KASKUS

Quote:Original Posted By Sozo
Menarik nih soal hak cipta.

Masalahnya, apakah hak cipta juga perlu didaftarkan seperti merek dan paten?
Karena sepertinya hak cipta cuma dilindungi Undang-undang saja.
Kalo memang harus didaftarkan dulu, perlu biaya berapa?


Perlu gan.
Pendaftaran itu adalah sebagai pembuktian dan perlindungan hukum bagi agan.
Ga didaftarkan gpp seh tp liat pengalaman TS yg udah didaftarkan aja masih timbul masalah apalagi ga didaftarkan.
Untuk biaya bisa diliat di PP 38/2009 tentang PNBP yg berlaku pada Depkumham.
Ok biaya konsulnya transfer ya gan hehehe

Nice info gan

Ane ijin bookmark dlu gan
penting nih buat para plagiat2
Gila dah,trit gini aja bisa jadi HT

Nice info gan

Ane ijin bookmark gan
Quote:Original Posted By adfira
klo semisal kita sbgai pencipta produk, tp lupa ato tdk menyimpan bukti2 tertulis ttg hasil ciptaan karyakita (misal tanggal, dokumentasi), apakah tetap bisa mengajukan gugatan..?


Quote:Original Posted By divetoblue
jadi tanpa mendaftarkan secara resmi pun, hak cipta itu sudah ada pada kita yah?

jadi cemas nih. gw punya logo pribadi tapi ga di daftarin ke HAKI. mikirnya pasti biayanya mahal bgt...


PS: oyah, ada yg tanya tentang C, TM sama R yah?
bukannya itu sama aja dengan hak cipta, merek dan paten? cuma itu bahasa inggrisnya ajah.
C: copyright = hak cipta
TM: trademark = merek dagang
R: registered = paten <----ga yakin sih yg ini apa maksudnya


perlindungan terhadap ciptaan memang terbit setelah ciptaannya dibuat...
artinya pendaftaran ciptaan tidak melahirkan perlindungan hukum ..hanya sekedar menegaskan (to declare) adanya suatu ciptaan...
tetapi semisal ditanya tentang langkah terbaik, menurut saya adalah dengan tetap mendaftarkan ciptaan itu...

beberapa tahun yang lalu saya mendaftarkan sebuah ciptaan , biaya pendaftarannya itu seingat saya tidak melebihi 1 juta rupiah per ciptaan..
hanya saja saya tidak update dengan biaya sekarang...
dan kalau menggunakan jasa konsultan /agen, biayanya tidak akan sama seperti kita mendaftar sendiri...

secara harafiah registered berarti :"terdaftar"..
penggunaan simbol huruf R besar dilingkari ( misalnya "prikitiuww!!!(R)" ) bermaksud memberitahu bahwa hak atas kekayaan intelektualnya telah terdaftar (entah merek, hak cipta maupun paten maupun yang lain)

demikian juga (c) berarti hak ciptanya telah terdaftar
atau (TM) berarti merek dagangnya sedang didaftarkan
atau :"All rights reserved" dapat berarti segala perlindungan hak kekayaan intelektualnya telah didaftar

hanya saja sepemahaman saya, menurut hukum Indonesia ini tidak semerta merta berarti benar bahwa hak atas kekayaan intelektualnya telah dimiliki..
melainkan harus dicari tahu lebih jauh lagi tentang kepemilikan haknya ini..
cuman bisa prihatin aja gan
Kalo sama persis 100% bisa dilanjutkan ke persidangan gan... coba aja mungkin bisa

Thumbs up mantap

sippp gan... bisa buat tambahan referensi

ada tuh gan dipelajaran anak smk....emang perlu tau pengertiannya bagi yang mau berusaha....
bawah ene tau gan
Quote:Original Posted By sukacumi
kalo lisensi , royalti, ama paten bedanya apa gan?


Lisensi itu pemberian ijin gan.
Pasal 1 angka 14 UU No 19/2002 tentang Hak Cipta
Lisensi adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak Terkaitnya dengan persyaratan tertentu.

Kalo Royalti itu penjelasannya aga panjang gan hehehe.
Definisi Royalti sesuai penjelasan Angka 4 Pasal 4 huruf h UU No 36/2008 adalah :
Royalti adalah suatu jumlah yang dibayarkan atau terutang
dengan cara atau perhitungan apa pun, baik dilakukan
secara berkala maupun tidak, sebagai imbalan atas:
1. penggunaan atau hak menggunakan hak cipta di bidang
kesusastraan, kesenian atau karya ilmiah, paten, desain
atau model, rencana, formula atau proses rahasia, merek
dagang, atau bentuk hak kekayaan intelektual/industrial
atau hak serupa lainnya;
2. penggunaan atau hak menggunakan
peralatan/perlengkapan industrial, komersial, atau
ilmiah;
3. pemberian pengetahuan atau informasi di bidang ilmiah,
teknikal, industrial, atau komersial;
4. pemberian bantuan tambahan atau pelengkap
sehubungan dengan penggunaan atau hak menggunakan
hak-hak tersebut pada angka 1, penggunaan atau hak
menggunakan peralatan/perlengkapan tersebut pada
angka 2, atau pemberian pengetahuan atau informasi
tersebut pada angka 3, berupa:
a) penerimaan atau hak menerima rekaman gambar atau
rekaman suara atau keduanya, yang disalurkan
kepada masyarakat melalui satelit, kabel, serat optik,
atau teknologi yang serupa;
b) penggunaan atau hak menggunakan rekaman gambar
atau rekaman suara atau keduanya, untuk siaran
televisi atau radio yang disiarkan/dipancarkan melalui
satelit, kabel, serat optik, atau teknologi yang serupa;
c) penggunaan atau hak menggunakan sebagian atau
seluruh spektrum radio komunikasi;
5. penggunaan atau hak menggunakan film gambar hidup
(motion picture films), film atau pita video untuk siaran
televisi, atau pita suara untuk siaran radio; dan
6. pelepasan seluruhnya atau sebagian hak yang berkenaan
dengan penggunaan atau pemberian hak kekayaan
intelektual/industrial atau hak-hak lainnya sebagaimana
tersebut di atas.

Kalo paten udah ane jelasin di pekiwan. Agan baca lagi deh.

Kl jawab ky gini2 harus ada dasar hukumnya agan2 sekalian. Jgn asal ngomong aja. Inget ini kan forum hukum bukan forum asal ngebacot. Hehehe.
ohh.. jadi kita tuh harus cepet daftar ya gann.. agar hasil karya kita itu gak diambil sama orang lain... hmmm.. nice share agann-agann...
wah ane kurang tau gan,
ane coba baca2 dulu komennya dah
kayanya pelajaran komputer SMA nih
wah akhirnya ane tahuu . .
cintailah indonesia....
Quote:Original Posted By twowheels


kebetulan ane lg dapat tugas ttg HAKI, mau tanya apakah hak cipta/mrk/paten perlu diperbarui/diperpanjang tiap tahun?
atau pas pendaftaran baru ada pilihan periodenya?jd gausah tiap tahun gt

*maaf klo udah dibahas & ane jg msh nubie ttg ini (ga pernah ke dirjen haki)

udah ane rate 5 stars


Baca UU masing2 aja gan..udah ane jabarin tuh di pageone UUnya masing2..
Panjang bener ya..
Ijin Ctrl+D dulu gan, ntar kalo ada waktu luang lanjut baca..
Nice share






Handsomemia was here..
wokwowkokwk mungkin ya.. mungkinn.. wkwkkw kalo hak cipta itu.. agan sebagai pencipta,,, tapi kalo udah dibeli, dah jadi hak paten orang yg bli.. wokwokwokwok gk ngerti ahh