Sharing ganti alamat (dan ganti nama) STNK motor di samsat jaktim

Mau sharing urus pindah alamat STNK dan BPKB nih di samsat jaktim. Ane juga kasih ilustrasi deh buat yg mau ganti nama (BBN), prosesnya ga jauh beda, cuma bayarnya aja yg beda. Mudah2an berguna dan biayanya jauh lebih murah daripada lewat biro jasa (peace ya para biro jasa)

Pengalaman ganti alamat (penyesuaian) di samsat jaktim (ga pake mutasi/cabut berkas) desember akhir 2011 (pajak dan stnk habis januari 2012)

Berkas yg musti disiapin:
*KTP asli juga kopiannya
*STNK asli juga kopiannya
*BPKB asli juga kopiannya (halaman 1 dan 2 aja)
*yg ganti nama siapin kwitansi dan materai 6000. Tulis aja standar, tapi sebutin no mesin dan rangkanya di sana.


HARI PERTAMA:
1. dateng langsung ke tempat check fisik, esek2 nomor mesin dan rangka motor, bilang ama petugas eseknya mau apa, ganti nama, perpanjang stnk ato pindah alamat trus bayar 10rb. Trus dikasih kertas eseknya.

2. Parkir motor terus ke loket BBN deket tempat esek2 tadi. Kasih kertas esek2nya, terus bayar 20rb nunggu dipanggil nama utk yg pindah alamat atau nomor yg buat ganti nama. Awas jgn sampe salah gan. Utk ambil form esek2 tadi (istilahnya legalisir) terus difotokopi ya utk cetak nama di bpkbnya.

3. Lanjut masuk gedung samsat, minta formulir pendaftaran utk BBN (beda loket utk yg mau cabut berkas ato mutasi ke luar daerah).

4. Isi formulirnya terus kasih ke loket pendaftaran BBN terus nunggu dipanggil. Dipanggil suruh bayar 35rb terus dikasih tanda trima dan disuruh balik lagi 2 hari lagi.

HARI KEDUA:

5. Balik lagi ke loket pendaftaran trus dikasih blanko bayar pajak tahunan ama stnknya.

6. Ke kasir buat bayar (sesuai angka di blanko. Ini doang nih yg pake tanda trima ) Buat yg ganti nama siapin aja duit 2 setengah kali lipat pajak tahun kemarin gan. Biasanya sih total 2 kali pajak tahunan.

7. Udah bayar disuruh tunggu panggilan utk trima STNK barunya. (setelah trima stnk baru pastiin nama dan alamatnya bener gan)

8. Selesai dipanggil lanjut lagi. Klo pas plat habis (5 tahunan) jalan ke loket ambil plat baru, kalo plat belom habis langsung ke nomor 9.

Proses belom selesai karena musti balik nama BPKB dan utk wilayah jakarta musti ke kantor ditlantas polda metro jaya (komdak)

HARI KETIGA
9. Datang ke komdak (polda metro), bawa kopian legalisir esek, kopi ktp, kopi stnk asli, dan kopi pajak ama bpkb asli dan kopiannya. Masuk ke gedung ditlantas (warna biru), skrg ada semacam guest relation yg jagain ambil nomor urut, jadi kita tinggal sebut keperluannya trus dia yg tekan mesin dan kasih no urutnya (kya di bank lah, ada tombol CS dan teller, tapi di sini kodenya banyak jadi emang musti dibimbing).

Berhubung ane cuma penyesuaian alamat (nama masih sama), ane cuma ambil nomor langsung tunggu nomor dipanggil. Utk yg balik nama setelah ambil nomor, musti ngisi formulir pendaftaran (ambil di meja resepsionis, keliatan kok), lalu bayar di loket BRI terus tunggu panggilan nomornya.

Dipanggil nomornya (cepet kok, ada kurleb 4-5 loket), di sini agan musti sigap, soalnya cuma dipanggil sekali dan bisa aja barengan ama loket sebelah, tpi di atas loket ada nomor digital yg sedang dilayani.

Oh ya, tadi ane lihat ada petugas yg mau nyelak antrian, tpi kayanya petugas loket ga mau layanin, soalnya keliatan tu petugas setelah ngomong ama petugas balik lagi ke bangkunya

Setelah nomor ane dipanggil (30 menit doang nunggunya, antrian ane nomor 48 dateng tadi jam 8.05 WIB, kasih berkas terus BPKB ditaro di sana, dikasih tanda trima berikut keterangan tangan ambilnya. Ditulis ane musti ambil lagi tgl 17 jan, berarti 9 hari kerja (termasuk sabtu).


10. Datang lagi utk ambil BPKB (cek isinya, udah bener belom.)
17 januari pagi dateng ke komdak, ambil nomor antrian utk ambil bpkb trus duduk menunggu. Ga sampe 5 menit dipanggil, sediain fotokopi pengambil (tidak harus atas nama di bpkb, pokoknya yg datang ambil bpkbnya) trus disuruh duduk lagi. Sebentar aja duduk udah dipanggil lagi ke loket ambil bpkb. Cek nama dan alamat kalo bener langsung pulang. Di sini proses ga sampai 10 menit dan tanpa biaya.
nice sharing sob.. di tunggu update nya untuk point 9 dan 10 :
wahh.. kebetulan ane pindah rumah, jadinya pindah alamat juga buat para motor gw
Mudah2an yang nomer 9 dan 10 lancar gan.....:-)

Kirain kelar di Samsat doang gak taunya mesti ke Komdak segala ya...?
Ngabisin waktu juga nih ngurusnya....:-(
Ane juga tadi siang baru selesai ganti nama di samsat JakTim Gan, tp baru STNK nya. Bsok pagi mau ke Komdak untuk urus BPKBnya.

Oh iya, kalau ke Samsat Jak-Tim parkir gratis Gan, jadi kalau ada yg jagain parkiran (petugas berseragam sambil megang duit) jangan di kasih ke dia, lewatin aja terus, dia ga bakalan manggil/minta uang. Tp kalau di kasih dia terima aja

Untuk cek fisik jg gratis Gan (bisa gesek sendiri). Tinggal minta kertas gesek ke bagian cek fisik, tp ane sendiri mending nyuruh orang, secara motor ane dekil gara2 hujan & becek ane kasih goceng aja petugas geseknya.

Jangan lupa selalu minta kwitansi/bukti pembayaran kalau ada petugas yg minta uang, dan ingetin nama & wajah petugasnya (kalau perlu di foto Gan).
Quote:Original Posted By DiTipEnkZ
nice sharing sob.. di tunggu update nya untuk point 9 dan 10 :

Point 9 udah ane update om, monggo disimak
Quote:Original Posted By fire_morisson
wahh.. kebetulan ane pindah rumah, jadinya pindah alamat juga buat para motor gw

Klo nama masih sama dan pindah 1 kota stepnya mudah2an mirip 100% gan. Klo pindah luar kota setelah proses esek2 musti ke loket cabut berkas dlu. Mudah2an lancar gan, ngurus beginian ga sesulit yg dibayangkan kok
Quote:Original Posted By st3v4nt
Mudah2an yang nomer 9 dan 10 lancar gan.....:-)

Kirain kelar di Samsat doang gak taunya mesti ke Komdak segala ya...?
Ngabisin waktu juga nih ngurusnya....:-(

Untuk rubah data di BPKB emang harus di komdak gan, kantor samsat cuma urus pajak dan stnknya. Tpi urus langsung di komdak bisa juga gan. Di komdak juga ada bagian perpanjangan stnk cuman ane cuma punya waktu bentar dan kantor dekat samsat jaktim jadi musti akalin waktu.

Syangnya utk bikin STNK dan cetak BPKB belom cukup 1 hari jadi kesannya lama , pdhal dari urutan perhari yg ane jalanin, setiap harinya ane cuma habis waktu ga kurang dari 1 jam di samsat. Datang jam 8, jam 9 kurang udah beres trus masih bisa sampe kantor jam 9
Quote:Original Posted By moeslimien
Ane juga tadi siang baru selesai ganti nama di samsat JakTim Gan, tp baru STNK nya. Bsok pagi mau ke Komdak untuk urus BPKBnya.

Oh iya, kalau ke Samsat Jak-Tim parkir gratis Gan, jadi kalau ada yg jagain parkiran (petugas berseragam sambil megang duit) jangan di kasih ke dia, lewatin aja terus, dia ga bakalan manggil/minta uang. Tp kalau di kasih dia terima aja

Untuk cek fisik jg gratis Gan (bisa gesek sendiri). Tinggal minta kertas gesek ke bagian cek fisik, tp ane sendiri mending nyuruh orang, secara motor ane dekil gara2 hujan & becek ane kasih goceng aja petugas geseknya.

Jangan lupa selalu minta kwitansi/bukti pembayaran kalau ada petugas yg minta uang, dan ingetin nama & wajah petugasnya (kalau perlu di foto Gan).


* Parkir memang tertulis gratis, cuman ane mau bagi2 rezeki tukang parkir aja gan

** Betul gan, utk esek2nya klo tahu caranya mending sendiri aja, masalahnya ga cuma kotor tu motor, ane sendiri ga tahu nomor mesin dan rangkanya ada dmna dan legalisirnya orang2 kena biaya (20rb, tpi ane ga diminta )

*** Masalah birokrasi di sini begitulah. Kemarin yg pake kuitansi ya cuma pajak dan stnk aja gan.

Ane rinciin biaya tanpa tanda trima,

1. Esek2 10rb (ini sebenarnya biaya jasa dia, soalnya bisa dikerjain sendiri): 2. Pendaftaran bikin stnk 30rb Pas ane bayar dikasih kertas, ane kira tanda trima uangnya, ga tahunya tanda trima tulisan tanggal kapan dateng lagi ke sana utk bayar pajak dan ambil stnk barunya Berhubung rame (pinter dia, sengaja manggil nama banyak2 biar rame dan riweh jadi orang ga tanya2 lagi) ane males tanya2, klo sepi mungkin bakal ane minta kuitansinya.
3. Ambil plat baru 5rb. Ga ada tanda trimanya, berhubung fase terakhir di samsat ane anggap ucapan trima kasih aja deh

Ini pengalaman pertama urus surat2 kendaraan gan, jadi masih rada2 culun. Tahun dpan musti ganti nama boil nih, mudah2an bisa lebih galak ama petugasnya krena dah tahu prosedurnya.

beda tipis

http://huryco.blogspot.com/2012/01/g...-dan-bpkb.html

Ganti Alamat STNK dan BPKB
Juragan2 sekalian yang mau ganti alamt STNK dan BPKB sedikit pengalaman pribadi ini semoga membantu :
Siapkan : BPKB, STNK, KTP (asli dan fotokopi ya, foto kopian cepret jd satu ama ktp dan stnk asli, ft kopiannya siapin 2 aja buat jaga2) jangan lupa bawa pulpen ama stpeples biar ga ribet pinjem2.

langkah kedua datang langsung ke samsat berikut motor/mobil juragan (dtgnya pagi2 aja biar cepet), langsung ke loket formulir ambil aja 1 (formulir warna biru ya yg selembar jgn yg lain, soalnya ada formulir putih ama biru yg lebar bgt) trus langsung cabut ke belakang (tempat cek fisik) parkir motor/mobil paling depan aja hehe bair cepet, liat loket uda buka blom klo uda mnta kertas geseknya.

sambil nunggu antri (misal antri) formulir agan isi deh...trus cekrekin smua jd satu, misal uda digesek biasanya tkg gesek ngguin kta dikasih uang tips, cuekin aja pura oneng hahha...trus cekret tuh kertas gosoknya ama smua data yg td jadiin satu serahin ke loket cek fisik.

tunggu dipanggil, biasnaya kena 20rban...klo da kelar ambil tuh kertas data gesek yg distempel foto kopi dulu gan ntr diminta soalnay diatas. trus larilah ke lt 2 biasanya ada di lt 2 untuk motor dan lt 3 untuk mobil...

langsung ke loket yg ada tulisan ganti alamt stnk, baisanya mojok tmptnya....dan tidak ada antrian yg antri tuh loket pajak...klo ga tau tnya aja petugas...pokonya jd satu lantai biasanya...

agan bakal dipalak lagi disni alias ga resmi tp mmg hrs bayar biar dilayani 30rb buat motor mobil ga tau... abis itu klo antrian dikit bisa lanjut ke kasir stnk... (nanti diksih slip stempel klo data da disetor buat dikasih ke kasir)

klo antri biasanya suruh dtg lagi besok..soalnya yg ganti2 alamt dibelakangin agan2 alias dinomor duakan... dikasir lgsung aja kasih slip pegambilan ke kasir...baisnaya ditumpuk diwadah hehhe..tunggu dah antrian nnti dipangi..dsini yg antri bnyk juga..cr plg depan aja....abis itu bayar dan ambil stnk disebalhnya (antri lagi dipanggil)...biaya admnya baisanya kena 50rb baut motor mobil ga tau agan2 tmbhin aja ama pajak yg lama total + 50rb buat jaga2 bawa duitnya segitu...


setelah stnk ada ditangan, giliran bpkb mesti ke polda agan2...disna nnti ditulis perubahnnya di bpkb..biaya blom tau karena ane jg ms ngurus..ama ttga sih soalnya ke polda...biayanya ga mahal mgkin soalnya cuman nulis aja ga balik nama.

Segitu aja agan2..pgalamannya ya..pokonya klo sampai smsat pasti ada aja mo diurusin blg aja ngk makasih hehheh...ak sih motor total kena 50rb cek fisik ama berkas (dipalaK) bayar kasir 272 ....

NOTE : sebaiknya jgn agnti2 alamat, klo beli kendaraan klo blm pnya rumah pakai aja ktp bapak or sodara yg rumahnya tetap bair ga ribet..males gan ngurus ribet antri...TP TERGANTUNG DAERAHNYA..ko bekasi semrawut...alais ga rapi ga disiplin
GANTI ALAMT BPKB NYA AK NNYA 75000 bro 4 harian
Quote:Original Posted By poetra001
Untuk rubah data di BPKB emang harus di komdak gan, kantor samsat cuma urus pajak dan stnknya. Tpi urus langsung di komdak bisa juga gan. Di komdak juga ada bagian perpanjangan stnk cuman ane cuma punya waktu bentar dan kantor dekat samsat jaktim jadi musti akalin waktu.

Syangnya utk bikin STNK dan cetak BPKB belom cukup 1 hari jadi kesannya lama , pdhal dari urutan perhari yg ane jalanin, setiap harinya ane cuma habis waktu ga kurang dari 1 jam di samsat. Datang jam 8, jam 9 kurang udah beres trus masih bisa sampe kantor jam 9


Itu dia gan masalah waktunya....kalo bisa kelar 1 hari sih ane seneng gan kaya ngurus perpanjang STNK dan SIM 1 hari kelar, ganti pelat dan cek fisik di SAMSAT 1 hari kelar...kalo mesti ke-2 tempat suka bingung apalagi parkiran KOMDAK kan rawan :-(

Tapi ane ngikutin terus nih ceritanya kali-kali berguna buat kalo balik nama BPKB...:-)
Terimakasih sudah berbagi info dan pengalaman gan

Biar tempatnya beda tapi standar pelayanan (dan punglinya ) sama ya

Ada beberapa list yg ane komen juga di bawah
Quote:Original Posted By huryco

tunggu dipanggil, biasnaya kena 20rban...klo da kelar ambil tuh kertas data gesek yg distempel foto kopi dulu gan ntr diminta soalnay diatas.
Sama gan, di samsat jaktim juga biaya punglinya (ga pake tanda terima) 20rb

langsung ke loket yg ada tulisan ganti alamt stnk, baisanya mojok tmptnya....
...agan bakal dipalak lagi disni alias ga resmi tp mmg hrs bayar biar dilayani 30rb buat motor mobil ga tau... abis itu klo antrian dikit bisa lanjut ke kasir stnk... (nanti diksih slip stempel klo data da disetor buat dikasih ke kasir)
Ini juga nih, pungli 30rb, cuman ane musti balik lagi 2 hari

..biaya admnya baisanya kena 50rb baut motor mobil ga tau agan2 tmbhin aja ama pajak yg lama total + 50rb buat jaga2 bawa duitnya segitu...
Biaya yg ada di lembar pajak:
1. BBN (balik nama)= ane ga kena, soalnya nama sama, tpi teorinya 3/4 dari PKB
2. PKB (pjak kendaraan)= tergantung jenis motor, merk, cc dan tahun pembuatan
3. SWDKLLJ= 35rb
4. Biaya ADM STNK=50rb
5. Biaya ADM TNKB=30rb
*Utk poin biaya 3 sampai 5 adalah sama utk semua kendaraan roda 2 yg perpanjang STNK, Balik nama dan mutasi kendaraan (pindah alamat)

setelah stnk ada ditangan, giliran bpkb mesti ke polda agan2...disna nnti ditulis perubahnnya di bpkb..biaya blom tau karena ane jg ms ngurus..ama ttga sih soalnya ke polda...biayanya ga mahal mgkin soalnya cuman nulis aja ga balik nama.

***GANTI ALAMT BPKB NYA AK NNYA 75000 bro 4 harian
Kalo urus sendiri ke polda utk ganti alamat (bukan balik nama) ga kena biaya gan alias gratis. Kalo balik nama kena biaya cetak buku baru BPKB, ga sampai 100rb dan itu resmi, soalnya bayarnya musti di loket BRI.
Quote:Original Posted By st3v4nt
Itu dia gan masalah waktunya....kalo bisa kelar 1 hari sih ane seneng gan kaya ngurus perpanjang STNK dan SIM 1 hari kelar, ganti pelat dan cek fisik di SAMSAT 1 hari kelar...kalo mesti ke-2 tempat suka bingung apalagi parkiran KOMDAK kan rawan :-(

Tapi ane ngikutin terus nih ceritanya kali-kali berguna buat kalo balik nama BPKB...:-)

Waktu emang mahal ya gan, apalagi buat kaum duafa seperti ane Sebelumnya tanya biro jasa sana sini yg paling murahpun ane masih lebih hemat 200rb dan nilai segitu mah sesuatu banget buat ane

Utk balik nama, pindah alamat belom ada yg bisa sehari gan, itu yg buat orang yg ga punya waktu lebih milih diurus sama biro jasa.

Tpi kalo ga mau urus di samsat bisa langsung urus di polda. Kalo mau cepet ya musti dateng pagi, loket buka jam 8, sampe sana jam 7.45 ambil nomor antrian terus bisa bayar dlu di BRI (buat yg ganti nama).
Sabtu 21 jan 12 ngurus pindah alamat di samsat pusat.
di pendaftaran BBN bayar (dipalak ) 40rb, suruh tunggu 30mnt - 1 jam. katanya sih harusnya min 6 jam baru jadi (keterangannya ditempelin juga dikaca), tapi katanya disulap biat cepat

40 Menit udah keluar resinya, bayar di kasir, nunggu 5 menitan, STNK udah jadi dgn alamat baru.


tinggal masukin ke komdak neh, nunggu nyang atunya lagi beres, soalnya terdaftar di barat
sorry, kepenuhan jadi dopost
Nice info..Ijin Ctrl+D ya gan kali aja nt ane mau ngurus sendiri...
Quote:Original Posted By beestock
Sabtu 21 jan 12 ngurus pindah alamat di samsat pusat.
di pendaftaran BBN bayar (dipalak ) 40rb, suruh tunggu 30mnt - 1 jam. katanya sih harusnya min 6 jam baru jadi (keterangannya ditempelin juga dikaca), tapi katanya disulap biat cepat

40 Menit udah keluar resinya, bayar di kasir, nunggu 5 menitan, STNK udah jadi dgn alamat baru.


tinggal masukin ke komdak neh, nunggu nyang atunya lagi beres, soalnya terdaftar di barat

Dari isi formulir sampe stnk jadi langsung jadi gan? Di samsat timur musti nunggu 2 hari tuh, kena palaknya 35rb (motor dan mobil sama )
Quote:Original Posted By salehpts
Nice info..Ijin Ctrl+D ya gan kali aja nt ane mau ngurus sendiri...

selama surat2 komplit dan sudah siap fotokopian ga ribet lah. Ikutin aja petunjuknya gan, kayanya dimana-mana sama deh.
gan, klo ktp yg sesuai di stnk ga ada gmn y gan?