- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Kendaraan Roda 4
-- Mitsubishi Lancer SL @ KasKus --


TS
bluebrain
-- Mitsubishi Lancer SL @ KasKus --

-- WELCOME --
TO
-- LANCER SL THREAD --

Sejarah Global Lancer 2nd Gen
Quote:
Pada 1979, Lancer EX dikeluarkan di Jepang. Kala itu hanya ditawarkan dalam 2 opsi mesin, 1.4L dilengkapi dengan MCA-JET dan teknologi Silent Shaft, yang menghasilkan 80 hp (60 kW) dan mesin 1.6 yang menghasilkan 85 hp (63 kW) dan 100 hp (75 kW). Sistem MCA-JET adalah konsep baru bila dibanding sistem karburator terdahulu. MCA adalah singkatan dari Mitsubishi Clean Air yang berarti bahwa EX telah lolos standar emisi Jepang dan USA, sementara desain dari cylinder head yang baru berguna untuk JET valve yang menambahkan putaran angin ekstra pada ruang bakar, meratakan campuran bensin-udara untuk pembakaran yang lebih bersih, efisien dan menyeluruh.
Quote:
Terobosan terbaru dalam lineup Lancer ini adalah Teknologi Silent Shaft, yang sebenarnya adalah dua buah counterbalancing shaft yang berputar berlawanan arah, menggagalkan getaran yang dihasilkan oleh mesin inline 4 silinder. Ini mengurangi baik suara maupun getaran, dan menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih halus. Mesin 1.8L diperkenalkan di Lancer pada 1980, mesin 1.2L setahun berikutnya, menyediakan rentang mesin yang lebih banyak bagi Mitsubishi Lancer. Juga, mesin ber turbocharger, 133 hp, disediakan pada 1980 untuk performa yang lebih sporty, dan sistem Intercooler ditambahkan di mesin turbocharger pada 1983, menghasilkan 163 hp.
Quote:
Lancer EX dengan opsi 1.8L turbocharged 4 silinder dikenal dengan dengan 1800GSR dan GT Turbo diluncurkan. Generasi pertama 1800GSR dan GT hanya tersedia tanpa intercooler. Pada 1983, intercooler diperkenalkan, membantu mesin turbo menghasilkan 158 hp.
Quote:
Di Eropa, Lancer EX ditawarkan dengan mesin 2.0L 4 silinder turbocharged, dikenal dengan nama Lancer EX2000 Turbo. Adalah Lancer pertama yang menggunakan mesin 4G63 generasi pertama, yang kemudian digunakan pada model Galant VR4 dan Lancer Evolution series.
Menghasilkan 170 PS (125kW) dan top speed 200 kpj. Fitur baru pada model ini adalah dilengkapi dengan ECI (Electronic Contolled Injection) yang memberi tenaga dan efisiensi. Versi Rally dari Lancer EX2000 Turbo dibuat untuk "1000 Lakes Rally", menghasilkan 280 PS (206 kW ; 276 hp).
Menghasilkan 170 PS (125kW) dan top speed 200 kpj. Fitur baru pada model ini adalah dilengkapi dengan ECI (Electronic Contolled Injection) yang memberi tenaga dan efisiensi. Versi Rally dari Lancer EX2000 Turbo dibuat untuk "1000 Lakes Rally", menghasilkan 280 PS (206 kW ; 276 hp).
Quote:
Di Filipina, Lancer EX ditawarkan dalam tiga varian. SL, GSR dan GT. Semua mesinnya dilengkapi dengan teknologi Silent Shaft (SL menggunakan 1.4L, GSR dan GT 1.6L) dan transmisi automatic tersedia untuk varian SL dan GSR. Produksinya dihentikan pada 1989.
Spoiler for Japan Model and Trim Level:
- 1400SL - Sedan 4 pintu dengan mesin 1.4L, dengan transmisi manual 4 dan 5 speed. (1979-1987)
- 1200SL - Sama seperti SL, dengan mesin 1.2L. (1979-1983)
- 1400GL - Versi transmisi automatic 3 speed dari SL. (1979-1983)
- 1400SL A/T - Sama seperti GL, dengan perubahan kecil. (1983-1987)
- 1600XL - Sedan 4 pintu dengan mesin 1.6L, dengan transmisi automatic 3 speed. (1979-1983)
- 1600GSR - Sedan 4 pintu dengan mesin 1.6L dan twin carbs, dengan transmisi manual 5 speed. (1981-1983)
- 1600XL Super - Sama seperti XL, dengan perubahan kecil. (1983-1987)
- 1800SE - Sedan 4 pintu dengan mesin 1.8L menghasilkan 100 hp (75 kW) engine, dan tersedia dalam transmisi manual 5 speed atau transmisi automatic 3 speed. (1981-1983)
- 1800GSR Turbo - Sedan 4 pintu dengan mesin turbocharged 1.8L menghasilkan 135 PS (99 kW), dengan upgrade estetis. (1981-1983)
- 1800GT Turbo - Sama seperti GSR, dengan body trim yang berbeda. (1981-1983)
- 1800GSR Turbo Intercooler - Versi Intercooled dari mesin turbo, menghasilkan 160 PS (118 kW), dan dengan perubahan kecil untuk estetis. (1983-1987)
- 1800GT Turbo Intercooler - Sama seperti GSR Turbo Intercooler, dengan body trim berbeda. (1983-1987)
- 1800GSL Turbo - Sama seperti GSR Turbo Intercooler, hanya saja menggunakan mesin dari GSR/GT Turbo, dengan transmisi automatic 3 speed, dan interior yang lebih lux. Dilengkapi dengan AM/FM Multi-Cassette Stereo System. (1983-1987)
Sejarah Lancer SL di Indonesia
Quote:
Diedarkan di Indonesia antara tahun 1981 hingga 1984, sayangnya hanya model terbawah yang diedarkan di Indonesia. Hadir hanya dengan satu opsi saja, Lancer 1400SL diluncurkan untuk menggedor saingannya, Corolla DX, yang lebih dulu beredar di Indonesia. Walaupun gagal merebut pasar Corolla DX, namun Lancer SL sukses "mengganggu" kepemimpinan musuhnya tersebut.
Quote:
Pertamakali diluncurkan di Indonesia pada 1981 dengan interior berwarna abu. Facelift pertama dilakukan pada 1982 dengan merubah warna interior menjadi coklat. Pertengahan 83 hingga pertengahan 84 facelift dilakukan dengan memindahkan lampu senja ke bagian tengah grill. Pada versi terakhir (1984), jam berganti digital di tengah dashboard (awalnya jam analog didalam speedometer), penambahan center console box dan perubahan minor lainnya. Secara garis besar tidak ada yang berubah pada Lancer SL sejak pertama diedarkan di Indonesia.
Quote:
Original Posted By nolf►Sekedar berbagi aja, berikut ane list beberapa perbedaan Lancer SL 81-84 yg beredar di Indo :
1. BODY
Dari tahun awal sampai '84 bisa dibilang tidak ada perbedaan signifikan. Beberapa perbedaannya adalah :
a. Lis body, tahun 81-82 mempunyai lis body berwarna putih, sedangkan 83-84 berwarna merah.
b. Lis talang air dan lis kaca depan-belakang utk thn 81-82 itu krom, sdangkan 83-84 berwarna hitam sama juga dengan handle pintunya dan lis kaca pintu.
c. Grile depan utk tahun 81-82 garis-garis polos, 83 ada tambahan 2 lampu kecil, sedangkan 84 ada garis tebalnya di grill bagian tengah
d. Mika sein depan kanan kiri untuk thn 81-82 berwarna putih (lampu senja) berwarna kuning untuk sein-nya (mika-nya menonjol). 83-84 mika sein-nya berwarna kuning semua
3. Mika lampu belakang utk tahun 81-82 polos saja, sedangkan 83-84 ada 3 lis/got di mikanya.
2. INTERIOR
a. Pada panel instrument 81-82 hanya terdapat odometer, tachometer, fuel, temp, clock. 83-84 clock digital diungsikan ke bagian tengah (tempat koin 81-82) yg kemudian digantikan oleh ampere, oil press. 81-82 pada odometernya tertulis 180 km/h, sedangkan 83-84 tertulis 200 km/h
b. Dibagian bawah outlet AC supir utk thn 83-84 terdapat saklar lampu kecil yg di grill dan dimmer switch utk mengatur terang/redupnya lampu panel instrument. 81-82 polos tdk ada tombol apa-apa.
c. 81-82 tidak terdapat console box yg terletak dibelakang hand brake
d. Bekleding pintu 81-83 berbahan polos, 84 ada tambahan bahan beludrunya dan handle pintu depannya memanjang keatas.
d. Jok belakang 84 ada semacam tonjolan utk headrest dan ada hand rest yang bisa dilipat ke jok belakang serta ada tempat/kotak rahasianya...
e. 83-84 ada deffoger/anti kabut di kaca belakang, tombol on/off nya ada di samping lubang lighter.
f. 83-84 di bawah kursi penumpang bagian depan ada laci tempat sepatu/sendal.
3. MESIN (4G33)
a. 81-82 memakai konfigurasi exhaust 4-1, sedangkan 83-84 memakai konfigurasi 4-2-1
b. 81-82 gigi timing belt berbentuk kotak, sedangkan 83-84 sudah bulat
c. 81-82 gear distributor bisa dipisah dari cam, sedangkan 83-84 menyatu dengan cam.
Sementara ini dulu gan, bagusnya sih ada foto-fotonya sekalian tapi belum sempet nyarinya.... Kalau ada tambahan atau kesalahan mohon koreksinya gan...
1. BODY
Dari tahun awal sampai '84 bisa dibilang tidak ada perbedaan signifikan. Beberapa perbedaannya adalah :
a. Lis body, tahun 81-82 mempunyai lis body berwarna putih, sedangkan 83-84 berwarna merah.
b. Lis talang air dan lis kaca depan-belakang utk thn 81-82 itu krom, sdangkan 83-84 berwarna hitam sama juga dengan handle pintunya dan lis kaca pintu.
c. Grile depan utk tahun 81-82 garis-garis polos, 83 ada tambahan 2 lampu kecil, sedangkan 84 ada garis tebalnya di grill bagian tengah
d. Mika sein depan kanan kiri untuk thn 81-82 berwarna putih (lampu senja) berwarna kuning untuk sein-nya (mika-nya menonjol). 83-84 mika sein-nya berwarna kuning semua
3. Mika lampu belakang utk tahun 81-82 polos saja, sedangkan 83-84 ada 3 lis/got di mikanya.
2. INTERIOR
a. Pada panel instrument 81-82 hanya terdapat odometer, tachometer, fuel, temp, clock. 83-84 clock digital diungsikan ke bagian tengah (tempat koin 81-82) yg kemudian digantikan oleh ampere, oil press. 81-82 pada odometernya tertulis 180 km/h, sedangkan 83-84 tertulis 200 km/h
b. Dibagian bawah outlet AC supir utk thn 83-84 terdapat saklar lampu kecil yg di grill dan dimmer switch utk mengatur terang/redupnya lampu panel instrument. 81-82 polos tdk ada tombol apa-apa.
c. 81-82 tidak terdapat console box yg terletak dibelakang hand brake
d. Bekleding pintu 81-83 berbahan polos, 84 ada tambahan bahan beludrunya dan handle pintu depannya memanjang keatas.
d. Jok belakang 84 ada semacam tonjolan utk headrest dan ada hand rest yang bisa dilipat ke jok belakang serta ada tempat/kotak rahasianya...
e. 83-84 ada deffoger/anti kabut di kaca belakang, tombol on/off nya ada di samping lubang lighter.
f. 83-84 di bawah kursi penumpang bagian depan ada laci tempat sepatu/sendal.
3. MESIN (4G33)
a. 81-82 memakai konfigurasi exhaust 4-1, sedangkan 83-84 memakai konfigurasi 4-2-1
b. 81-82 gigi timing belt berbentuk kotak, sedangkan 83-84 sudah bulat
c. 81-82 gear distributor bisa dipisah dari cam, sedangkan 83-84 menyatu dengan cam.
Sementara ini dulu gan, bagusnya sih ada foto-fotonya sekalian tapi belum sempet nyarinya.... Kalau ada tambahan atau kesalahan mohon koreksinya gan...
Quote:
Original Posted By bluebrain►Ijin kopi ke depan ya gan..
Sekalian nambahin gan..
Pencahayaan instrumennya beda juga..
81-82 model disorot dari atas..
83-84 model disorot dari belakang..
CMIIW..
Sekalian nambahin gan..
Pencahayaan instrumennya beda juga..
81-82 model disorot dari atas..
83-84 model disorot dari belakang..
CMIIW..
Quote:
Original Posted By 2cute►wah... infonya mantabh... 
newbie mo ikutan akh...
INTERIOR :
g. 81-82 setir 2 spoke, 83-84 setir 4 spoke
h. 81-82-83 lampu plofond bundar, 84 lampu plafond geser...
mudah2an tambahannya bener...

newbie mo ikutan akh...
INTERIOR :
g. 81-82 setir 2 spoke, 83-84 setir 4 spoke
h. 81-82-83 lampu plofond bundar, 84 lampu plafond geser...
mudah2an tambahannya bener...

Diubah oleh bluebrain 22-05-2013 14:06


grg. memberi reputasi
1
258.9K
Kutip
1.2K
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan