KASKUS

Biaya Balik Nama dan Mutasi mobil

permisi om...sis....
ane mau berbagi informasi ttg balik nama + mutasi kendaraan

siapa tau bermanfaat bagi rekan-rekan yang memerlukan
kemarin saya baru aja mutasi dan balik nama daihatsu taruna FL 2003
dari samsat jakarta utara ke samsat kota bekasi
saya ngurus sendiri (tanpa calo)

proses cabut berkas samsat jakarta utara membutuhkan waktu 3 hari kerja
biaya cabut berkas Rp230.000

proses mutasi (masukin berkas) dan balik nama di samsat kota bekasi memerlukan waktu 30 jam (+-2 hari kerja)
biaya total (pendaftaran, BBN, pajak, administrasi, dll) sejumlah Rp2.356.000

total semuanya Rp2.586.000
namun biaya yg tertera di STNK hanya Rp2.275.500
selisihnya adalah biaya-biaya yang kita keluarkan tanpa bukti/kuitansi

demikian....
semoga bermanfaat
Quote:Original Posted By R415HA
permisi om...sis....
ane mau berbagi informasi ttg balik nama + mutasi kendaraan

siapa tau bermanfaat bagi rekan-rekan yang memerlukan
kemarin saya baru aja mutasi dan balik nama daihatsu taruna FL 2003
dari samsat jakarta utara ke samsat kota bekasi
saya ngurus sendiri (tanpa calo)

proses cabut berkas samsat jakarta utara membutuhkan waktu 3 hari kerja
biaya cabut berkas Rp230.000

proses mutasi (masukin berkas) dan balik nama di samsat kota bekasi memerlukan waktu 30 jam (+-2 hari kerja)
biaya total (pendaftaran, BBN, pajak, administrasi, dll) sejumlah Rp2.356.000

total semuanya Rp2.586.000
namun biaya yg tertera di STNK hanya Rp2.275.500
selisihnya adalah biaya-biaya yang kita keluarkan tanpa bukti/kuitansi

demikian....
semoga bermanfaat

biaya cabut berkas ke kota lain sama ga gan?
klo bea cabut berkas biaya-nya sama aja om
kalau mutasi doang tanpa balik nama brp gan? coz ane ada rencana pindah ktp (rumah) dari jaksel ke depok.... mobil tetap atas nama ane, gitu...
numpang simak thread gan!!!
kalo cabut berkas dari jakarta ke malang biaya berapa gan, thanks
Share juga nih suzuki 2007, jaktim ke Kota Bekasi

Ane pake biro jasa biayanya :

Mutasi (cabut berkas) : 350.000
Surat ketetapan pajak (ga ngerti nih biaya apaan lagi) : 659.900 (di samsat lama)
Daftar : 75.000
Cek fisik : 80.000
Adm : 25.000
BPKB : 190.000
Jasa : 50.000
Kwitansi : 6.000
BBN : 1.680.000
PKB : 2.940.000
SWDKLLJ : 292.700 (include sangsi adm 100.000)
STNK : 75.000
TNKB : 50.000

Total 6.473.700

Recomended ga ni harga biro jasa, kl dinilai kemahalan ganti biro jasa yg lain saja.

Tanya juga kalau cabut berkas kwitansinya seperti apa ya?
kemahalan tuh gan....kalo sendiri cek fisik paling 10000. ane cabut berkas dari cimahi kena 150...lagian kalo sy baca ktentuan tarifnya bwt mutasi masu,bpkb,bbn,tnkb dan stnk totalnya 300000. itu belum termasuk pajak dan swdkllj.
ane rebo kmren cabut berkas....ga ada kwitansi dikasihnya fiskal antar daerah. dan disitu dicetak besar merah pula "tidak dipungut biaya" tapi petugasnya minta 150 k. katanya sih pnbp(pemerimaan negara bukan pajak)
Quote:Original Posted By Softail
Share juga nih suzuki 2007, jaktim ke Kota Bekasi

Ane pake biro jasa biayanya :

Mutasi (cabut berkas) : 350.000
Surat ketetapan pajak (ga ngerti nih biaya apaan lagi) : 659.900 (di samsat lama)
Daftar : 75.000
Cek fisik : 80.000
Adm : 25.000
BPKB : 190.000
Jasa : 50.000
Kwitansi : 6.000
BBN : 1.680.000
PKB : 2.940.000
SWDKLLJ : 292.700 (include sangsi adm 100.000)
STNK : 75.000
TNKB : 50.000

Total 6.473.700

Recomended ga ni harga biro jasa, kl dinilai kemahalan ganti biro jasa yg lain saja.

Tanya juga kalau cabut berkas kwitansinya seperti apa ya?



edan 6 juta? mau cepet kaya sepertinya itu biro jasa
Waduhhhh 6jutaaaa
buset mahal amat, gw ngurus sndri habis cm kurang lebih 300rebuan
kalo abis 6jt,,mending jual aja gan mobilnya..trus nyari yg plat bekasi kota..
beres..tinggal balik nama doang,lebih masuk akal..
mau nanya kalo mutasi dari jakarta ke makassar gmn gan
numpang nanya...

klo ganti nama doang nomor di plat gak berubah, bisa gak ya?
trus tarifnya begimane?
oiya, berkas" yg dibutuhkan untuk mutasi apa aja ya?
thx

bbn xenia

Kemaren bis bbn n mutasi stnk dari jakut ke bekasi.. Pkb xenia 1026000... bbn jasa n bea lain2 kena total 3170000... mahal ga tu gan... jasanya aj 750k...
Quote:Original Posted By hartoyek27
Kemaren bis bbn n mutasi stnk dari jakut ke bekasi.. Pkb xenia 1026000... bbn jasa n bea lain2 kena total 3170000... mahal ga tu gan... jasanya aj 750k...


750K itu jasa biro jasanya/calo gan??

Kemarin ane baru cabut berkas dari polda metro jaya. Semua biaya cuma 75 ribu. Buat biaya pendaftaran, dan tunggu 1 bulan lagi buat berkas nya keluar. Nah ini ga tau biaya berapa, karna belum 1 bulan. Klo ada yg tau boleh inbox ane ya gan..
Fyi: yang dibutuhkan buat mutasi + balik nama
- bpkb + stnk asli
- fotokopi stnk + bpkb
- fotokopi ktp (kalau mau sekalian balik nama pemilik)
- kuitansi jual beli dg materai 6000
- cek fisik
pagi semua
mobil sama juga kah prosesy??
posisi ane di medan
saya baru beli mobil dengan plat b jakarta dri tanga pertama
mobil sudah di medan,,
nah yg mau ane tykan gimana proses mutasiy??
semntara saya di medan dan kendaraan ud di medan
apakah bia diwakilkan buat cabut berkas di jakarta?? soaly ad sodara ane disana.. dan masalah cek fisik mobil dan gesek noka,, apakah bisa dilakukan di medan??

mhn infonya plisssss.... cendol inside yah
maklum perdana ni

Numpang Share

Quote:Original Posted By bolamatooo
pagi semua
mobil sama juga kah prosesy??
posisi ane di medan
saya baru beli mobil dengan plat b jakarta dri tanga pertama
mobil sudah di medan,,
nah yg mau ane tykan gimana proses mutasiy??
semntara saya di medan dan kendaraan ud di medan
apakah bia diwakilkan buat cabut berkas di jakarta?? soaly ad sodara ane disana.. dan masalah cek fisik mobil dan gesek noka,, apakah bisa dilakukan di medan??

mhn infonya plisssss.... cendol inside yah
maklum perdana ni


gampang bro…klo ane posisinya kebalik
ane ambil mobil dari medan surat2 dan plat masih domisili medan
utk cabut berkas bisa diwakilkan…klo ane kebetulan ada teman di medan,trus ane minta tlg teman y gurus ke biro jasa di medan..apalagi ente enak ada family di jakarta yg bakal urus cabut berkasnya..jd yg perlu ente siapin adalah…
*Cek fisik mobil di samsat medan aja,nanti hasilnya kirim ke Jakarta barengan dengan BPKB(asli),STNK(asli) dan ftcp KTP agan..
Nah nanti setelah cabut berkas selesai,tinggal urus balik nama aja di lokasi yg mau di BBN kan..
Biasanya proses cabut berkas sekitar sebulan deh kira..punya ane aja hampir sebulan belum jadi smp skrg
Klo utk biaya sih relative tergantung jenis mobil dan tahun gan..
Segitu dulu share dari ane mudah2an bermanfaat buat kaskuser lain…klo ada yg salah atau sekiranya kurang monggo dikoreksi dan ditambahkan

go go