KASKUS

DAFTAR MERK / BRAND Melindungi UKM

Artikel ini adalah bagian dari artikel TDA Soloraya Yang dibuat oleh TS

MENGAPA UKM HARUS DAFTAR MEREK ?

Pak Ali adalah seorang pengusaha pakaian yang telah memproduksi dan menjual produknya selama kurang lebih 10 tahun. Produk Pak Ali tersebut ditandai dengan nama “BAJOEKITA” dan telah dikenal luas di berbagai kota di Indonesia. Banyak pembeli yang mengenali dan mencari produknya dari nama “BAJOEKITA” karena produk tersebut berkualitas.

Suatu ketika Pak Ali mendapatkan surat pemberitahuan, bahwa pakaian produksinya TIDAK BOLEH lagi menggunakan nama “BAJOEKITA”. Alasannya karena nama (merek) “BAJOEKITA” yang telah dipatenkan oleh orang lain. Dan apabila Pak Ali tetap menggunakan nama “BAJOEKITA” dapat dituntut secara hukum.

Karena ketidaktahuan Pak Ali tentang HAK PATEN MERK mengakibatkan kerugian besar dalam bisnisnya. Yaitu harus memulai menggunakan merk baru (yang tidak dikenal orang sama sekali) untuk memasarkan produksi pakaiannya. Hal tersebut berpotensi menurunkan omset penjualan.

PENGERTIAN PATEN

Adalah hal yang menyangkut ide/gagasan yang berhubungan dengan teknologi dan proses teknologi yang dapat melahirkan suatu produk barang dan jasa.

PENGERTIAN MEREK :

Merek Dagang adalah Merek yang dipergunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama sama atau Badan Hukum untuk Membedakan dengan Barang Jenis lainnya

Merek Jasa adalah Merek Jasa yang dipergunakan pada Perdagangan oleh seseorang atau beberapa orang atau Badan Hukum untuk membedakan dengan barang Jenis lainnya.

MANFAAT PATEN :

1. Hak eksklusif untuk membuat, menggunakan, menjual, mengimport, menyewakan, menyerahkan dan menyediakan.
2. Kompensasi dari hak eksklusif.
3. Dapat memberikan lisensi.
4. Untuk pengembangan produk selanjutnya.
6. Menuntut pelanggar hak pemegan paten.

INFORMASI DAFTAR MERK:



CEK APAKAH MERK ANDA SUDAH DIDAFTARKAN OLEH ORANG LAIN DI:

http://ditjenhki.kemenkumham.go.id

Di Menu LAYANAN ONLINE >> DATA MERK INDONESIA


PERSYARATAN PERMOHONAN DAFTAR MEREK

Mengajukan permohonan ke DJ HKI/Kanwil secara tertulis dalam Bahasa Indonesia dengan melampirkan :

  • Foto copy KTP yang dilegalisir Kelurahan. Bagi pemohon yang berasal dari luar negeri sesuai dengan ketentuan undang-undang harus memilih tempat kedudukan di Indonesia, biasanya dipilih pada alamat kuasa hukumnya;
  • Foto copy akte pendirian badan hukum yang telah disahkan oleh notaris apabila permohonan diajukan atas nama badan hukum;
  • Foto copy peraturan pemilikan bersama apabila permohonan diajukan atas nama lebih dari satu orang (merek kolektif);
  • Surat kuasa khusus apabila permohonan pendaftaran dikuasakan;
  • Tanda pembayaran biaya permohonan;
  • 25 helai etiket merek (ukuran max 9×9 cm, min. 2×2 cm);
  • surat pernyataan bahwa merek yang dimintakan pendaftaran adalah miliknya.


Mengisi formulir permohonan yang memuat :

  • Tanggal, bulan, dan tahun surat permohonan;
  • Nama, alamat lengkap dan kewarganegaraan pemohon;
  • Nama dan alamat lengkap kuasa apabila permohonan diajukan melalui kuasa; dan;
  • Nama negara dan tanggal penerimaan permohonan yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dangan hak prioritas
  • Membayar biaya permohonan pendaftaran merek sebesar Rp 600.000,-. Informasi no rekening pembayaran (langsung ke rek DEPKUMHAM Jakarta) dapat di peroleh saat pendaftaran.


TEMPAT PENDAFTARAN MERK:
Untuk pendaftaran hak paten merek untuk UKM di wilayah Solo Raya, Yogyakarta dan kota-kota disekitar Yogya adalah :

KANTOR DEPKUMHAM YOGYKARTA
Jl. Gedong Kuning No. 146 Daerah Istimewa Yogyakarta – 55171
(Petunjuk jalan : dari Solo arah kota Gede, setelah perempatan ayam goreng suharti maju lagi 500 m, kanan jalan, kantor posisi di belokan).
Email : info [at] kumham-jogja.info
Telp. 0274 – 378431 – Fax. 0274 – 378433

Untuk kota-kota lain bisa datang ke KANTOR DEPKUMHAM di Ibu Kota Propinsi masing-masing.


SAYA SUDAH PROSE DAFTAR MERK SEBANYAK 2 X
Iya gan,kyakx udah ada tret ginian
Iya gan,kyakx udah ada tret ginian
Quote:Original Posted By Ronia31
Iya gan,kyakx udah ada tret ginian


heheeh...iya gan, ada tuh, tp gpp, beda info. Krn ini cenderung mengajak ukm daftar paten dan cara mudah/murah ngurus paten merk
Ane juga bisa bantu, Gan. Domisili Ane di Jogja dan Solo. Ane juga punya merek pribadi 4 buah. Jadi bisa dijadikan sampel riil. Syarat cuma copy KTP doang. Bisa kontak lebih lanjut di e-mail: moyudan@yahoo.com
nice share gan
Quote:Original Posted By RF2516
nice share gan


Sami2 gan. Lindungi aset untagible kita.

Kalau merek kita sudah bagus dan sudah dilindungi hak paten, hasilnya seperti ini:

Keuntungan Selangiiiiit Kalau sukses membangun merk >>> http://finance.detik..com/read/2012/...iliun?f9911023
ane mo bikin ukm, mo daftar bpom ato depkes.
tp mending daftar merk dagang dolo gan karena produk bener2 baru.
baru depkes n bpom maklum dana terbatas
Quote:Original Posted By ecko86
ane mo bikin ukm, mo daftar bpom ato depkes.
tp mending daftar merk dagang dolo gan karena produk bener2 baru.
baru depkes n bpom maklum dana terbatas


Kalau Hak Kekayaan Intelektuan (HKI) ada 4 :
1. Hak Paten / Inovasi produk baru
2. Hak Merk / Merk Dagang
3. Desain Industri / Biasa alat/ mesin
4. Hak Cipta / karya seni

Agan kayaknya yang hak paten. Bisa juga sekalian hak merk utk produk agan. Tp ini lama lho gan, hampir 2 tahun jadinya.

Kalau makanan bisa ke dinas perijinan utk P-IRT.
Kalau produk susu dan daging ke depkes/ bpom.
gan jangan nyebut "Paten Merek", krn Paten dan Merek Dagang beda. Orang awam memang cenderung menggunakan istilah Paten untuk hal-hal yg berbau HAKI.

Kalau resep makanan daftarinnya "Rahasia Dagang".

Untuk makanan ga bisa Paten gan. Paten itu untuk teknologi, syarat utama harus inovatif, belum pernah di publikasikan sama sekali, dan dapat diterapkan di Industri. Bahkan kalau barang agan pernah di pamerin di suatu acara meski belum di jual komersil Paten-nya bakal di tolak.
Mantap gan Thread nya....bermanfaat bgt...
ane mau tny nih masta,apakah bole kl nama PT yg ane mau pake,kebetulan bgt sudah ada di luar negri dan di bidang yg sama jg
mohon pencerahan nya para masta2
thnx
Quote:Original Posted By redsdevils
Mantap gan Thread nya....bermanfaat bgt...
ane mau tny nih masta,apakah bole kl nama PT yg ane mau pake,kebetulan bgt sudah ada di luar negri dan di bidang yg sama jg
mohon pencerahan nya para masta2
thnx


Boleh saja asalkan Perusahaan yg di LN blm daftar di Indonesia. Tapi mereka biasanya kl tau pasar Indonesia bagus, mereka sudah daftarkan merk itu.
Quote:Original Posted By hendrawanks1
Boleh saja asalkan Perusahaan yg di LN blm daftar di Indonesia. Tapi mereka biasanya kl tau pasar Indonesia bagus, mereka sudah daftarkan merk itu.


OOhh gt ya... thnx bgt info nya masta...
oh iya mau tny lg,kl nama PT pake bahasa asing,apa biaya nya lbh mahal ga masta
Quote:Original Posted By redsdevils
OOhh gt ya... thnx bgt info nya masta...
oh iya mau tny lg,kl nama PT pake bahasa asing,apa biaya nya lbh mahal ga masta


Setahu saya harganya sama kl pake abjad a-z. Mungkin kl pake aksara thai / arab / jawa, saya ga tahu.
gan, klo mau daftarin merk harus sudah berbadan hukum?
klo perorangan apa bisa?
wah
trit berguna ini gan
pokok e metal
makasih gan treadnya bermanfaat baru tau kalo merek dagang harus didaftarkan..

setelah dicek di web ditjen HAKI, ternyta nama merek dagang yg saya mau jalanin lagi ternyata sudah ada yg makai, wah syukur belum dijalanin lgi walaupun sempat promote logo dll...

makasih gan treadnya bermanfaat baru tau kalo merek dagang harus didaftarkan..

setelah dicek di web ditjen HAKI, ternyta nama merek dagang yg saya mau jalanin lagi ternyata sudah ada yg makai, wah syukur belum dijalanin lgi walaupun sempat promote logo dll...
×