KASKUS

Mencegah boxer W124 300E anda digendong ( di derek )

Sekedar sharing , untuk mencegah kejadian penderekan kendaraan saya, di mobil saya selalu menyediakan :

1 Relay OVP (Over Voltage Protection)
1 Relay Fuel Fump



Tentunya relay2 serep tsb dalam keadaan baik, karena namanya alat elektronik ngga bisa dipastikan kapan rusaknya, dan kalau salah satu dari relay tsb ngga berfungsi dapat dipastikan kendaraan anda akan mogok. (Walaupun bisa dijumper, dan resiko ndut2 an, tapi kalau kejadian waktu malem2, lebih praktis cabut & colok relay tsb, ini cuma pendapat pribadi lho)

Nilainya juga saya anggap sebagai premi biaya derek ,.......

Beberapa rekan yg mempunyai kendaraannya cuma punya 1 fuel pump, juga menyertakan fuel pump sebagai cadangan, hal ini sy pandang ngga terlalu penting, karena kebetulan di mobil ada 2 Fuel Pump, dan biasanya Fuel Pump ini menampilkan tanda2 berisik sebelum rusak total.

Tentu sobat2 udah paham ama biaya derek, apalagi jika ke luar kota ngga tahu bengkel yg bisa ngelonin mercy ini. (belom Lagi ada yg komentar : Wah kuat beli , tapi ngga sanggup meliharanya ..... he he he .....)

Tentunya musibah ngga bisa dihindari total, misalnya ban kempes atau sobek barengan 2 buah atau lebih dll.

Perbaikan Kelistrikan AC Mercedes Benz W124 300E

Melepas Saklar & Panel AC di Dashboard :


Perbaikan Point saklar AC Agar Pada saat Posisi Angka I , AC hidup :
Ternyata pin kontak untuk Speed I agak kotor, setelah diperbaiki, AC mulai hidup dari angka I


Solder Ulang Panel Ac, Karena design soket yang masuk miring, solderan di PCB panel ac suka retak, makanya saya solder Ulang :


Hebatnya mercy ini, semua panel , saklar dan PCB Bisa dibuka semua, jadi besar kemungkinan untuk diperbaiki, tidak seperti mobil2 jepun, panel elektroniknya biasanya paten & tidak bisa diperbaiki lagi, harus ganti baru.

Untuk AC, sebaiknya semua fungsi dan kabelnya jangan dijumper2 atau diakalin karena akan menyebabkan masalah baru yang lebih rumit, kalau rusak dibetulin aja, atau kalau terpaksa ganti dengan kanibalan atau item baru yang sama.

Memang jarang yang mau (belajar) / (agar) bisa memperbaiki panel2 elektronik mobil, biasanya mereka sarankan ganti aja (baru atau kanibalan).

Harga Panel2 ini lumayan untuk bikin kantong jadi kering, Misalnya Panel AC ini ... padahal penyakitnya 'kebanyakan' cuma masalah solderan atau kontak poin aja.

Hal inilah yang menurut saya banyak terjadi dan menyebabkan pemakai mobil ini terkapok kapok melihara mobil ini, gara2 misalnya panel ac sekian jut-jut an mobil jadi mau dijual ..... dan image ini terus terbentuk dari tahun ke tahun sehingga mobil paten begini dihargai murah banget.

Kalau saya sih kebetulan emang hobby elektronik, bagaikan ketemu harta karun 6 thn yg lalu begitu make Boxer ini. Semua Bagian bisa dibuka / dibongkar / diperbaiki ....

Walaupun begitu, ada juga bagian2 yang emang kalau Aus emang harus diganti , mis : Ban , Kanvas rem, olie2 dan consumables lainnya .

Panel Ventilasi Mercedes Benz W124 300E

Pernahkah anda mencium asap knalpot metromini di kabin, padahal semua jendela tertutup rapat ,AC nyala dan tombol ventilasi sudah anda aktifkan ?

(kecuali jendela ventilasi udah dimatiin)



Jika ya berikut sharing saya ,lagi :

Buka wadah laci di depan tempat duduk penumpang


Pastikan tidak ada selang2 yang terlepas

terus tekan tombol AC atau yang gambar lingkaran, dan rasakan di saklar ada suara klik



Trus Pastikan katup untuk buka tutup jendela ventilasi berfungsi sempurna :



Pas ganti switch lampu mundur :

Cara Alternatif Bersihin AC Mercedes Benz W124 300E

Iseng 2 bersihin Kotak AC :

Copotin Wiper Dulu :


Copotin Karet2 & Panel2 Plastik :










Copotin kipas :


Nah Begitu keliatan Jeroannya, tinggal disemprot pake selang :


Sekalian Bersih - Bersih :




Suegeeeerrrrr deh , suara kipas jadi halus, AC yang udah dingin, tambah Maknyusss ......



-------------------
Nah yang kuning ini adalah jendela ventilasi :
Kalau belum dimatiin, seharusnya jendela ini bisa ngayun buka tutup kalau panel sirkulasi di dashboard ditekan :
mas...pernah benerin central lock gak.?
central lock saya bermasalah...kalo dari pintu supir central lock berfungsi dengan baik, semua pintu bagasi dan tutup tangki bisa kekunci, tapi kalo unlock dr pintu supir semuanya gak ikut keebuka....asalnya sih lancar jaya semua nya bisa lock dan unlock normal..kejadiannya pas ane lagi ganti door pin lock karena udah ancur..
kira kira knapa yah ...

thanks sebelumnya

Central Lock Mercedes Benz W124 300E ?

Quote:Original Posted By giezzz
mas...pernah benerin central lock gak.?
central lock saya bermasalah...kalo dari pintu supir central lock berfungsi dengan baik, semua pintu bagasi dan tutup tangki bisa kekunci, tapi kalo unlock dr pintu supir semuanya gak ikut keebuka....asalnya sih lancar jaya semua nya bisa lock dan unlock normal..kejadiannya pas ane lagi ganti door pin lock karena udah ancur..
kira kira knapa yah ...

thanks sebelumnya


Lokalisir masalahnya, caranya :
Jika di lock / unlock dari pintu penumpang atau bagasi masalah ngga ?

Jika tetap bermasalah : berarti dari kabel - kabelnya (listrik) --- bukan masalah central lock pintu depan.

Jika tidak bermasalah : Masalahnya ada di unit central lock pintu depan

Buka panel pintu depan, cabut soket listrik yang nempel ke unit central lock ,
- Bersihkan kalau korosi
- Coba jumper kabel koneksi (Yang Ada 3 Pin) , yang merah ke lainnya , jangan lama 2 kalau udah ada suara klik di pintu lainnya, langsung cabut aja.

Ini gambar soket yang anda jumper u test (warna kuning) :


jika pintu bisa buka tutup (Central locknya main) , berarti di unit central locknya (pintu depan)
Jika tidak coba sambil di ayun pintunya (buka tutup), jika kadang2 bisa berarti kabel di sambungan pintu ada yang luka or koslet ke body .....

Central locknya bisa dibongkar kok, cuma waktu itu saya ngga photo ....

Waktu itu korosi dan sampe merusak solderan di dalam unit central locknya, setelah disolder ulang, beres masalahnya .....

permisi juragan maaf numpang lapak,....semoga mobil juragan cepet laku dan mudah2an bisnis juragan juga makin maju...Gan kalo mobil juragan sudah laku dan kebetulan pembelinya dari luar kota atau luar pulau ane siap membantu juragan mengirimkan mobil juragan ke customer juragan dimana saja, agan bisa hubungi saya Wanto di 081318995998 atau klik ke [url]www.kirimmobil.com[/url]
Quote:Original Posted By jacks76
Lokalisir masalahnya, caranya :
Jika di lock / unlock dari pintu penumpang atau bagasi masalah ngga ?

Jika tetap bermasalah : berarti dari kabel - kabelnya (listrik) --- bukan masalah central lock pintu depan.

Jika tidak bermasalah : Masalahnya ada di unit central lock pintu depan

Buka panel pintu depan, cabut soket listrik yang nempel ke unit central lock ,
- Bersihkan kalau korosi
- Coba jumper kabel koneksi (Yang Ada 3 Pin) , yang merah ke lainnya , jangan lama 2 kalau udah ada suara klik di pintu lainnya, langsung cabut aja.

jika pintu bisa buka tutup (Central locknya main) , berarti di unit central locknya (pintu depan)
Jika tidak coba sambil di ayun pintunya (buka tutup), jika kadang2 bisa berarti kabel di sambungan pintu ada yang luka or koslet ke body .....

Central locknya bisa dibongkar kok, cuma waktu itu saya ngga photo ....

Waktu itu korosi dan sampe merusak solderan di dalam unit central locknya, setelah disolder ulang, beres masalahnya .....



kalo dari bagasi gak ada msalah mas jack, bisa lock dan unlock, masalahnya cuma dari pintu supir ...kalo di lock semua ikut kelock (lancar) cuma kalo unlock (pintu lain dan bagasi) gak ada yang ikut kebuka...

coba ntar saya cek mas yah....

trims mas

Talking 

masnya jos banget tipsnya!!!moga2 cepet laku mobilnya om....SALUUUUUUT!
300e saya rpm nya rada ngayun mas nggak terlalu langsam katanya airflow nya, atau apa ya menurut om? tks om
Quote:Original Posted By haryhairudin
300e saya rpm nya rada ngayun mas nggak terlalu langsam katanya airflow nya, atau apa ya menurut om? tks om


Banyak Kemungkinan ...

Pas idle doang ? atau semua RPM ? Starter gampang (Panas & Dingin) ?

1. Pastikan semua selang2 vakum & Selang2 hawa ngga ada yang bocor, mau bocor alus / bocor gede atau kadang2 bocor - Goyang2 aja selang2 vakum tsb, lihat reaksinya.
2. Pastikan udah tune up dengan benar, terutama
- setelan Co harus udah oke,
- busi kalau diintip keenam2 nya harus bersih (Tidak ada yg Basah atau hitam)
- Asep knalpot ngga perih (yaa pastilah kalau CO & Busi udah oke)
3. Injektor harus bersih dulu , kalau perlu di kalibrasi ke enam2-nya.
-----------
4. coba cabut soket Idle Control Valve (ICV) (Dibawah baskom saringan udara)
, jika penyakit hilang ada 2 kemungkinan :
a. ICV ini kotor (bisa dibersihin)
b. sinyal dari jetronic yg masalah (bisa masalah kabel ,soket kendor , kotor atau dari jetronicnya.

Sebenarnya kalau ditulis bisa jadi satu buku tuh, ....
Kalau Ada bengkel yang mendiagnosa airflownya (Kalau kata saya sih Paling2 EHA nya doang yang bermasalah u tipe 300E ini bukan Keseluruhan unit Airflow - nya (EHA adalah bagian yang warna hitam), (bagian2 ini jarang rusak, kecuali ada yang ngga ngerti ngoprek2 bagian ini sampe rusak

Punya anda 300E Kan Bukan E300 ?, coba check pake cara 'Primitif' ini :

Cabut Soket jetronic, idupin mesin , jalanin , penyakit hilang ngga ? Kalau ngga itu bukan masalah kelistrikan , ... IMHO ....


Jika penyakit tidak hilang hilang juga :
------------
5. Baru setelah itu mendiagnosa Fuel Dist (hati2 ama barang antik (mewah) yg satu ini , jangan sembarangan bengkel ) , rekondisi boleh , Kanibalan oke ,beli baru monggo ....


6. silahkan tanya lagi aja ke sy (email oke, Telp bisa, SMS ngga problem , Pin BB monggo ...............
kayanya boleh lah klo bisa, share cara pasang swtich, kebetulan lg belajar nih sebelum diserahkan sm ahlinya. mo masang swtich antena, doble horn sama doorlock di 300E
Quote:Original Posted By mercyside
kayanya boleh lah klo bisa, share cara pasang swtich, kebetulan lg belajar nih sebelum diserahkan sm ahlinya. mo masang swtich antena, doble horn sama doorlock di 300E


Jujur aja, ....... untuk hal2 di atas sy belum pernah melakukan,
Kebetulan saya mau pasang doorlock, tapi belum ada bahan2 -nya (Switch)
Kelihatannya u urusan kabel2 -nya sih udah paham - lah, cuma motong (bolongin) kayu nya yg agak harus hati2, supaya hasilnya moe loes .....

BTW, kalau mau ketemuan dan udah ada bahan2nya, bisa saya bantu deh ...
wah... boleh banget tuh, btw saya dibandung mas...

klo bolongin dah belajar sama panel punya sendiri, g terlalu mengecewakan sih, lubang pertama ada gompal dikit (salah tehnik ), lubang kedua n ketiga mulusss.... wlo g semulus buatan pabrik...
Quote:Original Posted By mercyside
wah... boleh banget tuh, btw saya dibandung mas...

klo bolongin dah belajar sama panel punya sendiri, g terlalu mengecewakan sih, lubang pertama ada gompal dikit (salah tehnik ), lubang kedua n ketiga mulusss.... wlo g semulus buatan pabrik...


Hati2 ama yang bolong bolong yah , .......he he he.........
Kabel sih tinggal di pake aja pin dari central lock, di sambung sampe ke tempat switch (u Doorlock)

Mercedes Benz W124 300e Trunk Stopper Replacement

Sore2, iseng2 ganti karet ganjelan Bagasi :


Begitu ditutup jadi bunyi bleeb gitu , empuk , .......

Posisi speedo terakhir : (semua lampu indikator dan Fungsi-nya Normal kabeh ...)

Coba2 maenan baru



Coba2 maenan baru, c240 matic , tapi sebagai penganut aliran 'Konservatif' alias 'Baru berani beli kalau mampu merawat' ada beberapa konsekuensi :

(Ada juga yang punya prinsip : 'Asal bisa kasih minum, urusan rusak belakangan' ..... he he he ....,emangnya onta ????)

Bukan cuma Dana u ECU yang harus selalu stand by, check engine musti di bengkel yg punya alat diagnosa, wiring harness nya ngeriiiii ....., copot kabel satu bisa manggil derek tuh ....., nyalanya musti petromax ke atas , kalo kaga batuk2 malah bisa TBC -an , pokoke dana harus 'tanpa hambatan'.

Karena namanya alat elektronik, kaga tau kapan pensiunnya, he he he ....

Emang kalau bicara Bintang, generasi terakhir yang masih bisa bersahabat ama kocek cuma tinggal W124 doang ,..... ini sih cuma opini pribadi lho ,....

Trik memasukkan oli silikon ke visco fan

U Mas Don Bran Yang nanya cara memasukkan oli silicon ke dalam visco fan, saya jawab sbb :

Ada banyak cara :
1. di bor dan kemudian ditutup lagi dengan disolder (Proses cepat)
2. nah ini cara yang saya pakai (Lebih lambat dan sedikit membutuhkan kesabaran) :

Ingat, suntik visco baru dianjurkan jika :
Visco Fan belum Oblak bearingnya
Belum Bocor dan kodisi seal karet dan pin masih bagus

Karena pada saat dulu sy tidak photo prosesnya maka saya uraikan saja :

Bahan yang diperlukan : Oli silicon (antara 1 atau 2 tabung)
Lem Silicon (yang biasa u akuarium)

- Setelah Karet dan pin dilepas, semua permukaan visco + Seal Karet kecil dan PIN dibersihkan sampai minyaknya hilang sama sekali (Cuci pake sabun atau bensin, hati2 jangan sampai lubang kemasukan air atau bensin)

- setelah kering, saya lem keliling diluar lubang dengan silicon sampai membentuk kawah (sampai 1 cm-an tingginya) ....... setelah agak kering (2 jam-an) .......

Setelah agak kering lem di kawah tsb saya masukkan oli visco (1/2 cm aja tinggi oli nya)

nah ini trik nya :

- panaskan visco fan di atas kompor (Awas jangan sampe kepanasan (Saya paling2 10 menitan doang), (Jangan terlalu dekat dengan kompor)
ketika panas akan keluar gelembung2 udara di kawah yg berisi oli tsb .....
- Setelah itu diamkan visco sampai menjadi dingin, pada proses ini udara dalam visco akan menyusut dan menyedot oli yang ada di kawah tsb .....
Kalau masih nyedot, dan olie berkurang, isikan lagi olie silikon tsb

- Ulangi Proses tsb sampai selesai (Kalau saya sih cuma nambah 1 botol doang) dan kalau kebanyakan juga bisa bocor lho .....

- Setelah selesai , bersihkan lag visco fan tsb dari lem silikon tsb, dan jangan sampai ada sisa minyak (nanti lemnya ngga nempel).

Ini Juga penting :

Saya gunakan lem silikon lagi u merekatkan seal yang kecil itu, hati2 jangan sampai lem silikon masuk ke visco !,

- Pasang Pin, tutup lagi semua seal dan pin dengan lem silikon , dalam kondisi lem basah pasang plat bimetalnya, awas jangan terbalik !
- Tunggu Sampai kering (Saya sih sampai besoknya) , baru dipasang ke mobil

mudah2an sukses
Quote:Original Posted By jacks76
U Mas Don Bran Yang nanya cara memasukkan oli silicon ke dalam visco fan, saya jawab sbb :

Ada banyak cara :
1. di bor dan kemudian ditutup lagi dengan disolder (Proses cepat)
2. nah ini cara yang saya pakai (Lebih lambat dan sedikit membutuhkan kesabaran) :

Ingat, suntik visco baru dianjurkan jika :
Visco Fan belum Oblak bearingnya
Belum Bocor dan kodisi seal karet dan pin masih bagus

Karena pada saat dulu sy tidak photo prosesnya maka saya uraikan saja :

Bahan yang diperlukan : Oli silicon (antara 1 atau 2 tabung)
Lem Silicon (yang biasa u akuarium)

- Setelah Karet dan pin dilepas, semua permukaan visco + Seal Karet kecil dan PIN dibersihkan sampai minyaknya hilang sama sekali (Cuci pake sabun atau bensin, hati2 jangan sampai lubang kemasukan air atau bensin)

- setelah kering, saya lem keliling diluar lubang dengan silicon sampai membentuk kawah (sampai 1 cm-an tingginya) ....... setelah agak kering (2 jam-an) .......

Setelah agak kering lem di kawah tsb saya masukkan oli visco (1/2 cm aja tinggi oli nya)

nah ini trik nya :

- panaskan visco fan di atas kompor (Awas jangan sampe kepanasan (Saya paling2 10 menitan doang), (Jangan terlalu dekat dengan kompor)
ketika panas akan keluar gelembung2 udara di kawah yg berisi oli tsb .....
- Setelah itu diamkan visco sampai menjadi dingin, pada proses ini udara dalam visco akan menyusut dan menyedot oli yang ada di kawah tsb .....
Kalau masih nyedot, dan olie berkurang, isikan lagi olie silikon tsb

- Ulangi Proses tsb sampai selesai (Kalau saya sih cuma nambah 1 botol doang) dan kalau kebanyakan juga bisa bocor lho .....

- Setelah selesai , bersihkan lag visco fan tsb dari lem silikon tsb, dan sampai ada sisa minyak.

Ini Juga penting :

Saya gunakan lem silikon lagi u merekatkan seal yang kecil itu, hati2 jangan sampai lem silikon masuk ke visco !,

- Pasang Pin, tutup lagi semua seal dan pin dengan lem silikon , dalam kondisi lem basah pasang plat bimetalnya, awas jangan terbalik !
- Tunggu Sampai kering (Saya sih sampai besoknya) , baru dipasang ke mobil

mudah2an sukses


siiaaap mas..saya coba pake cara mas aja dlu..kayanya lbh rapih yaaa...nanti klo udah bisa saya share disini lagi yaaaa....