gan kalo mau mnta pendapat ttg memilih mobil betul disini kan?

mau tanya mobil type SUV yg bagus kisaran harga 300jt ke bawah, pilihan sementara jatuh antara mitsubishi outlander ama kia sportage...
recomended yg mana ya mnurut agan2 disini?
ato mngkin ada alternatif merk lain?
thanks before
Quote:Original Posted By needmoney
gan kalo mau mnta pendapat ttg memilih mobil betul disini kan?

mau tanya mobil type SUV yg bagus kisaran harga 300jt ke bawah, pilihan sementara jatuh antara mitsubishi outlander ama kia sportage...
recomended yg mana ya mnurut agan2 disini?
ato mngkin ada alternatif merk lain?
thanks before


dari sisi jaringan 3S vote outlander, tapi dari sisi optimalisasi bujet vote sportage asal nggak keberatan sama jaringan bengkel kia yang lebih dikit dari mitsu.

alternatif baru bisa pilih hyundai tucson, tapi kalo nggak masalah sama unit seken ya lebih banyak pilihannya.... escudo xl-7 misalnya modal 165-175jt cash udah bisa borong unit + rekondisi part yang udah waktunya ganti + kosmetik minor & modif light offroad
Quote:Original Posted By CaptainSlow


dari sisi jaringan 3S vote outlander, tapi dari sisi optimalisasi bujet vote sportage asal nggak keberatan sama jaringan bengkel kia yang lebih dikit dari mitsu.

alternatif baru bisa pilih hyundai tucson, tapi kalo nggak masalah sama unit seken ya lebih banyak pilihannya.... escudo xl-7 misalnya modal 165-175jt cash udah bisa borong unit + rekondisi part yang udah waktunya ganti + kosmetik minor & modif light offroad


hyundai ama escudonya krg trtarik gan...
kalo ama CRV seken..mendingan mana? dpt kia ato mitsubishi baru....ato pilih CRV seken?dgn kisaran budjet sama...
Quote:Original Posted By needmoney


hyundai ama escudonya krg trtarik gan...
kalo ama CRV seken..mendingan mana? dpt kia ato mitsubishi baru....ato pilih CRV seken?dgn kisaran budjet sama...


pribadi ga demen kelas suv pake konfig FF... lebih demen FR atau 4WD jadi ya vote ke grand vitara 2.4 atau pjs atau santa fe atau land rover defender 95.

alternatif lain bisa cek captiva tapi nggak inget masuk range >300jt apa bukan.

kalo FF preferensi pribadi lebih pas ke family car / city hatch / saloon / city car.
dopost
Quote:Original Posted By classicrock


hahaha betul betul! setuju! Toyota memang hebat urusan yang satu ini....jadi ingat waktu ngajak pakde saya jalan jalan naik XL7 beberapa tahun silam, satu komentarnya yang saya ngga bisa lupa: "wah mobil ini enak ya...sayang merknya bukan Toyota!"

secara pribadi sih Toyota sama sekali nda buruk, beberapa mobil 4x4 nya bahkan sangat bisa diandalkan di lapangan, sedannya macam Crown lawas aja nyaman....tapi mobil bagus kan nda cuma Toyota....heheheheh....



coba lihat historinya dulu,mayoritas orang indonesia kalo beli mobil penumpang kan MPV,(pangsa pasarnya >50 persen)
dan kita harus akui pada tahun yang sama di kelas MPV dari dulu paling nyaman kan emang cuma kijang series, carry dari suzuki dan daihatsu zebra espass,atau mitsubishi 120ss/l300 tidak pernah lebih baik karena rasanya kaya mobil kaleng,suaranya tembus ke dalam
trus pangsa pasar ke 2 kan mobil SUV yang nama bekennya "jeep"
dulu jip yang terkenal kan Daihatsu Taft, suzuki katana,tapi dari semua itu yang paling terkenal kuat dan mantab dan sampe sekarang masih dicari dan dipertahankan kan Hardtop/FJ 40 merknya?Toyota!
fortuner?ah itu kan cuma harapan aja karena harapannya fortuner punya kekuatan dan kemampuan sekelas hardtop,padahal jauh banget nih,coba orang2 yang pengen beli SUV kuat beli Land Cruiser semua, ga bakal laku tuh fortuner,cuma kalo pengen tahu berapa harga land cruiser?cek aja sendiri
oh ya suzuki sempat ngeluarkan produk SUVnya yang namanya Escudo dan Vitara jaman tahun 90an,sayang mobilnya kek sampah,nanggung banget,mana harganya mahal,BBMnya boros pula,jadi gagal deh ngrebut pasaran,sama katana aja kalah tuh 2 produk tersebut
oh ya daihatsu juga pernah ngeluarin SUV sampah juga namanya Feroza,borosnya minta ampun,harganya?ga sekuat harga sodaranya si taft
pangsa pasar ke 3 kan mobil sedan,jaman dulu orang yang bisa beli mobil sedan kan dikenal sebagai orang kaya,mana ada orang yang tingkat ekonominya rendah bisa beli sedan, dan dari dulu seri Civic dan accord dari Honda paling nyaman dipake, seri corolla,starlet,corona kan tidak bisa merebut pangsa pasar honda untuk kategori sedan
apalagi suzuki ngeluarin esteem,forsa,aerio sampe baleno ga ada yang sukses disini,daihatsu juga untuk urusan sedan juga cuma ngeluarin charade yang cuma bisa bersaing dengan forsa dan starlet
pangsa pasar ke 4 mobil pickup,coba agan tanya orang2 desa, tentang mobil pickup pasti kan orang sana lebih kenal el sapek/Mitsubishi L300
yang lain ya cuma hiburan,makannya kijang pickup dari toyota tidak bisa merebut pangsa pasar L300 kan?
pangsa pasar 5
city car sebenernya udah dimulai dari Honda dengan produknya city lalu menyusul Jazz jadi pelopor pangsa hatchback,yaris?itu kan ngekor aja,trus mitsubishi belom ngeluarin,trus menyusul swift dari suzuki,sebenernya kalo starlet dulu dilanjutin dengan tidak bersaing di segmen sedan mungkin bisa jadi market leader kategori city car ini,sayang starlet udah ga ada suaranya sejak tahun 96
jadi sebenernya saya tidak fanatik terhadap merk tertentu,tapi lihat historinya aja
Quote:Original Posted By needmoney
gan kalo mau mnta pendapat ttg memilih mobil betul disini kan?

mau tanya mobil type SUV yg bagus kisaran harga 300jt ke bawah, pilihan sementara jatuh antara mitsubishi outlander ama kia sportage...
recomended yg mana ya mnurut agan2 disini?
ato mngkin ada alternatif merk lain?
thanks before

kalo baru dapet outlander sport PX ya ambil outlander aja, tapi kalo bekas jadi pilihan paling nyaman ya CRV untuk kenyamanan,dan untuk model dan kegagahan rasanya fortuner bisa jadi pilihan
gan tyolong dong pertimbangan tentang kelebihan dan kekurangan dari 2 mobil yg saya mau ambil ini :
antara BMW E36 318i taon 91 ma peugeot 406 st taon 97
biaya perawatanny mahal mana ya
makasih sebelumny
Quote:Original Posted By wempy77
sebenernya ini emang hebatnya astra sihhh, karena mereka menang di jaringan 3snya yg luas, trus juga pake acara gratis jasa service sampe 50rb, makanya masih banyak yg tergoda untuk beli produknya astra, terutama toyota, karena mesin toyota juga rata2 awet dan anti rewel, serta biaya service yg murah.

pengalaman pribadi karena beli apanjahh

mengapa mesin toyota awet, jarang rewel, dan biaya servis murah ? ini asumsi utk MPV lho ya
karena mesin dan teknologi yg diusung relatif sederhana
coba aja bandingin aja mesin 1TR 2.0 liter innova, tenaga cuman 136 PS, dibandingkan dg misal mesin M50 BMW keluaran th 91-95 yg bertenaga 150 PS
lagi, mesin 2TR 2.7 liter fortuner tenaga cuman 160 PS, kalah jauh dg mesin CRV 190 PS yg hanya 2.4 liter

kalo mau perawatan super mudah dan murah, bikin aja mobil dg teknologi OHV, 2 klep per silinder, jangan ada VVTi/VTEC, pakai koil 1 bukan yg distributorless ignition, karburator, kompresi <9, per daun, no airbag, no ABS
contoh : kijang, mesin 7K 1.8 liter dg teknologi tsb di atas hanya bertenaga 84 PS

Quote:Original Posted By Quatroporte


jgn salah
Peugeot Indonesia di bawah naungan Astra kan
free maintenance (bukan jasa doang lho) selama 5 thn..
produk dan pelayanan super WOW, tp tetep aja memble


ini hebatnya Toyota
produk memble, penjualanan dan citra WOW



gw ngomong secara garis besar, jd jgn mengerucut ke 1 produk lagi ya, jgn tersinggung yg pake Toyota, gw juga doyan bbrp Toyota

saya yg mantan sales toyota aja ngga tersinggung kok om

tapi ya sekali lagi, kita mau bicara strategi bikin produk bagus apa strategi memasarkan produk biasa dg cara luar biasa

kalo produk bagus, mitsu, honda, mazda membuat produk lebih bagus scr spek teknis, personally mobil saya pun bukan toyota
kalo strategi memasarkan, harus saya akui, astra toyota membuat strategi paling fenomenal dibandingkan misal group indomobil, tiga berlian, dan honda prospect

seorang penjual hebat meskipun yg dijual hanya kerikil penuh debu, bata merah yg pecah2, they will make a lot of bucks
bgitu pula astra toyota, mobil kaleng yg penuh anugerah caci maki pengamat otomotif pun menjadi legenda, menjadi bahan thesis bagi banyak mahasiswa Magister Manajemen

Quote:Original Posted By wempy77


kalo bmw setau saya kalo udah berumur gitu takut bermasalah di kelistrikan dan kabel2nya brooo, spare part juga kayaknya lebih mahal, cuman kalo nyaman sih udah pasti nyaman bmw yah. CMIIW

keluarga saya ada lancer & bmw
dan pengalaman saya bahkan lancer pun (apalagi galant) perawatan tidak lebih murah dari merek eropa/jerman bos
ini fakta, bukan kayaknya atau katanya orang

tp saya ngga rela kalo lancer dianggap "biasa" seperti merek lain, lancer is fun
we got what we paid

Quote:Original Posted By muskeeter
gan tyolong dong pertimbangan tentang kelebihan dan kekurangan dari 2 mobil yg saya mau ambil ini :
antara BMW E36 318i taon 91 ma peugeot 406 st taon 97
biaya perawatanny mahal mana ya
makasih sebelumny

E36 tahun segitu pakai mesin M40, 1.8 liter SOHC, 4 cyls, 2 klep per cyl, ngga ada teknologi canggih seperti vanos, dll
mesin M40 adl salah satu mesin legendaris di sejarah BMW, perawatan mudah, parts gampang dicari dan sangat terjangkau
minusnya adl mesin ini kurang hidup utk bodi seberat E36, dia lebih pas di bodi E30, jadi cenderung underpower

untuk 406 ahlinya si om frence lion, coba tanya doi
kalo masalah comfort sih 406 sih biangnya, dan desain cantik khas desainer prancis
yg jelas perawatan lebih mahal drpd mesin M40

Quote:Original Posted By needmoney
gan kalo mau mnta pendapat ttg memilih mobil betul disini kan?

mau tanya mobil type SUV yg bagus kisaran harga 300jt ke bawah, pilihan sementara jatuh antara mitsubishi outlander ama kia sportage...
recomended yg mana ya mnurut agan2 disini?
ato mngkin ada alternatif merk lain?
thanks before


Quote:Original Posted By needmoney


hyundai ama escudonya krg trtarik gan...
kalo ama CRV seken..mendingan mana? dpt kia ato mitsubishi baru....ato pilih CRV seken?dgn kisaran budjet sama...


22nya punya mesin canggih, transmisi bagus, fitur komplit, dan kualitas buatan yg uda lumayan bagus..
tapi saya condong ke Sportage karena model eksterior yg lbh bagus dan kabin yg lebih lega, buat saya row 2 Outlander terlalu sempit..

kalo pilihan seken, saya ga terlalu sreg dengan CRV seken, mendingan beli Sportage baru
kalo seken saya bakal jatohin pilihan ke Grand Vitara 2.400 cc atau X-Trail 2.5 XT


Quote:Original Posted By zonepublic

coba lihat historinya dulu,mayoritas orang indonesia kalo beli mobil penumpang kan MPV,(pangsa pasarnya >50 persen)
dan kita harus akui pada tahun yang sama di kelas MPV dari dulu paling nyaman kan emang cuma kijang series, carry dari suzuki dan daihatsu zebra espass,atau mitsubishi 120ss/l300 tidak pernah lebih baik karena rasanya kaya mobil kaleng,suaranya tembus ke dalam

--------------------


oh ya suzuki sempat ngeluarkan produk SUVnya yang namanya Escudo dan Vitara jaman tahun 90an,sayang mobilnya kek sampah,nanggung banget,mana harganya mahal,BBMnya boros pula,jadi gagal deh ngrebut pasaran,sama katana aja kalah tuh 2 produk tersebut



setuju kalo Toyota menang tua dan punya produk legendaris Kijang, sedangkan kompetitor di masanya masih terbatas sekali..
makanya image-nya sampe skrg berkibar


-------------

Escudo Vitara generasi awal mobil sampah dan ga laku?
coba ditelaah lebih lanjut lagi

Escudo Vitara gen 1 itu pelopor SUV modern dan pada waktu itu cukup laris digemari masyarakat lho, dan tentunya tidak gagal merebut pasaran, bahkan sampe skrg itu mobil bnyk banget penggemarnya, sampe2 harga sekennya ga masuk akal
Quote:Original Posted By zonepublic

coba lihat historinya dulu,mayoritas orang indonesia kalo beli mobil penumpang kan MPV,(pangsa pasarnya >50 persen)
dan kita harus akui pada tahun yang sama di kelas MPV dari dulu paling nyaman kan emang cuma kijang series, carry dari suzuki dan daihatsu zebra espass,atau mitsubishi 120ss/l300 tidak pernah lebih baik karena rasanya kaya mobil kaleng,suaranya tembus ke dalam
trus pangsa pasar ke 2 kan mobil SUV yang nama bekennya "jeep"
dulu jip yang terkenal kan Daihatsu Taft, suzuki katana,tapi dari semua itu yang paling terkenal kuat dan mantab dan sampe sekarang masih dicari dan dipertahankan kan Hardtop/FJ 40 merknya?Toyota!
fortuner?ah itu kan cuma harapan aja karena harapannya fortuner punya kekuatan dan kemampuan sekelas hardtop,padahal jauh banget nih,coba orang2 yang pengen beli SUV kuat beli Land Cruiser semua, ga bakal laku tuh fortuner,cuma kalo pengen tahu berapa harga land cruiser?cek aja sendiri
oh ya suzuki sempat ngeluarkan produk SUVnya yang namanya Escudo dan Vitara jaman tahun 90an,sayang mobilnya kek sampah,nanggung banget,mana harganya mahal,BBMnya boros pula,jadi gagal deh ngrebut pasaran,sama katana aja kalah tuh 2 produk tersebut
oh ya daihatsu juga pernah ngeluarin SUV sampah juga namanya Feroza,borosnya minta ampun,harganya?ga sekuat harga sodaranya si taft
pangsa pasar ke 3 kan mobil sedan,jaman dulu orang yang bisa beli mobil sedan kan dikenal sebagai orang kaya,mana ada orang yang tingkat ekonominya rendah bisa beli sedan, dan dari dulu seri Civic dan accord dari Honda paling nyaman dipake, seri corolla,starlet,corona kan tidak bisa merebut pangsa pasar honda untuk kategori sedan
apalagi suzuki ngeluarin esteem,forsa,aerio sampe baleno ga ada yang sukses disini,daihatsu juga untuk urusan sedan juga cuma ngeluarin charade yang cuma bisa bersaing dengan forsa dan starlet
pangsa pasar ke 4 mobil pickup,coba agan tanya orang2 desa, tentang mobil pickup pasti kan orang sana lebih kenal el sapek/Mitsubishi L300
yang lain ya cuma hiburan,makannya kijang pickup dari toyota tidak bisa merebut pangsa pasar L300 kan?
pangsa pasar 5
city car sebenernya udah dimulai dari Honda dengan produknya city lalu menyusul Jazz jadi pelopor pangsa hatchback,yaris?itu kan ngekor aja,trus mitsubishi belom ngeluarin,trus menyusul swift dari suzuki,sebenernya kalo starlet dulu dilanjutin dengan tidak bersaing di segmen sedan mungkin bisa jadi market leader kategori city car ini,sayang starlet udah ga ada suaranya sejak tahun 96


hal yg gue tangkep itu 1.

sejarah versi lu itu ngaco.

1. carry, colt t120, zebra, hijet, starwagon dari awal bukan kompetitor station wagon macem kijang karena dari awal semuanya itu roti tawar beroda & segmen yg disasar juga beda... dari sini komparasi roti tawar beroda jelas gak akan dapet hasilnya sampe kiamat sekalipun.

2. vitara awal keluar mahal? dibandingkan sama apa? taft diesel? tahun 93-94 itu di kisaran harga jual 45jt (cmiiw) untuk vitara IMO termasuk pas karena kijang super aja yang jadi mobil jutaan umat harganya juga dibawah 35 jt & jangan lupa vitara 4x4 lebih mahal karena ada 2 gardan terlebih sampe sekarang pun mobil dobel gardan lebih mahal (harga jual & pajak) daripada mobil 4x2.

4. pikap... kenyataannya nggak cuma l300 yang laku... carry & colt t120 + kijang selalu salip-salipan di peringkat 2-3-4 penjualan mobil niaga terutama buat versi angkot... kalo bicara soal zebra memang kenyataannya zebra nggak bisa ngekor tipis 3 mobil diatas.

5. city car dimulai dari honda life 2-tak era 70-an tapi nggak lama + honda life nggak dijual lagi... bukan dari honda city sedan. dekade akhir 90-an (1999) suzuki mulai start era mobil kutu jualan wagon R solio versi 1 alias karimun baru tahun 2000 disusul hyundai santro & kia visto.

honda city disini cuma sedan saingan sama baleno & tercell... malah yang saingan ketat justru baleno & city karena imej tercell turun karena dipake jadi armada taksi.

6. city hatch sekali lagi yang jadi pionir itu suzuki karena rilis aerio (2002/2003) jeda 3 minggu setelah rilis honda fit CBU dari importir umum di jakarta... dan urusan city hatch disusul hyundai getz setahun kemudian.

lalu jeda 2-3 tahun setelahnya HPM rilis jazz resmi disusul swift setahun setelahnya & yaris + rio keluar belakangan (jeda 10-14 bulan dari swift CBU).
Quote:Original Posted By pjka

mengapa mesin toyota awet, jarang rewel, dan biaya servis murah ? ini asumsi utk MPV lho ya
karena mesin dan teknologi yg diusung relatif sederhana
coba aja bandingin aja mesin 1TR 2.0 liter innova, tenaga cuman 136 PS, dibandingkan dg misal mesin M50 BMW keluaran th 91-95 yg bertenaga 150 PS
lagi, mesin 2TR 2.7 liter fortuner tenaga cuman 160 PS, kalah jauh dg mesin CRV 190 PS yg hanya 2.4 liter

kalo mau perawatan super mudah dan murah, bikin aja mobil dg teknologi OHV, 2 klep per silinder, jangan ada VVTi/VTEC, pakai koil 1 bukan yg distributorless ignition, karburator, kompresi <9, per daun, no airbag, no ABS
contoh : kijang, mesin 7K 1.8 liter dg teknologi tsb di atas hanya bertenaga 84 PS


saya yg mantan sales toyota aja ngga tersinggung kok om

tapi ya sekali lagi, kita mau bicara strategi bikin produk bagus apa strategi memasarkan produk biasa dg cara luar biasa

kalo produk bagus, mitsu, honda, mazda membuat produk lebih bagus scr spek teknis, personally mobil saya pun bukan toyota
kalo strategi memasarkan, harus saya akui, astra toyota membuat strategi paling fenomenal dibandingkan misal group indomobil, tiga berlian, dan honda prospect

seorang penjual hebat meskipun yg dijual hanya kerikil penuh debu, bata merah yg pecah2, they will make a lot of bucks
bgitu pula astra toyota, mobil kaleng yg penuh anugerah caci maki pengamat otomotif pun menjadi legenda, menjadi bahan thesis bagi banyak mahasiswa Magister Manajemen


keluarga saya ada lancer & bmw
dan pengalaman saya bahkan lancer pun (apalagi galant) perawatan tidak lebih murah dari merek eropa/jerman bos
ini fakta, bukan kayaknya atau katanya orang

tp saya ngga rela kalo lancer dianggap "biasa" seperti merek lain, lancer is fun
we got what we paid


E36 tahun segitu pakai mesin M40, 1.8 liter SOHC, 4 cyls, 2 klep per cyl, ngga ada teknologi canggih seperti vanos, dll
mesin M40 adl salah satu mesin legendaris di sejarah BMW, perawatan mudah, parts gampang dicari dan sangat terjangkau
minusnya adl mesin ini kurang hidup utk bodi seberat E36, dia lebih pas di bodi E30, jadi cenderung underpower

untuk 406 ahlinya si om frence lion, coba tanya doi
kalo masalah comfort sih 406 sih biangnya, dan desain cantik khas desainer prancis
yg jelas perawatan lebih mahal drpd mesin M40



mantapppp ulasannya lengkap n jelas, emang sih yg saya punya toyota2 kelas mpv macem apanjah dan inopah, dulu juga paling top cuma all new corolla doang, tapi broo, kalo untuk teknologi, apanjah menurut saya untuk kelas 1300cc mesinnya dah lumayan bertenaga, altis, yaris pun tenaga cukup oke, yg boyooo sih emang tenaga fortuner diesel yg sebelum vnt itu parahhh soalnya kan waktu itu belom ada saingan, begitu keluar pajero sport baru deh kebakaran jenggot dia, begitu pula dengan inopah, untuk ukuran 2000cc tenaganya kecil dan cukup boros, cuma itu terbayar dengan kenyamanannya sih bro, karena typical org indo yg suka mobil gede, nyaman, ac dinginnnn, dan 1 lagi awet n gak rewel.

btw dari ulasan bro pjka saya menangkap, apakah kalo mobil semakin canggih itu perawatannya semakin mahal??

untuk mitsubishi saya sih denger2 emang biaya servicenya termasuk tinggi untuk ukuran mobil jepang yah.
Quote:Original Posted By Quatroporte


Escudo Vitara generasi awal mobil sampah dan ga laku?
coba ditelaah lebih lanjut lagi

Escudo Vitara gen 1 itu pelopor SUV modern dan pada waktu itu cukup laris digemari masyarakat lho, dan tentunya tidak gagal merebut pasaran, bahkan sampe skrg itu mobil bnyk banget penggemarnya, sampe2 harga sekennya ga masuk akal

harga jual tahun 93-96 versi 4x4 di kisaran 45-55 jt.... sekarang udah hampir 2 dekade harga bekas kondisi bahan paling rendah 60jt itupun jarang banget...

kalo ada yg jual kondisi standar siap pake & kondisi bodi lecet minor sampe mulus harganya paling rendah itu 85-98 jt itupun musti berantem adu gedean bujet & cepet-cepetan booking sama kolektor / hobiis.

ada yg dijual pake ubahan jok recaro seken sepasang + lifting kit + ganti ban + upgrade kaki-kaki harganya tembus 105jt.....

belom lagi setelah bencana banjir kemaren di jabodetabek, vitara modif dipake temen di IOF & SJI buat anter logistik & bantuan bencana harga sekennya makin naik lagi


segitu dibilang sampah & ga laku?!
Quote:Original Posted By zonepublic

coba lihat historinya dulu,mayoritas orang indonesia kalo beli mobil penumpang kan MPV,(pangsa pasarnya >50 persen)
dan kita harus akui pada tahun yang sama di kelas MPV dari dulu paling nyaman kan emang cuma kijang series, carry dari suzuki dan daihatsu zebra espass,atau mitsubishi 120ss/l300 tidak pernah lebih baik karena rasanya kaya mobil kaleng,suaranya tembus ke dalam
trus pangsa pasar ke 2 kan mobil SUV yang nama bekennya "jeep"
dulu jip yang terkenal kan Daihatsu Taft, suzuki katana,tapi dari semua itu yang paling terkenal kuat dan mantab dan sampe sekarang masih dicari dan dipertahankan kan Hardtop/FJ 40 merknya?Toyota!
fortuner?ah itu kan cuma harapan aja karena harapannya fortuner punya kekuatan dan kemampuan sekelas hardtop,padahal jauh banget nih,coba orang2 yang pengen beli SUV kuat beli Land Cruiser semua, ga bakal laku tuh fortuner,cuma kalo pengen tahu berapa harga land cruiser?cek aja sendiri
oh ya suzuki sempat ngeluarkan produk SUVnya yang namanya Escudo dan Vitara jaman tahun 90an,sayang mobilnya kek sampah,nanggung banget,mana harganya mahal,BBMnya boros pula,jadi gagal deh ngrebut pasaran,sama katana aja kalah tuh 2 produk tersebut
oh ya daihatsu juga pernah ngeluarin SUV sampah juga namanya Feroza,borosnya minta ampun,harganya?ga sekuat harga sodaranya si taft
pangsa pasar ke 3 kan mobil sedan,jaman dulu orang yang bisa beli mobil sedan kan dikenal sebagai orang kaya,mana ada orang yang tingkat ekonominya rendah bisa beli sedan, dan dari dulu seri Civic dan accord dari Honda paling nyaman dipake, seri corolla,starlet,corona kan tidak bisa merebut pangsa pasar honda untuk kategori sedan
apalagi suzuki ngeluarin esteem,forsa,aerio sampe baleno ga ada yang sukses disini,daihatsu juga untuk urusan sedan juga cuma ngeluarin charade yang cuma bisa bersaing dengan forsa dan starlet
pangsa pasar ke 4 mobil pickup,coba agan tanya orang2 desa, tentang mobil pickup pasti kan orang sana lebih kenal el sapek/Mitsubishi L300
yang lain ya cuma hiburan,makannya kijang pickup dari toyota tidak bisa merebut pangsa pasar L300 kan?
pangsa pasar 5
city car sebenernya udah dimulai dari Honda dengan produknya city lalu menyusul Jazz jadi pelopor pangsa hatchback,yaris?itu kan ngekor aja,trus mitsubishi belom ngeluarin,trus menyusul swift dari suzuki,sebenernya kalo starlet dulu dilanjutin dengan tidak bersaing di segmen sedan mungkin bisa jadi market leader kategori city car ini,sayang starlet udah ga ada suaranya sejak tahun 96
jadi sebenernya saya tidak fanatik terhadap merk tertentu,tapi lihat historinya aja


oke...soal sejarah hadirnya toyota kijang yang fenomenal dan akhirnya membekas di hati sebagian besar masyarakat Indonesia memang benar adanya. bapak saya pun dulu ikutan mencicipi kijang super 4 speed yang pintu tengahnya cuma sebelah itu.

tapi sedikit berbagi cerita aja nih, untuk kasus Vitara Gen I, saya rasa ngga kaya sampah ya, dulu tahun 93 bapak saya harus inden untuk beli mobil ini karena stoknya dimana mana habis, terutama untuk unit yang berwarna dark classic itu. harganya yang menarik saat itu ditambah ada 4WD dengan low gear plus suspensi dengan per keong jadi nilai plus banget di mobil ini, orang duduk hadap depan semua pula....masa itu mobil 4WD seperti Jimny dan Taft pakai per daun. Keras! sekarang mahal? wajar....Vitara, Taft, Jimny bahkan TLC FJ40/BJ40 sudah masuk segmen mobil hobi dan hingga kini semuanya masih jadi favorit 4WD Users.

soal Feroza dibilang ga bagus? monggo....mobil ini kan memang jejadian dari Daihatsu (bodi dan casis Taft dicemplungin mesin bensin)....aslinya Feroza (Aus)/Sportrak (UK)/Rocky (US) itu berkode F300 dan sama sekali adalah mobil yang berbeda dengan yang ada di Indonesia.

soal L300 mobil ini memang tangguh, saya buktikan sendiri di lokasi kerja saya...tapi saingannya bukan Kijang atau Panther pikap.......hanya Toyota Hi-Ace yang punya kemampuan sebanding....sayang si Hi-Ace sudah tutup buku lama sekali.
salah posting
Quote:Original Posted By CaptainSlow
hal yg gue tangkep itu 1.

sejarah versi lu itu ngaco.

1. carry, colt t120, zebra, hijet, starwagon dari awal bukan kompetitor station wagon macem kijang karena dari awal semuanya itu roti tawar beroda & segmen yg disasar juga beda... dari sini komparasi roti tawar beroda jelas gak akan dapet hasilnya sampe kiamat sekalipun.

2. vitara awal keluar mahal? dibandingkan sama apa? taft diesel? tahun 93-94 itu di kisaran harga jual 45jt (cmiiw) untuk vitara IMO termasuk pas karena kijang super aja yang jadi mobil jutaan umat harganya juga dibawah 35 jt & jangan lupa vitara 4x4 lebih mahal karena ada 2 gardan terlebih sampe sekarang pun mobil dobel gardan lebih mahal (harga jual & pajak) daripada mobil 4x2.

4. pikap... kenyataannya nggak cuma l300 yang laku... carry & colt t120 + kijang selalu salip-salipan di peringkat 2-3-4 penjualan mobil niaga terutama buat versi angkot... kalo bicara soal zebra memang kenyataannya zebra nggak bisa ngekor tipis 3 mobil diatas.

5. city car dimulai dari honda life 2-tak era 70-an tapi nggak lama + honda life nggak dijual lagi... bukan dari honda city sedan. dekade akhir 90-an (1999) suzuki mulai start era mobil kutu jualan wagon R solio versi 1 alias karimun baru tahun 2000 disusul hyundai santro & kia visto.

honda city disini cuma sedan saingan sama baleno & tercell... malah yang saingan ketat justru baleno & city karena imej tercell turun karena dipake jadi armada taksi.

6. city hatch sekali lagi yang jadi pionir itu suzuki karena rilis aerio (2002/2003) jeda 3 minggu setelah rilis honda fit CBU dari importir umum di jakarta... dan urusan city hatch disusul hyundai getz setahun kemudian.

lalu jeda 2-3 tahun setelahnya HPM rilis jazz resmi disusul swift setahun setelahnya & yaris + rio keluar belakangan (jeda 10-14 bulan dari swift CBU).


1 kok bisa beda?itu kan 1 kelas MPV,trus saingannya kijang apa donk jaman dulu?paling nyaman juga kijang kotak kan?
2 gue inget dulu gue dijanjiin kalo dapet 10 besar di sekolah,gue mau dibeliin bokap gue escudo/vitara baru tapi ga jadi karena mahal, dulu tahun 93 harganya bekas di angka 80-100jutaan,trus akhirnya gue dibeliin grand civic tahun 91 kalo ga salah, kalo sekarang harganya sama kek honda grand civic/maestro accord ya berarti turun banyak donk
4 lho,bukan masalah tidak laku, tapi penjualannya kan emang beda signifikan (kek poin 1 lha kalo 1 mobil penjualannya udah makan >50 persen sendiri trus sisanya dibagi2 rata oleh merk lainnya berarti udah jelas kelihatan market leadernya donk)
5 baleno itu ccnya 1.6 bukan lawannya city donk,tadinya mau disaingkan dengan ferio dan corolla,tapi beda jauh naikannya,ga enak,kasar pula persenelingnya,soal karimun gue kelupaan,mobil kutu 1K cc emang karimun rajanya >60 persen, visto dan atoz masih belom bisa mengekor
6 aerio?kalo soal pioneer hatchback mah ga juga lhoo,udah dimulai dari jaman starlet cuma sempat vakum,tapi aerio juga ga laku,kalah jauh dengan jazz lah penjualannya
Quote:Original Posted By classicrock


oke...soal sejarah hadirnya toyota kijang yang fenomenal dan akhirnya membekas di hati sebagian besar masyarakat Indonesia memang benar adanya. bapak saya pun dulu ikutan mencicipi kijang super 4 speed yang pintu tengahnya cuma sebelah itu.

tapi sedikit berbagi cerita aja nih, untuk kasus Vitara Gen I, saya rasa ngga kaya sampah ya, dulu tahun 93 bapak saya harus inden untuk beli mobil ini karena stoknya dimana mana habis, terutama untuk unit yang berwarna dark classic itu. harganya yang menarik saat itu ditambah ada 4WD dengan low gear plus suspensi dengan per keong jadi nilai plus banget di mobil ini, orang duduk hadap depan semua pula....masa itu mobil 4WD seperti Jimny dan Taft pakai per daun. Keras! sekarang mahal? wajar....Vitara, Taft, Jimny bahkan TLC FJ40/BJ40 sudah masuk segmen mobil hobi dan hingga kini semuanya masih jadi favorit 4WD Users.

soal Feroza dibilang ga bagus? monggo....mobil ini kan memang jejadian dari Daihatsu (bodi dan casis Taft dicemplungin mesin bensin)....aslinya Feroza (Aus)/Sportrak (UK)/Rocky (US) itu berkode F300 dan sama sekali adalah mobil yang berbeda dengan yang ada di Indonesia.

soal L300 mobil ini memang tangguh, saya buktikan sendiri di lokasi kerja saya...tapi saingannya bukan Kijang atau Panther pikap.......hanya Toyota Hi-Ace yang punya kemampuan sebanding....sayang si Hi-Ace sudah tutup buku lama sekali.

oh iya hi ace belom pernah coba,L300 harusnya lawannya kijang ato panther pikap karena kan sekelas harganya dan enginenya,kijang 1.8 bensin dan panther 2.3 ato 2.5
Quote:Original Posted By zonepublic



2 gue inget dulu gue dijanjiin kalo dapet 10 besar di sekolah,gue mau dibeliin bokap gue escudo/vitara baru tapi ga jadi karena mahal, dulu tahun 93 harganya bekas di angka 80-100jutaan,trus akhirnya gue dibeliin grand civic tahun 91 kalo ga salah, kalo sekarang harganya sama kek honda grand civic/maestro accord ya berarti turun banyak donk


vitara tahun 93 harganya ga nyampe segitu kok. dulu bokap beli <60 lah, gw lupa pas nya berapa. tahun segitu harga 100 juta mah mercy c class...

note: baleno itu pengganti esteem. memang dari dulu dia nyasar kelas yg di bawah corolla kok. kelas lihat dari ukuran lah, jangan dari kapasitas mesin.. toh setelah ganti injection baleno juga jadi 1500cc
Quote:Original Posted By Quatroporte


jgn salah
Peugeot Indonesia di bawah naungan Astra kan
free maintenance (bukan jasa doang lho) selama 5 thn..
produk dan pelayanan super WOW, tp tetep aja memble


ini hebatnya Toyota
produk memble, penjualanan dan citra WOW



gw ngomong secara garis besar, jd jgn mengerucut ke 1 produk lagi ya, jgn tersinggung yg pake Toyota, gw juga doyan bbrp Toyota


kalo toyota lokal kelas entry level sih setuju

tapi kalo kelas middle up ama CBU beberapa produk nya gw akuin emang

Quote:Original Posted By Rakean
kalo ane sebel ama astra (ntah astra atau iami nya), si panther modelnya itu2 mulu, mesin jadul pulak.. padahal kalo mo serius, bisa aja nyaingin ipah.. buat new panther berbasiskan isuzu d-max (mesin lebih mantap dari mesin ipah), benahin interior, dll


isuzu global nya juga lagi galau kok om, wajar lah kalo yg lokal nya juga kek gitu

Quote:Original Posted By needmoney


hyundai ama escudonya krg trtarik gan...
kalo ama CRV seken..mendingan mana? dpt kia ato mitsubishi baru....ato pilih CRV seken?dgn kisaran budjet sama...


kalo baru vote sportage, value for money nya paling tinggi

kalo seken grand vitara yg value for money nya bagus

Quote:Original Posted By zonepublic

coba lihat historinya dulu,mayoritas orang indonesia kalo beli mobil penumpang kan MPV,(pangsa pasarnya >50 persen)
dan kita harus akui pada tahun yang sama di kelas MPV dari dulu paling nyaman kan emang cuma kijang series, carry dari suzuki dan daihatsu zebra espass,atau mitsubishi 120ss/l300 tidak pernah lebih baik karena rasanya kaya mobil kaleng,suaranya tembus ke dalam
trus pangsa pasar ke 2 kan mobil SUV yang nama bekennya "jeep"
dulu jip yang terkenal kan Daihatsu Taft, suzuki katana,tapi dari semua itu yang paling terkenal kuat dan mantab dan sampe sekarang masih dicari dan dipertahankan kan Hardtop/FJ 40 merknya?Toyota!
fortuner?ah itu kan cuma harapan aja karena harapannya fortuner punya kekuatan dan kemampuan sekelas hardtop,padahal jauh banget nih,coba orang2 yang pengen beli SUV kuat beli Land Cruiser semua, ga bakal laku tuh fortuner,cuma kalo pengen tahu berapa harga land cruiser?cek aja sendiri
oh ya suzuki sempat ngeluarkan produk SUVnya yang namanya Escudo dan Vitara jaman tahun 90an,sayang mobilnya kek sampah,nanggung banget,mana harganya mahal,BBMnya boros pula,jadi gagal deh ngrebut pasaran,sama katana aja kalah tuh 2 produk tersebut
oh ya daihatsu juga pernah ngeluarin SUV sampah juga namanya Feroza,borosnya minta ampun,harganya?ga sekuat harga sodaranya si taft
pangsa pasar ke 3 kan mobil sedan,jaman dulu orang yang bisa beli mobil sedan kan dikenal sebagai orang kaya,mana ada orang yang tingkat ekonominya rendah bisa beli sedan, dan dari dulu seri Civic dan accord dari Honda paling nyaman dipake, seri corolla,starlet,corona kan tidak bisa merebut pangsa pasar honda untuk kategori sedan
apalagi suzuki ngeluarin esteem,forsa,aerio sampe baleno ga ada yang sukses disini,daihatsu juga untuk urusan sedan juga cuma ngeluarin charade yang cuma bisa bersaing dengan forsa dan starlet
pangsa pasar ke 4 mobil pickup,coba agan tanya orang2 desa, tentang mobil pickup pasti kan orang sana lebih kenal el sapek/Mitsubishi L300
yang lain ya cuma hiburan,makannya kijang pickup dari toyota tidak bisa merebut pangsa pasar L300 kan?
pangsa pasar 5
city car sebenernya udah dimulai dari Honda dengan produknya city lalu menyusul Jazz jadi pelopor pangsa hatchback,yaris?itu kan ngekor aja,trus mitsubishi belom ngeluarin,trus menyusul swift dari suzuki,sebenernya kalo starlet dulu dilanjutin dengan tidak bersaing di segmen sedan mungkin bisa jadi market leader kategori city car ini,sayang starlet udah ga ada suaranya sejak tahun 96
jadi sebenernya saya tidak fanatik terhadap merk tertentu,tapi lihat historinya aja


Quote:Original Posted By CaptainSlow
hal yg gue tangkep itu 1.

sejarah versi lu itu ngaco.

1. carry, colt t120, zebra, hijet, starwagon dari awal bukan kompetitor station wagon macem kijang karena dari awal semuanya itu roti tawar beroda & segmen yg disasar juga beda... dari sini komparasi roti tawar beroda jelas gak akan dapet hasilnya sampe kiamat sekalipun.

2. vitara awal keluar mahal? dibandingkan sama apa? taft diesel? tahun 93-94 itu di kisaran harga jual 45jt (cmiiw) untuk vitara IMO termasuk pas karena kijang super aja yang jadi mobil jutaan umat harganya juga dibawah 35 jt & jangan lupa vitara 4x4 lebih mahal karena ada 2 gardan terlebih sampe sekarang pun mobil dobel gardan lebih mahal (harga jual & pajak) daripada mobil 4x2.

4. pikap... kenyataannya nggak cuma l300 yang laku... carry & colt t120 + kijang selalu salip-salipan di peringkat 2-3-4 penjualan mobil niaga terutama buat versi angkot... kalo bicara soal zebra memang kenyataannya zebra nggak bisa ngekor tipis 3 mobil diatas.

5. city car dimulai dari honda life 2-tak era 70-an tapi nggak lama + honda life nggak dijual lagi... bukan dari honda city sedan. dekade akhir 90-an (1999) suzuki mulai start era mobil kutu jualan wagon R solio versi 1 alias karimun baru tahun 2000 disusul hyundai santro & kia visto.

honda city disini cuma sedan saingan sama baleno & tercell... malah yang saingan ketat justru baleno & city karena imej tercell turun karena dipake jadi armada taksi.

6. city hatch sekali lagi yang jadi pionir itu suzuki karena rilis aerio (2002/2003) jeda 3 minggu setelah rilis honda fit CBU dari importir umum di jakarta... dan urusan city hatch disusul hyundai getz setahun kemudian.

lalu jeda 2-3 tahun setelahnya HPM rilis jazz resmi disusul swift setahun setelahnya & yaris + rio keluar belakangan (jeda 10-14 bulan dari swift CBU).


kalo udah ngomongin history gw duduk di pojokan aja sambil ngunyah pop corn ah, yg diomongin jaman gw baru lahir sih
Quote:Original Posted By needmoney
gan kalo mau mnta pendapat ttg memilih mobil betul disini kan?

mau tanya mobil type SUV yg bagus kisaran harga 300jt ke bawah, pilihan sementara jatuh antara mitsubishi outlander ama kia sportage...
recomended yg mana ya mnurut agan2 disini?
ato mngkin ada alternatif merk lain?
thanks before


kalo baru sih Sportage, minus jaringan 3S aja kalah dibanding KTB

2nd embat Grand Vitara 2.4, dapet taun 2010-2011an lah
kalo naik budget dikit dapet GV baru CBU

Quote:Original Posted By pjka

mengapa mesin toyota awet, jarang rewel, dan biaya servis murah ? ini asumsi utk MPV lho ya
karena mesin dan teknologi yg diusung relatif sederhana
coba aja bandingin aja mesin 1TR 2.0 liter innova, tenaga cuman 136 PS, dibandingkan dg misal mesin M50 BMW keluaran th 91-95 yg bertenaga 150 PS
lagi, mesin 2TR 2.7 liter fortuner tenaga cuman 160 PS, kalah jauh dg mesin CRV 190 PS yg hanya 2.4 liter

kalo mau perawatan super mudah dan murah, bikin aja mobil dg teknologi OHV, 2 klep per silinder, jangan ada VVTi/VTEC, pakai koil 1 bukan yg distributorless ignition, karburator, kompresi <9, per daun, no airbag, no ABS
contoh : kijang, mesin 7K 1.8 liter dg teknologi tsb di atas hanya bertenaga 84 PS


keluarga saya ada lancer & bmw
dan pengalaman saya bahkan lancer pun (apalagi galant) perawatan tidak lebih murah dari merek eropa/jerman bos
ini fakta, bukan kayaknya atau katanya orang

tp saya ngga rela kalo lancer dianggap "biasa" seperti merek lain, lancer is fun
we got what we paid



yes, sekelas kijang murah di perawatan ya karena teknologi mesinnya ga terlalu kompleks, tapi ga semua orang paham soal ini, taunya kan cuma "biaya perawatannya murah" tok, ga mikir kenapa


yes lagi, Lancer is fun!
lebih fun daripada bawa Civic seumuran, kalo Estillo lain cerita ya

Quote:Original Posted By wempy77

btw dari ulasan bro pjka saya menangkap, apakah kalo mobil semakin canggih itu perawatannya semakin mahal??

untuk mitsubishi saya sih denger2 emang biaya servicenya termasuk tinggi untuk ukuran mobil jepang yah.


ngga tentu mahal juga, asal perawatan & pemakaian sesuai rekomendasi dari owner's manual book ya bisa minim (selain penggantian fast-moving parts ya)

buat mitsu, yang mahal di harga partsnya, jasa sih beti sama beres lain
tapi sepengalaman miara Galant ST & curcolan owner lain, parts mitsu lebih durable dibanding yang lain
intinya sih sama aja dibanding jepun yang lain

Quote:Original Posted By ramadhanisme
kalo toyota lokal kelas entry level sih setuju

tapi kalo kelas middle up ama CBU beberapa produk nya gw akuin emang

kalo udah ngomongin history gw duduk di pojokan aja sambil ngunyah pop corn ah, yg diomongin jaman gw baru lahir sih


Supra MK IV masuk middle up ya itu juara buat sedannya Toyota

idem ah, ada masa dimana gw belom lahir juga
Quote:Original Posted By deepoceanblue
vitara tahun 93 harganya ga nyampe segitu kok. dulu bokap beli <60 lah, gw lupa pas nya berapa. tahun segitu harga 100 juta mah mercy c class...

note: baleno itu pengganti esteem. memang dari dulu dia nyasar kelas yg di bawah corolla kok. kelas lihat dari ukuran lah, jangan dari kapasitas mesin.. toh setelah ganti injection baleno juga jadi 1500cc

oh iya inget gue tahun 96 gue mau dibeliin sidekick bekas warna merah kalo dpt 10 besar di sekolah, model2nya sama kek vitara/escudo gt kan?kalo di semarang harganya emang segitu pada waktu itu,yang pasti gue inget harganya lebih mahal dari grand civic/maestro makannya trus ambil grand civic
Quote:Original Posted By deepoceanblue


vitara tahun 93 harganya ga nyampe segitu kok. dulu bokap beli <60 lah, gw lupa pas nya berapa. tahun segitu harga 100 juta mah mercy c class...

note: baleno itu pengganti esteem. memang dari dulu dia nyasar kelas yg di bawah corolla kok. kelas lihat dari ukuran lah, jangan dari kapasitas mesin.. toh setelah ganti injection baleno juga jadi 1500cc


taon 94, cielo ntuh di bawah 90 jeti baru koq

baleno dr awal keluar udah injection koq....
yg beda nya 1600 ntuh masih pake delco.... yg 1500 ntuh 2 busi 1 koil

Quote:Original Posted By selthyzer


ngga tentu mahal juga, asal perawatan & pemakaian sesuai rekomendasi dari owner's manual book ya bisa minim (selain penggantian fast-moving parts ya)

buat mitsu, yang mahal di harga partsnya, jasa sih beti sama beres lain
tapi sepengalaman miara Galant ST & curcolan owner lain, parts mitsu lebih durable dibanding yang lain
intinya sih sama aja dibanding jepun yang lain



miara hiu taon 2001 ama cielo 94 sih lebih murah cielo om
asal bukan parts kaki2 kalo honda.... muahal parts nya