KASKUS

[SHARE]Melamar kerja Pizzahut, Starbucks, KFC, Jco

Permisi agan2 sekalian..
langsung aja.. ane buat thread ini bukan untuk PROMO !!
ane disini untuk share ilmu yang ane dapet kepada agan2 sekalian..

ane dulu pernah kerja di pizza hut dan KFC, temen ane pernah di Starbcks dan ada yang di McDonalds juga gan..

ane baut thread ini bertujuan untuk (sry b4) kalau ada yang pengangguran di kaskus, mau pindah JOB, atau anak kuliah yang mau cari PARTTIME, bisa share disini..

bagi para sesepuh yang dulu pernah berkerja di KFC, McD, PH, Starbx, Jco.
bisa saling share pada temen2 di kaskus..

monggo saya start dari post pertama..

NB :
ane kerja dapet di PizzaHut dan KFC gan...
kl yang laen itu pengalaman temen2 ane yang seperjuangan.. ane just share.. kali2 pengalaman ane/temen ane bisa bantu ente sekalian..

kl berkenan izinkan ane minta

~~~~~~~~~~~~~~

bagi ente yang mau tanya silakan tulis di THREAD.. bukan PM ane.. Pm ane penuh gan -,-a

Spoiler for buka gan:

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://kask.us/10152866 yang sudah melebihi batas reply.
\t\t\t\t\t\t\t\t\t
\t\t\t\t\t\t\t\t\tTerima kasih.

Pizza hut

ok gan.. ane kasi gambarang untuk JobDesk nya
Spoiler for Job Description:


Nah untuk melamar kerja di pizza hut..
ente siapkan
1. Surat lamaran kerja (b.indo dan di tulis tangan)
2. CV/resume ente gan.. (b.indo dan bisa di ketik komputer)
3. ijasah ente terakhir (SMP/SMA.. kl SD ane ga tau ye gan.. kalo ada nilai IP kuliah lebih bagus)
4. Pas photo 4x6 berwarna 2 lembar

nah caranya begini gan...
ente ke pizza hut cabang mana aja.. dan tanya seperti ini pada greeter(penyembut, orang yang biasa menawarkan produk pizzahut dan menjelaskan bila ada promo di pizza hut) yang ada di Pizza.H.

Spoiler for percakapan biasa:


setelah itu ente bisa pulang gan dengan tenang.. hehe.. tunggu panggilan aja gan..

Spoiler for FAQ:


Tips ane untuk ente
1. Untuk pemangilan lebih cepat, taruh lamaran di Pusat PH di kota ente gan.. tanya aja greeting nya.. "mbak. pusat / tempat pelatihan FoH dmana ya ?" (TEMPAT PELATIHANNYA BIASA MENJADI TEMPAT PELATIHAN FOH)

2. di resume ente kasi pengalaman kerja minimal 1 biji. misal :
waiter di Rumah makan padang..
berkerja di KFC

bagi kaskusker yang ingin kasi masukan.. ane bakal taru di pejwan gan..
tq b4.. and sorry lama

Kfc

Pengalaman temen kaskus kita gan

Quote:Original Posted By ekawijaya
pas mantap
taruh didepan gan

ane dulu pernah lamar di dunkin donut pusat gajah mada jakbar
yg dibutuhkan
1.surat kelakuan baik
2.surat kesehatan minta rontgen paru2 dll
3.surat rt rw domisili dll
4.tes IQ dll
5.gilaaaaa ribet semua2nya gan
tesnya ini itu menghabiskan ongkos dll toh blm tentu diterima dan biasanya bulan pertama awal itu penerimaan karyawan baru

semua persyaratan ini dibutuhkan di
kfc,dunkin donut,mcd,sturbuks,,burger king,dll yg dulu pernah ane lamar

jd gak semuanya mudah bikin persyaratannya aja udah diatas 100rb skkb,domisili,rt rw dkk
ongkos
belum lagi menanti

dan yang paling parah sistem kontraknya

belum lagi gaji kita dipotong oleh outsourcing minimal 300 rb(saudara ane outsourcing di indosat)

kadang pusing juga sih kerja disana gaji dipotong2
hehhehehehe share pengalaman ane yg ud kerja dan pernah lamar disana

enakan cr kerja yg pasti2 dan gak kontrak aja deh mendingan
ditoko atau kios2 gt drpd tiap 3 bulan berhenti kerja gak lucu bgt



Quote:Original Posted By .:.
Ane pernah kerja di KFC, kebetulan posisi ane jadi MT disana..

Ane kasih tau alurnya ya, MT KFC itu yang dibutuhin lulusan D3 atau S1, lamarannya bisa dikirim ke KFC Daan Mogot atau bisa di bawa langsung kesana.

Pemanggilan agak lama sih, sampe sebulanan. Nanti dipanggil lagi untuk interview pertama dan kalo lolos dipanggil lagi untuk psikotes, semuanya di KFC Daan Mogot.

Kalo sudah penerimaan, nanti 3 hari training newbie di KFC Daan Mogot dan akhirnya dikasi tau penempatan sementara selama 3 bulan. Waktu itu ane di KFC Bulungan.

Nah di bulungan ini, nanti para MT diajarin mulai dari operasional sampe manajerial, istilahnya nyobain setiap job desk yang ada di restoran tersebut. Dan untuk MT ada tambahan seperti pelajaran mengenai penyakit ayam dan pengolahannya.

Kalo dah 3 bulan, nanti posisi langsung asisten manajer dan ditaro di store yang bakal di random.

Kelebihannya:
Tiap hari bakal dapet makan nasi sama sayap

Kekurangannya:
Jam kerja ga jelas



tambahan dari teman kaskuser kita

Quote:Original Posted By harkrevenge
ane kerja di rstoran juga di mall ambasaddor...
restoran dari luar sih gan..

masuknya gampang amat, ane dari IT ngelamar disitu langsung di terima...
cuman biaya medical checkup doang lagi..

1 hal gan, kerja di restoran capek,
ente jadi kacung bener" mulai dari ngepel, closing, bersih" wc (soalnya restoran ane ga pake jasa cleaning)
belom lagi dimarahin customer,
lunch time kita musti kerja mati"an karena rame. sama kayak dinner

dan kenikmatannya pun banyak:
crew meal tiap hari junkfood.. f.chix+nasi+coke (ayam boleh milih lagi)
kalo ada customer minta beli rokok, ane ke carefour, (jadi kembalian buat ane, dan harga rokok ane patokin 15rb) dapet tip lagi....
bisa nyari "sampingan" kalo lagi bokek
bisa ngeliat paha-paha perempuan yang dipajang, kalo customer lagi makan (mayan biar semangat kerja )
ini nih yang sebenernya salah, kalo udah pada lapar sangat, ane kadang" sama crew laen, cari kemek bekas customer, sebelom dibersiin ke DJ (Diswashing Jockey a.k.a tukang cuci piring)
terus ane dikuliahin gan, di universitas swasta ternama!
naik jabatan pasti..
ane dari, service crew, ke waitres, ke barista, ke kasier..
meskipun sama aja, tapi "sampingan" meningkat

TS taro di page one dong, capek ngetik nihh


Quote:Original Posted By nestRR
Just Share

u/ Yang masih Kuliah / Fresh Graduate
Mending jangan mikirin masalah gaji
yang dipikirin harusnya pengalaman terkecuali emang lo udeh ahli


Waktu gw kuliah (Sistem Informasi) ada MK Kerja Praktek(KP)
Trus cari2 dapet lah KP di Gar*da Indo*esia (perush maskapai penerbangan)
gw di tempatin di Gar*da Indo*esia di daerah medan merdeka Selatan (sekitaran monas)
KP selama 3 bulan gak di gaji
emang sih kalau makan suka di traktir sama karyawan nya
Desk jobnya seluruh kerjaan IT (Kerjaan gw cuma bantu2 karyawannya)
Contoh ikut karyawannya ngebenerin PC
atau tarik instalasi internet baru
atau semua yang berbau komputer networking
gw jadi ngerti apa itu networking
mulai crimping, sharing printer, wireless, sampai trouble shoot jaringan
Gw bener2 dapat pengalaman berharga disitu
dan dapet piagamnya kalau gw udeh kp disitu selama 3 bulan
ternyata nyari kerja pakai piagam berlogo Gar*da Indo*esia itu terasa lebih mudah

sampai sekarang gw kerja di bag IT
bag networking
segitu dulu sharenya


Quote:Original Posted By radityaBastian
Ane ikutan share ya gan..!!!
ane kerja full time neh di J.CO Donuts&Cofee
ane kerja di bagian BAKER,ane udah kerja sekitar 7bulan gan
Kalo ente berminat u/ ngelamar di perusahaan ini gampang kok caranya gan..!!
syarat-syarat:
1.MIN Lulusan SMA/sederajat
2.foto copy ijazah,KTP,
3.Lengkapin juga CV/daftar riwayat hidup gan
4.bawa juga surat lamaran.a gan
kalo itu semua udah ente siapin gan ente bawa lamaran ente
di jalan MERUYA ILIR KOMP.GRAND INTERCON BLOK.A10
Tepat.a di belakang bank CIMB NIAGA
itu kantor pusat J.CO,BREADTALK,JHONY ANDREAN SALON,ROPAN
yang ane tau and ane denger2 neh gan J.CO lagi butuh banyak karyawan gan
soalnya j.co mw banyak outlet yang mw opening gan

neh ane share ya gan keuntungan sama kerugian kerja di J.CO(kalo ente ketrima yah gan)

KERUGIAN:
1.ente harus bikin rekening bank sendiri khusus.a bank CIMB NIAGA
2.setelah ente ketrima gan ente di kasih traning selama 2minggu gan(menentukan ente layak atau engga buat kerja di j.co) itu di gaji kok gan,tapi ya pas2.n gan cuma 27ribu/8jam.tapi setelah ente 2minggu lulus ente bakal di bayar 43 ribu/hari gan(yah pas lah buat ente2 yang ngelamar cuma modal ijazah SMA,jadi jangan sok minta gaji gede kalo cuma modal ijazah SMA
3.ijazah ente di tahan gan buat jaminan kerja selama ente kerja di j.co
4.apabila ente keluar sebelum kontrak habis ente kena denda penalti gan.tapi jumlah.a berapa ane kurang tw dah,soalnya ane lupa

keuntungan:
1.di j.co jenjang karir terbuka lebar gan walaupun ente dari bawah/belum pnya skill apa2 kalo ente kerjanya bagus ente bakal di promosiin ke jenjang yang lebih tinggi.contohnya temen ane gan dy baru kerja 1 1/2 tahun tapi dy udah jadi store manager gan dia bisa nyaingin senior2nya yang udah lama kerja di j.co n pendidikan.a cuma modal ijazah SMA tapi dy bisa ngalahin yang udah lulus D3
2.ente bisa makan donat sepuas ente gan..!!sampe ente
3.di j.co pegawainya punya loyalitas tinggi gan.punya jiwa persahabatan yang erat banged.so jadi ente bakal ngerasa betah kerja di j.co gan
4.ente bakal banyak belajar gan tentang baker dan barista gan (tergantung posisi agan yang agan pilih)
5.kasirnya /peckernya gan rata2 cakep2..!!!
6.ente kalo mw sambil kerja+ente mw terusin kuliah juga bisa gan.nanti bisa di sesuai.n jadwal kuliah and kerja ente

JENJANG KARIR DI J.CO GAN

U/BAKER: TOPPING->MIXING->TABLE->LEADER BAKER->MT(asst.store manager)->M.O.D(manager store)->trainer(kerjanya bantuin spesialis gan u/buat prodak baru.jadi ente bisa nyoba2.n prodak ente sendiri.kalo menurut spesialis atau atasan ente prodak ente bisa di jual. kebanggaan sendiri gan)->manager area(dy kerjanya manatau beberapa outlet gan bisa lebih dari 5 otlet gan) enak gan bisa jalan2..ada di jakarta,luar kota,bisa juga di luar negri.


U/BARISTA: PACKER->BARISTA->LEADER BARISTA->MT->M.O.D->TRAINER->MANAGER AREA

U/STOCKER: STOCKMAN(kerjanya bikin laporan barang keluar/masuk di otlet AND KERJANYA KEBANYAKAN DEPAN KOMPUTER GAN)->Leader STOCKER->MT->M.O.D->AREA

SEKIAN GAN POST DARI ANE_____

McDonald

McDonald sama gan dengan yang KFC.. cuma perbedaannya dari segi menu nya gan

kata temen ane yang uda masuk

1. surat lamaran kerja
2. CV.
3. ijasah terakhir.
4. fotocopy KTP

biasa di sini ente gajinya 700-900 gan.
(pengelaman temen ane bberapa taun lalu)

untuk biar jelas ada sesepuh McD dateng gan..

Quote:Original Posted By gasukapizza
kebetulan saya manager di Mcd.
sorry saya mau klarifikasi yg TS bilang.
kalo utk crew di mCd, kita bisa gaji per bulan ga seperti yg TS sebut, melainkan diatasnya lagi.
itupun klo ada penambahan jam akan ada intensif lagi.
pekerjaan di mcD sangat dinamis, dan managementnya sangat baik, di mcd karir terbuka setinggi2nya, darimanapun level anda


Quote:Original Posted By bestos
Untuk ngelamar menjadi crew di mcd agan2 bawa lamaran aja langsung ke store mcd terdekat, untuk persyaratanya standart ngelamar kerja lah, ijasah minimal SMA, nah di mcd tuh untuk crew yang baru masuk statusnya bisa milih gan antara PKWT(kontrak 6 bulan mpe 1 tahun dan bisa di perpanjang untuk satu periode berikutnya) dan part time, itu tergantung nego agan dan kebutuhan store juga sih, terus perbedaaanya apa nh???
- klo PKWT jam kerja nya 8 jam break setengah jam trus perhitungan pembayaranya per hari.
- Klo Part time jam kerjanya minimal 4 jam, maksimal 7 jam kerja, perhitungan pembayaranya per jam kerja.

trus dalam sebulan berapa kali masuk kerjanya tergantung kebutuhan store nya, tapi biasanya dalam sebulan bisa 20-26 kali masuk, semakin banyak masuk semakin gede juga donk gajinya, pembayaran gaji di lakukan dua kali dalam sebulan, biasanya untuk perhitungan tanggal 1-15 gajinya keluar tanggal 20 trus tanggal 16-30/31 gajinya keluar tanggal 5 bulan berikutnya.
jam kerjanya shift2an yaa.. jadi jadwal dan jam kerjanya ngacak tergantung kebutuhan storenya, untuk agan2 yang masih kuliah bisa juga kok, nanti tinggal nego sama manager skejulnya untuk menyesuaikanya, tapi ada juga beberapa store menginginkan yg ga kuliah, trus agan setiap kerja di kasi makan nasi+ayam+minum, ayam boleh pilih kok, tapi makananya ga bisa di bawa pulang, jd makan di tempat aja, dan klo pas dapet shift malem atau sore ada insentif travel yang di gabung ke pembayaran gaji.

klo jadi crew kerjanya ngapain aja???
pertama biasanya di training dulu di lobby, bis itu baru deh masuk ke kitchen trus ke front counter, nih station2nya secara garis besar.
- lobby : bersih2 lobby, ngelap2, nyapu ngepel, angkat2 tray, pokoknya lobby bersih dh.
- OT: yang di depan kasir nerima pesanan pelanggan
- OTD: yang nerima pesanan pake drive thru
- DOT: yang nerima pesanan via delivery services
- Runner: nyiapin pesanan 2 yang udah di order
- Side 1: bikin burger dan kawan kawanya
- BC: masak burger dan kawan kawanya
- MFC: masak ayam
- Prep: nyuci2 alat masak, nyiapin bahan-bahan makananya.
agan akan di training satu2 step by step sampai bisa nguasain semuanya.

Jenjang karirnya gmana?? klo agan kerjanya bagus dan bisa nguasain semuanya dengan baik, ga nutup kemungkinan bisa di angkat jadi crew Leader (pegawai Tetap) abis jadi Crew Leader bisa juga jadi manager dan store manager, dan untuk crew juga ditawarkan program magang ke singapore selama 6 bulan, lumayan kan gan buat nambah2 pengalaman.

J.co & Starbucks Part1

Jco & starbuks kenapa di jadi 1 ?
karena itu 1 naungan gan...
ane disini kurang pengalaman karena ane blm pernah masuk starbux gan.. ane rencana juga mau cari pengalaman disini.. sementar pake pengalaman temen2 kita dulu ya gan


biasa ente masuk d sini uda sistem kotrak langsng,,
jadi kl ente keluar sebelum 6bulan, ente kena pinalti sebesar 2.5 jt gan

ini contohnya gan

Quote:Original Posted By bosmanbing
yg kena penalti itu biasanya karena perusahaannya mengeluarkan biaya buat recruitmentnya
contoh aja J.Co, ada psikotes buat calon karyawannya yang di bayarin ama J.Co nya, dan ada pelatihan ke jakarta segala (khusus cabang di luar jakarta)
gw tau ini karena J.Co suka kirim calon pegawai buat psikotes di tempat gw praktek di Palembang, biasanya yg dikirim sekelas manager/supervisor/kepala gudang/inventory dan kasir


kemudian share dari temen kaskus kita
Spoiler for dari temen kaskus:



untuk contoh CV pake english gan.. karena ada nilai +nya...
contohnya

Spoiler for CV:

J.co & Starbucks Part2

Spoiler for lanjutan:




untuk contoh CV pake english gan.. karena ada nilai +nya...
contohnya

Spoiler for CV:
Quote:Original Posted By willywang
thread masi di buat.. sabar ye..


Quote:Original Posted By willywang
Reserve


Quote:Original Posted By willywang
Reserve


Quote:Original Posted By willywang
Reserve


Quote:Original Posted By willywang
Reserve


Quote:Original Posted By willywang
Reserve


reserve nya banyak bener gan
lamaaaaaaaaaa
masih dibuat. Brapa lama gorengnya ?
*edit*
Kalo dari segi usia gimana gan?maksimal umur brapa?



Originally posted by destach
yang copas mandul

- terima kasih -
berat gag gan kerja d PH??
Quote:Original Posted By naruto.46
berat gag gan kerja d PH??


adu gan.. paling berat diantara yang laen. tapi gajinya wow banget

Quote:Original Posted By destach
*edit*
Kalo dari segi usia gimana gan?maksimal umur brapa?


Originally posted by destach
yang copas mandul

- terima kasih -



max 24 kl ga sala gan
Quote:Original Posted By Fiedzback
masih dibuat. Brapa lama gorengnya ?


Quote:Original Posted By VanesZa
lamaaaaaaaaaa


Quote:Original Posted By rupamu.elek
reserve nya banyak bener gan


tritnya uda selesai woe...
manteb share nya gan.. ane bukmark dl.. kali2 butuh kerjaan
Quote:Original Posted By KubooKubooo
manteb share nya gan.. ane bukmark dl.. kali2 butuh kerjaan


ok gan.. monggo du bukmak
kalo di PH ga ada part timenya gan? berarti ga cocok sama jadwal mahasiswa yang mau cari pengalamn kerja ya?
wih lumayan nih gan sharenya. soalnya liburan nanti ane mau nyari part time job
tapi menurut agan kalo part time job cocoknya dimana ya? dan lulusan mana mananya itu mempengaruhi gaji gak gan?
Thread nih sangat membantu gaan
Nice thread pkoknya. Bikin semangat cari kerja ane berkibar"
Quote:Original Posted By komandanjitu30
kalo di PH ga ada part timenya gan? berarti ga cocok sama jadwal mahasiswa yang mau cari pengalamn kerja ya?


ga ada gan,, jadi kurang cocok untuk mahasiswa, agak berat kerja d PH tapi gaji enak


Quote:Original Posted By inidMCV
wih lumayan nih gan sharenya. soalnya liburan nanti ane mau nyari part time job
tapi menurut agan kalo part time job cocoknya dimana ya? dan lulusan mana mananya itu mempengaruhi gaji gak gan?

tergantung ente gan,, kl mau sante ente bisa kfc / McD
kl ente mw berat bisa di PH gan,,
gaji ga nentuin gan, tapi pengalaman sangat berguna untuk ente

Quote:Original Posted By Unknown666
Thread nih sangat membantu gaan
Nice thread pkoknya. Bikin semangat cari kerja ane berkibar"

sama2 gan