KASKUS

Grin All About SEIKO

Quote:Mengenai thread ini:
  • Tempat berdiskusi dan berbagi info mengenai semua jenis jam SEIKO, tipe apa saja, vintage maupun modern. Hasil diskusi akan dirangkum di Page One untuk kemudahan pencarian.
  • Info2 di thread ini bersifat terbuka dan terus di-update. Mohon partisipasinya untuk memberikan masukan atau koreksi terhadap info yang kurang atau salah.

Rules:
  • No junkers.
  • Jangan mempromosikan jam atau aksesoris jam yang sedang dijual di FJB baik secara langsung (posting link ke FJB) maupun secara tidak langsung melalui posting2 yang bersifat implisit. Thread ini bersifat netral dan non-komersial.
  • Tidak bertanya soal Recommended Seller (Recsel) di forum diskusi ini. Sebelum membeli lakukan googling dan riset sendiri. Kalau kurang yakin dengan seller, minta transaksi secara COD (Cash on Delivery, tatap muka) atau gunakan fasilitas Rekening Bersama (Rekber) yang ada di Kaskus. Kalau masih kurang yakin lagi, kontak Kaskuser lain melalui jalur PM untuk minta rekomendasi.
  • Untuk mencari tahu harga jam tangan SEIKO (vintage maupun modern), bisa googling dengan keyword misalnya: "FS Grand Seiko 6145". setelah itu amati kondisi dan deskripsi jam yang dijual tersebut (keaslian, kemulusan, service history, kelengkapan berupa box/paper, dll.). Jika masih bingung barulah PM atau tanyakan di forum.


Happy sharing and enjoy your stay.

SEIKO dalam Selayang Pandang

Selamat datang di thread All about SEIKO-Kaskus. Silakan share, diskusi, dan bertanya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan produk SEIKO.

Pada tahun 1877, Kintaro Hattori yang berumur 16 tahun memulai usaha perbaikan jam dinding di rumahnya di daerah Ginza, Jepang. Tahun 1881, Hattori mendirikan perusahaan bernama Seikosha yang memproduksi jam dinding. Perusahaan jam kecil tersebut berkembang terus hingga menjadi raksasa SEIKO group sekarang dengan bidang bisnis antara lain:
  • berbagai jenis jam,
  • perhiasan,
  • kacamata/optik,
  • perlengkapan olahraga,
  • printer (SEIKO EPSON),
  • semiconductor,
  • berbagai peralatan elektronik, dll.

SEIKO adalah salah satu perusahaan jam dengan kemampuan terlengkap dan teknologi terbaik di dunia saat ini. Satu2nya "true in-house manufacturer" di dunia yang mampu mendesign dan produksi sendiri semua komponen jam mulai dari:
  • case and bracelet (stainless steel, titanium, ceramic, tungsten, gold, platinum, dll),
  • crystal (sapphire, hardlex, dll),
  • mesin dan komponen2nya (balance spring, gasket, dll.),
  • berbagai jenis minyak pelumas dan grease untuk mesin jam,
  • bahkan hingga material lumibrite pada dial dan jarum jam yang dapat berpendar dalam gelap.

SEIKO juga merupakan satu2nya perusahaan horologi di dunia yang menguasai seluruh teknologi horologi yang ada saat ini:
  • mechanical
  • quartz analog/digital (battery, solar, thermic)
  • kinetic,
  • spring drive,
  • radio wave controlled,
  • GPS satellite controlled, dll.

SEIKO memiliki tradisi membuat jam dengan range kualitas dan harga yang sangat bervariasi, mulai dari jam ALBA seharga Rp. 400.000 hingga SEIKO CREDOR JURI yang harganya lebih dari Rp. 5.000.000.000. Umumnya produk2 SEIKO yang banyak beredar dan dikenal oleh masyarakat adalah produk2 entry level dengan harga sangat terjangkau, akibatnya persepsi publik mengenai SEIKO adalah produsen jam murah. Hal ini disebabkan karena di masa lalu produk2 SEIKO kelas menengah dan atas hanya dijual di Jepang (JDM). Saat ini SEIKO sudah membuka diri dan dalam proses memperkenalkan produk2 horologi berkualitas tinggi "haute horlogerie" kepada seluruh dunia.

Dalam percakapannya dengan seorang wartawan dari majalah Watchtime, seorang CEO dari sebuah brand jam swiss mengatakan:
Quote:"Seiko makes the best mechanical watch in the world. I hate to say it, but it's true."
("GRAND SEIKO", Watchtime magazine, April 2012)

read more: http://old.kaskus.co.id/showpost.php...&postcount=432

Kiranya opini tersebut memberikan kepada kita sedikit gambaran mengenai sebuah perusahaan bernama SEIKO dan pengaruhnya di dalam dunia horologi. Masih banyak lagi berbagai produk dan pencapaian SEIKO yang mungkin tidak ada habis2nya dibahas. Silakan berbagi pengetahuan dan passion Anda terhadap SEIKO di thread ini. Happy reading and happy sharing.



Spoiler for SEIKO World's Achievements:


SEIKO Indonesia Customer Service Centers

Spoiler for Service Centers:


Other SEIKO thread:
All About SEIKO Divers

SEIKO Automatic Chronograph


SEIKO Automatic Chronograph 6139-6011

History of SEIKO Automatic Chronograph
(A Work in Progress)

February 1969 (?) SEIKO made the world's first automatic chronograph watch equipped with both column wheel and vertical coupling.

Calibers (click links for details):
6138: 21600 bph, 21/23 jewels, SUWA, 1970-1979 (Catalog)
6139: 21600 bph, 17/21 jewels, SUWA, February 1969-1979
7015: 21600 bph, 21 jewels, DAINI
7016: 21600 bph, 17 jewels, DAINI
7017: 21600 bph, 21 jewels, DAINI
7018: 21600 bph, 23 jewels, DAINI
6S37: 28800 bph, 40 jewels, PROSPEX, 2000-present
6S77: 28800 bph, 40 jewels, CREDOR, 2000-present
6S28: 28800 bph, 34 jewels, BRIGHTZ
6S78: 28800 bph, 34 jewels, CREDOR, 2000-present (?)
8R28: 28800 bph, 34 jewels, BRIGHTZ, 2008-present
8R39: 28800 bph, 34 jewels, BRIGHTZ, 2011-present
5R86: Spring Drive, 50 jewels, ANANTA, 2007-present
9R86: Spring Drive, 50 jewels, GS, 2007-present

References:
http://seikoholics.yuku.com/sreply/2...d#.TywTqcX9PIU
http://forums.timezone.com/index.php...=3627073&rid=0
http://www.seikowatches.com/press/20...ls1103-02.html

Rangkuman diskusi SEIKO Automatic Chronograph:

Seiko divers




trit SEIKO DIVERS: SEIKO DIVERS

seiko calculator : SEIKO calculator

SEIKO divers reference

SEIKO 8L35 movement

SEIKO diver JDM kodenya berawalan 4 huruf diikuti 3 angka (SBDX???, SBBN???, SBDC???, dll.) dan tidak pernah ada tulisan "MADE IN JAPAN" di dial

History of SEIKO

Seiko Wikipedia
http://en.wikipedia.org/wiki/Seiko

Seiko Co. Timeline
http://www.seikowatches.com/corporat...ory/index.html

Seiko & Co.
http://www.seikowatches.com/corporat...oup/index.html

Apabila ada yang kurang atau ingin ditambah, silahkan PM saya.. Mohon bantuan dan kerjasamanya..


Terima Kasih

Seiko 5


Seiko 5:
1. Automatic
2. Water resistant
3. Shock resistant
4. Date
5. Day



Seiko 5

klo seiko di ibaratkan kerajaan, Credor dan Grand Seiko sebagai kaisar dan perdana mentri, maka Seiko 5 sebagai rakyatnya.
karena itu seiko 5 memiliki line up model paling banyak dibanding seri seiko lain. secara umum seiko 5 memakai movement seri 7s. selain seiko 5 "standar" ada juga seri Seiko 5 Sport, tool watch dengan model military, diver, outdoor.
IMO, Seiko 5 adalah salah satu jam automatic yang price to value rationya bagus.

Movement:
7s25, 7s26, 7s35, 7s36, 4r36, etc...

Hasil diskusi tentang Seiko 5:

sekilas seiko 5 sport by. happyjaya
kesehatan mesin jam mekanis by. nikidasi
seiko 5 actus by. don.carleto
cal. 7s26, 7s36 dan 4r36 by. kthwai
kalender kanji by. nikidasi



koleksi seiko 5 kaskuser
Spoiler for koleksi seiko 5 kaskuser :




Sumber link diluar kaskus:
http://forums.watchuseek.com/f21/wha...5-a-47211.html
http://members.chello.nl/~h.mennink/...ate/seiko5.htm
http://www.geocities.jp/garage_57/wa...ch/seiko5.html



Quote:
Mohon bantuannya semua...
kalo ada informasi about seiko 5 dan relevansinya silahkan pm aja, all credit will be entitle

MERK JAM YANG BERNAUNG DI BAWAH SEIKO

Postingan ini dirangkum untuk menyibak berbagai merk jam yang seolah-olah berdiri sendiri, namun pada hakikatnya adalah merk yg dimiliki Seiko, tetapi di dialnya jarang atau bahkan tidak menampilkan tulisan "Seiko".

Maka sub-merk seperti Ananta, Coutura, Criteria, Galante, Premier, Prospex, Lord Marvel, Bell-matic, S-Wave, dan lain-lain, tidak disebut disini.

Tetapi Credor perlu disebut disini karena merupakan transformasi dari sub-merk. Sedangkan Grand Seiko dan King Seiko turut disebut karena keduanya merupakan varian high end yang selayaknya dipisahkan dari citra merk Seiko itu sendiri.

Sebagian dari merk-merk berikut mungkin sulit dijumpai di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan anda tertarik memilikinya ketika melihatnya di suatu tempat maupun di dunia maya. Mengetahui merk-merk tsb ada dibawah naungan Seiko, bisa jadi menambah nilai positif jam tsb.

Oleh karena perkembangan yang terjadi terus menerus, postingan ini mungkin perlu di-edit jika diperlukan, dan mohon para pecinta Seiko dapat membantu dengan memberi masukan via PM. Bantuan agan-agan sangat berarti bagi pengetahuan kita bersama.


Inilah merk-merk yang dimaksud:

1. ALBA

Diperkenalkan sejak 1979, ditujukan bagi kalangan muda, tepatnya untuk target pasar low-end. Secara global merk ini menggunakan mesin quartz, namun juga terdapat beberapa varian yang menggunakan mesin automatic.
Untuk pasar JDM sendiri, Alba meluncurkan beberapa sub-merk yg seringkali tidak mencantumkan nama Alba di dialnya. Misalnya Aka, Aruba Ingenu, Orvitax, Picco, Roox, Totoro.

2. CREDOR

Merk high end yang berasal dari sub-merk Seiko Credor. Melalui merk inilah Seiko mengeluarkan jam termahalnya, dengan varian paling mahal Credor JURI GBBX998 berharga USD 554.000 setara Rp 5 Milyar. Pembahasan Credor ada di salah satu post page one di thread ini.

3. GRAND SEIKO, KING SEIKO

Seperti Credor, sub-merk Grand Seiko (GS) yg diperkenalkan sejak 1960 dan King Seiko (KS) adalah produk high end. Agak dilema untuk menganggap GS dan KS sebagai merk yang "lepas" dari Seiko, karena kenyataannya Seiko sepertinya memperlakukan GS dan KS sebagai sub-merk, namun dengan spesifikasi high end. Pembahasannya juga ada di post page one di thread ini.

4. JEMIS

Merk yang satu ini sempat beredar di Indonesia pada periode sekitar 1996 - 2003, hampir semuanya quartz, walaupun merk ini juga diproduksi versi otomatiknya. Sangat sulit mendapatkan info mengenai merk Jemis via web. Sebagai mantan pemilik salah satu quartz analog Jemis, saya cuma berkesimpulan bahwa merk ini ditargetkan untuk pasar low end.

5. J.SPRINGS

Merk yang masih relatif baru di dunia horology (sejak 2001), dan dikategorikan sebagai merk entry level yang stylish. J.Spring diartikan sebagai "Japan Spring" mengisyaratkan bahwa merk ini fokus ke jam mekanikal. Namun dalam perkembangannya cukup banyak pula jam quartz yang dikeluarkan.

6. LASSALE

Sebenarnya merk ini berasal dari Swiss, dengan spesialisasi produk jam mekanis super tipis bermerk Jean Lassale. Namun pada tahun 1980 Seiko mengakuisinya dan menjadikannya unit merk dari Seiko dan menanamkan quartz high end dengan tetap mempertahankan konsep casing berukuran super tipis.

7. LORUS

Diperkenalkan sejak 1982, dan merupakan merk low-end menggunakan mesin quartz. Di Indonesia mungkin merk ini lebih identik dengan jam weker alarm, namun sebenarnya terdapat cukup banyak model Lorus sebagai jam tangan yang cukup menarik.

8. LUCENT

Merk yg sudah discontinued ini diperkirakan dibuat Seiko untuk pasar Asia Timur untuk jangka waktu tertentu, dan tidak termasuk merk yg populer. Referensi untuk merk ini sangat terbatas.

9. PULSAR

Merupakan merk yang sebelumnya dimiliki Hamilton Watch Company dengan spesialisasi sebagai jam quartz digital. Tahun 1978 Seiko mengakuisisi merk ini, dan mempertahankannya sebagai quartz low-end, namun desainnya kebanyakan menjadi analog.

10. WIRED

Merupakan merk yg dikeluarkan dengan bekerjasama dengan desainer independen. Fokusnya adalah jam quartz dengan beberapa varian solar quartz. Crooks & Castles - merk fashion dari Amerika, pernah mendesain jam Wired digital solar, dengan fitur radio wave control untuk sinkronisasi dgn jam atom yang tersedia di beberapa negara tertentu.

11. ORIENT

Secara historis sebenarnya merk Orient justru adalah saingan Seiko. Memang sejak tahun 1985 Orient dan Seiko beraliensi strategis, hingga akhirnya pada tahun 2009 perkembangan pasar mengakibatkan Orient sepenuhnya menjadi milik Seiko. Namun Seiko tidak banyak mencampuri teknis produk dibawah merk Orient, kecuali menambah line-up jam quartz yang selama ini tidak menjadi prioritas Orient.

12. YEMA (1988-2005)

Merk dari Prancis ini sempat bernaung di bawah Seiko sejak 1988, namun sejak 2005 kembali berpindah kepemilikannya ke Prancis. Bagi sebagian kalangan, mungkin bisa menjadi sedikit perdebatan apakah Yema identik Seiko atau bukan.

Spoiler for Contoh penampakan:
All about Seiko Mods




-----------------------------------------------------------------


Seiko Mods ala Kaskuser

1. nikidasi

SEIKO plongeur


SEIKO plongeur mk II


SEIKO plongeur mk II dan SOXA sharkhunter


SOXA sharkhunter


orange SOXA

[source]

2. happyjaya


[source]

3. ery.satriadi

BLUE SOXA 6309 7040 MOD

[source]

4. brawijaya80

Seiko SKX009 MOD

[source]

28. skid28

Seiko Scubadiver Plongeur

[source]





??. ...



-----------------------------------------------------------------


Kumpulan video Seiko Mods (Tutorial & References)
1. Seiko SKX007 Mod (parts & modified by 10watches.com)


2. Seiko Monster


3. Seiko Monster Modified (parts & modified by Yobokies)


4. Seiko 6309-7040 Reverse (movement reversed/modified by Loy Albelda)


5. Seiko Monster (disassembly & maintenance)


6. Seiko 55 Fathoms (modified by Michael Lively Custom)


7. SEIKO CAESAR SNDA15 VS. MONSTER SKX779


8. Seiko 6309, 18th Jewel Mod


9. Seiko 6309 Assembly




10. ...



-----------------------------------------------------------------


NB : Silakan PM untuk update informasi tambahan / koreksi
Seiko Kinetic – a Technology that only Seiko cloud master

Apa itu Seiko kinetic?
Seiko Kinetic adalah movement yang ditemukan dan dikembangkan oleh Seiko yang menggabungkan akurasi tinggi dari mesin quartz dengan teknologi pengisian daya dari gerakan tangan untuk mengisi power dari jam tsb. Sehingga batere Seiko kinetic akan tidak perlu (jarang) di ganti seperti jam quartz.
Dengan tidak/jarang mengganti batere jam lebih nyaman dipakai (maintanace free) juga daya tahan jam akan jam akan terjaga (kerena case back jarang dibuka) dan lebih “hijau” untuk bumi.! This is green technology..

Gimana Prinsip Kerjanya?
Seiko kinetic menggunakan gerakan tangan pemakai jam untuk menghasilkan energi listrik yang digunakan untuk mencharge batery dan menghidupkan jam tersebut. Jadi power jam tersebut diperoleh dari pergerakan tangan kita. 

Apa bedanya denga movement Automatic?
Keduanya memang sama-sama menggunakan pergerakan tangan manusia untuk sebagai powernya. Bedanya Mesin jam Automatic adalah full mekanik yang sudah ada sejak tahun 1770, tidak ada komponen elektronic sama sekali didalamnya sehingga daya simpan tenaga jam (Power Reserve/PR) jam automatic tergantung pegas yang menyimpan energi, biasanya PRnya sekitar 40 jam. Sedang jam kinetic punya PR bisa selama 6 bulan. Selain itu akurasi jam Kinetic karena menggunakan quartz juga lebih unggul dari jam automatic, sekitar ±15 detik/bulan.

Lebih jelas tentang cara kerjanya dong?
Seiko kinetic adalah salah satu movement seiko dengan teknologi micro electronic yang canggih. Begini Seperti pada automatic movement, seiko kinetic juga ada bandul pemberat (kadang di sebut rotor di jam automaic, tapi dalam jam kinetic ”rotor” tidak sama dengan ”bandul” ini) yang bergerak berputar kita kita menggerakkan tangan kita. Gerakan bandul ini dioper dan diperbesar oleh gigi2 ke rotor magnet khusus yang bisa berputar dgn kecepatan 10.000 – 100.000 RPM (rotasi per menit).
gambar:

Dengan kecepan tinggi itu rotor berputar dalam kumparan kawat yang akhirnya sesuai hukum alam dimana perubahan medan magnet dalam kumparan akan menghasilkan arus listrik,, maka di kumparan tersebut terhasilkan daya listrik yg selanjutnya dialirkan dayanya ke ESU (electrical strorage unit) untuk disimpan. Sekarang ESU yang digunakan merupakan gabungan dari unit IC pengontrol dan batery khusus tipe Lithium-ion (sebelumnya micro-kapasitor digunakan sebagai komponen ESU). Daya dari ESU ini yang selanjutnya digunakan untuk menggerakan steping motor seperti pada mesin quartz (baca tentang movement seiko quartz utk lebih detil).

Terus canggihnya dimana?
Bayangin aja, anda punya power generator mini dalam jam kecil anda. how cool is that!?
Prinsip kerja rotor pada Kinetic adalah sama dengan kerja dinamo lain yaitu putaran magnet akan menghasilkan listrik pada kumparan. contoh dinamo: pada altenator mobil. Dimana pada dinamo mobil magnet digerakan dengan putaran mesin. Semakin tinggi putaran mobil maka semakin besar listrik yang dihasilkan. pada dinamo mobil putaran mesin yg hanya sekitar 1000-8000 rpm sudah cukup untuk menghasilkan power yang besar kerena dinamo mobil mempunyai magnet yang besar dan juga kumparan yang besar.
Namun membuat dinamo mini dan bisa menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan jam bukan soal yg mudah. Rotor magnet dengan bahan khusus (samarium cobalt microrotor) berukuran mini (diameter 2.66 mm dan tebal 0.4mm) harus berputar sangat cepat (10.000-100.000 Rpm) untuk menghasilkan daya yg cukup tanpa menimbulkan gesekan yang dapat berakibat ausnya komponen atau panas yang berlebih. untuk itu rotor tersebut di buat melayang dengan medan magnet sehingga dapat berputar cepat tanpa gesekan.
Selain itu efiensi power juga dikembangkan agar kinetic dapat membawa PR yang memadai. Pada tahun 1986 seiko berhasil membuat IC (intregated circuit) yg biasa terdapat pada jam quartz yang hanya membutuhkan energi 0.9 micro-watts (hanya 3% dari energi IC pada jam quartz pertama: seiko astron) , bahkan sekarang seiko sudah berhasil membuat IC dengan power hanya 0.71 micro-watts untuk jam kinetic sekarang. gambar grafik kemajuan riset IC seiko:
Perkembangan kinetic yang dasyat ini hanya bisa dilakukan oleh seiko, karena seiko group merupakan perusahaan multi product dengan banyak product mereka adalah komponen2 micro electronic.
Dalam bidang movement kinetic ini seiko mempunya 50 hak paten.

Gimana sejarahnya Kinetic?
1986 – di Bazel fair, seiko mengeluarkan jam prototype jam kinetic dengan nama “AGM” . Merupakan jam pertama dengan konsep mengubah energi kinetic/gerak menjadi energi listrik.
foto:
1988 – Seiko kinetic mulai dijual bebas dan pertama dibuat dgn nama “AGS” (Automatic Generating System).
Foto:
1991 – Nama AGS mulai diganti oleh Kinetic.
1998 – Seiko Kinetic Auto-Relay pertama dipasarkan, dengan auto-relay ketika jam tidak dipakai, maka batere dalam jam tetap bisa bertahan selama 4 tahun.! Caranya, ketika tidak dipakai selama 72 jam, auto-relay akan membuat jam masuk ke “sleep-mode” . dalam sleep-mode ini IC penghitung waktu tetap menghitung waktu namun tidak menggerakan jarum sama sekali. Karena hanya dibutuhkan daya yang sedikit untuk menghitung waktu dibandingkan menggerakan jarum jam, maka power yang dihemat selama jarum jam tidak bergerak akan sangat banyak. Namun ketika jam dipakai lagi (bergerak), maka jam kembali ke “on-mode” dan jarum jam akan otomatis bergerak ke arah waktu yang benar, tidak perlu di setting ulang.
1999 – Seiko kinetic cronograph pertama diluncurkan.
2003 – kinetic cronograph dengan caliber baru yg lebih baik
2005 – di Bazel world Kinetic perpetual diluncurkan, menggabungkan daya tahan kinetic yang lama dengan kenyamanan kalender perpetual yg pasti benar hingga tahun 2100.
2007 – Seiko menggabungkan kebiasan pada jam manual winding dengan kinetic, menjadi Kinetic direct drive.! Jika diperhatikan (termasuk di kaskus ini) banyak pengemar jam tangan yang suka dengan movement manual winding. Mereka bilang ada ritual tersendiri antara manusia dan jam ,,yang membuat pemakai jam merasa dekat dengan jam mereka secara emosional.. cieeee.. karena tiap hari ada ritual muter crown itu maka secara lambat laun hubungan manusia-jam akan semakin dekat (dan tak terpisahkan.. : hohohoho ). Nah kinetic direct drive ini juga demikian , selain dari pergerakan tangan, jika sedang tidak dipakai.. tuan empunya jam tangan ini boleh memutar crown untuk mengisi PR seperti pada jam manual winding. Dilengkapi oleh indicator power reserve dan besarnya powernya ketika sedang winding menjadi fitur menarik dari jam kinetic model ini.


Caliber yang sudah ada apa saja?
Seiko kinetic adalah hasil karya yang terus dikembang seiko tanpa henti. Sehingga penyempurnaan movement terus berkelanjutan, berikut tipe caliber yang sudah ada:
1M20
3M21 3M22
3M62
4M21
4M71
5D22* 5D44* (Direct Drive)
5D88 (Direct Drive Moonphase)
5J21* 5J22* (Auto Relay)
5J32* (Auto Relay) Fitur: PR: 4 tahun
5M22 5M23 5M25
5M42 5M43 5M45 5M47
5M54* (Retrograde Day Indicator)
5M62* 5M63* 5M65(GMT)* Fitur: PR:6 bulan, PR indicator dengan tombol.
7D46* 7D48* 7D56* (Auto Relay, Perpetual Calendar) Fitur: PR: 4 tahun,
7L22* (Flyback chronograph) Fitur: PR: 5 bulan, Chronograph up to 45 minutes in 1/5 second increments
7M12 7M42
7M22 7M45
9T82* (Chronograph) Fitur: PR: 1 bulan, Chronograph up to 12 hours in 1/10 second increments, Separate displays for all functions ensure ease of use and high legibility, 350 parts, Assembled by hand
YT57* YT58

aneka link by kaskuser:
Plus Minus Seiko Kinetic. by: Hantulautid
Kinetic Bagus atau Tidak? by: Hantulautid
Kinetic ubah habit user. by: Hantulautid
Koreksi putaran. by:Nikidasi

(jika ada tambahan atau koreksi sangat dinantikan, silakan di PM, kredit nama akan di tulis disini)
Recommended vendors (in alphabetical order)

Cousins UK
[url]www.cousinsuk.com[/url]
Parts & tools

Dagaz Watch Ltd.
[url]www.10watches.com[/url]
Custom watches, parts & tools

Everest Watchworks
[url]www.everestwatchworks.com[/url]
Relumes & WR Testing

IWW (Industrial Watch Works)
[url]www.industrialwatchworks.com[/url]
PVD coating, case refinishing, sterilization of case backs, movement servicing and re-lume work

Jules Borel
[url]www.julesborel.com[/url]
Parts & tools

North East Watch Works
[url]www.newatchworks.com[/url]
Custom watch works

Otto Frei
[url]www.ofrei.com[/url]
Parts & tools

Robert Thayer Jr.
[url]www.bobthayerjr.com[/url]
Custom, modification, repair, restoration

Watch Tool & Watch Winder Company
[url]www.watch-tool.de[/url]
Parts & tools

Yobokies (Seikoboy)
[url]www.yobokies.com[/url]
Custom watches, parts & tools



-----------------------------------------------------------------


Tools untuk custom/mod projects

Untuk memulai project building watch/modifying/custom tentunya kita butuh beberapa tools & parts seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Ada beberapa tools yang boleh di-substitute dengan perkakas lainnya bila memang tidak memiliki alat yg sama.





Di bawah ini saya jelaskan secara singkat tools & parts beserta fungsinya.

1. Obeng. Biasanya dijual dalam 1 set yg terdiri dari berbagai ukuran. Saya rasa gunanya alat ini sudah cukup jelas dan tidak perlu info tambahan lagi.


2. Case opener. Ada beberapa macam, yang saya sertakan hanya 2 jenis, case opener berbentuk sticky ball & tool dengan 3 kaki.

Bola ini sangat direkomendasikan karena bisa digunakan untuk membuka berbagai macam back case dengan cukup menekankan bola tersebut dan putar untuk membuka, resiko tergores jauh lebih kecil dibandingkan dengan tool lain yg terbuat dari besi. Selain itu juga bisa dijadikan bola mainan utk anak2


Tool yang ini direkomendasikan untuk caseback yang agak kencang tutupnya, khususnya untuk model jam diver.


3. Hands remover & hands setter. Alat yang pertama yg berbentuk seperti capit digunakan untuk mencabut hands sesuai dengan namanya sedangkan tool kedua digunakan untuk memasang kembali jarum jam ke mesin dengan cara ditekan.


4. Tweezers. Ini bukan pencabut bulu ya fungsi alat jelas untuk menjepit parts kecil, misalnya mur/baut, hands, dll.


5. Pin vise. Alat ini tidak mutlak diperlukan, namun bagi saya alat ini cukup handy salah satunya saat digunakan untuk memodifikasi stem.


6. Magnifier / loop. Alat ini wajib digunakan oleh watchmaker dalam mereparasi/assembly movement. Usahakan untuk beli yang disertai dengan led light karena akan sangat membantu.


7. Watch parts. Usahakan untuk memiliki parts yang tepat untuk digunakan. Ada baiknya mengumpulkan parts tambahan/cadangan karena mungkin bisa digunakan utk proyek lainnya ataupun menggantikan parts yg hilang/rusak tanpa harus mengorder lagi dan project terhambat karena menunggu kedatangan parts. Oleh sebab itu lakukan sedikit research mengenai movement dan case serta dimensi yang akan digunakan.


8. Digital caliper. Alat ini sangat berguna untuk mengukur suatu dimensi secara akurat, misalnya pivot dial, ketebalan movement, diameter casing, ukuran stem, dll.


9. Rubber finger cap. Kedua sarung karet tersebut bukan kondom bekas ya melainkan sarung karet untuk dipasangkan ke jari2 yg digunakan untuk memegang movement. Tujuannya supaya minyak pada tangan/jari tidak menempel ke mesin yang dalam jangka panjang bisa menyebabkan korosi.


10. Kain. Bisa digunakan untuk lap kaca, casing ataupun sebagai tatakan di meja supaya tidak terjadi gesekan yang membekas. Saya menggunakan beberapa jenis kain, antara lain micro fiber dan kulit domba (efektif utk membersihkan minyak).


11. Dial dots. Dots kecil ini digunakan sebagai semacam sticker untuk menempelkan dial ke movement, tentunya cocok digunakan utk dial yg sudah tidak memiliki kaki (dial feet hilang)


12. Case cushion & movement holder. Kedua tools ini biasanya digunakan sebagai tatakan movement saat dikeluarkan dari case. Movement holder bisa digunakan untuk memegang/mengunci movement sehingga lebih gampang sewaktu mengutak-atik movement.


13. Dust blower. Digunakan untuk meniup debu2 yg nempel pada dial, hands, casing, dll. Saya menggunakan dust blower utk lensa kamera


14. Bergeon Rodico. Yang satu ini disarankan untuk dimiliki karena sangat berguna dalam berbagai hal, misalnya menghapus sidik jari pada dial & hands, membersihkan kotoran pada parts yg kecil, untuk menyerap kelebihan minyak pada jewel, dll.


15. Lume powder. Yang satu ini saya ikut sertakan sebagai recommended tools/parts karena biasanya tahap relume pada dial & hands saya kerjakan bersamaan dalam tahap assembly watch.


16. Binder. Cairan ini digunakan untuk diaduk/mizing bersama dengan lume powder. Perbandingan umumnya adalah 50-50.


17. Presser. Alat ini bisa digunakan sebagai pemasang kaca crystal pada jam tangan.


18. Ultrasonic cleaner. Alat ini cocok untuk membersihkan bagian yang susah dijangkau dan cocok pula untuk membersihkan case, ss bracelet, parts kecil lainnya ataupun untuk perhiasan lainnya.


19. Dan lain2.



-----------------------------------------------------------------


NB : Silakan PM untuk update informasi tambahan / koreksi
CREDOR, CREDOR SEIKO



Credor, Credor-Seiko, nama yang hanya mungkin diketahui bagi mereka yang mendalami seiko dengan seluk beluk produknya. Bagi orang awam, tak mungkin mengenal Credor Seiko. Bahkan, Grand Seiko pun cukup jarang didengar oleh masyarakat umum kecuali mereka yang memang suka dengan arloji namun tidak mendalami seiko. Jadi, mereka yang memahami credor seiko, sudah dapat dipastikan adalah para “penikmat”seiko atau yang sering aktif memperkaya diri dengan wawasan horology via forum-forum umum seperti di kaskus tercinta ini.
Credor dipersiapkan untuk berkompetisi dengan arloji-arloji luxury seperti Patek Phillipe, Vacheron Constantin, Audemer Pigeut, dll. Credor fokus pada decorating dan pilihan material logam mulia dan proses penyelesain yang indah. Credor memiliki desain yang atraktif dan lebih menyasar kalangan “muda” dan mereka yang berjiwa muda. Baiklah, tidak berpanjang lebar, selamat menikmati keindahan Credor, Credor Seiko....

Sejarah
Konsep Credor, sebagai jam yang istimewa, sudah diwacanakan sejak tahun 1969, namun baru pada tahun 1974 konsep ini direalisasikan dalam bentuk nama “Seiko Kuredoru”. Baru pada tahun 1978, Credor diperkenalkan pertama kali sebagai jam quartz High-end. Pada awalnya credor hanya dibuat dari logam emas 14/18kt dan platinum saja. Pada bezelnya beberapa model menggunakan berlian dan perhiasan lain. Ada satu model credor terbuat dari kayu yang didibuat oleh Tokunaga Ikuo. Selama tahun 1980, Credor hanya dikenal sebagai jam yang limited edition dan High End Quarz analog wristwatch. Akhir tahun 1990 tulisan Credor disandingkan dengan “Seiko” menjadi “Credor Seiko”, kemudian diawal tahun 2000 tulisan seiko ditiadakan menjadi hanya “Credor” saja. Pada tahun 1996, mulai dirilisnya Credor dengan movement mekanik dengan seri 4s, 6s dan 8L. Hingga kini kita dapat melihat perkembangan Credor Seiko yang semakin atraktif desainnya seperti yang dapat kita lihat pada site resminya [url]www.credor.com[/url] .
Membuat Credor tidak sembarangan, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk menghasilkan kualitas terbaik Credor. Oleh karenanya, Seiko sampai-sampai membuatkan kurikulum Credor yang diajarkan oleh seorang “Kuredoru Adviser” sebelum seorang watchmaker ditugaskan membuat Credor.

Filosofi Logo Credor
Nama “Credor” difahami berasal dari 2 kata dalam bahasa prancis yaitu “Cret” dan “D’Or” yang berarti “Puncak” dan “emas” atau dapat kita nyatakan sebagai EMAS TERBAIK. Memang Credor ini sedari awal dipersiapkan sebagai jam yang spesial, eksklusif, High-end, dan terbuat dari logam mulia terbaik.
Credor menggunakan lambang huruf china yang berartikan “gunung” yang diperkenalkan pada tahun 1980. Logo tersebut dikenal sebagai 3 puncak credor dan diatasnya terdapat bintang-bintang menandakan surga  (agak lebay ya...tapi memang gitu maksudnya). Untuk membuat kuat, 3 puncak tersebut berada diatas pondasi yang kokoh dan bentuk simetris segitiga sama sisi antara puncak tengah dengan puncak di kiri dan kanan.



Logo lain pada beberapa model Credor, pada caseback terdapat logo ilustrasi burung phoenix, sebagai lambang burung yang tak pernah mati (lebay lagi kan... ). Hal ini dimaksudkan oleh seiko bahwa movement yang digunakan pada jam-jam Credor diharapkan tidak lah mudah rusak, memiliki usia pakai yang lama sekali hingga puluhan tahun sehingga bisa jadi dapat diwariskan.



Movement Credor:
Quartz (Start est. 1978)
1.\t2f70 (1985 - 1992)
2.\t1E70
3.\t5A70
4.\t5A74
5.\t8J81
6.\t8J86
7.\t4J80
8.\t4781
9.\t4785
10.\t9571
11.\t9572
12.\t6020
13.\t6730
14.\t7771

Mechanical (Start est. 1992)
1.\t4s71
2.\t4S76 (retrograde)
3.\t4s77 – 0A20
4.\t4s79 – 0040
5.\t4L75
6.\t6s37
7.\t6s74
8.\t6s77
9.\t6s78
10.\t6s99
11.\t6870 / ultrathin
12.\t6899 / ultrathin
13.\t6898 – 0010 / Ultra Thin
14.\t6898 – 0040 / Ultra Thin
15.\t8L75 – 0A40
16.\t8L88
17.\t8L37

Spring drive (start est. 2005)
1.\t5R77
2.\t7R78
3.\t7R87
4.\t7R88
5.\t7R89
6.\t7R99
7. 7R08 (masterpiece-sonnarie)


Link

Data Base Credor
http://www.tempusdomains.com/index.php?cat=78

Price List Credor
http://www.012.co.jp/credor/node/

GRAND SEIKO

Salah satu jam yang dikenal oleh sebagian besar pemakai arloji dimanapun berada. Grand Seiko, sebuah nama arloji yang dikeluarkan oleh Seiko sebagai bukti keinginan dan kerja keras Seiko memproduksi arloji berkualitas internasional bersaing dengan jam-jam keluaran keluarga Swiss. Grand Seiko dibuat dengan mengedepankan keunggulan teknologi movement, fungsional, dan sebagian finishing material. Umumnya pemakai Grand Seiko menyukai tipe jam simple, humble, sederhana namun mengandung akurasi yang luar biasa, finishing yang dapat membuat kesan pertama luar biasa. Masih ketinggalan rasanya penggemar arloji jika belum memiliki GRAND SEIKO sebagai warisan horology terbaik dari dunia timur....

Sejarah
Tidak terlalu sulit mencari jejak rekam sejarah tentang Grand Seiko dibanding Credor. Kiranya menunjukkan perhatian besar dunia pada GrandSeiko ketimbang Credor yang munculnya pun 18 tahun setelah GrandSeiko lahir. Pasca perang dunia ke-2, Jepang berusaha kembali membangun negaranya, peradabannya, dan kemampuan industrinya. Sebagai negara yang kalah perang, tentu Jepang mau tidak mau harus berusaha mandiri dan bangkit dari keterpurukannya. Termasuk juga dengan Korporasi Seiko yang berusaha membangun industri arloji dan instrumen yang terkait. Bisa dibayangkan pandangan masyarakat dunia khususnya daratan eropa pada jam seiko di era tersebut. Sebuah jam yang berasal dari negeri kalah perang, tentu pandangan sebelah mata yang ada. Berangkat dari hal itulah Seiko bertekad kuat membuat jam yang berkualitas dan kompetitif diantara jam-jam swiss. Pada tahun 1960 lahirlah untuk pertama kalinya GRANDSEIKO oleh Suwa Seikosha di Nagano - Japan. GrandSeiko ini ber-movement manual seri 3180, Hack mechanism dengan 18.000 bph, 25 jewels, dan diproduksi sebanyak 36.000 unit. Dengan mengikuti standarisasi chronometer, Case 18K goldplated dan ada juga versi platinum.

Kabarnya untuk menghasilkan GRANDSEIKO ini, korporasi seiko mengesampingkan margin keuntungan demi investasi pada teknologi tertinggi saat itu. Kelahiran GRANDSEIKO diikuti kesuksesan Seiko dalam Olimpiade Tokyo dan Kemenangan kompetisi movement di Nauchatel – Swiss. Kelahiran GRANDSEIKO ini juga merupakan tonggak seiko yang mendunia.

Perkembangan GRANDSEIKO terus melahirkan milestone terbaik, sbb:
Milestone GS History

Silsilah GS


Perbandingan Akurasi GS:


LINK:
Database foto GS:
http://www.tempusdomains.com/index.php?cat=82

Source:
[url]www.grand-seiko.com[/url]
Seiya kobayashi article
Any site reff
SEIKO QUARTZ



****under construction****


Mohon bantuannya semua...
kalo ada informasi about seiko quartz dan relevansinya silahkan pm aja, all credit will be entitled

jangan langsung percaya dengan seiko...

Mau lapor hasil observasi sederhana ttg akurasi jam Seiko diver ane…

Karena tertarik bgt sama akurasi sebuah jam dan banyak liat di forum luar, iseng2 nyatetin sendiri “pergeseran” jam ane dibandingin sama jam server kantor ane (persis sama dengan web timeanddate.com – current local time in Jakarta.

Link bisa ke:
http://www.hobbiarloji.com/ trus langsung ke Waktu Jakarta Saat ini – Cocokin Jam

atau langsung direct ke:
http://www.timeanddate.com/worldcloc...ity.html?n=108


Yang pertama 6458-600A…



Dari 15 hari observasi sederhana, jam ini bergeser +3 detik.
15 hari itu 1.296.000 detik (60 x 60 x 24 x 15)…dan bergeser +3 detik berarti punya error sebesar 0,000231481% (3/1.296.000 x 100%)
dengan kata lain 6458-600A ini punya akurasi sebesar 99,99976852%
walaupun caliber ini bukan HEQ, tapi untuk ukuran jam yang udah 30 tahun 1 bulan dengan akurasi seperti itu udah mantep banget….
Sekarang observasi masih berlanjut biar dapet 30 hari…pengen tahu seberapa besar pergeserannya… (spek pabrik +- 15s/month)..

Untuk comparasi tiap caliber quartz Seiko bisa ke:
http://forums.watchuseek.com/f281/se...de-276900.html


Yang kedua SKX007K…



Dulu waktu lebaran di kampung halaman istri…iseng2 merhatiin “pergeseran” jam ini, sebesar -7s/day… berarti jam ini punya error 0,008101852%..
Dengan kata lain akurasinya sebesar 99,99189815%... untuk ukuran jam yang belum di regulate, akurasi segitu udah oke ya…hehehe…

-lanjut-

Sekarang laporan hasil observasi selama 1 bulan untuk cal 6458-600A ini...

dari 30 hari beroperasi (60*60*24*30 = 2.592.000 detik)... 6458-600A ini "drift" sebanyak +7detik....
+7 detik itu berarti error sebanyak 0,000270062%..
jadi dalam 30 hari, 6458-600A ini punya akurasi sebesar 99,99972994%..
wow


hasil observasi selama 30 hari untuk seiko cal 7T42 produksi Mei '92 hibah dari bokap...

oya bro, ini seiko yg ane pake waktu itu di tangcity..

penampakannya:


dari 30 hari beroperasi (60*60*24*30 = 2.592.000 detik)... 7T42 ini "drift" sebanyak +1detik.... ya, +1 detik aja.... itu berarti error sebanyak 0,0000385802469135802%..
jadi dalam 30 hari, 7T42 ini punya akurasi sebesar 99,99996141975308642%..
weleh-weleh....
moga2 ane ga salah itung...micrsft excel nya error trs ngitung angka segitu, hehehe....

jadi sesuai dengan judul postingan ini, "jangan langsung percaya dengan seiko..." memang harus begitu...karena performa asli produk mereka lebih bagus dibanding spek pabriknya...hehehehe...

tribute to SEIKO... visiting the NEW SEIKO Museum

ijin share Gan.... ada postingan sangat menarik di:
http://home.watchprosite.com/?show=f...&ti=789798&s=0

website resmi untuk museum nya ada di mari bro:
http://museum.seiko.co.jp/en/index.html

mari dilanjut...biar gambar yang berbicara..


























































































beberapa karya SEIKO lainnya....











fiuh....utk lebih komplitnya..monggo langsung cek ke link di atas tadi gan..

King Seiko


KING SEIKO 4402-8000 (September 1966)


KING SEIKO 5625-7000 (April 1969)

History of KING SEIKO
(A Work in Progress)

Calibers (click links for details):
1st KS (no caliber number): Hand-winding, 18000 bph, 25 jewels
4400: Hand-winding, 18000 bph, 25 jewels, DAINI,
4402: Hand-winding, 18000 bph, 25 jewels, DAINI,
4420: Hand-winding, 18000 bph, 27 jewels, DAINI (KS Chronometer)
4500: Hand-winding, 36000 bph, 25 jewels, DAINI
4502: Hand-winding, 36000 bph, 25 jewels, DAINI
5245: Self-winding, 28800 bph, 25 jewels, DAINI
5246: Self-winding, 28800 bph, 25 jewels, DAINI
5256: Self-winding, 28800 bph, 25 jewels, DAINI
5621: Self-winding, 28800 bph, 25 jewels, SUWA
5625: Self-winding, 28800 bph, 25 jewels, SUWA
5626: Self-winding, 28800 bph, 25 jewels, SUWA

References:
http://seikoholics.yuku.com/sreply/1...d#.Tywlt8X9PIU
http://seikoholics.yuku.com/sreply/1...c#.TywtUMX9PIU

Rangkuman diskusi KING SEIKO:

SEIKO SOLAR dan SEIKO THERMIC

SEIKO SOLAR

Seiko solar adalah salah satu jawaban Seiko terhadap teknologi yang ramah lingkungan. Jam tangan Seiko solar akan menggunakan cahaya apa saja sebagai sumber tenaga pengisi batterenya. Sehingga Seiko solar tidak pernah/jarang sekali mengganti battery. Karena batere yang ada dapat terus menerus terisi sekama terkena cahaya. Seiko solar mengunakan tenaga mesin Seiko quartz yang hemat energi sehingga waktu yang di butuhkan untuk mengisi dan menjalankan jam bias lebih efisien.

Kelebihan Seiko solar:
• Walaupun namanya “Solar” yg berarti matahari, jam Seiko solar mengunakan segala jenis cahaya untuk pengisian batere, tidak hanya cahaya matari.
• Pengisian power yang cepat, cukup 2 menit dibawah sinar matarai cukup untuk memberi daya jam selama satu hari, dan untuk full-charge nya hanya membutuhkan 3 jam.
• Daya simpan (power reserved/ PR) yang lama, dari full-charge jam dapat bertahan selama 6 bulan (12 bulan pada model tertentu) jika jam disimpan dalam keadan gelap total
• Jika jam kehabisan daya sama sekali, cukup taruh 8 menit dibawah sinar matahari maka jam akan berjalan normal kembali.

Cara kerja Seiko Solar:
1. Cahaya masuk melalui dial yang tembus cahaya, walau dengan seiko teknologi, dial ini akan terlihat solid (tidak transparant) seperti umumnya dial jam lain. gambar:
2. Cahaya yang sudah masuk menembus dial akan mengenai sensor penangkap cahaya (solar cell) yang terbuat dari photovoltaic (PV) cell. sesuai namanya, Photo adalah cahaya dan Voltaic adalah Listrik. jadi Cell photo voltaic ini akan mengubah cahaya yang diterimanya dalam bentuk listrik.
gambar PV cell yang berada di bawah dial:
3. PV cell sendiri terdiri dari 2 lapisan silicon (semi-konduktor) yang satu terdiri dari silikon yang kurang electron dan lapisan yang satu lagi dibuat kaya (lebih) electron. Saat cahaya (photon) mengenai lapisan yang kurang electron, maka lapisan akan memindahkan electron2 ke bagian lapisan yang kaya electron. Sementara itu lapisan yang kaya electron juga menerima cahaya/photon dan juga kiriman electron dari lapisan yang kurang, akan tetapi sistem sirkuit "one-way" mencegah lapisan kaya electron ini mengirim balik ke lapisan yang kurang electron, melainkan dari lapisan kaya electron ini harus mengirimkan kelebihan electronnya (electron yang bergerak=listrik) ke ESU (electronic storage unit) untuk kemudian digunakan mengisi battery dan menjalankan jam. Electron yang sudah terpakai kemudian dialirkan kembali ke lapisan yang kurang electron untuk menjalani siklus selanjutnya yang berulang terus.
4. Selanjutnya listrik dari battery yang sudah dicharge ini akan digunakan untuk menjalankan mesin seiko quartz.:
gambar skema kerja seiko solar:



Salah satu tipe Seiko Solar terbaik:
Spoiler for video:

SEIKO ASTRON Solar GPS (jam pertama di dunia dgn fitur solar dan GPS yg dapat berpindah waktu dengan tepat sesuai lokasi kita di bumi)


SEIKO THERMIC

Ide memamfaatkan panas tubuh manusia (body heat) untuk menghasilkan energi listrik sudah lama di impikan para ilmuwan. Secara teori seorang pria yang sedang santai dapat menghasilkan energi 100-120watt, energi yang cukup besar untuk menjalankan peratatan rumah tangga seperti lampu2 dan kipas angin. Namun sayang pemamfaatan energi sebesar ini masih ada dalam impian dan film fiksi ilmiah seperti "the matrix".
Teknologi yang ada saat ini hanya bisa memamfaatkan panas tubuh manusia menjadi listrik sebesar beberapa miliwatt saja. Listrik sebesar itu hanya cukup untuk menjalankan jam tangan dan alat pemantau panas tubuh.

Pada tahun 1998 Seiko kembali menjadi produsen yang pertama didunia membuat jam tangan inovatif dengan tenaga panas tubuh manusia, yang disebut Seiko Thermic.
Foto seiko thermic:
Sayang seiko thermic ini hanya dibuat sebanyak 500pcs sehingga menjadikan langka dan menjadi 'must have' for seiko colectors.

Cara kerja:
1. Seiko thermic berkerja dengan memamfaatkan perbedaan temperatur antara panas tubuh pemakai jam dan suhu udara sekitar. Jam seiko thermic akan mengambil panas tubuh dan mengalirkannya ke udara diluar yang lebih dingin.
Diagram prinsip kerja seiko thermic:
2. Sensor untuk menyerap panas tubuh yang di gunakan adalah sensor thermoelctric semikonduktor yang bekerja berdasarkan seebeck efek, dimana perbedaan temperatur pada kedua sisi semikonduktor akan membuat arus listrik mengalir.
diagram semikonduktor dengan seebeck efek:
3. Pada umumnya elemen tunggal thermoelectic hanya dapat menghasilkan daya 200microVolt pada perbedaan temperatur 1 derajat Celcius. Sementara jam tangan quartz membutuhkan power 1.5Volt, sehingga akan dibutuhkan 7500 elemen thermoelectric yang rangkai seri untuk menghasilkan 1.5V, bisa dibayangkan kesulitan dan daya tahan dari rangkaian tersebut. Untuk mengatasi ini Seiko membuat elemen Micro-Thermoelectric yang berukuran hanya 2mmx2mm dan mengandung 104 elemen thermoelectic tungal.
Foto:
4. Sebanyak 10 Elemen micro-thermoelectric ini kemudian kemudian dirangkai secara seri, dan dipaking rapih dengan casing anti-shock dan menjadi unit siap pakai. Unit Ini kemudian menjadi unit thermoelctic terkecil didunia yang siap pakai.
Foto unit thermo electric terkecil didunia:
5. Energi listrik dari rangkaian Thermoelectric ini kemudian disalurkan, diperbesar oleh IC pengontrol, yang selajutnya berperan juga dalam pengaturan pengisian batere titanium lithium-ion yang dapat diisi ulang.
gambar rangkaian umum:
6. Tenaga dari betere ini yang kemudian digunakan untuk menjalankan mesin seiko quartz pada jam tangan Thermic.

Teknologi Seiko pada micro-thermoeletric ini telah mendapat penghargaan baik di jepang sendiri (technical development prize dari Japan Institute of Metals) maupun didunia International (Smithsonian museum in USA).

Sumber:
http://www.natureinterface.com/e/ni03/P045-049/

(silakan kimkan komentar atau PM jika ada kesalahan atau koreksi tentang tulisan ini. Terima kasih)
Reserved

Thx

Link-link terkait Seiko

Seiko dari Movement:
- Seiko Mechanical Manual Wind
- Seiko Mechanical Automatic
- Seiko Mechanical Automatic, Manual Wind
- Seiko Quartz
- Seiko AGS / Kinetic
- Seiko Solar
- Seiko SpringDrive
- Seiko Thermo

Website Resmi Seiko
[url]www.seikowatches.com[/url]
[url]www.credor.com[/url]
[url]www.grand-seiko.com[/url]
[url]www.seikospringdrive.com[/url]

Seiko Branding (Seiko dari Penamaan):
http://forums.watchuseek.com/f281/se...ry-209014.html

Seiko Calibre:
http://www.timezone.com/library/extr...03474986250000

Asal-usul Seiko Fieldmaster dan Landmaster
http://www.seiko-divers.info/scwf/in...&id=1143206479

Peristiwa Demosi CEO Seiko
http://www.seiko.co.jp/en/news/press...10043018243601

Chronology Time Seiko Group

seiko bellmatic

sy ada beberapa seiko vintage...

vaforit sy seiko 'belle' a.k.a. bellmatic






BELLMATIC

seiko bellmatic adalah jam dengan konsep unik yg terdapat fitur alarm dan bekerja dengan mekanisme yang sama dengan jam waker meja manual...istilahnya semerti mindahin waker ke pergelangan tangan...
bell...merupakan term dari konsep alarm itu sendiri yg bisa berarti lonceng..dan seiko menghadirkan lonceng tradisional yg bekerja di balik casing jam..
matic...merupakan term dari pergerakan jam yg menggunakan mekanisme automatic

meski mekanisme jam bekerja secara otomatis tetapi mekanisme alarm bekerja secara manual....yaitu harus diputar tangan dulu untuk mengisi tenaga agar alarm bekerja..

ciri utama bellmatic adalah crown tambahan pada indeks #2 (ciri yg sama seperti jam orient) , berfungsi untuk on/ off alarm dan quickset date...
posisi default adalah alarm off..., pull/ tarik untuk alarm on.., dan push/ tekan untuk quickset date..

sedangkan crown utama berfungsi sebagai pengatur jarum menit dan jam..pemutar inner bezel (berfungsi sbg patokan kapan alarm berbunyi)....dan pemutar manual tenaga alarm
posisi default adalah pemutar tenaga alarm..., pull 1 adalah pemutar inner bezel.., pull 2 adalah pengatur jarum jam..

pemutar tenaga tidak berfungsi bila crown alarm berada dlm posisi on...

pic. dr brosur


Spoiler for bellmatic database series:




ini bellmatic jelek sy...
Spoiler for bellmatic:

Seiko Digital dan Analog-Digital

Serba-serbi Seiko Digital dan Ana-Digi

Kumpulan Diskusi:

Seiko Digital by. nikidasi
Seiko "running man" by. nikidasi
Seiko Diver Digital by. happyjaya
Seiko H558 ana-digi diver by. nikidasi

Other:
FAKE SEIKO 6138-7000 sliderule aka calculator alert!!! by. nikidasi
"... I hate to say it, but it's true." by.nikidasi