KASKUS

gan, sebelum buat thread ane mau tanya

ane niatnya buat thread berbisnis telur, dan tentunya meminta pencerahan dan tukar pikiran, lebih bagus kalau ada info Produsennya utk daerah Bogor (NB : ane ada di Parung )

nah, ane mau tanya nih gan mudah"an gk salah tempat.
menurut tesis ane, telurkan makanan yang konsumsinya sangat banyak.
Kue butuh telur,Telur untuk digoreng, pelengkap masakan lainnya juga banyak.

niatan ane bukan menjadi peternaknya namun sebagai pedagang besar / supplier ke agen-agen/warung. jujur modal persiapan ane untuk Book telur kisaran 6 hingga 7 Jutaan

strategi apa ya gan yang harus saya lakukan untuk membaca pasar ?

makasih sebelumnya

kayaknya kalau jawaban dari ini lengkap, gk perlu buat thread utk nanya deh
Quote:Original Posted By PILLAR.UKM


Makanya kalo di grup mentoring PILLAR Business Accelerator masalah laporan keuangan menjadi issue sangat penting agar UKM bisa bankable... Sukses gan


ada thread nya ga gan tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik ??
gan ane mau mulai usaha kecil dengan menjual madu
ane minta tips dong gan ane pelajar mahasiswa yang baru mulai berwirausaha nih
Quote:Original Posted By kuyametal
gan ane mau mulai usaha kecil dengan menjual madu
ane minta tips dong gan ane pelajar mahasiswa yang baru mulai berwirausaha nih

Wah madu ya gan?
Coba di variasiin atau di olah juga jadi bentuk sajian makanan atau minuman
Kalo ane mahasiswa ane saranin buka gerobak malem malem di pinggir jalan dan jualan minuman yang anget anget dengan bahan Madu itu gan
Buat sesuatu yang berbeda dan jangan lupa Brand / Nama Produk agan yang unik Pemilihan tempat juga menentukan, pilih tempat yang menurut agan strategis
Quote:Original Posted By andrikus
Dear All,

ada yang tau Biaya Sewa Lapak di Mall/ Gerai Minimarket (alfa/Indomaret) berpa? untuk usaha franchise gitu agn-agan...

ditunggu bantuan jawabannya Agan-agan sekalian...

Kalo harga sewa tergantung pihak si mall gan...
Range sih kebanyakan 2Jt-6Jt Buat yang lapak lapak kecil gtu gan...
Kalo ane saranin mending ngertintis Jualan ONline duliu gan. Kalo di real di getok biaya sewa dan mungkin akan butuh izin Dagang setau ane jadinya biaya modal lebih Mahal Menurut ane Dagang Online lebih enak + Punya banyak Pelanggan dari beberapa provinsi di Indonesia
Quote:Original Posted By jvaldano
gan numpang sharing2 ilmu ya,dan mohon sekalian untuk memecahkan masalh yang ada di perusahaan saya.

Saya punya dua unit usaha,yang pertama di bidang produksi sebut saja(A).dan yang ke dua di bidang pertokoan,atau yang sering disebut jual-beli sebut saja (B).

begini masalahnya para master2 pillar,usaha A saya bisa di bilang sukses karena sudah memiliki brand.Dan omset nya pun alhamdulillah lebih dari cukup.Bisa di bilang sudah sip lah.oy, usaha A bergerak dalam bidang perabotan rumah tangga.

Usaha B di tahun pertama cukup menjanjikan juga,namaun lama kelamaan selalu menurun.
karena di bidang jual beli,jadi saya selalu mendatangkan barang2 tsb setiap minggunya,dan pastinya pakai uang dalam pembayaran nya.Nah masalah yang saat ini terjadi,jika saya menyuntikan dana besar untuk usaha B saya.Nanti outputnya tidak sesuai dengan input yang sudah saya berikan buat usaha B saya,yang di dpt sdikit2.jadi untuk kulakan barang selanjutnya selalu memiliki kendala,belum lagi menggaji tenaga kerja.
karena selalu kurang dalam kulakandan dan menggaji tenaga kerja,jadi uang nya di ambilkan dari keuangan usaha A.proses seperti ini sudah terjadi selama 2tahun(umur usaha B saya sudah 3thn).Yang membuat saya bingung sedikit demi sedikit usaha A saya yang awalnya mandiri dan sukses,kini ikut merasakan dampaknya.Karena selalu memberi dana talangan buat usaha B saya.

lau apa yang haru saya lakukan,untuk memecahakan masalah di atas???

mohon sulusinya,dan mungkin ada teori2 untuk memecahkan masalah yang terjadi di usaha saya.dan apa memiliki dampak buruk kah kalu usaha B saya terus saya lanjutkan?
mohon sertakan studi kasus jika ada masalah yang mirip seperti yang saya alami.

Terimakasih master2 pillar.,.,.


Wah hebat nih agan sudah punya 2 bisnis yang berjalan

Begini gan, kalo agan sudah bisnis terus sukses maka ane sarankan (saran ya ) agan harus alokasikan sebagian uang yang agan terima dari bisnis A untuk investasi gan, supaya dari investasi yang agan lakukan bisa menghasilkan uang lagi, jadi diversifikasi resiko gan. Jadi jangan buat bisnis melulu, tapi selipkanlah dengan investasi.

Karena bisnis itu punya resiko bangkrut, makanya harus diimbangi dengan investasi.

Ciri2 orang yang berbisnis saja tanpa investasi ya seperti agan ini, bisnis A yang bagus pelan2 ikutan demam untuk ngobatin bisnis B yang agak kurang sehat.

Jadi bisnis dan investasi itu olahraga tim gan
Sukses buat agan !

Quote:Original Posted By mahardhieka
ane niatnya buat thread berbisnis telur, dan tentunya meminta pencerahan dan tukar pikiran, lebih bagus kalau ada info Produsennya utk daerah Bogor (NB : ane ada di Parung )

nah, ane mau tanya nih gan mudah"an gk salah tempat.
menurut tesis ane, telurkan makanan yang konsumsinya sangat banyak.
Kue butuh telur,Telur untuk digoreng, pelengkap masakan lainnya juga banyak.

niatan ane bukan menjadi peternaknya namun sebagai pedagang besar / supplier ke agen-agen/warung. jujur modal persiapan ane untuk Book telur kisaran 6 hingga 7 Jutaan

strategi apa ya gan yang harus saya lakukan untuk membaca pasar ?

makasih sebelumnya

kayaknya kalau jawaban dari ini lengkap, gk perlu buat thread utk nanya deh


Gan, kalo agan mau jadi pedagang besar telur maka resepnya mudah gan, makin banyak agan suntik modal untuk stok telur maka makin murah agan bisa jual ke pasar dan jadilah agan pedagang besar karena bisa menjual telur dengan harga paling murah.

Bisnis telur ini seperti bisnis komoditas gan yang gak punya merk. Teliur ya telur lah gan
Rumus sukses di bisnis komunitas adalah murah2an harga gan dan harga murah bisa dicapai kalo stocknya skala besar gan. Mudah2an bisa menjawab pertanyaan agan ya...

Quote:Original Posted By muvest
ada thread nya ga gan tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik ??


Kalau dari Pillar akan ada trit tersebut gan, tapi bukan sekarang ini

Quote:Original Posted By kuyametal
gan ane mau mulai usaha kecil dengan menjual madu
ane minta tips dong gan ane pelajar mahasiswa yang baru mulai berwirausaha nih


Mulai jualan gan. RUmusnya namanya 3J : Jual, Jual dan Jual
Quote:Original Posted By PILLAR.UKM



Kalau dari Pillar akan ada trit tersebut gan, tapi bukan sekarang ini


Mulai jualan gan. RUmusnya namanya 3J : Jual, Jual dan Jual


di tunggu gan
mudah2an ngebantu banget gan ..
gan,ane ada rencana mo buka usaha di daerah pedesaan yg lagi berkembang pesat.. penduduknya sudah mulai padat, dan jalannya sudah banyak d lalui kendaraan.. kadang macet juga.. walaupun msh terdapat pesawahan.. lokasinya di perbatasan kabupaten dengan kotamadya, kira2 buka usaha apa ya yang cocok. tadinya ane ada beberapa pilihan, antara bengkel, isi ulang air mineral, pencucian motor mobil, tp stlh ane survei ternyata sudah banyak bgt yg buka gan.. kira2 apalagi ya gan usaha yg cocok? kalau buka counter handphone gress. gmn ya gan? sekalian kalau teman2 ada yg tau informasi distributor2 handphone yg murah tolong d kasih informasinya. prioritas daerah bandung. thanks gan..
d tunggu jawabannya.
oya modal awal mungkin sekitar 30-40jt an
-maaf dopost-
permisi semuanya... numpang tanya nih...
ane pengen banget buka usaha biro jodoh di tempat ane... ane dah riset lokasi daerah tempat tinggal ane, dan menurut ane usaha ini yang paling pas...

yang ane mau tanya kira2 apa aja yang kudu dipersiapin sebelum membuka usaha ini karena setelah ane liat2 di om gugel, hampir gag ada referensi buat biro jodoh... semoga ada yang bisa bantu
Quote:Original Posted By diandri88
gan,ane ada rencana mo buka usaha di daerah pedesaan yg lagi berkembang pesat.. penduduknya sudah mulai padat, dan jalannya sudah banyak d lalui kendaraan.. kadang macet juga.. walaupun msh terdapat pesawahan.. lokasinya di perbatasan kabupaten dengan kotamadya, kira2 buka usaha apa ya yang cocok. tadinya ane ada beberapa pilihan, antara bengkel, isi ulang air mineral, pencucian motor mobil, tp stlh ane survei ternyata sudah banyak bgt yg buka gan.. kira2 apalagi ya gan usaha yg cocok? kalau buka counter handphone gress. gmn ya gan? sekalian kalau teman2 ada yg tau informasi distributor2 handphone yg murah tolong d kasih informasinya. prioritas daerah bandung. thanks gan..
d tunggu jawabannya.


Kalau daerah sedang berkembang pesat, buka usaha toko material juga menjanjikan gan, cuma modalnya kyknya gede juga....
wah manteb nih ada tempat buat shering....
lam kenal gan

mo nanya ni gan
ane baru membuka usaha ni gan di budang konfeksi pakaian,sekitar setahun yang lalu dan ane distribusikan barang ane ke pedagang, nah permasalahanya banyak yang ngutang gan, sehingga modal ane sebagian ketahan di pedagang, dan proses produksi ane jadi terhambat, sehingga ada kepikiran untuk beralih profesi di usaha kuliner gan... untuk meminimkan hutang, pusing ane mikirin uang yang belom kembali, sedangkan modal ane kecil,
dan ane belom paham tentang pengelolaan keuangan, ane g tau gan, selama ini cuma di masukkan satu rekening dan di putar begitu saja tanpa kejelasan hasil dsb. mohon pencerahanya
wah manteb nih ada tempat buat shering....
lam kenal gan

mo nanya ni gan
ane baru membuka usaha ni gan di budang konfeksi pakaian,sekitar setahun yang lalu dan ane distribusikan barang ane ke pedagang, nah permasalahanya banyak yang ngutang gan, sehingga modal ane sebagian ketahan di pedagang, dan proses produksi ane jadi terhambat, sehingga ada kepikiran untuk beralih profesi di usaha kuliner gan... untuk meminimkan hutang, pusing ane mikirin uang yang belom kembali, sedangkan modal ane kecil,
dan ane belom paham tentang pengelolaan keuangan, ane g tau gan, selama ini cuma di masukkan satu rekening dan di putar begitu saja tanpa kejelasan hasil dsb. mohon pencerahanya
Quote:Original Posted By ansleyir
Kalau daerah sedang berkembang pesat, buka usaha toko material juga menjanjikan gan, cuma modalnya kyknya gede juga....


waw.. ide yang bagus tu gan..
tapi modalnya besar jg kali ya? kira2 butuhin berapa modal tu ya buat bikin toko material?
ane mahasiswa nih gan dan boleh dibilang masih stambuk muda di salah satu PTN di medan. ane pengen memulai bisnis nih gan untuk nambahin uang jajan ane. tapi ane bingung mau ngejlanin usaha apaan. minta saran dong gan dan kalo ada lowongan untuk memulai bisnis, mungkin ane bisa gabung gan...

Kl bisa usaha yang butuh modal yang sedikit ya gan. Soal nya ane belum ada pengalaman dan ingin mulai dari usaha kecil aja...

mohon saran gan..
thank's
om suhu TS ane mo nanya2 dikit nih

pengalaman pas kemaren. di daerah ane kan belom ada yang jualan pernak-pernik pernikahan. macam souvenir dan segala perlengkapan dan peralatan pernikahan. nah, step pertama ane pingin bikin usaha untuk jual beli aneka macam souvenir pernikahan... step-stepnya seperti apa yah??

rencananya pertama ane cuma dagang aje, trus lanjutannya ane mau bikin tuh kerajinan sendiri saja biar memberdayakan masyarakat sekitar....

trims sebelumnya yah....
bisnis apa ya gan yang pas buat anak kuliahan?
ane udah jualan pulsa, cuma profitnya terlalu kecil.
Ane pengennya nyari sampingan yang lain, dengan profit yang lumayan, dan gak ganggu kuliah. .
Ijin promosi gan tapi jangan di .. saya bekerja di sebuah perushaan IT di bandung ingin menawarkan software ERP untuk sistem managemen UKM dengan harga terjangkau.. bila ada yang berminat atau pun sekedar ingin bertanya-tanya bisa mengunjungi [url]www.wgs.co.id[/url]

terima kasih
gan mau tanya,
pertanyaan paling mendasar
"Sebuah bisnis bisa dibilang UKM syarat2 nya apa aja y?"
Quote:Original Posted By lapak.bpoi
gan mau tanya,
pertanyaan paling mendasar
"Sebuah bisnis bisa dibilang UKM syarat2 nya apa aja y?"


Tergantung gan siapa yang melihat, maksudnya instansi apa. Antara DepKop & UKM dengan Perbankan juga bisa berbeda dalam mengklasifikasikan mana Mikro, Kecil, Menengah dan Besar (UMKM). Instasni pajak juga beda mengklasifikasikannya.
Tapi yang sama biasanya poin yang dilihat yaitu sama2 mengklasifikasikan berdasarkan omzet usaha. Mudah2an menjawab ya gan
×