KASKUS

salam kenal

trims para agan atas info matic nya. saya baru pengguna CITY matic second di denpasar, silahkan PM yang di denpasar yah biar bisa bagi-bagi infonya. trims

ppn

Quote:Original Posted By hsofyan

1. Bukan suhu... tp masih belajar, mas. CMIIW
2. Salam kenal balik, mas ... juga dari newbie.
3. Terimakasih ... hanya belajar merawat mobil tua (17 th) sesuai kema(mp)uan.

Mau nanya ni gan..... kalau transmisi matik triptonik chevrolet SPIN apakah bisa memakai trasmisi manualnya pada waktu pertamaonil mau star ? Atau batu bisa di pakai manualnya pada kecepatan tertentu ? Trim....
Quote:Original Posted By gerryjr


kalo sering kick down ngaruh gak sama awet/ngga nya transmisi matic itu gan?


menurutku kok aman2 aja ya...kan mmg gitu teknik pakainya kalo mau nurunin gear
ngaruhnya di konsumsi bbm aja jd lebih boros
Quote:Original Posted By debourbon
Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman




Selama ini kecelakaan mobil terjun dari gedung bertransmisi automatic, apakah ini pertanda bahwa pemahaman cara mengemudikan transmisi automatic untuk orang Indonesia masih belum matang? mungkin hal itu bisa dibilang benar karena seluruh kecelakaan terjunnya mobil dari gedung memakai transmisi automatic semua.
Memang cara mengendarai transmisi automatic berbeda tetapi perbedaannya tidak begitu jauh. Ada beberapa cara agar anda bisa memahami bagaimana cara mengemudikan transmisi automatic sehingga anda bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan tersebut:

1. Bila anda sudah ingin start dengan transmisi matic anda pertama-tama injak rem dan kemudian geser tuas transmisi menuju R atau D (sesuai kebutuhan anda).

2. Setelah digeser lepas pedal rem yang anda injak dibarengi dengan menonaktifkan parking brake.

3. Setelah melepas rem dan menonaktifkan parking brake injak pedal gas secara perlahan, jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM dan dapat membuat mobil “loncat”.

4.Bila anda terjebak macet dan anda harus berhenti usahakan untuk menggeser tuas transmisi ke N karena bila tidak digeser dapat membuat kopling transmisi automatic menjadi cepat habis.

5.Bila melewati jalanan menanjak yang terjal geser tuas transmisi dari D ke L/1 karena posisi ini merupakan posisi dimana letak gear berada di tempat paling ringan sehingga mudah untuk melewati tanjakan. Tetapi apabila tanjakan yang tidak terlalu terjal bisa di letakkan di 2/L2/D2

6.Bila sudah memarkirkan kendaraan geser tuas dari D ke P karena biasanya anak kunci tidak akan bisa dilepaskan.
Bagi temen” yang merasa mobil maticnya kurang spontan tenaganya, boleh nih liat artikel yang ada di link dibawah ini. Dijamin, bisa ngacir kaya mobil manual………..


Karena banyaknya anggapan yang salah terhadap perlakukan mobil matic dan bikin trauma or ragu-ragu buat yang baru mau mencoba/merasakan ataupun yang ingin membeli mobil matic ditambah seringnya terjadi kecelakaan mobil terjun bebas dari parkiran yang secara kebetulan bertransmisi matic. Ada baiknya coba pahami beberapa kesalahan presepsi tentang mobil matic. Selanjutnya terserah anda :

Spoiler for Mobil matic gak bisa didodorong jika mogok.:


Spoiler for Mobil Matic gak bisa diajak ngebut/susah nyalip (Siapa Bilang??):


Spoiler for Mobil Matic mahal perawatan:



Spoiler for Harga jual yang turun/lebih murah dari manual.:




Tambahan: untuk lebih mengenal karakteristik transmisi matik, berikut perilaku transmisi matik untuk setiap posisi tuasnya.

P: transmisi akan mengunci komponen yang terkopel langsung dengan roda. Hal ini memberikan efek seperti rem tangan, tetapi jangan hanya mengandalkan posisi ini untuk parkir dengan beban yang cukup berat. ex: tanjakan.

R: saya rasa semua sudah tau posisi ini. Gunakan posisi ini untuk berjalan kearah belakang(mundur).

N: di posisi ini, seluruh hubungan antara roda dan mesin dilepaskan. Dan tidak ada mekanisme pengunci roda layaknya posisi P. catatan: sangat disarankan untuk menggunakan posisi N dan aktifkan rem daripada P jika anda tidak bermaksud berhenti untuk meninggalkan mobil.

D: gunakan posisi ini untuk menggunakan seluruh rasio dalam transmisi anda selama perjalanan. dibeberapa mobil juga terdapat tatanan D4, D3, L2, L1. Untuk merk toyota biasanya terdapat D,2,1 dengan tombol overdrive off pada tuasnya.

D3 atau O/D off: posisi ini akan membatasi perpindahan rasio hingga tingkat ke 3. Pada beberapa mobil toyota dengan tombol O/D off, tombol ini menonaktifkan gigi4 dan menahan transmisi pada rasio tingkat3. Gunakan posisi ini untuk melakukan overtakin

sumber:http://willycar.wordpress.com & http://skullsmokers.wordpress.com


itulah sedikit info temtang mobil matic semoga bermanfaat buat


kaskuser semua
kalo berkenan kasih dan jg gak apa2 gan
tks


Lam kenal gan...... Mau tanya ni ga.... gimana sih cara menggunakan mobil transmisi matik triptonok di Chevrolet SPIN ? Apakah bisa digunakan pada saat awal star dengan manual ?
Nice Trit GAN..kebetulan ane juga pemakai matic, Yarris..tp msh km rendah, jarang di pake....so far so good, kaki gak pegel kalau pakai matic di Jakarta...
ane pake nissan march matic bisa tancap sampe 150 mayan lah klo ngebut jakarta bogor paling kena 15mt gak macet ya klo macet ya sudalah nasib agak lama tapi gak cape hehehe
Nubie ijin gabung gan....
br belajar nih mengenai matic....
*br punya mobil matic soalnya
Quote:Original Posted By pepentbs

Mau nanya ni gan..... kalau transmisi matik triptonik chevrolet SPIN apakah bisa memakai trasmisi manualnya pada waktu pertamaonil mau star ? Atau batu bisa di pakai manualnya pada kecepatan tertentu ? Trim....

Bisa, tp utk apa?
Bukan mau balapan kan?
Klo udah komit pake A/T, pake yg "manual" nya itu hanya untuk sat sut salip kiri salip kanan .... tp lbh boros, he3
Quote:Original Posted By Bigbemz
Nubie ijin gabung gan....
br belajar nih mengenai matic....
*br punya mobil matic soalnya


monggo ... salam kenal

Quote:Original Posted By Rendi_Lee
ane pake nissan march matic bisa tancap sampe 150 mayan lah klo ngebut jakarta bogor paling kena 15mt gak macet ya klo macet ya sudalah nasib agak lama tapi gak cape hehehe


gas and slide ...
Quote:Original Posted By iwans39
Nice Trit GAN..kebetulan ane juga pemakai matic, Yarris..tp msh km rendah, jarang di pake....so far so good, kaki gak pegel kalau pakai matic di Jakarta...


teteup harus dibiasakan kaki kiri ber-ubah2 posisi, biar imbang ...
Quote:Original Posted By gressli99
trims para agan atas info matic nya. saya baru pengguna CITY matic second di denpasar, silahkan PM yang di denpasar yah biar bisa bagi-bagi infonya. trims

salam kenal balik
s/d 2012 saya sering driving jkt-bali
Quote:Original Posted By rangs1845
salam kenal nubi pake ferio matic 97 dr jakarta bagian selatan... numpang nanya oom2 semua siapa tau ada yg bisa sharing, klo gak mau kickdown knp ya? oh iya kalo utk ciri2 matic yg sehat mobilku termasuk dlm jajaran tersebut, barusan aja nih lemot ga mau kickdown.. apa bodyvalve nya apa apaan ya? makasih sblmnya agan2 smua...

sy ga tau persis struktur di Ferio .... mudah2an sama2 pake switch kickdown & kabel kickdown .... nah, periksa kedua parts tsb, sebelum periksa selongsong matic nya.
Ane mau nanya aja ttg transmisi matic-triptonic.
Kok di toyota nav1 ane kalo pake manualnya di gigi 1 kok lambat bgt? Beda pake gigi 1 di mobil yang manual real(macam toyota avanza)
Kenapa ya?
Lalu apakah hematan (konsumsi bensinya) pake transmisi matic(p,r,n,d) ato transmisi matic-triptonic(p,r,n,m1,m2,m3,setelahnya)?
nanya gan, ane pake freed matic tahun 2010

logika ane, yg namanya RPM, makin kecil tu makin hemat bensin.. kalo lagi jalan2 sekitaran 40-80kpj dengan gigi D, meskipun gas dilepas RPMnya kan tetep rada tinggian tuh.. yg ane mo tanyain:
sebenernya boleh ga sih kalo kita lagi jalan pake mobil matic giginya dipindahin ke netral dan membiarkan mobilnya meluncur (RPMnya jadi lebih kecil)? pas ane butuh gas lagi, baru ane pindahin ke gigi D dan kadang ane pindahin dari netral ke D pada saat kecepatan sekitar 60 kpj.. praktik ini bakal ada pengaruh ke mesin ga? ane sih berasa jadi jauh lebi hemat bensin banget kalo begini.. kalo dari D pindah ke netral pas jalan, meluncurnya jadi lebi jauh dan dengan RPM lebih kecil

thanks agan2
Quote:Original Posted By banglontong
nanya gan, ane pake freed matic tahun 2010

logika ane, yg namanya RPM, makin kecil tu makin hemat bensin.. kalo lagi jalan2 sekitaran 40-80kpj dengan gigi D, meskipun gas dilepas RPMnya kan tetep rada tinggian tuh.. yg ane mo tanyain:
sebenernya boleh ga sih kalo kita lagi jalan pake mobil matic giginya dipindahin ke netral dan membiarkan mobilnya meluncur (RPMnya jadi lebih kecil)? pas ane butuh gas lagi, baru ane pindahin ke gigi D dan kadang ane pindahin dari netral ke D pada saat kecepatan sekitar 60 kpj.. praktik ini bakal ada pengaruh ke mesin ga? ane sih berasa jadi jauh lebi hemat bensin banget kalo begini.. kalo dari D pindah ke netral pas jalan, meluncurnya jadi lebi jauh dan dengan RPM lebih kecil

thanks agan2

ijinkan aku kasih opini ya om...aku bukan expert cuma lihat dari sisi efisensinya
menurutku ga signifikan penghematan bbm dgn cara spt itu dibandingkan dgn resiko kerusakan yg kemungkinan bisa terjadi
terasa hentakan di transmisi gak om saat masukin gigi D di kecepatan 60km/jam?setauku masukin awal gear di D itu tetep berurutan mulai level gigi 1 dst...CMIIW ya
mending jalankan mobil secara normal om,kalo terasa lebih boros dari standar mobilnya...coba ditune up ke bengkel kepercayaan
good luck..

Quote:Original Posted By antonov07

ijinkan aku kasih opini ya om...aku bukan expert cuma lihat dari sisi efisensinya
menurutku ga signifikan penghematan bbm dgn cara spt itu dibandingkan dgn resiko kerusakan yg kemungkinan bisa terjadi
terasa hentakan di transmisi gak om saat masukin gigi D di kecepatan 60km/jam?setauku masukin awal gear di D itu tetep berurutan mulai level gigi 1 dst...CMIIW ya
mending jalankan mobil secara normal om,kalo terasa lebih boros dari standar mobilnya...coba ditune up ke bengkel kepercayaan
good luck..



nah, yg bikin ane berasa gapapa melakukan praktek tsb adalah pada saat transfer balik ke D pada 60kpj smooth2 aja, tanpa hentakan sama sekali ato kickdown ke gigi yang lebi rendah.. makanya ane sempet mikir kalo praktik ini ga berdampak apa2 ke mesin.. tapi yang namanya ane masih nubi soal mesin2an kan ane jadi takut juga hehehe

makasi gan masukannya ya.. ane jadi takut mesin jadi aus.. ga lagi2 deh
om kalo filter oli matic kotor pengaruhnya kemana saja ya??
mohon dibantu
Quote:Original Posted By Unforgeten
range rover evoque matic

Spoiler for :


Quote:Original Posted By nugrohobagor


Keren Maticnya evoque


Ga usah yg mewah2, Gan...

Ini malah tinggal pencet doang..

Spoiler for matic:


Nah, transmisi matic itu bisa ditemukan di sini...

Spoiler for matic:


Mantap, kan?
Salam kenal om2 semua ... ane pengguna matic avanza 2010.

Sharing sedikit soal matic yg jenisnya ATF, kmrn habis ganti olinya pakai Fk massimo yg full synthetic ATF ... lumayan enak & halus perpindahan giginya.
Dan sekalian kuras olinya habis 6 liter saja .

Harga per liternya kena 95 rb

Quote:Original Posted By his1k
om kalo filter oli matic kotor pengaruhnya kemana saja ya??
mohon dibantu


Emangnya oli matic ada filternya om ?? setahu ane yg ada filternya tuh oli mesin deh
Kl memang ada boleh neh disharing ... soalnya ane kepingin tau juga
×