KASKUS

20 Permainan Jaman Dulu Yang Telah Terlupakan

Quote:




>>>>>hargai usaha TS dengan membudayakan rate dan komentar yaa gan<<<<<



Quote:
Spoiler for ”Bukti No Repost”:



Quote:
20 Permainan Jaman Dulu Yang Telah Terlupakan


Quote:
Seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan jaman, kini permainan permainan yg dulu sering kita mainkan waktu kecil telah mulai terlupakan.. Bisa dilihat secara nyata bahwa kenyataannya anak kecil jaman sekarang sudah mulai bermain dengan hal hal yang berbau tekhnologi.. Seperti Internet, Game Online, PC Game bahkan Jejaring Sosial.. Nah maka dari itu ane bikin thread ini untuk sedikit mengingatkan kembali agan agan yang pernah hidup di era tahun 2000 ke bawah agar sedikit mengingat kembali permainan permainan jaman dulu yang hampir tiap hari kita mainkan sehabis pulang sekolah.. Sekaligus mengenalkan kepada agan yang hidup di era tahun 2000 ke atas kalau permainan permainan ini tuh PERNAH ADA..

Lets Check This Out :




Quote:
Quote:
Quote:
1.\tPetak Umpet




Petak umpet adalah sejenis permainan yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
2.\tBenteng




Benteng adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai 'benteng'.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
3.\tEgrang




Egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Egrang berjalan adalah egrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki, untuk tujuan berjalan selama naik di atas ketinggian normal. Di dataran banjir maupun pantaiatau tanah labil, bangunan sering dibuat di atas jangkungan untuk melindungi agar tidak rusak oleh air, gelombang, atau tanah yang bergeser. Jangkungan telah dibuat selama ratusan tahun[1].
Egrang di Indonesia biasa dimainkan ataupun dilombakan saat peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Egrang dengan versi lain juga dimainkan pada saat upacara sunatan.



Quote:
Quote:
4.\tBoi-Boian




Permainan tradisonal dengan total lima sampai sepuluh orang.

Quote:
Cara Bermain

Spoiler for Cara Bermain":



Quote:
Quote:
5.\tKelereng




Kelereng dengan berbagai sinonim gundu, keneker, kelici, guli adalah bola kecil dibuat dari tanah liat, marmer atau kaca untuk permainan anak-anak. Ukuran kelereng sangat bermacam-macam. Umumnya ½ inci (1.25 cm) dari ujung ke ujung. Kelereng kadang-kadang dikoleksi, untuk tujuan nostalgia dan warnanya yang estetik.

Quote:
Cara Bermain

Spoiler for "Cara Bermain":




Quote:
Lanjut Di Bawah Gan....

Quote:
Quote:
Quote:
6.\tGatrik




Gatrik atau Tak Kadal pada masanya pernah menjadi permainan yang populer di Indonesia. Merupakan permainan kelompok, terdiri dari dua kelompok.

Quote:
Cara Bermain

Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
7.\tLompat Tali




Permainan ini sudah tidak asing lagi tentunya, karena permainan lompat tali ini bisa di temukan hampir di seluh indonesia meskipun dengn nama yang berbeda-beda. permainan lompat tali ini biasanya identik dengan kaum perempuan. tetapi juga tidak sedikit anak laki-laki yang ikut bermain.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
8.\tUlar Naga




Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga lebih, anak-anak umur 5-12 tahun (TK - SD).

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
9.\tEngklek




Permainan engklek merupakan permainan tradisional lompat–lompatan pada bidang–bidang datar yang digambar diatas tanah, dengan membuat gambar kotak-kotak kemudian melompat dengan satu kaki dari kotak satu kekotak berikutnya.

Permainan engklek biasa dimainkan oleh 2 sampai 5 anak perempuan dan dilakukan di halaman. Namun, sebelum kita memulai permainan ini kita harus mengambar kotak-kotak di pelataran semen, aspal atau tanah, menggambar 5 segi empat dempet vertikal kemudian di sebelah kanan dan kiri diberi lagi sebuah segi empat.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
10.\tCongklak




Congkak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":




Quote:
Lanjut Di Bawah Gan....

kayaknya makin tersisih ama yg namanya PS
Quote:
Quote:
Quote:
11.\tPletokan




Pletokan dibuat dari bambu, panjang 30 cm dengan diameter 1-1/2 cm. Bambu dipilih yang kuat dan tua supaya tidak cepat pecah. Bambu dibagi dua. Untuk penyodok, bambu diraut bundar sesuai dengan lingkaran laras dan bagian pangkal dibuat pegangan sekitar 10 cm. Potongan bambu yang lain, ujungnya ditambahkan daun pandan atau daun kelapa yang dililit membentuk kerucut supaya suaranya lebih nyaring. Peluru dibuat dari kertas yang dibasahkan, kembang, atau pentil jambu air. Peluru dimasukkan ke lubang laras sampai padat lalu disodok.
Peralatan yang dibutuhkan berupa bambu diameter 1 atau 1,5 cm dan panjang 30-40 cm sebagai laras bedil (bentuk pipa) dan sebagai tolak adalah batangan belahan bambu yang dihaluskan. Sebagai peluru: bunga jambu air, kertas, daun-daunan dan sejenisnya.


Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
12.\tBekel




Permainan bekel umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan tapi permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Bekel merupakan permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Tetapi pada saat bersamaan harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan.



Quote:
Quote:
13.\tGasing




Gasing / Gangsing / Panggal adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
14.\tLayangan




Layang-layang, layangan, atau wau (di sebagian wilayah Semenanjung Malaya) merupakan lembaran bahan tipis berkerangka yang diterbangkan ke udara dan terhubungkan dengan tali ataubenang ke daratan atau pengendali. Layang-layang memanfaatkan kekuatan hembusan anginsebagai alat pengangkatnya. Dikenal luas di seluruh dunia sebagai alat permainan, layang-layang diketahui juga memiliki fungsi ritual, alat bantu memancing atau menjerat, menjadi alat bantu penelitian ilmiah, serta media energi alternatif.



Quote:
Quote:
15.\tMain Bola




Permainan ini sama seperti permainan sepak bola pada umumnya.. Yang membedakan adalah jumlah pemain dari masing masing tim yang kadang seadanya. Peraturan yang ada dalam permainan juga tidak terikat alias tergantung kesepakatan bersama. Sekarang sudah mulai jarang terlihat anak anak kecil yang bermain bola karena sudah jarangnya lapangan luas terutama di kota kota besar.




Quote:
Lanjut Di Bawah Gan....

Quote:
Quote:
Quote:
16. Monopoli




Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":



Quote:
Quote:
17. Gamebot




Permainan ini sangat terkenal hampir di setiap SD di seluruh Indonesia para era di bawah tahun 2000. Nama sebenarnya dari permainan ini adalah Gameboy Cuma entah kenapa disini lebih terkenal dengan sebutan Gamebot. Uniknya game ini disewakan ditiap sekolah oleh abang abang yang jika waktu bermain kita telah habis maka si abang pemilik gamebot akan menarik tali yang terikat pada gamebot yang artinya gamebot tersebut harus disimpan.



Quote:
Quote:
18. Tamagotchi




Binatang kesayagnan bernama Tamagotchi muncul di atas pemandangan konsol permainan. Pemilik menikmati permainanya dengan memelihara Tamagotchi itu, misalnya memberi makanan, membersihkan kamar Tamagotchi, bermain dengan Tamagotchi ddl. Tamagotchi dalam keadaan menyenangkan waktu berkomunikasi dengan baik. Tetapi Tamagotchi menjadi marah kalau pemelihara meleleikan pemeliharaan. Keadaan terburuk, Tamagotchi bisa mati pun. Dengan memelihara seperti ini, Tamagotchi mengubah bentuk diri ke "Oyajitch (Tamagatchi berbentuk Oyaji)", "Nyorotchi (Tamagotchi berbentuk ular)" dan lain-lain yang sifatnya dan bentuknya bermacam-macam. Bagaimana Tamagitchi mengubah diri dipengaruhkan oleh cara pemeliharaan, berat badannya dan suasana hatinya. Lain-lainnya, konsol permainan ini bisa dipakai untuk arloji saja.



Quote:
Quote:
19. BEPE alias Boneka Kertas




Jenis mainan ini menjadi mainan wajib anak anak perempuan era tahun 2000 ke bawah.. Bentuknya bermacam macam, ada yang Barbie, Sailormoon, malah Tokoh Disney pun ada..



Quote:
Quote:
20. Tazos




Tazos adalah mainan anak berupa disk kecil yang biasanya bergambar tokoh-tokoh kartun anak-anak. Tazos pertama kali dibuat oleh Frito-Lay, yaitu sebuah perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari Pepsi Ltd yang berada di Amerika.


Tazos dibuat sebagai mainan hadiah snack ringan pada masa itu (walaupun ada yang menjual tazos secara terpisah). bagi anak-anak, mengoleksi tazos adalah satu hal yang sangat menarik, hal ini kemudian memicu kenaikan penjualan produk-produk yang memberikan hadiah tazos pada setiap penjualanya.

Karna kesuksesanya itulah maka kemudian tazos menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan produk anak-anak, bahkan di tahun 1992 , terjadi invasi besar-besaran dimana tazos mulai dipakai di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

bentuk Tazos sendiri sebetulnya bermacam-macam, mulai dari lingkaran, segi delapan, sampai lingkaran bergerigi (bentuk inilah yang paling terkenal di Indonesia). bahan dasar pembuatanya pun bermacam-macam. ada yang dibuat dari plastik,seng, dan bahkan beberapa seri telah dihasilkan dari karton atau aluminium (seperti Australian Yu-Gi-Oh! Metallix seri. Tazos mulai menampilkan gambar-gambar karakter Looney Tunes, tetapi di seluruh dunia juga fitur Pokémon, The Simpsons, Star Wars, AFL dan NRL, Beyblades dan banyak lagi.


Tazos bisa dikoleksi dengan membeli produk makanan yang meberi hadiah tazos, atau dengan memainkanya (dimainkan dengan teman kita, jadi intinya kalo kita menang, tazos teman kita menjadi milik kita).

Di Indonesia sendiri, tazos bisa didapatkan dengan membeli makanan ringan chiki.



Quote:
Cara Bermain


Spoiler for "Cara Bermain":






Quote:
Itulah 20 Permainan Jaman Dulu yang Telah Terlupakan versi ane gan.. Mari kita kenalkan kembali permainan permainan ini ke generasi di bawah kita gan.. Sayang banget mereka ga bisa nikmatin keasikan bermain permainan permainan ini hanya karena tuntutan jaman.. Kalau ane sih suatu hari nanti kalau ane udah punya anak pasti ane kenalin permainan permainan ini gan..



Quote:




>>>>>hargai usaha TS dengan membudayakan rate dan komentar yaa gan<<<<<




Quote:
DARI BERBAGAI SUMBER


Quote:Quote:Mampir ke thread ane yang lain yaa !


Quote:Movies :

10 Film yang Menampilkan Keindahan Alam Indonesia

10 Film Bertema Dewasa dengan Tokoh Utama Anak Kecil

10 Film Horor Indonesia Terseram Jaman Dulu

10 Film Terbaik Tentang Perjuangan Seorang Ayah

10 Tokoh Film Horor Indonesia yang Paling Memorable

10 Film Omnibus Terbaik : Hot Thread #4

10 Film Terbaik Tentang Persahabatan : Hot Thread #3

10 Film Animasi Paling Mengharukan

15 Film Bertema Anak Indonesia Terbaik : Hot Thread #1

10 Artis Cilik Pemeran Utama Terbaik Dalam Film Hollywood

10 Film Terbaik Tentang Perjuangan Seorang Ibu : Hot Thread #2

Serba Serbi Film Pertama Indonesia

10 Film Terbaik Bertema Luar Angkasa




Quote:Music :

10 Lagu Terbaik Tentang Kasih Sayang Seorang Ibu

List Lagu Cover Version Indonesia

10 Personil Girlband Korea Bersuara Emas


Quote:Education :

10 Kelebihan Wanita Dibanding Pria

10 Tipe Pengguna Jejaring Sosial Paling Tidak Disukai

10 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Resign Dari Tempat Kerja

10 Cara Menghilangkan Galau

25 Kuliner Khas Bandung

25 Hal yang Menjadi Icon Utama Kota Bandung


Quote:Entertainment :

10 Diva WWE Tercantik

20 Permainan Jaman Dulu Yang Telah Terlupakan

10 Superhero Paling Favorit Dekade Tahun 1990




tapi gan...benteng,petak umpet,sama gundu masih ane mainin...malah ane koleksi gundunya
jiaahhh jadi nostalgia nih gan

ane mau nambahin deh
Spoiler for tambahan:
banyak banget yak gan permainan tradsional jaman dulu tapi ane berasa dejavu deh gan

mirip sama ini tapi lengkap punya ente

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9653376
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12223227
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11134227
http://archive.kaskus.co.id/thread/5614309
Quote:Original Posted By Dantesfreak
kayaknya makin tersisih ama yg namanya PS


iya gan apalagi anak SD jaman sekarang udah banyak yg freak sama game online
ane urang bandung, semua udah pernah dicoba.
lengkap tea gan
tp ada yg ketinggalan, ucing balad gans
Quote:Original Posted By AMROZY.C.S
tapi gan...benteng,petak umpet,sama gundu masih ane mainin...malah ane koleksi gundunya


wah hebat gan hehe agan umur berapa emang sekarang ?

Quote:Original Posted By Maraddas
jiaahhh jadi nostalgia nih gan

haha iya gan hitung hitung sedikit flashback masa masa bahagia

ane mau nambahin deh
Spoiler for tambahan:



iya gan itu ga ane masukin soalnya udah ada monopoli

Quote:Original Posted By andhikasukma
banyak banget yak gan permainan tradsional jaman dulu tapi ane berasa dejavu deh gan

mirip sama ini tapi lengkap punya ente

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=9653376
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12223227
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=11134227
http://archive.kaskus.co.id/thread/5614309


thanks buat koreksinya gan hehe ane searchnya pake keyword 'permainan jaman dulu sih' tapi yaudah hitung hitung ane reborn dengan versi yg lebih komplit

Quote:Original Posted By cinemaparadiso
ane urang bandung, semua udah pernah dicoba.


wah muhun gan kalo di Bandung mah petak umpet teh namanya UCING SUMPUT bukan gan ?
Quote:Original Posted By hare.hare.hirup
lengkap tea gan
tp ada yg ketinggalan, ucing balad gans


ucing balad apaan gan ? haha ane orang bandung tapi ga pernah denger
Quote:Original Posted By dejuldejuldejul

thanks buat koreksinya gan hehe ane searchnya pake keyword 'permainan jaman dulu sih' tapi yaudah hitung hitung ane reborn dengan versi yg lebih komplit




makanya dari ituh ane bilang thread ente paling lengkap

moga HT gan
Quote:Original Posted By crosnoy
wah tuh permainan udah mulai hilang dimakan jaman yach gan

jadi kangen masa kecil dolo gan

bagus gan ane meluncur


kita nostalgia bareng aja gan hehe iya hatur nuhun buat bintangnya

Quote:Original Posted By andhikasukma
makanya dari ituh ane bilang thread ente paling lengkap

moga HT gan


hehe iya gan terimakasih
Ane seneng banget main benteng Gan..
Quote:Original Posted By dejuldejuldejul
wah hebat gan hehe agan umur berapa emang sekarang ?


ane masih SMA kelas satu gan...
ane masih suka maen petak umpet gan

Quote: Jual All Anime lengkap, bisa request gan Berhadiah Cendol+4
ane dulu sering maen petak umpet, benteng, ama tazos gan..wkwkwk sampe koleksi tazos dulu..wkwkwk