kurang dari 1 tahun ya ato terlalu sering nembak ...

tetap disiplin aja DCA ....
some time "the best strategy" adalah "do nothing" ... just follow the market up and down ... enjoy the ride ...



iya gan ..ane masuknya baru awal2 tahun ini gan..
krna masih newbie jadi panas dingin juga liat porto yg merah membara..
makasih banyak sarannya gan..
ane tetap keep invest. n lebih disiplin lg DCA buat target jangka panjang
Quote:Original Posted By akatsukisquall



Share pengalaman buat agan,

dulu ane masuk investasi RDS , akhir agustus 2011 (sebelum crash besar2an di bulan september dan oktober 2011). pada saat itu, loss ane sudah hampir 10%. ane juga khawatir, tapi ane diamkan saja, karena sebagaimana yg ane baca2, RDS itu untuk jangka panjang, minimal 5 tahun.

walhasil, RDS ane skrng (selain rutin DCA), di saat IHSG anjlok besar2an saat ini, masih profit di atas 10%.

so, saran saya, jangan diredeem. tetap rutin DCA.


ok gan ..
trimakasih saran dan pengalamannya gan
jd nambah pngetahuan bagi ane..



Quote:Original Posted By djcty


selama invest reksadana..pengalaman yg gw sesali adalah pas 2008, gw ikutan panik dan redeem reksadana gw. ga banyak sih..krn waktu itu gw juga masih coba2. jeleknya abis itu gw takut masuk reksadana lagi dan baru masuk 2-3 tahun berikutnya. ketika IHSG akhirnya naik lagi sampe 2000-3000..akhirnya gw baru sadar..harusnya 2008 itu saat yg tepat utk masuk..bukan malah keluar. kejadian yg sama sekarang terjadi baik di saham maupun emas. orang biasa berbondong2 kalo harga naik ( cari untung) ..tapi malah pergi kalo harga turun ( takut rugi).



makasih bnyak udah share gan..
ane bakal keep invest
n tetap disiplin dca


Quote:Original Posted By bek123


iya gan ..ane masuknya baru awal2 tahun ini gan..
krna masih newbie jadi panas dingin juga liat porto yg merah membara..
makasih banyak sarannya gan..
ane tetap keep invest. n lebih disiplin lg DCA buat target jangka panjang


ok gan ..
trimakasih saran dan pengalamannya gan
jd nambah pngetahuan bagi ane..





makasih bnyak udah share gan..
ane bakal keep invest
n tetap disiplin dca




saran ane,

kalo ada duit lebih. skrng malah waktu yg pas buat nambah terus investasinya, (lebih besar dari DCA biasanya).

ato pake DCA, namun brhubung trendnya turun2 terus, misalnya biasanya DCA perbulan lgsung 1juta,

dlm kondisi ini bs pake DCA bertahap, misal hari ini masuk 300rb, besok 300 rb dst.


sebagai gambaran buat Agan, BNP Syariah ane dari bulan september 2011 - Januari 2013, masih profit (bahkan yg bulan september 2011, rata2 profitnya masih 30% dalam kondisi skrng ini) . hanya yg mulai dari Februari sampe skrng yg loss.

kalo ditotal2 keseluruhan, masih tetep profit.

so, jangan khawatir dulu. ok Gan ? inget, RDS itu untuk jangka panjang.
sama uda minus 10 persen lebih. nyeseknya manajer investasi gua knp suruh masuknya kmrn pas di ihsg 5100.skrg pelornya uda abis.
ohhh bodoh.mau tenng jg kg enak ilangnya banyak jg .hari ini masi minus kayanya .kg ada sentimen positif apa2
Quote:Original Posted By akatsukisquall


saran ane,

kalo ada duit lebih. skrng malah waktu yg pas buat nambah terus investasinya, (lebih besar dari DCA biasanya).

ato pake DCA, namun brhubung trendnya turun2 terus, misalnya biasanya DCA perbulan lgsung 1juta,

dlm kondisi ini bs pake DCA bertahap, misal hari ini masuk 300rb, besok 300 rb dst.


sebagai gambaran buat Agan, BNP Syariah ane dari bulan september 2011 - Januari 2013, masih profit (bahkan yg bulan september 2011, rata2 profitnya masih 30% dalam kondisi skrng ini) . hanya yg mulai dari Februari sampe skrng yg loss.

kalo ditotal2 keseluruhan, masih tetep profit.

so, jangan khawatir dulu. ok Gan ? inget, RDS itu untuk jangka panjang.


ok gan..
mkasih masukannya..
saya dah mulai ga khawatir lg..
n tutup mata dulu buat liat index
coz bulan ini dananya dah abis gan...

but yg penting ane tetap dca gan..
eeeaaaaa.....udah 43XX....yg masih mau ngerudal, monggo..menuju 4200...

yg RD nya lagi menstruai, kalem ajah. g usah di liatin, tutup mata, .....
ke gudang dulu ah, nyiapin rudal... ____________________
Quote:Original Posted By akatsukisquall


saran ane,

kalo ada duit lebih. skrng malah waktu yg pas buat nambah terus investasinya, (lebih besar dari DCA biasanya).

ato pake DCA, namun brhubung trendnya turun2 terus, misalnya biasanya DCA perbulan lgsung 1juta,

dlm kondisi ini bs pake DCA bertahap, misal hari ini masuk 300rb, besok 300 rb dst.


sebagai gambaran buat Agan, BNP Syariah ane dari bulan september 2011 - Januari 2013, masih profit (bahkan yg bulan september 2011, rata2 profitnya masih 30% dalam kondisi skrng ini) . hanya yg mulai dari Februari sampe skrng yg loss.

kalo ditotal2 keseluruhan, masih tetep profit.

so, jangan khawatir dulu. ok Gan ? inget, RDS itu untuk jangka panjang.


ane jg pake cara ini gan, DCA + nambah dikit2 klo pas ada kesempatan, baca2 di page belakang ktnya bakal ke 3900an ya, wow

Quote:Original Posted By yzf
sama uda minus 10 persen lebih. nyeseknya manajer investasi gua knp suruh masuknya kmrn pas di ihsg 5100.skrg pelornya uda abis.
ohhh bodoh.mau tenng jg kg enak ilangnya banyak jg .hari ini masi minus kayanya .kg ada sentimen positif apa2


sama gan, ane jg masuk paribas amanah malah sm konsumer 10 pas lg tinggi2nya ihsg..
Quote:Original Posted By sitoesbaroe


ane jg pake cara ini gan, DCA + nambah dikit2 klo pas ada kesempatan, baca2 di page belakang ktnya bakal ke 3900an ya, wow



sama gan, ane jg masuk paribas amanah malah sm konsumer 10 pas lg tinggi2nya ihsg..


wah, sama nih. RDS ane jg BNP Syariah sama Konsumer 10 , andalan malah di antara RDS2 lainnya.
Quote:Original Posted By akatsukisquall



Share pengalaman buat agan,

dulu ane masuk investasi RDS , akhir agustus 2011 (sebelum crash besar2an di bulan september dan oktober 2011). pada saat itu, loss ane sudah hampir 10%. ane juga khawatir, tapi ane diamkan saja, karena sebagaimana yg ane baca2, RDS itu untuk jangka panjang, minimal 5 tahun.

walhasil, RDS ane skrng (selain rutin DCA), di saat IHSG anjlok besar2an saat ini, masih profit di atas 10%.

so, saran saya, jangan diredeem. tetap rutin DCA.

masuk ke RD kia relatif sama Gan,bahkan ane masuk pertengahan juli 2011, pas tinggi tinggi2nya IHSG. bbeberapa bulan kemudian ajlok. deg2 banget. sampai hampir satu th SDI ama S90 masih merah. bahkan pengen ngeluarin 2 rd produk schr**er tsb dari porto ane.
tapi sekarang dah ijo ijo semua
yg cukup ane sesali, saran Om kres gak ane ane turuti, RD ane tipe penyerang semua, gak ada pemain bertahannya.
Quote:Original Posted By sitoesbaroe


ane jg pake cara ini gan, DCA + nambah dikit2 klo pas ada kesempatan, baca2 di page belakang ktnya bakal ke 3900an ya, wow



sama gan, ane jg masuk paribas amanah malah sm konsumer 10 pas lg tinggi2nya ihsg..


tetap semangat Gan, nikmatin aja rollercoasternya. happy invest
Quote:Original Posted By akatsukisquall


wah, sama nih. RDS ane jg BNP Syariah sama Konsumer 10 , andalan malah di antara RDS2 lainnya.


wah ane blom ngerasain cuannya tuh

Quote:Original Posted By EkoPutro

masuk ke RD kia relatif sama Gan,bahkan ane masuk pertengahan juli 2011, pas tinggi tinggi2nya IHSG. bbeberapa bulan kemudian ajlok. deg2 banget. sampai hampir satu th SDI ama S90 masih merah. bahkan pengen ngeluarin 2 rd produk schr**er tsb dari porto ane.
tapi sekarang dah ijo ijo semua
yg cukup ane sesali, saran Om kres gak ane ane turuti, RD ane tipe penyerang semua, gak ada pemain bertahannya.


tetap semangat Gan, nikmatin aja rollercoasternya. happy invest


idem gan, S90 ane jg mo ane pindahin.. porto ane jg striker semua, mo nambah pemaen bertahan (RDPT) cuman masih ga tau yg oke yg mana.. agan udah ada rencana mo nambah RDPT/RDPU?
Quote:Original Posted By sitoesbaroe



idem gan, S90 ane jg mo ane pindahin.. porto ane jg striker semua, mo nambah pemaen bertahan (RDPT) cuman masih ga tau yg oke yg mana.. agan udah ada rencana mo nambah RDPT/RDPU?


klo RDPT saran yg aman ambil yg basisnya obligasi pemerintah..keliatan kok dari performanya. beberapa bulan ini emang turun tapi gak banyak.
klo banyak yg galau mgkn banyak yg jangka pendek y, baiknya si punya strategi kapan masuk, dn kapan kluar, sekarang saat yg bagus utk masuk, tinggal nentuin kpn nanti kluarnya, setelah itu bwt strategi baru lagi, sy sependapat sama agan kresnark, pada saat tujuan sudah tercapai y disiplin aj redeem, dn tentukan strategi selanjutnya.
sekedar mengingatkan, coba direview lg tujuan investasi kita, spy ttp fokus n g galau saat situasi spt skrg..
Nikmati aja trend merahnya... ini cobaan ke 2 buat gw setelah cobaan thn 2012 kemarin...
Kalau invest jangka panjang gak usah terlalu bnyak kuatir.... kalau gw masihpunya rudal pasti gw teabak lagi hari ini, mumpung masih ada diskon besar
selamat malam para master, perkenalkan saya baru belajar di dunia reksadana. mau coba2 main reksadana karena katanya bila modal masih terbatas, reksadana merupakan sarana investasi yang baik.

saya punya beberapa pertanyaan, dan minta pendapat para suhu disini
1. apakah sekarang saat yang tepat untuk masuk reksadana, mengingat reksadana lagi turun akibat bbm naik? atau harus menunggu 1 bulan kedepan? takutnya saya baru mencoba main, taunya malah minus trus trus jadi putus asa hehe
2. saya berencana untuk membeli reksadana keluaran panin seperti maksima, prima, dll, karena saya liat dari data historis di infovesta, reksadana keluaran panin merupakan salah satu yang naiknya cukup signifikan.
3. anggap saya punya uang 30jt, apakah lebih baik uang tersebut saya pecah ke 3 produk reksadana panin spt 10jt ke maksima, 10jt ke prima, 10jt lagi ke bersama plus? atau lebih baik dijadikan 1 saja langsung tembak?

trims apabila ada yang berminat memberi pencerahan. maaf bila pertanyaannya terkesan bodoh. thanks