KASKUS

wajib masuk yg pake mobil matic

Cara Menggunakan Transmisi Matik yang Aman




Selama ini kecelakaan mobil terjun dari gedung bertransmisi automatic, apakah ini pertanda bahwa pemahaman cara mengemudikan transmisi automatic untuk orang Indonesia masih belum matang? mungkin hal itu bisa dibilang benar karena seluruh kecelakaan terjunnya mobil dari gedung memakai transmisi automatic semua.
Memang cara mengendarai transmisi automatic berbeda tetapi perbedaannya tidak begitu jauh. Ada beberapa cara agar anda bisa memahami bagaimana cara mengemudikan transmisi automatic sehingga anda bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan tersebut:

1. Bila anda sudah ingin start dengan transmisi matic anda pertama-tama injak rem dan kemudian geser tuas transmisi menuju R atau D (sesuai kebutuhan anda).

2. Setelah digeser lepas pedal rem yang anda injak dibarengi dengan menonaktifkan parking brake.

3. Setelah melepas rem dan menonaktifkan parking brake injak pedal gas secara perlahan, jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam karena dapat mempengaruhi konsumsi BBM dan dapat membuat mobil “loncat”.

4.Bila anda terjebak macet dan anda harus berhenti usahakan untuk menggeser tuas transmisi ke N karena bila tidak digeser dapat membuat kopling transmisi automatic menjadi cepat habis.

5.Bila melewati jalanan menanjak yang terjal geser tuas transmisi dari D ke L/1 karena posisi ini merupakan posisi dimana letak gear berada di tempat paling ringan sehingga mudah untuk melewati tanjakan. Tetapi apabila tanjakan yang tidak terlalu terjal bisa di letakkan di 2/L2/D2

6.Bila sudah memarkirkan kendaraan geser tuas dari D ke P karena biasanya anak kunci tidak akan bisa dilepaskan.
Bagi temen” yang merasa mobil maticnya kurang spontan tenaganya, boleh nih liat artikel yang ada di link dibawah ini. Dijamin, bisa ngacir kaya mobil manual………..


Karena banyaknya anggapan yang salah terhadap perlakukan mobil matic dan bikin trauma or ragu-ragu buat yang baru mau mencoba/merasakan ataupun yang ingin membeli mobil matic ditambah seringnya terjadi kecelakaan mobil terjun bebas dari parkiran yang secara kebetulan bertransmisi matic. Ada baiknya coba pahami beberapa kesalahan presepsi tentang mobil matic. Selanjutnya terserah anda :

Spoiler for Mobil matic gak bisa didodorong jika mogok.:


Spoiler for Mobil Matic gak bisa diajak ngebut/susah nyalip (Siapa Bilang??):


Spoiler for Mobil Matic mahal perawatan:



Spoiler for Harga jual yang turun/lebih murah dari manual.:




Tambahan: untuk lebih mengenal karakteristik transmisi matik, berikut perilaku transmisi matik untuk setiap posisi tuasnya.

P: transmisi akan mengunci komponen yang terkopel langsung dengan roda. Hal ini memberikan efek seperti rem tangan, tetapi jangan hanya mengandalkan posisi ini untuk parkir dengan beban yang cukup berat. ex: tanjakan.

R: saya rasa semua sudah tau posisi ini. Gunakan posisi ini untuk berjalan kearah belakang(mundur).

N: di posisi ini, seluruh hubungan antara roda dan mesin dilepaskan. Dan tidak ada mekanisme pengunci roda layaknya posisi P. catatan: sangat disarankan untuk menggunakan posisi N dan aktifkan rem daripada P jika anda tidak bermaksud berhenti untuk meninggalkan mobil.

D: gunakan posisi ini untuk menggunakan seluruh rasio dalam transmisi anda selama perjalanan. dibeberapa mobil juga terdapat tatanan D4, D3, L2, L1. Untuk merk toyota biasanya terdapat D,2,1 dengan tombol overdrive off pada tuasnya.

D3 atau O/D off: posisi ini akan membatasi perpindahan rasio hingga tingkat ke 3. Pada beberapa mobil toyota dengan tombol O/D off, tombol ini menonaktifkan gigi4 dan menahan transmisi pada rasio tingkat3. Gunakan posisi ini untuk melakukan overtakin

sumber:http://willycar.wordpress.com & http://skullsmokers.wordpress.com


itulah sedikit info temtang mobil matic semoga bermanfaat buat kaskuser semua
kalo berkenan kasih dan jg gak apa2 gan
tks
kalo lagi parkir pararel cara biar mobil matic posisi tuas nya di N gimana ya caranya ?

ogut ga punya mobil matic, cuman sesekali pernah bawa









*owh ternyata pertamax
Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral(N). Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas.
Quote:Original Posted By punya.kaskus
kalo lagi parkir pararel cara biar mobil matic posisi tuas nya di N gimana ya caranya ?

ogut ga punya mobil matic, cuman sesekali pernah bawa









*owh ternyata pertamax


pake lock nya dong gan.kalo toyota bisa diliat di gambar bawah
[IMG]http://2.bp.blogspot.com/_IbyiQvMd9CY/SXFbhmXgoPI/AAAAAAAAAHE/-sQVI6M1Zlk/s320/Automotive+AT+lever.jpg[IMG]
itu yg tombol item di pencet.baru tuas pindahin ke N
kalo jazz type nya qt mesti masukin kunci kontak dulu ke bolongan deket tuas transmisi nya
Nice info om!
Info yg bagus buat para pengguna transmisi otomtatis termasuk ane
tks om kalo berkenan mohon di rate dong hehehee
nais inpoh gan..
waloupun ane blm pnya mobil matic muda2AN bisa digunain buat motor matic ane... wkwkwkwkwk
di kota ane mobil matik 2nd tetap paling murah harganya,makin besar CCnya harga lebih murah dibandingkan mobil manual
gue juga ga ngerasa nyaman pake mobil matik, kalo terjadi human error lebih susah ngatasinnya.pernah gue berhenti mendadak gara2 kaki kiri gatel trus nginjak rem

Talking 

matik emang yahud.... mobil ogut 4000cc matic brojol di pabrik tahun 1996, sampe sekarang gak masalah... katanya matik gak boleh kerendem air. mobil ogut malah doyan maen lumpur..

haree gini oper gigi
Quote:Original Posted By pgas
haree gini oper gigi




hihi, setuju nih gan
tapi gan misal matik honda (gak semuanya) kan ada yang urutanya p-r-n-d-s. fungsi dari s mode itu apa ya? kalo matik punya tapi mobil kantor
Quote:Original Posted By pgas
matik emang yahud.... mobil ogut 4000cc matic brojol di pabrik tahun 1996, sampe sekarang gak masalah... katanya matik gak boleh kerendem air. mobil ogut malah doyan maen lumpur..

haree gini oper gigi


hare gene oper gigi..(tapi dogbox)


Quote:Original Posted By pembalapdrift
tapi gan misal matik honda (gak semuanya) kan ada yang urutanya p-r-n-d-s. fungsi dari s mode itu apa ya? kalo matik punya tapi mobil kantor


kalo di jazz GD3(lama) S tu buat kaya secondary gear. RPM switch buat oper gigi lebih tinggi dari D

kalo di jazz GE8(baru) S buat nyalain paddle shift
Quote:Original Posted By pembalapdrift
tapi gan misal matik honda (gak semuanya) kan ada yang urutanya p-r-n-d-s. fungsi dari s mode itu apa ya? kalo matik punya tapi mobil kantor


S mode = sport mode = tiptronic/paddleshift(jazz GE, city, civic, accord)/steermatic(jazz GD) = mindahin gigi secara manual, tapi tinggal pencet tombol + apa - aja, ga usah kopling koplingan kaya naik motor bebek lah intinya, mindahin tinggal "ceklek"
salam kenal sesama pengguna mobil matic gan

Quote:Original Posted By punya.kaskus
kalo lagi parkir pararel cara biar mobil matic posisi tuas nya di N gimana ya caranya ?

ogut ga punya mobil matic, cuman sesekali pernah bawa









*owh ternyata pertamax


Quote:Original Posted By debourbon
Untuk parkir secara paralel, gunakanlah tombol SHIFT LOCK. Lalu pindahkan tuas dari posisi P ke netral(N). Maka mobil akan terparkir dengan roda-roda dalam posisi bebas.


Quote:Original Posted By wimba
pake lock nya dong gan.kalo toyota bisa diliat di gambar bawah
[IMG]http://2.bp.blogspot.com/_IbyiQvMd9CY/SXFbhmXgoPI/AAAAAAAAAHE/-sQVI6M1Zlk/s320/Automotive+AT+lever.jpg[IMG]
itu yg tombol item di pencet.baru tuas pindahin ke N
kalo jazz type nya qt mesti masukin kunci kontak dulu ke bolongan deket tuas transmisi nya


Btw mobil ane ford fiesta kagak bisa euy parkir paralel dlm posisi N
pasti kunci nya gk bisa d cabut klo posisi N
Quote:Original Posted By SkuTT69
salam kenal sesama pengguna mobil matic gan







Btw mobil ane ford fiesta kagak bisa euy parkir paralel dlm posisi N
pasti kunci nya gk bisa d cabut klo posisi N


mobil eropa/amerika kan rata rata begitu sa

escape gak ada shiftlocknya juga, jd ga bisa parkir paralel

soalnya di negara asalnya, ga kenal yang namanya parkir paralel
Quote:Original Posted By Ch_Z
mobil eropa/amerika kan rata rata begitu sa

escape gak ada shiftlocknya juga, jd ga bisa parkir paralel

soalnya di negara asalnya, ga kenal yang namanya parkir paralel


Owww gitu.. iya sih bener juga bro...
biem temen gw juga gk bisa, tapi baleno jadul temen gw malah bisa
Quote:Original Posted By SkuTT69
Owww gitu.. iya sih bener juga bro...
biem temen gw juga gk bisa, tapi baleno jadul temen gw malah bisa


itulah, karena perbedaan kebiasaan di setiap negara
mobil mobil pabrikan asia rata rata punya shiftlock, karena negara negara asia nggak asing sama yang namanya parkir paralel, apalagi indonesia

merek merek amrik kaya ford, bmw, merce, ga ada shiftlock... karena di negara asal ga ada parkir paralel....

chevy masih ada soalnya spek korea

babe pernah miara bmw juga ga ada shiftlock nya.....
Quote:Original Posted By jinnsr

kalo di jazz GD3(lama) S tu buat kaya secondary gear. RPM switch buat oper gigi lebih tinggi dari D

kalo di jazz GE8(baru) S buat nyalain paddle shift
ooo. gunanya itu toh. kalo jazz GE8 dari d ke s tapi paddle shiftnya gak di teken. itu ngubah gear nya gak?

Quote:Original Posted By Ch_Z
S mode = sport mode = tiptronic/paddleshift(jazz GE, city, civic, accord)/steermatic(jazz GD) = mindahin gigi secara manual, tapi tinggal pencet tombol + apa - aja, ga usah kopling koplingan kaya naik motor bebek lah intinya, mindahin tinggal "ceklek"


kalo soal ga ada kopling ya jelas lah kan matik misal alphard dari d tinggal di geser ke kanan gitu?
Quote:Original Posted By Ch_Z
itulah, karena perbedaan kebiasaan di setiap negara
mobil mobil pabrikan asia rata rata punya shiftlock, karena negara negara asia nggak asing sama yang namanya parkir paralel, apalagi indonesia

merek merek amrik kaya ford, bmw, merce, ga ada shiftlock... karena di negara asal ga ada parkir paralel....

chevy masih ada soalnya spek korea

babe pernah miara bmw juga ga ada shiftlock nya.....


nah iyaaa bener bro...
klo chevy emank kerjasama ama daewoo kan.. hehehehe
Mobil ane matic dan ngacir juga
go go
×