KASKUS

Quote:Original Posted By UcHiNg
Berikut sejumlah sanksi pelanggaran lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Sanksi Pelanggaran Lalu Lintas

  • Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).
  • Setiap pengendara yang tak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 288 ayat 1).


ane pernah waktu kena razia R2 ga bawa SIM + STNK...
Untungnya ane cuma kena 100rb...
dan boleh jalan terus...
Polisi ada juga yang berbaik hati ya...
(ane ikhlaskan aja uang 100rb buat tuh Polisi)
Quote:Original Posted By benerbanget
woohh segitu yah gan.... thks yah coba ane urus sendiri ajah deh ke samsatnye...
periksa kolor gan..


kalo udah ke samsat, kabarin lagi di mari ya jie.. share ke sini

Quote:Original Posted By dngms
ane pernah waktu kena razia R2 ga bawa SIM + STNK...
Untungnya ane cuma kena 100rb...
dan boleh jalan terus...
Polisi ada juga yang berbaik hati ya...
(ane ikhlaskan aja uang 100rb buat tuh Polisi)


itu kapan? mayan juga tuh 100rb, tapi yah better lah daripada 1jt
Quote:Original Posted By UcHiNg
kalo udah ke samsat, kabarin lagi di mari ya jie.. share ke sini



itu kapan? mayan juga tuh 100rb, tapi yah better lah daripada 1jt


wuihhh, kok agan tau nama ane??
anak forsup yah gan
bantuin itungin dong gan, mau ane jual motor nya gan tapi prpnjang dulu supra ane th 2002,
pkb = 123rb
swdklj = 35rb

berlaku 9 agstus 2009 gan,, kira2 brp ya ? tks
nice trit gan..

ane pelajari dolo biar pinter..

rate * 5 aja deh
Quote:Original Posted By benerbanget
wuihhh, kok agan tau nama ane??
anak forsup yah gan


macacih

Quote:Original Posted By g.ardhi.r
nice trit gan..

ane pelajari dolo biar pinter..

rate * 5 aja deh


sipp

Quote:Original Posted By agoci
bantuin itungin dong gan, mau ane jual motor nya gan tapi prpnjang dulu supra ane th 2002,
pkb = 123rb
swdklj = 35rb

berlaku 9 agstus 2009 gan,, kira2 brp ya ? tks


2009

pajak=123+35=158
denda=(123x25%)+32=62,75
2010
pajak=123+35=158
denda=(123x25%)+32=62,75
2011
pajak=123+35=158
denda=(123x25%x6/12)+32=47.375 --> ini dengan catatan kalo ente bayar pajaknya bulan INI,dihitung dari bulan agustus 2011-februari 2012
2012
pajak=123+35=158

Total = Rp 804.875
Quote:Original Posted By UcHiNg
salah hitung dikit keknya..

diketahui : PKB 139.500, SWDKLLJ 35.000, Sanksi SWDKLLJ 32.000, pajak telat 1 thn 3 bln (tidak dibulatkan jadi 15 bulan gan!)
ditanya : total pajak & denda

pertama yg dihitung denda PKB dulu :
1th pertama : 139.500x25% = 34.875
3 bulan : (174.000x25%)x(3/12 bulan) = 8.719

kedua denda SWDKLLJ (dihitung pertahun, 1th 3 bulan = 2th)
32.000 x 2 = 64.000

ketiga PKB & SWDKLLJ tahun berjalan
139.500 + 35.000 = 174.500

TOTAL : 34.875+8.719+64.000+174.500 = Rp 282.094

Bagusan ente ambil cuti or izin sehari buat ngurus bayar pajak.
itu orang biro jasanya nyari untungnya kebangetan..



emang tuh kalo STNK ilang bikin puyeng.. tapi lebih puyeng lagi kalo BPKB ilang gan



sono itung gih


ane udah coba gan dah gitu dimasalahin gan sama petugasnya soal alamat diKTP soalnya ane kan udah pindah jadi alamat di KTP sama di STNK beda, akhir akhirnya ane pake calo abis 600rb gan ditambah ongkosnya 50rb ..
alhasil bokek dah ini sekarang
Quote:Original Posted By aLoneLonely


ane udah coba gan dah gitu dimasalahin gan sama petugasnya soal alamat diKTP soalnya ane kan udah pindah jadi alamat di KTP sama di STNK beda, akhir akhirnya ane pake calo abis 600rb gan ditambah ongkosnya 50rb ..
alhasil bokek dah ini sekarang
keitungnya balik nama ya? Kalo pindah domisili mah keitungnya baliknama gan..
gan ane mau tanya dong mungkin salah kamar tpi semoga bisa membantu juga

ane beli motor second, sekarang mau ane pajakin dah telat dari bulan 09 tahun 2011 masalahnya yang punya ktp / nama di stnk rumahnya dah pindah g tau kmn dan mau ane balik nama aja tapi di mutasi ke depok
kira-kira kena biaya berapa gan?
Quote:Original Posted By UcHiNg
keitungnya balik nama ya? Kalo pindah domisili mah keitungnya baliknama gan..


masa gan ? jadi setiap bayar pajak mesti gitu dong ya gan ? cuma beda alamat gan domisili mah ttp gan, kalo balik nama kira kira kena berapa ya gan ?
Quote:Original Posted By kuraijo
gan ane mau tanya dong mungkin salah kamar tpi semoga bisa membantu juga

ane beli motor second, sekarang mau ane pajakin dah telat dari bulan 09 tahun 2011 masalahnya yang punya ktp / nama di stnk rumahnya dah pindah g tau kmn dan mau ane balik nama aja tapi di mutasi ke depok
kira-kira kena biaya berapa gan?


elu pajakin, ga dibalik nama? setau gue kalo mau bayar pajak harus ada KTP yang punya loh.. KTP sama fotocopynya, kalo ga ada ya nembak sama calo, mahal gan..
mendingan ente balik nama aja, setau ane di SAMSAT Depok balik nama lagi gratis. linknya ada di sini

kalo ente balik nama, ya ente yg nanggung denda pajaknya 5 bulan (kalo balik nama sekarang). untuk itungan silahkan liat di halaman pertama gan, udah banyak contohnya koq.

untuk masalah mutasi/balik nama bisa dibaca di sini

sori ga bisa ngasih itungan balik namanya ya gan...

Quote:Original Posted By aLoneLonely
masa gan ? jadi setiap bayar pajak mesti gitu dong ya gan ? cuma beda alamat gan domisili mah ttp gan, kalo balik nama kira kira kena berapa ya gan ?


coba elu cek lagi di STNK/BPKBnya, udah berubah sesuai alamat baru gak? kalo udah berarti udah balik nama juga istilahnya (harusnya berubah alamat), dan kalo udah berubah ya ga akan tiap taun gitu..

tolong bantuannya gan :iloveindonesias

PKB Rp 146.500
SWDKLLJ Rp 35.000

ane beli motor tahun 2008 gan, nah di stnk berlaku 04-08-2009 waktu beli motornya bulan agustus gan, tolong itungin kalo sampe bulan agustus gan

ane dr awal beli motor sampe bulan ini belom bayar pajak gan

tolong bantu ngitungnya gan soalnya ane mau bayar pajak dan masih bingung cara ngitungnya
TSnya polisi ye?

apa calo samsat?

kudunya judulnya "anda bertanya, samsat menjawab" recsel
Quote:Original Posted By syafrizalfahmi
PKB Rp 146.500
SWDKLLJ Rp 35.000

ane beli motor tahun 2008 gan, nah di stnk berlaku 04-08-2009 waktu beli motornya bulan agustus gan, tolong itungin kalo sampe bulan agustus gan

ane dr awal beli motor sampe bulan ini belom bayar pajak gan

tolong bantu ngitungnya gan soalnya ane mau bayar pajak dan masih bingung cara ngitungnya


coba ente liat contoh-contoh yg sebelumnya, ente contek aja, harusnya jelas koq.. :
coba ente kerjain dulu aje. Jangan males yee..

Quote:Original Posted By dj-me
TSnya polisi ye?

apa calo samsat?

kudunya judulnya "anda bertanya, samsat menjawab" recsel


KAMPREEETTTTTTT :
agan TS yg baik hati rajin menabung dan tidak sombong

PKB : 173.300
SWDKLJJ : 22000
berlaku sampai : 14-01-2009

mpe sekarang belum bayar pajak gan, takut di tilep ma gayus .. mo gw lunasin sekalina perpanjang platnomer (5 tahun) .. tolong itungin ya gan

tar bukti itung2x gwe bawa ke samsat pake catetan ketjil.. takut di begoin tar ane ma samsadnya... thank
Quote:Original Posted By Michaelkecil
agan TS yg baik hati rajin menabung dan tidak sombong

PKB : 173.300
SWDKLJJ : 22000
berlaku sampai : 14-01-2009

mpe sekarang belum bayar pajak gan, takut di tilep ma gayus .. mo gw lunasin sekalina perpanjang platnomer (5 tahun) .. tolong itungin ya gan

tar bukti itung2x gwe bawa ke samsat pake catetan ketjil.. takut di begoin tar ane ma samsadnya... thank



2009

pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x25%)+32000=75325
2010
pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x25%)+32000=75325
2011
pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x25%)+32000=75325
2012
pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x(2/12)x25%)+32000=42832 --> ini dengan catatan ente bayar sekarang
Total = Rp 1.050.007
itu belum termasuk biaya ganti plat nomer dll yaa.. (tanya di Samsat)
Quote:Original Posted By UcHiNg

2009

pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x25%)+32000=75325
2010
pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x25%)+32000=75325
2011
pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x25%)+32000=75325
2012
pajak=173300+22000=195300
denda=(173300x(2/12)x25%)+32000=42832 --> ini dengan catatan ente bayar sekarang
Total = Rp 1.050.007
itu belum termasuk biaya ganti plat nomer dll yaa.. (tanya di Samsat)


thank so match gan... ijin copas masuk ke tjatatan ketjil.... TS emang mantab, masalah gw langsung solve...
Quote:Original Posted By Michaelkecil
thank so match gan... ijin copas masuk ke tjatatan ketjil.... TS emang mantab, masalah gw langsung solve...


Kalo melenceng2 dikit itungan gue, harap dimaapkan yaa..
kalo udah ke samsat, posting lagi di mari yee hasilnya..
ntar ane kasih hadiah deh
Quote:Original Posted By UcHiNg
Kalo melenceng2 dikit itungan gue, harap dimaapkan yaa..
kalo udah ke samsat, posting lagi di mari yee hasilnya..
ntar ane kasih hadiah deh


siap Gan, cek cek kantong dolo...
motor mio plat D bandung gan
pajak tahunan ane kan habisnya tanggal 19 oktober 2010
pajak 5 tahun ane habisnya tanggal 19 oktober 2011
kena berapa ini gan kira kira?

maaf ane ga bs ngitung gan
tolong dibantuin
go go
×