[Share] Perhitungan denda pajak STNK Motor/Mobil

Bagaimanakah cara menghitung denda pajak STNK motor atau mobil anda?
Banyak orang bertanya-tanya bagaimana sebenarnya perhitungan denda pajak atas keterlambatan memperpanjang STNK Motor / Mobil, berikut keterangannya:
Sebenarnya yang dikenakan denda atas keterlambatan pembayaran pajak ada 2 katagori:
  1. Denda atas PKB
  2. Denda atas SWDKLLJ

Apabila Anda perhatikan di STNK, pada saat perpanjangan tahunan hanya 2 katagori diatas yang kita bayar, nah begitu juga apabila Anda terlambat memperpanjang masa berlaku STNK maka 2 katagori itu yang akan dikenakan denda, cara perhitungan dendanya sebagai berikut:
  1. Denda atas PKB, denda PKB adalah 25% dalam 1 tahun, apabila motor/mobil anda terlambat baru dalam 3 bulan maka cara perhitungannya: PKB x 25% x (3/12), kalau 6 bulan, PKB x 25% x (6/12), begitu seterusnya...
  2. Denda atas SWDKLLJ, nah ini yang biasanya membuat orang termehek-mehek... denda atas SWDKLLJ ini akan terlihat sama antara terlambat 3 hari atau 1 tahun. Untuk Mobil ditetapkan dendanya sebesar 100.000,- sedangkan Motor dendanya sebesar 32.000.


NOTES :

  1. Denda PKB dihitung per tahun dan bulan! tidak ditotalkan jadi berapa bulan!!
  2. Sanksi SWDKLLJ dihitung per TAHUN



contoh gambar :


yang dihitung cuma baris ke 2 dan 3 aja (yg ada tulisannya PKB sama SWDKLLJ) untuk masalah denda.. :

Contoh Kasus Mobil:
Mobil Bpk Anto terlambat sekitar 3 bulan dari masa berlakunya, PKB sebesar 1.500.000.
Maka cara perhitungan pajak yang harus dibayar + dendanya:
PKB =====> 1.500.000
SWDKLLJ==> 143.000
Total ======> 1.643.000
Denda
PKB ======> 1.500.000 x 25% x (3/12) = 93.750
SWDKLLJ==> 100.000
Total Denda => 193.000
Total yang harus dibayar 1.643.000 + 193.000 = 1.836.000

Contoh kasus Motor:

Motor Bpk Agus terlambat sekitar 3 bulan dari masa berlakunya, PKB sebesar 150.000.
Maka cara perhitungan pajak yang harus dibayar + dendanya:
PKB =====> 150.000
SWDKLLJ==> 35.000
Total ======> 185.000

Denda
PKB ======> 150.000 x 25% x (3/12) = 9.375
SWDKLLJ==> 32.000
Total Denda => 41.375

Total yang harus dibayar 185.000 + 41.375 = 226.375

Perhitungan real akan sedikit berbeda karena Samsat menggunakan komputerisasi yang memungkinkan perhitungan keterlambatan secara harian, sedangkan perhitungan diatas berdasarkan bulan untuk mempermudah saja...
Perhitungan diatas berlaku untuk daerah DKI dan beberapa wilayah samsat lainnya (tidak semua samsat maksudnya, Depok??? denda PKB langsung dihitung 25%, kasian khan yang baru telat seminggu).

Demikian, semoga bermanfaat...

source : http://www.birojasa-pas.com/p/perhit...tnk-motor.html

Untuk informasi nilai jual kendaraan bermotor (khusus Jakarta) sila klik di bawah ini :

INFORMASI NILAI JUAL KENDARAAN BERMOTOR BERDASARKAN PERGUB NOMOR 132 TAHUN 2011

Yang sharing

Quote:Original Posted By Armadia
seikit share hasil pembayaran pajak motor ane...
SAMSAT BOYOLALI-JAWATENGAH
Motor tahun 2008 bulan 10 tanggal 24
pajak terakhir habis tanggal 24-10-2010
ane bayar hari ini (tadi siang selesai jumat'an)
PKB 144.000
SWDKLLJ 35.000

pada kasus ane berati telat bayar 1 tahun + 6 bulan.

detail pada SURAT TANDA BUKTI PEMBAYARAN PAJAK
tahun 2010-2011
PKB 144.000
DENDA 34.575 <--- denda keterlambatan satu tahun saja, jadi tidak dihitung 1 tahun + 6 bulan
TOTAL Rp. 178.575,-



tahun 2011-2012
PKB 144.000
DENDA 17.300 <--- denda keterlambatan 6 bulan untuk PKB tahun 2011-2012
SWDKLLJ 70.000 <--- dihitung 2 tahun, dimasukkan tahun 2011-2012, di tahun 2010-2011 diatas kosong
SANKSI 64.000 <--- sanksi langsung dihitung 2 tahun pada 2011-2012, di tahun 2010-2011 diatas kosong
TOTAL Rp. 295.300,-


Jadi yg ane bayar tadi siang totalnya 473.875,-
dengan pendekatan hitungan denda keterlambatan 25% dari PKB per tahun, dan sanksi 32.000 per tahun maka realitas yang saya dapat sedikit lebih murah.

jadi intinya denda keterlambatan untuk PKB 1 tahun lebih ternyata hanya dihitung 1 tahun saja, sedangkan sisanya (kasus ane 6 bulan) dimasukkan ke hitungan keterlambatan tahun berjalan...

sedangkan untuk SWDKLLJ baik sanksi maupun pokok langsung dimasukkan ke perhitungan pajak tahun berjalan... sehingga pada kasus ane tidak ada sanksi ataupun pokok SWDKLLJ di tahun 2010-2011


demikian share pengalaman dari ane, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan semangat untuk bayar sendiri ke samsat langsung tanpa calo/perantara...

30menit selesai kok, asal bawa KTP Asli sesuai nama tertera di stnk + fotokopi BPKB + tentunya STNKnya...

jangan lupa cendolnya yah


Dari agan ottacore ada di SINI


Quote:NOTE :
Ini bukan thread request, buat minta dihitungin pajak dan denda lu berapa.
Cara ngitungnya udah gue kasih tahu, silahkan hitung. jangan males!

Pajak Progresif

Pajak progresif kalau di Jakarta tujuannya untuk mengendalikan jumlah kendaraan dengan menerapkan pajak secara “berlapis”..adapun cara penghitungannya: (perda nomor 8 tahun 2010) dan berlaku mulai 1 januari 2011…
kendaraan pertama akan terkena pajak progresif sebesar 1,5 % x nilai jual,
kendaraan kedua akan terkena pajak progresif sebesar 2% x nilai jual,
kendaraan ketiga akan terkena pajak progresif sebesar 2,5% x nila jual,
kendaraan keempat akan terkena pajak progresif 4% x nilai jual

contoh: bro paijo punya motor bebek 100cc atas namanya… beli motor lagi 250cc (ke dua)dengan harga off the road/faktur (bukan harga dealer loh )= Rp20.000.000

jadi BBN KB = Rp 20.000.000 x 10% = Rp 2.000.000

PKB(prog)= Rp 2.000.000 x 20%=Rp 400.000

jadi berlaku pajak progresif untuk motor kedua= Rp 400.000 ..padahal kalau tidak diberlakukan cuma bayar Rp 300.000


source : http://ridertua.wordpress.com/2011/0...raan-bermotor/


Quote:Original Posted By babsie
nambahin khusus area bogor kota :

MUTASI dari dalam keluar aka cabut berkas : Rp 70.000,-
Perubahan BPKB : Rp. 80.000,-
Cetak Plat Nomer : Rp. 30.000,-
BBN (bea balik nama) : Rp. 0,-


GERAI SAMSAT DI MALL JAKARTA
(bagi yang males ke kantor SAMSAT )

  1. Mal Thamrin City
  2. Mal Artha Gading
  3. Mal Taman Palem
  4. PGC Cililitan
  5. Blok M Square
  6. Mal Gandaria City.
itu contoh penimpukan stnk diatas bukan bpk anto atau bpk agus ya...?

kalo ada urusan2 denda2 itu, nominalnya tercantum ngga di stnknya...? atau gimana...?

atau kita ikutang ngitung sendiri kaka...?
Quote:Original Posted By satria120ers
itu contoh penimpukan stnk diatas bukan bpk anto atau bpk agus ya...?

kalo ada urusan2 denda2 itu, nominalnya tercantum ngga di stnknya...? atau gimana...?

atau kita ikutang ngitung sendiri kaka...?


bukan dul. Itu contoh stnk doang.

Nominalnya tercantum di kolom tengah, bagian sanksi. Coba liat stnk lu sana.
nice info oom :

klo gak gara gara liat ini trit saya pasti udah lupa nih buat perpanjang stnk tgl 4
Quote:Original Posted By hrdy
nice info oom :

klo gak gara gara liat ini trit saya pasti udah lupa nih buat perpanjang stnk tgl 4


pas banget tuh besok hari sabtu jie :
makasi sebelumnya gan infonya, tapi sekarang saya lagi binggung nih motor saya udah telat setaun 3 bulan PKB motor itu 139.500 dan SWDKLLJ 35000.
kalo saya itung itu sendiri ya gan :

PKB =====> 139.500
SWDKLLJ==> 35.000
Total ======> 174.500

Denda
PKB ======> 174.000 x 25% x (15/24) = 27.190
SWDKLLJ==> 32.000
Total Denda => 59.190

Total yang harus dibayar 174.500 + 59.190 = 233.680

kira kira segitu ga ya gan ?? saya mau paka biro jasa kenanya 600.000 jauh amat sama itung itungan, bagusnya gimana ya gan ..
bisa bantu kasih pencerahannya ga ..
nice share gan :

berarti kalo ada yg jual motor, pajaknya belom dibayar 1 tahun lebih lumayan juga ya
nice inpoh gan,
jadi tambah pinter ane,,,
klo ane pernah garap semuanya Gan, mulai dr stnk hilang, pajak telat setahun, balik nama.......paling susah klo hilang stnk nya......pusing Gannnn
Honda Revo emak ane telat pajak sebulan
coba ntar ane itung dendanya
Nice trit om..
***
Ane jd lgsg bongkar2 stnk..cz karisma ane pajak mati dr maret th.2011 kmarenas itung2..waduh jd mo
***
Klo ad bikinin trit SIM om..
Quote:Original Posted By aLoneLonely
makasi sebelumnya gan infonya, tapi sekarang saya lagi binggung nih motor saya udah telat setaun 3 bulan PKB motor itu 139.500 dan SWDKLLJ 35000.
kalo saya itung itu sendiri ya gan :

PKB =====> 139.500
SWDKLLJ==> 35.000
Total ======> 174.500

Denda
PKB ======> 174.000 x 25% x (15/24) = 27.190
SWDKLLJ==> 32.000
Total Denda => 59.190

Total yang harus dibayar 174.500 + 59.190 = 233.680

kira kira segitu ga ya gan ?? saya mau paka biro jasa kenanya 600.000 jauh amat sama itung itungan, bagusnya gimana ya gan ..
bisa bantu kasih pencerahannya ga ..


salah hitung dikit keknya..

diketahui : PKB 139.500, SWDKLLJ 35.000, Sanksi SWDKLLJ 32.000, pajak telat 1 thn 3 bln (tidak dibulatkan jadi 15 bulan gan!)
ditanya : total pajak & denda

pertama yg dihitung denda PKB dulu :
1th pertama : 139.500x25% = 34.875
3 bulan : (174.000x25%)x(3/12 bulan) = 8.719

kedua denda SWDKLLJ (dihitung pertahun, 1th 3 bulan = 2th)
32.000 x 2 = 64.000

ketiga PKB & SWDKLLJ tahun berjalan
139.500 + 35.000 = 174.500

TOTAL : 34.875+8.719+64.000+174.500 = Rp 282.094

Bagusan ente ambil cuti or izin sehari buat ngurus bayar pajak.
itu orang biro jasanya nyari untungnya kebangetan..

Quote:Original Posted By ananxdwi
klo ane pernah garap semuanya Gan, mulai dr stnk hilang, pajak telat setahun, balik nama.......paling susah klo hilang stnk nya......pusing Gannnn


emang tuh kalo STNK ilang bikin puyeng.. tapi lebih puyeng lagi kalo BPKB ilang gan

Quote:Original Posted By Blankon.djawa
Honda Revo emak ane telat pajak sebulan
coba ntar ane itung dendanya


sono itung gih
Quote:Original Posted By Ariefachadewi
Nice trit om..
***
Ane jd lgsg bongkar2 stnk..cz karisma ane pajak mati dr maret th.2011 kmarenas itung2..waduh jd mo
***
Klo ad bikinin trit SIM om..


maksudnya trit SIM bijimane? pembuatan?
kalo perpanjangan SIM C mah :
15.000 periksa kesehatan
60.000 buat formulir dan bayar perpanjangan SIM

Hal ini juga berlaku buat SIM hilang (dengan catatan ente mesti punya fotokopi SIM), tambahannya kalo ente mau bikin SIM lagi kalo hilang, ente mesti lampirkan surat kehilangan dari Polsek terdekat TKP kehilangan (ngarang juga bisa sih)
Nah bijituh om maksdunya pembuatan n perpanjangan
***
Sim c (bogor) ane abis maret bsk nah ad lg tmn ane ud abis sim c dari januari th.2011 kamren..brarti ud 2th..klo ad kasus gitu gmn om?
Btw ud ane itung buat perpanjang pajak karisma yg ud 2th abis kna ampir 600rb
Quote:Original Posted By Ariefachadewi
Nah bijituh om maksdunya pembuatan n perpanjangan
***
Sim c (bogor) ane abis maret bsk nah ad lg tmn ane ud abis sim c dari januari th.2011 kamren..brarti ud 2th..klo ad kasus gitu gmn om?
Btw ud ane itung buat perpanjang pajak karisma yg ud 2th abis kna ampir 600rb


kalo pembuatan gue ga tau ya.. di tiap2 polres suka ada "biaya siluman". ada uang tes lah, apa lah..

kalo SIM itu TIDAK ada DENDA jie. selama ente masih punya SIMnya, kalo telat 1th ya perpanjang aja.. gue pernah nganter temen gue perpanjang SIM A di Polres Bogor, udah telat 4 bulanan gitu, cuma bayar 15rb (tes kesehatan di klinik jadi2an samping polres) sama bayar perpanjangan SIM 70rb. total 85rb.. Sodara gue juga sama, hampir setaun malah. sama juga, cuma segitu..


setau ane belom ada ketentuan di UUnya buat denda SIM. Sanksinya kan di jalan, kalo ga dapat menunjukkan SIM 250rb kalo ga salah. ga punya 1jt. kalo ga salah siih dari UU 22 th 2009 mah gitu..



pajak lu mahal bener yak?
Berikut sejumlah sanksi pelanggaran lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Sanksi Pelanggaran Lalu Lintas

  • Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tidak memiliki SIM dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).
  • Setiap pengendara kendaraan bermotor yang memiliki SIM namun tak dapat menunjukkannya saat razia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 288 ayat 2).
  • Setiap pengendara kendaraan bermotor yang tak dipasangi Tanda Nomor Kendaraan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 282).
  • Setiap pengendara sepeda motor yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, lampu utama, lampu rem,klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 285 ayat 1).
  • Setiap pengendara mobil yang tak dilengkapi kelayakan kendaraan seperti spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu rem, kaca depan, bumper, penghapus kaca dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 285 ayat 2).
  • Setiap pengendara mobil yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 278).
  • Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 1).
  • Setiap pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 287 ayat 5).
  • Setiap pengendara yang tak memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu (Pasal 288 ayat 1).
  • Setiap pengemudi atau penumpang yang duduk disamping pengemudi mobil yang tidak mengenakan sabuk keselamatan dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 289).
  • Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 291).
  • Setiap pengendara sepeda motor yang akan berbelok atau balik arah tanpa memberi isyarat lampu dipidana dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu (Pasal 294)
gan mo nanya motor ane telat bayar pajak vnih
terakhir d STNK nya tulisannya berlaku hingga 08-03-2010
itu berarti berapa taun yak?

klo PKB nya 105.000 SWDKLLJ nya 35000 Bearti kena nya ampe 730an yah? ane nanya d biro jasa ampe segitu kenanya...
Quote:Original Posted By benerbanget
gan mo nanya motor ane telat bayar pajak vnih
terakhir d STNK nya tulisannya berlaku hingga 08-03-2010
itu berarti berapa taun yak?

klo PKB nya 105.000 SWDKLLJ nya 35000 Bearti kena nya ampe 730an yah? ane nanya d biro jasa ampe segitu kenanya...


berarti yg mesti dibayar : tahun 2010+denda, 2011+denda, 2012 (tahun berjalan)

th 2010 : PKB+SWDKLLJ = 105.000+35.000 = 140.000
dendanya = (105.000x25%)+32.000 = 58.250

th 2011 : PKB+SWDKLLJ = 105.000+35.000 = 140.000
dendanya = (105.000x25%)+32.000 = 58.250

th 2012 : PKB+SWDKLLJ = 105.000+35.000 = 140.000

TOTAL = RP. 536.500
yang tahu 2011 sih harusnya dihitung cuma 11 bulan (itu kalo ente bayar sekarang, tapi maret kan udah bulan depan, so biar gampang ngitungnya ane bikin aja setahun)
Perhitungan gue mungkin beda dikit, tapi secara teori sih segitu gan

sisanya dihitung jasa berarti gan sama biro jasanya
Quote:Original Posted By UcHiNg
berarti yg mesti dibayar : tahun 2010+denda, 2011+denda, 2012 (tahun berjalan)

th 2010 : PKB+SWDKLLJ = 105.000+35.000 = 140.000
dendanya = (105.000x25%)+32.000 = 58.250

th 2011 : PKB+SWDKLLJ = 105.000+35.000 = 140.000
dendanya = (105.000x25%)+32.000 = 58.250

th 2012 : PKB+SWDKLLJ = 105.000+45.000 = 140.000

TOTAL = RP. 536.500
yang tahu 2011 sih harusnya dihitung cuma 11 bulan (itu kalo ente bayar sekarang, tapi maret kan udah bulan depan, so biar gampang ngitungnya ane bikin aja setahun)
Perhitungan gue mungkin beda dikit, tapi secara teori sih segitu gan



woohh segitu yah gan.... thks yah coba ane urus sendiri ajah deh ke samsatnye...
periksa kolor gan..